17 June, 2014

Soal Mambaca I



LATIHAN MANDIRI
MEMBACA I
(PBIN4108)



PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  33, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Pernyataan yang benar tentang peranan membaca pada abad teknologi sekarang adalah
A.   nalar manusia hanya akan berkembang secara maksimal jika diasah melalui membaca.
B.   jika ingin menjadi negara adidaya, kita harus memiliki masyarakat literasi.
C.   membaca merupakan prasyarat mutlak dalam era pascaindustri.
D.   semua proses belajar sesungguhnya didasarkan atas kegiatan membaca.

2.   Dalam dunia pendidikan, kemahiran membaca merupakan hal yang sangat penting, karena
A.   semua proses belajar sebenarnya didasarkan atas kegiatan membaca.
B.   keterampilan dasar membaca dapat digeneralisasikan setiap anak didik.
C.   persepsi seorang anak dalam membaca berpengaruh dan dipengaruhi faktor pendidikan.
D.   dengan membaca, proses pendidikan berlangsung dengan lancar.
     
3.   Pada tataran yang lebih rendah, membaca diartikan sebagai kegiatan mencocokkan lambang-lambang bunyi bahasa. Pendapat tersebut dikemukakan oleh
A.   Goodman.
B.   Anderson.
C.   Finnochiaro.
D.   Bonnomo.

4.   Sebagai proses sensoris, proses kegiatan membaca dimulai dari
A.   melihat.
B.   mencocokkan lambang.
C.   stimulasi.
D.   pemahaman huruf.

5.   Menurut para penganut paham behavioristik, kemampuan membaca sangant dipengaruhi oleh faktor
A.   ekstrinsik.
B.   intrinsik.
C.   intrinsik dan ekstrinsik.
D.   inteligensi.

6.   Faktor-faktor penentu yang mempengaruhi keberhasilan membaca menurut Yap adalah sebagai berikut, kecuali
A.   waktu yang digunakan.
B.   IQ.
C.   sosial, ekonomi, fisik.
D.   penglihatan

7.   Beberapa penyebab kesulitan memahami bacaan antara lain bersumber dari kebiasaan baca yang salah, antara lain
A.   terlalu banyak memperhatikan butir demi butir informasi.
B.   memberi perhatian yang memadai terhadap detail.
C.   bersikap imajinatif apabila belum memahami topik tertentu.
D.   mengatur kecepatan membaca sesuai kedalaman  bacaan.

8.   Upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalkan faktor penghambat kegiatan membaca adalah sebagai berikut, kecuali
A.   pembinaan yang intensif.
B.   memperhatikan kualitas dan kuantitas bacaan.
C.   menyelenggarakan ujian yang terus-menerus.
D.   meningkatkan minat dan motivasi.

9.   Hal yang paling pokok dalam proses kegiatan membaca adalah
A.   frekuensi membaca.
B.   kualitas bacaan.
C.   minat.
D.   kuantitas bacaan.

10.   Ukuran lamanya waktu yang digunakan untuk membaca antara lain dipengaruhi oleh
A.   kedudukan yang disandang pembaca.
B.   tuntutan kebutuhan pembaca.
C.   status sosial pembaca.
D.   jabatan pembaca.

11.   Jika volume bacanya 850.000 kata/minggu dan kecepatan membacanya 250 kata/menit, maka waktu yang dibutuhkan adalah
A.   2 - 3 jam/hari.
B.   4 - 5 jam/hari.
C.   6 jam/hari.
D.   8 jam/hari.

12.   Bentuk dukungan pemerintah dalam upaya meningkatkan minat baca dapat berupa kegiatan sebagai berikut, kecuali
A.   mendirikan pabrik-pabrik buku.
B.   memberantas pembajakan buku.
C.   menghadirkan perpustakaan keliling.
D.   pencanangan koran masuk desa.

13.   Faktor yang membedakan membaca nyaring dengan membaca dalam hati adalah
A.   jenis dan panjang bacaan.
B.   keterlibatan organ tubuh yang ber-aktivitas.
C.   lamanya membaca.
D.   tingkat pemahaman pembaca.

14.   Berikut ini adalah cara yang dapat ditempuh untuk membantu pembaca menangkap dan memahami maksud sang pengarang dalam membaca nyaring, kecuali
A.   menyoroti ide-ide baru dengan menggunakan penekanan yang jelas.
B.   menjelaskan perubahan dari satu ide ke ide yang lain.
C.   mengerti makna serta perasaan penulis.
D.   merencanakan kesatuan ide pikiran dalam satu kalimat.

15.   Dalam pengajaran  bahasa asing, kegiatan membaca nyaring sangat cocok untuk melatih
A.   pengelompokan kata.
B.   kepercayaan diri.
C.   pemahaman.
D.   keterampilan ucapan.

16.   Keterampilan yang dituntut dalam membaca dalam hati dari siswa kelas IV SD antara lain
A.   membaca tanpa gerakan bibir atau kepala.
B.   kecepatan mata dalam membaca.
C.   membaca tanpa suara.
D.   menikmati bahan bacaan dengan senang hati.

17.   Pernyataan yang tepat tentang karakteristik membaca ekstensif adalah
A.   merupakan jenis membaca yang menuntut gerakan mata yang cepat.
B.   merupakan program membaca yang dilakukan secara luas.
C.   jenis membaca yang bertujuan memahami norma-norma.
D.   kegiatan membaca yang mencoba memahami setiap detil.

18.   Membaca ekstensif memiliki implikasi berikut ini, kecuali
A.   bahan bacaan harus banyak.
B.   waktu yang disediakan relatif lebih singkat.
C.   lebih cepat memperoleh pemahaman.
D.   objek bacaan harus bervariasi.

19.   Untuk memperoleh pemahaman standar-standar atau norma-norma kesastraan, jenis membaca teknik isi yang tepat dilakukan adalah
A.   membaca pemahaman.
B.   membaca teliti.
C.   membaca kritis.
D.   membaca ide.

20.   Tujuan membaca bahasa asing pada tataran yang lebih tinggi adalah
A.   memperbesar daya kata.
B.   mencapai kefasihan.
C.   mengembangkan kosa kata.
D.   pemahaman teori.

21.   Salah satu kegiatan penunjang yang dapat dilakukan dalam membaca teliti adalah
A.   membuat ringkasan.
B.   membuka kamus.
C.   menyusun kesimpulan.
D.   menandai bagian-bagian buku.

22.   Jika ingin mengetahui kata atau istilah penting pada sebuah buku, pembaca harus memperhatikan
A.   kata pangantar.
B.   daftar isi.
C.   index.
D.   daftar pustaka.

23.   Yang tidak termasuk syarat untuk dapat melakukan membaca kritis adalah
A.   memiliki pengetahuan tentang bidang ilmu yang disajikan dalam bacaan.
B.   penerapan berbagai metode analisis yang logis.
C.   menganalisis kemungkinan tindakan yang akan diambil.
D.   sikap bertanya dan menilai sesegera mungkin.

24.   Seorang pembaca dikatakan sebagai pembaca kreatif jika setelah membaca dapat
A.   menganalisis materi yang dibacanya.
B.   menyimpulkan gagasan yang dibacanya.
C.   memahami maksud dan tujuan materi bacaan.
D.   menerapkan apa yang dibacanya dalam kehidupan.

25.   Di bawah ini terdapat tujuan membaca kritis, kecuali
A.   mencamkan lebih dalam apa yang dibacanya.
B.   mengenal dan menangkap arti secara eksplisit.
C.   mempunyai kepercayaan diri yang lebih  mantap.
D.   memahami isi bacaan secara rasional.

26.   Salah satu alasan seorang profesional perlu memiliki kemahiran membaca efektif dan efisien adalah
A.   arus penyebaran informasi begitu pesat tak terbendung.
B.   agar dapat membaca aneka jenis bacaan yang sangat beragam.
C.   agar mudah dalam meniti karir.
D.   agar dapat mempertahankan kedudukan jabatannya.

27.   Pemahaman membaca seseorang pada dasarnya akan berbanding lurus dengan kecepatannya.
               Pendapat ini diajukan oleh
A.   Ahmad Slamet Harjasujana.
B.   Tampubolon.
C.   Baldrige.
D.   Christine Nuttal.

28.   Membaca cepat akan memberi kesempatan kepada pembaca untuk membaca secara
A.   efektif dan efisien.
B.   tuntas.
C.   literal.
D.   melaju terus.

29.   Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus diperhatikan dalam menyusun soal tes KEM jenjang evaluasi, kecuali
A.   kata-kata soal disusun semudah mungkin.
B.   pilihan jawaban jangan didasarkan pada penafsiran isi kutipan.
C.   setiap pokok soal harus berisi persoalan yang ditanyakan.
D.   semua opsi jawaban harus memotivasi penjawab untuk membaca.

30.   Faktor internal yang mempengaruhi kecepatan efektif membaca adalah
A.   tingkat kesulitan wacana.
B.   organisasi tulisan.
C.   situasi aktivitas membaca.
D.   strategi membaca.

31.   Metode pengembangan membaca yang paling banyak dipakai adalah metode
A.   motivasi.
B.   kosakata.
C.   gerak mata.
D.   bantuan alat.

32.   Alat bantu paling sering digunakan para guru dalam meningkatkan kecepatan membaca siswa adalah
A.   OHP.
B.   film.
C.   kamus.
D.   kertas karton.

33.   Secara umum kemampuan para pelajar Indonesia dalam membaca
A.   sudah baik tapi perlu ditingkatkan lagi.
B.   sudah sangat memadai.
C.   kurang memadai dan tidak ada peningkatan.
D.   kurang baik dan sangat perlu ditingkatkan.


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   34   SAMPAI   60,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
34.   Membaca merupakan suatu proses interaksi
1)   yang bersifat tidak langsung
2)   aktif dan rekreatif
3)   antara penulis dan pembaca

35.   Faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi kemampuan membaca adalah
1)   kondisi penglihatan
2)   kondisi sosial ekonomi
3)   motivasi
     
36.   Dalam pengajaran membaca, sebagai seorang guru, kita harus yakin bahwa
1)   keterampilan membaca erat kaitannya dengan keterampilan menulis
2)   keterampilan membaca bukanlah bawaan alami
3)   keterampilan membaca lebih penting dari keterampilan menyimak

37.   Menurut Burrow dan Claybough, hal-hal penting dalam mempertimbangkan kesiapan membaca adalah
1)   sikap dan minat
2)   inteligensi
3)   kematangan emosi dan sosial

38.   Faktor-faktor teks yang mempengaruhi keterampilan membaca adalah
1)   motivasi
2)   cara penyusunan
3)   aktivitas

39.   Dalam masyarakat Indonesia, penyebab rendahnya kemampuan membaca bangsa kita antara lain
1)   tradisi kelisanan (orality)
2)   sistem persekolahan yang menciptakan masyarakat aliterat
3)   guru tidak mentradisikan membaca kepada anak didik

40.   Beberapa faktor eksternal yang mem-pengaruhi kemampuan membaca adalah
1)   keterbacaan dan organisasi teks
2)   fasilitas, guru, model pengajaran
3)   motivasi, IQ, hobi

41.   Indikator parameter yang dapat ditempuh untuk mengetahui minat baca seseorang adalah
1)   waktu yang digunakan untuk membaca
2)   jenis bacaan
3)   hasil pemahaman membaca

42.   Upaya yang dapat dilakukan orang tua dalam meningkatkan minat baca antara lain
1)   memperkenalkan kegiatan membaca sejak dini
2)   mengatur jadwal membaca secara ketat
3)   menyediakan bahan bacaan yang sesuai

43.   Kelompok masyarakat pembaca yang membaca karena dorongan kebutuhan memperoleh informasi adalah
1)   mahasiswa
2)   siswa SLTA
3)   guru

44.   Alat utama yang paling berperan pada proses membaca dalam hati adalah
1)   mata
2)   kognisi
3)   memori visual

45.   Yang termasuk contoh aplikasi membaca nyaring tingkat lanjut misalnya
1)   membaca koran
2)   membaca puisi
3)   membaca berita di radio

46.   Seorang pembaca dapat terjebak melakukan regresi akibat
1)   terlalu terpaku pada detail
2)   menemui kata-kata sulit
3)   terlalu cepat menafsirkan
47.   Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah regresi adalah
1)   kepercayaan diri
2)   sikap yang benar saat membaca
3)   memilih-milih bacaan

48.   Keuntungan jenis membaca ekstensif bagi para siswa adalah
1)   siswa memiliki keleluasaan dalam memilih bacaan
2)   waktu yang dipergunakan lebih singkat
3)   lebih mudah memperoleh pemahaman isi bacaan

49.   Membaca skimming dapat dipergunakan untuk kepentingan
1)   mengenal topik bacaan
2)   mengetahui opini orang lain
3)   memperoleh bagian penting tanpa membaca seluruhnya

50.   Membaca sastra dilakukan terutama untuk kepentingan
1)   apresiasi
2)   ekspresi.
3)   pengkajian

51.   Dalam tatanan membaca pemahaman, jenis membaca literal kemampuannya lebih rendah dibandingkan membaca
1)   kritis
2)   skimming
3)   kreatif
52.   Untuk meningkatkan sikap kritis, Nurhadi memberikan jurus-jurus antara lain
1)   kemampuan mengenali ide pokok paragraf
2)   kemampuan menginterpretasikan makna tersirat
3)   kemampuan menilai isi bacaan

53.   Menurut Albert (et al), membaca kritis dilakukan secara
1)   mendasar
2)   evaluatif
3)   analitis

54.   Hal yang perlu diwaspadai oleh pembaca kritis dalam melakukan perbandingan, sering terdapat dalam pengungkapan
1)   berita
2)   iklan
3)   kampanye

55.   Menurut Tampubolon, pembaca yang fleksibel harus dapat mengatur kondisi baca, antara lain
1)   tujuan membaca
2)   informasi fokus
3)   materi bacaan

56.   Wacana sebagai bahan tes harus disiapkan dan dipilih sesuai dengan karakteristik siswa antara lain
1)   perkembangan psikologi
2)   tingkat efektifnya
3)   tingkat kognitifnya

57.   Wacana yang akan digunakan dalam tes KEM harus dipilih dengan mempertimbang-kan
1)   kesulitannya
2)   bentuk dan jenis wacana
3)   tujuan wacana

58.   Beberapa gerak mata yang dapat menghambat kecepatan membaca adalah
1)   pengulangan
2)   keterpakuan
3)   salah meletakkan pandangan mata

59.   Cara kerja metode motivasi dalam pengembangan kecepatan membaca adalah
1)   memotivasi pembaca yang mengalami hambatan
2)   memberi rangsangan dengan bacaan menarik
3)   membiasakan dan meningkatkan kecepatan membaca

60.   Hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan KEM menurut Nurhadi adalah
1)   memperhatikan pemakaian kata tugas yang berulang-ulang
2)   membiasakan membaca pada kelompok kata
3)   jangan mengulang-ulang kalimat yang telah dibaca

No comments:

Post a Comment