16 June, 2014

Soal Teori Belajar Bahasa



LATIHAN MANDIRI
TEORI BELAJAR BAHASA
(PBIN4103)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 50,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Pemerolehan bahasa pertama anak menurut pengertian pertama dikatakan sebagai pemerolehan bahasa yang diperoleh secara ....   
A.   mendadak
B.   gradual
C.   kognitif
D.   sosial

2.   Tokoh yang mengatakan bahwa proses pemerolehan bahasa anak dikatakan mempunyai beberapa ciri, antara lain ciri kesinambungan memiliki suatu rangkaian kesatuan yang bergerak dari ucapan satu kata sederhana menuju gabungan kata yang lebih rumit adalah ....          
A.   Mc. Graw
B.   Garcia
C.   Klein
D.   Lenneberg
     
3.   Kesanggupan untuk berkomunikasi dengan bahasa secara khusus itu tidak ada hubungannya dengan IQ manusia. Pengertian ini adalah pendapat ahli yang bernama ....
A.   Klein
B.   Mc. Graw
C.   Lenneberg
D.   Steinberg

4.   Jika anak dalam pemerolehan bahasa pertama dapat menghasilkan ucapan yang berdasar pada tata bahasa yang teratur rapi, berarti ia ....
A.   telah menguasai bahasa dengan baik
B.   belum secara otomatis mengimplikasikan bahwa anak telah menguasai bahasa
C.   telah menguasai kategori-kategori kognitif
D.   telah menguasai dasar-dasar makna ekspresif bahasa alamiah

5.   Kemampuan berbahasa seorang anak secara baik mempunyai hubungan yang sangat erat dengan hal-hal di bawah ini, kecuali ....
A.   perkembangan sosial anak
B.   perkembangan IQ
C.   perolehan nilai-nilai dan moral
D.   pembentukan identitas sosial


6.   Apabila seorang anak menggunakan bahasa yang bentuknya tidak bisa diterima anggota masyarakat, maka ia tidak boleh mengungkapkannya secara gamblang. Hal tersebut dapat diungkapkan melalui bahasa ....
A.   formal
B.   khusus
C.   asing
D.   pergaulan

7.   Seorang anak mulai mengenal komunikasi dengan orang lain atau lingkungannya secara verbal. Peristiwa tersebut dapat dikategorikan sebagai ....
A.   perkembangan bahasa
B.   komunikasi bahasa
C.   sosialisasi bahasa
D.   pemerolehan bahasa

8.   Kemampuan berbahasa anak normal sama dengan anak-anak yang cacat, pendapat ini tidak menunjukkan bahwa ....
A.   kelambatan berbahasa berarti kekurang-cerdasan anak
B.   kecepatan berbahasa anak berarti kecerdasan anak
C.   pandai berbahasa berarti mempunyai IQ yang tinggi
D.   anak yang cacat berarti anak yang lambat berbahasa

9.   Tokoh yang mengemukakan bahwa kemampuan berbahasa anak normal dengan anak-anak yang cacat tidak berbeda adalah ....
A.   Gercia
B.   Mc. Graw
C.   Lenneberg
D.   Klein

10.   Alur pengembangan pikiran dan bahasa anak adalah sebagai berikut ....
A.   rangsangan penanggapan ® sistem pikiran
B.   rangsangan bahasa ® sistem pikiran ® sistem bahasa
C.   sistem pikiran ® sistem bahasa
D.   rangsangan penanggapan ® sistem bahasa

11.   Bahasa tidak dapat diajarkan pada makhluk lain. Hal tersebut adalah pernyataan yang berkaitan dengan ....
A.   bukti bahwa kemampuan berbahasa anak yang normal sama dengan anak yang cacat
B.   kemampuan berbahasa anak mempunyai yang besar dengan IQ
C.   kecerdasan manusia
D.   perkembangan sosial anak

12.   Perkembangan pemerolehan bunyi bergerak dari pembuatan bunyi menuju ke arah pembuatan pengertian. Periode ini termasuk dalam ....
A.   periode prameraban
B.   periode meraban
C.   ujaran kombinatori
D.   periode prasekolah

13.   Suatu pedoman yang berbunyi “hasilkanlah ujaran dan lihatlah bagaimana orang lain memberi responsi” adalah strategi pemeroleh-an bahasa. Strategi tersebut adalah ....
A.   meniru
B.   produktivitas
C.   produktif
D.   prinsip operasi

14.   Imitasi spontan atau spontaneaus imitation adalah salah satu ragam imitasi yang terjadi pada strategi ....
A.   produktivitas
B.   meniru
C.   produktif
D.   prinsip operasi

15.   Pemikiran yang dikembangkan oleh Slobin ialah strategi yang menggunakan prinsip ....
A.   tirulah apa yang dikatakan orang lain
B.   buatlah sebanyak mungkin dengan bekal yang telah Anda miliki
C.   gunakan beberapa prinsip operasi umum untuk memikirkan serta menetapkan bahasa
D.   hasilkanlah ujaran dan lihatlah bagaimana orang lain memberi responsi

16.   Strategi yang menggunakan pedoman “hasilkanlah ujaran dan lihatlah bagaimana orang lain memberi responsi” adalah strategi yang dicoba oleh ....
A.   Nelson
B.   Slobin
C.   Snow
D.   Nababan

17.   Anak: “Minum.”
               Ibu   : “O, minta minum”
               Anak: “Adik minta susu”.
               Ibu   : “Ya, minum susu, ayo minum”.
Contoh di atas adalah sebuah percakapan anak dan ibunya. Ibu memberikan umpan-balik pada sang anak.
Dialog tersebut adalah merupakan praktik strategi ....
A.   meniru
B.   produktivitas
C.   produktif
D.   prinsip operasi

18.   Strategi pemerolehan bahasa pertama berpedoman pada prinsip ....
A.   buatlah sebanyak mungkin dengan bekal yang telah Anda miliki
B.   tirulah apa yang dikatakan orang lain
C.   hasilkanlah ujaran dan lihatlah bagaimana orang lain memberi responsi
D.   gunakan beberapa prinsip operasi ulang untuk memberikan dan menetapkan bahasa

19.   Perbedaan strategi produktivitas dan strategi produktif adalah seperti di bawah ini, kecuali ....
A.   dalam pedoman
B.   cara perolehan bahasa
C.   sama-sama menghasilkan
D.   dalam praktik perolehan bahasa

20.   Seorang pendatang dari Amerika dan menetap di Indonesia akan cepat menguasai bahasa Indonesia karena berinteraksi dengan penduduk asli Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan salah satu teori pemerolehan bahasa kedua yang dikemukakan oleh ....
A.   Skinner
B.   Noam Chomsky
C.   Krashen dan Tarrel
D.   Jean Peaget

21.   B.F. Skinner adalah seorang ahli teori pemerolehan bahasa dari aliran ....
A.   Nativisme
B.   Behavioritis
C.   Kognitif
D.   Noam Chom

22.   Bayi yang baru lahir sampai usia 18 bulan menurut J. Peaget belum berbahasa karena alasan berikut, kecuali ....
A.   masih berada pada tahap sensori motor
B.   belum dapat menggunakan lambang-lambang
C.   perkembangan kognitif harus tercapai lebih dahulu
D.   bahasa adalah ciri alami

23.   Kosakata, mofologi, sintaksis, dan fonologi adalah ciri khusus untuk ....
A.   membedakan struktur dalam semua bahasa
B.   membedakan inti bahasa
C.   membedakan bahasa yang satu dengan bahasa yang lain
D.   membedakan komponen untuk perkem-bangan bahasa

24.   Jika pada usia 3 - 4 tahun pemerolehan bahasa A dan B positif, dapat merupakan contoh perolehan ....
A.   PB1 ekabahasa
B.   PB1 dwibahasa
C.   PB2 anak
D.   PB2 dewasa

25.   Dalam pemerolehan bahasa pertama, pemerolehan lafal dilakukan tanpa kesalahan, sedangkan dalam pemerolehan bahasa kedua jarang ditemui lafal pelajar yang sama dengan penutur asli. Hal tersebut adalah hipotesis yang berkenaan dengan hubungan pemerolehan bahasa pertama dan kedua menurut ....
A.   Klein
B.   Krashen
C.   Nelson
D.   Chomsky

26.   Permulaan pemerolehan bahasa pertama seorang anak terjadi pada masa ....
A.   bayi baru lahir
B.   10 bulan
C.   1 - 2 tahun
D.   3 - 4 tahun

27.   Salah satu ciri yang membedakan bahasa yang satu dengan bahasa yang lain adalah keseluruhan ....
A.   morfologi
B.   perkembangan bahasa
C.   semantik
D.   struktur

28.   Strategi pertama dalam pemerolehan bahasa kedua yang berlangsung pada tahap umum menyatakan bahwa panjang ucapan anak kecil merupakan indikator perkembangan bahasa yang lebih baik. Strategi ini mempunyai prinsip ....
A.   gunakanlah apa saja atau segala sesuatu yang penting, yang menonjol dan menarik hati Anda
B.   gunakanlah pemahaman nonlinguistik Anda sebagai dasar untuk penetapan atau pemikiran bahasa
C.   anggaplah bahwa bahasa dipakai secara “referensial” atau ekspresif dengan menggunakan data bahasa
D.   amatilah bagaimana caranya orang lain mengekspresikan berbagai makna, siasat pemahaman, atau strategi komprehensi

29.   Yang dimaksud dengan kelompok referensial dalam strategi menggunakan data bahasa adalah ....
A.   anak-anak yang memiliki 50 kata pertama secara proposional mencakup lebih banyak kata yang dipakai dalam ekspresi sosial
B.   anak-anak yang memiliki 50 kata pertamanya mencakup proposi nomina umum yang tinggi dan penamaan objek-objek
C.   anak-anak yang memiliki 40 kata pertama secara kurang proporsional
D.   anak-anak yang memiliki 40 kata pertamanya untuk pergaulan

30.   Yang dimaksud dengan fungsi regulasi adalah fungsi yang berkaitan dengan ....
A.   pengelolaan lingkungan, mengkomuni-kasikan tindak
B.   pernyataan, menjelaskan, dan melapor-kan
C.   pengaturan, pengendalian peristiwa, penentuan hukum, dan kaidah
D.   komunikasi sosial

31.   Kalimat “kemarin saya pergi” adalah contoh salah satu fungsi bahasa yang berkenaan dengan pernyataan, menjelaskan, dan melaporkan. Fungsi tersebut adalah fungsi ....
A.   instrumental
B.   regulasi
C.   interaksi
D.   representasi

32.   Anak yang sedikit berbicara dan banyak mengamati, bertindak selektif sebaiknya menggunakan strategi yang ....
A.   kedua
B.   ketiga
C.   keempat
D.   kelima

33.   Sifat atau ciri-ciri perseptual dapat bertindak sebagai basis-basis atau titik-titik vokal bagi anak-anak, misalnya ....
A.   ukuran, bunyi, rasa
B.   mobil, jam, sepeda
C.   rumah, kunci, palu
D.   topi, baju, kaus kaki

34.   Fungsi yang berkaitan dengan daya cipta, imajinasi, dan gagasan adalah fungsi ....
A.   instrumental
B.   imajinatif
C.   personal
D.   interaksi

35.   Strategi yang dianggap paling unggul menurut Nelson ialah strategi ....
A.   produktif
B.   kognitif
C.   komprehensi
D.   referensial

36.   Pemerolehan satu bahasa atau monolingual acquistion adalah pemerolehan ditinjau dari segi ....
A.   jumlah
B.   urutan
C.   keaslian
D.   keserentakan

37.   Pemerolehan dua bahasa sekaligus disebut dengan istilah ....
A.   Multibahasawan
B.   Simultaneus acquisition
C.   Successive acquisition
D.   Native language acquisition

38.   Beberapa hal yang mempengaruhi kegagalan pemerolehan bahasa kedua dari komponen sikap adalah sebagai berikut sikap ....
        A.   meremehkan
B.   menggampangkan
C.   kurang percaya diri
D.   berhati-hati

39.   Long term memory adalah istilah asing dalam hal ....
A.   informasi yang diterima
B.   memori yang paling dalam
C.   memori jangka panjang
D.   rangsangan yang masuk

40.   Salah satu komponen dari jalan masuk dalam proses pemerolehan bahasa adalah “jumlah masukan yang tersedia” yang artinya sebagai berikut, kecuali ....
A.   harus dapat membedakan variasi-variasi tekanan suara
B.   membedakan nada, intonasi
C.   pengaruh bunyi bahasa yang didengar
D.   memperkenalkan modifikasi-modifikasi ujaran bahasa

41.   Untuk belajar bahasa kedua, pembelajar harus dapat membedakan variasi-variasi sebagai berikut ....
A.   nada, tekanan suara, intonasi
B.   morfologi, fonologi, sintaksis
C.   bahasa, budaya sastra
D.   permukaan, jangka panjang

42.   Khasanah kosakata anak dapat diperoleh karena melibatkan pemahamannya tentang, kecuali ....
A.   siapa berbicara dengan siapa
B.   di mana
C.   kapan
D.   bagaimana

43.   Dalam belajar bahasa seseorang harus mengandalkan kemampuan ....
A.   menerka
B.   berpikir
C.   komunikasi
D.   rangsangan

44.   Bahasa adalah alat dasar untuk melakukan kegiatan ....
A.   olahraga
B.   interaksi
C.   berpikir
D.   berbudaya

45.   Jalan masuk atau acces dibutuhkan dalam ....
A.   pemrosesan bahasa
B.   komunikasi
C.   informasi
D.   pengayaan bahasa

46.   Belajar tidak sengaja, berlangsung sejak lalu, lingkungan keluarga sangat menentukan, banyak waktu untuk mencoba dan berkomunikasi, adalah ciri-ciri belajar bahasa pertama menurut ....
A.   Hamid
B.   Pateda
C.   Stern
D.   Lenneberg

47.   Pada proses belajar bahasa kedua terdapat ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ....
A.   belajar di sekolah
B.   belajar disengaja
C.   motivasi kurang kuat
D.   banyak waktu

48.   Yang dimaksud dengan strategi formal menurut Stern ialah ....
A.   strategi belajar positif
B.   bagaimana mempelajari bahasa itu perlu ditanamkan kepada siswa sebab pendidikan yang ditanamkan adalah pendidikan bukan alamiah
C.   menambah kosakata siswa dengan berbagai cara misalnya dengan teka-teki
D.   tidak hanya di kelas saja tetapi siswa juga menggunakan bahasa dalam kehidupan nyata meskipun tanpa dipantau

49.   Strategi yang tepat bila dihubungkan dengan ciri pelajar yang baik adalah strategi ....
A.   eksperimental
B.   format
C.   komunikasi
D.   aktif

50.   Kebanyakan penulis sependapat bahwa belajar bahasa sebagian besar berdasarkan perkembangan ....
A.   sosial
B.   kognitif
C.   motorik
D.   biologis

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 51  SAMPAI   55,   PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

51.   Strategi kedua dalam pemerolehan bahasa adalah strategi produktivitas,
sebab                       
strategi ini berarti keefisiensian dalam pemerolehan bahasa.

52.   Yang dimaksud dengan pemerolehan bahasa kedua adalah proses pada saat seseorang memperoleh bahasa lain setelah ia dewasa,
sebab                       
bahasa kedua diperoleh setelah ia dewasa.

53.   Bahasa kedua adalah bahasa yang dapat digunakan untuk kepentingan politik, ekonomi, dan pendidikan,
sebab                       
bahasa kedua adalah bahasa yang mudah diperoleh.

54.   Pemerolehan bahasa kedua diperoleh dengan cara formal dan disengaja,
sebab                       
pemerolehan bahasa kedua secara alamiah atau spontan adalah pemerolehan bahasa kedua yang terjadi dalam komunikasi sehari-hari dan bebas dari pimpinan guru.

55.   Perilaku bahasa adalah sesuatu yang diturunkan,
sebab                       
menurut pandangan kaum nativisme, bahasa hanya dapat dikuasai oleh manusia.

2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
56.   Ragam atau jenis pemerolehan bahasa menurut Tarigan dapa ditinjau dari lima sudut pandang di antaranya berdasarkan ....
1)   bentuk
2)   jumlah
3)   tempat

57.   Istilah lain dalam bahasa satu atau bahasa pertama ialah ....
1)   First language
2)   Native language
3)   Primary language

58.   Bahasa yang diperoleh setelah pemerolehan bahasa pertama disebut ....
1)   bahasa kedua
2)   bahasa ibu
3)   second language acquisition

59.   Berikut ini yang merupakan pemerolehan bahasa ditinjau dari segi media adalah bahasa ....
1)   asli
2)   lisan
3)   tulis

60.   Ditinjau dari segi bentuk, Klein membagi 3 perolehan bahasa yaitu pemerolehan ....
1)   bahasa pertama
2)   bahasa kedua
3)   ulang

No comments:

Post a Comment