TUGAS MANDIRI
KURIKULUM DAN BUKU TEKS PENDIDIKAN
EKONOMI
(PEKO4403)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 44, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. belajar tanpa disengaja, jawaban yang
reflektif merupakan tipe belajar ....
A. signal
learning (tipe belajar tanda)
B. stimulus
response learning (belajar stimulus response)
C. motor-chaining
learning (belajar stimulus response)
D. problem
solving (tipe belajar pemecahan masalah)
2. Kurikulum harus memusatkan problema yang ada
pada masyarakat menurut aliran seperti ....
A. progresif
B. premialis
C. esensialis
D. modern
3. Peranan guru adalah menanamkan pengetahuan
yang memakai dan menanamkan disiplin mental kepada para siswa.
Pernyataan ini dikemukakan oleh kaum ....
A. progresif
B. prenialis
C. modern
D. essensialis
4. Manusia memiliki tiga kualitas seperti
hasrat, kemauan, dan penalaran, hal tersebut dinyatakan oleh ....
A. Plato
B. Robert
C. Porter
D. Sukamto
5. Keuntungan yang diperoleh bagi
mahasiswa/siswa, apabila di sekolah menerapkan sistem kredit semester adalah
....
A. mendapat materi lebih banyak
B. menghemat waktu dan biaya
C. mahasiswa/siswa dapat belajar santai
D. mahasiswa dapat menunda atau berhenti
sementara
6. Di bawah ini bukan merupakan asumsi kurikulum
berpusat pada mata pelajaran adalah ....
A. fungsi kognitif seorang anak secara esensial
sama dengan fungsi kognitif orang dewasa
B. pengorganisasian disiplin menurut strukturnya
C. sekolah berperan memindahkan warisan kultural
D. penyajian otoriter tidak digunakan lagi
7. Pola pengorganisasian yang paling tua dan
tetap banyak digunakan sampai sekarang adalah kurikulum ....
A. yang berpusat pada subyek mata pelajaran
B. berpusat pada siswa
C. berkorelasi
D. berintegrasi
8. Kegiatan kepramukaan di sekolah merupakan
kegiatan ....
A. kurikuler
B. kokulikuler
C. intra kurikuler
D. ekstra kurikuler
9. Sistem kredit semester secara murni banyak
dilaksanakan di ....
A. Sekolah Dasar
B. sekolah Kejuruan
C. Sekolah Menengah Umum
D. Perguruan Tinggi
10. Yang bukan merupakan karakteristik dari test
uraian ....
A. siswa dapat menyusun jawaban dengan mengorganisasikan sendiri
B. keaslian berpikir siswa akan tampak
C. siswa dapat mengembangkan gagasannya dengan baik
D. pemberian angka/nilai lebih obyektif
11. Dasar penilaian dalam kurikulum adalah ketuntasan belajar, dalam
penilaian lebih berorientasi pada ....
A. penilaian acuan patokan (PAP)
B. ujian obyektif
C. penilaian acuan normal (PAN)
D. ujian uraian
12. Dalam hubungan dengan peran guru sebagai manajer kelas maka guru
harus ....
A. mengatur tata tertib di kelas dan menjadi pemimpin kelompok
B. memberikan penyuluhan dan konseling
C. memberikan bimbingan karier
D. sebagai jawaban antara orang tua dengan siswa
13. Actual curriculum adalah
....
A. dokumen resmi tertulis dari suatu kurikulum
B. kurikulum yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas
C. kurikulum yeng disepakati secara nasional
D. penjabaran yang lebih spesifik dari kurikulum nasional
14. Guru yang efektif memiliki ciri sebagai berikut, kecuali
mendasarkan diri pada ....
A. interelasi siswa guru
B. dasar-dasar agama dan budaya
C. kompetensi
D. metode yang digunakan di kelas
15. Menurut Hamacheck larakteristik guru yang berhasil ditandai oleh
....
A. disukai siswa dari segi personal
B. memiliki kepribadian yang hangat
C. tidak memiliki rasa humor
D. memiliki antusias yang tinggi
16. Dalam pengajaran dengan pendekatan tradisional lebih menekankan
pada ....
A. kemampuan untuk menuntaskan materi sajian
B. kemampuan untuk mempertunjukkan pengetahuan
C. keahlian manajerial dalam mengelola kelas
D. pemberian layanan terbaik bagi siswa
17. Menurut Dodl, pendidikan guru berdasarkan kompetensi bertujuan ....
A. menyiapkan guru memiliki kemampuan menampilkan dan melaksanakan
fungsi mengajar
B. melatih guru berinteraksi dengan berbagai sumber belajar
C. menyumbangkan kreativitas guru dalam membimbing siswa
D. mendidik guru untuk terampil menggunakan media pembelajaran
18. Kriteria yang digunakan dalam menilai kompetensi harus seperti
berikut, kecuali ....
A. didasarkan pada kompetensi yang spesifik
B. menuju tingkat penguasaan yang diharapkan
C. melibatkan orang tua siswa dan pengguna lulusan
D. telah dipublikasikan terlebih dahulu
19. Dalam program pendidikan guru berdasarkan kompetensi, penekanan
program pada ....
A. keluaran (exit)
B. syarat masukan (entrance)
C. pengajaran kelompok besar
D. pengalaman guru
20. Prinsip akuntabilitas dalam program pendidikan guru berdasarkan
kompetensi mengandung makna program tersebut harus ....
A. dapat dipertanggungjawabkan pada masyarakat
B. memberi keuntungan finansial
C. sesuai dengan budaya masyarakat
D. memberikan pada kepentingan pemerintah
21. Tujuan kognitif sebagai salah satu tujuan perilaku belajar
menekankan pada ....
A. kemampuan intelektual yang harus didemonstrasikan oleh siswa
B. sikap yang harus terefleksi dari seorang siswa
C. menampilkan beberapa kompetensi yang harus dipraktekkan siswa
D. hasil dari perbuatan siswa yang merefleksikan keterampilan dalam
bidang keahliannya
22. Kecenderungan naiknya harga barang-barang atau turunnya nilai mata
uang disebut ....
A. deflasi
B. inflasi
C. effisiensi
D. stagnasi
23. Cost push inflation
adalah salah satu faktor terjadinya inflasi hal ini berarti ....
A. kecenderungan naiknya permintaan barang dan jasa
B. kesenjangan pendapatan produksi
C. biaya produksi yang meningkat
D. biaya produksi yang stabil
24. Dampak negatif pembangunan di Indonesia antara lain, kecuali
....
A. perbedaan pertumbuhan antar daerah
B. kesenjangan produksi antar sektor
C. perbedaab pendapatan berpenghasilan tinggi dan berpenghasilan
rendah
D. kesenjangan angkatan kerja antar sektor
25. Materi pelajaran Ilmu Ekonomi di sekolah menengah untuk kelas I
Cawu III antara lain, kecuali ....
A. bentuk pasar barang
B. jenis pasar faktor produksi
C. biaya produksi
D. pasar modal/bursa efek
26. Tujuan pendidikan ekonomi di sekolah umum adalah agar siswa ....
A. mengerti masalah ekonomi sehari-hari terutama yang berdampak
terhadap lingkungannya
B. memahami konsep-konsep dasar ekonomi
C. dapat membaca masalah ekonomi
D. dapat membuat neraca ekonomi
27. Perbedaan antara kurikulum 1984 dan kurikulum 1994 dalam
pengajaran ekonomi terletak pada pendekatan, pada kurikulum 1984 digunakan
pendekatan verbalistis, sedangkan pada kurikulum 1994 digunakan pendekatan ....
A. bermain peran
B. kuantitatif
C. kualitatif
D. inquiry
28. Beberapa keuntungan bagi negara yang menganut faham ekonomi
kapitalis antara lain yaitu, kecuali ....
A. kemampuan untuk menemukan sumber produksi baru
B. kebebasan untuk melakukan aktivitas ekonomi sesuai keinginan
C. kebebasan untuk menguasai faktor produksi
D. sistem harga tanpa campur tangan pemerintah
29. Masyarakat yang memiliki kebebasan akan menjadi golongan
masyarakat yang berani mengambil resiko dan disebut sebagai ....
A. golongan enterpreneurs
B. masyarakat kapitalis
C. golongan birokrasi
D. golongan inovatif
30. Buku teks biasanya dilengkapi dengan sarana pengajaran, sebagai
berikut kecuali ....
A. pita rekaman dalam pelajaran menyimak
B. peta dalam pelajaran geografi
C. sistem informasi
D. koperasi sekolah
31. Tujuan penulisan buku teks adalah untuk menunjang program
pengajaran tertentu, pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A. Bacan
B. Buckigham
C. Hall - Quest
D. Lange
32. Dalam penulisan atau penyusunan buku teks harus memperhatikan
hal-hal sebagai berikut kecuali ....
A. isi tujuan
B. kelengkapan
C. tujuan umum
D. relevansi
33. Peranan buku teks menurut Greene dan Petty adalah sebagai berikut kecuali
....
A. kebutuhan para siswa
B. m,erupakan sumber yang komunikatif
C. sebagai penunjang bagi tugas-tugas produksi
D. sebagai sumber yang singkat dan padat
34. Dalam menyusun buku teks harus memperhatikan hal-hal sebagai
berikut kecuali ....
A. berdiri sendiri
B. sistematis
C. jenisnya bervariasi
D. susunannya teratur
35. Bahan yang terkandung dalam buku teks hendaknya tersusun rapi, hal
itu disesuaikan dengan hakikat mata pelajaran seperti berikut kecuali
....
A. umum - khusus
B. mudah - sukar
C. guru - siswa
D. bagian - keseluruhan
36. Agar para pembaca buku teks mendapat gambaran yang utuh, perlu
memperhatikan hal-hal sebagai berikut kecuali ....
A. menyajikan sumber, bahan, evaluasi dan remedial
B. menyediakan suatu sumber yang teratur dan bertahap
C. membandingkan sumber yang satu dengan yang lain
D. menyajikan pokok masalah yang kaya dan serasi
37. Buku teks selalu merupakan buku yang standar. Pengertian standar
adalah buku sebagai ....
A. acuan
B. panduan
C. pedoman
D. contoh
38. Cara menilai bagian-bagian buku teks adalah ....
A. membandingkan
bagian, satu dengan bagian yang lain
yang memenuhi kriteria penilaian
B. menyamakan isi komponen buku yang telah ditentukan dengan kriteria
penilaian
C. membandingkan komponen yang telah ditentukan dengan kriteria
penilaian
D. menguji komponen yang telah ditentukan dengan bagian lain pada
kriteria yang sama
39. Buku teks perlu dinilai sebelum dipakai dalam proses pembelajaran,
karena ....
A. sebagai dasar mencari sumber lain untuk memenuhi pembelajaran
B. untuk membandingkan buku yang akan dipakai dengan buku lain
C. tidak semua buku teks memenuhi kriteria buku teks yang baik
D. tujuan pembelajaran harus dicapai secara maksimal
40. Prinsip yang harus dipegang dalam pengembangan materi buku teks
adalah ....
A. ketersediaan informasi
B. materi sesuai dengan TIK
C. materi sesuai dengan pokok bahasan
D. materi sesuai dengan kemampuan siswa
41. Isi buku Teks harus sesuai dengan GBPP. Kriteria ini berarti ....
A. semua yang terkandung di dalam GBPP harus dimasukkan ke dalam buku
teks
B. hal-hal yang tidak ada di GBPP tidak perlu dicantumkan dalam buku
teks
C. dalam penyusunan buku, semua hal yang prinsip di dalam GBPP harus
diperhatikan
D. untuk pertimbangan tertentu, hal-hal yang prinsip di dalam GBPP
dapat diabaikan
42. Aspek yang harus diperhatikan dalam kurikulum dalam rangka
penulisan buku teks menurut Brown adalah ....
A. tujuan yang akan dicapai
B. kualitas kertas yang digunakan
C. metodlogi penulisan
D. sampel atau kulit buku
43. Penulisan suatu buku teks harus didasarkan pada nilai moral dan
etika yang berlaku dalam masyarakat. Berarti penulis telah menerapkan prinsip
....
A. ideologis
B. filosofis
C. ilmiah
D. sistematis
44. Buku teks dapat dijadikan sebagai sarana untuk membina watak dan
kepribadian generasi muda. Berarti buku teks telah menganut prinsip ....
A. ideologis
B. logis
C. sistematis
D. filosofis
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 45
SAMPAI 60, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
45. Menurt Payne, ada beberapa fungsi hakikat dan peranan pendidikan
yaitu ....
1) asimulasi tradisi
2) pengembang pola-pola sosial yang baru
3) pernan kreatif dan konstruktif
di dalam pendidikan
46. Kurikulum menurut aliran romantik memusatkan pada hal-hal seperti
berikut ....
1) kreativitas
2) anak
3) pengalaman
47. Donald F. Cay (1960) mengemukakan beberapa perumusan kurikulum
diantaranya sebagai berikut ....
1) kurikulum terdiri atas sejumlah bahwa pelajaran yang disusun
secara logis
2) kurikulum terdiri atas pengalaman belajar yang direncanakan untuk
membawa perubahan perilaku anak
3) kurikulum merupakan desain kelompok masyarakat
48. Filsafat pendidikan bermanfaat dalam hal ....
1) menentukan arah kemana siswa dibawa
2) memberi gambaran tentang hasil yang harus dicapai individu
3) menentukan cara dan proses untuk mencapai tujuan itu
49. Berikut ini kritik terhadap
pola pengorganisasian kurikulum yang berpusat pada mata pelajaran ....
1) cenderung menambah lebih banyak mata pelajaran
2) perbedaan individu semakin meningkat
3) kurang memperhatikan minat siswa
50. Penilaian untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam mencapai
penguasaan komptensi meliputi aspek ....
1) kognitif
2) afektif
3) verbal
51. Ciri-ciri sistem kredit semester ....
1) memungkinkan cara penyajian program bervariasi
2) penggunaan sarana dan prasarana pendidikan lebih berdaya guna
3) partisipasi masyarakat lebih ditingkatkan
52. Dalam hubungannya dengan perbaikan kurikulum yang dilaksanakan di
kelas tugas pokok guru adalah ....
1) meningkatkan profesi kegunaannya secara terus-menerus
2) saling berbagai pengalaman tentang kurikulum
3) bekerja, berinteraksi bersama siswa untuk terus memperbaiki proses
pembelajaran
53. Guru merupakan suatu profesi, karena mengandung ciri ....
1) memiliki kode etik profesi
2) berorientasi pada pelayanan atau pengabdian
3) bekerja paroh waktu (part
time)
54. Menurut Samulson masalah pokok ekonomi yang dihadapi manusia ada
tiga antara lain ....
1) jenis barang yang diproduksi
2) untuk siapa barang itu diproduksi
3) kemana barang tersebut dipasarkan
55. Pendapat Yosep Schumpeter golongan enterpreneur memiliki keunggulan
dalam hal berikut menemukan ....
1) metode-metode baru
2) sumber-sumber baru
3) peluang pasar
56. Buku teks ditulis atau dibuat untuk menunjang pengajaran, dalam
pelajaran ekonomi buku teks sebagai penunjang pengajaran ....
1) pertokoan
2) akuntansi
3) keterampilan
57. Setiap mata pelajaran mempunyai sub/bagian, seperti dalam
pelajaran ekonomi terdiri dari ....
1) akuntansi
2) ekonomi umum
3) ekonomi perusahaan
58. Bahasa yang digunakan dalam penulisan buku teks sebaiknya harus
....
1) sesuai dengan bahasa siswa
2) terhindar dari makna ganda
3) kalimatnya unik
59. Hubungan antara kurikulum dengan buku teks dapat dilihat dari segi
keluarnya buku teks dan kurikulum. Berdasarkan hubungan tersebut kemungkinan
yang dapat timbul adalah ....
1) kurikulum lebih du keluar dari buku teks
2) buku teks keluar lebih dahulu dari kurikulum
3) buku teks dan kurikulum serentak dikeluarkan
60. Bagian depan dari suatu buku biasanya terdiri dari ....
1) judul Perancis
2) judul utama
3) daftar tabel
No comments:
Post a Comment