Cloud Hosting Indonesia

28 March, 2014

Soal kurikulum dan buku teks pendidikan ekonomi



TUGAS MANDIRI
KURIKULUM DAN BUKU TEKS PENDIDIKAN EKONOMI
(PEKO4403)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 44,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   belajar tanpa disengaja, jawaban yang reflektif merupakan tipe belajar ....          
A.   signal learning (tipe belajar tanda)
B.   stimulus response learning (belajar stimulus response)
C.   motor-chaining learning (belajar stimulus response)
D.   problem solving (tipe belajar pemecahan masalah)

2.   Kurikulum harus memusatkan problema yang ada pada masyarakat menurut aliran seperti ....     
A.   progresif
B.   premialis
C.   esensialis
D.   modern
     
3.   Peranan guru adalah menanamkan pengetahuan yang memakai dan menanamkan disiplin mental kepada para siswa.
      Pernyataan ini dikemukakan oleh kaum ....
A.   progresif
B.   prenialis
C.   modern
D.   essensialis

4.   Manusia memiliki tiga kualitas seperti hasrat, kemauan, dan penalaran, hal tersebut dinyatakan oleh ....
A.   Plato
B.   Robert
C.   Porter
D.   Sukamto

5.   Keuntungan yang diperoleh bagi mahasiswa/siswa, apabila di sekolah menerapkan sistem kredit semester adalah ....
A.   mendapat materi lebih banyak
B.   menghemat waktu dan biaya
C.   mahasiswa/siswa dapat belajar santai
D.   mahasiswa dapat menunda atau berhenti sementara






6.   Di bawah ini bukan merupakan asumsi kurikulum berpusat pada mata pelajaran adalah ....
A.   fungsi kognitif seorang anak secara esensial sama dengan fungsi kognitif orang dewasa
B.   pengorganisasian disiplin menurut strukturnya
C.   sekolah berperan memindahkan warisan kultural
D.   penyajian otoriter tidak digunakan lagi

7.   Pola pengorganisasian yang paling tua dan tetap banyak digunakan sampai sekarang adalah kurikulum ....
A.   yang berpusat pada subyek mata pelajaran
B.   berpusat pada siswa
C.   berkorelasi
D.   berintegrasi

8.   Kegiatan kepramukaan di sekolah merupakan kegiatan ....
A.   kurikuler
B.   kokulikuler
C.   intra kurikuler
D.   ekstra kurikuler

9.   Sistem kredit semester secara murni banyak dilaksanakan di ....
A.   Sekolah Dasar
B.   sekolah Kejuruan
C.   Sekolah Menengah Umum
D.   Perguruan Tinggi

10.   Yang bukan merupakan karakteristik dari test uraian ....
A.   siswa dapat menyusun jawaban dengan mengorganisasikan sendiri
B.   keaslian berpikir siswa akan tampak
C.   siswa dapat mengembangkan gagasannya dengan baik
D.   pemberian angka/nilai lebih obyektif

11.   Dasar penilaian dalam kurikulum adalah ketuntasan belajar, dalam penilaian lebih berorientasi pada ....
A.   penilaian acuan patokan (PAP)
B.   ujian obyektif
C.   penilaian acuan normal (PAN)
D.   ujian uraian



12.   Dalam hubungan dengan peran guru sebagai manajer kelas maka guru harus ....
A.   mengatur tata tertib di kelas dan menjadi pemimpin kelompok
B.   memberikan penyuluhan dan konseling
C.   memberikan bimbingan karier
D.   sebagai jawaban antara orang tua dengan siswa

13.   Actual curriculum adalah ....
A.   dokumen resmi tertulis dari suatu kurikulum
B.   kurikulum yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas
C.   kurikulum yeng disepakati secara nasional
D.   penjabaran yang lebih spesifik dari kurikulum nasional

14.   Guru yang efektif memiliki ciri sebagai berikut, kecuali mendasarkan diri pada ....
A.   interelasi siswa guru
B.   dasar-dasar agama dan budaya
C.   kompetensi
D.   metode yang digunakan di kelas

15.   Menurut Hamacheck larakteristik guru yang berhasil ditandai oleh ....
A.   disukai siswa dari segi personal
B.   memiliki kepribadian yang hangat
C.   tidak memiliki rasa humor
D.   memiliki antusias yang tinggi

16.   Dalam pengajaran dengan pendekatan tradisional lebih menekankan pada ....
A.   kemampuan untuk menuntaskan materi sajian
B.   kemampuan untuk mempertunjukkan pengetahuan
C.   keahlian manajerial dalam mengelola kelas
D.   pemberian layanan terbaik bagi siswa

17.   Menurut Dodl, pendidikan guru berdasarkan kompetensi bertujuan ....
A.   menyiapkan guru memiliki kemampuan menampilkan dan melaksanakan fungsi mengajar
B.   melatih guru berinteraksi dengan berbagai sumber belajar
C.   menyumbangkan kreativitas guru dalam membimbing siswa
D.   mendidik guru untuk terampil menggunakan media pembelajaran







18.   Kriteria yang digunakan dalam menilai kompetensi harus seperti berikut, kecuali ....
A.   didasarkan pada kompetensi yang spesifik
B.   menuju tingkat penguasaan yang diharapkan
C.   melibatkan orang tua siswa dan pengguna lulusan
D.   telah dipublikasikan terlebih dahulu

19.   Dalam program pendidikan guru berdasarkan kompetensi, penekanan program pada ....
A.   keluaran (exit)
B.   syarat masukan (entrance)
C.   pengajaran kelompok besar
D.   pengalaman guru

20.   Prinsip akuntabilitas dalam program pendidikan guru berdasarkan kompetensi mengandung makna program tersebut harus ....
A.   dapat dipertanggungjawabkan pada masyarakat
B.   memberi keuntungan finansial
C.   sesuai dengan budaya masyarakat
D.   memberikan pada kepentingan pemerintah

21.   Tujuan kognitif sebagai salah satu tujuan perilaku belajar menekankan pada ....
A.   kemampuan intelektual yang harus didemonstrasikan oleh siswa
B.   sikap yang harus terefleksi dari seorang siswa
C.   menampilkan beberapa kompetensi yang harus dipraktekkan siswa
D.   hasil dari perbuatan siswa yang merefleksikan keterampilan dalam bidang keahliannya

22.   Kecenderungan naiknya harga barang-barang atau turunnya nilai mata uang disebut ....
A.   deflasi
B.   inflasi
C.   effisiensi
D.   stagnasi

23.   Cost push inflation adalah salah satu faktor terjadinya inflasi hal ini berarti ....
A.   kecenderungan naiknya permintaan barang dan jasa
B.   kesenjangan pendapatan produksi
C.   biaya produksi yang meningkat
D.   biaya produksi yang stabil






24.   Dampak negatif pembangunan di Indonesia antara lain, kecuali ....
A.   perbedaan pertumbuhan antar daerah
B.   kesenjangan produksi antar sektor
C.   perbedaab pendapatan berpenghasilan tinggi dan berpenghasilan rendah
D.   kesenjangan angkatan kerja antar sektor

25.   Materi pelajaran Ilmu Ekonomi di sekolah menengah untuk kelas I Cawu III antara lain, kecuali ....
A.   bentuk pasar barang
B.   jenis pasar faktor produksi
C.   biaya produksi
D.   pasar modal/bursa efek

26.   Tujuan pendidikan ekonomi di sekolah umum adalah agar siswa ....
A.   mengerti masalah ekonomi sehari-hari terutama yang berdampak terhadap lingkungannya
B.   memahami konsep-konsep dasar ekonomi
C.   dapat membaca masalah ekonomi
D.   dapat membuat neraca ekonomi

27.   Perbedaan antara kurikulum 1984 dan kurikulum 1994 dalam pengajaran ekonomi terletak pada pendekatan, pada kurikulum 1984 digunakan pendekatan verbalistis, sedangkan pada kurikulum 1994 digunakan pendekatan ....
A.   bermain peran
B.   kuantitatif
C.   kualitatif
D.   inquiry

28.   Beberapa keuntungan bagi negara yang menganut faham ekonomi kapitalis antara lain yaitu, kecuali ....
A.   kemampuan untuk menemukan sumber produksi baru
B.   kebebasan untuk melakukan aktivitas ekonomi sesuai keinginan
C.   kebebasan untuk menguasai faktor produksi
D.   sistem harga tanpa campur tangan pemerintah

29.   Masyarakat yang memiliki kebebasan akan menjadi golongan masyarakat yang berani mengambil resiko dan disebut sebagai ....
A.   golongan enterpreneurs
B.   masyarakat kapitalis
C.   golongan birokrasi
D.   golongan inovatif



30.   Buku teks biasanya dilengkapi dengan sarana pengajaran, sebagai berikut kecuali ....
A.   pita rekaman dalam pelajaran menyimak
B.   peta dalam pelajaran geografi
C.   sistem informasi
D.   koperasi sekolah

31.   Tujuan penulisan buku teks adalah untuk menunjang program pengajaran tertentu, pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Bacan
B.   Buckigham
C.   Hall - Quest
D.   Lange

32.   Dalam penulisan atau penyusunan buku teks harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut kecuali ....
A.   isi tujuan
B.   kelengkapan
C.   tujuan umum
D.   relevansi

33.   Peranan buku teks menurut Greene dan Petty adalah sebagai berikut kecuali ....
A.   kebutuhan para siswa
B.   m,erupakan sumber yang komunikatif
C.   sebagai penunjang bagi tugas-tugas produksi
D.   sebagai sumber yang singkat dan padat

34.   Dalam menyusun buku teks harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut kecuali ....
A.   berdiri sendiri
B.   sistematis
C.   jenisnya bervariasi
D.   susunannya teratur

35.   Bahan yang terkandung dalam buku teks hendaknya tersusun rapi, hal itu disesuaikan dengan hakikat mata pelajaran seperti berikut kecuali ....
A.   umum - khusus
B.   mudah - sukar
C.   guru - siswa
D.   bagian - keseluruhan

36.   Agar para pembaca buku teks mendapat gambaran yang utuh, perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut kecuali ....
A.   menyajikan sumber, bahan, evaluasi dan remedial
B.   menyediakan suatu sumber yang teratur dan bertahap
C.   membandingkan sumber yang satu dengan yang lain
D.   menyajikan pokok masalah yang kaya dan serasi

37.   Buku teks selalu merupakan buku yang standar. Pengertian standar adalah buku sebagai ....
A.   acuan
B.   panduan
C.   pedoman
D.   contoh

38.   Cara menilai bagian-bagian buku teks adalah ....
        A.      membandingkan bagian, satu  dengan bagian yang lain yang memenuhi kriteria penilaian
B.   menyamakan isi komponen buku yang telah ditentukan dengan kriteria penilaian
C.   membandingkan komponen yang telah ditentukan dengan kriteria penilaian
D.   menguji komponen yang telah ditentukan dengan bagian lain pada kriteria yang sama

39.   Buku teks perlu dinilai sebelum dipakai dalam proses pembelajaran, karena ....
A.   sebagai dasar mencari sumber lain untuk memenuhi pembelajaran
B.   untuk membandingkan buku yang akan dipakai dengan buku lain
C.   tidak semua buku teks memenuhi kriteria buku teks yang baik
D.   tujuan pembelajaran harus dicapai secara maksimal
     
40.   Prinsip yang harus dipegang dalam pengembangan materi buku teks adalah ....
A.   ketersediaan informasi
B.   materi sesuai dengan TIK
C.   materi sesuai dengan pokok bahasan
D.   materi sesuai dengan kemampuan siswa

41.   Isi buku Teks harus sesuai dengan GBPP. Kriteria ini berarti ....
A.   semua yang terkandung di dalam GBPP harus dimasukkan ke dalam buku teks
B.   hal-hal yang tidak ada di GBPP tidak perlu dicantumkan dalam buku teks
C.   dalam penyusunan buku, semua hal yang prinsip di dalam GBPP harus diperhatikan
D.   untuk pertimbangan tertentu, hal-hal yang prinsip di dalam GBPP dapat diabaikan

42.   Aspek yang harus diperhatikan dalam kurikulum dalam rangka penulisan buku teks menurut Brown adalah ....
A.   tujuan yang akan dicapai
B.   kualitas kertas yang digunakan
C.   metodlogi penulisan
D.   sampel atau kulit buku



43.   Penulisan suatu buku teks harus didasarkan pada nilai moral dan etika yang berlaku dalam masyarakat. Berarti penulis telah menerapkan prinsip ....
A.   ideologis
B.   filosofis
C.   ilmiah
D.   sistematis

44.   Buku teks dapat dijadikan sebagai sarana untuk membina watak dan kepribadian generasi muda. Berarti buku teks telah menganut prinsip ....
A.   ideologis
B.   logis
C.   sistematis
D.   filosofis


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   45   SAMPAI   60,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
45.   Menurt Payne, ada beberapa fungsi hakikat dan peranan pendidikan yaitu ....
1)   asimulasi tradisi
2)   pengembang pola-pola sosial yang baru
3)   pernan kreatif dan konstruktif  di dalam pendidikan

46.   Kurikulum menurut aliran romantik memusatkan pada hal-hal seperti berikut ....
1)   kreativitas
2)   anak
3)   pengalaman

47.   Donald F. Cay (1960) mengemukakan beberapa perumusan kurikulum diantaranya sebagai berikut ....
1)   kurikulum terdiri atas sejumlah bahwa pelajaran yang disusun secara logis
2)   kurikulum terdiri atas pengalaman belajar yang direncanakan untuk membawa perubahan perilaku anak
3)   kurikulum merupakan desain kelompok masyarakat

48.   Filsafat pendidikan bermanfaat dalam hal ....
1)   menentukan arah kemana siswa dibawa
2)   memberi gambaran tentang hasil yang harus dicapai individu
3)   menentukan cara dan proses untuk mencapai tujuan itu



49.   Berikut ini kritik terhadap  pola pengorganisasian kurikulum yang berpusat pada mata pelajaran ....
1)   cenderung menambah lebih banyak mata pelajaran
2)   perbedaan individu semakin meningkat
3)   kurang memperhatikan minat siswa

50.   Penilaian untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam mencapai penguasaan komptensi meliputi aspek ....
1)   kognitif
2)   afektif
3)   verbal

51.   Ciri-ciri sistem kredit semester ....
1)   memungkinkan cara penyajian program bervariasi
2)   penggunaan sarana dan prasarana pendidikan lebih berdaya guna
3)   partisipasi masyarakat lebih ditingkatkan

52.   Dalam hubungannya dengan perbaikan kurikulum yang dilaksanakan di kelas tugas pokok guru adalah ....
1)   meningkatkan profesi kegunaannya secara terus-menerus
2)   saling berbagai pengalaman tentang kurikulum
3)   bekerja, berinteraksi bersama siswa untuk terus memperbaiki proses pembelajaran

53.   Guru merupakan suatu profesi, karena mengandung ciri ....
1)   memiliki kode etik profesi
2)   berorientasi pada pelayanan atau pengabdian
3)   bekerja paroh waktu (part time)

54.   Menurut Samulson masalah pokok ekonomi yang dihadapi manusia ada tiga antara lain ....
1)   jenis barang yang diproduksi
2)   untuk siapa barang itu diproduksi
3)   kemana barang tersebut dipasarkan

55.   Pendapat Yosep Schumpeter golongan enterpreneur memiliki keunggulan dalam hal berikut menemukan ....
1)   metode-metode baru
2)   sumber-sumber baru
3)   peluang pasar

56.   Buku teks ditulis atau dibuat untuk menunjang pengajaran, dalam pelajaran ekonomi buku teks sebagai penunjang pengajaran ....
1)   pertokoan
2)   akuntansi
3)   keterampilan

57.   Setiap mata pelajaran mempunyai sub/bagian, seperti dalam pelajaran ekonomi terdiri dari ....
1)   akuntansi
2)   ekonomi umum
3)   ekonomi perusahaan

58.   Bahasa yang digunakan dalam penulisan buku teks sebaiknya harus ....
1)   sesuai dengan bahasa siswa
2)   terhindar dari makna ganda
3)   kalimatnya unik

59.   Hubungan antara kurikulum dengan buku teks dapat dilihat dari segi keluarnya buku teks dan kurikulum. Berdasarkan hubungan tersebut kemungkinan yang dapat timbul adalah ....
1)   kurikulum lebih du keluar dari buku teks
2)   buku teks keluar lebih dahulu dari kurikulum
3)   buku teks dan kurikulum serentak dikeluarkan

60.   Bagian depan dari suatu buku biasanya terdiri dari ....
1)   judul Perancis
2)   judul utama
3)   daftar tabel

No comments:

Post a Comment