Cloud Hosting Indonesia

26 April, 2014

Soal Dasar Dasar Pendidikan MIPA



TUGAS MANDIRI
DASAR-DASAR PENDIDIKAN MIPA
(PIPA3313)



PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  25, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Yang dimaksud dengam Matematika menurut Kline (1973) adalah
A.   ilmu tentang logika, mengenai bentuk susunan, besaran dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan lainnya.
B.   ilmu tentang struktur yang bersifat deduktif aksiomatik, akurat, abstrak, ketat.
C.   ilmu yang digunakan untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan sosial, ekonomi, dan alami.
D.   pola berpikir, pola mengorganisasikan pembuktian yang logik.

2.   Kelompok-kelompok di bawah ini merupakan kelompok unsur-unsur yang tidak didefinisikan adalah
A.   bidang, sudut, himpunan.
B.   elemen, bilangan, bidang.
C.   sudut, elemen, bilangan.
D.   irisan, segitiga, titik.
     
3.   Berikut yang merupakan contoh aksioma adalah
A.   tiga sudut membentuk segitiga.
B.   banyak garis membentuk bidang.
C.   dua segitiga siku-siku sama dan sebangun.
D.   dua titik membentuk garis.

4.   Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan dalil adalah
A.   jumlah sudut-sudut sebuah segitiga 1800.
B.   semua sudut siku-siku satu sama lainnya sama besar.
C.   kuadrat sisi miring suatu segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat sisi-sisi lainnya.
D.   pada sebuah segitiga sama kaki kedua sudut yang terletak pada kaki-kaki sama besar.


5.   Perhatikan segitiga di bawah ini
              
               Dari gambar tersebut kelompok bilangan di bawah ini yang tidak mengikuti pola adalah
A.   a = 3,         b = 4,              c = 5.
B.   a = 2,         b = 6,              c =
C.   a =    b = 6,              c = 8.
D.   a = 4,         b =        c = 6

6.   Matematika disebut ilmu tentang pola dan hubungan, hal ini ditunjukkan oleh
A.   pendapat bahwa matematika adalah ilmu deduktif.
B.   banyaknya rumus dan dalil dalam matematika.
C.   seringkali digunakan metode induktif.
D.   kegiatan mencari keseragaman dan keteraturan.

7.   Pernyataan berikut ini yang merupakan contoh dari “kebenaran dalam matematika diperoleh dengan jalan deduktif”, adalah
A.   melalui sebuah titik yang tidak terletak pada sebuah garis hanya dapat ditarik sebuah garis lurus yang sejajar dengan garis itu.
B.   melalui dua buah titik dapat ditarik sebuah garis lurus.
C.   semua sudut siku-siku satu sama lainnya sama besar.
D.   jumlah dua buah bilangan ganjil adalah bilangan genap.

8.   Pernyataan-pernyataan di bawah ini yang tidak mendukung pernyataan bahwa IPA sebagai kumpulan pengetahuan dan sebagai proses adalah
A.   IPA terdiri dari konsep-konsep, teori-teori, hukum-hukum.
B.   IPA berkembang atas dasar observasi, eksperimentasi, klasifikasi, pengukuran dan sebagainya.
C.   teori IPA ditemukan dengan metode IPA.
D.   metode deduktif tidak pernah digunakan untuk menurunkan hukum-hukum IPA.

9.   Pernyataan-pernyataan di bawah ini yang tidak mendukung bahwa kebenaran IPA tidak mutlak adalah
A.   teori IPA selalu diperoleh dari pengamatan dan pengukuran sehingga dapat dipercaya.
B.   pengetahuan IPA bersifat universal, sehingga semua orang sudah mengakui.
C.   alat indera dan alat-alat ukur tidak ada yang sempurna.
D.   pengetahuan yang diperoleh dengan metode IPA harus diterima oleh semua orang.

10.   Kebenaran IPA adalah universal, artinya kebenaran IPA
A.   harus diterima oleh setiap orang.
B.   dapat diperiksa oleh setiap orang atau diulang observasinya.
C.   dapat berkembang setiap saat selaras dengan perkembangan IPTEK.
D.   diperoleh dengan metode ilmiah yang sifatnya umum.

11.   IPA dapat menjadikan orang bersikap rendah hati dan tidak sombong, hal ini dikarenakan
A.   adanya kesadaran bahwa kebenaran ilmu yang diciptakan manusia itu tidak mutlak.
B.   adanya keyakinan bahwa alam ini sangat teratur.
C.   adanya sikap mencintai kebenaran.
D.   adanya sikap untuk selalu tidak purbasangka.

12.   Kebenaran IPA bersifat tentatif, maksudnya adalah bahwa kebenaran IPA
A.   bersifat universal.
B.   tidak tahan lama.
C.   tidak akan pudar.
D.   selalu dapat diperbaharui.

13.   IPA merupakan suatu sistem yang besar dan utuh artinya
A.   IPA merupakan kumpulan konsep-konsep, teori-teori hukum-hukum banyak yang sekali.
B.   hukum-hukum IPA tidak dapat diuraikan menjadi hukum-hukum yang kecil.
C.   suatu teori merupakan pelengkap teori-teori yang lain untuk membentuk sistem yang lebih sempurna dan harmonis.
D.   para ilmuwan selalu menjalin hubungan yang saling percaya, baik mereka yang hidup pada satu masa maupun dengan para pendahulunya.

14.   Di antara berikut ini yang merupakan contoh teori yang gugur setelah ditemukan teori yang lebih baru adalah
A.   hukum Boyle tentang perilaku gas ideal.
B.   teori yang mengatakan bahwa kalor adalah energi.
C.   teori gelombang cahaya dari Huygens.
D.   teori yang mengatakan bahwa kalor adalah zat alir.

15.   Kepada siswa di berikan gambar-gambar seperti di bawah ini.
              
        Tanpa bimbingan dari guru mereka diharapkan dapat merumuskan sesuatu yang baru baginya, yakni hubungan antara luas bujursangkar I dengan jumlah luas bujursangkar II. Kegiatan tersebut adalah contoh dari
A.   pendekatan deduktif.
B.   pendekatan ekspositori.
C.   pendekatan rasio.
D.   pendekatan discovery.

16.   Keterampilan matematika merupakan kemampuan siswa untuk
A.   menemukan rumus matematika.
B.   menjelaskan pengertian tentang konsep-konsep atau teorema-teorema dalam matematika secara benar.
C.   menjalankan prosedur-prosedur dan operasi-operasi di dalam matematika secara tepat, cermat dan benar.
D.   melakukan operasi hitung secara tepat, cermat dan benar.

17.   Sebuah bola dijatuhkan dari ketinggian 1 m, pada setiap bola tersebut memantul hanya akan mencapai 2/3 dari ketinggian sebelumnya. jarak total yang ditempuh bola sampai berhenti dapat dihitung dengan menggunakan
A.   diferensial.
B.   deret.
C.   fungsi.
D.   ketidaksamaan.

18.   Nilai-nilai berikut terkandung di dalam matematika, kecuali
A.   nilai ekonomis.
B.   nilai kesederhanaan.
C.   nilai praktis.
D.   nilai kebenaran yang tentarif.

19.   Motivasi belajar di kelas dapat timbul, berkat adanya hal-hal berikut, kecuali
A.   interaksi antara, para siswa.
B.   hubungan antara guru dengan siswa.
C.   proses belajar mengajar yang sesuai.
D.   guru yang ditakuti oleh siswa.

20.   Kategori pokok hasil belajar menurut Gagne antara lain: kemampuan menyatakan perbedaan-perbedaan mempelajari  konsep-konsep, aturan-aturan. Hal ini disebut
A.   strategi kognitif.
B.   informasi verbal.
C.   keterampilan intelektual.
D.   keterampilan verbal.

21.   Motivasi belajar dikembangkan selama proses belajar, sebab dengan adanya motivasi, maka
A.   hasil belajar siswa pasti baik.
B.   siswa dapat belajar sendiri.
C.   semangat belajar siswa dapat dipertahankan.
D.   bimbingan dari guru tidak begitu penting lagi.

22.   Strategi  koknitif akan membantu seseorang untuk mampu
A.   menjelaskan kembali segala apa (informasi) yang telah diterimanya dengan ungkapan sendiri.
B.   untuk mengatur dirinya sendiri, termasuk untuk belajar sendiri.
C.   menyatakan perbedaan-perbedaan mempelajari konsep-konsep, aturan-aturan.
D.   membedakan hal-hal yang baik dan buruk, yang dapat dilakukan dengan yang tidak.

23.   Beberapa prinsip berikut dapat digunakan sebagai pedoman untuk memotivasi siswa dalam belajar IPA, kecuali
A.   prinsip menarik.
B.   prinsip prasyarat.
C.   prinsip kebermaknaan.
D.   prinsip kebersamaan.

24.   Fungsi guru IPA sebagai katalisator dan fasilitator artinya
A.   guru IPA harus mempunyai keterampilan membuat dan merakit alat-alat peraga sederhana.
B.   guru IPA harus pandai mentransfer ilmu pengetahuan ke siswa-siswanya.
C.   guru IPA harus mampu mengidentifikasi bakat dan minat dari siswa-siswanya.
D.   guru IPA harus mampu menciptakan kondisi belajar sehingga siswa terangsang untuk berpikir dan menemukan sendiri konsep, prinsip dan hukum-hukum IPA.

25.   Metode induktif lebih sesuai untuk pengajaran IPA di SMP daripada metode deduktif. Hal ini dikarenakan
A.   siswa SMP masih sulit untuk berpikir deduktif.
B.   pola berpikir deduktif merupakan cara pengambilan keputusan yang bertolak dari prinsip yang sifatnya umum.
C.   konsep, prinsip dan hukum-hukum IPA kebanyakan dipenuhi secara pengalaman dan pengamatan.
D.   metode deduktif hanya cocok untuk pengajaran matematika.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  26  SAMPAI  50,   PILIHLAH!
A.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D.   JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!

26.   Matematika banyak dipakai untuk memecah-kan masalah-masalah dalam IPA, sebagai contoh, sebuah benda yang jatuh dari ketinggian tertentu dapat dihitung kecepatannya ketika sampai di tanah.
sebab                 
Pada hakekatnya matematika itu sama dengan IPA, yakni bersifat deduktif.

27.   Dari unsur-unsur yang tidak didefinisikan ditambah dengan unsur-unsur yang didefinisikan dibuatkan aksioma.
sebab                 
Kebenaran matematika di kembangkan berdasarkan alasan logis.

28.   Dalil dalam matematika dibentuk dari beberapa aksioma yang kebenarannya harus berlaku secara umum.
sebab                 
Matematika itu disusun, berkembang dan ditemukan secara induktif dari observasi, coba-coba, eksperimen dan sebagainya.

29.   Pada umumnya matematikawan menemukan dalil atau teori dari hasil observasi, menebak, dan merasa menguji hipotesis, mencari analogi, coba-coba dan eksperimen.
sebab                 
Matematika adalah ilmu deduktif.

30.   Jumlah dua bilangan ganjil akan menghasil-kan bilangan genap.
sebab                 
Penjumlahan berikut ini merupakan bilangan genap 1 + 3 = 4,     3 + 5 = 8,     1 + 7 = 8,     3 + 7 = 10.

31.   Semua logam jika dipanasi akan memuai.
sebab                 
Apabila diamati logam-logam seperti besi, tembaga, kuningan, perak akan bertambah volumenya jika dipanasi.

32.   Matematika adalah ilmu deduktif.
sebab                 
Matematika adalah ilmu tentang pola dan hubungan.

33.   IPA adalah pengetahuan yang telah diuji kebenarannya dengan metode ilmiah.
sebab                 
Teori-teori IPA yang ditemukan sejak dulu tetap berlaku sampai sekarang.

34.   Pengetahuan IPA berbeda dengan agama dan seni.
sebab                 
Agama berkenaan dengan pelestarian suatu kebenaran yang mutlak dan seni bersifat individual.

35.   Dalam upaya memperoleh kebenaran, IPA memiliki cara yang berbeda dengan matematika.
sebab                 
IPA memperoleh kebenaran melalui metode ilmiah, sedangkan matematika tidak.

36.   Kebenaran IPA adalah kebenaran objektif.
sebab                 
Kebenaran IPA terbuka untuk diperiksa oleh setiap orang atau diulang observasinya.



37.   Produksi senjata pemusnah seperti bom hidrogen, senjata kuman, maupun robot untuk tujuan kejahatan adalah beberapa contoh bahwa IPA mempunyai nilai moral pada terapannya.
sebab                 
Pendidikan IPA dapat mengambangkan sikap dan perilaku terpuji seperti mencintai kebenaran, jujur, rendah hati, serta menghargai pendapat orang lain.

38.   Sikap ingin tahu mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan IPA.
sebab     
Ilmuwan IPA harus selalu optimis bahwa semua permasalahan pasti dapat dipecahkan.

39.   Ketika kita mengajarkan suatu konsep dimulai dengan mengemukakan definisinya dan kemudian disusul dengan contoh-contohnya, disebut pendekatan induktif.
sebab                 
Jika dua pasang sudut dari dua segitiga sama besar, maka pasangan sudutnya yang ketiga sama pula.

40.   Dalam hal partisipasi aktif dari murid dalam proses belajar mengajar dengan metode ekspositori lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah.
sebab                 
Guru lebih banyak memberikan latihan soal-soal dalam metode ekspositori peran.

41.   Metode ekspositori merupakan satu-satunya metode pengajaran matematika di SMP yang paling tepat.
sebab                 
Siswa SMP pada umumnya belum dapat dilatih menemukan sesuatu rumus.

42.   Angka 14, 28 adalah hasil bagi 100 oleh 7. Hal ini merupakan contoh algoritma pembagian.
sebab                 
Dalam matematika dua angkat dibelakang koma dianggap sudah teliti.

43.   Apabila x menyebabkan y dan z menyebab-kan y, maka x  menyebabkan z. Hal ini merupakan contoh keterampilan dasar pembuktian rumus dan dalil.
sebab                 
Rumus dan dalil adalah hubungan sebab akibat.

44.   Semua siswa sekolah tersebut berasal dari kota. Si A adalah siswa dari sekolah tersebut. Jadi si A berasal dari kota. Hal ini adalah contoh pola pikir yang absah.
sebab                 
Premis-premis dan kesimpulannya benar.

45.   Semua siswa sekolah tersebut memakai seragam putih-putih. Si A memakai seragam putih-putih. Jadi si A adalah siswa sekolah tersebut. Hal ini adalah contoh pola pikir yang absah.
sebab                 
Premis-premis dan kesimpulan pada pernyataan di atas adalah benar.

46.   Matematika perlu diajarkan di sekolah-sekolah dari SD sampai SMA.
sebab                 
Manfaat matematika dapat dirasakan juga dalam kehidupan sehari-hari.

47.   Kemajuan teknologi dan sains yang begitu pesat dewasa ini memberikan konsekuensi bahwa peranan guru di dalam proses belajar mengajar IPA di kelas akan semakin berkurang.
sebab                 
Fungsi guru dapat digantikan oleh komputer dan program-program sofwarenya, maupun alat-alat komunikasi lain yang canggih.

48.   Guru IPA yang dapat bertindak sebagai katalisator dan fasilitator dengan baik, adalah ciri-ciri seorang guru IPA yang profesional dan bermutu.
sebab                 
Guru IPA yang profesional adalah yang menguasai dengan baik bidang studi yang diajarkan.

49.   Seorang guru IPA yang profesional adalah harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan.
sebab                 
Ilmu pengetahuan yang sudah lama tidak boleh diajarkan kepada siswa.

50.   Kegiatan laboratorium hanyalah pelengkap bagi proses belajar mengajar IPA di kelas.
sebab                 
Tidak setiap sekolah mampu membeli alat-alat IPA dan tidak setiap guru IPA terampil menggunakannya.


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   51   SAMPAI   75,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
51.   Pengetahuan ilmiah adalah pengetahuan yang mempunyai ciri-ciri
1)   diperoleh dengan metode ilmiah
2)   kebenarannya berlaku secara universal
3)   kebenarannya dicirikan dengan kesesuaiannya dengan alat akal sehat manusia

52.   Cara pandang IPA terhadap suatu objek bersifat analitis, sebab
1)   IPA melibat sesuatu secara lengkap, cermat, serta pragmatis
2)   IPA hanya mencakup objek-objek yang nyata
3)   IPA merupakan pola pikir logis dan uniform

53.   IPA merupakan pola pikir logis, hal ini ditunjukkan oleh
1)   metode yang digunakan untuk mendapatkan kebenaran
2)   cara menghadapi sesuatu objek yang analitis
3)   kebenaran yang bersifat universal

54.   Daerah kajian IPA adalah
1)   semua pengetahuan tentang alam baik yang nasional maupun yang tidak rasional
2)   semua gejala alam yang dapat diamati dengan indera manusia
3)   semua objek yang sifatnya nyata

55.   Kebenaran IPA mengandung keterbatasan-keterbatasan, hal ini disebabkan antara lain
1)   IPA tidak mampu menjangkau hal-hal yang bersifat abstrak dan yang bersifat konsepsi
2)   tidak setiap orang mudah memahami konsep-konsep dan hukum-hukum IPA
3)   alat-alat indera manusia yang tidak sempurna

56.   IPA tidak dapat menjangkau bidang-bidang etika, estetika, dan sistem nilai, hal ini disebabkan IPA
1)   lebih menitik-beratkan subjektivitas daripada objektivitas
2)   lebih menitik-beratkan objektivitas daripada subjektivitas
3)   mengandalkan rasio serta pengamatan yang objektif
57.   “Kebenaran yang objektif” mendapat tempat paling utama di dalam IPA, artinya
1)   IPA selalu menjunjung tinggi nilai-nilai etik dan estetika
2)   proses IPA dapat dianggap sebagai suatu latihan mencari, meresapkan dan menghayati nilai-nilai luhur
3)   para ilmuwan masa kini tetap menghormati ilmuwan-ilmuwan pen-dahulunya

58.   Contoh temuan yang lebih baru melengkapi teori yang sudah ada, adalah
1)   hukum tentang perilaku gas real
2)   teori atom Bohr
3)   teori cahaya Newton

59.   Susunan galaksi, tata surya sampai susunan bagian dalam dari atom begitu teratur dan serasi oleh sang pencipta
1)   alam semesta dengan segala isinya ini memang disusun sedemikian teratur dan serasi oleh sang pencipta
2)   alam semeta dengan segala isinya ini memang harus mengikuti rumus-rumus IPA
3)   hukum-hukum alam itu memang sudah ada sebelum orang berhasil menemukan-nya

60.   Beberapa kelemahan pendekatan induktif adalah
1)   umumnya para siswa mengalami kesulitan dalam memahami suatu rumus yang abstrak, bila kita tidak memberikan contoh-contoh berikut
2)   memerlukan banyak waktu sifat dan rumus yang diperoleh masih memerlukan latihan atau aplikasi untuk memahaminya
3)   secara matematika sifat dan rumus yang diperoleh dengan pendekatan ini masih belum menjamin berlaku umum

61.   Beberapa kekuatan pendekatan deduktif adalah
1)   pelajaran berjalan efisien, karena waktu yang diperlukan singkat dan relatif tidak ada waktu yang terbuang
2)   murid memahami sifat atau rumus melalui contoh. Kalau terjadi keraguan mengenai pengertian dapat segera diatasi sejak awal.
3)   kombinasi pendekatan deduktif dan induktif akan mengurangi kelemahan-kelemahan pendekatan induktif

62.   Sisi miring dan sebuah sisi siku-siku dari suatu segitiga siku-siku adalah 13 cm dan 5 cm. Berapakah panjang sisi siku-siku yang lain? Dari pertanyaan tersebut untuk menjawabnya digunakan silogisme, yaitu
1)   a2 = b2 + c2
2)   dalam segitiga siku-siku kuadrat sisi miring sama dengan jumlah dari kuadrat sisi-sisi siku-sikunya, sebagai premis mayor
3)   dalam sebuah segitiga siku-siku, sisi miringnya 13 cm dan sebuah sisi siku-sikunya 5 cm, sebagai premis minor

63.   Metode ceramah dapat digunakan untuk mengajarkan matematika, jika
1)   diperlukan ingatan yang tahan lama
2)   materi yang disajikan belum ada dalam sumber lain
3)   materi sajian telah disesuaikan dengan kemampuan kelompok yang akan menerimanya

64.   Metode ceramah tidak digunakan untuk mengajarkan matematika, jika
1)   diperlukan ingatan yang tahan lama
2)   kemampuan kelas rendah
3)   diperlukan partisipasi aktif dari murid

65.   Kekuatan dan kelemahan metode ceramah yaitu
1)   guru dapat memberikan tekanan terhadap hal-hal yang penting, hingga waktu dan energi dapat digunakan sebaik mungkin
2)   bahan pelajaran dapat diberikan secara lebih urut
3)   kepadatan konsep-konsep yang diberikan dapat berakibat murid tidak mampu menguasai bahan yang diajarkan

66.   Metode penemuan dicirikan oleh antara lain
1)   siswa diberikan definisi dari suatu konsep
2)   siswa dilibatkan berbagai latihan untuk mengamati kasus
3)   siswa dibimbing untuk menarik kesimpulan dari sesuatu yang diteliti

67.   Kekuatan dan kelemahan metode penemuan adalah
1)   bahan pelajaran dapat diberikan secara lebih urut
2)   siswa memahami benar bahan pelajaran, sebab mengalami sendiri proses menemukannya
3)   metode ini tidak dapat digunakan untuk mengajukan tiap topik


68.   Soal matematika yang baik untuk dijadikan masalah jika memiliki kriteria
1)   murid berkeinginan untuk menyelesaikan-nya
2)   murid belum mempunyai prosedur untuk menyelesaikannya
3)   dari segi kematangan mental dan ilmunya, murid mampu menyelesaikan-nya

69.   Yang merupakan contoh keterampilan dasar matematika berikut ini adalah
1)   pembuktian konsep
2)   algoritma
3)   lukisan dasar geometri

70.   Untuk mengumpulkan data dapat dilakukan dengan cara antara lain
1)   wawancara
2)   percobaan
3)   statistik

71.   Matematika modern mempunyai kelebihan antara lain
1)   melatih kemampuan menggunakan logika, dan berpikir praktis
2)   melatih bersikap kritis, kreatif dan sistematis
3)   melatih kemampuan berhitung

72.   Pernyataan di bawah ini yang baku merupakan manfaat matematika bagi kehidupan sehari-hari adalah
1)   matematika membantu cara berpikir rasional dan praktis
2)   matematika membantu dalam pengembangan teknologi dan sains
3)   matematika membantu memecahkan masalah yang bersifat kualitatif

73.   Matematika sebagai bahasa, mempunyai kelebihan antara lain
1)   tidak mendua arti
2)   komunikasi yang disajikan sangat padat, ketat, dan beraneka ragam
3)   kebenarannya bersifat mutlak

74.   Beberapa kondisi yang dapat melemahkan motivasi belajar siswa antara lain
1)   guru yang bersikap selalu tertutup
2)   hadiah yang selalu diberikan guru kepada siswa yang berprestasi
3)   adanya “sense of failure” dari siswa

75.   Evaluasi belajar berfungsi sebagai
1)   sarana untuk mengetahui sejauh mana tujuan belajar telah dapat dicapai siswa
2)   sebagai umpan balik bagi guru untuk menilai keberhasilan program belajar mengajar yang telah dilaksanakan
3)   sarana untuk mengetahui apakah materi di dalam GBPP telah diajarkan semua atau belum

No comments:

Post a Comment