TUGAS MANDIRI
DASAR-DASAR PENDIDIKAN MIPA
(PIPA3313)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 25, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Yang dimaksud dengam Matematika menurut Kline
(1973) adalah
A. ilmu tentang logika, mengenai bentuk susunan,
besaran dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan lainnya.
B. ilmu tentang struktur yang bersifat deduktif
aksiomatik, akurat, abstrak, ketat.
C. ilmu yang digunakan untuk membantu manusia
dalam memahami dan menguasai permasalahan sosial, ekonomi, dan alami.
D. pola berpikir, pola mengorganisasikan
pembuktian yang logik.
2. Kelompok-kelompok di bawah ini merupakan
kelompok unsur-unsur yang tidak didefinisikan adalah
A. bidang, sudut, himpunan.
B. elemen, bilangan, bidang.
C. sudut, elemen, bilangan.
D. irisan, segitiga, titik.
3. Berikut yang merupakan contoh aksioma adalah
A. tiga sudut membentuk segitiga.
B. banyak garis membentuk bidang.
C. dua segitiga siku-siku sama dan sebangun.
D. dua titik membentuk garis.
4. Pernyataan berikut ini yang bukan
merupakan dalil adalah
A. jumlah sudut-sudut sebuah segitiga 1800.
B. semua sudut siku-siku satu sama lainnya sama
besar.
C. kuadrat sisi miring suatu segitiga siku-siku
sama dengan jumlah kuadrat sisi-sisi lainnya.
D. pada sebuah segitiga sama kaki kedua sudut
yang terletak pada kaki-kaki sama besar.
5. Perhatikan segitiga di bawah ini

Dari gambar tersebut kelompok
bilangan di bawah ini yang tidak mengikuti pola adalah
A. a = 3,
b = 4, c
= 5.
B. a = 2,
b = 6, c
= 

C. a =
b = 6, c = 8.

D. a = 4,
b =
c = 6

6. Matematika disebut ilmu tentang pola dan
hubungan, hal ini ditunjukkan oleh
A. pendapat bahwa matematika adalah ilmu
deduktif.
B. banyaknya rumus dan dalil dalam matematika.
C. seringkali digunakan metode induktif.
D. kegiatan mencari keseragaman dan keteraturan.
7. Pernyataan berikut ini yang merupakan contoh
dari “kebenaran dalam matematika diperoleh dengan jalan deduktif”, adalah
A. melalui sebuah titik yang tidak terletak pada
sebuah garis hanya dapat ditarik sebuah garis lurus yang sejajar dengan garis
itu.
B. melalui dua buah titik dapat ditarik sebuah
garis lurus.
C. semua sudut siku-siku satu sama lainnya sama
besar.
D. jumlah dua buah bilangan ganjil adalah
bilangan genap.
8. Pernyataan-pernyataan di bawah ini yang tidak
mendukung pernyataan bahwa IPA sebagai kumpulan pengetahuan dan sebagai proses
adalah
A. IPA terdiri dari konsep-konsep, teori-teori,
hukum-hukum.
B. IPA berkembang atas dasar observasi,
eksperimentasi, klasifikasi, pengukuran dan sebagainya.
C. teori IPA ditemukan dengan metode IPA.
D. metode deduktif tidak pernah digunakan untuk
menurunkan hukum-hukum IPA.
9. Pernyataan-pernyataan di bawah ini yang tidak
mendukung bahwa kebenaran IPA tidak mutlak adalah
A. teori IPA selalu diperoleh dari pengamatan
dan pengukuran sehingga dapat dipercaya.
B. pengetahuan IPA bersifat universal, sehingga
semua orang sudah mengakui.
C. alat indera dan alat-alat ukur tidak ada yang
sempurna.
D. pengetahuan yang diperoleh dengan metode IPA
harus diterima oleh semua orang.
10. Kebenaran IPA adalah universal, artinya kebenaran IPA
A. harus diterima oleh setiap orang.
B. dapat diperiksa oleh setiap orang atau diulang observasinya.
C. dapat berkembang setiap saat selaras dengan perkembangan IPTEK.
D. diperoleh dengan metode ilmiah yang sifatnya umum.
11. IPA dapat menjadikan orang bersikap rendah hati dan tidak sombong,
hal ini dikarenakan
A. adanya kesadaran bahwa kebenaran ilmu yang diciptakan manusia itu
tidak mutlak.
B. adanya keyakinan bahwa alam ini sangat teratur.
C. adanya sikap mencintai kebenaran.
D. adanya sikap untuk selalu tidak purbasangka.
12. Kebenaran IPA bersifat tentatif, maksudnya adalah bahwa kebenaran
IPA
A. bersifat universal.
B. tidak tahan lama.
C. tidak akan pudar.
D. selalu dapat diperbaharui.
13. IPA merupakan suatu sistem yang besar dan utuh artinya
A. IPA merupakan kumpulan konsep-konsep, teori-teori hukum-hukum
banyak yang sekali.
B. hukum-hukum IPA tidak dapat diuraikan menjadi hukum-hukum yang
kecil.
C. suatu teori merupakan pelengkap teori-teori yang lain untuk
membentuk sistem yang lebih sempurna dan harmonis.
D. para ilmuwan selalu menjalin hubungan yang saling percaya, baik
mereka yang hidup pada satu masa maupun dengan para pendahulunya.
14. Di antara berikut ini yang merupakan contoh teori yang gugur
setelah ditemukan teori yang lebih baru adalah
A. hukum Boyle tentang perilaku gas ideal.
B. teori yang mengatakan bahwa kalor adalah energi.
C. teori gelombang cahaya dari Huygens.
D. teori yang mengatakan bahwa kalor adalah zat alir.
15. Kepada siswa di berikan gambar-gambar seperti di bawah ini.

Tanpa bimbingan dari guru mereka diharapkan dapat merumuskan
sesuatu yang baru baginya, yakni hubungan antara luas bujursangkar I dengan
jumlah luas bujursangkar II. Kegiatan tersebut adalah contoh dari
A. pendekatan deduktif.
B. pendekatan ekspositori.
C. pendekatan rasio.
D. pendekatan discovery.
16. Keterampilan matematika merupakan kemampuan siswa untuk
A. menemukan rumus matematika.
B. menjelaskan pengertian tentang konsep-konsep atau teorema-teorema
dalam matematika secara benar.
C. menjalankan prosedur-prosedur dan operasi-operasi di dalam
matematika secara tepat, cermat dan benar.
D. melakukan operasi hitung secara tepat, cermat dan benar.
17. Sebuah bola dijatuhkan dari ketinggian 1 m, pada setiap bola
tersebut memantul hanya akan mencapai 2/3 dari ketinggian sebelumnya. jarak
total yang ditempuh bola sampai berhenti dapat dihitung dengan menggunakan
A. diferensial.
B. deret.
C. fungsi.
D. ketidaksamaan.
18. Nilai-nilai berikut terkandung di dalam matematika, kecuali
A. nilai ekonomis.
B. nilai kesederhanaan.
C. nilai praktis.
D. nilai kebenaran yang tentarif.
19. Motivasi belajar di kelas dapat timbul, berkat adanya hal-hal
berikut, kecuali
A. interaksi antara, para siswa.
B. hubungan antara guru dengan siswa.
C. proses belajar mengajar yang sesuai.
D. guru yang ditakuti oleh siswa.
20. Kategori pokok hasil belajar menurut Gagne antara lain: kemampuan
menyatakan perbedaan-perbedaan mempelajari
konsep-konsep, aturan-aturan. Hal ini disebut
A. strategi kognitif.
B. informasi verbal.
C. keterampilan intelektual.
D. keterampilan verbal.
21. Motivasi belajar dikembangkan selama proses belajar, sebab dengan
adanya motivasi, maka
A. hasil belajar siswa pasti baik.
B. siswa dapat belajar sendiri.
C. semangat belajar siswa dapat dipertahankan.
D. bimbingan dari guru tidak begitu penting lagi.
22. Strategi koknitif akan
membantu seseorang untuk mampu
A. menjelaskan kembali segala apa (informasi) yang telah diterimanya
dengan ungkapan sendiri.
B. untuk mengatur dirinya sendiri, termasuk untuk belajar sendiri.
C. menyatakan perbedaan-perbedaan mempelajari konsep-konsep,
aturan-aturan.
D. membedakan hal-hal yang baik dan buruk, yang dapat dilakukan
dengan yang tidak.
23. Beberapa prinsip berikut dapat digunakan sebagai pedoman untuk
memotivasi siswa dalam belajar IPA, kecuali
A. prinsip menarik.
B. prinsip prasyarat.
C. prinsip kebermaknaan.
D. prinsip kebersamaan.
24. Fungsi guru IPA sebagai katalisator dan fasilitator artinya
A. guru IPA harus mempunyai keterampilan membuat dan merakit
alat-alat peraga sederhana.
B. guru IPA harus pandai mentransfer ilmu pengetahuan ke
siswa-siswanya.
C. guru IPA harus mampu mengidentifikasi bakat dan minat dari
siswa-siswanya.
D. guru IPA harus mampu menciptakan kondisi belajar sehingga siswa
terangsang untuk berpikir dan menemukan sendiri konsep, prinsip dan hukum-hukum
IPA.
25. Metode induktif lebih sesuai untuk pengajaran IPA di SMP daripada
metode deduktif. Hal ini dikarenakan
A. siswa SMP masih sulit untuk berpikir deduktif.
B. pola berpikir deduktif merupakan cara pengambilan keputusan yang
bertolak dari prinsip yang sifatnya umum.
C. konsep, prinsip dan hukum-hukum IPA kebanyakan dipenuhi secara
pengalaman dan pengamatan.
D. metode deduktif hanya cocok untuk pengajaran matematika.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 26
SAMPAI 50, PILIHLAH!
A. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN
KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI
KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU
JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D. JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!
26. Matematika banyak dipakai untuk memecah-kan masalah-masalah dalam
IPA, sebagai contoh, sebuah benda yang jatuh dari ketinggian tertentu dapat
dihitung kecepatannya ketika sampai di tanah.
sebab
Pada
hakekatnya matematika itu sama dengan IPA, yakni bersifat deduktif.
27. Dari unsur-unsur yang tidak didefinisikan ditambah dengan
unsur-unsur yang didefinisikan dibuatkan aksioma.
sebab
Kebenaran
matematika di kembangkan berdasarkan alasan logis.
28. Dalil dalam matematika dibentuk dari beberapa aksioma yang
kebenarannya harus berlaku secara umum.
sebab
Matematika
itu disusun, berkembang dan ditemukan secara induktif dari observasi,
coba-coba, eksperimen dan sebagainya.
29. Pada umumnya matematikawan menemukan dalil atau teori dari hasil
observasi, menebak, dan merasa menguji hipotesis, mencari analogi, coba-coba
dan eksperimen.
sebab
Matematika
adalah ilmu deduktif.
30. Jumlah dua bilangan ganjil akan menghasil-kan bilangan genap.
sebab
Penjumlahan
berikut ini merupakan bilangan genap 1 + 3 = 4, 3 + 5 = 8, 1 + 7 = 8, 3 + 7 = 10.
31. Semua logam jika dipanasi akan memuai.
sebab
Apabila
diamati logam-logam seperti besi, tembaga, kuningan, perak akan bertambah
volumenya jika dipanasi.
32. Matematika adalah ilmu deduktif.
sebab
Matematika
adalah ilmu tentang pola dan hubungan.
33. IPA adalah pengetahuan yang telah diuji kebenarannya dengan metode
ilmiah.
sebab
Teori-teori
IPA yang ditemukan sejak dulu tetap berlaku sampai sekarang.
34. Pengetahuan IPA berbeda dengan agama dan seni.
sebab
Agama
berkenaan dengan pelestarian suatu kebenaran yang mutlak dan seni bersifat
individual.
35. Dalam upaya memperoleh kebenaran, IPA memiliki cara yang berbeda
dengan matematika.
sebab
IPA
memperoleh kebenaran melalui metode ilmiah, sedangkan matematika tidak.
36. Kebenaran IPA adalah kebenaran objektif.
sebab
Kebenaran
IPA terbuka untuk diperiksa oleh setiap orang atau diulang observasinya.
37. Produksi senjata pemusnah seperti bom hidrogen, senjata kuman,
maupun robot untuk tujuan kejahatan adalah beberapa contoh bahwa IPA mempunyai
nilai moral pada terapannya.
sebab
Pendidikan
IPA dapat mengambangkan sikap dan perilaku terpuji seperti mencintai kebenaran,
jujur, rendah hati, serta menghargai pendapat orang lain.
38. Sikap ingin tahu mempunyai peranan yang sangat penting dalam
pengembangan IPA.
sebab
Ilmuwan
IPA harus selalu optimis bahwa semua permasalahan pasti dapat dipecahkan.
39. Ketika kita mengajarkan suatu konsep dimulai dengan mengemukakan
definisinya dan kemudian disusul dengan contoh-contohnya, disebut pendekatan
induktif.
sebab
Jika
dua pasang sudut dari dua segitiga sama besar, maka pasangan sudutnya yang
ketiga sama pula.
40. Dalam hal partisipasi aktif dari murid dalam proses belajar
mengajar dengan metode ekspositori lebih baik jika dibandingkan dengan metode
ceramah.
sebab
Guru
lebih banyak memberikan latihan soal-soal dalam metode ekspositori peran.
41. Metode ekspositori merupakan satu-satunya metode pengajaran
matematika di SMP yang paling tepat.
sebab
Siswa
SMP pada umumnya belum dapat dilatih menemukan sesuatu rumus.
42. Angka 14, 28 adalah hasil bagi 100 oleh 7. Hal ini merupakan
contoh algoritma pembagian.
sebab
Dalam
matematika dua angkat dibelakang koma dianggap sudah teliti.
43. Apabila x menyebabkan y dan z menyebab-kan y, maka x menyebabkan z. Hal ini merupakan contoh
keterampilan dasar pembuktian rumus dan dalil.
sebab
Rumus
dan dalil adalah hubungan sebab akibat.
44. Semua siswa sekolah tersebut berasal dari kota. Si A adalah siswa
dari sekolah tersebut. Jadi si A berasal dari kota. Hal ini adalah contoh pola
pikir yang absah.
sebab
Premis-premis
dan kesimpulannya benar.
45. Semua siswa sekolah tersebut memakai seragam putih-putih. Si A
memakai seragam putih-putih. Jadi si A adalah siswa sekolah tersebut. Hal ini
adalah contoh pola pikir yang absah.
sebab
Premis-premis
dan kesimpulan pada pernyataan di atas adalah benar.
46. Matematika perlu diajarkan di sekolah-sekolah dari SD sampai SMA.
sebab
Manfaat
matematika dapat dirasakan juga dalam kehidupan sehari-hari.
47. Kemajuan teknologi dan sains yang begitu pesat dewasa ini
memberikan konsekuensi bahwa peranan guru di dalam proses belajar mengajar IPA
di kelas akan semakin berkurang.
sebab
Fungsi
guru dapat digantikan oleh komputer dan program-program sofwarenya, maupun
alat-alat komunikasi lain yang canggih.
48. Guru IPA yang dapat bertindak sebagai katalisator dan fasilitator
dengan baik, adalah ciri-ciri seorang guru IPA yang profesional dan bermutu.
sebab
Guru
IPA yang profesional adalah yang menguasai dengan baik bidang studi yang
diajarkan.
49. Seorang guru IPA yang profesional adalah harus mengikuti
perkembangan ilmu pengetahuan.
sebab
Ilmu
pengetahuan yang sudah lama tidak boleh diajarkan kepada siswa.
50. Kegiatan laboratorium hanyalah pelengkap bagi proses belajar
mengajar IPA di kelas.
sebab
Tidak
setiap sekolah mampu membeli alat-alat IPA dan tidak setiap guru IPA terampil
menggunakannya.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 51
SAMPAI 75, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
51. Pengetahuan ilmiah adalah pengetahuan yang mempunyai ciri-ciri
1) diperoleh dengan metode ilmiah
2) kebenarannya berlaku secara universal
3) kebenarannya dicirikan dengan kesesuaiannya dengan alat akal sehat
manusia
52. Cara pandang IPA terhadap suatu objek bersifat analitis, sebab
1) IPA melibat sesuatu secara lengkap, cermat, serta pragmatis
2) IPA hanya mencakup objek-objek yang nyata
3) IPA merupakan pola pikir logis dan uniform
53. IPA merupakan pola pikir logis, hal ini ditunjukkan oleh
1) metode yang digunakan untuk mendapatkan kebenaran
2) cara menghadapi sesuatu objek yang analitis
3) kebenaran yang bersifat universal
54. Daerah kajian IPA adalah
1) semua pengetahuan tentang alam baik yang nasional maupun yang
tidak rasional
2) semua gejala alam yang dapat diamati dengan indera manusia
3) semua objek yang sifatnya nyata
55. Kebenaran IPA mengandung keterbatasan-keterbatasan, hal ini
disebabkan antara lain
1) IPA tidak mampu menjangkau hal-hal yang bersifat abstrak dan yang
bersifat konsepsi
2) tidak setiap orang mudah memahami konsep-konsep dan hukum-hukum
IPA
3) alat-alat indera manusia yang tidak sempurna
56. IPA tidak dapat menjangkau bidang-bidang etika, estetika, dan
sistem nilai, hal ini disebabkan IPA
1) lebih menitik-beratkan subjektivitas daripada objektivitas
2) lebih menitik-beratkan objektivitas daripada subjektivitas
3) mengandalkan rasio serta pengamatan yang objektif
57. “Kebenaran yang objektif” mendapat tempat paling utama di dalam
IPA, artinya
1) IPA selalu menjunjung tinggi nilai-nilai etik dan estetika
2) proses IPA dapat dianggap sebagai suatu latihan mencari,
meresapkan dan menghayati nilai-nilai luhur
3) para ilmuwan masa kini tetap menghormati ilmuwan-ilmuwan
pen-dahulunya
58. Contoh temuan yang lebih baru melengkapi teori yang sudah ada,
adalah
1) hukum tentang perilaku gas real
2) teori atom Bohr
3) teori cahaya Newton
59. Susunan galaksi, tata surya sampai susunan bagian dalam dari atom
begitu teratur dan serasi oleh sang pencipta
1) alam semesta dengan segala isinya ini memang disusun sedemikian
teratur dan serasi oleh sang pencipta
2) alam semeta dengan segala isinya ini memang harus mengikuti
rumus-rumus IPA
3) hukum-hukum alam itu memang sudah ada sebelum orang berhasil
menemukan-nya
60. Beberapa kelemahan pendekatan induktif adalah
1) umumnya para siswa mengalami kesulitan dalam memahami suatu rumus
yang abstrak, bila kita tidak memberikan contoh-contoh berikut
2) memerlukan banyak waktu sifat dan rumus yang diperoleh masih
memerlukan latihan atau aplikasi untuk memahaminya
3) secara matematika sifat dan rumus yang diperoleh dengan pendekatan
ini masih belum menjamin berlaku umum
61. Beberapa kekuatan pendekatan deduktif adalah
1) pelajaran berjalan efisien, karena waktu yang diperlukan singkat
dan relatif tidak ada waktu yang terbuang
2) murid memahami sifat atau rumus melalui contoh. Kalau terjadi
keraguan mengenai pengertian dapat segera diatasi sejak awal.
3) kombinasi pendekatan deduktif dan induktif akan mengurangi
kelemahan-kelemahan pendekatan induktif
62. Sisi miring dan sebuah sisi siku-siku dari suatu segitiga
siku-siku adalah 13 cm dan 5 cm. Berapakah panjang sisi siku-siku yang lain?
Dari pertanyaan tersebut untuk menjawabnya digunakan silogisme, yaitu
1) a2 = b2 + c2
2) dalam segitiga siku-siku kuadrat sisi miring sama dengan jumlah
dari kuadrat sisi-sisi siku-sikunya, sebagai premis mayor
3) dalam sebuah segitiga siku-siku, sisi miringnya 13 cm dan sebuah
sisi siku-sikunya 5 cm, sebagai premis minor
63. Metode ceramah dapat digunakan untuk mengajarkan matematika, jika
1) diperlukan ingatan yang tahan lama
2) materi yang disajikan belum ada dalam sumber lain
3) materi sajian telah disesuaikan dengan kemampuan kelompok yang
akan menerimanya
64. Metode ceramah tidak digunakan untuk mengajarkan matematika, jika
1) diperlukan ingatan yang tahan lama
2) kemampuan kelas rendah
3) diperlukan partisipasi aktif dari murid
65. Kekuatan dan kelemahan metode ceramah yaitu
1) guru dapat memberikan tekanan terhadap hal-hal yang penting,
hingga waktu dan energi dapat digunakan sebaik mungkin
2) bahan pelajaran dapat diberikan secara lebih urut
3) kepadatan konsep-konsep yang diberikan dapat berakibat murid tidak
mampu menguasai bahan yang diajarkan
66. Metode penemuan dicirikan oleh antara lain
1) siswa diberikan definisi dari suatu konsep
2) siswa dilibatkan berbagai latihan untuk mengamati kasus
3) siswa dibimbing untuk menarik kesimpulan dari sesuatu yang
diteliti
67. Kekuatan dan kelemahan metode penemuan adalah
1) bahan pelajaran dapat diberikan secara lebih urut
2) siswa memahami benar bahan pelajaran, sebab mengalami sendiri
proses menemukannya
3) metode ini tidak dapat digunakan untuk mengajukan tiap topik
68. Soal matematika yang baik untuk dijadikan masalah jika memiliki
kriteria
1) murid berkeinginan untuk menyelesaikan-nya
2) murid belum mempunyai prosedur untuk menyelesaikannya
3) dari segi kematangan mental dan ilmunya, murid mampu
menyelesaikan-nya
69. Yang merupakan contoh keterampilan dasar matematika berikut ini
adalah
1) pembuktian konsep
2) algoritma
3) lukisan dasar geometri
70. Untuk mengumpulkan data dapat dilakukan dengan cara antara lain
1) wawancara
2) percobaan
3) statistik
71. Matematika modern mempunyai kelebihan antara lain
1) melatih kemampuan menggunakan logika, dan berpikir praktis
2) melatih bersikap kritis, kreatif dan sistematis
3) melatih kemampuan berhitung
72. Pernyataan di bawah ini yang baku merupakan manfaat matematika
bagi kehidupan sehari-hari adalah
1) matematika membantu cara berpikir rasional dan praktis
2) matematika membantu dalam pengembangan teknologi dan sains
3) matematika membantu memecahkan masalah yang bersifat kualitatif
73. Matematika sebagai bahasa, mempunyai kelebihan antara lain
1) tidak mendua arti
2) komunikasi yang disajikan sangat padat, ketat, dan beraneka ragam
3) kebenarannya bersifat mutlak
74. Beberapa kondisi yang dapat melemahkan motivasi belajar siswa
antara lain
1) guru yang bersikap selalu tertutup
2) hadiah yang selalu diberikan guru kepada siswa yang berprestasi
3) adanya “sense of failure” dari siswa
75. Evaluasi belajar berfungsi sebagai
1) sarana untuk mengetahui sejauh mana tujuan belajar telah dapat
dicapai siswa
2) sebagai umpan balik bagi guru untuk menilai keberhasilan program
belajar mengajar yang telah dilaksanakan
3) sarana untuk mengetahui apakah materi di dalam GBPP telah
diajarkan semua atau belum
No comments:
Post a Comment