Cloud Hosting Indonesia

01 April, 2014

Soal pendidikan IPS di SD



LATIHAN MANDIRI
PENDIDIKAN IPS DI SD
(PGSD2202)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Salah satu karakteristik kurikulum IPS di SD tahun 1994 adalah ....       
A.   jumlah pokok bahasannya padat
B.   materi pelajarannya berorientasi pada tujuan
C.   jumlah pokok bahasannya lebih sederhana
D.   dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan 

2.   Dalam CBSA, agar anak termotivasi untuk belajar, maka guru hendaknya memperhatikan ....     
A.   lingkungan kesehatan anak sebagai peserta didik
B.   kesesuaian materi pelajaran dengan kebutuhan anak
C.   kesesuaian, taraf perkembangan anak dan daya tarik bahan ajar
D.   kesesuaian dan kebutuhan anak dalam kegiatan belajar
     
3.   Jika dilihat dari struktur kurikulum perbedaan antara kurikulum 1994 dengan kurikulum 1986 adalah ....
A.   kurikulum 1994 lebih rinci berbentuk format vertikal, kru 1986 berorientasi pada tujuan siswa
B.   kurikulum 1994 tidak berbentuk format tidak rinci, kurikulum 1986 berbentuk format horizontal dan rinci
C.   dalam kurikulum 1994 khusus untuk mata pelajaran IPS diajarkan secara terpadu, kurikulum 1986 mata pelajaran IPS diajarkan secara terpisah-pisah
D.   Dalam kurikulum 1994 kegiatan guru dan siswa sudah ditentukan, kurikulum 1986 kegiatan guru dan siswa tidak ditentukan

4.   Bila membandingkan ruang lingkup pengajaran IPS dengan ruang lingkup pengajaran sejarah ....
A.   ilmu pengetahuan sosial (IPS) terpisah dari pengajaran sejarah
B.   ilmu pengetahuan sosial (IPS) terpisah dari pengajaran sejarah
C.   pengajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sama dengan pengajaran sejarah
D.   pengajaran sejarah merupakan bagian dari pengetahuan sosial

5.   Teknik pengembangan materi IPS menurut kurikulum 1994 adalah ....
A.   diserahkan kepada guru yang akan mengajar
B.   siswa ikut menentukan berjasil tidaknya proses belajar
C.   mengacu kepada juklak dari pemerintah
D.   disesuaikan dengan situasi dan kondisi tempat mengajar

6.   Guru mempertimbangkan apakah ada masalah tertentu yang perlu dipecahkan oleh siswa?
Pernyataan tersebut merupakan kegiatan guru dalam pengembangan materi IPS berdasarkan ….
A.   konten
B.   konsep
C.   masalah
D.   keterampilan proses

7.   Pengambangan materi pembelajaran IPS yang bertitik tolak kepada pengalaman, merupakan pendekatan kepada ...
A.   konten
B.   masalah
C.   konsep
D.   inquiry

8.   Dalam pembelajaran IPS, agar anak menemukan konsep tertentu tentang bagaimana dan mempelajari apa yang dipelajari perlu dikembangkan  ....
A.   pengembangan konsep
B.   pengembangan keterampilan proses
C.   pengembangan kekhususan daerah
D.   pendekatan penemuan masalah

9.   Menerapkan keterampilan proses atas pertimbangan situasi yang lebih komplek dan realistis, akan tepat jika guru mengembangkan materi beranjak dari ....
A.   masalah
B.   keterampilan proses
C.   konsep
D.   inquiry

10.   Pendekatan inquiry dalam mengembangkan materi IPS dapat dilakukan melalui kegiatan ....
A.   penelitian sederhana
B.   praktek mengajar
C.   menulis masalah
D.   seminar

11.   Kurikulum pendidikan dasar yang berkenaan dengan sekolah dasar (SD) menekankan kemampuan dan keterampilan dasar sebagai berikut, kecuali ....
A.   bahasa
B.   membaca
C.   menulis
D.   berhitung

12.   Latar belakang pengembangan kurikulum IPS SD 1994 diawali oleh ide perlunya undang-undang sistem pendidikan nasional sebagai penjabaran dan realisasi dari ....
A.   ketetapan MPR
B.   Undang-Undang
C.   Undang-Undang Dasar 1945
D.   Garis-Garis Besar haluan Negara (GBHN)

13.   Semua bidang ilmu yang berkenaan dengan manusia dalam konteks sosialnya adalah ilmu sosial, menurut ....
A.   John Jarolimek
B.   Skreeting and Sundeen
C.   Engle
D.   Norma Mackenzie

14.   Bersikap hemat dan tidak boros merupakan contoh yang dapat diajarkan IPS melalui disiplin ilmu ....
A.   ekonomi dan sosiologi
B.   sosiologi dan sejarah
C.   ekonomi dan PKN
D.   sejarah dan PKN

15.   LATIHAN guru di sekolah adalah mendidik anak, pernyataan ini mengandung pengertian ....
A.   fakta
B.   konsep
C.   generalisasi
D.   teori

16.   Secara harfiah kata fakta mengandung pengertian ....
A.   sesuatu hal yang dapat diuji kebenarannya
B.   sesuatu hal yang dapat diwujudkan dengan benda

C.   kebenaran yang dapat diwujudkan dengan benda
D.   sesuatu kebenaran yang dapat dijadikan dalil

17.   Yang dimaksud dengan konsep yaitu ....
A.   suatu kemampuan mengartikan simbolis
B.   suatu kemampuan menalar ilmu
C.   suatu kemampuan mengkaji sesuatu ilmu
D.   kemampuan mengungkapkan yang abstrak suatu benda

18.   Mobil, motor, delman dan perahu merupakan contoh sederhana untuk konsep ....
A.   angkutan penumpang
B.   kendaraan
C.   transportasi
D.   alat penghubung

19.   Generalisasi merupakan abstraksi dan sangat terikat pada ....
A.   fakta
B.   konsep
C.   teori
D.   asumsi

20.   Setiap grup memiliki sistem norma yang membimbing perilaku anggotanya.
Pernyataan tersebut tepat untuk disiplin ilmu ….
A.   antropologi
B.   hukum
C.   sosiologi
D.   sejarah

21.   Setiap peristiwa dilatarbelakangi oleh multi sebab yang bersifat komplek. Pernyataan ini mengandung ....
A.   fakta, konsep
B.   konsep generalisasi
C.   fakta generalisasi
D.   fakta, konsep, generalisasi

22.   Nilai, norma dan kebiasaan merupakan konsep dasar yang sering digunakan dalam disiplin ilmu ....
A.   antropologi
B.   sosiologi
C.   sejarah
D.   politik

23.   Pernyataan berikut merupakan konsep dasar antropologi ....
A.   nilai
B.   kelangkaan
C.   tradisi
D.   interaksi spasial
24.   Proses dalam pembuatan barang dan jasa untuk memuaskan keinginan manusia berkaitan erat dengan konsep ....
A.   kelangkaan
B.   lokasi
C.   produksi
D.   masyarakat 

25.   Hubungan antara satu tempat dengan lainnya dalam rangka hubungan dagang dan lain-lain dapat menggunakan konsep geografi  ....
A.   interaksi spasial
B.   interaksi sosial
C.   lokasi
D.   masyarakat

26.   Konsep wilayah dapat dimasukkan ke dalam konsep negara dan geografi, karena ....
A.   negara dan geografi sama-sama konsep ilmu sosial
B.   negara dan geografi ada kaitannya dengan wilayah
C.   geografi merupakan bagian dari konsep negara
D.   negara merupakan bagian objek dari geografi

27.   Konsep dasar yang tepat untuk disiplin ilmu sejarah dan sosiologi diantaranya adalah ....
A.   kerjasama dan konflik
B.   tradisi dan lokasi
C.   lokasi dan difusi
D.   kerjasama dan lokasi

28.   Menurut Djahiri nilai bersifat abstrak yang memiliki indikator-indikator, kecuali ....
A.   cita-cita
B.   tujuan
C.   perwujudan
D.   perasaan

29.   Pernyataan berikut merupakan kaarkteristik-karakteristik nilai, kecuali nilai bersifat  ....
A.   nyata
B.   umum
C.   abstrak
D.   utuh

30.   Dari materi pembelajaran sejarah, nilai-nilai yang dapat kita ambil antara lain ....
A.   jujur
B.   intelektualitas
C.   cermat
D.   mencari fakta

31.   Siswa dapat mebuat keputusan dengan profesional, merupakan tindakan keterampilan  ....
A.   intelektual
B.   personal
C.   sosial
D.   individu

32.   Mampu menentukan lokasi kerja dan mengumpukan data untuk kepentingan studi: termasuk kategori keterampilan ....
A.   intelektual
B.   personal
C.   keterampilan studi
D.   keterampilan sosial

33.   Dalam proses belajar mengajar IPS keterampilan sosial dalam penerapan dapat dilakukan dengan ....
A.   memerankan sesuatu misalnya menjadi salah seorang pejuang kemerdekaan RI
B.   menerima kritikan dari orang lain karena perbuatannya
C.   membawa siswa ke daerah yang di timpa bencana alam
D.   memberi pertolongan kepada masyarakat yang di timpa bencana

34.   “Setiap grup memiliki sistem norma yang membimbing perilaku anggotanya” pernyataan ini menunjukkan keterkaitan ....
A.   fakta – konsep
B.   fakta – generalisasi
C.   konsep – generalisasi – teori
D.   fakta – konsep – geneneralisasi

35.   Pernyataan yang menunjukkan keterkaitan nilai, sikap dan keterampilan adalah sebagai berikut ....
A.   mengumpulkan data penelitian yang akurat diperlukan seorang peneliti yang disiplin terhadap peraturan
B.   disiplin terhadap peraturan merupakan bagian dari kehidupan manusia
C.   disiplin terhadap norma merupakan fenomena manusia dalam kehidupan
D.   sabar dan sopan santun merupakan ciri manusia yang baradab

36.   Solidaritas merupakan wujud semangat gotong-royong, pernyataan ini mengandung nilai dan ....
A.   norma
B.   perasaan
C.   minat
D.   sikap
37.   Pengertian generalisasi dalam sejarah berbeda dengan generalisasi disiplin ilmu sosial lainnya, oleh karena itu generalisasi sejarah ....
A.   sifatnya unik
B.   berkaitan dengan waktu
C.   sifatnya temporer
D.   tergantung pelaku sejarah

38.   Kajian sejarah PIPS yang membahas fenomena tertentu dapat dicontohkan sebagai berikut   ....
        A.   pergerakan nasional
B.   gerakan nasionalisme
C.   sejarah perekonomian Indonesia
D.   serangan Mataram ke Batavia

39.   “Pada umumnya pusat kerajaan terletak di tepi sungai” pernyataan tersebut merupakan generalisasi sejarah ....
A.   deskriptif
B.   korektif
C.   subjektif
D.   objektif
     
40.   Pengajaran IPS tentang konsep wilayah dan pembagian dalam kegiatan belajar mengajarnya harus ....
A.   langsung diterangkan oleh guru dan siswa disuruh mencatat
B.   merupakan pemahaman denotatif dari istilah konsep
C.   merupakan deskripsi siswa sendiri tentang sesuatu sesuai persepsinya
D.   diberikan dalam suatu konteks tertentu, bukan diterangkan tanpa kaitan dengan sesuatu

41.   Makin tinggi letak suatu tempat di atas permukaan laut, maka daerah tersebut semakin banyak mendapatkan curah hujan. Pernyataan tersebut merupakan ....
A.   teori yang benar
B.   teori yang salah
C.   generalisasi yang benar
D.   generalisasi yang salah

42.   Di Tugu Monas Jakarta terdapat diorama-diorama pahlawan nasional.
Pernyataan tersebut merupakan ….
A.   konsep yang lengkap
B.   fakta
C.   gabungan antara konsep dan fakta
D.   generalisasi


43.   Gerakan Sarikat Islam didirikan oleh K.H. Samanhudi di kota Solo tahun 1912.
Pernyataan tersebut termasuk contoh ….
A.   fakta
B.   konsep
C.   generalisasi
D.   fakta dan konsep

44.   Pendidikan nilai mempunyai kesamaan dengan pendidikan moral. Pendapat ini dikemukakan ....
A.   Gross
B.   Ochva
C.   Johnson
D.   Kohlberg

45.   Active learning model merupakan satu cara yang harus di tempuh oleh guru dalam mengajarkan ....
A.   nilai
B.   fakta
C.   konsep
D.   teori

46.   Menurut Kohlberg tumbuhnya kesadaran nilai dimulai dengan tingkat ....
A.   prekonfensional
B.   konfensional
C.   pasca konfensional
D.   in konfensional

47.   Guru tidak boleh menghindar dari persoalan jika masalah nilai mulai muncul ke permukaan.
Pernyataan demikian sesuai dengan ungkapan “Evasian Strategy” yang dikemukakan oleh ….
A.   James A. Bank
B.   S. Alen
C.   George M. Shuncke
D.   Peter H. Martarella

48.   Theories of learning yang dikemukakan Thorndike dkk berkenaan dengan ....
A.   minat
B.   sikap
C.   perilaku
D.   hubungan kelompok

49.   Suatu sikap ingin mempelajari langsung dengan mengamati kegiatan perilaku orang untuk dijadikan contoh.
Pernyataan tersebut merupakan teori
A.   theories of learning
B.   modelling theories
C.   balance of theories
D.   pre konventional theories
50.   Menurut Heiden, keseimbangan baru terjadi jika ....
A.   satu hubungan negatif atau dua hubungan negatif
B.   dua hubungan negatif atau dua hubungan positif
C.   dua hubungan negatif atau tiga hubungan positif
D.   satu hubungan negatif atau dua hubungan positif

51.   Globalisasi merupakan proses belajar tentang masalah-masalah dan isu-isu yang melintasi batas-batas negara, dikemukakan oleh ....
A.   Skeel
B.   Tye
C.   Cerlach
D.   C. Argyris

52.   Melalui pendidikan global diharapkan siswa ....
A.   menjadi warga negara yang baik
B.   mengerti dunia yang fana
C.   memahami perbedaan bangsa-bangsa di dunia
D.   memahami dunia lebih luas

53.   Yang termasuk masalah-masalah globalisasi dan sedang dihadapi bangsa Indonesia diantaranya adalah ....
A.   bencana kelaparan
B.   pemberantasan korupsi
C.   transmigrasi
D.   tenaga kerja

54.   Di era globalisasi proses pembaruan merupakan masalah tersendiri dalam keragaman budaya di Indonesia. Salah satu faktor penghambatnya antara lain ....
A.   tingkat pendidikan
B.   lingkungan sosial
C.   diskriminasi
D.   etnosentrism

55.   Fungsi pembelajaran IPS dalam era globalisasi antara lain ialah ....
A.   masa yang akan datang harus dicermati dari sekarang sehingga menjadi bangsa yang bijak
B.   menghargai masa lampau dan masa kini dalam mengambil keputusan untuk masa datang
C.   untuk membantu mengembangkan kreativitas kehidupan yang akan datang
D.   merupakan filter agar mereka dapat menentukan dan ditentukan kehidupannya di masa yang akan datang
56.   Menurut Nursid Sumaatmadja, masalah-masalah yang berkaitan dengan lingkungan hidup manusia ialah, kecuali ....
A.   perkembangan populasi manusia yang cepat
B.   daya dukung yang tidak memadai
C.   ketimpangan hidup
D.   ekologi dan lingkungan hidup yang tidak seimbang

57.   Salah satu cakupan studi yang mengkaji tentang berbagai kelompok organisme sebagai suatu kesatuan yang saling berinteraksi dalam suatu daerah tertentu, merupakan tugas ....
A.   auteknologi
B.   sinekologi
C.   bioteknologi
D.   ekologi taksonomi

58.   Suatu sikap individu untuk menerima dengan rela dan bertanggung jawab terhadap konsekuensi dari peristiwa hukum merupakan wujud ....
A.   tindakan hukum
B.   kesadaran hukum
C.   aturan hukum
D.   norma hukum

59.   Permasalahan yang muncul sebagai akibat dari interaksi atau pergaulan manusia sebagai maklhuk sosial dapat menimbulkan ....
A.   masalah-masalah hukum
B.   hubungan interaksi sosial
C.   kesadaran sosial
D.   norma-norma sosial

60.   Agar kelak siswa wajib pajak yang baik, maka nilai-nilai kesadaran hukum yang harus ditanamkan oleh guru ....
A.   menjelaskan kewajiban sebagai warga negara
B.   menjelaskan fungsi pajak
C.   membiasakan siswa membayar SPP tepat waktu
D.   memberi contoh membayar pajak

No comments:

Post a Comment