LATIHAN MANDIRI
PENDIDIKAN IPS DI SD
(PGSD2202)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 60, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Salah satu karakteristik kurikulum IPS di SD
tahun 1994 adalah ....
A. jumlah pokok bahasannya padat
B. materi pelajarannya berorientasi pada tujuan
C. jumlah pokok bahasannya lebih sederhana
D. dapat menyesuaikan dengan kondisi
lingkungan
2. Dalam CBSA, agar anak termotivasi untuk
belajar, maka guru hendaknya memperhatikan ....
A. lingkungan kesehatan anak sebagai peserta
didik
B. kesesuaian materi pelajaran dengan kebutuhan
anak
C. kesesuaian, taraf perkembangan anak dan daya
tarik bahan ajar
D. kesesuaian dan kebutuhan anak dalam kegiatan
belajar
3. Jika dilihat dari struktur kurikulum perbedaan
antara kurikulum 1994 dengan kurikulum 1986 adalah ....
A. kurikulum 1994 lebih rinci berbentuk format
vertikal, kru 1986 berorientasi pada tujuan siswa
B. kurikulum 1994 tidak berbentuk format tidak
rinci, kurikulum 1986 berbentuk format horizontal dan rinci
C. dalam kurikulum 1994 khusus untuk mata
pelajaran IPS diajarkan secara
terpadu, kurikulum 1986 mata pelajaran IPS
diajarkan secara terpisah-pisah
D. Dalam kurikulum 1994 kegiatan guru dan siswa
sudah ditentukan, kurikulum 1986 kegiatan guru dan siswa tidak ditentukan
4. Bila membandingkan ruang lingkup pengajaran
IPS dengan ruang lingkup pengajaran sejarah ....
A. ilmu pengetahuan sosial (IPS) terpisah dari
pengajaran sejarah
B. ilmu pengetahuan sosial (IPS) terpisah dari
pengajaran sejarah
C. pengajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sama
dengan pengajaran sejarah
D. pengajaran sejarah merupakan bagian dari
pengetahuan sosial
5. Teknik pengembangan materi IPS menurut
kurikulum 1994 adalah ....
A. diserahkan kepada guru yang akan mengajar
B. siswa ikut menentukan berjasil tidaknya
proses belajar
C. mengacu kepada juklak dari pemerintah
D. disesuaikan dengan situasi dan kondisi tempat
mengajar
6. Guru mempertimbangkan apakah ada masalah
tertentu yang perlu dipecahkan oleh siswa?
Pernyataan
tersebut merupakan kegiatan guru dalam pengembangan materi IPS berdasarkan ….
A. konten
B. konsep
C. masalah
D. keterampilan proses
7. Pengambangan materi pembelajaran IPS yang bertitik tolak kepada pengalaman,
merupakan pendekatan kepada ...
A. konten
B. masalah
C. konsep
D. inquiry
8. Dalam pembelajaran IPS, agar anak menemukan
konsep tertentu tentang bagaimana dan mempelajari apa yang dipelajari perlu
dikembangkan ....
A. pengembangan konsep
B. pengembangan keterampilan proses
C. pengembangan kekhususan daerah
D. pendekatan penemuan masalah
9. Menerapkan keterampilan proses atas
pertimbangan situasi yang lebih komplek dan realistis, akan tepat jika guru
mengembangkan materi beranjak dari ....
A. masalah
B. keterampilan proses
C. konsep
D. inquiry
10. Pendekatan inquiry dalam mengembangkan materi
IPS dapat dilakukan melalui kegiatan ....
A. penelitian
sederhana
B. praktek
mengajar
C. menulis
masalah
D. seminar
11. Kurikulum
pendidikan dasar yang berkenaan dengan sekolah dasar (SD) menekankan kemampuan
dan keterampilan dasar sebagai berikut, kecuali ....
A. bahasa
B. membaca
C. menulis
D. berhitung
12. Latar
belakang pengembangan kurikulum IPS SD 1994 diawali oleh ide perlunya
undang-undang sistem pendidikan nasional sebagai penjabaran dan realisasi dari ....
A. ketetapan
MPR
B. Undang-Undang
C. Undang-Undang
Dasar 1945
D. Garis-Garis
Besar haluan Negara (GBHN)
13. Semua
bidang ilmu yang berkenaan dengan manusia dalam konteks sosialnya adalah ilmu
sosial, menurut ....
A. John
Jarolimek
B. Skreeting
and Sundeen
C. Engle
D. Norma
Mackenzie
14. Bersikap
hemat dan tidak boros merupakan contoh yang dapat diajarkan IPS melalui disiplin ilmu ....
A. ekonomi
dan sosiologi
B. sosiologi
dan sejarah
C. ekonomi
dan PKN
D. sejarah
dan PKN
15. LATIHAN
guru di sekolah adalah mendidik anak, pernyataan ini mengandung pengertian ....
A. fakta
B. konsep
C. generalisasi
D. teori
16. Secara
harfiah kata fakta mengandung pengertian ....
A. sesuatu
hal yang dapat diuji kebenarannya
B. sesuatu
hal yang dapat diwujudkan dengan benda
C. kebenaran
yang dapat diwujudkan dengan benda
D. sesuatu
kebenaran yang dapat dijadikan dalil
17. Yang
dimaksud dengan konsep yaitu ....
A. suatu
kemampuan mengartikan simbolis
B. suatu
kemampuan menalar ilmu
C. suatu
kemampuan mengkaji sesuatu ilmu
D. kemampuan
mengungkapkan yang abstrak suatu benda
18. Mobil,
motor, delman dan perahu merupakan contoh sederhana untuk konsep ....
A. angkutan
penumpang
B. kendaraan
C. transportasi
D. alat
penghubung
19. Generalisasi
merupakan abstraksi dan sangat terikat pada ....
A. fakta
B. konsep
C. teori
D. asumsi
20. Setiap
grup memiliki sistem norma yang membimbing perilaku anggotanya.
Pernyataan
tersebut tepat untuk disiplin ilmu ….
A. antropologi
B. hukum
C. sosiologi
D. sejarah
21. Setiap
peristiwa dilatarbelakangi oleh multi sebab yang bersifat komplek. Pernyataan
ini mengandung ....
A. fakta,
konsep
B. konsep
generalisasi
C. fakta
generalisasi
D. fakta,
konsep, generalisasi
22. Nilai,
norma dan kebiasaan merupakan konsep dasar yang sering digunakan dalam disiplin
ilmu ....
A. antropologi
B. sosiologi
C. sejarah
D. politik
23. Pernyataan
berikut merupakan konsep dasar antropologi ....
A. nilai
B. kelangkaan
C. tradisi
D. interaksi
spasial
24. Proses
dalam pembuatan barang dan jasa untuk memuaskan keinginan manusia berkaitan
erat dengan konsep ....
A. kelangkaan
B. lokasi
C. produksi
D. masyarakat
25. Hubungan
antara satu tempat dengan lainnya dalam rangka hubungan dagang dan lain-lain
dapat menggunakan konsep geografi ....
A. interaksi
spasial
B. interaksi
sosial
C. lokasi
D. masyarakat
26. Konsep
wilayah dapat dimasukkan ke dalam konsep negara dan geografi, karena ....
A. negara
dan geografi sama-sama konsep ilmu sosial
B. negara
dan geografi ada kaitannya dengan wilayah
C. geografi
merupakan bagian dari konsep negara
D. negara
merupakan bagian objek dari geografi
27.
Konsep dasar yang tepat untuk disiplin ilmu sejarah dan sosiologi diantaranya
adalah ....
A. kerjasama
dan konflik
B. tradisi
dan lokasi
C. lokasi
dan difusi
D. kerjasama
dan lokasi
28. Menurut
Djahiri nilai bersifat abstrak yang memiliki indikator-indikator, kecuali
....
A. cita-cita
B. tujuan
C. perwujudan
D. perasaan
29. Pernyataan
berikut merupakan kaarkteristik-karakteristik nilai, kecuali nilai
bersifat ....
A. nyata
B. umum
C. abstrak
D. utuh
30. Dari
materi pembelajaran sejarah, nilai-nilai yang dapat kita ambil antara lain ....
A. jujur
B. intelektualitas
C. cermat
D. mencari
fakta
31. Siswa
dapat mebuat keputusan dengan profesional, merupakan tindakan keterampilan ....
A. intelektual
B. personal
C. sosial
D. individu
32. Mampu
menentukan lokasi kerja dan mengumpukan data untuk kepentingan studi: termasuk
kategori keterampilan ....
A. intelektual
B. personal
C. keterampilan
studi
D. keterampilan
sosial
33. Dalam
proses belajar mengajar IPS keterampilan sosial dalam penerapan dapat dilakukan
dengan ....
A. memerankan
sesuatu misalnya menjadi salah seorang pejuang kemerdekaan RI
B. menerima
kritikan dari orang lain karena perbuatannya
C. membawa
siswa ke daerah yang di timpa bencana alam
D. memberi
pertolongan kepada masyarakat yang di timpa bencana
34. “Setiap
grup memiliki sistem norma yang membimbing perilaku anggotanya” pernyataan ini
menunjukkan keterkaitan ....
A. fakta
– konsep
B. fakta
– generalisasi
C. konsep
– generalisasi – teori
D. fakta
– konsep – geneneralisasi
35. Pernyataan
yang menunjukkan keterkaitan nilai, sikap dan keterampilan adalah sebagai
berikut ....
A. mengumpulkan
data penelitian yang akurat diperlukan seorang peneliti yang disiplin terhadap
peraturan
B. disiplin
terhadap peraturan merupakan bagian dari kehidupan manusia
C. disiplin
terhadap norma merupakan fenomena manusia dalam kehidupan
D. sabar
dan sopan santun merupakan ciri manusia yang baradab
36. Solidaritas
merupakan wujud semangat gotong-royong, pernyataan ini mengandung nilai dan ....
A. norma
B. perasaan
C. minat
D. sikap
37. Pengertian
generalisasi dalam sejarah berbeda dengan generalisasi disiplin ilmu sosial
lainnya, oleh karena itu generalisasi sejarah ....
A. sifatnya
unik
B. berkaitan
dengan waktu
C. sifatnya
temporer
D. tergantung
pelaku sejarah
38. Kajian
sejarah PIPS yang membahas fenomena tertentu dapat dicontohkan sebagai
berikut ....
A. pergerakan nasional
B. gerakan
nasionalisme
C. sejarah
perekonomian Indonesia
D. serangan
Mataram ke Batavia
39. “Pada
umumnya pusat kerajaan terletak di tepi sungai” pernyataan tersebut merupakan
generalisasi sejarah ....
A. deskriptif
B. korektif
C. subjektif
D. objektif
40. Pengajaran
IPS tentang konsep wilayah dan pembagian dalam kegiatan belajar mengajarnya
harus ....
A. langsung
diterangkan oleh guru dan siswa disuruh mencatat
B. merupakan
pemahaman denotatif dari istilah konsep
C. merupakan
deskripsi siswa sendiri tentang sesuatu sesuai persepsinya
D. diberikan
dalam suatu konteks tertentu, bukan diterangkan tanpa kaitan dengan sesuatu
41. Makin
tinggi letak suatu tempat di atas permukaan laut, maka daerah tersebut semakin
banyak mendapatkan curah hujan. Pernyataan tersebut merupakan ....
A. teori
yang benar
B. teori
yang salah
C. generalisasi
yang benar
D. generalisasi
yang salah
42. Di
Tugu Monas Jakarta terdapat diorama-diorama pahlawan nasional.
Pernyataan tersebut merupakan ….
A. konsep
yang lengkap
B. fakta
C. gabungan
antara konsep dan fakta
D. generalisasi
43. Gerakan
Sarikat Islam didirikan oleh K.H. Samanhudi di kota Solo tahun 1912.
Pernyataan tersebut termasuk contoh ….
A. fakta
B. konsep
C. generalisasi
D. fakta
dan konsep
44. Pendidikan
nilai mempunyai kesamaan dengan pendidikan moral. Pendapat ini dikemukakan ....
A. Gross
B. Ochva
C. Johnson
D. Kohlberg
45. “Active learning model merupakan satu cara yang harus di tempuh oleh guru dalam
mengajarkan ....
A. nilai
B. fakta
C. konsep
D. teori
46. Menurut
Kohlberg tumbuhnya kesadaran nilai dimulai dengan tingkat ....
A. prekonfensional
B. konfensional
C. pasca
konfensional
D. in
konfensional
47. Guru
tidak boleh menghindar dari persoalan jika masalah nilai mulai muncul ke
permukaan.
Pernyataan
demikian sesuai dengan ungkapan “Evasian
Strategy” yang dikemukakan oleh ….
A. James
A. Bank
B. S.
Alen
C. George
M. Shuncke
D. Peter
H. Martarella
48. Theories of learning yang dikemukakan
Thorndike dkk berkenaan dengan ....
A. minat
B. sikap
C. perilaku
D. hubungan
kelompok
49. Suatu
sikap ingin mempelajari langsung dengan mengamati kegiatan perilaku orang untuk
dijadikan contoh.
Pernyataan tersebut merupakan teori
A. theories of learning
B. modelling theories
C. balance of theories
D. pre konventional theories
50. Menurut
Heiden, keseimbangan baru terjadi jika ....
A. satu
hubungan negatif atau dua hubungan negatif
B. dua
hubungan negatif atau dua hubungan positif
C. dua
hubungan negatif atau tiga hubungan positif
D. satu
hubungan negatif atau dua hubungan positif
51. Globalisasi
merupakan proses belajar tentang masalah-masalah dan isu-isu yang melintasi
batas-batas negara, dikemukakan oleh ....
A. Skeel
B. Tye
C. Cerlach
D. C.
Argyris
52. Melalui
pendidikan global diharapkan siswa ....
A. menjadi
warga negara yang baik
B. mengerti
dunia yang fana
C. memahami
perbedaan bangsa-bangsa di dunia
D. memahami
dunia lebih luas
53. Yang
termasuk masalah-masalah globalisasi dan sedang dihadapi bangsa Indonesia
diantaranya adalah ....
A. bencana
kelaparan
B. pemberantasan
korupsi
C. transmigrasi
D. tenaga
kerja
54. Di
era globalisasi proses pembaruan merupakan masalah tersendiri dalam keragaman
budaya di Indonesia. Salah satu faktor penghambatnya antara lain ....
A. tingkat
pendidikan
B. lingkungan
sosial
C. diskriminasi
D. etnosentrism
55. Fungsi
pembelajaran IPS dalam era globalisasi antara lain ialah ....
A. masa
yang akan datang harus dicermati dari sekarang sehingga menjadi bangsa yang
bijak
B. menghargai
masa lampau dan masa kini dalam mengambil keputusan untuk masa datang
C. untuk
membantu mengembangkan kreativitas kehidupan yang akan datang
D. merupakan
filter agar mereka dapat menentukan dan ditentukan kehidupannya di masa yang
akan datang
56. Menurut
Nursid Sumaatmadja, masalah-masalah yang berkaitan dengan lingkungan hidup
manusia ialah, kecuali ....
A. perkembangan
populasi manusia yang cepat
B. daya
dukung yang tidak memadai
C. ketimpangan
hidup
D. ekologi
dan lingkungan hidup yang tidak seimbang
57. Salah
satu cakupan studi yang mengkaji tentang berbagai kelompok organisme sebagai
suatu kesatuan yang saling berinteraksi dalam suatu daerah tertentu, merupakan tugas
....
A. auteknologi
B. sinekologi
C. bioteknologi
D. ekologi
taksonomi
58. Suatu
sikap individu untuk menerima dengan rela dan bertanggung jawab terhadap
konsekuensi dari peristiwa hukum merupakan wujud ....
A. tindakan
hukum
B. kesadaran
hukum
C. aturan
hukum
D. norma
hukum
59. Permasalahan
yang muncul sebagai akibat dari interaksi atau pergaulan manusia sebagai
maklhuk sosial dapat menimbulkan ....
A. masalah-masalah
hukum
B. hubungan
interaksi sosial
C. kesadaran
sosial
D. norma-norma
sosial
60. Agar
kelak siswa wajib pajak yang baik, maka nilai-nilai kesadaran hukum yang harus
ditanamkan oleh guru ....
A. menjelaskan kewajiban sebagai warga negara
B. menjelaskan
fungsi pajak
C. membiasakan
siswa membayar SPP tepat waktu
D. memberi
contoh membayar pajak
No comments:
Post a Comment