Cloud Hosting Indonesia

19 May, 2014

Soal Kurikulum Dan Buku Teks PKN



TUGAS MANDIRI
KURIKULUM DAN BUKU TEKS PKN
(PPKN4413)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 55,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Tujuan kurikuler PPKN, yang dicapai di SLTP adalah agar dapat mengikuti pendidikan menengah, sedang untuk SMU agar dapat mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya. Pernyataan ini menunjukkan adanya ....     
A.   kontinutas
B.   perbedaan
C.   kesenjangan
D.   persamaan

2.   Konsep, nilai, moral dan norma yang berlandaskan Pancasila diharapkan dapat menjadi mencerminkan ....          
A.   sikap siswa
B.   perilaku siswa
C.   pengetahuan siswa
D.   pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa
     
3.   Pokok-pokok bahasan PPKN menggambar-kan nilai-nilai Pancasila. Hal ini tampak pada setiap catur wulan terdiri dari ....
A.   20 pokok bahasan
B.   15 pokok bahasan
C.   10 pokok bahasan
D.   5 pokok bahasan

4.   Pada pokok bahasan kelas 1 SMU berikut termasuk butir-butir sila keadilan sosial, kecuali ....
A.   pengabdian
B.   gotong royong
C.   kepentingan umum
D.   kasih sayang

5.   Konsep memiliki nama, contoh positif, contoh negatif, ciri dan aturan. Penjelasan ini dikemukakan oleh ....
A.   Winataputra
B.   Bruner
C.   Alisyahbana
D.   Graham

6.   Nilai-nilai dipandang sebagai Intergrating Forces pada tingkat pribadi, masyarakat dan kebudayaan. Pernyataan ini diwujudkan oleh ....
A.   Banks
B.   Graham

C.   Bruner
D.   Alisyahbana

7.   Pendekatan yang cocok untuk mengajarkan fakta, konsep dan generalisasi mengenai gejala sosial masa lampau dan saat ini dalam berbagai tempat adalah ....
A.   disiplin akademis
B.   transmisi nilai bebas
C.   keteladanan
D.   klarifikasi nilai

8.   Suatu kata atau pernyataan yang bernuansa abstrak yang dapat digunakan untuk mengelompokkan benda, ide atau peristiwa menurut Banks disebut ....
A.   konsep
B.   atribut
C.   aturan
D.   contoh

9.   Kehidupan IPOLEKSOSBUD HANKAM dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia didasarkan kepada ....
A.   Pancasila
B.   UUD 1945
C.   Pancasila dan UUD 1945
D.   Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila

10.   Upaya membina keutuhan, kebulatan dan kesinambungan dalam wujud pembinaan konsep nilai moral Pancasila dapat terwujud dalam bentuk ....
A.   proses pembelajaran
B.   ketercapaian pembelajaran
C.   kepribadian siswa
D.   pengetahuan siswa

11.   Sequence, scope dan depth dari setiap pokok PPKN sengaja dibuat dengan prinsip ....
A.   berkesinambungan
B.   urutan
C.   cakupan
D.   kedalaman

12.   Ruang lingkup kedalaman dan tingkat materi pelajaran PPKN di sesuaikan dengan ....
A.   kemampuan pengajar
B.   metode pengajaran yang dikembangkan
C.   strategi pembelajaran yang diterapkan
D.   perkembangan belajar siswa

13.   Siswa memiliki kesempatan untuk mempelajari dan menginternalisasikan nilai dan moral menurut Piaget disebut tahap ....
A.   mengakomodasi
B.   asimilasi
C.   equalibrasi
D.   ekspresi

14.   Suatu kepercayaan atau keyakinan yang bersumber pada sistem nilai seseorang, mengenai apa yang patut atau tidak patut dilakukan seseorang atau mengenai apa yang berharga dan apa yang tidak berharga. Demikian menurut Milton Rokeah tentang pengertian ....
A.   nilai
B.   norma
C.   moral
D.   perilaku

15.   Nilai tidak dapat diajarkan, karena hakekat nilai bersifat relatif, subjektif, temporer dan situasional, paham ini disebut aliran ....
A.   dogmatisme
B.   value free
C.   relativisme
D.   keyakinan

16.   Nilai perlu diajarkan untuk penerimaan yang sadar, mantap dan nalar, hal ini sesuai dengan aliran ....
A.   keyakinan
B.   absolutisme
C.   kebebasan
D.   relativisme

17.   Pendidikan kewarganegaraan merupakan bagian dari PPKN yang sasarannya adalah kehidupan ....
A.   Ipoleksosbud Hankam
B.   Poleksosbud Hankam
C.   Sosbud Hankam
D.   Hankam

18.   Keterkaitan lingkup materi antara SLTP dan SMU kedua-duanya merujuk kepada hal - hal berikut, kecuali ....
A.   Pancasila
B.   P4
C.   UUD 1945
D.   GBHN

19.   Pada GBPP SLTP dan SMU terdapat pokok bahasan yang sama, sedangkan materi di SMU tentu harus lebih tinggi dari pada SLTP, letak perbedaannya adalah pada tingkat kedalaman dan kesukaran materi yang disesuaikan dengan ....
A.   peserta didik
B.   pendidik
C.   jumlah peserta didik
D.   fasilitas pendidikan

20.   Pada kurikulum 1994, nilai, norma dan Pancasila merupakan sasaran utama dari bagian pendidikan ....
A.   Pancasila dan kewarganegaraan
B.   Pancasila
C.   kewarganegaraan
D.   Pendidikan Moral Pancasila

21.   Pokok bahasan yang sama pada setiap kelas semestinya diajarkan ....
A.   cukup sekali saja, hal ini sesuai dengan kurikulum
B.   walaupun hanya mengulang, dengan tujuan untuk memantapkan
C.   disetiap kelas sesuai dengan tujuan GBPP
D.   dengan cara materi satu pokok bahasan dibagi tiga kelas

22.   Urutan logis pengembangan kurikulum pendidikan Pancasila adalah ....
A.   Pancasila, P4, kurikulum, GBPP
B.   P4, kurikulum, GBPP, Pancasila
C.   kurikulum, GBPP,P4, Pancasila
D.   Pancasila, GBPP, P4, kurikulum

23.   Penentuan bahan pengajaran disesuaikan dengan ....
A.   konteks kehidupan dalam interaksi belajar mengajar
B.   kebermanfaatan bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari
C.   kedekatan dengan lingkungan kehidupan siswa
D.   harapan masyarakat, bangsa dan negara untuk masa mendatang

24.   Urutan pokok bahasan keyakinan, kesadaran, persatuan dan kesatuan, musyawarah dan kesederhanaan disajikan untuk siswa SLTP pada cawu ....
A.   1 kelas 1
B.   2 kelas 1
C.   3 kelas 1
D.   2 kelas 2

25.   Ide yang termuat dalam Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila secara eksplisit dirumuskan dalam tujuan ....
A.   kurikuler
B.   materi
C.   mata pelajaran
D.   bahasa pengajaran


26.   Bahan pengajaran yang tertuang dalam GBPP merupakan bahan minimal, bahan ini dapat dikembangkan dan diperkaya oleh guru yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi ....
A.   sekolah
B.   lingkungan
C.   belajar-mengajar
D.   kemampuan guru

27.   Pengembangan materi PPKN didasarkan atas prinsip berikut ini, kecuali dari ....
A.   mudah kesukar
B.   sederhana kerumit
C.   nyata ke abstrak
D.   abstrak ke nyata

28.   Guru dapat menggunakan berbagai teknik dan alat penilaian dalam pembelajaran. Dalam melakukan penilaian didasarkan kepada ....
A.   proses
B.   tujuan
C.   materi
D.   kemampuan

29.   Tolman memperkenalkan empat ciri dari perilaku molar (molar behavior) seperti dibawah ini, kecuali ....
A.   perilaku itu bertujuan
B.   individu memanfaatkan intelektual
C.   hukum berhemat untuk memenuhi tujuan individu
D.   perilaku patuh itu dapat diajarkan

30.   Menurut Alkin perilaku belajar lebih cenderung mengacu pada cara siswa dalam ....
A.   berpikir, belajar, dan mendekati kehidupan riil dilingkungannya
B.   menganalisis kehidupan dirinya
C.   mengajar gaya belajar yang tepat
D.   menetapkan kemampuan intelektualnya

31.   Para ahli pendidikan menyebut istilah perilaku belajar (learning behavior) dengan nama lain sebagai berikut, kecuali learning ....
A.   activities
B.   experiences
C.   skills
D.   attitudes

32.   Curtis dan Bidwell menyatakan bahwa perilaku belajar yang dapat dikembangkan pada siswa sekolah menengah sebaiknya pada aspek intelektual karena pada usia remaja ....
A.   membutuhkan pengembangan berpikir logis
B.   memasuki masa berpikir konkrit
C.   mengalami masa pubertas
D.   mengalami masa pancaroba

33.   Menurut ketentuan kurikulum PPKN SLTP 1994, model pengembangan pengajaran cenderung dipengaruhi oleh ....
A.   Taba’s model
B.   Tyler’ model
C.   Cohen’s model
D.   Howe’s process model

34.   Model pengembangan pengajaran (kurikulum) menurut Tyler menganggap bahwa komponen yang paling penting sehingga perlu dipertimbangkan pada langkah pertama, ialah
A.   menyatakan tujuan pengajaran
B.   memilih materi
C.   menetapkan metode
D.   penilaian

35.   Strategi belajar mengajar dari Welton dan Mallan (1987) menunjukkan bahwa guru perlu menerapkan pendekatan
A.   siswa sentris
B.   Humanistic
C.   Ekspositori
D.   Interaktif

36.   Di bawah ini adalah jenis pendekatan metode dalam proses belajar mengajar PPKN menurut tuntutan kurikulum, kecuali pen-dekatan ....
A.   cara belajar siswa aktif dan kelompok
B.   multi metode, media dan sumber
C.   tematik, meluas dan dimensional
D.   mengajar reaktif dan interaktif

37.   Fokus penelitian Kohlberg tentang perkem-bangan moral ialah ....
A.   perilaku moral
B.   tindakan moral
C.   pengetahuan moral
D.   alasan moral

38.   Pilihan alternatif perilaku moral yang tepat oleh siswa dalam pemodelan perilaku merupakan langkah ....
        A.   sajian kasus dilema moral
B.   bahasan kasus dilema moral
C.   keputusan moral
D.   penerapan keputusan

39.   Agar dalam pendidikan nilai moral terjadi perilaku belajar maka upaya yang dapat dilakukan adalah menyajikan ....
A.   pengertian tentang konsep moral
B.   situasi moral yang dilematis
C.   definisi konsep moral yang rumit
D.   fakta kasus moral
     
40.   Penelitian Kohlberg tentang perkembangan moral lebih mengajar pada kemampuan aspek ....
A.   kognitif
B.   afektif
C.   psikomotor
D.   internalisasi

41.   Menurut Kohlberg tindakan seseorang yang didasari oleh rasa takut pada hukuman berada pada tahap ....
A.   pre konvensional tahap pertama
B.   pre konvensional tahap kedua
C.   konvensional tahap pertama
D.   post konvensional

42.   GHSBP merupakan bentuk perilaku siswa yang ada pada langkah ....
A.   penyajian stimulus
B.   pembahasan dilema moral
C.   penerapan keputusan moral
D.   perumusan keputusan moral

43.   Kemampuan guru yang teruji dan mahir merupakan salah satu syarat keberhasilan pengajaran VCT terutama dalam hal kemampuan ....
A.   mengenali siswa
B.   bertanya
C.   merespon
D.   mengalihkan perhatian

44.   Berikut ini keunggulan dari pola pengajaran VCT untuk kawasan afektif, kecuali mampu ....
A.   membina dan mempribadikan (persona-lisasi) nilai - moral
B.   mengungkapkan jiwa/isi dan pesan nilai moral yang disampaikan
C.   mengklarifikasi kualitas nilai moral diri sendiri
D.   menguasai pengetahuan yang belum dialami

45.   Menurut Kohlberg, aktivitas yang penting pada langkah pembahasan dilema moral adalah menyatakan ....
A.   bentuk perilaku
B.   fakta
C.   alasan
D.   kesimpulan

46.   Berikut ini tidak termasuk yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media, yaitu ....
A.   peserta didik
B.   materi pelajaran
C.   tujuan
D.   kualitas bahan media

47.   Jenis media stimulus untuk pendidikan nilai moral yang paling sederhana yakni dengan cara memilih dua alternatif jawaban, ialah  ....
A.   Daftar Baik Buruk (DBB)
B.   Daftar Skala Sikap (DSS)
C.   Daftar Urutan (DU)
D.   Daftar Gejala Kontinum (DGK)

48.   Salah satu ciri yang membedakan media pengajaran dengan media informasi adalah media pengajaran ....
A.   tidak memerlukan transmitter
B.   lebih bersifat informasi
C.   menghendaki komunikasi dua arah
D.   bersifat tidak langsung

49.   Media adalah penyampai pesan (massages) dari sesuatu ( manusia atau benda lain) yang membawa sumber kepada penerima pesan (dalam hal ini adalah peserta didik). Definisi ini dikemukakan oleh ....
A.   Romiszowski
B.   Marshall Mcluhan
C.   Kosasih Djahiri
D.   Jean Piaget

50.   Jenis media yang dapat digunakan untuk menggali atau menggetarkan nilai peserta didik ialah ....
A.   bagan sistematika UUD
B.   cerita kasus pembunuhan
C.   tabel perbandingan jumlah penduduk
D.   hasil liputan pertandingan sepak bola

51.   Media pengajaran dalam pendidikan nilai berfungsi sebagai media stimulus terutama pada ....
A.   awal proses belajar mengajar
B.   akhir proses belajar mengajar
C.   proses pembahasan masalah
D.   proses penyimpulan

52.   Media yang disajikan oleh guru harus disesuaikan dengan hal-hal berikut kecuali tingkat ....
A.   pengetahuan siswa
B.   kemampuan guru
C.   kesehjahteraan guru
D.   pembiayaan sekolah

53.   Manfaat media pengajaran dalam proses belajar mengajar bukan hanya untuk membantu siswa melainkan juga membantu guru. Berikut kemanfaatan lain dari media kecuali ....
A.   mengabstrakkan konsep atau materi pelajaran yang konkret
B.   mengatasi kebosanan siswa belajar
C.   mengaktifkan semua alat indera siswa
D.   menarik perhatian, minat dan kesenangan siswa

54.   Pada hakikatnya media pengajaran men-cakup hal-hal berikut ini, kecuali semua alat bantu yang ....
A.   memudahkan siswa belajar
B.   memperlancar keberhasilan belajar siswa
C.   mempermudah mengajar bagi guru
D.   mendorong guru mengajar

55.   Dalam kurikulum 1994 tentang panduan pengajaran PPKN SMU untuk guru menunjukkan bahwa secara umum media pengajaran PPKN disejajarkan dengan ....
A.   materi pengajaran
B.   metode pengajaran
C.   evaluasi pengajaran
D.   tujuan pengajaran
       

No comments:

Post a Comment