TUGAS MANDIRI
KURIKULUM DAN BUKU TEKS PKN
(PPKN4413)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 55, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Tujuan kurikuler PPKN, yang dicapai di SLTP
adalah agar dapat mengikuti pendidikan menengah, sedang untuk SMU agar dapat
mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya. Pernyataan ini menunjukkan adanya
....
A. kontinutas
B. perbedaan
C. kesenjangan
D. persamaan
2. Konsep, nilai, moral dan norma yang
berlandaskan Pancasila diharapkan dapat menjadi mencerminkan ....
A. sikap siswa
B. perilaku siswa
C. pengetahuan siswa
D. pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa
3. Pokok-pokok bahasan PPKN menggambar-kan
nilai-nilai Pancasila. Hal ini tampak pada setiap catur wulan terdiri dari ....
A. 20 pokok bahasan
B. 15 pokok bahasan
C. 10 pokok bahasan
D. 5 pokok bahasan
4. Pada pokok bahasan kelas 1 SMU berikut
termasuk butir-butir sila keadilan sosial, kecuali ....
A. pengabdian
B. gotong royong
C. kepentingan umum
D. kasih sayang
5. Konsep memiliki nama, contoh positif, contoh
negatif, ciri dan aturan. Penjelasan ini dikemukakan oleh ....
A. Winataputra
B. Bruner
C. Alisyahbana
D. Graham
6. Nilai-nilai dipandang sebagai Intergrating
Forces pada tingkat pribadi, masyarakat dan kebudayaan. Pernyataan ini
diwujudkan oleh ....
A. Banks
B. Graham
C. Bruner
D. Alisyahbana
7. Pendekatan yang cocok untuk mengajarkan
fakta, konsep dan generalisasi mengenai gejala sosial masa lampau dan saat ini
dalam berbagai tempat adalah ....
A. disiplin akademis
B. transmisi nilai bebas
C. keteladanan
D. klarifikasi nilai
8. Suatu kata atau pernyataan yang bernuansa
abstrak yang dapat digunakan untuk mengelompokkan benda, ide atau peristiwa
menurut Banks disebut ....
A. konsep
B. atribut
C. aturan
D. contoh
9. Kehidupan IPOLEKSOSBUD HANKAM dan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam wadah negara kesatuan
Republik Indonesia didasarkan kepada ....
A. Pancasila
B. UUD 1945
C. Pancasila dan UUD 1945
D. Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
10. Upaya membina keutuhan, kebulatan dan
kesinambungan dalam wujud pembinaan konsep nilai moral Pancasila dapat terwujud
dalam bentuk ....
A. proses pembelajaran
B. ketercapaian pembelajaran
C. kepribadian siswa
D. pengetahuan siswa
11. Sequence, scope dan depth dari setiap pokok PPKN sengaja dibuat
dengan prinsip ....
A. berkesinambungan
B. urutan
C. cakupan
D. kedalaman
12. Ruang lingkup kedalaman dan tingkat materi pelajaran PPKN di
sesuaikan dengan ....
A. kemampuan pengajar
B. metode pengajaran yang dikembangkan
C. strategi pembelajaran yang diterapkan
D. perkembangan belajar siswa
13. Siswa memiliki kesempatan untuk mempelajari dan menginternalisasikan
nilai dan moral menurut Piaget disebut tahap ....
A. mengakomodasi
B. asimilasi
C. equalibrasi
D. ekspresi
14. Suatu kepercayaan atau keyakinan yang bersumber pada sistem nilai
seseorang, mengenai apa yang patut atau tidak patut dilakukan seseorang atau
mengenai apa yang berharga dan apa yang tidak berharga. Demikian menurut Milton
Rokeah tentang pengertian ....
A. nilai
B. norma
C. moral
D. perilaku
15. Nilai tidak dapat diajarkan, karena hakekat nilai bersifat
relatif, subjektif, temporer dan situasional, paham ini disebut aliran ....
A. dogmatisme
B. value free
C. relativisme
D. keyakinan
16. Nilai perlu diajarkan untuk penerimaan yang sadar, mantap dan
nalar, hal ini sesuai dengan aliran ....
A. keyakinan
B. absolutisme
C. kebebasan
D. relativisme
17. Pendidikan kewarganegaraan merupakan bagian dari PPKN yang
sasarannya adalah kehidupan ....
A. Ipoleksosbud Hankam
B. Poleksosbud Hankam
C. Sosbud Hankam
D. Hankam
18. Keterkaitan lingkup materi antara SLTP dan SMU kedua-duanya merujuk
kepada hal - hal berikut, kecuali ....
A. Pancasila
B. P4
C. UUD 1945
D. GBHN
19. Pada GBPP SLTP dan SMU terdapat pokok bahasan yang sama, sedangkan
materi di SMU tentu harus lebih tinggi dari pada SLTP, letak perbedaannya
adalah pada tingkat kedalaman dan kesukaran materi yang disesuaikan dengan ....
A. peserta didik
B. pendidik
C. jumlah peserta didik
D. fasilitas pendidikan
20. Pada kurikulum 1994, nilai, norma dan Pancasila merupakan sasaran
utama dari bagian pendidikan ....
A. Pancasila dan kewarganegaraan
B. Pancasila
C. kewarganegaraan
D. Pendidikan Moral Pancasila
21. Pokok bahasan yang sama pada setiap kelas semestinya diajarkan ....
A. cukup sekali saja, hal ini sesuai dengan kurikulum
B. walaupun hanya mengulang, dengan tujuan untuk memantapkan
C. disetiap kelas sesuai dengan tujuan GBPP
D. dengan cara materi satu pokok bahasan dibagi tiga kelas
22. Urutan logis pengembangan kurikulum pendidikan Pancasila adalah ....
A. Pancasila, P4, kurikulum, GBPP
B. P4, kurikulum, GBPP, Pancasila
C. kurikulum, GBPP,P4, Pancasila
D. Pancasila, GBPP, P4, kurikulum
23. Penentuan bahan pengajaran disesuaikan dengan ....
A. konteks kehidupan dalam interaksi belajar mengajar
B. kebermanfaatan bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari
C. kedekatan dengan lingkungan kehidupan siswa
D. harapan masyarakat, bangsa dan negara untuk masa mendatang
24. Urutan pokok bahasan keyakinan, kesadaran, persatuan dan kesatuan,
musyawarah dan kesederhanaan disajikan untuk siswa SLTP pada cawu ....
A. 1 kelas 1
B. 2 kelas 1
C. 3 kelas 1
D. 2 kelas 2
25. Ide yang termuat dalam Pedoman Penghayatan dan Pengamalan
Pancasila secara eksplisit dirumuskan dalam tujuan ....
A. kurikuler
B. materi
C. mata pelajaran
D. bahasa pengajaran
26. Bahan pengajaran yang tertuang dalam GBPP merupakan bahan minimal,
bahan ini dapat dikembangkan dan diperkaya oleh guru yang disesuaikan dengan
situasi dan kondisi ....
A. sekolah
B. lingkungan
C. belajar-mengajar
D. kemampuan guru
27. Pengembangan materi PPKN didasarkan atas prinsip berikut ini, kecuali
dari ....
A. mudah kesukar
B. sederhana kerumit
C. nyata ke abstrak
D. abstrak ke nyata
28. Guru dapat menggunakan berbagai teknik dan alat penilaian dalam
pembelajaran. Dalam melakukan penilaian didasarkan kepada ....
A. proses
B. tujuan
C. materi
D. kemampuan
29. Tolman memperkenalkan empat ciri dari perilaku molar (molar
behavior) seperti dibawah ini, kecuali ....
A. perilaku itu bertujuan
B. individu memanfaatkan intelektual
C. hukum berhemat untuk memenuhi tujuan individu
D. perilaku patuh itu dapat diajarkan
30. Menurut Alkin perilaku belajar lebih cenderung mengacu pada cara
siswa dalam ....
A. berpikir, belajar, dan mendekati kehidupan riil dilingkungannya
B. menganalisis kehidupan dirinya
C. mengajar gaya belajar yang tepat
D. menetapkan kemampuan intelektualnya
31. Para ahli pendidikan menyebut istilah perilaku belajar (learning
behavior) dengan nama lain sebagai berikut, kecuali learning ....
A. activities
B. experiences
C. skills
D. attitudes
32. Curtis dan Bidwell menyatakan bahwa perilaku belajar yang dapat
dikembangkan pada siswa sekolah menengah sebaiknya pada aspek intelektual
karena pada usia remaja ....
A. membutuhkan pengembangan berpikir logis
B. memasuki masa berpikir konkrit
C. mengalami masa pubertas
D. mengalami masa pancaroba
33. Menurut ketentuan kurikulum PPKN SLTP 1994, model pengembangan
pengajaran cenderung dipengaruhi oleh ....
A. Taba’s model
B. Tyler’ model
C. Cohen’s model
D. Howe’s process model
34. Model pengembangan pengajaran (kurikulum) menurut Tyler menganggap
bahwa komponen yang paling penting sehingga perlu dipertimbangkan pada langkah
pertama, ialah
A. menyatakan tujuan pengajaran
B. memilih materi
C. menetapkan metode
D. penilaian
35. Strategi belajar mengajar dari Welton dan Mallan (1987)
menunjukkan bahwa guru perlu menerapkan pendekatan
A. siswa sentris
B. Humanistic
C. Ekspositori
D. Interaktif
36. Di bawah ini adalah jenis pendekatan metode dalam proses belajar
mengajar PPKN menurut tuntutan kurikulum, kecuali pen-dekatan ....
A. cara belajar siswa aktif dan kelompok
B. multi metode, media dan sumber
C. tematik, meluas dan dimensional
D. mengajar reaktif dan interaktif
37. Fokus penelitian Kohlberg tentang perkem-bangan moral ialah ....
A. perilaku moral
B. tindakan moral
C. pengetahuan moral
D. alasan moral
38. Pilihan alternatif perilaku moral yang tepat oleh siswa dalam
pemodelan perilaku merupakan langkah ....
A. sajian kasus dilema
moral
B. bahasan kasus dilema moral
C. keputusan moral
D. penerapan keputusan
39. Agar dalam pendidikan nilai moral terjadi perilaku belajar maka
upaya yang dapat dilakukan adalah menyajikan ....
A. pengertian tentang konsep moral
B. situasi moral yang dilematis
C. definisi konsep moral yang rumit
D. fakta kasus moral
40. Penelitian Kohlberg tentang perkembangan moral lebih mengajar pada
kemampuan aspek ....
A. kognitif
B. afektif
C. psikomotor
D. internalisasi
41. Menurut Kohlberg tindakan seseorang yang didasari oleh rasa takut
pada hukuman berada pada tahap ....
A. pre konvensional tahap pertama
B. pre konvensional tahap kedua
C. konvensional tahap pertama
D. post konvensional
42. GHSBP merupakan bentuk perilaku siswa yang ada pada langkah ....
A. penyajian stimulus
B. pembahasan dilema moral
C. penerapan keputusan moral
D. perumusan keputusan moral
43. Kemampuan guru yang teruji dan mahir merupakan salah satu syarat
keberhasilan pengajaran VCT terutama
dalam hal kemampuan ....
A. mengenali siswa
B. bertanya
C. merespon
D. mengalihkan perhatian
44. Berikut ini keunggulan dari pola pengajaran VCT untuk kawasan afektif, kecuali mampu ....
A. membina dan mempribadikan (persona-lisasi) nilai - moral
B. mengungkapkan jiwa/isi dan pesan nilai moral yang disampaikan
C. mengklarifikasi kualitas nilai moral diri sendiri
D. menguasai pengetahuan yang belum dialami
45. Menurut Kohlberg, aktivitas yang penting pada langkah pembahasan
dilema moral adalah menyatakan ....
A. bentuk perilaku
B. fakta
C. alasan
D. kesimpulan
46. Berikut ini tidak termasuk yang perlu dipertimbangkan dalam
pemilihan media, yaitu ....
A. peserta didik
B. materi pelajaran
C. tujuan
D. kualitas bahan media
47. Jenis media stimulus untuk pendidikan nilai moral yang paling
sederhana yakni dengan cara memilih dua alternatif jawaban, ialah ....
A. Daftar Baik Buruk (DBB)
B. Daftar Skala Sikap (DSS)
C. Daftar Urutan (DU)
D. Daftar Gejala Kontinum (DGK)
48. Salah satu ciri yang membedakan media pengajaran dengan media
informasi adalah media pengajaran ....
A. tidak memerlukan transmitter
B. lebih bersifat informasi
C. menghendaki komunikasi dua arah
D. bersifat tidak langsung
49. Media adalah penyampai pesan (massages)
dari sesuatu ( manusia atau benda lain) yang membawa sumber kepada penerima
pesan (dalam hal ini adalah peserta didik). Definisi ini dikemukakan oleh ....
A. Romiszowski
B. Marshall Mcluhan
C. Kosasih Djahiri
D. Jean Piaget
50. Jenis media yang dapat digunakan untuk menggali atau menggetarkan
nilai peserta didik ialah ....
A. bagan sistematika UUD
B. cerita kasus pembunuhan
C. tabel perbandingan jumlah penduduk
D. hasil liputan pertandingan sepak bola
51. Media pengajaran dalam pendidikan nilai berfungsi sebagai media
stimulus terutama pada ....
A. awal proses belajar mengajar
B. akhir proses belajar mengajar
C. proses pembahasan masalah
D. proses penyimpulan
52. Media yang disajikan oleh guru harus disesuaikan dengan hal-hal
berikut kecuali tingkat ....
A. pengetahuan siswa
B. kemampuan guru
C. kesehjahteraan guru
D. pembiayaan sekolah
53. Manfaat media pengajaran dalam proses belajar mengajar bukan hanya
untuk membantu siswa melainkan juga membantu guru. Berikut kemanfaatan lain
dari media kecuali ....
A. mengabstrakkan konsep atau materi pelajaran yang konkret
B. mengatasi kebosanan siswa belajar
C. mengaktifkan semua alat indera siswa
D. menarik perhatian, minat dan kesenangan siswa
54. Pada hakikatnya media pengajaran men-cakup hal-hal berikut ini, kecuali
semua alat bantu yang ....
A. memudahkan siswa belajar
B. memperlancar keberhasilan belajar siswa
C. mempermudah mengajar bagi guru
D. mendorong guru mengajar
55. Dalam kurikulum 1994 tentang panduan pengajaran PPKN SMU untuk
guru menunjukkan bahwa secara umum media pengajaran PPKN disejajarkan dengan
....
A. materi pengajaran
B. metode pengajaran
C. evaluasi pengajaran
D. tujuan pengajaran
No comments:
Post a Comment