TUGAS MANDIRI
STUDI KASUS
(SIMJ2214)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 31, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Peran penyelia adalah
A. mengawasi pekerja, dan membuat program
koreksi.
B. mengorganisir pekerja, dan mempersiapkan
laporan untuk manajer.
C. mengawasi pekerja, dan mengukur prestasi
pekerja.
D. mengorganisir dan mengukur prestasi pekerja.
2. Dalam melihat sebuah kasus perlu diketahui
apa dan mengapa masalah
A. terjadi.
B. dianalisis.
C. diperbaiki.
D. diimplementasikan.
3. Jika terjadi penyimpangan hasil dari rencana
yang ditetapkan, seorang penyelia harus
A. mengukur prestasi pekerja.
B. mengawasi pekerja secara cermat.
C. menganalisis penyebab penyimpangan.
D. melaksanakan program koreksi.
4. Hubungan dengan pemasok berdasarkan pola
kemitraan terjadi apabila
A. sistem internal disesuaikan dengan pemasok.
B. menggunakan prinsip saling meng-untungkan.
C. berlangsung secara terus menerus.
D. menggunakan prinsip saling percaya.
5. Tugas penyelia tidak akan efektif bila
penyelia
A. mendelegasikan tugas dan wewenang yang mudah
dan menyenangkan.
B. memberikan tugas dan wewenang yang tingkat
kerahasiaannya tinggi.
C. tugas dan wewenang diberikan sesuai dengan
kemampuan pekerja.
D. mendelegasikan tugas dan wewenang hanya untuk
menghindari risiko.
6. Tugas dan wewenang yang dapat dilimpahkan
kepada bawahan adalah tugas yang
A. rumit dan tidak menyenangkan.
B. menantang dan berisiko tinggi.
C. bersifat rutin dan sederhana.
D. tinggi tingkat kerahasiaannya.
7. Monitoring karyawan yang dilakukan penyelia
bertujuan untuk
A. mengetahui pengalaman dan bakat karyawan.
B. memberikan kontribusi dalam penyu-sunan
rencana.
C. meningkatkan keterampilan karyawan.
D. mengukur prestasi kerja karyawan.
8. Untuk mengatasi adanya isu negatif yang
berkembang dalam sebuah organisasi dapat dilakukan dengan cara
A. mengkomunikasikan prosedur kerja kepada
karyawan.
B. membuat keputusan secara adil.
C. memberikan informasi yang relevan kepada
karyawan.
D. menciptakan suasana kerja yang kondusif.
9. Distorsi informasi yang dibutuhkan pimpinan
terjadi apabila pimpinan salah
A. menggunakan informasi yang ada.
B. memberikan informasi kepada pekerja.
C. menafsirkan informasi yang diterima dari
penyelia.
D. memberikan informasi kepada atasan.
10. Kebijakan untuk menampung opini karyawan terhadap perusahaan,
bertujuan untuk meningkatkan partisipasi karyawan dalam
A. melaksanakan tugas-tugas.
B. mengemukakan pendapat.
C. melayani pelanggan.
D. mempromosikan perusahaan.
11. Sistem saran akan bekerja efektif bila kepala seksi dapat
A. membujuk karyawan mengemukakan pendapat.
B. memaksa karyawan untuk memberikan saran.
C. memotivasi karyawan dalam memberikan saran.
D. memerintahkan karyawan untuk mengisi saran.
12. Hal yang perlu diperhatikan dalam merekrut tenaga kerja baru
adalah dengan
A. melakukan spesifikasi jabatan.
B. mengadakan analisis jabatan.
C. membuat diskripsi jabatan.
D. mengadakan pemekaran.
13. Dalam menghadapi hari Natal, Lebaran dan tahun baru pada tahun
2000/2001, sebuah perusahaan makanan memperkirakan pada bulan Desembar 2000
permintaan terhadap produknya akan meningkat sebesar 300.000 kotak. Untuk
mengantisipasi kenaikan tersebut perusahaan berniat untuk menambah jumlah
tenaga kerja, khususnya bagian pengepakan makanan. Data bagian produksi
menunjukkan bahwa jam kerja standar untuk pengepakan produk adalah 0,03 jam,
tingkat ketidak hadiran pegawai 5%, jam kerja perminggu 60 jam dengan 25 hari
kerja perbulan.
Dengan menggunakan informasi di atas berapakah jumlah
tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan dalam menghadapi peningkatan permintaan
tersebut?
A. 34 orang.
B. 36 orang.
C. 38 orang.
D. 40 orang.
14. Rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia, karena
A. tingginya tingkat kesalahan yang dilakukan karyawan.
B. tidak adanya referensi dalam pengang-kutan karyawan.
C. pengangkatan karyawan tidak melalui proses seleksi.
D. keterbatasan kemampuan karyawan dalam menggunakan peralatan.
15. Untuk meningkatkan keterampilan eksekutif muda dalam pengambilan
keputusan dapat dilakukan melalui
A. analisis kasus dan permainan bisnis.
B. pelatihan kepekaan dan analisis transaksional.
C. pengalaman ditempat kerja.
D. rotasi jabatan dan manajemen ganda.
16. Penentuan gaji dan upah karyawan berdasarkan “merit system”
ditentukan dengan melihat
A. masa kerja karyawan.
B. jam kerja karyawan.
C. keluaran (output) yang dihasilkan karyawan.
D. pengalaman kerja karyawan.
17. Dalam menghadapi penurunan kinerja karyawan yang selalu ingin
berprestasi, seorang penyelia dapat memotivasinya dengan memberikan
A. bonus/insentif.
B. tugas yang lebih menantang.
C. jaminan keselamatan kerja.
D. kenaikan gaji/upah.
18. Pengungkapan masalah dengan menggunakan system prosedur keluhan
(grievance procedure) merupakan pengung-kapan masalah secara langsung
A. kepada penyelia.
B. kepada pimpinan.
C. dengan mengadakan pertemuan.
D. melalui kotak saran.
19. Menurut pandangan interaksi, konflik merupakan suatu hal yang
A. menciptakan dinamika pengembangan organisasi.
B. menghambat kemajuan organisasi/ perusahaan.
C. merusak organisasi.
D. dapat dicarikan jalan keluarnya.
20. Seorang karyawan dengan kondisi kerja yang cukup menarik, hubungan
dengan atasan dan rekan sekerja baik, serta gaji yang menarik, tetapi merasa
bosan dan berniat untuk pindah ketempat lain.
Untuk mengatasi kondisi konflik yang terjadi pada
karyawan di atas, penyelia dapat memanfaatkan konflik secara
A. negatif dengan memberikan teguran.
B. positif dengan memberikan tugas yang lebih menantang.
C. negatif dengan menambah tugas dan tanggung jawabnya.
D. positif dengan mengurangi tugas yang membosankan.
21. Alat yang sangat penting dalam pengelolaan kas adalah
A. anggaran perusahaan.
B. nota penjualan.
C. faktur pembelian.
D. anggaran kas.
22. Perusahaan ABC menggunakan metode Miller-Orr dalam mengelola
kasnya. Perusahaan menetapkan batas kas terendah dan tertinggi masing-masing
sebesar Rp1.000.000,00 dan Rp5.000.000,00. Apabila saldo kas perusahaan
berjumlah Rp4.500.000,00 sedangkan aliran kas perusa-haan tidak pasti, maka
kebijakan yang sebaiknya dilakukan penyelia adalah
A. membeli surat berharga jangka panjang.
B. membeli surat berharga jangka pendek.
C. menjual surat berharga jangka panjang.
D. menjual surat berharga jangka pendek.
23. Seorang penyelia bagian keuangan akan mengalokasikan selisih biaya
bahan baku ke dalam rekening
A. persediaan produk dalam proses dan persediaan produk selesai.
B. harga pokok penjualan bahan baku, persediaan produk selesai.
C. persediaan produk dalam proses, harga pokok penjualan, persediaan
produk selesai.
D. harga pokok produksi, persediaan produk dalam proses, persediaan
bahan baku.
24. Besarnya alokasi selisih pada persediaan produk dalam proses,
tergantung dari persentase
A. kebutuhan bahan baku.
B. pembelian bahan baku.
C. tingkat penyelesaian produk.
D. produk terjual.
25. Agar memperoleh selisih anggaran BOP yang menguntungkan pada
system harga pokok taksiran, seorang penyelia harus dapat mengupayakan
A. BOP sesungguhnya lebih besar dari BOP dianggarkan.
B. BOP sesungguhnya lebih kecil dari BOP dianggarkan.
C. BOP dianggarkan lebih besar dari BOP standar.
D. BOP dianggarkan lebih kecil dari BOP standar.
26. Penyebab terjadinya selisih biaya bahan baku yang merugikan karena
adanya
A. kenaikan harga bahan baku.
B. penurunan biaya bahan baku.
C. jumlah bahan baku yang rusak dalam proses lebih kecil dari yang
diperkirakan.
D. jumlah bahan baku yang rusak dalam proses lebih besar dari yang
diperkirakan.
27. Selisih terkendali (controllable variance) adalah selisih biaya
overhead pabrik (BOP) yang dihitung dengan metode
A. dua selisih.
B. tiga selisih.
C. empat selisih.
D. tiga dan empat selisih.
28. Dalam menghadapi keluhan pelanggan seorang penyelia sebaiknya
A. mendengarkan keluhan dengan memberikan keluhan seperlunya saja.
B. menampung keluhan tanpa memberikan tanggapan.
C. mendengarkan dan menyelesaikan keluhan secara cepat dan memuaskan.
D. menyediakan kotak saran untuk menampung keluhan-keluhan.
29. Membangun kepuasan pelanggan dapat dilakukan melalui
A. mutu, pelayanan, dan produk.
B. mutu, nilai, dan produk.
C. pelayanan, produk, dan nilai.
D. pelayanan, mutu, dan nilai.
30. Salah satu cara untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen melalui
A. kotak saran.
B. penelitian pasar.
C. penelitian produk.
D. pola belanja konsumen.
31. Urutan kelompok yang harus dipuaskan dalam industri jasa adalah
A. pelanggan, pemegang saham, dan karyawan.
B. pelanggan, karyawan, dan pemegang saham.
C. karyawan, pelanggan, dan pemegang saham.
D. karyawan, pemegang saham, dan pelanggan.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 32 SAMPAI DENGAN
36, PILIHLAH!
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
32. Banyaknya gerakan-gerakan kerja yang membosankan dapat menurunkan
produktivitas pekerja.
sebab
Pekerjaan yang terus menerus
seperti robot akan mengganggu keseimbangan kesehatan tubuh pekerja.
33. Dalam rangka menciptakan iklim kerja yang positif penyelia harus
memberikan penghargaan secara wajar kepada pekerja yang berprestasi.
sebab
Penghargaan
dalam bentuk apapun dapat memotivasi pekerja menjadi lebih produktif.
34. Standarisasi merupakan alat yang dapat digunakan untuk
mengendalikan karyawan.
sebab
Standar
menunjukkan ukuran, spesifikasi dan ketentuan yang harus dicapai oleh karyawan.
35. Anggaran kas berisikan perkiraan aliran kas masuk dan aliran kas
keluar.
sebab
Dengan
membuat anggaran kas perusahaan dapat mengetahui kapan terjadi surplus atau
defisit.
36. Penyelia yang ditugaskan untuk mengelola kas harus dapat
memaksimalkan pemanfaatan kas tanpa mengabaikan saldo kas.
sebab
Jumlah
kas tidak boleh terlalu besar dan tidak boleh kurang.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 37
SAMPAI 60, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
37. Sebagai seorang penyelia akan berhadapan dengan perilaku
1) individu
2) kelompok
3) institusi
38. Risiko yang akan dihadapi bila perusahaan hanya tergantung pada beberapa
pemasok saja adalah
1) terganggunya kelancaran ketersediaan bahan dan barang yang
dibutuhkan
2) biaya persediaan menjadi minimal karena kekuatan tawar menawar ada
pada perusahaan
3) perusahaan tidak memiliki kekuatan tawar menawar
39. Membina hubungan dengan beberapa pemasok dimaksudkan untuk menjaga
1) ketersediaan bahan
2) efisiensi beban biaya persediaan
3) ketepatan waktu pengiriman barang
40. Untuk menjamin pasokan, sebaiknya perusahaan menggunakan
1) pemasok yang memiliki hubungan yang cukup luas
2) pemasok baru
3) pemasok yang memenuhi syarat kualitas
41. Prestasi kerja dari para pemasok ditunjukkan dengan kemampuannya
dalam
1) memenuhi spesifikasi standar
2) efisiensi biaya pengiriman
3) ketepatan waktu penyerahan barang
42. Pekerja akan melaksanakan pekerjaan dengan produktif, bilamana
1) kondisi kerja bersifat kondusif
2) tidak banyak gerakan kerja yang berulang
3) kelengkapan data memadai
43. Pendelegasian tugas dan wewenang itu penting karena dapat
1) meningkatkan rasa percaya diri pekerja
2) merangsang kreatifitas dan inisiatif pekerja
3) menghindari risiko dan tanggung jawab
44. Pihak manajemen dapat mendorong setiap individu atau kelompok
untuk memberikan saran dengan menyediakan
1) formulir
2) kotak saran
3) telepon
45. Agar dapat diperoleh jumlah tenaga kerja yang tepat, perusahaan
dapat menggunakan analisis
1) spesifikasi kerja
2) beban kerja
3) tenaga kerja
46. Proses seleksi penarikan (recruitmen) karyawan bertujuan untuk
1) mendapatkan tenaga kerja yang kompeten
2) mengurangi pengawasan
3) mempermudah pengembangan
47. Iklan lowongan pekerjaan yang bersifat tertutup biasanya digunakan
untuk
1) seleksi pendahuluan
2) menghemat biaya
3) membatasi pelamar
48. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam penetapan kelayakan
upah
1) standar biaya hidup
2) serikat buruh
3) kemampuan perusahaan
49. Agar seorang kasir dapat melayani konsumen dengan baik tanpa
tekanan, seorang penyelia harus
1) menetapkan waktu pergantian kerja secara adil
2) menambah jumlah kasir pada saat ramai pengunjung
3) memotivasi bawahan sesuai dengan hirarki kebutuhannya
50. Untuk menciptakan suasana yang menyenangkan pada saat pembayaran
di kasir, seorang penyelia harus
1) membuat aturan agar tidak melayani orang yang tidak antri
2) memasang pembatas antrian
3) memperingati kasir bila ada antrian panjang
51. Konflik dapat terjadi karena
1) perbedaan status sosial
2) tuntutan intelijensia
3) faktor komunikasi
52. Penyelia yang mengelola keuangan harus dapat menjaga jumlah kas
dalam keadaan optimum karena dengan memiliki saldo kas yang optimum akan
1) menjaga kelancaran operasional perusahaan
2) memberikan kesempatan memperoleh potongan pembelian dari pemasok
3) menghilangkan kesempatan untuk mendapatkan bunga deposito
53. Apabila saldo kas perusahaan berjumlah Rp1,3 juta, maka kebijakan
yang sebaiknya dilakukan penyelia agar jumlah kas tetap optimum adalah
1) menjual aktiva tetap
2) menjual sebagian surat berharga
3) mencairkan deposito yang sudah jatuh tempo
54. Sebagai seorang penyelia harus mampu mempertahankan pelanggan
dengan menciptakan kepuasan pelanggan, karena pelanggan yang sangat puas
1) kurang sensitive terhadap harga produk
2) membutuhkan biaya pelanggan yang relatif kecil
3) akan mengurangi pembelian produk bila harga naik
55. Menciptakan kepuasan pelanggan merupakan kunci untuk
mempertahankan pelanggan, karena
1) kehilangan pelanggan dengan mengorbankan biaya yang relatif besar
2) mempertahankan pelanggan membutuhkan biaya yang relatif kecil
3) pelanggan yang sangat puas akan memberikan masukan yang positif
untuk perusahaan
56. Apabila anda diminta atasan untuk mengevaluasi kembali biaya riset
yang telah disusun untuk mengatasi defisit anggaran perusahaan, maka tindakan
yang akan dilakukan untuk mengurangi biaya riset adalah
1) mengurangi biaya penggunaan alat dengan menggunakan alat yang
sederhana
2) memperkecil jumlah responden dengan mengurangi lokasi penelitian
3) mengurangi jumlah personil penelitian
57. Promosi produk melalui periklanan bertujuan untuk
1) memberikan informasi mengenai suatu produk/jasa
2) mengingatkan konsumen bahwa produk/jasa yang disukainya masih ada
3) memupuk permintaan primer
58. Penjual melakukan promosi penjualan bertujuan
1) menarik orang baru untuk mencoba suatu produk
2) memberikan penghargaan kepada pelanggan setia
3) meningkatkan angka pembelian bagi pelanggan baru
59. Ahli kecantikan di Salon A pada setiap hari sabtu selalu kewalahan
menghadapi ramainya pengunjung yang ingin perawatan wajah. Tindakan apa yang
sebaiknya dilakukan?
1) merancang ruang tunggu yang nyaman dan menyenangkan
2) menawarkan program lain misalnya perawatan kuku sementara menunggu
giliran
3) memberikan diskon tertentu kepada pelanggan pada hari lain,
misalnya hari Senin sampai Rabu
60. Strategi yang tepat digunakan pada perusahaan jasa untuk
menyesuaikan jumlah permintaan dengan pasokan yaitu
1) penetapan harga berbeda pada waktu berbeda
2) memperkerjakan karyawan penggal waktu untuk mengatasi shift sibuk
3) mengalihkan beberapa tugas kepada konsumen
No comments:
Post a Comment