Cloud Hosting Indonesia

28 May, 2014

Soal Studi Kasus



TUGAS MANDIRI
STUDI KASUS
(SIMJ2214)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 31,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Peran penyelia adalah
A.   mengawasi pekerja, dan membuat program koreksi.
B.   mengorganisir pekerja, dan mempersiapkan laporan untuk manajer.
C.   mengawasi pekerja, dan mengukur prestasi pekerja.
D.   mengorganisir dan mengukur prestasi pekerja.

2.   Dalam melihat sebuah kasus perlu diketahui apa dan mengapa masalah
A.   terjadi.
B.   dianalisis.
C.   diperbaiki.
D.   diimplementasikan.
     
3.   Jika terjadi penyimpangan hasil dari rencana yang ditetapkan, seorang penyelia harus
A.   mengukur prestasi pekerja.
B.   mengawasi pekerja secara cermat.
C.   menganalisis penyebab penyimpangan.
D.   melaksanakan program koreksi.

4.   Hubungan dengan pemasok berdasarkan pola kemitraan terjadi apabila
A.   sistem internal disesuaikan dengan pemasok.
B.   menggunakan prinsip saling meng-untungkan.
C.   berlangsung secara terus menerus.
D.   menggunakan prinsip saling percaya.

5.   Tugas penyelia tidak akan efektif bila penyelia
A.   mendelegasikan tugas dan wewenang yang mudah dan menyenangkan.
B.   memberikan tugas dan wewenang yang tingkat kerahasiaannya tinggi.
C.   tugas dan wewenang diberikan sesuai dengan kemampuan pekerja.
D.   mendelegasikan tugas dan wewenang hanya untuk menghindari risiko.

6.   Tugas dan wewenang yang dapat dilimpahkan kepada bawahan adalah tugas yang
A.   rumit dan tidak menyenangkan.
B.   menantang dan berisiko tinggi.
C.   bersifat rutin dan sederhana.
D.   tinggi tingkat kerahasiaannya.

7.   Monitoring karyawan yang dilakukan penyelia bertujuan untuk
A.   mengetahui pengalaman dan bakat karyawan.
B.   memberikan kontribusi dalam penyu-sunan rencana.
C.   meningkatkan keterampilan karyawan.
D.   mengukur prestasi kerja karyawan.

8.   Untuk mengatasi adanya isu negatif yang berkembang dalam sebuah organisasi dapat dilakukan dengan cara
A.   mengkomunikasikan prosedur kerja kepada karyawan.
B.   membuat keputusan secara adil.
C.   memberikan informasi yang relevan kepada karyawan.
D.   menciptakan suasana kerja yang kondusif.

9.   Distorsi informasi yang dibutuhkan pimpinan terjadi apabila pimpinan salah
A.   menggunakan informasi yang ada.
B.   memberikan informasi kepada pekerja.
C.   menafsirkan informasi yang diterima dari penyelia.
D.   memberikan informasi kepada atasan.

10.   Kebijakan untuk menampung opini karyawan terhadap perusahaan, bertujuan untuk meningkatkan partisipasi karyawan dalam
A.   melaksanakan tugas-tugas.
B.   mengemukakan pendapat.
C.   melayani pelanggan.
D.   mempromosikan perusahaan.

11.   Sistem saran akan bekerja efektif bila kepala seksi dapat
A.   membujuk karyawan mengemukakan pendapat.
B.   memaksa karyawan untuk memberikan saran.
C.   memotivasi karyawan dalam memberikan saran.
D.   memerintahkan karyawan untuk mengisi saran.

12.   Hal yang perlu diperhatikan dalam merekrut tenaga kerja baru adalah dengan
A.   melakukan spesifikasi jabatan.
B.   mengadakan analisis jabatan.
C.   membuat diskripsi jabatan.
D.   mengadakan pemekaran.

13.   Dalam menghadapi hari Natal, Lebaran dan tahun baru pada tahun 2000/2001, sebuah perusahaan makanan memperkirakan pada bulan Desembar 2000 permintaan terhadap produknya akan meningkat sebesar 300.000 kotak. Untuk mengantisipasi kenaikan tersebut perusahaan berniat untuk menambah jumlah tenaga kerja, khususnya bagian pengepakan makanan. Data bagian produksi menunjukkan bahwa jam kerja standar untuk pengepakan produk adalah 0,03 jam, tingkat ketidak hadiran pegawai 5%, jam kerja perminggu 60 jam dengan 25 hari kerja perbulan.
               Dengan menggunakan informasi di atas berapakah jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan dalam menghadapi peningkatan permintaan tersebut?
A.   34 orang.
B.   36 orang.
C.   38 orang.
D.   40 orang.

14.   Rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia, karena
A.   tingginya tingkat kesalahan yang dilakukan karyawan.
B.   tidak adanya referensi dalam pengang-kutan karyawan.
C.   pengangkatan karyawan tidak melalui proses seleksi.
D.   keterbatasan kemampuan karyawan dalam menggunakan peralatan.

15.   Untuk meningkatkan keterampilan eksekutif muda dalam pengambilan keputusan dapat dilakukan melalui
A.   analisis kasus dan permainan bisnis.
B.   pelatihan kepekaan dan analisis transaksional.
C.   pengalaman ditempat kerja.
D.   rotasi jabatan dan manajemen ganda.

16.   Penentuan gaji dan upah karyawan berdasarkan “merit system” ditentukan dengan melihat
A.   masa kerja karyawan.
B.   jam kerja karyawan.
C.   keluaran (output) yang dihasilkan karyawan.
D.   pengalaman kerja karyawan.

17.   Dalam menghadapi penurunan kinerja karyawan yang selalu ingin berprestasi, seorang penyelia dapat memotivasinya dengan memberikan
A.   bonus/insentif.
B.   tugas yang lebih menantang.
C.   jaminan keselamatan kerja.
D.   kenaikan gaji/upah.

18.   Pengungkapan masalah dengan menggunakan system prosedur keluhan (grievance procedure) merupakan pengung-kapan masalah secara langsung
A.   kepada penyelia.
B.   kepada pimpinan.
C.   dengan mengadakan pertemuan.
D.   melalui kotak saran.

19.   Menurut pandangan interaksi, konflik merupakan suatu hal yang
A.   menciptakan dinamika pengembangan organisasi.
B.   menghambat kemajuan organisasi/ perusahaan.
C.   merusak organisasi.
D.   dapat dicarikan jalan keluarnya.

20.   Seorang karyawan dengan kondisi kerja yang cukup menarik, hubungan dengan atasan dan rekan sekerja baik, serta gaji yang menarik, tetapi merasa bosan dan berniat untuk pindah ketempat lain.
               Untuk mengatasi kondisi konflik yang terjadi pada karyawan di atas, penyelia dapat memanfaatkan konflik secara
A.   negatif dengan memberikan teguran.
B.   positif dengan memberikan tugas yang lebih menantang.
C.   negatif dengan menambah tugas dan tanggung jawabnya.
D.   positif dengan mengurangi tugas yang membosankan.

21.   Alat yang sangat penting dalam pengelolaan kas adalah
A.   anggaran perusahaan.
B.   nota penjualan.
C.   faktur pembelian.
D.   anggaran kas.

22.   Perusahaan ABC menggunakan metode Miller-Orr dalam mengelola kasnya. Perusahaan menetapkan batas kas terendah dan tertinggi masing-masing sebesar Rp1.000.000,00 dan Rp5.000.000,00. Apabila saldo kas perusahaan berjumlah Rp4.500.000,00 sedangkan aliran kas perusa-haan tidak pasti, maka kebijakan yang sebaiknya dilakukan penyelia adalah
A.   membeli surat berharga jangka panjang.
B.   membeli surat berharga jangka pendek.
C.   menjual surat berharga jangka panjang.
D.   menjual surat berharga jangka pendek.

23.   Seorang penyelia bagian keuangan akan mengalokasikan selisih biaya bahan baku ke dalam rekening
A.   persediaan produk dalam proses dan persediaan produk selesai.
B.   harga pokok penjualan bahan baku, persediaan produk selesai.
C.   persediaan produk dalam proses, harga pokok penjualan, persediaan produk selesai.
D.   harga pokok produksi, persediaan produk dalam proses, persediaan bahan baku.

24.   Besarnya alokasi selisih pada persediaan produk dalam proses, tergantung dari persentase
A.   kebutuhan bahan baku.
B.   pembelian bahan baku.
C.   tingkat penyelesaian produk.
D.   produk terjual.

25.   Agar memperoleh selisih anggaran BOP yang menguntungkan pada system harga pokok taksiran, seorang penyelia harus dapat mengupayakan
A.   BOP sesungguhnya lebih besar dari BOP dianggarkan.
B.   BOP sesungguhnya lebih kecil dari BOP dianggarkan.
C.   BOP dianggarkan lebih besar dari BOP standar.
D.   BOP dianggarkan lebih kecil dari BOP standar.

26.   Penyebab terjadinya selisih biaya bahan baku yang merugikan karena adanya
A.   kenaikan harga bahan baku.
B.   penurunan biaya bahan baku.
C.   jumlah bahan baku yang rusak dalam proses lebih kecil dari yang diperkirakan.
D.   jumlah bahan baku yang rusak dalam proses lebih besar dari yang diperkirakan.

27.   Selisih terkendali (controllable variance) adalah selisih biaya overhead pabrik (BOP) yang dihitung dengan metode
A.   dua selisih.
B.   tiga selisih.
C.   empat selisih.
D.   tiga dan empat selisih.

28.   Dalam menghadapi keluhan pelanggan seorang penyelia sebaiknya
A.   mendengarkan keluhan dengan memberikan keluhan seperlunya saja.
B.   menampung keluhan tanpa memberikan tanggapan.
C.   mendengarkan dan menyelesaikan keluhan secara cepat dan memuaskan.
D.   menyediakan kotak saran untuk menampung keluhan-keluhan.

29.   Membangun kepuasan pelanggan dapat dilakukan melalui
A.   mutu, pelayanan, dan produk.
B.   mutu, nilai, dan produk.
C.   pelayanan, produk, dan nilai.
D.   pelayanan, mutu, dan nilai.

30.   Salah satu cara untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen melalui
A.   kotak saran.
B.   penelitian pasar.
C.   penelitian produk.
D.   pola belanja konsumen.

31.   Urutan kelompok yang harus dipuaskan dalam industri jasa adalah
A.   pelanggan, pemegang saham, dan karyawan.
B.   pelanggan, karyawan, dan pemegang saham.
C.   karyawan, pelanggan, dan pemegang saham.
D.   karyawan, pemegang saham, dan pelanggan.


PETUNJUK:        UNTUK SOAL NOMOR 32  SAMPAI DENGAN  36,   PILIHLAH!
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

32.   Banyaknya gerakan-gerakan kerja yang membosankan dapat menurunkan produktivitas pekerja. 
sebab                 
               Pekerjaan yang terus menerus seperti robot akan mengganggu keseimbangan kesehatan tubuh pekerja.

33.   Dalam rangka menciptakan iklim kerja yang positif penyelia harus memberikan penghargaan secara wajar kepada pekerja yang berprestasi.
sebab                 
Penghargaan dalam bentuk apapun dapat memotivasi pekerja menjadi lebih produktif.


34.   Standarisasi merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengendalikan karyawan.
sebab                 
Standar menunjukkan ukuran, spesifikasi dan ketentuan yang harus dicapai oleh karyawan.

35.   Anggaran kas berisikan perkiraan aliran kas masuk dan aliran kas keluar.          
sebab                 
Dengan membuat anggaran kas perusahaan dapat mengetahui kapan terjadi surplus atau defisit.

36.   Penyelia yang ditugaskan untuk mengelola kas harus dapat memaksimalkan pemanfaatan kas tanpa mengabaikan saldo kas.     
sebab                 
Jumlah kas tidak boleh terlalu besar dan tidak boleh kurang.


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   37   SAMPAI   60,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
37.   Sebagai seorang penyelia akan berhadapan dengan perilaku     
1)   individu
2)   kelompok
3)   institusi

38.   Risiko yang akan dihadapi bila perusahaan hanya tergantung pada beberapa pemasok saja adalah          
1)   terganggunya kelancaran ketersediaan bahan dan barang yang dibutuhkan
2)   biaya persediaan menjadi minimal karena kekuatan tawar menawar ada pada perusahaan
3)   perusahaan tidak memiliki kekuatan tawar menawar

39.   Membina hubungan dengan beberapa pemasok dimaksudkan untuk menjaga
1)   ketersediaan bahan
2)   efisiensi beban biaya persediaan
3)   ketepatan waktu pengiriman barang

40.   Untuk menjamin pasokan, sebaiknya perusahaan menggunakan           
1)   pemasok yang memiliki hubungan yang cukup luas
2)   pemasok baru
3)   pemasok yang memenuhi syarat kualitas

41.   Prestasi kerja dari para pemasok ditunjukkan dengan kemampuannya dalam      
1)   memenuhi spesifikasi standar
2)   efisiensi biaya pengiriman
3)   ketepatan waktu penyerahan barang

42.   Pekerja akan melaksanakan pekerjaan dengan produktif, bilamana        
1)   kondisi kerja bersifat kondusif
2)   tidak banyak gerakan kerja yang berulang
3)   kelengkapan data memadai

43.   Pendelegasian tugas dan wewenang itu penting karena dapat   
1)   meningkatkan rasa percaya diri pekerja
2)   merangsang kreatifitas dan inisiatif pekerja
3)   menghindari risiko dan tanggung jawab

44.   Pihak manajemen dapat mendorong setiap individu atau kelompok untuk memberikan saran dengan menyediakan
1)   formulir
2)   kotak saran
3)   telepon

45.   Agar dapat diperoleh jumlah tenaga kerja yang tepat, perusahaan dapat menggunakan analisis    
1)   spesifikasi kerja
2)   beban kerja
3)   tenaga kerja

46.   Proses seleksi penarikan (recruitmen) karyawan bertujuan untuk           
1)   mendapatkan tenaga kerja yang kompeten
2)   mengurangi pengawasan
3)   mempermudah pengembangan

47.   Iklan lowongan pekerjaan yang bersifat tertutup biasanya digunakan untuk         
1)   seleksi pendahuluan
2)   menghemat biaya
3)   membatasi pelamar

48.   Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam penetapan kelayakan upah  
1)   standar biaya hidup
2)   serikat buruh
3)   kemampuan perusahaan

49.   Agar seorang kasir dapat melayani konsumen dengan baik tanpa tekanan, seorang penyelia harus          
1)   menetapkan waktu pergantian kerja secara adil
2)   menambah jumlah kasir pada saat ramai pengunjung
3)   memotivasi bawahan sesuai dengan hirarki kebutuhannya

50.   Untuk menciptakan suasana yang menyenangkan pada saat pembayaran di kasir, seorang penyelia harus           
1)   membuat aturan agar tidak melayani orang yang tidak antri
2)   memasang pembatas antrian
3)   memperingati kasir bila ada antrian panjang

51.   Konflik dapat terjadi karena     
1)   perbedaan status sosial
2)   tuntutan intelijensia
3)   faktor komunikasi

52.   Penyelia yang mengelola keuangan harus dapat menjaga jumlah kas dalam keadaan optimum karena dengan memiliki saldo kas yang optimum akan 
1)   menjaga kelancaran operasional perusahaan
2)   memberikan kesempatan memperoleh potongan pembelian dari pemasok
3)   menghilangkan kesempatan untuk mendapatkan bunga deposito

53.   Apabila saldo kas perusahaan berjumlah Rp1,3 juta, maka kebijakan yang sebaiknya dilakukan penyelia agar jumlah kas tetap optimum adalah       
1)   menjual aktiva tetap
2)   menjual sebagian surat berharga
3)   mencairkan deposito yang sudah jatuh tempo

54.   Sebagai seorang penyelia harus mampu mempertahankan pelanggan dengan menciptakan kepuasan pelanggan, karena pelanggan yang sangat puas    
1)   kurang sensitive terhadap harga produk
2)   membutuhkan biaya pelanggan yang relatif kecil
3)   akan mengurangi pembelian produk bila harga naik

55.   Menciptakan kepuasan pelanggan merupakan kunci untuk mempertahankan pelanggan, karena   
1)   kehilangan pelanggan dengan mengorbankan biaya yang relatif besar
2)   mempertahankan pelanggan membutuhkan biaya yang relatif kecil
3)   pelanggan yang sangat puas akan memberikan masukan yang positif untuk perusahaan

56.   Apabila anda diminta atasan untuk mengevaluasi kembali biaya riset yang telah disusun untuk mengatasi defisit anggaran perusahaan, maka tindakan yang akan dilakukan untuk mengurangi biaya riset adalah
1)   mengurangi biaya penggunaan alat dengan menggunakan alat yang sederhana
2)   memperkecil jumlah responden dengan mengurangi lokasi penelitian
3)   mengurangi jumlah personil penelitian

57.   Promosi produk melalui periklanan bertujuan untuk       
1)   memberikan informasi mengenai suatu produk/jasa
2)   mengingatkan konsumen bahwa produk/jasa yang disukainya masih ada
3)   memupuk permintaan primer

58.   Penjual melakukan promosi penjualan bertujuan           
1)   menarik orang baru untuk mencoba suatu produk
2)   memberikan penghargaan kepada pelanggan setia
3)   meningkatkan angka pembelian bagi pelanggan baru

59.   Ahli kecantikan di Salon A pada setiap hari sabtu selalu kewalahan menghadapi ramainya pengunjung yang ingin perawatan wajah. Tindakan apa yang sebaiknya dilakukan?      
1)   merancang ruang tunggu yang nyaman dan menyenangkan
2)   menawarkan program lain misalnya perawatan kuku sementara menunggu giliran
3)   memberikan diskon tertentu kepada pelanggan pada hari lain, misalnya hari Senin sampai Rabu

60.   Strategi yang tepat digunakan pada perusahaan jasa untuk menyesuaikan jumlah permintaan dengan pasokan yaitu
1)   penetapan harga berbeda pada waktu berbeda
2)   memperkerjakan karyawan penggal waktu untuk mengatasi shift sibuk
3)   mengalihkan beberapa tugas kepada konsumen

No comments:

Post a Comment