Cloud Hosting Indonesia

28 May, 2014

Soal Teknik Supervisi



TUGAS MANDIRI
TEKNIK SUPERVISI
(SIMJ2212)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 30,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Kemampuan mengirim dan memahami informasi merupakan kemampuan supervisor dalam melakukan
A.   analisis.
B.   konseptual.
C.   pengambilan keputusan.
D.   berkomunikasi.

2.   Tugas yang berkaitan dengan kemampuan teknis seorang supervisor adalah
A.   mendelegasikan tugas.
B.   menciptakan iklim kerja.
C.   memilih orang yang tepat.
D.   mengamati pekerja dalam proses produksi dan memberikan laporan pada atasan.
     
3.   Menganalisis masalah yang terjadi dan men-cari faktor penyebabnya merupakan tugas supervisor yang berkaitan dengan
A.   kemampuan administratif.
B.   kemampuan interpersonal.
C.   kemampuan teknis.
D.   kemampuan keuangan.

4.   Yang bertanggung jawab dalam mengkoordi-nasikan aktivitas manajemen pada tingkat menengah adalah
A.   tap manajemen.
B.   middle manajemen.
C.   fist line manajemen.
D.   brouch manajemen.

5.   Perencanaan merupakan acuan untuk pengawasan yang berhubungan antara fungsi perencanaan dengan fungsi
A.   pengkoordinasian.
B.   pengawasan.
C.   perencanaan.
D.   pemberi komando.

6.   Fungsi manajemen yang pertama adalah
A.   pengawasan.
B.   perencanaan.
C.   pengorganisasian.
D.   pengkoordinasian.

7.   MBO (Managemen by Objective) merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam membuat perencanaan oleh
A.   top manajemen.
B.   Midle management.
C.   supervisor.
D.   karyawan.

8.   Menurut Haimanan dan Higert, dalam merumuskan tujuan harus mencerminkan
A.   jenis pekerjaan.
B.   mutu hasil yang akan di capai.
C.   sumberdaya yang diperlukan.
D.   perencanaan yang matang.

9.   Salah satu faktor internal perusahaan yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan adalah
A.   prosedur dan peraturan.
B.   pelaksana.
C.   lingkungan.
D.   keuntungan perusahaan.

10.   Perencanaan yang dapat memberikan arah untuk mencapai tujuan jangka panjang adalah perencanaan
A.   taktis.
B.   strategis.
C.   dalam perusahaan.
D.   secara umum.

11.   Perlakuan adil dari supervisor memberi dampak terhadap karyawan agar
A.   ketentraman kerja karyawan meningkat.
B.   meningkatnya persaingan antar karya-wan.
C.   muncul sikap favorit.
D.   karyawan semakin kompetitif.

12.   Menurut Jerry L. Gray salah satu alasan ter-bentuknya kelompok informal dalam unit kerja atau perusahaan adalah
A.   modal.
B.   target perusahaan.
C.   keamanan.
D.   kondisi perusahaan.

13.   Proses pembentukan kelompok dalam perusahaan menurut Richard L. Daft terdiri dari beberapa tahap, yaitu
A.   adjourming, perfoming, norming, storming, forming.
B.   forming, storming, norming, adjourming, performing.
C.   adjourming, norming, storming, forming, performing.
D.   forming, storming, norming, performing, adjourming.

14.   Kelompok dalam perusahaan dapat dikatego-rikan menjadi dua yaitu kelompok kerja informal dan kelompok kerja formal. Hal ini dikemukakan oleh
A.   Richard L. Daft.
B.   Jerry L. Gray.
C.   T. Haimann.
D.   J. P. Muczyk.

15.   Seorang supervisor dalam mencapai tujuan-nya harus memiliki banyak alternatif, salah satunya adalah
A.   ketentuan dalam bekerja.
B.   kualitas produk tetap.
C.   mengurangi persaingan ekternal.
D.   menyelesaikan pekerjaan tidak tepat waktu.

16.   Konflik merupakan proses ketidak sesuaian dalam hal tujuan, pemikiran, keyakinan atau emosi antar individu maupun kelompok. Oleh karena itu konflik diklasifikasikan menjadi
A.   konflik tujuan, konflik pemahaman, konflik sifat.
B.   konflik tujuan, konflik pemahaman, konflik sikap.
C.   konflik tujuan, konflik pengertian, konflik sikap.
D.   konflik masalah, konflik pengertian, konflik sikap.

17.   Konsep kepemimpinan menurut Richard L. Daft selalu berisi
A.   orang, kekuasaan, tujuan.
B.   orang, pengaruh, rencana.
C.   orang, kekuasaan, rencana.
D.   orang, pengaruh, tujuan.

18.   Pemimpin yang cenderung melakukan sentralisasi terhadap wewenang yang dimiliki-nya dan bergantung pada sumber kekuasaan berupa kewenangan resmi pemberian imbalan dan paksaan. Pemimpin yang demikian disebut pemimpin yang
A.   otokratik.
B.   demokratik.
C.   partisipatif.
D.   direktif.

19.   Dalam melaksanakan tugasnya supervisor harus berperan sebagai
A.   manajer.
B.   pimpinan.
C.   manajer dan pimpinan.
D.   pimpinan dan bawahan.

20.   Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan komunikasi adalah
A.   kemampuan untuk mendengar.
B.   sensitif terhadap perubahan.
C.   menganggap diri paling ahli.
D.   penyampaian pesan yang efektif.

21.   Bentuk komunikasi ke atas antara supervisor dengan pimpinan yang lebih tinggi adalah
A.   koordinasi pekerjaan.
B.   laporan tentang pekerjaan.
C.   pemberian instruksi kerja.
D.   ketidakpuasan.

22.   Istilah  orang lain di dalam manajemen adalah
A.   manajer.
B.   atasan.
C.   bawahan.
D.   rekan kerja.

23.   Yang membagi teori kebutuhan manjadi 5 tingkat adalah
A.   Maslow.
B.   Alderfer.
C.   Jone Allon.
D.   Munay.

24.   Motivasi adalah akibat dari interaksi dari individu dan situasi. Tiga unsur kunci dalam pengertian motivasi
A.   upaya, tujuan organisasi, keinginan.
B.   upaya, tujuan organisasi, kemauan.
C.   upaya, tujuan organisasi, kebutuhan.
D.   upaya, tujuan organisasi, kenyataan.

25.   Teori Maslow membagi kebutuhan manusia dalam beberapa jenjang yaitu
A.   rasa aman, aktualisasi diri, diakui berafiliasi, fisiologi.
B.   fisologi rasa aman, berafiliasi, diakui, aktualisasi.
C.   fisologi, berafiliasi, rasa aman, diakui, aktualisasi.
D.   fisologi, berafiliasi, rasa aman, aktualisasi, diakui.

26.   On the job training adalah program latihan yang diselenggarakan
A.   di dalam lingkungan karyawan bekerja.
B.   di luar lingkungan karyawan bekerja.
C.   sebelum karyawan bekerja.
D.   sesudah karyawan bekerja.

27.   Pemberian sumber daya manusia dalam perusahaan meliputi
A.   perencanaan, pengembangan, pelatihan.
B.   pengembangan, pelatihan, penempatan.
C.   pelatihan, penempatan, perencanaan.
D.   perencanaan, pelatihan, penempatan.

28.   Aktivitas yang paling penting dalam kegiatan supervisi adalah
A.   perencanaan.
B.   pengawasan.
C.   pengendalian.
D.   pelaksanaan.

29.   Pengawasan yang dilakukan sebelum pelaksanaan pekerjaan adalah
A.   Concurrent Control.
B.   Preventive.
C.   Post Control.
D.   Feedback Control.

30.   Salah satu langkah dalam proses pengendali-an dalam kegiatan supervisi adalah
A.   membandingkan hasil dengan tujuan.
B.   melakukan pekerjaan.
C.   mengukur hasil.
D.   menetapkan tujuan.
PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 31  SAMPAI DENGAN 40,   PILIHLAH!
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

31.   Manajer merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan tugas dan pekerjaan dalam suatu organisasi.
sebab                 
Tugas manajemen berdasarkan tingkat kewenangan yang dimiliki.

32.   Penggunaan biaya, meningkatkan kualitas produk dan melakukan penjadwalan kembali pelaksanaan pekerjaan yang tidak selesai dapat diperbaiki oleh supervisor.
sebab                 
Pengawasan terhadap keberhasilan merupakan tanggung jawabnya.

33.   Supervisor harus memperhatikan cara mengembangan kerja sama yang efektif dalam perusahaan.
sebab                 
Kerja sama yang harmonis antar karyawan dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap perusahaan.

34.   Kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi kelompok kearah pencapaian tujuan.
sebab                 
Konsep kepemimpinan mempunyai tiga komponen utama yaitu orang, pengaruh dan tujuan yang akan dicapai.

35.   Gaya kepemimpinan yang dipilih seorang supervisor ditentukan oleh beberapa kondisi dan situasi.
sebab                 
Kepemimpinan merupakan suatu seni untuk mengerahkan orang atau kelompok dalam mencapai suatu tujuan.

36.   Komunikasi mempunyai kontribusi yang besar dalam pelaksanaan tugas dan pekerjaan dalam suatu organisasi.
sebab                 
Tanpa komunikasi yang efektif rencana-rencana yang telah ditetapkan tidak akan mencapai tujuan.

37.   Manajemen diartikan sebagai mencapai tujuan melalui orang lain.
sebab                 
Dalam mencapai tujuan organisasi manajer mendapat bantuan dari orang lain.

38.   On the job training merupakan teknik pelatihan yang menggunakan lingkungan kerja yang aktual untuk mengajarkan suatu keterampilan baru.
sebab                 
On the job training dilakukan di dalam lingkungan tempat karyawan bekerja.

39.   Pengendalian dalam kegiatan supervisi adalah merupakan suatu aktivitas yang penting.
sebab                 
Pengendalian selalu mengukur prestasi kerja.

40.   Supervisor merupakan orang yang memiliki hubungan langsung dengan karyawan yang melaksanakan tugas.
sebab                 
Supervisor menghendaki loyalitas dan kerja sama yang baik dari bawahannya.


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   41   SAMPAI   60,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
41.   Wewenang supervisor dalam perusahaan adalah
1)   memilih bawahan yang cakap dan teliti bekerja
2)   memberi tugas kepada bawahan
3)   menilai prestasi yang telah dicapai bawahan

42.   Langkah-langkah yang diperlukan dalam menerapkan konsep MBO dalam suatu perusahaan adalah
1)   menetapkan tujuan atau misi utama perusahaan
2)   mengkomunikasikan tujuan atau misi utama perusahaan kepada seluruh karyawan
3)   menentukan rencana dari tindakan spesifik yang akan diambil untuk mencapai tujuan

43.   Rencana yang dibuat oleh supervisor biasanya menentukan
1)   hasil yang akan dicapai
2)   tindakan yang harus dilakukan
3)   waktu untuk melakukan tindakan

44.   Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam penerapan konsep MBO dalam perusahaan adalah
1)   mengkaitkan konsep MBO dengan sistem pemberian imbalan
2)   mendorong peran serta karyawan dalam merumuskan tujuan
3)   memberikan umpan balik terhadap upaya pencapaian tujuan

45.   Melalui rencana yang dibuat para supervisor dalam perusahaan dapat diperoleh manfaat, seperti
1)   penetapan tujuan kerja
2)   uraian tugas yang harus dilakukan oleh karyawan
3)   mengukur hasil kerja yang akan dicapai

46.   Yang merupakan strategi dalam mengembangkan kerja sama kelompok adalah
1)   membangkitkan sikap kompetitif
2)   memperkuat komitmen karyawan
3)   memberi insentif terhadap karyawan yang berprestasi

47.   Kelompok informal terbentuk karena beberapa alasan
1)   wewenang resmi yang diberikan oleh perusahaan
2)   memperoleh rasa persahabatan
3)   memperoleh dukungan

48.   Cara untuk mengatasi konflik yang sering terjadi dalam perusahaan adalah
1)   memutuskan tujuan yang ingin dicapai
2)   mengumpulkan karyawan dan mereka yang kompeten dan memiliki kepedulian terhadap pencapaian tujuan
3)   melakukan negosiasi jika terjadi konflik minat dan kepentingan

49.   Cara yang dapat dilakukan untuk meningkat-kan komitmen karyawan adalah
1)   melakukan evaluasi kinerja karyawan secara berkala
2)   mensuplai bahan dan perlengkapan yang diperlukan oleh karyawan
3)   memberi promosi pada karyawan yang berprestasi

50.   Faktor-faktor yang menentukan gaya kepemimpinan
1)   karakter pemimpin
2)   sifat orang yang dipimpin
3)   situasi yang dihadapi

51.   Yang perlu dikomunikasikan oleh supervisor kepada para pekerja adalah
1)   tujuan, peran, rencana dan strategi perusahaan
2)   perubahan-perubahan yang akan muncul di kemudian hari
3)   evaluasi tentang pekerjaan

52.   Menurut Desler, berkomunikasi secara efektif dengan karyawan harus
1)   menjadi pendengar efektif dan penuh perhatian
2)   sering mengkritik bawahan
3)   memberikan umpan balik dengan segera

53.   Teori ERG adalah
1)   eksistensi
2)   kekerabatan
3)   perkembangan

54.   Agar karyawan memiliki motivasi supervisor sebaiknya memberikan
1)   pujian
2)   bantuan nyata
3)   harapan-harapan yang jelas

55.   Faktor-faktor yang menyebabkan karyawan merasa tidak puas antara lain
1)   gaji
2)   jaminan pekerjaan
3)   kehidupan pribadi

56.   Analisis beban pekerjaan meliputi
1)   jumlah jam kerja yang diperlukan
2)   jumlah tenaga kerja yang diperlukan
3)   jumlah latihan yang diperlukan

57.   Unsur penting yang perlu dipertimbangkan dalam perusahaan
1)   kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan
2)   membandingkan kualifikasi dengan kandidat tenaga kerja yang tersedia
3)   mengembangkan rencana spesifik untuk merekrut tenaga kerja

58.   Yang dapat digunakan setiap manajer yang akan melakukan pengawasan adalah
1)   membuat kualitas produk menjadi standar
2)   membatasi otoritas yang berlebihan
3)   mengukur kemampuan karyawan menangani pekerjaan

59.   Ciri-ciri penyelia (supervisor) yang berhasil
1)   tetap bersikap positif dalam keadaan ter-tekan
2)   menyediakan waktu untuk mendidik karyawan tentang hal yang mereka pahami
3)   tidak membentuk usaha kelompok kerja

60.   Tugas seorang supervisor menurut Jone Allan dapat dijabarkan pada bidang
1)   kepemimpinan
2)   komunikasi
3)   latihan

No comments:

Post a Comment