TUGAS MANDIRI
SOSIOLOGI KONSUMSI
(SOSI4405)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 29, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Jika Anda sedang memperbaiki radio yang rusak
di teras rumah, kemudian tanpa bermaksud apa-apa bersiul menyenandungkan lagu.
Tindakan Anda ini termasuk ....
A. tindakan sosial
B. tindakan individu
C. tindakan sosial
D. tindakan spontan
2. Faktor-faktor lingkungan atau faktor luar
individu yang dapat membuat pola konsumsi berbeda diantara individu-individu
adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. status sosial seseorang
B. pengalaman seseorang
C. keluarga dan rumah tangga
D. kelompok referensi
3. Undang-undang lalu-lintas yang berlaku pada
saat ini mewajibkan kepada setiap pengendara motor untuk mengenakan helm.
Sehingga hampir setiap orang yang mengendarai sepeda motor memakai atau
mengenakan helm. Keadaan demikian termasuk ....
A. tindakan sosial
B. fakta sosial
C. realitas sosial
D. perilaku sosial
4. Jika saat ini di kalangan pemuda sedang
‘trend’ potongan rambut pendek, kemudian Anda memotong rambut dengan potongan
pendek seperti lainnya. Maka keadaan seperti ini disebut realitas ....
A. individu
B. kelompok
C. sosial
D. masyarakat
5. Berikut ini adalah kegiatan konsumsi, kecuali
....
A. membaca surat kabar di pagi hari
B. minum kopi susu
C. memperbaiki radio sendiri
D. mendengarkan alunan lagu
6. Kegiatan konsumsi yang bersifat produktif adalah sebagai berikut, kecuali
....
A. Pak Gugun membeli kulit untuk membuat sepatu
B. Pak Robert membeli kain untuk keperluan
pabrik garmennya
C. Pak Santoso yang sedang berekreasi bersama
keluarga di Pantai Anyer
D. Pak Kino memberi cat untuk keperluan bengkel
cat mobilnya
7. Kegiatan berikut ini yang termasuk kegiatan
konsumsi adalah ...
A. Suatu pabrik Tahu yang sedang beroperasi
B. Pembuat mebel yang sedang mengolah kayu
C. Pak Truno yang sedang membaca koran pagi
D. Pak Amir yang sedang memperbaiki genting
rumah yang bocor
8. Telepon genggam (Hand Phone) saat ini merupakan simbol prestise bagi kalangan
eksekutif muda. Keadaan yang demikian bisa disebut realitas ....
A. kelompok
B. masyarakat
C. golongan
D. sosial
9. Semula Anda adalah perokok, setelah Anda
bergaul dalam lingkungan yang tidak merokok, Anda kemudian ikut tidak merokok,
bahkan berhenti dari kegiatan merokok. Berhentinya Anda dari kebiasaan merokok
dipengaruhi oleh situasi ....
A. pembelian
B. pemakaian
C. pengalaman
D. kebiasaan
10. Seseorang menonton sebuah konser musik
komposer idolanya. Orang tersebut kemudian berperilaku, berpakaian dan bergaya
seperti yang dilakukan komposer idolanya itu. Dalam konteks budaya, perilaku
orang tersebut dipengaruhi oleh ....
A. kelompok
B. pribadi orang lain
C. situasi
D. kelas sosial
11. Faktor eksternal yang mendorong individu dalam melakukan kegiatan
konsumsi adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. lingkungan
B. budaya
C. pengetahuan
D. keluarga
12. Faktor internal yang mempengaruhi perilaku setiap individu dalam
berkonsumsi meliputi faktor-faktor ....
A. kemampuan, keuangan dan pendidikan
B. sumber daya, motivasi dan pengetahuan
C. kemampuan, kemauan dan pengetahuan
D. pendidikan, kemampuan dan motivasi
13. Sosiologi adalah studi tentang kelompok-kelompok manusia, terutama
yang berhubungan dengan faktor-faktor sosial dan pola-pola hubungan timbal
balik antar manusia. Definisi tersebut dikemukakan oleh ....
A. Manase Malo
B. Tony S. Watson
C. James F. Engel
D. John M. Shepard
14. Pernyataan-pernyataan yang salah tentang sosiologi konsumsi adalah
....
A. Sosiologi adalah proses yang terjadi untuk mengembangkan nilai,
motivasi dan kegiatan-kegiatan kebiasaan atau tradisi.
B. Proses sosialisasi hanya terjadi pada orang dewasa dan tidak
terjadi pada anak-anak apalagi bayi.
C. Proses sosialisasi produk menyebabkan orang menggunakan
nilai-nilai yang mempengaruhi konsumsi misalnya
sifat hemat, kejujuran dan ambisi.
D. Para pemasar, akhir-akhir ini, mulai mempertimbangkan sosialisasi
konsumen yang meliputi pemerolehan kognisi dan perilaku yang berhubungan dengan
konsumsi
15. Perilaku individu yang berhubungan dengan rangsangan lingkungan
tertentu merupakan data empiris yang nyata mengenai kenyataan sosial.
pernyataan di atas merupakan pemikiran dari paradigma ....
A. perilaku sosial
B. fakta sosial
C. definisi sosial
D. pengetahuan sosial
16. Untuk memahami cara berpikir dan bertingkah laku seseorang,
sosiolog harus memahami ....
A. struktur sosial dalam kehidupan masyarakat tempat orang tersebut
bermasyarakat
B. latar belakang pendidikan orang tersebut
C. cara-cara berkonsumsi orang tersebut
D. adat dan kebiasaan seseorang
17. Menurut Gilbert dan Kahl, variabel ekonomi, variabel interaksi
sosial, variabel asosiasi, variabel sosialisasi, variabel politik, variabel
pemilikan, variabel orientasi nilai, variabel kesadaran kelas, dan variabel
mobilitas dan suksesi adalah sejumlah variabel yang sangat penting untuk
diperhatikan dalam penelitian menyangkut salah satu topik berikut, yaitu ....
A. status sosial
B. kelas sosial
C. institusi sosial
D. identitas sosial
18. Definisi berikut yang mengacu pada kelompok status sosial menurut
Weber adalah ....
A. pengelompokkan orang yang sama dalam perilaku mereka berdasarkan
posisi ekonomi mereka dalam pasar
B. kekuasaan dan kehormatan yang diberikan kepada orang media, atlit
profesional dan organisasi
C. cerminan harapan komunitas akan gaya hidup dan estimasi sosial
mengenai kehormatan yang diberikan kepada masing-masing kelas sosial
D. proses anak-anak mewarisi posisi kelas sosial orang tua mereka
19. Penelitian yang dilakukan oleh Belk dan kawan-kawan menyangkut
salah satu hal berikut ....
A. tindakan konsumsi
B. cara pemerolehan produk konsumsi
C. konsumsi sakral dan konsumsi sekuler
D. budaya memberi makna pada produk
20. Pernyataan yang menunjukkan bahwa konsumen sakral di dalam media
biasanya terlibat dalam karier produktif atau alamiah ketimbang manajemen
adalah ....
A. Tokoh wanita konsumen sakral digambarkan mengenakan busana yang
mahal dan mantel bulu, perhiasan dan make up , dan potongan rambut yang sangat
bergaya.
B. Tokoh wanita konsumen sakral digambarkan mengenakan pakaian yang
sederhana dan ringkas dari bahan alamiah dan murah.
C. Tokoh pria konsumen sakral digambarkan selalu mengenakan setelan
bisnis yang konservatif, rambut dipangkas rapih, mengenakan jas dan dasi hitam
yang mencerminkan komitmen terhadap kapitalisme dan manajemen teknologi.
D. Tokoh pria konsumen sakral dalam film seri “Dallas” digambarkan
oleh Cliff Barnes.
21. Keluarga Anda berusaha untuk membeli sebuah rumah mewah di kawasan
elite di kota Anda dan kemudian bermukim di kawasan itu. Keputusan pemilikan
ini mengacu pada ....
A. status sosial
B. identitas sosial
C. institusi sosial
D. kelas sosial
22. Variabel yang paling memberi dampak pada keputusan pembelian dan
yang paling menarik bagi pemasar adalah berikut ini, kecuali ....
A. usia kepala rumah tangga/keluarga
B. status perkawinan
C. kehadiran anak
D. pendidikan kepala keluarga
23. Anak dalam keluarga dapat menyebabkan penurunan permintaan akan
jenis produk ....
A. perjalanan
B. pakaian anak-anak
C. alat mainan
D. perawatan kesehatan
24. Studi tentang pengaruh suami-istri dalam pengambilan keputusan
pembelian keluarga pernah dilakukan oleh Harry Davis dan Benny Rrigaux,
kemudian diperbaharui oleh ....
A. Mandy Putnam dan William R. Davitson
B. Bobby Calder dan Robert Brunkrant
C. Miniard dan Cohen
D. Paul F. Lazarfeld dan Robert K. Merton
25. Asosiasi profesional seperti Ikatan Dokter Indonesia , PGRI,
Asosiasi arsitek Indonesia dan sebagainya, adalah termasuk kelompok ....
A. primer
B. sekunder
C. aspiratif
D. disosiatif
26. Kelompok acuan juga dapat melaksanakan fungsi nilai ekspresif di
mana suatu kebutuhan akan hubungan psikologis dengan satu kelompok nampak jelas
dengan penemuan berikut ini, kecuali ....
A. norma
B. nilai
C. perilaku kelompok
D. perilaku pribadi
27. Menurut Maslow, bila kelangsungan hidup dipertaruhkan, maka
kebutuhan tentang fisiologi dapat dipenuhi ....
A. setelah kebutuhan yang lain
B. sebelum kebutuhan yang lain
C. sebelum kebutuhan fisiologis
D. setelah kebutuhan fisiologis
28. Faktor utama yang mempengaruhi keputusan konsumen sehubungan
dengan produk dan moral adalah berkaitan dengan jumlah sumber daya ....
A. ekonomi
B. manusia
C. politik
D. alam
29. Pemasaran tradisional adalah pemasaran yang ....
A. melibatkan pertukaran sesuatu yang bernilai yang diberikan oleh
pelanggan untuk sesuatu yang bernilai yang diterima oleh penjual
B. konsumennya mungkin menukar uang dengan produk
C. konsumen menukar waktu mereka sebagai sukarelawan/sumbangan uang
D. konsumen dipaksa/ditentukan dalam sumber daya yang tersedia yang
ditukar dengan barang/jasa yang di jual oleh organisasi
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 30 SAMPAI
37, PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
30. Individu melakukan kegiatan karena didorong oleh rangsangan
internal atau motivasi,
sebab
motivasi
mendorong setiap orang untuk mengkonsumsi suatu barang dengan sumber daya yang
dimilikinya.
31. Setiap individu memiliki keunikan dan realitas yang berbeda dengan
individu lainnya,
sebab
setiap
individu memiliki pola pikir, hasrat, kemauan, perasaan dan nafsu yang selalu
berbeda dengan individu lainnya.
32. Paradigma dalam sosiologi menyangkut proses subjektif psikologis
yang dialami dalam setiap proses tindakan sosial individu,
sebab
paradigma
hanya dapat dijelaskan melalui karakteristik yang dimiliki oleh setiap individu
dalam pergaulan di masyarakat.
33. Konsumsi adalah tindakan mempergunakan komoditas atau jasa untuk
memenuhi keinginan,
sebab
pola
dan sikap individu dalam kegiatan konsumsi ditentukan oleh struktur dan pranata
sosial tempat individu bermasyarakat.
34. Konsep diri memiliki pengaruh langsung atas nilai, gagasan, tujuan
dan sasaran,
sebab
konsep
diri terdiri dari persepsi kemampuan dan karakteristik suatu persepsi diri
sendiri dalam hubungannya dengan lingkungan eksternal.
35. Perilaku konsumen mengenai sumber daya yang tersedia, atau apa
yang tersedia pada masa datang juga penting dalam keputusan pembelanjaan,
sebab
keputusan
konsumen sehubungan dengan produk dan merek sangat dipengaruhi oleh jumlah
sumber daya ekonomi yang mereka punyai, baik pada saat ini maupun masa
mendatang.
36. Rumah tangga menjadi unit analisis yang penting bagi pemasar,
sebab
rumah
tangga mempunyai pertumbuhan yang pesat di dalam masyarakat tradisional dan
masyarakat modern.
37. Teori “menetes” dengan adanya mode dan gaya jarang menjadi
kenyataan di negara maju,
sebab
mode,
baru disebarluaskan dalam semalam melalui media masa dan cepat ditiru atas
dasar barang dagangan secara massal.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 38
SAMPAI 45, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
38. Menurut james F. Engel, indikator kelas sosial dapat ditentukan
melalui variabel ....
1) ekonomi
2) politik
3) interaksi
39. Faktor individual yang mendorong kegiatan konsumsi setiap orang
menurut James F. Engel meliputi ....
1) sumber daya dan motivasi
2) pengetahuan dan sikap
3) demografi, kepribadian dan gaya hidup
40. Pranata sosial yang terwujud kebudayaan, menurut Peter Blau
merupakan faktor sosial tipe ....
1) nilai-nilai umum
2) norma
3) ideasional
41. Dalam sosiologi kita mengenal paradigma ....
1) fakta sosial
2) definisi sosial
3) perilaku sosial
42. Kelompok acuan dapat menjadi perspektif penentu mengenai bagaimana
seseorang berpikir atau berperilaku dengan memberikan ....
1) standard (norma)
2) pengembangan
3) nilai
43. Tantangan pemasar adalah ....
1) mendapatkan pengaruh
2) mendesain yang dapat meningkatkan motivasi
3) memuaskan kebutuhan yang
dirasakan konsumen
44. Pemasar, terutama bersaing untuk mendapatkan sesuatu dari
konsumen, berupa ....
1) uang
2) waktu
3) perhatian
45. Sumber daya konsumen yang utama adalah ....
1) ekonomi
2) temporal
3) kognitif
No comments:
Post a Comment