Cloud Hosting Indonesia

11 June, 2014

Soal Sosiologi Konsumsi



TUGAS MANDIRI
SOSIOLOGI KONSUMSI
(SOSI4405)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 29,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Jika Anda sedang memperbaiki radio yang rusak di teras rumah, kemudian tanpa bermaksud apa-apa bersiul menyenandungkan lagu. Tindakan Anda ini termasuk ....          
A.   tindakan sosial
B.   tindakan individu
C.   tindakan sosial
D.   tindakan spontan

2.   Faktor-faktor lingkungan atau faktor luar individu yang dapat membuat pola konsumsi berbeda diantara individu-individu adalah sebagai berikut, kecuali ....      
A.   status sosial seseorang
B.   pengalaman seseorang
C.   keluarga dan rumah tangga
D.   kelompok referensi
     
3.   Undang-undang lalu-lintas yang berlaku pada saat ini mewajibkan kepada setiap pengendara motor untuk mengenakan helm. Sehingga hampir setiap orang yang mengendarai sepeda motor memakai atau mengenakan helm. Keadaan demikian termasuk ....
A.   tindakan sosial
B.   fakta sosial
C.   realitas sosial
D.   perilaku sosial

4.   Jika saat ini di kalangan pemuda sedang ‘trend’ potongan rambut pendek, kemudian Anda memotong rambut dengan potongan pendek seperti lainnya. Maka keadaan seperti ini disebut realitas ....
A.   individu
B.   kelompok
C.   sosial
D.   masyarakat

5.   Berikut ini adalah kegiatan konsumsi, kecuali ....
A.   membaca surat kabar di pagi hari
B.   minum kopi susu
C.   memperbaiki radio sendiri
D.   mendengarkan alunan lagu

6.   Kegiatan konsumsi yang  bersifat produktif adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   Pak Gugun membeli kulit untuk membuat sepatu
B.   Pak Robert membeli kain untuk keperluan pabrik garmennya
C.   Pak Santoso yang sedang berekreasi bersama keluarga di Pantai Anyer
D.   Pak Kino memberi cat untuk keperluan bengkel cat mobilnya

7.   Kegiatan berikut ini yang termasuk kegiatan konsumsi adalah ...
A.   Suatu pabrik Tahu yang sedang beroperasi
B.   Pembuat mebel yang sedang mengolah kayu
C.   Pak Truno yang sedang membaca koran pagi
D.   Pak Amir yang sedang memperbaiki genting rumah yang bocor

8.   Telepon genggam (Hand Phone) saat ini merupakan simbol prestise bagi kalangan eksekutif muda. Keadaan yang demikian bisa disebut realitas ....
A.   kelompok
B.   masyarakat
C.   golongan
D.   sosial

9.   Semula Anda adalah perokok, setelah Anda bergaul dalam lingkungan yang tidak merokok, Anda kemudian ikut tidak merokok, bahkan berhenti dari kegiatan merokok. Berhentinya Anda dari kebiasaan merokok dipengaruhi oleh situasi ....
A.   pembelian
B.   pemakaian
C.   pengalaman
D.   kebiasaan

10.   Seseorang menonton sebuah konser musik komposer idolanya. Orang tersebut kemudian berperilaku, berpakaian dan bergaya seperti yang dilakukan komposer idolanya itu. Dalam konteks budaya, perilaku orang tersebut dipengaruhi oleh ....
A.   kelompok
B.   pribadi orang lain
C.   situasi
D.   kelas sosial

11.   Faktor eksternal yang mendorong individu dalam melakukan kegiatan konsumsi adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   lingkungan
B.   budaya
C.   pengetahuan
D.   keluarga

12.   Faktor internal yang mempengaruhi perilaku setiap individu dalam berkonsumsi meliputi faktor-faktor ....
A.   kemampuan, keuangan dan pendidikan
B.   sumber daya, motivasi dan pengetahuan
C.   kemampuan, kemauan dan pengetahuan
D.   pendidikan, kemampuan dan motivasi

13.   Sosiologi adalah studi tentang kelompok-kelompok manusia, terutama yang berhubungan dengan faktor-faktor sosial dan pola-pola hubungan timbal balik antar manusia. Definisi tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Manase Malo
B.   Tony S. Watson
C.   James F. Engel
D.   John M. Shepard

14.   Pernyataan-pernyataan yang salah tentang sosiologi konsumsi adalah ....
A.   Sosiologi adalah proses yang terjadi untuk mengembangkan nilai, motivasi dan kegiatan-kegiatan kebiasaan atau tradisi.
B.   Proses sosialisasi hanya terjadi pada orang dewasa dan tidak terjadi pada anak-anak apalagi bayi.
C.   Proses sosialisasi produk menyebabkan orang menggunakan nilai-nilai yang mempengaruhi konsumsi misalnya  sifat hemat, kejujuran dan ambisi.
D.   Para pemasar, akhir-akhir ini, mulai mempertimbangkan sosialisasi konsumen yang meliputi pemerolehan kognisi dan perilaku yang berhubungan dengan konsumsi

15.   Perilaku individu yang berhubungan dengan rangsangan lingkungan tertentu merupakan data empiris yang nyata mengenai kenyataan sosial. pernyataan di atas merupakan pemikiran dari paradigma ....
A.   perilaku sosial
B.   fakta sosial
C.   definisi sosial
D.   pengetahuan sosial

16.   Untuk memahami cara berpikir dan bertingkah laku seseorang, sosiolog harus memahami ....
A.   struktur sosial dalam kehidupan masyarakat tempat orang tersebut bermasyarakat
B.   latar belakang pendidikan orang tersebut
C.   cara-cara berkonsumsi orang tersebut
D.   adat dan kebiasaan seseorang

17.   Menurut Gilbert dan Kahl, variabel ekonomi, variabel interaksi sosial, variabel asosiasi, variabel sosialisasi, variabel politik, variabel pemilikan, variabel orientasi nilai, variabel kesadaran kelas, dan variabel mobilitas dan suksesi adalah sejumlah variabel yang sangat penting untuk diperhatikan dalam penelitian menyangkut salah satu topik berikut, yaitu ....
A.   status sosial
B.   kelas sosial
C.   institusi sosial
D.   identitas sosial

18.   Definisi berikut yang mengacu pada kelompok status sosial menurut Weber adalah  ....
A.   pengelompokkan orang yang sama dalam perilaku mereka berdasarkan posisi ekonomi mereka dalam pasar
B.   kekuasaan dan kehormatan yang diberikan kepada orang media, atlit profesional dan organisasi
C.   cerminan harapan komunitas akan gaya hidup dan estimasi sosial mengenai kehormatan yang diberikan kepada masing-masing kelas sosial
D.   proses anak-anak mewarisi posisi kelas sosial orang tua mereka

19.   Penelitian yang dilakukan oleh Belk dan kawan-kawan menyangkut salah satu hal berikut ....
A.   tindakan konsumsi
B.   cara pemerolehan produk konsumsi
C.   konsumsi sakral dan konsumsi sekuler
D.   budaya memberi makna pada produk


20.   Pernyataan yang menunjukkan bahwa konsumen sakral di dalam media biasanya terlibat dalam karier produktif atau alamiah ketimbang manajemen adalah ....
A.   Tokoh wanita konsumen sakral digambarkan mengenakan busana yang mahal dan mantel bulu, perhiasan dan make up , dan potongan rambut yang sangat bergaya.
B.   Tokoh wanita konsumen sakral digambarkan mengenakan pakaian yang sederhana dan ringkas dari bahan alamiah dan murah.
C.   Tokoh pria konsumen sakral digambarkan selalu mengenakan setelan bisnis yang konservatif, rambut dipangkas rapih, mengenakan jas dan dasi hitam yang mencerminkan komitmen terhadap kapitalisme dan manajemen teknologi.
D.   Tokoh pria konsumen sakral dalam film seri “Dallas” digambarkan oleh Cliff Barnes.

21.   Keluarga Anda berusaha untuk membeli sebuah rumah mewah di kawasan elite di kota Anda dan kemudian bermukim di kawasan itu. Keputusan pemilikan ini mengacu pada ....
A.   status sosial
B.   identitas sosial
C.   institusi sosial
D.   kelas sosial

22.   Variabel yang paling memberi dampak pada keputusan pembelian dan yang paling menarik bagi pemasar adalah berikut ini, kecuali ....
A.   usia kepala rumah tangga/keluarga
B.   status perkawinan
C.   kehadiran anak
D.   pendidikan kepala keluarga

23.   Anak dalam keluarga dapat menyebabkan penurunan permintaan akan jenis produk ....
A.   perjalanan
B.   pakaian anak-anak
C.   alat mainan
D.   perawatan kesehatan

24.   Studi tentang pengaruh suami-istri dalam pengambilan keputusan pembelian keluarga pernah dilakukan oleh Harry Davis dan Benny Rrigaux, kemudian diperbaharui oleh ....
A.   Mandy Putnam dan William R. Davitson
B.   Bobby Calder dan Robert Brunkrant
C.   Miniard dan Cohen
D.   Paul F. Lazarfeld dan Robert K. Merton

25.   Asosiasi profesional seperti Ikatan Dokter Indonesia , PGRI, Asosiasi arsitek Indonesia dan sebagainya, adalah termasuk kelompok ....
A.   primer
B.   sekunder
C.   aspiratif
D.   disosiatif

26.   Kelompok acuan juga dapat melaksanakan fungsi nilai ekspresif di mana suatu kebutuhan akan hubungan psikologis dengan satu kelompok nampak jelas dengan penemuan berikut ini, kecuali ....
A.   norma
B.   nilai
C.   perilaku kelompok
D.   perilaku pribadi

27.   Menurut Maslow, bila kelangsungan hidup dipertaruhkan, maka kebutuhan tentang fisiologi dapat dipenuhi ....
A.   setelah kebutuhan yang lain
B.   sebelum kebutuhan yang lain
C.   sebelum kebutuhan fisiologis
D.   setelah kebutuhan fisiologis

28.   Faktor utama yang mempengaruhi keputusan konsumen sehubungan dengan produk dan moral adalah berkaitan dengan jumlah sumber daya ....
A.   ekonomi
B.   manusia
C.   politik
D.   alam

29.   Pemasaran tradisional adalah pemasaran yang ....
A.   melibatkan pertukaran sesuatu yang bernilai yang diberikan oleh pelanggan untuk sesuatu yang bernilai yang diterima oleh penjual
B.   konsumennya mungkin menukar uang dengan produk
C.   konsumen menukar waktu mereka sebagai sukarelawan/sumbangan uang
D.   konsumen dipaksa/ditentukan dalam sumber daya yang tersedia yang ditukar dengan barang/jasa yang di jual oleh organisasi

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 30  SAMPAI   37,   PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

30.   Individu melakukan kegiatan karena didorong oleh rangsangan internal atau motivasi,
sebab                       
motivasi mendorong setiap orang untuk mengkonsumsi suatu barang dengan sumber daya yang dimilikinya.

31.   Setiap individu memiliki keunikan dan realitas yang berbeda dengan individu lainnya,
sebab                       
setiap individu memiliki pola pikir, hasrat, kemauan, perasaan dan nafsu yang selalu berbeda dengan individu lainnya.

32.   Paradigma dalam sosiologi menyangkut proses subjektif psikologis yang dialami dalam setiap proses tindakan sosial individu,
sebab                       
paradigma hanya dapat dijelaskan melalui karakteristik yang dimiliki oleh setiap individu dalam pergaulan di masyarakat.

33.   Konsumsi adalah tindakan mempergunakan komoditas atau jasa untuk memenuhi keinginan,
sebab                       
pola dan sikap individu dalam kegiatan konsumsi ditentukan oleh struktur dan pranata sosial tempat individu bermasyarakat.

34.   Konsep diri memiliki pengaruh langsung atas nilai, gagasan, tujuan dan sasaran,
sebab                       
konsep diri terdiri dari persepsi kemampuan dan karakteristik suatu persepsi diri sendiri dalam hubungannya dengan lingkungan eksternal.

35.   Perilaku konsumen mengenai sumber daya yang tersedia, atau apa yang tersedia pada masa datang juga penting dalam keputusan pembelanjaan,
sebab                       


keputusan konsumen sehubungan dengan produk dan merek sangat dipengaruhi oleh jumlah sumber daya ekonomi yang mereka punyai, baik pada saat ini maupun masa mendatang.

36.   Rumah tangga menjadi unit analisis yang penting bagi pemasar,
sebab                       
rumah tangga mempunyai pertumbuhan yang pesat di dalam masyarakat tradisional dan masyarakat modern.

37.   Teori “menetes” dengan adanya mode dan gaya jarang menjadi kenyataan di negara maju,
sebab                       
mode, baru disebarluaskan dalam semalam melalui media masa dan cepat ditiru atas dasar barang dagangan secara massal.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   38   SAMPAI   45,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
38.   Menurut james F. Engel, indikator kelas sosial dapat ditentukan melalui variabel ....
1)   ekonomi
2)   politik
3)   interaksi

39.   Faktor individual yang mendorong kegiatan konsumsi setiap orang menurut James F. Engel meliputi ....
1)   sumber daya dan motivasi
2)   pengetahuan dan sikap
3)   demografi, kepribadian dan gaya hidup

40.   Pranata sosial yang terwujud kebudayaan, menurut Peter Blau merupakan faktor sosial tipe ....
1)   nilai-nilai umum
2)   norma
3)   ideasional

41.   Dalam sosiologi kita mengenal paradigma ....
1)   fakta sosial
2)   definisi sosial
3)   perilaku sosial

42.   Kelompok acuan dapat menjadi perspektif penentu mengenai bagaimana seseorang berpikir atau berperilaku dengan memberikan ....
1)   standard (norma)
2)   pengembangan
3)   nilai

43.   Tantangan pemasar adalah ....
1)   mendapatkan pengaruh
2)   mendesain yang dapat meningkatkan motivasi
3)   memuaskan kebutuhan  yang dirasakan konsumen

44.   Pemasar, terutama bersaing untuk mendapatkan sesuatu dari konsumen, berupa  ....
1)   uang
2)   waktu
3)   perhatian

45.   Sumber daya konsumen yang utama adalah ....
1)   ekonomi
2)   temporal
3)   kognitif

No comments:

Post a Comment