LATIHAN MANDIRI
TEORI BELAJAR
BAHASA
(PBIN4103)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 50, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Pemerolehan
bahasa pertama anak menurut pengertian pertama dikatakan sebagai pemerolehan
bahasa yang diperoleh secara ....
A. mendadak
B. gradual
C. kognitif
D. sosial
2. Tokoh yang
mengatakan bahwa proses pemerolehan bahasa anak dikatakan mempunyai beberapa
ciri, antara lain ciri kesinambungan memiliki suatu rangkaian kesatuan yang
bergerak dari ucapan satu kata sederhana menuju gabungan kata yang lebih rumit
adalah ....
A. Mc. Graw
B. Garcia
C. Klein
D. Lenneberg
3. Kesanggupan untuk
berkomunikasi dengan bahasa secara khusus itu tidak ada hubungannya dengan IQ
manusia. Pengertian ini adalah pendapat ahli yang bernama ....
A. Klein
B. Mc. Graw
C. Lenneberg
D. Steinberg
4. Jika anak dalam
pemerolehan bahasa pertama dapat menghasilkan ucapan yang berdasar pada tata
bahasa yang teratur rapi, berarti ia ....
A. telah menguasai bahasa dengan
baik
B. belum secara otomatis
mengimplikasikan bahwa anak telah menguasai bahasa
C. telah menguasai kategori-kategori
kognitif
D. telah menguasai dasar-dasar
makna ekspresif bahasa alamiah
5. Kemampuan
berbahasa seorang anak secara baik mempunyai hubungan yang sangat erat dengan
hal-hal di bawah ini, kecuali ....
A. perkembangan sosial anak
B. perkembangan IQ
C. perolehan nilai-nilai dan moral
D. pembentukan identitas sosial
6. Apabila seorang anak menggunakan
bahasa yang bentuknya tidak bisa diterima anggota masyarakat, maka ia tidak
boleh mengungkapkannya secara gamblang. Hal
tersebut dapat diungkapkan melalui bahasa ....
A. formal
B. khusus
C. asing
D. pergaulan
7. Seorang anak
mulai mengenal komunikasi dengan orang lain atau lingkungannya secara verbal.
Peristiwa tersebut dapat dikategorikan sebagai ....
A. perkembangan bahasa
B. komunikasi bahasa
C. sosialisasi bahasa
D. pemerolehan bahasa
8. Kemampuan
berbahasa anak normal sama dengan anak-anak yang cacat, pendapat ini tidak
menunjukkan bahwa ....
A. kelambatan berbahasa berarti
kekurang-cerdasan anak
B. kecepatan berbahasa anak berarti
kecerdasan anak
C. pandai berbahasa berarti
mempunyai IQ yang tinggi
D. anak yang cacat berarti anak yang
lambat berbahasa
9. Tokoh yang
mengemukakan bahwa kemampuan berbahasa anak normal dengan anak-anak yang cacat
tidak berbeda adalah ....
A. Gercia
B. Mc. Graw
C. Lenneberg
D. Klein
10. Alur
pengembangan pikiran dan bahasa anak adalah sebagai berikut ....
A. rangsangan penanggapan ® sistem pikiran
B. rangsangan bahasa ® sistem pikiran ® sistem bahasa
C. sistem pikiran ® sistem bahasa
D. rangsangan penanggapan ® sistem bahasa
11. Bahasa tidak dapat diajarkan pada makhluk
lain. Hal tersebut adalah pernyataan yang berkaitan dengan ....
A. bukti bahwa kemampuan berbahasa anak yang
normal sama dengan anak yang cacat
B. kemampuan berbahasa anak mempunyai yang besar
dengan IQ
C. kecerdasan manusia
D. perkembangan sosial anak
12. Perkembangan pemerolehan bunyi bergerak dari
pembuatan bunyi menuju ke arah pembuatan pengertian. Periode ini termasuk dalam
....
A. periode prameraban
B. periode meraban
C. ujaran kombinatori
D. periode prasekolah
13. Suatu pedoman yang berbunyi “hasilkanlah
ujaran dan lihatlah bagaimana orang lain memberi responsi” adalah strategi
pemeroleh-an bahasa. Strategi tersebut adalah ....
A. meniru
B. produktivitas
C. produktif
D. prinsip operasi
14. Imitasi spontan atau spontaneaus imitation adalah salah satu ragam imitasi yang terjadi
pada strategi ....
A. produktivitas
B. meniru
C. produktif
D. prinsip operasi
15. Pemikiran yang dikembangkan oleh Slobin ialah
strategi yang menggunakan prinsip ....
A. tirulah apa yang dikatakan orang lain
B. buatlah sebanyak mungkin dengan bekal yang
telah Anda miliki
C. gunakan beberapa prinsip operasi umum untuk
memikirkan serta menetapkan bahasa
D. hasilkanlah ujaran dan lihatlah bagaimana
orang lain memberi responsi
16. Strategi yang menggunakan pedoman
“hasilkanlah ujaran dan lihatlah bagaimana orang lain memberi responsi” adalah
strategi yang dicoba oleh ....
A. Nelson
B. Slobin
C. Snow
D. Nababan
17. Anak: “Minum.”
Ibu : “O, minta minum”
Anak:
“Adik minta susu”.
Ibu : “Ya, minum susu, ayo minum”.
Contoh di atas adalah
sebuah percakapan anak dan ibunya. Ibu memberikan
umpan-balik pada sang anak.
Dialog tersebut adalah merupakan praktik strategi ....
A. meniru
B. produktivitas
C. produktif
D. prinsip operasi
18. Strategi pemerolehan bahasa pertama
berpedoman pada prinsip ....
A. buatlah sebanyak mungkin dengan bekal yang
telah Anda miliki
B. tirulah apa yang dikatakan orang lain
C. hasilkanlah ujaran dan lihatlah bagaimana
orang lain memberi responsi
D. gunakan beberapa prinsip operasi ulang untuk
memberikan dan menetapkan bahasa
19. Perbedaan strategi produktivitas dan strategi
produktif adalah seperti di bawah ini, kecuali ....
A. dalam pedoman
B. cara perolehan bahasa
C. sama-sama menghasilkan
D. dalam praktik perolehan bahasa
20. Seorang pendatang dari Amerika dan menetap di
Indonesia akan cepat menguasai bahasa Indonesia karena berinteraksi dengan
penduduk asli Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan salah satu teori
pemerolehan bahasa kedua yang dikemukakan oleh ....
A. Skinner
B. Noam Chomsky
C. Krashen dan Tarrel
D. Jean Peaget
21. B.F. Skinner adalah seorang ahli teori
pemerolehan bahasa dari aliran ....
A. Nativisme
B. Behavioritis
C. Kognitif
D. Noam Chom
22. Bayi yang baru lahir sampai usia 18 bulan menurut J. Peaget belum
berbahasa karena alasan berikut, kecuali ....
A. masih berada pada tahap sensori motor
B. belum dapat menggunakan lambang-lambang
C. perkembangan kognitif harus tercapai lebih
dahulu
D. bahasa adalah ciri alami
23. Kosakata, mofologi, sintaksis, dan fonologi
adalah ciri khusus untuk ....
A. membedakan struktur dalam semua bahasa
B. membedakan inti bahasa
C. membedakan bahasa yang satu dengan bahasa
yang lain
D. membedakan komponen untuk perkem-bangan
bahasa
24. Jika pada usia 3 - 4 tahun pemerolehan bahasa
A dan B positif, dapat merupakan contoh perolehan ....
A. PB1 ekabahasa
B. PB1 dwibahasa
C. PB2 anak
D. PB2 dewasa
25. Dalam pemerolehan bahasa pertama, pemerolehan
lafal dilakukan tanpa kesalahan, sedangkan dalam pemerolehan bahasa kedua
jarang ditemui lafal pelajar yang sama dengan penutur asli. Hal tersebut adalah
hipotesis yang berkenaan dengan hubungan pemerolehan bahasa pertama dan kedua
menurut ....
A. Klein
B. Krashen
C. Nelson
D. Chomsky
26. Permulaan pemerolehan bahasa pertama seorang
anak terjadi pada masa ....
A. bayi baru lahir
B. 10 bulan
C. 1 - 2 tahun
D. 3 - 4 tahun
27. Salah satu ciri yang membedakan bahasa yang
satu dengan bahasa yang lain adalah keseluruhan ....
A. morfologi
B. perkembangan bahasa
C. semantik
D. struktur
28. Strategi pertama dalam pemerolehan bahasa
kedua yang berlangsung pada tahap umum menyatakan bahwa panjang ucapan anak
kecil merupakan indikator perkembangan bahasa yang lebih baik. Strategi ini
mempunyai prinsip ....
A. gunakanlah apa saja atau segala sesuatu yang
penting, yang menonjol dan menarik hati Anda
B. gunakanlah pemahaman nonlinguistik Anda
sebagai dasar untuk penetapan atau pemikiran bahasa
C. anggaplah bahwa bahasa dipakai secara
“referensial” atau ekspresif dengan menggunakan data bahasa
D. amatilah bagaimana caranya orang lain
mengekspresikan berbagai makna, siasat pemahaman, atau strategi komprehensi
29. Yang dimaksud dengan kelompok referensial
dalam strategi menggunakan data bahasa adalah ....
A. anak-anak yang memiliki 50 kata pertama
secara proposional mencakup lebih banyak kata yang dipakai dalam ekspresi
sosial
B. anak-anak yang memiliki 50 kata pertamanya
mencakup proposi nomina umum yang tinggi dan penamaan objek-objek
C. anak-anak yang memiliki 40 kata pertama
secara kurang proporsional
D. anak-anak yang memiliki 40 kata pertamanya
untuk pergaulan
30. Yang dimaksud dengan fungsi regulasi adalah
fungsi yang berkaitan dengan ....
A. pengelolaan lingkungan, mengkomuni-kasikan
tindak
B. pernyataan, menjelaskan, dan melapor-kan
C. pengaturan, pengendalian peristiwa, penentuan
hukum, dan kaidah
D. komunikasi sosial
31. Kalimat “kemarin saya pergi” adalah contoh
salah satu fungsi bahasa yang berkenaan dengan pernyataan, menjelaskan, dan
melaporkan. Fungsi tersebut adalah fungsi ....
A. instrumental
B. regulasi
C. interaksi
D. representasi
32. Anak yang sedikit berbicara dan banyak
mengamati, bertindak selektif sebaiknya menggunakan strategi yang ....
A. kedua
B. ketiga
C. keempat
D. kelima
33. Sifat atau ciri-ciri perseptual dapat
bertindak sebagai basis-basis atau titik-titik vokal bagi anak-anak, misalnya
....
A. ukuran, bunyi, rasa
B. mobil, jam, sepeda
C. rumah, kunci, palu
D. topi, baju, kaus kaki
34. Fungsi yang berkaitan dengan daya cipta, imajinasi,
dan gagasan adalah fungsi ....
A. instrumental
B. imajinatif
C. personal
D. interaksi
35. Strategi yang dianggap paling unggul menurut
Nelson ialah strategi ....
A. produktif
B. kognitif
C. komprehensi
D. referensial
36. Pemerolehan satu bahasa atau monolingual acquistion adalah pemerolehan ditinjau dari segi ....
A. jumlah
B. urutan
C. keaslian
D. keserentakan
37. Pemerolehan dua bahasa sekaligus disebut
dengan istilah ....
A. Multibahasawan
B. Simultaneus acquisition
C. Successive acquisition
D. Native language acquisition
38. Beberapa hal yang mempengaruhi kegagalan pemerolehan bahasa kedua
dari komponen sikap adalah sebagai berikut sikap ....
A. meremehkan
B. menggampangkan
C. kurang percaya diri
D. berhati-hati
39. Long term memory adalah
istilah asing dalam hal ....
A. informasi yang diterima
B. memori yang paling dalam
C. memori jangka panjang
D. rangsangan yang masuk
40. Salah satu komponen dari jalan masuk dalam
proses pemerolehan bahasa adalah “jumlah masukan yang tersedia” yang artinya
sebagai berikut, kecuali ....
A. harus dapat membedakan variasi-variasi
tekanan suara
B. membedakan nada, intonasi
C. pengaruh bunyi bahasa yang didengar
D. memperkenalkan modifikasi-modifikasi ujaran
bahasa
41. Untuk belajar bahasa kedua, pembelajar harus
dapat membedakan variasi-variasi sebagai berikut ....
A. nada, tekanan suara, intonasi
B. morfologi, fonologi, sintaksis
C. bahasa, budaya sastra
D. permukaan, jangka panjang
42. Khasanah kosakata anak dapat diperoleh karena
melibatkan pemahamannya tentang, kecuali ....
A. siapa berbicara dengan siapa
B. di mana
C. kapan
D. bagaimana
43. Dalam belajar bahasa seseorang harus
mengandalkan kemampuan ....
A. menerka
B. berpikir
C. komunikasi
D. rangsangan
44. Bahasa adalah alat dasar untuk melakukan
kegiatan ....
A. olahraga
B. interaksi
C. berpikir
D. berbudaya
45. Jalan masuk atau acces dibutuhkan dalam ....
A. pemrosesan bahasa
B. komunikasi
C. informasi
D. pengayaan bahasa
46. Belajar tidak sengaja, berlangsung sejak
lalu, lingkungan keluarga sangat menentukan, banyak waktu untuk mencoba dan
berkomunikasi, adalah ciri-ciri belajar bahasa pertama menurut ....
A. Hamid
B. Pateda
C. Stern
D. Lenneberg
47. Pada proses belajar bahasa kedua terdapat
ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ....
A. belajar di sekolah
B. belajar disengaja
C. motivasi kurang kuat
D. banyak waktu
48. Yang dimaksud dengan strategi formal menurut
Stern ialah ....
A. strategi belajar positif
B. bagaimana mempelajari bahasa itu perlu
ditanamkan kepada siswa sebab pendidikan yang ditanamkan adalah pendidikan
bukan alamiah
C. menambah kosakata siswa dengan berbagai cara
misalnya dengan teka-teki
D. tidak hanya di kelas saja tetapi siswa juga
menggunakan bahasa dalam kehidupan nyata meskipun tanpa dipantau
49. Strategi yang tepat bila dihubungkan dengan
ciri pelajar yang baik adalah strategi ....
A. eksperimental
B. format
C. komunikasi
D. aktif
50. Kebanyakan penulis sependapat bahwa belajar
bahasa sebagian besar berdasarkan perkembangan ....
A. sosial
B. kognitif
C. motorik
D. biologis
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 51 SAMPAI 55,
PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA
PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA
PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU
PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA
PERNYATAAN SALAH!
51. Strategi kedua dalam pemerolehan bahasa
adalah strategi produktivitas,
sebab
strategi ini berarti keefisiensian dalam pemerolehan
bahasa.
52. Yang dimaksud dengan pemerolehan bahasa kedua
adalah proses pada saat seseorang memperoleh bahasa lain setelah ia dewasa,
sebab
bahasa kedua diperoleh setelah ia dewasa.
53. Bahasa kedua adalah bahasa yang dapat
digunakan untuk kepentingan politik, ekonomi, dan pendidikan,
sebab
bahasa kedua adalah bahasa yang mudah diperoleh.
54. Pemerolehan bahasa kedua diperoleh dengan
cara formal dan disengaja,
sebab
pemerolehan bahasa kedua secara alamiah atau spontan
adalah pemerolehan bahasa kedua yang terjadi dalam komunikasi sehari-hari dan
bebas dari pimpinan guru.
55. Perilaku bahasa adalah sesuatu yang
diturunkan,
sebab
menurut pandangan kaum nativisme, bahasa hanya dapat
dikuasai oleh manusia.
2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
56. Ragam atau jenis pemerolehan bahasa menurut
Tarigan dapa ditinjau dari lima sudut pandang di antaranya berdasarkan ....
1) bentuk
2) jumlah
3) tempat
57. Istilah lain dalam bahasa satu atau bahasa
pertama ialah ....
1) First language
2) Native language
3) Primary language
58. Bahasa yang diperoleh setelah pemerolehan bahasa pertama disebut
....
1) bahasa kedua
2) bahasa ibu
3) second language acquisition
59. Berikut ini yang merupakan pemerolehan bahasa ditinjau dari segi
media adalah bahasa ....
1) asli
2) lisan
3) tulis
60. Ditinjau dari segi bentuk, Klein membagi 3 perolehan bahasa yaitu
pemerolehan ....
1) bahasa pertama
2) bahasa kedua
3) ulang
No comments:
Post a Comment