26 July, 2013

Panduan Memperbaiki Power Supply



Pada sesi sebelumnya dalam Materi Komputer Lengkap, kita juga sudah membahas secara umum tentang Perangkat Keras Power Supply, dan pada sesi kali ini akan sedikit lebuh diperdalam lagi spesial bagi sobat yang ingin mahir dalam servis Power Supply dan perangkat komputer dan sedang mencari PanduanMemperbaiki Power Supply Rusak Lengkap, maka tepat sekali kami akan merekomendasikan ebook teknisi komputer yang cocok buat siapapun anda, apakah teknisi, op warnet, teknisi jaringann atau IT Interest bahkan siswa SMK dan Mahasiswa Teknik Komputer.

Pengertian Power Supply
Menurut Wikipedia Pengertian power supply sebuah piranti elektronika yang berguna sebagai sumber daya untuk piranti lain, terutama daya listrik. Pada dasarnya pencatu daya bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja, namun ada beberapa pencatu daya yang menghasilkan energi mekanik, dan energi yang lain.

Sesuai dengan Namanya, Power Supply dapat diartikan sebagai sebuah jantung bagi komputer, sebab komputer tidak bisa menyala walau dalam kondisi tidak mati arus listrik sekalipun, hal tersebut terjadi karena ada kerusakan pada power supply komputer yang kita miliki.

Untuk menguji dan mengetahui kerusakan pada power supply cara berikut dapat kita kerjakan. secara manual menggunakan multimeter menggunakan power supply tester untuk melakukan tes PSU otomatis. Tes manual dengan menghubungkan ujung kabel output tertentu. (by Mas Agussale)

Ketiga metode ini sama-sama efektif untuk pengujian power supply sehingga yang mana yang Anda pilih benar-benar terserah pada Anda. Namun ada pengecualian bahwa nomor 1 dan 2 menggunakan alat bantu yang harus dibeli sedangkan nomor 3 alat bantunya tidak dibeli, cukup kabel kecil sepanjang 10-15 cm. Cara nomor 3 inilah yang akan kita bahas kali ini.

Langkah-Langkah Tes Power Supply :
  • Lepaskan kabel listrik PSU dari stop kontak.
  • Lepaskan kabel output PSU dari Mainboard.
  • Pasang kembali kabel listik (AC) PSU sehingga dalam PSU terdapat aliran listrik.
  • Siapkan kabel penghubung sepanjang 10-15 centimeter yang kedua ujungnya dikupas.
  • Pegang kabel out utama dari PSU, lalu hubungkan ujung kabel WARNA HIJAU dengan HITAM (yang penting hitam) dari salah satu kabel itu. Ingat! Yang jadi titik tolak logika adalah menghubungkan ujung kabel HIJAU dengan kabel lain. Sebenarnya boleh juga antara hijau dan merah, hijau dan kuning, yang penting salah satunya adalah HIJAU. Lihat caranya pada gambar dibawah ini.

Hati - hati saat melakukan tes, sebab anda terhubung dengan arus listrik yang dapat menyetrum diri anda sendiri, saran saya pahami betul cara, teknik serta proses memperbaiki power supply ini secara runtun dan efektif.

Khusus bagi yang ingin mendapatkan materi lengkap tentang Cara Memperbaiki Power Supply, kami merekomendasikan Ebook Panduan Cara Memperbaiki Power Supply yang diberi dengan Judul "Step by Step Power Memperbaiki Power Supply dari Qbonk Media Gruop.

No comments:

Post a Comment