01 August, 2013

Cara mengatasi dvd rom yang rusak



Hard disk
Cara mengatasi dvd rom yang rusak  Apakah anda pernah mengalami masalah dalam menggunakan DVD-Room, jika pernah dibawah ini ada beberapa solusi untuk anda yang pernah mengalami masalah itu.


Macam-macam masalah DVD-Room or CD-Room :
1. Motor DVD
2. Kerusakkan pada lensa optik atau lasernya
3. DVD-Room macet-macet membaca kepingan CD

Solusi :
1. Jika masalahnya pada Motor penggerak DVDnya, ada cara untuk mengatasinya yaitu dengan membongkar optical disk drive dan mengganti rangkaian yang terdapat pada CD/DVD Rom dengan rangkaian yang baru atau masih normal.

2. Jika masalahnya pada Lensa Optik atau Lasernya, anda harus menggantinya dengan yang baru karena masalah seperti ini susah untuk diperbaiki.

3. DVD Rom membaca tersendat-sendat, ada cara untuk memperbaikinya yaitu :
     a. Matikan Laptop anda.
     b. Masukkan kawat atau yang lain ke lubang darurat pembuka DVD/CD Rom.
  c. Kalibrasikan trimpot optic. Putar ke kanan untuk mempercepat dan ke  kiri untuk memperlambat. Pemutaran yang terlalu ke kanan akan menyebabkan disk tidak berputar. Pada saat kalibrasi, CD/DVD ROM harus dalam keadaan mati. Untuk mengetahui hasil kalibrasi, hidupkan lagi komputer dan cobalah untuk membaca file pada kepingan CD. Jika belum bisa membaca. ulangi proses hinggan DVD-ROM bisa membaca seluruh file dengan lancar. Hasil kalibrasi yang tepat adalah lampu indikator menyala(tidak berkedip), putaran cepat,, pembacaan data normal dan tidak tersendat-sendat.

Cara memberantas kerusakkan pada DVD-ROM :
1. Jangan pernah anda menyentuh Lensa Optik karena ini akan membuat lensanya rusak dan tidak bisa digunakan lagi.
2. Rajin-Rajinlah membersihakan DVD-ROM anda dengan CD Pembersih khusus DVD, ini adalah cara paling ampuh untuk mengatasi kerusakkan pada DVD-ROM.
3. Jangan sering-sering memasukkan CD tapi langsung diputar dan langsung dimasukkan ke DVD-ROM, ini bisa menyebabkan Motor Penggerak rusak dan tidak bisa digunakan kembali.
4. Jangan Sentuh bagian paling penting dalam DVD-ROM.

4 comments:

  1. Maaf gan numpan promosi http://www.cramyashodara.com/?ref=sodri

    ReplyDelete
  2. Gan. Saya numpang tanya niih.. aaya kan,, masukin DVD R bisa kebaca.. tapi yg ini pas pada waktu saya masukin CD R.. ini malah nggak kebaca datanya. Jadi tolong donk kasuh solusinya..

    ReplyDelete