20 November, 2013

Cara Memilih VGA Card Yang Baik Dan Berkualitas

Halo sobat kali ini saya mau posting Cara Memilih VGA Card Yang Baik Dan Berkualitas. Pada dasarnya saat kita membeli seperangkat komputer entah itu Built Up atau pabrikan maupun komputer rakitan sudah ada VGA (Video Graphics Accelerator) nya yang berfungsi untuk menampilkan gambar dari CPU ke monitor meskipun ada beberapa yang tidak memnyertakan VGA onboard, tetapi VGA bawaan dari motherboard (Mobo) kinerjanya hanya standar artinya hanya menampilkan gambar atau data sewajarnya saja dan tidak bisa menampilkan game terbaru yang mempunyai grafik tinggi serta tidak dapat menampilkan game 3D dengan baik.
Ada beberapa tips membeli komputer rakitan yang harus diketahui. Berikut beberapa tips memilih vga card diantaranya sebagai berikut:

1. AGP atau PCI-Express

Kita harus bisa membedakan mana vga AGP dan VGA PCI-Express, secara umum VGA yang beredar dipasaran saat ini adalah PCI-Express karena VGA AGP sudah tidak sejalan dengan teknologi sekarang maka keluarlah VGA PCI Express. Anda harus tau Motherboard atau mobo yang kita pakai suport ke AGP atau PCI-E karena dudukanya berbeda jangan sampai kita membeli VGA bagus ternyata tidak sesuai dengan mobo yang kita punya. Tetapi ada juga MOBO yang support VGA AGP maupun PCI-Express. Tinggal dibuka casing CPU dan dilihat, atau bisa melihat gambar dibawah ini.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan kita.

Jika kita memakai komputer hanya untuk mengetik di Microsoft Word, Exel atau hanya sekedar Browsing internet, maka kita tidak perlu yang VGA card tambahan cukup pakai VGA standar bawaan mobo. Jadi lebih baik uangnya disimpan atau buat keperluan yang lebih penting.

Tapi jika kita memang suka mengolah gambar, edit foto, bikin grafik, edit video atau main game yang cangih, maka kita mutlak untuk membeli VGA card tambahan agar kinerja komputer dan gambar yang dihasilkan lebih maksimal.

3. Memutuskan beli VGA card.

Jika kita telah memutuskan untuk membeli VGA card maka kita harus tau atau setidaknya mengenali kemampuan VGA yang akan kita beli, jangan sampai kita membeli VGA kemampuanya tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, atau sebaliknya kemampuanya berlebihan sehingga tidak sesuai dengan spek komputer yang kita punya. Jika beban yang akan kita angkat cuma 50 kilo, kita tidak perlu membeli alat yang mampu mengangkat beban sampai 1 ton atau 1000 kilo, kita bisa menyesuaikan dengan kemampuan spek yang lain jangan sampai over kapasitas VGA sehingga kita tidak membeli barang yang tidak kita butuhkan kemampuanya.

4. Jangan tergiur dengan VGA tinggi.

Dalam memilih VGA jangan pernah bertumpu pada besarnya VGA dalam hitungan Gigabyte, sebagai gambaran jika kita memakai monitor yang besar misalnya 21 Inc keatas maka kita perlu VGA yang tinggi, mungkin 1 Giga sudah cukup. Tapi yang perlu diperhatikan lagi yaitu DDR nya yaitu kekepatan akses data semakain tinggi semakin cepat tentu diimbangi dengan harga yang semakin mahal pula, makanya kita perlu hati-hati dalam memilihnya. Tentu DDR 5 lebih cepat dari DDR 3 ataupun DDR2.

Jika kita telah menentukan besarnnya VGA yang berhubungan monitor yang akan kita pakai, serta kecepatan proses data dengan DDRnya maka tinggal menentukan lebarnya jalur yang ditentukan dengan Bit. Misalnya 64, 128, 256 Bit, semakin besar bitnya maka semakin cepat dan lancar pula kita menjalankan aplikasi atau game yang kita mainkan, tentunya harganya juga semakin tinggi.

5. Membandingkan barang yang seimbang.

Jika kita telah memilih VGA dengan speck yang sama, misalnaya VGA 1GB DDR3 besarnya bit 128, maka kita tinggal membandingkan speck yang sama dengan merk lain dan ambil harga terendah dengan garansi yang panjang, meskipun ini juga belum jaminan setidaknya kita telah sedikit tau cara menentukan VGA sesuai dengan kebutuhan kita.

6. Jangan terpaku pada merk.

Inilah salah satu kesalahan yang sering kita lakukan yaitu selalu terpaku pada merk dalam membeli apapun, sehingga rasionalitas sering terabaikan, yang perlu bandingkan adalah dengan speck yang sama kemampuanya bagaimana bukan merknya. Jadi kita akan membandingkan kemampuan yang seimbang dan harga yang terendah serta after salesnya.

7. Pilih Ati Radeon atau Nvidia?

Sebenarnya ini permasalahan klasik tapi memang masih bisa ditarik benang merahnya meskipun tidak mutlak, jika ingin bermain game dengan kecepatan maka bisa memilih Ati Radeon, tapi bila kita menonjolkan grafik yang berkelas dan memukau maka Nvidia yang bisa dipilih tetapi ini hanya sebatas gambaran kasar dan tidak karena teknologi saling mengejar satu sama lain sehingga kekurangan dapat segera di tutupi tanpa ada perbedaan yang sangat mencolok satu sama lain karena masing-masing punya keunggulan sendiri-sendiri.

8. Sesuaikan dengan kemampuan Power Supply (PSU).

Beberapa tipe VGA kelas Hight End memerlukan PSU tambahan, jadi kita harus menyesuaikan dengan kemampuan PSU yang ada, jangan sampai PSU kita tidak mendukung dengan VGA yang kita beli.

Tidak jarang komputer kita tiba-tiba mati menjalankan game kesanyangan kita, karena kita lupa akan kemampuan PSU yang kita punya, jika kita membelai komputer paket rakitan yang harga sedang kita tidak akan mendapatkan PSU yang baik, biasanya hanya bawaan dari casing yang kita beli. PSU bawaan ini biasanya kurang bagus dan sangat beresiko terutama buat jangka panjang dan bermain game dangan VGA tambahan, kita harus mengenal PSU yang kita pakai supaya aman terhadap semua komponen komputer kita, jangan memaksakan pingin bermain game terbaru dengan PSU seadanya. Pastikan VGA yang kita beli memerlukan PSU tambahan atau tidak, jika memerlukan PSU tambahan tentu kita harus memperhatikan kemampuan PSU kita atau membaca Tips Memilih Power Supply (PSU).

Anggapan yang salah jika kita memakai PSU besar adalah tagihan listrik kita juga ikut besar, ini tidak sepenuhnya benar karena PSU besar adalah kemampuan sebuah PSU dapat menyalurkan listrik keseluruh komponen yang ada di komputer, jika yang diperlukan cuma sedikit otomatis pemakaian listrik juga sedikit tetapi kerja PSU semakin ringan dan PSU kita lebih awet. Maka kita harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan jika komputer kita cuma pakai sekitar 300 watt maka pakai PSU yang 450/500 Watt sudah cukup tidak perlu pakai yang 800 Watt.

Demikanlah artikel tentang Cara Memilih VGA Card yang baik dan berkualitas, Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda. Terima kasih...............................

No comments:

Post a Comment