18 November, 2013

Hal hal yang menyebabkan komputer mati sendiri

Komputer mati sendiri atau restart tanpa ada perintah restart dari pengguna adalah gejala bahwa komputer anda mengalami masalah. Masalah akan menjadi serius jika tidak ditangani sejak dini karena biasanya jika ada suatu masalah pada sistem komputer maka akan mengganggu ke sistem yang lain. Mengapa komputer mati sendiri? Komputer mati sendiri / restart biasanya dikarenakan oleh beberapa faktor dibawah ini:

    Sistem Operasi pada komputer anda terkena virus sehingga saat program mulai berjalan maka komputer tiba-tiba mati atau restart dengan sendirinya. Beberapa pengalaman dari saya pribadi setiap anti virus lupa untuk diupdate dan ada virus yang masuk, maka komputer akan menjadi sangat lambat dan kadang hang, selanjutnya komputer tidak bisa dishutdown. Solusi paling baik adalah instal ulang sistem operasi anda dan jangan lupa selalu update antivirus komputer anda.
    Kipas pada prosessor mati yang menyebabkan suhu pada komputer anda menjadi panas, jika pada pengaturan bios anda, anda mengatur batas maksimal dari suhu prosessor maka jika suhu sudah melampaui batas maksimal maka komputer anda akan restart dengan sendirinya. jadi sebaiknya periksa dulu kipas pendingin, jika ada kerusakan sebaiknya diganti.
    Adanya kerusakan hardware atau perangkat keras komputer anda. Biasanya gejala awal kerusakan pada motherboard atau prosessor menyebabkan komputer mati sendiri.
    Kerusakan pada power supply, power supply merupakan komponen yang berfungsi menyuplai daya ke perangkat yang ada pada komputer, jadi jika power supply mengalami masalah dan tegangan output mulai menurun, beberapa kasus akan menyebabkan komputer mati dengan sendirinya. semoga bermanfaat.........

No comments:

Post a Comment