TUGAS MANDIRI
EKONOMI PENDIDIKAN
(PEKO4407)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 46, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Ilmu yang mempelajari cara-cara yang efektif
dan efesien tentang proses pendidikan adalah ....
A. ilmu ekonomi
B. ekonomi pendidikan
C. proses pendidikan
D. pendidikan ekonomi
2. Seseorang menempuh pendidikan dengan harapan mendapatkan
kemanfaatan di masa yang akan datang, maka pendidikan dipandang sebagai ....
A. nilai tambah
B. produk
C. investasi
D. status sosial
3. Dalam teori ekonomi mikro yang membahas
interaksi di antara permintaan dan penawaran disebut teori ....
A. konsumsi
B. produksi
C. usaha
D. perilaku harga
4. Pendidikan dilihat dari segi kegiatannya
merupakan ....
A. industri jasa
B. investasi
C. proses produksi
D. kegiatan ekonomi
5. Jika dilihat dari motivasinya, pada
pendidikan motivasinya adalah ....
A. profit
B. non-profit
C. produktivitas
D. investasi
6. Lembaga pendidikan sebagai badan usaha,
dengan tujuan utamanya adalah ....
A. kesatuan kegiatan
B. keuntungan
C. kelangsungan
D. kerjasama
7. Keseluruhan permintaan dan penawaran akan
sejenis jasa pendidikan tertentu adalah ....
A. pasar pendidikan
B. unsur pendidikan
C. komponen pendidikan
D. tujuan pendidikan
8. Seseorang yang telah lulus pendidikan SLTP,
akan melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi, pertimbangan ekonomi yang
menjadi dasar adalah ....
A. pendapatan yang akan datang
B. kemudahan mencari kerja
C. pendapatan neto yang paling besar
D. kemudahan untuk diterima di pasar kerja
9. Di bawah ini yang merupakan alasan untuk
melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi adalah untuk ....
A. status sosial
B. peningkatan produktivitas
C. dorongan lingkungan
D. permintaan pasar tenaga kerja
10. Lembaga pendidikan dipandang sebagai suatu
kegiatan industri, maka pengelolaannya harus ....
A. menguntungkan
B. berkelanjutan
C. efisien
D. ekonomis
11. Yang membedakan antara industri pendidikan dengan industri pada
umumnya adalah pada motifnya adalah ....
A. sosial
B. non-profit
C. profit
D. publik service
12. Obyek pada industri jasa pendidikan adalah ....
A. peningkatan kualitas SDM untuk masa depan
B. mencari keuntungan perseorangan
C. pemanfaatan SDM dilingkungan
D. pelayanan masyarakat
13. Perusahaan Bus Sinar Jaya melayani angkutan darat di wilayah Jawa
Barat, maka jasa angkutan yang dilakukan termasuk ....
A. barang-barang publik
B. barang-barang swasta
C. barang sekunder
D. barang komplemen
14. Jasa keamanan dan pendidikan tingkat wajib belajar yang disediakan
oleh pemerintah, siapa saja dapat memanfaatkannya, hal ini digolongkan pada
....
A. jasa publik
B. jasa swasta
C. pelayanan publik
D. pelayanan swasta
15. Menurut Ace Sruyadi yang bukan merupakan tujuan masyarakat
menurut kebijakan ekonomi makro adalah tujuan ....
A. konsumsi
B. investasi
C. keadilan
D. kesejahteraan
16. Pendidikan sebagai investasi bertujuan untuk memperoleh pendapatan
....
A. stabil
B. lebih besar di masa datang
C. memenuhi kebutuhan
D. tingkat hidup lebih sejahtera
17. Sifat barang publik adalah penggunaannya tidak ada
pengecualiannya, disebut ....
A. eklusive
B. non-eklusive
C. nonrival cousumtion
D. rival cousumtion
18. Suatu jenis barang yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat tetapi
tidak ada seorangpun yang bersedia untuk menghasilkan, disebut ....
A. fasilitas umum
B. fasilitas sosial
C. barang-barang publik
D. barang-barang swasta
19. Suatu masyarakat mampu menabung Rp 250.000,- perbulan, bila hasrat
konsumsi 0,80, bearti pendapatan sebesar ....
A. Rp 800.000,-
B. Rp 1.000.000,-
C. Rp 1.250.000,-
D. Rp 1.800.000,-
20. Suatu masyarakat berpendapatan RP 2000.000 pertahun dan hasrat
konsumsi adalah 0,75, berapa tabungan terbentuk ....
A. Rp 500.000,-
B. Rp 1000.000,-
C. Rp 1500.000,-
D. Rp 2000.000,-
21. Pendidikan dan pelatihan merupakan investasi yang paling penting
dalam human capital, pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. G.S. Becker
B. Payaman Simanjutak
C. Yudo Swasono
D. Richard Jelly
22. Menyatukan perubahan-perubahan produktivitas dalam satuan ukuran,
merupakan ukuran dari ....
A. Number of School Year
B. Efficiency-Equivalence Unit
C. Base-Year Life time Earned
Income
D. Real Cost as Consumtion
Forgone
23. Suatu ukuran pendidikan yang digunakan untuk mengubah kualitas
menjadi kuantitas diwujudkan dalam ....
A. Human Capital
B. Store
C. Labor Force
D. Insentive
24. Pengembangan sumber daya manusia yang berkenaan dengan pengembangan
pribadi merupakan pengembangan aspek ....
A. makro
B. mikro
C. intern
D. ekstern
25. Konsep kapital yang diperlakukan terhadap orang tidak akan
merendahkan orang tersebut, baik martabat maupun kebebasan, adalah ....
A. Henrich von Thuner
B. AC Pigon
C. Bowman
D. Marshall
26. Kepuasan konsumen yang hilang atau tidak bergunanya tenaga kerja
dan tidak bergunanya waktu menunggu, adalah definisi dari ....
A. Objektive real cost
B. Subjektive real cost
C. Individual real cost
D. Personal real cost
27. Besarnya nilai human capital sama dengan nilai sumber-sumber yang
dikeluarkan dalam produksi, adalah merupakan pendekatan ....
A. biaya produksi
B. biaya konsumsi
C. keuntungan dan biaya
D. hasil dan investasi
28. Pendidikan dan latihan merupakan investasi yang paling penting
dalam human capital, adalah pendapat dari ....
A. Payaman Simanjuntak
B. Gary. S Backer
C. Yudo Suwarso
D. Richard Jally
29. Pelatihan yang diberikan kepada seseorang yang telah ditempatkan
pada suatu pekerjaan/tugas tertentu dengan tujuan perbaikan dan peningkatan
prestasi kerja, adalah bentuk pelatihan ....
A. on the job training
B. in service- training
C. pre- service trining
D. up grading training
30. Proses pendidikan diselenggarakan dalam upaya untuk membekali atau
mempersiapkan peserta didik untuk dapat hidup secara layak di masa depan, maka
proses pendidikan berdemensi ....
A. masa depan
B. jangka panjang
C. hidup layak
D. peserta didik
31. Perlunya penyesuaian dan peningkatan materi program pendidikan
agar secara fleksibel bergerak cepat sejalan dengan tuntutan lapangan dunia
kerja serta tuntutan kehidupan masyarakat yang berubah terus menerus, berarti
pendidikan harus ....
A. efisien
B. efektif
C. relevan
D. pemerataan
32. Pendidikan
harus dilanjutkan dalam keluarga dan masyarakat dengan demikian peserta didik
perlu memiliki kemampuan dasar bagi penerapan belajar di masyar-akat. Berarti
pendidikan berprinsip ....
A. kontiniutas
B. seumur hidup
C. relevansi
D. fleksibel
33. Sistem pendidikan yang hanya berbasis pada input dan proses
dipandang kurang dinamis, kurang efisien dan mengarah pada ....
A. stagnasi pedagogik
B. stagnasi ekonomi
C. stagnasi androgogik
D. stagnasi demografi
34. Di bawah ini merupakan komponen pada sistem pendidikan, kecuali
....
A. input
B. kualitas
C. proses
D. hasil pendidikan
35. Di bawah ini merupakan tujuan atau sasaran kebijakan pendidikan, kecuali
....
A. pemerataan kesempatan
B. kualitas keluaran
C. proses belajar mengajar
D. relevansi dengan dunia kerja
36. Program ”Broad-based educationí adalah pendidikan
berbasis masyarakat luas berorientasi pada
....
A. kecakapan hidup
B. dunia kerja
C. lingkungan
D. kebutuhan hidup
37. Perlunya penyesuaian dan peningkatan materi program pendidikan
agar secara fleksibel bergerak cepat sejalan dengan tuntutan lapangan kerja
serta tuntutan kehidupan masyarakat yang berubah secara terus menerus, berarti
masalah pendidikan harus memperhatikan ....
A. input
B. output
C. sistem
D. relevansi
38. Pelaksanaan suatu program hendaknya mempertimbangkan faktor-faktor
ekosistem dan kemampuan penyediaan fasilitas yang menunjang, berarti pendidikan
harus berprinsip ....
A. fleksibilitas
B. efisiensi
C. kontiniutas
D. efektivitas
39. Hilangnya kesempatan untuk investasi di bidang lain karena
keterbatasan modal yang harus di investasikan pada bidang tertentu, disebut
....
A. biaya alternatif
B. biaya depresiasi
C. biaya konversi
D. biaya investasi
40. Suatau lembaga pendidikan mengeluarkan biaya gaji guru dan
pegawai, konselor, penjaga sekolah. Dikelompokan pada ....
A. biaya langsung
B. biaya tak langsung
C. biaya sosial
D. biaya privat
41. Biaya pendidikan yang berasal dari bantuan luar negeri dalam
perhitungannya harus memperhatikan ....
A. apakah menurut nilai negara pemberi atau negara penerima
B. kemanfaatan bantuan
C. balas jasa yang harus diberikan
D. persyaratan yang harus dipenuhi
42. Di bawah ini yang merupakan pengeluaran berulang adalah ....
A. pembelian barang modal
B. perijinan
C. bea siswa dan pengajaran
D. pembangunan sarana pisik
43. Biaya yang menyangkut pembayaran kepada pihak luar adalah ....
A. book cost
B. out of pocket cost
C. convertion cost
D. absolut cost
44. Hasil produksi berdemensi banyak karena ....
A. hasilnya berupa pelestarian dan penciptaan budaya
B. menciptakan anak didik yang berkualitas
C. menghasilkan beraneka ragam keahlian
D. meningkatkan tenaga kerja yang berkualitas
45. Pengeluaran menurut statusnya dibedakan atas ....
A. pengeluaran pemerintah dan swasta
B. pengeluaran lembaga pendidikan pemerintah dan pengeluaran
pendidikan swasta
C. pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah
D. pengeluaran pemerintah pusat dan daerah otonom
46. Berikut ini merupakan pengeluaran berulang, kecuali ....
A. perluasan jaringan sekolah
B. biaya rutin pendidikan
C. pembangunan gedung sekolah
D. bantuan subsidi sekolah swasta
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 47
SAMPAI 60, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
47. Pendidikan merupakan barang publik, karena memenuhi syarat berikut
ini ....
1) merupakan barang/jasa konsumsi
2) dibutuhkan oleh semua orang
3) pihak swasta yang mau menghasilkan jumlahnya terbatas
48. Teori pengeluaran pemerintah dari Samielson merupakan teori yang
paling baik walaupun terdapat kelemahan yaitu ....
1) konsumen mau mengemukakan kesukaannya terhadap barang publik
2) barang publik yang digunakan oleh konsumen dalam jumlah yang sama
3) barang publik yang mempunyai sifat kebersamaan
49. Yang merupakan barang publik adalah ....
1) wajib belajar 9 tahun
2) tempat peribadatan
3) fasilitas sosial dan umum
50. Berikut ini yang merupakan barang-barang publik dan harus kita
jaga keberadaannya adalah ....
1) jalan, taman dan jembatan
2) tempat-tempat peribadatan
3) wartel dan warnet
51. Satuan human capital didefinisikan dalam pendidikan yang terbatas,
yaitu dalam labor force yang dapat diukur dengan cara ....
1) Number of School Year
2) Efficiency- Equivalence Units
3) Approximation ti base Year Real Cost
52. Terdapat perbedaan konsep dan pengukuran human capital, sumber
perbedaan menurut Mary Jean Bowman bersumber pada ....
1) apakah Human Capital sebagai persediaan
2) Human Capital sebagai input terhadap produksi
3) berkenaan dengan pembobotan
53. Pelatihan secara luas diorganisasikan secara bertingkat adalah
....
1) profesional level
2) Technical level
3) crafisemen dan skilled wokers
54. Suatu usaha dapat dikatakan sebagai produksi apabila ....
1) terdapat input, proses dan hasil
2) berkelanjutan secara dinamis
3) menerapkan prinsip efisien dan efektive
55. Kompetensi Lulusan Taman Kanak-kanak dan Raudatul Atfha adalah
menunjukkan ....
1) pemahaman positih tentang diri dan percaya diri
2) kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain dan alam sekitar
3) kemampuan berfikir runtut
56. Pemerataan pelayanan pendidikan mengenal pada pendidikan yang
berkeadilan, hal ini berkenaan dengan ....
1) penerapan formula pembiayaan pendidikan yang adil dan tranparan
2) upaya pemerataan mutu pendidikan dengan adanya standar kompetensi
minimal
3) semua jenjang pendidikan mendapat subsidi
57. Biaya adalah pengorbanan yang memenuhi syarat ....
1) dapat diduga sebelumnya
2) melekat dan rasional
3) dapat dihindarkan
58. Di bawah ini termasuk unsur-unsur biaya pendidikan total menurut US Office of Education adalah ....
1) biaya pembelajaran dan administrasi
2) biaya penghapusan fasilitas pendidikan
3) biaya operasi sekolah dasar
59. Biaya adalah pengeluaran-pengeluaran yang memenuhi kriteria
sebagai berikut ....
1) rasional
2) melekat
3) tidak dapat diduga sebelumnya
60. Sumber pembiayaan pendidikan menurut sifatnya dibedakan atas ....
1) pengeluaran yang menyeluruh
2) pengeluaran menurut status tingkat dan sifatnya
3) pengeluaran terencana dan terprogram
No comments:
Post a Comment