Cloud Hosting Indonesia

28 April, 2014

Soal Desain dan Pembuatan Alat Peraga IPA



TUGAS MANDIRI
DESAIN DAN PEMBUATAN ALAT PERAGA IPA
(PIPA3340)



PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  37, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Hakikat IPA adalah proses, produk, dan sikap. Produk IPA diperoleh melalui proses, sehingga sebaiknya tindakan utama dalam mengajarkan IPA adalah
A.   Mengajak siswa mengaplikasikan teori-teori IPA.
B.   menggunakan rumus IPA untuk kehidupan sehari-hari.
C.   melakukan pengamatan terhadap fakta-fakta.
D.   menyimpulkan hasil pengamatan.

2.   Peralatan dalam pembelajaran IPA adalah alat dan bahan yang
A.   digunakan untuk mengaktualkan konsep abstrak.
B.   digunakan untuk keperluan praktik.
C.   diperlukan untuk memperlancar pembelajaran IPA.
D.   tersedia di laboratorium IPA.
     
3.   Alat praktik IPA adalah suatu alat yang digunakan
A.   secara langsung untuk memahami konsep.
B.   secara tidak langsung untuk memahami konsep.
C.   berbarengan dengan alat IPA yang lain.
D.   untuk membantu pelaksanaan pengamatan.

4.   Alat IPA yang berfungsi memperlancar jalannya percobaan atau pembelajaran dan penggunaannya berbarengan dengan alat lain disebut
A.   alat praktik IPA.
B.   alat peraga IPA.
C.   alat pendukung IPA.
D.   perkakas/ piranti IPA.

5.   Disain peralatan seperti gambar berikut paling tepat digunakan untuk memahami konsep
A.   tekanan pada benda dipengaruhi gaya gravitasi.
B.   tekanan dalam zat cair bergantung pada kedalamannya.
C.   tekanan dalam zat cair bergantung massa jenisnya.
D.   tekanan yang diberikan kepada zat cair diteruskan ke segala arah.

6.   Fungsi alat peraga dalam pengajaran IPA adalah
A.   sebagai alat praktik, sebagai alat visualisasi, sebagai alat pendukung.
B.   sebagai ganti benda sebenarnya, memvisualisasikan konsep abstrak, menggambarkan lebih jelas.
C.   mengaktifkan siswa, memudahkan pemahaman, memudahkan pengaplikasi-an pengetahuan.
D.   mengkreatifkan anak, memotivasi siswa, membantu proses belajar mengajar.

7.   Pada pembelajaran konsep getaran dan gelombang diperlukan peralatan antara lain: slinki dan garpu tala. Fungsi alat-alat tersebut adalah untuk
A.   memvisualisasikan konsep-konsep yang abstrak.
B.   sebagai ganti/ tiruan benda sebenarnya.
C.   membantu guru dalam proses belajar mengajar.
D.   memotivasi siswa untuk lebih giat belajar.

8.   Alat peraga IPA dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar yaitu alat peraga tiga dimensi dan dua dimensi. Yang dimaksud alat peraga tiga dimensi adalah alat yang dapat
A.   dilihat, dirasakan, didengar.
B.   dirasakan, didengar, diraba.
C.   didengar, diraba, dilihat.
D.   diraba, dilihat, dirasakan.

9.   Untuk membelajarkan konsep sistem transportasi pada tubuh manusia, lebih baik digunakan model sistem transportasi daripada benda yang sesungguhnya, karena
A.   tidak membahayakan siswa.
B.   murah, sederhana, dan tidak rumit.
C.   dapat memotivasi siswa belajar.
D.   dapat memperlihatkan organ tubuh bagian dalam.

10.   Alat peraga yang berbentuk diorama dalam pembelajaran IPA umumnya bertujuan untuk
A.   menggambarkan peristiwa alam.
B.   mengingatkan sejarah penting.
C.   mengungkap peristiwa penting masa lalu.
D.   meniru benda asli tetapi diperkecil.

11.   Untuk menggambarkan jumlah penduduk Indonesia yang berpenghasilan rendah, sedang, dan tinggi akan lebih tepat digunakan grafik
A.   batang.
B.   pikto.
C.   pie.
D.   permukaan.

12.   Poster sebagai salah satu alat peraga pendidikan adalah suatu alat peraga
A.   bertujuan menanamkan ranah kognitif tertentu.
B.   bertujuan menanamkan sikap tertentu.
C.   berisi himbauan atau larangan.
D.   menggambarkan keadaan bahaya yang harus dihindari.

13.   Penulisan huruf dengan tangan pada alat peraga pendidikan memiliki beberapa keuntungan, yang paling utama adalah
A.   bebas memilih tipe dan ukuran huruf.
B.   biaya yang dikeluarkan murah.
C.   praktis dari segi pembuatannya.
D.   mudah menyusunnya.

14.   Beberapa cara penulisan huruf dengan tangan yaitu: dengan menggunakan pola utama, menggunakan pola dasar, menggunakan pena, dan menggunakan spidol. Dari keempat cara tersebut yang paling praktis, mudah dan efisien adalah dengan menggunakan
A.   pola utama.
B.   pola dasar.
C.   pena.
D.   spidol.

15.   Tipe huruf yang digunakan dalam pembuatan alat peraga agar hasilnya memuaskan adalah huruf tipe
A.   gothic tebal.
B.   gothic bulat.
C.   roman.
D.   normal.

16.   Pemasangan papan tulis agar dapat dilihat dengan mudah oleh siswa-siswa adalah

17.   Untuk membelajarkan konsep saling ketergantungan makhluk hidup sebaiknya digunakan
A.   papan tulis hitam.
B.   papan tulis hijau.
C.   papan putih.
D.   papan magnet.

18.   Untuk mendesain transparansi, salah satu hal yang penting adalah
A.   tulisan secara mekanik.
B.   isi dalam bentuk tabel.
C.   menggunakan kata-kata kunci.
D.   jenis huruf bervariasi.

19.   Salah satu kelebihan yang menonjol dari pembelajaran menggunakan transparansi adalah
A.   dapat digunakan berulang kali.
B.   dapat diproyeksikan di layar.
C.   siswa melihat dengan jelas.
D.   pembelajaran berpusat pada siswa.

20.   Spidol yang digunakan dalam pembuatan transparansi adalah
A.   spidol permanen.
B.   spidol tidak permanen.
C.   spidol biasa.
D.   stabilo.

21.   “Teknik tindih” dalam penyajian transparansi, lebih cocok untuk menyajikan konsep
A.   cahaya.
B.   gelombang.
C.   daur hidrologi.
D.   tata surya.
22.   Untuk membelajarkan konsep “jaring-jaring makanan”, lebih tepat digunakan alat peraga
A.   model rantai makanan.
B.   model jaring-jaring kehidupan.
C.   model daur zat dan arus energi.
D.   model piramida makanan.

23.   Kaitan beberapa rantai makanan bisa digunakan untuk membentuk model
A.   rantai makanan.
B.   jaring-jaring kehidupan.
C.   piramida makanan.
D.   ekosistem.

24.
     
               Diagram di atas adalah
A.   rantai makanan.
B.   jaring-jaring kehidupan.
C.   arus zat dan energi dalam ekosistem.
D.   piramida makanan.

25.   Persamaan antara model rantai makanan dan model jaring-jaring kehidupan adalah keduanya menggambarkan
A.   ekosistem.
B.   daur energi.
C.   arus zat.
D.   peristiwa makan dimakan.

26.  

Diagram di atas adalah
A.   rantai makanan.
B.   jaring-jaring kehidupan.
C.   arus zat dan energi.
D.   piramida makanan.

27.   Model arus zat dan energi dalam ekosistem terutama digunakan untuk menanamkan konsep berikut, kecuali
A.   peranan sumber matahari.
B.   fungsi pengurai dalam ekosistem.
C.   perpindahan energi dalam ekosistem.
D.   panas dihasilkan ekosistem.

28.   Piramida ekosistem yang biasa digunakan dalam alat peraga pendidikan adalah
A.   jumlah.
B.   jenis populasi.
C.   biomassa.
D.   taraf trofi.

29.   Model piramida makanan, untuk menanamkan pengertian, kecuali
A.   populasi yang menyusun taraf trofi ekosistem menyusut dengan makin tingginya trofi.
B.   piramida untuk tiap ekosistem selalu sama.
C.   pada trofi terendah jumlah populasi terbanyak.
D.   efisiensi energi tidak sama pada tiap perpindahan taraf trofi.

30.   Alat peraga simbiosis bertujuan untuk menjelaskan
A.   simbiosis mutualisma.
B.   simbiosis komensalisma.
C.   simbiosis parasitisma.
D.   pola interaksi organisma.

31.   Carta di bawah, menunjukkan simbiosis
A.   mutualisma.
B.   komensalisma.
C.   parasitisma.
D.   antisimbiosis.

32.   Fungsi carta simbiosis mutualisma dalam proses belajar mengajar adalah
A.   memperjelas konsep.
B.   menguatkan konsep.
C.   penambah informasi.
D.   aplikasi konsep.

33.   Carta simbiosis komensalisma menggambar-kan bahwa hubungan kedua makhluk hidup
A.   saling menguntungkan.
B.   saling bergantung.
C.   tidak selalu menguntungkan.
D.   tidak merugikan.

34.   Carta di bawah menggambarkan simbiosis
A.   mutualisma.
B.   komensalisma.
C.   parasitisma.
D.   antisimbiosis.

35.   Carta simbiosis parasitisma berisi tentang hubungan dua makhluk hidup dimana
A.   salah satu untung dengan merugikan yang lain.
B.   kedua-duanya saling menguntungkan.
C.   tidak ada yang untung, tidak ada yang rugi.
D.   tidak dapat dipastikan untung ruginya.

36.   Cacing pita pada babi disebut sebagai
A.   ektoparasit.
B.   endoparasit.
C.   parasit.
D.   antiparasit.

37.   Carta tentang ikhtisar seluruh simbiosis pada tubuh manusia bertujuan untuk menanamkan pengertian
A.   pada tubuh manusia banyak organisma parasit.
B.   manusia melakukan simbiosis komensalisma.
C.   kita harus waspada terhadap parasit tubuh.
D.   musuh-musuh kita adalah endoparasit dan ektoparasit.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   38   SAMPAI   55,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
38.   Hal berikut yang benar tentang alasan diperlukannya alat bantu dalam pembelajaran IPA adalah dapat menjelaskan        
1)   terjadinya suata fakta
2)   mengapa fakta tersebut terjadi
3)   bagaimana fakta tersebut terjadi

39.   Pembelajaran IPA dengan memberikan pengalaman langsung bagi siswa memiliki keuntungan
1)   konsep mudah dipahami
2)   konsep mudah diaplikasi
3)   retensi tinggi

40.   Alat praktik yang diperlukan untuk membelajarkan hukum ohm adalah
1)   hambatan
2)   avometer
3)   termometer

41.   Alat-alat IPA berikut yang termasuk dalam alat peraga pada pembelajaran tata surya adalah
1)   globe
2)   penggaris
3)   bohlam

42.   Berikut ini yang termasuk keuntungan digunakannya alat peraga yang dibuat sendiri adalah
1)   menghemat biaya
2)   meningkatkan kreativitas siswa
3)   mengisi waktu luang siswa

43.   Berikut ini yang termasuk alat peraga tiga dimensi adalah
1)   tumbuhan
2)   preparat
3)   diaroma ekosistem

44.   Alat peraga dua dimensi carta berisi
1)   grafik
2)   bagan
3)   diagram

45.   Berikut ini adalah cara penulisan huruf secara mekanik yaitu
1)   stensil
2)   scriber
3)   rugos

46.   Berikut ini adalah alat-alat yang dapat digunakan untuk membuat huruf secara mekanik
1)   rugos dan spidol
2)   scriber dan template
3)   cap karet dan stensil

47.   Tipe-tipe huruf yang biasa digunakan dalam tulis menulis adalah huruf
1)   roman, gothic
2)   kursif, teks
3)   tebal, tipis




48.   Kriteria papan tulis yang baik adalah
1)   tidak mengkilap
2)   tidak terlalu kasar
3)   tidak terlalu halus

49.   Cara menggunakan papan tulis sangat penting pengaruhnya terhadap kelancaran proses belajar mengajar. Cara yang baik dalam menggunakan papan tulis adalah
1)   menuliskan uraian pembelajaran
2)   menuliskan judul, istilah baru
3)   mewarnai bagian-bagian gambar yang penting

50.   Cara memelihara papan tulis agar mudah digunakan dalam pembelajaran adalah
1)   menggunakan kapur berkualitas baik
2)   menghapus tulisan dengan tissue
3)   gerakan menghapus ke atas-bawah

51.   Fungsi dari papan magnet putih adalah sebagai
1)   proyektor
2)   display
3)   papan tulis

52.   Keuntungan papan putih (white-board) dibandingkan papan hitam yaitu papan putih
1)   berfungsi sebagai papan proyeksi
2)   lebih bersih
3)   pembuatannya mudah

53.   Kegunaan alat peraga model rantai makanan dalam kegiatan belajar mengajar adalah sebagai
1)   sarana memotivasi siswa
2)   alat menanamkan konsep ekosistem
3)   alat evaluasi formatif atau sumatif

54.   Dari komopen-komopen di bawah ini yang harus ada pada model daur zat dan arus energi adalah
1)   sumber zat dan sumber energi
2)   pengurai
3)   produsen, konsumen

55.   Jenis-jenis carta simbiosis berikut ini yaitu
1)   carta tunggal
2)   carta seri
3)   carta ganda

No comments:

Post a Comment