TUGAS MANDIRI
DESAIN DAN PEMBUATAN ALAT PERAGA IPA
(PIPA3340)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 37, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Hakikat IPA adalah proses, produk, dan sikap.
Produk IPA diperoleh melalui proses, sehingga sebaiknya tindakan utama dalam
mengajarkan IPA adalah
A. Mengajak siswa mengaplikasikan teori-teori
IPA.
B. menggunakan rumus IPA untuk kehidupan
sehari-hari.
C. melakukan pengamatan terhadap fakta-fakta.
D. menyimpulkan hasil pengamatan.
2. Peralatan dalam pembelajaran IPA adalah alat
dan bahan yang
A. digunakan untuk mengaktualkan konsep abstrak.
B. digunakan untuk keperluan praktik.
C. diperlukan untuk memperlancar pembelajaran
IPA.
D. tersedia di laboratorium IPA.
3. Alat praktik IPA adalah suatu alat yang
digunakan
A. secara langsung untuk memahami konsep.
B. secara tidak langsung untuk memahami konsep.
C. berbarengan dengan alat IPA yang lain.
D. untuk membantu pelaksanaan pengamatan.
4. Alat IPA yang berfungsi memperlancar jalannya
percobaan atau pembelajaran dan penggunaannya berbarengan dengan alat lain
disebut
A. alat praktik IPA.
B. alat peraga IPA.
C. alat pendukung IPA.
D. perkakas/ piranti IPA.
5. Disain peralatan seperti gambar berikut
paling tepat digunakan untuk memahami konsep

A. tekanan pada benda dipengaruhi gaya
gravitasi.
B. tekanan dalam zat cair bergantung pada
kedalamannya.
C. tekanan dalam zat cair bergantung massa
jenisnya.
D. tekanan yang diberikan kepada zat cair
diteruskan ke segala arah.
6. Fungsi alat peraga dalam pengajaran IPA
adalah
A. sebagai alat praktik, sebagai alat
visualisasi, sebagai alat pendukung.
B. sebagai ganti benda sebenarnya,
memvisualisasikan konsep abstrak, menggambarkan lebih jelas.
C. mengaktifkan siswa, memudahkan pemahaman,
memudahkan pengaplikasi-an pengetahuan.
D. mengkreatifkan anak, memotivasi siswa,
membantu proses belajar mengajar.
7. Pada pembelajaran konsep getaran dan
gelombang diperlukan peralatan antara lain: slinki dan garpu tala. Fungsi
alat-alat tersebut adalah untuk
A. memvisualisasikan konsep-konsep yang abstrak.
B. sebagai ganti/ tiruan benda sebenarnya.
C. membantu guru dalam proses belajar mengajar.
D. memotivasi siswa untuk lebih giat belajar.
8. Alat peraga IPA dikelompokkan menjadi 2
kelompok besar yaitu alat peraga tiga dimensi dan dua dimensi. Yang dimaksud
alat peraga tiga dimensi adalah alat yang dapat
A. dilihat, dirasakan, didengar.
B. dirasakan, didengar, diraba.
C. didengar, diraba, dilihat.
D. diraba, dilihat, dirasakan.
9. Untuk membelajarkan konsep sistem
transportasi pada tubuh manusia, lebih baik digunakan model sistem transportasi
daripada benda yang sesungguhnya, karena
A. tidak membahayakan siswa.
B. murah, sederhana, dan tidak rumit.
C. dapat memotivasi siswa belajar.
D. dapat memperlihatkan organ tubuh bagian
dalam.
10. Alat peraga yang berbentuk diorama dalam pembelajaran IPA umumnya
bertujuan untuk
A. menggambarkan peristiwa alam.
B. mengingatkan sejarah penting.
C. mengungkap peristiwa penting masa lalu.
D. meniru benda asli tetapi diperkecil.
11. Untuk menggambarkan jumlah penduduk Indonesia yang berpenghasilan
rendah, sedang, dan tinggi akan lebih tepat digunakan grafik
A. batang.
B. pikto.
C. pie.
D. permukaan.
12. Poster sebagai salah satu alat peraga pendidikan adalah suatu alat
peraga
A. bertujuan menanamkan ranah kognitif tertentu.
B. bertujuan menanamkan sikap tertentu.
C. berisi himbauan atau larangan.
D. menggambarkan keadaan bahaya yang harus dihindari.
13. Penulisan huruf dengan tangan pada alat peraga pendidikan memiliki
beberapa keuntungan, yang paling utama adalah
A. bebas memilih tipe dan ukuran huruf.
B. biaya yang dikeluarkan murah.
C. praktis dari segi pembuatannya.
D. mudah menyusunnya.
14. Beberapa cara penulisan huruf dengan tangan yaitu: dengan
menggunakan pola utama, menggunakan pola dasar, menggunakan pena, dan
menggunakan spidol. Dari keempat cara tersebut yang paling praktis, mudah dan
efisien adalah dengan menggunakan
A. pola utama.
B. pola dasar.
C. pena.
D. spidol.
15. Tipe huruf yang digunakan dalam pembuatan alat peraga agar
hasilnya memuaskan adalah huruf tipe
A. gothic tebal.
B. gothic bulat.
C. roman.
D. normal.
16. Pemasangan papan tulis agar dapat dilihat dengan mudah oleh
siswa-siswa adalah

17. Untuk membelajarkan konsep saling ketergantungan makhluk hidup
sebaiknya digunakan
A. papan tulis hitam.
B. papan tulis hijau.
C. papan putih.
D. papan magnet.
18. Untuk mendesain transparansi, salah satu hal yang penting adalah
A. tulisan secara mekanik.
B. isi
dalam bentuk tabel.
C. menggunakan kata-kata kunci.
D. jenis huruf bervariasi.
19. Salah satu kelebihan yang menonjol dari pembelajaran menggunakan transparansi
adalah
A. dapat digunakan berulang kali.
B. dapat diproyeksikan di layar.
C. siswa melihat dengan jelas.
D. pembelajaran berpusat pada siswa.
20. Spidol yang digunakan dalam pembuatan transparansi adalah
A. spidol permanen.
B. spidol tidak permanen.
C. spidol biasa.
D. stabilo.
21. “Teknik tindih” dalam penyajian transparansi, lebih cocok untuk
menyajikan konsep
A. cahaya.
B. gelombang.
C. daur hidrologi.
D. tata surya.
22. Untuk membelajarkan konsep “jaring-jaring makanan”, lebih tepat
digunakan alat peraga
A. model rantai makanan.
B. model jaring-jaring kehidupan.
C. model daur zat dan arus energi.
D. model piramida makanan.
23. Kaitan beberapa rantai makanan bisa digunakan untuk membentuk
model
A. rantai makanan.
B. jaring-jaring kehidupan.
C. piramida makanan.
D. ekosistem.
24.

Diagram di atas adalah
A. rantai makanan.
B. jaring-jaring kehidupan.
C. arus zat dan energi dalam ekosistem.
D. piramida makanan.
25. Persamaan antara model rantai makanan dan model jaring-jaring
kehidupan adalah keduanya menggambarkan
A. ekosistem.
B. daur energi.
C. arus zat.
D. peristiwa makan dimakan.
26.

Diagram di atas adalah
A. rantai makanan.
B. jaring-jaring kehidupan.
C. arus zat dan energi.
D. piramida makanan.
27. Model arus zat dan energi dalam ekosistem terutama digunakan untuk
menanamkan konsep berikut, kecuali
A. peranan sumber matahari.
B. fungsi pengurai dalam ekosistem.
C. perpindahan energi dalam ekosistem.
D. panas dihasilkan ekosistem.
28. Piramida ekosistem yang biasa digunakan dalam alat peraga
pendidikan adalah
A. jumlah.
B. jenis populasi.
C. biomassa.
D. taraf trofi.
29. Model piramida makanan, untuk menanamkan pengertian, kecuali
A. populasi yang menyusun taraf trofi ekosistem menyusut dengan makin
tingginya trofi.
B. piramida untuk tiap ekosistem selalu sama.
C. pada trofi terendah jumlah populasi terbanyak.
D. efisiensi energi tidak sama pada tiap perpindahan taraf trofi.
30. Alat peraga simbiosis bertujuan untuk menjelaskan
A. simbiosis mutualisma.
B. simbiosis komensalisma.
C. simbiosis parasitisma.
D. pola interaksi organisma.
31. Carta di bawah, menunjukkan simbiosis

A. mutualisma.
B. komensalisma.
C. parasitisma.
D. antisimbiosis.
32. Fungsi carta simbiosis mutualisma dalam proses belajar mengajar
adalah
A. memperjelas konsep.
B. menguatkan konsep.
C. penambah informasi.
D. aplikasi konsep.
33. Carta simbiosis komensalisma menggambar-kan bahwa hubungan kedua
makhluk hidup
A. saling menguntungkan.
B. saling bergantung.
C. tidak selalu menguntungkan.
D. tidak merugikan.
34. Carta di bawah menggambarkan simbiosis

A. mutualisma.
B. komensalisma.
C. parasitisma.
D. antisimbiosis.
35. Carta simbiosis parasitisma berisi tentang hubungan dua makhluk
hidup dimana
A. salah satu untung dengan merugikan yang lain.
B. kedua-duanya saling menguntungkan.
C. tidak ada yang untung, tidak ada yang rugi.
D. tidak dapat dipastikan untung ruginya.
36. Cacing pita pada babi disebut sebagai
A. ektoparasit.
B. endoparasit.
C. parasit.
D. antiparasit.
37. Carta tentang ikhtisar seluruh simbiosis pada tubuh manusia
bertujuan untuk menanamkan pengertian
A. pada tubuh manusia banyak organisma parasit.
B. manusia melakukan simbiosis komensalisma.
C. kita harus waspada terhadap parasit tubuh.
D. musuh-musuh kita adalah endoparasit dan ektoparasit.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 38
SAMPAI 55, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
38. Hal berikut yang benar tentang alasan diperlukannya alat bantu
dalam pembelajaran IPA adalah dapat menjelaskan
1) terjadinya suata fakta
2) mengapa fakta tersebut terjadi
3) bagaimana fakta tersebut terjadi
39. Pembelajaran IPA dengan memberikan pengalaman langsung bagi siswa
memiliki keuntungan
1) konsep mudah dipahami
2) konsep mudah diaplikasi
3) retensi tinggi
40. Alat praktik yang diperlukan untuk membelajarkan hukum ohm adalah
1) hambatan
2) avometer
3) termometer
41. Alat-alat IPA berikut yang termasuk dalam alat peraga pada
pembelajaran tata surya adalah
1) globe
2) penggaris
3) bohlam
42. Berikut ini yang termasuk keuntungan digunakannya alat peraga yang
dibuat sendiri adalah
1) menghemat biaya
2) meningkatkan kreativitas siswa
3) mengisi waktu luang siswa
43. Berikut ini yang termasuk alat peraga tiga dimensi adalah
1) tumbuhan
2) preparat
3) diaroma ekosistem
44. Alat peraga dua dimensi carta berisi
1) grafik
2) bagan
3) diagram
45. Berikut ini adalah cara penulisan huruf secara mekanik yaitu
1) stensil
2) scriber
3) rugos
46. Berikut ini adalah alat-alat yang dapat digunakan untuk membuat
huruf secara mekanik
1) rugos dan spidol
2) scriber dan template
3) cap karet dan stensil
47. Tipe-tipe huruf yang biasa digunakan dalam tulis menulis adalah
huruf
1) roman, gothic
2) kursif, teks
3) tebal, tipis
48. Kriteria papan tulis yang baik adalah
1) tidak mengkilap
2) tidak terlalu kasar
3) tidak terlalu halus
49. Cara menggunakan papan tulis sangat penting pengaruhnya terhadap
kelancaran proses belajar mengajar. Cara yang baik dalam menggunakan papan
tulis adalah
1) menuliskan uraian pembelajaran
2) menuliskan judul, istilah baru
3) mewarnai bagian-bagian gambar yang penting
50. Cara memelihara papan tulis agar mudah digunakan dalam
pembelajaran adalah
1) menggunakan kapur berkualitas baik
2) menghapus tulisan dengan tissue
3) gerakan menghapus ke atas-bawah
51. Fungsi dari papan magnet putih adalah sebagai
1) proyektor
2) display
3) papan tulis
52. Keuntungan papan putih (white-board) dibandingkan papan hitam
yaitu papan putih
1) berfungsi sebagai papan proyeksi
2) lebih bersih
3) pembuatannya mudah
53. Kegunaan alat peraga model rantai makanan dalam kegiatan belajar
mengajar adalah sebagai
1) sarana memotivasi siswa
2) alat menanamkan konsep ekosistem
3) alat evaluasi formatif atau sumatif
54. Dari komopen-komopen di bawah ini yang harus ada pada model daur
zat dan arus energi adalah
1) sumber zat dan sumber energi
2) pengurai
3) produsen, konsumen
55. Jenis-jenis carta simbiosis berikut ini yaitu
1) carta tunggal
2) carta seri
3) carta ganda
No comments:
Post a Comment