TUGAS MANDIRI
ILMU GEOGRAFI DAN PELESTARIAN
LINGKUNGAN
DALAM PIPS
(PIPS3202)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 58, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Bidang kajian geografi mencakup
A. borisfer-litosfer-hidrosfer-biosfer.
B. litosfer-atmosfer-hidrosfer-anthroposfer.
C. litosfer-atmosfer-hedrosfer-biosfer.
D. atmosfer-hidrosfer-biosfer-anthroposfer.
2. Berdasarkan bagan Millieu geografis Blink,
Boerman dan Visscher, dapat ditarik kesimpulan bahwa manusia berperan sebagai
A. pusat pembahasan.
B. penyelaras lingkungan.
C. penentu nilai.
D. pengrusak lingkungan.
3. Faktor utama yang membedakan geografi dengan
ilmu lain adalah asfek
A. waktu.
B. ekologi.
C. kewilayahan.
D. keruangan.
4. Penyebaran tumbuhan di suatu tempat akan
dipengaruhi oleh
A. tinggi tempat dan iklim.
B. suhu udara dan iklim.
C. letak lintang dan iklim.
D. suhu, tinggi tempat dan iklim.
5. Geografi sebagai ilmu pengetahuan biofisis
bila yang dipelajari
A. fisis dan biotis.
B. seluk beluk lahan.
C. gejala alam dan sosial.
D. alam dan manusia.
6. Geografi menelaah relasi manusia sebagai
kelompok dengan lingkungan. Hal ini sesuai dengan hakekat bahwa geografi
sebagai
A. ilmu pengetahuan biofisis.
B. telaah bentang alam.
C. ekologi manusia.
D. relasi manusia alam.
7. Tingkat penguasaan manusia terhadap alam
ditentukan oleh
A. tata geografi.
B. usaha manusia.
C. budaya dan teknologi.
D. kemampuan penduduk.
8. Penduduk di daerah pegunungan akan banyak
melakukan aktivitas di bidang
A. pertanian.
B. perdagangan.
C. perindustrian.
D. nelayan.
9. Ruang lingkung studi geografi meliputi
A. kehidupan manusi dan persebarannya.
B. proses dan gejala alam.
C. gejala, proses, dan penyebaran gejala.
D. gejala, proses dari region.
10. Keseluruhan permukaan bumi yang terdiri dari aspek alamiah yang
merupakan tempat tinggal manusia disebut
A. region.
B. ruang.
C. lingkungan hidup.
D. bumi.
11. Yang termasuk fakta geografis adalah
A. iklim.
B. curah hujan.
C. iklim di Indonesia.
D. jumlah curah hujan.
12. Ketersediaan bahan-bahan tambang di Indonesia antara daerah
berbeda, hal ini sesuai dengan prinsip
A. penyebaran.
B. deskripsi.
C. interaksi.
D. korologi.
13. Keterjangkauan suatu tempat yang berkaitan dengan ada tidaknya
sarana transportasi dan komunikasi disebut dengan
A. jarak.
B. lokasi.
C. aglomerasi.
D. aksesibilitas.
14. Interaksi keruangan antara desa dengan kota mengakibatkan
terjadinya
A. penglaju.
B. urbanisasi.
C. imigrasi.
D. transmigrasi.
15. Pengetahuan geografi pada zaman Yunani dan Romawi kuno bersifat
A. ilmiah.
B. praktis.
C. teoritis.
D. belum jelas batas-batasnya.
16. Untuk menganalisa hubungan antar variabel dengan cepat dan tepat,
maka geografi mengadopsi konsep teori
A. matematika.
B. statistika.
C. fisika.
D. komputer.
17. Geografi bukanlah ilmu dengan obyek studi tetapi geografi
merupakan sikap pandang untuk mengelompokkan masalah. Pandangan ini dinyatakan
oleh
A. Bintarto.
B. Katzel.
C. Hettner dan Hartshorne.
D. Huntington.
18. Dalam struktur geografi ortodoks geografi diklasifikasikan menjadi
A. filsafat-sistematik-regional-teknik.
B. geografi fisik-geografi manusia.
C. geografi lematik-geografi regional.
D. geografi lama-geografi baru.
19. Di dalam geografi terpadu digunakan lampiran yang bersifat
A. unified.
B. holistik.
C. interdisipliner.
D. terpisah-pisah.
20. Pegunungan, pola aliran sungai, lembah, pantai dan laut merupakan
bidang kajian
A. geografi manusia.
B. geografi sumber daya.
C. geografi fisik.
D. geografi regional.
21. Tujuan pembelajaran IPS adalah agar peserta didik dapat
A. memahami masalah sosial.
B. mengembangkan kemampuan menemu-kan informasi.
C. mengembangkan sikap demokratis.
D. memiliki kecintaan lingkungan.
22. Sumber belajar IPS terutama adalah
A. individu.
B. suku bangsa.
C. masyarakat.
D. penduduk.
23. IPS mengkaji hubungan manusia dengan lingkungan tempat hidupnya,
oleh karena itu diperlukan sumbangan dari ilmu
A. ekologi.
B. geografi.
C. sosiologi.
D. anthropologi.
24. Untuk mengkaji masalah-masalah sosial, IPS menggunakan pendekatan
A. lintas sektoral.
B. multi disipliner.
C. inter disipliner.
D. individual.
25. Logografi menceritakan tentang
A. apa yang didengar dan dilihat mengenai suatu negara.
B. deskripsi ilmiah suatu tempat.
C. kisah perjalanan di suatu tempat.
D. ciri spesifik suatu wilayah.
26. Geografi pada abad pertengahan ditandai oleh munculnya
A. geografi umum dan geografi khusus.
B. geografi fisik dan geografi manusia.
C. geografi budaya dan geografi politik.
D. geografi alam dan geografi sosial.
27. Jasa Immanuel Kant terhadap pengem-bangan ilmu geografi terutama
pada bidang
A. penentuan obyek formal.
B. penentuan obyek material.
C. penentuan dasar keilmuan.
D. penentuan metode analisis.
28. Ciri utama geografi pada abad ke 18 adalah bahwa geografi
A. sudah memiliki dasar filsafat dan bersifat ilmiah.
B. masih merupakan pengetahuan tentang bumi.
C. bersifat determinis.
D. bersifat possibilis.
29. Perkembangan geografi pada abad ke 19 banyak dipengaruhi oleh
aspek
A. matematika.
B. alami.
C. astronomi.
D. manusia.
30. Pendekatan geografi pada abad ke 20 bercorak
A. fisik.
B. sosial budaya.
C. teoritis.
D. praktis.
31. Aliran determinism berkembang berdasarkan teori
A. Richrofen.
B. Vidal.
C. Darwin.
D. Powell.
32. Menurut aliran possibilisme hubungan manusia dengan alam adalah
A. manusia sangat didominasi oleh alam.
B. manusia menentukan lingkungan alam.
C. dalam batas tertentu manusia dapat menguasai alam.
D. manusia menyesuaikan diri dengan alam.
33. Perubahan yang terjadi pada geografi mutakhir berkaitan dengan
A. bertambahnya bidang-bidang yang dikaji.
B. analisis makalah ditekankan pada kausalitas dan hubungan.
C. mengutamakan untuk lokasi dan sebaran.
D. menggunakan teknik kuantifikasi.
34. Hal yang membedakan antara geografi lama dan geografi baru adalah
A. geografi lama mengutamakan unsur mengapa.
B. geografi lama bersifat prospektif.
C. geografi baru menekankan pada mengapa, dan bagaimana.
D. geografi baru bersifat retrospektif.
35. Analisis hasil penelitian geografi setelah tahun 1950-an memakai
metode
A. kuantitatif dan statistik.
B. kualitatif.
C. deskriptif.
D. matematis.
36. Informasi geografis sangat diperlukan untuk
A. mengidentifikasi masalah di suatu wila-yah.
B. mengidentifikasi potensi wilayah.
C. mengevaluasi sumber daya wilayah.
D. mendasari perencanaan pembangunan wilayah.
37. Korologi dapat diartikan sebagai
A. ilmu yang mempelajari tempat diper-mukaan bumi.
B. ilmu yang mempelajari wilayah-wilayah luas dipermukaan bumi.
C. ilmu yang mempelajari uraian-uraian tempat dipermukaan bumi.
D. ilmu yang mempelajari luas wilayah-wilayah di bumi.
38. Terjadinya kerusuhan di Maluku mengakibat-kan ratusan mobil
terbakar, ratusan rumah hancur, tempat ibadat dibakar dan terjadi pengungsian
ke luar wilayah tersebut. Pernyataan tersebut merupakan salah satu kajian
geografi dengan
A. pendekatan topik.
B. pendekatan aktivitas manusia.
C. pendekatan regional.
D. pendekatan ekologi.
39. Yang dimaksud dengan pendekatan aktivitas manusia
A. mengkaji wilayah berdesa topografi.
B. mengkaji kondisi perekonomian suatu desa.
C. mengkaji kedudukan dan kependidikan di suatu kota.
D. mengkaji masalah banjir bandang di perkotaan.
40. Kajian arah pemekaran daerah-daerah urban di Pulau Bali merupakan
prinsip
A. distribusi.
B. deskripsi.
C. interrelasi.
D. korologi.
41. Contoh lokasi absolut seperti berikut ini, kecuali
A. Parangtritis terletak pada 80 00’ LS.
B. Pontianak terletak pada garis ekuator.
C. Australia terletak antara 110 LS-440LS/ 1130-1530BT.
D. Indonesia terletak antara Australia dan Asia.
42. Indonesi terletak antara negara kaya di selatan dan negara miskin
di utara. Pernyataan tersebut merupakan analisa
A. lokasi absolut.
B. lokasi relatif.
C. lokasi sebenarnya.
D. lokasi stabil.
43. Gambar berikut merupakan penjelasan dari analisa

A. lokasi absolut.
B. lokasi relatif.
C. lokasi sentral dan pengaruhnya.
D. lokasi sarang lebah.
44. Gambar berikut merupakan penjelasan dari

A. lokasi absolut.
B. lokasi sarang lebah.
C. lokasi relatif.
D. lokasi sentral dan pengaruhnya.
45. Lokasi sentral mulai dikembangkan oleh Christaller untuk analisis
perkotaan yang ada di
A. Inggris.
B. Perancis.
C. Jerman.
D. Amerika Serikat.
46. Garis yang menghubungkan tempat-tempat yang menunjukkan biaya
transportasi yang sama mengikuti konsep
A. isodapen.
B. isohiet.
C. isotim.
D. isoklinal.
47. Analisis tertangga terdekat (the nearest neigbour) merupakan
analisa
A. penyebaran.
B. interaksi keruangan.
C. difusi keruangan.
D. analisa lokasi.
48. Nodal Region mengacu pada banyak hal diatur oleh beberapa pusat
kegiatan yang saling berhubungan dengan
A. garis melintang.
B. homogenitas wilayah.
C. keseragaman jenis wilayah.
D. homogenitas fungsi wilayah.
49. Berikut ini adalah contoh wilayah umum (generic region)
A. wilayah iklim tropis, wilayah daratan banjir dan wilayah pulau
Jabotabek.
B. wilayah iklim kutub dan wilayah dataran tinggi Dieng.
C. wilayah perbukitan kapur Gunung Kidul dan wilayah puncak Gunung
Berapi.
D. wilayah iklim angin dan wilayah dataran tinggi.
50. Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Irian sering disebut sebagai
kawasan timur Indonesia. Wilayah tersebut dapat dikategorikan sebagai
A. wilayah yang seragam.
B. wilayah khusus.
C. wilayah umum (generic region).
D. wilayah-wilayah dengan berbagai pusat kegiatan yang saling
berhubungan.
51. Kategori, karakteristik dan compaqe meru-pakan
A. ciri-ciri pengertian region.
B. prinsip-prinsip pengertian region.
C. klasifikasi region.
D. kriteria region.
52. Landschaft menurut Alfred Hettner mem-bicarakan
A. tempat-tempat yang luas di muka bumi.
B. bagian permukaan bumi dengan gambaran individualitas keadaan alam
beserta isinya.
C. bentang alam terutama tentang kondisi fisiknya.
D. bagian permukaan bumi dengan gambaran bentang alam secara fisik
bukan sampai pada non fisik.
53. Konsep Lebensraum oleh Frederich Ratzel adalah bahwa
A. dasar studi geografi adalah pengetahuan tentang manusia
dihubungkan dengan alam lingkungan.
B. mempelajari cara hidup dengan ciri-ciri yang ditentukan oleh
tingkat peradaban dan pengaruh lingkungan alam terhadap manusia.
C. ruang hidup yang ada di muka bumi memberikan gambaran bentuk
keadaan alam.
D. dasar study geografi adalah pengetahuan tentang alam semesta.
54. Sasaran geografi yang mempelajari cara hidup dengan ciri-ciri yang
ditentukan oleh tingkat peradaban dan pengaruh lingkungan terhadap manusia.
Pendapat ini dikemukakan oleh
A. Alfed Hetner.
B. Vidal de La Blache.
C. E. Huntington.
D. Ratzel.
55. Ukuran, bentuk, keterjangkauan lokasi, perbatasan, hubungan dengan
laut, topografi, mineral, iklim dan penduduk adalah
A. unsur-unsur strategis yang dikemukakan oleh Cressey.
B. unsur-unsur strategis yang dikemukakan oleh Wheeler.
C. topik-topik kunci yang dikemukakan oleh Wheeler, Kostbah dan
Thoman.
D. unsur-unsur landschaft yang dikemuka-kan oleh Alfred Hettner.
56. Mempelajari cara hidup dengan ciri-ciri yang ditentukan oleh
tingkat peradaban dan pengaruh lingkungan alam terhadap manusia adalah sasaran
utama geografi menurut
A. E Huntington.
B. Hantshorne.
C. Alfred Hettner.
D. Friderick Ratzel.
57. Peter Hagget banyak mengemukakan pandangan geografi yang
mengutamakan analisis dengan statistik. Pandangan tersebut termasuk
A. pandangan Holistik.
B. pandangan Volunter.
C. pandangan Posibilis.
D. pandangan Probabilis.
58. Menurut Matheson, bumi merupakan bagian dari alam semesta. Hal
tersebut sesuai dengan pandangan
A. Determinisme.
B. Holistik.
C. Posibilis.
D. Probabilis.
No comments:
Post a Comment