TUGAS MANDIRI
ILMU KESEHATAN DAN GIZI
(PIPA3332)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 60, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Yang perlu diketahui siswa mengenai kesehatan
sekolah adalah hal-hal berikut, kecuali ….
A. kesehatan lingkungan
B. kebersihan kelas
C. pengajaran kesehatan
D. letak lokasi sekolah
2. Arti sehat bagi seseorang menurut pendapat
yang benar dari seorang guru adalah ….
A. sistem organ tubuh bekerja normal
B. cara bekerja dan berbicara normal
C. keadaan tubuhnya bersih dan segar
D. adanya keseimbangan gerak tubuh
3. Untuk mewujudkan adanya keserasian
perkembangan jasmani diperlukan hal-hal berikut, kecuali ….
A. kondisi lingkungan yang tepat
B. komposisi makanan yang baik
C. latihan jasmani yang teratur
D. tanggung jawab terhadap kelestarian
lingkungan
4. Keadaan sehat pada diri seseorang dapat
terwujud bila terjadi keterpaduan antara faktor-faktor berikut, kecuali
….
A. kondisi jasmani baik
B. mempunyai rasa indah
C. tanggung jawab untuk memelihara lingkungan
D. mempunyai latar belakang pendidikan tinggi
5. Pengertian pendidikan kesehatan adalah ….
A. usaha untuk mempelajari tentang penyakit
B. suatu proses untuk mengetahui cara pengobatan
C. suatu proses perubahan perilaku manusia dalam
memelihara kesehatan dirinya.
D. proses perubahan perilaku manusia untuk
memelihara kesehatan diri dan lingkungannya
6. Pendidikan kesehatan bagi manusia merupa-kan
proses ….
A. untuk mencapai kesehatan diri seseorang dan
lingkungan
B. untuk mengetahui sebab sesuatu penyakit
C. untuk mencari obat yang sesuai dengan
penyakit yang dihadapinya
D. dalam memenuhi penularan berbagai macam penyakit
7. Menurut Edward B.John, tujuan pendidikan
kesehatan adalah untuk ….
A. meningkatkan efektivitas daya guna seseorang
B. perubahan perilaku seseorang dalam memelihara
kesehatan
C. meningkatkan daya guna seseorang atau
masyarakat dalam memelihara kesehatan
D. mengembangkan rasa tanggung jawab seseorang
terhadap kepentingan kesehatan secara umum
8. Hal-hal berikut merupakan peranan Usaha
Kesehatan Sekolah (UKS) dalam pendidikan kesehatan di sekolah, kecuali
….
A. memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar
hidup sehat
B. memberikan contoh tingkah laku yang baik
terhadap kesehatan
C. melatih kebiasaan hidup sehat bagi siswa
D. melatih cara mendiagnosa penyakit yang
diderita siswa
9. Dicantumkannya pelajaran kesehatan dalam
Kurikulum 1975 untuk sekolah menengah dan sekolah kejuruan agar siswa dapat ….
A. menilai
tentang prinsip-prinsip hidup sehat
B. melaksanakan pencegahan terhadap penyakit
C. mengetahui sifat-sifat berbagai penyakit
D. mengenal berbagai penyebab penyakit
10. Hal-hal berikut yang tidak termasuk faktor moral adalah ….
A. petugas dan masyarakat sekolah
B. guru dan murid
C. guru dan orang tua murid
D. ruang kelas yang bersih
11. Dalam usaha agar siswa ikut aktif dalam usaha-usaha kesehatan,
maka pengajaran sekolah mengandung bahan pelajaran yang berkaitan dengan
hal-hal berikut, kecuali ….
A. kebersihan perorangan dan lingkungan
B. pencegahan
dan pemberantasan penyakit
C. pengobatan
yang sesuai dengan penderita
D. perawatan orang sakit di rumah
12. POMG (Persatuan Orang Tua Murid dan Guru) sangat menunjang
keberhasilan pendidikan kesehatan sekolah, sebab ….
A. orang tua murid membantu kegiatan sekolah
B. orang tua murid bertanggung jawab terhadap pendidikan di sekolah
C. kesehatan murid banyak ditentukan lingkungan keluarga
D. POMG merupakan salah satu organisasi intra sekolah
13. Untuk mencegah penularan penyakit, maka di sekolah dapat dilakukan
dengan cara berikut, kecuali ….
A. pemeriksaan secara berkala kesehatan tubuh
B. pemeliharan dan pengawasan terhadap kebersihan lingkungan
C. mengenal kelainan yang mempengaruhi pertumbuhan jasmani dan rohani siswa
D. melakukan pengobatan sesuai dengan penyakit yang diderita siswa
14. Penyuluhan dan bimbingan merupakan faktor untuk mewujudkan
masyarakat sekolah yang sehat mentalnya, sebab ….
A. faktor mental perlu adanya hubungan antara murid, guru dan
masyarakat sekolah
B. penyuluhan dan bimbingan guru dapat memberikan wawasan kepada
siswa untuk hidup sehat
C. hubungan yang baik antara guru dan murid dapat mewujudkan
pertumbuhan mental yang baik
D. melalui penyuluhan dan bimbingan dapat mewujudkan keserasian
antara murid dengan guru
15. Kegiatan POMG dalam sistem persekolahan sangat penting dalam
pendidikan kesehatan sekolah, sebab ….
A. POMG menyediakan dana untuk memelihara kesehatan murid
B. hubungan guru dengan orang tua murid termasuk ruang lingkup
pendidikan kesehatan
C. lingkungan
keluarga menentukan kesehatan murid
D. hubungan guru dengan orang tua murid dapat mewujudkan keserasian
lingkungan sekolah
16. Peranan guru dalam pendidikan kesehatan adalah ….
A. memberikan
suri tauladan kebiasaan hidup sehat
B. merupakan tempat mencurahkan isi hati siswa
C. mengubah perilaku anak didiknya
D. mengusahakan hubungan yang serasi antara murid dan guru
17. Pak Ali, guru matematika, selalu mencuci tangan setelah selesai
mengajar karena kotor kena kapur tulis. Tindakan pak Ali tersebut dalam
perannya sebagai guru dapat berfungsi ….
A. sebagai bimbingan siswa dalam kebiasa-an hidup sehat
B. sebagai penyuluhan kesehatan bagi siswa
C. suri tauladan dalam kebiasaan hidup sehat
D. bimbingan
dan penyuluhan dalam kesehatan sekolah
18. Agar
guru dapat berfungsi dengan baik sebagai pembimbing atau penyuluh kesehatan
murid, maka guru perlu melakukan hal-hal berikut, kecuali ….
A. mengumpulkan data pribadi siswa
B. mencatat keluhan-keluhan siswa
C. meneliti penyakit siswa
D. mengetahui latar belakang keluarga siswa
19. Guru dalam peranannya sebagai penghubung antara sekolah dan
masyarakat, maka dalam bidang kesehatan perlu melakukan hal-hal berikut, kecuali
….
A. melanjutkan pemeriksaan kesehatan siswa yang memerlukan perawatan
lebih intensif
B. membawa siswa yang sakit parah ke rumah sakit
C. mengantarkan pulang siswa yang sakit di sekolah dan menyerahkan
kepada orang tuanya
D. melarang siswa yang sakit untuk masuk sekolah
20. Peranan guru sebagai koordinator kesehatan sekolah perlu melakukan
hal-hal berikut, kecuali ….
A. pengawasan
terhadap kegiatan kesehatan sekolah
B. penyuluhan terhadap penyusunan menu makanan sehat
C. imunisasi untuk seluruh siswa secara periodik dan terjadwal
D. mengusahakan biaya pengobatan bagi siswa yang sakit
21. Lingkungan mempunyai peranan penting terhadap kehidupan manusia
sebab mem-punyai potensi-potensi sebagai berikut, kecuali ….
A. sumber zat-zat yang diperlukan manusia
B. tempat pembuangan sampah untuk di daur ulang
C. menunjang kelangsungan hidup manusia dan makhluk yang lain
D. selalu dapat menunjang kesehatan manusia
22. Faktor-faktor yang saling ketergantungan satu sama lain dalam
masalah kesehatan lingkungan adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. lingkungan (environment)
B. bibit penyakit (agent)
C. adaptasi (adaptation)
D. inang (host)
23. Guru menjelaskan bahwa untuk mencegah penyakit malaria antara lain
dengan mengalirkan air yang tergenang agar tidak ditempati sarang nyamuk. Usaha
tersebut merupakan bagian dari masalah ….
A. pengelolaan lingkungan
B. kesehatan lingkungan
C. pengatur keseimbangan lingkungan
D. keberhasilan lingkungan
24. Pengelolaan hubungan antara manusia dengan lingkungan demi untuk
kesehatan manusia termasuk dalam ilmu ….
A. lingkungan (Ekologi)
B. kesehatan lingkungan
C. kesehatan masyarakat
D. kesehatan manusia
25. Kesehatan manusia akan terwujud bila keadaan lingkungannya sehat.
Hal ini berarti bahwa ….
A. lingkungan harus dikelola dengan baik
B. lingkungan bermanfaat bagi manusia
C. kesehatan manusia sangat dipengaruhi keadaan lingkungan
D. lingkungan merupakan sumber kesehatan manusia
26. Tujuan utama kesehatan lingkungan adalah ….
A. mewujudkan lingkungan yang bersih
B. memelihara lingkungan hidup manusia
C. mewujudkan keserasian hidup manusia dan lingkungan
D. memelihara kesehatan manusia
27. Adanya gangguan sistem keseimbangan antara perilaku manusia dengan
lingkungan-nya, antara lain disebabkan oleh ….
A. makin berkurangnya kebutuhan manusia
B. lingkungan makin kotor atau tercemar
C. makin meningkatnya kebutuhan manusia
D. makin berkembangnya teknologi modern
28. Secara umum arti pencemaran lingkungan adalah ….
A. kerusakan faktor lingkungan fisik
B. terganggunya
sistem keseimbangan manusia dengan lingkungannya
C. terganggunya kesehatan hidup manusia
D. berkurangnya kuantitas air di lingkungan-nya
29. Banyak kota-kota besar membuat hutan kota, hal ini bertujuan untuk
….
A. memperbaiki struktur tanah
B. mencegah terjadinya pencemaran udara
C. melestarikan jenis-jenis tanaman tertentu
D. meningkatkan sumber daya alam
30. Air yang tidak menunjang kesehatan manusia mempunyai ciri-ciri
berikut, kecuali ….
A. jernih
B. berbau
C. berwarna
D. berasa
31. Makin berkembangnya ilmu kesehatan dan peralatan kedokteran yang
modern secara tidak langsung akan meningkatkan kepadatan penduduk yang
berdampak negatif terhadap ….
A. kondisi fisik manusia
B. perkembangan mental manusia
C. keseimbangan
manusia dengan lingkungannya
D. tersedianya kebutuhan manusia di lingkungan
32. Terjadinya
ledakan penduduk akan menyebabkan hal-hal berikut, kecuali ….
A. gangguan keseimbangan antara manusia dengan lingkungannya
B. mempercepat berkurangnya sumber daya alam
C. manusia makin mudah menguasai alam
D. makin cepat terjadinya pencemaran lingkungan
33. Manusia dapat menjadi penyebab terjadinya pencemaran lingkungan
dalam hal-hal berikut, kecuali ….
A. penebangan hutan tanpa terkendali
B. pengadaan hujan buatan
C. pembuangan sampah ke sungai
D. pengurasan sumber daya lingkungan
34. Berdasarkan keadaan faktor yang berhubung-an, maka penyakit yang
mempunyai empat faktor berhubungan adalah ….
A. malaria
B. influensa
C. kudis
D. pes
35. Peranan air dalam penyebaran penyakit ber-fungsi sebagai ….
A. vektor
B. perantara
C. substrat
D. tuan rumah
36. Penyakit yang disebabkan oleh keadaan lingkungan sosial adalah penyakit
….
A. kolera
B. kaki gajah
C. tekanan darah
D. kudis
37. Penularan penyakit akan dipermudah oleh adanya ….
A. makanan yang higienis
B. keadaan sanitasi yang baik
C. makin padatnya pemukiman penduduk
D. pemeriksaan kesehatan secara rutin
38. Lingkungan
sekolah dapat berubah menjadi lingkungan yang rawan karena merupakan tempat
terjadinya hal-hal berikut, kecuali ….
A. penularan
penyakit
B. penjangkitan penyakit
C. pertambahan resistensi tubuh
D. kelainan pertumbuhan tubuh
39. Agar siswa terjaga kesehatan di sekolah, maka sekolah perlu
dilengkapi sarana berikut, kecuali ….
A. kantin sekolah
B. sanitasi yang baik
C. air yang bersih
D. alat bermain
40. Perubahan keseimbangan lingkungan psikis di sekolah dapat
menyebabkan terjadinya ….
A. kelainan kepribadian
B. berkembangnya kreativitas
C. kemandirian siswa
D. perkembangan rasa tanggung jawab
41. Pengetahuan tentang penyakit akan mem-pelajari hal-hal berikut, kecuali
….
A. jenis penyakit
B. cara mengobati orang sakit
C. cara pencegahan penyakit
D. faktor penyebab penyakit
42. Yang dimaksud dengan penyakit adalah ….
A. sesuatu yang mengganggu kesehatan manusia
B. ketidakseimbangan
manusia dengan lingkungan
C. suatu yang merugikan hidup manusia
D. terganggunya fungsi faal tubuh manusia
43. Untuk melakukan pencegahan penyakit perlu mengetahui hal-hal berikut,
kecuali ….
A. cara penyebaran bibit penyakit
B. cara kembang biak penyakit
C. cara pengobatan penyakit
D. macam faktor bibit penyakit
44. Tindakan karantina terhadap sesuatu yang dianggap dapat menjadi
penular penyakit berguna untuk hal-hal berikut, kecuali ….
A. memudahkan tindakan prognosa
B. memudahkan tindakan diagnosa
C. mempermudah melakukan pengobatan
D. membantu menghambat pembiakan bibit penyakit
45. Karantina harus dilakukan terhadap ….
A. semua penderita penyakit menular
B. penderita penyakit menular tertentu
C. makhluk hidup yang dianggap penular penyakit
D. tumbuhan dan hewan yang dianggap penular penyakit
46. Hal-hal berikut dapat menyebabkan timbulnya penyakit, kecuali ….
A. gangguan kejiwaan
B. kekurangan zat makanan tertentu
C. adanya keseimbangan lingkungan
D. adanya infeksi pada tubuh
47. Penularan penyakit berikut yang disebabkan oleh adanya kontak langsung dengan penderita,
adalah ….
A. tuberkulosis
B. kusta
C. difteri
D. campak
48. Bila seseorang mempunyai gejala penyakit: pucat, badan lemah,
waktu malam sering ber-keringat dan batuk yang disertai panas badannya naik,
maka kemungkinan orang tersebut menderita penyakit ….
A. influensa
B. tuberkulosis
C. difteri
D. pneumonia
49. Penyakit berikut yang disebabkan oleh bakteri Vibrio comma
adalah ….
A. pneumonia
B. cholera
C. tipus
D. difteri
50. Penyakit berikut yang sering diderita oleh anak-anak adalah ….
A. frambosia
B. influensa
C. polio
D. pneumonia
51. Seorang anak menderita deman dan sesak nafas serta selaput
tenggorokan memutih, maka kemungkinan anak tersebut menderita penyakit ….
A. morbili
B. voricella
C. pertusis
D. difteri
52. Penggunaan alas kaki, dalam kehidupan sehari-hari dapat mencegah
terjangkit penyakit ….
A. hepatitis
B. elephantiasis
C. morbili
D. voricella
53. Untuk meningkatkan nilai kesehatan maka harus dilakukan tindakan
sebagai berikut, kecuali ….
A. makanan harus memenuhi kebutuhan gizi
B. air harus dimasak sebelum diminum
C. cuci tangan sebelum memegang makanan
D. alat-alat makan harus dicuci dengan air panas
54. Usaha yang dapat mewujudkan sanitasi yang baik adalah sebagai
berikut, kecuali ….
A. tersedianya jamban
B. ventilasi rumah cukup
C. tersedianya penampungan air
D. tersedianya penampungan sampah
55. Tujuan dimasaknya air minum sebelum digunakan, adalah untuk
mencegah terjang-kitnya penyakit ….
A. cholera
B. elephantiasis
C. pneumonia
D. hepatitis
56. Syarat rumah tinggal yang sehat adalah sebagai berikut, kecuali
….
A. ventilasi yang cukup
B. tersedia tempat sampah
C. MCK harus jauh dari
sumur
D. harus ada tambahan produktif
57. Pencegahan sesuatu penyakit secara medis dapat dilakukan dengan
cara berikut, kecuali ….
A. sterilisasi
B. vaksinasi
C. imunisasi
D. pasteurisasi
58. Untuk ibu hamil empat bulan sampai tujuh bulan diberi vaksinasi
TPT, yaitu untuk mencegah penyakit ….
A. tetanus
B. difteri
C. polio
D. pertusis
59. Bagi seseorang kekebalan pasif dapat diperoleh dengan jalan ….
A. vaksinasi
B. setelah sembuh sakit
C. suntikan serum
D. pencacaran
60. Vaksinasi dapat dilakukan dengan cara-cara berikut, kecuali ….
A. menyuntikkan bibit penyakit yang dimati-kan
B. menyuntikkan bibit penyakit yang dilum-puhkan
C. menyuntikkan toksin bibit penyakit
D. mengisolasi bibit penyakit
No comments:
Post a Comment