Cloud Hosting Indonesia

21 May, 2014

Soal bahasa Inggris Tefl IV



TUGAS MANDIRI
TEFL IV
(PRIS4271)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  60, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Semua yang tersebut berikut adalah faktor eksternal penyebab kekuranglancaran pem-belajaran bahasa Inggris kecuali ….
A.   lokasi sekolah yang jauh.
B.   rasa rendah diri siswa.
C.   masyarakat yang terbelakang.
D.   perlengkapan sekolah yang minim.

2.   Dari contoh daftar nilai di bawah ini, hitunglah angka rata-rata bahasa Inggris untuk siswa tersebut di bawah:
               Siswa A = 80, siswa B = 52; siswa C = 66;
               siswa D = 74; siswa E = 50.
A.   64,5
B.   65
C.   64,4
D.   64
     
3.   Tes diagnostik bermanfaat untuk mengetahui ….
A.   jumlah siswa yang mengalami kesulitan belajar
B.   tidak adanya perhatian orang tua terhadap pendidikan anaknya
C.   jenis dan penyebab kesulitan belajar siswa
D.   lokasi kesulitan siswa

4.   Gangguan yang dapat terjadi karena pengaruh bahasa Ibu dalam belajar bahasa Inggris biasa disebut ….
A.   transfer
B.   interference
C.   linguistic category
D.   communicative effect

5.   Gangguan bahasa Ibu atau mother-tongue interference adalah ….
A.   kesalahan-kesalahan yang dibuat siswa pada tahap awal yaitu dengan adanya bunyi-bunyi, kata-kata, dan struktur-struktur L1
B.   kebiasaan-kebiasaan yang dibuat siswa dalam mempelajari L2
C.   kesulitan dasar yang ditimbulkan oleh suatu hal khusus yang tercipta dari kebiasaan-kebiasaan dalam bahasa ibu
D.   sebagian besar kesalahan struktur dalam penggunaan L2

6.   ‘I am like bakso’ adalah kesalahan yang dapat digolongkan dalam  ….
A.   global error
B.   interlingual error
C.   local error
D.   intralingual error

7.   Salah satu asumsi hipotesis Contrastive Analysis adalah
A.   kebiasaan menggunakan struktur L1 dalam mempelajari L2
B.   kebiasaan menggunakan L1 yang dianggap sebagai faktor pengganggu untuk mempelajari L2
C.   kesalahan dalam menggunakan struktur L1 dalam mempelajari L2
D.   penggolongan jenis kesalahan yang dibuat siswa dalam mempelajari L2

8.   Kesalahan-kesalahan yang dibuat siswa dalam proses belajar L2 karena pengaruh L1, dinamakan ….
A.   intralingual errors
B.   interlingual errors
C.   global errors
D.   local errors

9.   “I don’t know what is that” adalah contoh kesalahan .…
A.   misformation
B.   omission
C.   addition
D.   misordering

10.   Kegiatan menerjemahkan dari L1 ke L2 merupakan sumber dari ….
A.   developmental errors
B.   structural errors
C.   intralingual errors
D.   interlingual errors

11.   Salah satu cara melaksanakan kegiatan remedial di dalam proses belajar mengajar ialah dengan cara ….
A.   mengetahui sifat-sifat kesenjangan dan derajat kesenjangan dari para siswa
B.   menyediakan waktu secara ekstra kepada para siswa yang memerlukan
C.   memberikan pelajaran ekstra
D.   memberikan latihan-latihan ekstra

12.   Salah satu contoh manfaat Error Analysis adalah ….
A.   sebagai petunjuk dan penunjang pengajaran remedial
B.   untuk menanamkan konsep-konsep bahasa
C.   guna mempertahankan suatu teori
D.   sebagai strategi belajar-mengajar bahasa asing

13.   ‘Error Analysis’ memberi masukan pada guru berupa .…
A.   cara mempelajari proses penguasaan L2
B.   tingkat kesenjangan yang dapat diterima
C.   petunjuk bagaimana kesalahan siswa ditemukan
D.   derajat kesenjangan yang dimiliki sebagian besar siswa

14.   Pengertian interlanguage dapat dijelaskan sebagai berikut ….
A.   beberapa dialek yang bentuknya sama
B.   komunikasi yang diperlancar oleh dialek
C.   ciri kaidah suatu dialek yang terdapat pada L1 siswa dan L2 yang dipelajarinya
D.   logat bahasa dalam komunitas khusus

15.   Menurut Pit Corder istilah lain untuk ‘bahasa siswa’ ialah ….
A.   traditional competence
B.   interlanguage
C.   official dialect
D.   mutual language

16.   Bahasa di dalam sajak sering disebut. ....
A.   idiosyncratic
B.   covertly idiosyncratic
C.   pathologically deviant
D.   transitional competence

17.   Open-ended tests merupakan .…
A.   recognition tests
B.   production tests
C.   multiple choice tests
D.   true-false tests

18.   Dalam tes objektif, pilihan siswa atas bentuk-bentuk yang ungrammatical menunjukkan bahwa ….
A.   siswa kurang dapat menggunakan pola kalimat
B.   siswa tidak mengerti cara memasangkan kalimat
C.   siswa belum menguasai pola kalimat
D.   siswa tidak dapat menerka jenis-jenis kalimat yang sesuai untuk digunakan

19.   Apakah yang dapat terungkap dengan Error Analysis?
A.   Mengapa kesalahan tertentu ditampilkan oleh siswa.
B.   Mengapa bidang struktur bahasa selalu ditekankan.
C.   Mengapa guru tidak menerapkan pengukuran objektif.
D.   Mengapa jawaban siswa selalu salah.

20.   Dasar rekonstruksi kalimat yang telah dibuat oleh siswa umumnya melalui ….
A.   error analysis
B.   interpretation
C.   contrastive analysis
D.   open-ended test

21.   Interpretasi kalimat siswa yang didasarkan pada bentuk kalimat dan konteksnya disebut .…
A.   acceptable interpretation.  
B.   appropriate interpretation.
C.   plausible interpretation.
D.   authoritative interpretation.

22.   Apakah makna plausible interpretation?
A.   Mengkaji terjemahan kalimat.
B.   Kajian tentang makna kalimat.
C.   Telaah tentang konteks dan bentuk kalimat.
D.   Analisis kesalahan struktur kalimat.

23.   Perhatikan tanya-jawab ini:
                    Adi   : “Is he absent?”
                    Toni  : “Yes, he is here already”
               Secara gramatikal jawaban itu merupakan kalimat yang  .…
A.   salah; bertentangan dengan kaidah struktur
B.   covertly idiosyncratic; tidak sesuai dengan konteks.
C.   benar; sejalan dengan pertanyaannya.
D.   idiosyncratic; sulit diinterpretasikan.

24.   Yang merupakan penyebab kesalahan siswa dalam berbahasa Inggris adalah ….
A.   Linguistic description
B.   Over-generalization
C.   Concepts being described
D.   Lexico semantic case

25.   Mana diantara kalimat-kalimat di bawah ini yang grammatically correct but not logical (secara gramatika benar akan tetapi tidak logis)?
A.   Hens lay eggs
B.   They are writing letters
C.   Bees sting me
D.   He sent me a birthday present

26.   Pada kalimat “I help him to open the gate”, di sini siswa melakukan satu jenis kesalahan yang disebut ….
A.   over-generalization
B.   incomplete application of rules
C.   ignorance of rule restrictions
D.   false concepts hypothesized

27.   Manakah kalimat yang mengandung kesalahan struktural?
A.   Why doesn’t he like to dress formally?
B.   I don’t know what time is it now.
C.   We went together last night.
D.   The forest was quite quite.

28.   Kalimat bahasa Inggris dengan kesalahan pilihan kata adalah .…
A.   It contains water
B.   I contain the glass with water
C.   The glass contains water
D.   Water is in the glass.

29.   Hubungan antara interpretasi dan rekonstruksi terletak pada kenyataan bahwa ...
A.   keduanya merupakan tugas pemikiran guru
B.   keduanya terkait dengan tata bahasa
C.   keduanya terkait dengan kegiatan remedial
D.   keduanya menyangkut evaluasi pengajar-an

30.   Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil evaluasi belajar, antara lain: ….
A.   sikap siswa terhadap pengajaran
B.   umur dan kesiapan belajar
C.   penyempurnaan dan perbaikan kurikulum
D.   pengalaman belajar siswa

31.   Evaluasi mempunyai objek tertentu. Dua contoh objek dimaksud ialah kemampuan .…
A.   membaca dan menulis
B.   menggunakan kamus dan komputer
C.   memilih buku teks dan berkomunikasi lisan
D.   memperkaya kosa kata dan mengenal kesalahan

32.   Kemampuan yang penting untuk memahami bahasa lisan ialah kemampuan ….
A.   kemampuan menulis
B.   kemampuan berbicara
C.   kemampuan mendengarkan
D.   kemampuan menyimak

33.   Nilai praktis suatu alat ukur dapat dilihat dari .…
A.   apakah sesuai dengan apa yang hendak diukur
B.   mudah diadministrasikan
C.   apakah membuahkan hasil pengukuran yang dapat dipercaya
D.   memiliki alokasi waktu yang sesuai dengan jumlah soal

34.   Salah satu cara untuk mengetahui sampai dimana suatu pengukuran dapat diandalkan ialah dengan ….
A.   menganalisa skor tes yang mempunyai korelasi cukup tinggi
B.   mengulangi pengukuran tersebut dengan tes yang sama
C.   membuat analisis yang cermat mengenai skill tersebut
D.   menunjukkan bahwa hasil pengukuran tes itu benar-benar telah dilakukan dengan cermat

35.   Tes baku ialah ….
A.   tes yang disusun berdasarkan isi dan tujuan pengajaran pada jenjang tertentu yang biasanya dapat diterapkan kepada berbagai macam pihak
B.   tes yang disusun berdasarkan topik atau ruang lingkup tertentu dan hasilnya mencerminkan keadaan suatu jenjang tertentu pula
C.   tes yang harus diuji coba berkali-kali dan dapat digunakan pada semua sekolah
D.   tes yang menggambarkan generalisasi suatu populasi

36.   Pada waktu yang berbeda, sebuah grup siswa dikenai tes yang sama. Hasilnya relatif sama. Dalam hal seperti ini, tes itu dapat dikatakan ...
A.   praktis
B.   fleksibel
C.   reliabel
D.   valid

37.   Apakah yang dimaksud dengan Discourse Analysis?
A.   Analisis fonim sampai dengan wacana dan fungsinya.
B.   Analisis frasa dan struktur.
C.   Analisis kosa kata dan artinya.
D.   Analisis fungsi morfim.

38.   Keterkaitan mistake dan error tampak pada kenyataan bahwa keduanya merupakan .…
A.   faktor kesulitan belajar siswa
B.   kesalahan dalam interlanguage
C.   kesalahan berbahasa Inggris yang tidak disengaja
D.   faktor kelemahan karena kurang latihan

39.   The followings are concerned with a diagnostic test, except .…
A.   a progress test
B.   checks on students’ progress in learning particular elements of the course
C.   is designed to sort new students into teaching groups
D.   is to answer to “How well have the students learnt this particular material?”

40.   What is a placement test?
A.   A test which is similar to an achievement test.
B.   A test designed to sort new students into teaching groups.
C.   A test used to compare students’ performance.
D.   A test to see the appropriateness of a method.

41.   Three steps in designing test must be followed: ….
A.   determining the linguistic content of the unit, setting communication goals, and matching the sample test against the taxonomy
B.   setting communication goals, determining mechanical skills, and classifying objectives taxonomically
C.   determining the linguistic content of the unit, classifying student behaviour according to a taxonomy
D.   determining mechanical skills, deter-mining the students’ mastery of the linguistic competence, and classifying objectives taxonomically

42.   In listening comprehension, we test ….
A.   the students’ ability to send the message in the language learned
B.   the students’ ability to write in the language learned
C.   the students’ ability to understand the spoken language learned
D.   the students’ ability to read in the language learned

43.   External behavior refers to .…
A.   speaking and writing, reading and listening
B.   listening and reading
C.   imitating foreign language speech, writing, songs and proverbs
D.   breaking down a passage into elements of style, tone, theme, etc.

44.   The objective for a proficiency test should be based on .…
A.   what the teacher wants to test
B.   the students’ future need
C.   the purposes of the current teaching
D.   a more general content

45.   Speaking skill is difficult to evaluate because ….
A.   there are two people involved.
B.   it’s difficult for the teacher to be objective.
C.   it’s difficult to prepare the test.
D.   it’s difficult to determine the criteria to be tested.

46.   What is meant by taxonomy?
A.   The setting of communication goals.
B.   The selection of test objectives.
C.   The use of language contexts to create communication.
D.   The classification system that begins from the simplest to the most complex behaviors.

47.   Grammar test items include the following, except .…
A.   completion, sentence alternatives
B.   error identification, conversion
C.   cloze procedure
D.   intonation and stress

48.   Pada tingkat lanjut, tes membaca dapat berbentuk ….
A.   matching
B.   skimming
C.   translating
D.   punctuating

49.   The objective of vocabulary tests is to measure .…
A.   how many words the students have mastered
B.   the comprehension and production of words used in speaking and writing
C.   the ability to produce lexical units
D.   the knowledge of puzzles and games

50.   Scores given by counting the number of correct answers on a test are ….
A.   imaginary scores
B.   average scores
C.   raw scores
D.   frequency of scores

51.  
              
  x
  f
   fx
35
34
33
32
31
30
28
27
26
25
24
23
22
21
  1
  1
  3
  2
  2
  1
  6
  3
  2
  2
  1
  1
  1
  2
  35
  34
  99
  64
  62
  30
168
  81
  52
  50
  24
  23
  22
  42

Total
786

The mean of the group of scores in the above table is ….
       
        A.   26
B.   27
C.   28
D.   29

52.   The followings are benefits of item analysis, except ....
A.   whether or not the item discriminates
B.   whether or not the item tells the difference between high and low students
C.   whether or not the item adds up the number of high students
D.   how difficult each item is and which distractors are working as they should

53.   By intralingual interference or transfer we mean ….
A.   the errors that the students make before misleading explanation by the teacher
B.   the errors that are the result of the transfer of the native language
C.   the incorrect generalization of rules within the target language
D.   the error because of hesitant productions of speech

54.   Pada tiap butir tes berbentuk pilihan berganda dengan empat options, ada kemungkinan jawaban benar, meski jawaban itu hanya berasal dari dugaan siswa. Berapa persenkah kemungkinan benar itu?
A.   60%
B.   40%
C.   35%
D.   25%

55.   Hasil apakah yang mungkin ditampilkan oleh tes yang secara keseluruhan terlalu sulit bagi siswa?
A.   Lemahnya kemauan dan semangat belajar.
B.   Tingginya kegiatan menyontek.
C.   Rendahnya angka Mean Score.
D.   Besarnya jumlah jawaban dugaan.

56.   “The girl skinny” is an example of an ….
A.   intralingual error
B.   interlingual error
C.   error in contect of learning
D.   error in communication strategies

57.   All of the following define intralingual errors, except .…
A.   the errors because of hesitant productions of speech
B.   the incorrect generalization of rules within the target language
C.   the errors that are the result of the transfer of the native language
D.   the errors that the students make before of misleading explanation by the teacher

58.   “How the accident happens?” is an example of ….
A.   omission of auxiliary, underuse of do in questions, and faulty questions transformation
B.   incorrect agreement of subject and verb, disagreement of subject and tense, and disagreement of subject and number
C.   omission of auxiliary, incorrect agreement of subject and verb, and disagreement of subject and tense
D.   omission of auxiliary, faulty question transformation, and incorrect agreement of subject and verb

59.   The science and the technology are the most popular things now, while a human beings try to go back to a nature.
               From the above sentence, the amount of ‘unnecessary articles’ are ….
        A.   4
B.   3
C.   2
D.   1

60.   ‘My brother he go to Mexico’ is an example of .…
A.   omission of subject pronoun
B.   subject pronoun used as a redundant element
C.   substitution of singular for plural
D.   omission of the subject pronoun

No comments:

Post a Comment