TUGAS MANDIRI
TEFL IV
(PRIS4271)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 60, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Semua yang tersebut berikut adalah faktor
eksternal penyebab kekuranglancaran pem-belajaran bahasa Inggris kecuali
….
A. lokasi sekolah yang jauh.
B. rasa rendah diri siswa.
C. masyarakat yang terbelakang.
D. perlengkapan sekolah yang minim.
2. Dari contoh daftar nilai di bawah ini,
hitunglah angka rata-rata bahasa Inggris untuk siswa tersebut di bawah:
Siswa
A = 80, siswa B = 52; siswa C = 66;
siswa
D = 74; siswa E = 50.
A. 64,5
B. 65
C. 64,4
D. 64
3. Tes diagnostik bermanfaat untuk mengetahui ….
A. jumlah siswa yang mengalami kesulitan belajar
B. tidak adanya perhatian orang tua terhadap
pendidikan anaknya
C. jenis dan penyebab kesulitan belajar siswa
D. lokasi kesulitan siswa
4. Gangguan yang dapat terjadi karena pengaruh
bahasa Ibu dalam belajar bahasa Inggris biasa disebut ….
A. transfer
B. interference
C. linguistic category
D. communicative effect
5. Gangguan bahasa Ibu atau mother-tongue
interference adalah ….
A. kesalahan-kesalahan yang dibuat siswa pada
tahap awal yaitu dengan adanya bunyi-bunyi, kata-kata, dan struktur-struktur L1
B. kebiasaan-kebiasaan yang dibuat siswa dalam
mempelajari L2
C. kesulitan dasar yang ditimbulkan oleh suatu
hal khusus yang tercipta dari kebiasaan-kebiasaan dalam bahasa ibu
D. sebagian besar kesalahan struktur dalam
penggunaan L2
6. ‘I am like bakso’ adalah kesalahan yang dapat
digolongkan dalam ….
A. global error
B. interlingual error
C. local error
D. intralingual error
7. Salah satu asumsi hipotesis Contrastive
Analysis adalah
A. kebiasaan menggunakan struktur L1
dalam mempelajari L2
B. kebiasaan menggunakan L1 yang
dianggap sebagai faktor pengganggu untuk mempelajari L2
C. kesalahan dalam menggunakan struktur L1
dalam mempelajari L2
D. penggolongan jenis kesalahan yang dibuat
siswa dalam mempelajari L2
8. Kesalahan-kesalahan yang dibuat siswa dalam
proses belajar L2 karena pengaruh L1, dinamakan ….
A. intralingual errors
B. interlingual errors
C. global errors
D. local errors
9. “I don’t know what is that” adalah contoh
kesalahan .…
A. misformation
B. omission
C. addition
D. misordering
10. Kegiatan menerjemahkan dari L1 ke L2
merupakan sumber dari ….
A. developmental errors
B. structural errors
C. intralingual errors
D. interlingual errors
11. Salah satu cara melaksanakan kegiatan remedial di dalam proses
belajar mengajar ialah dengan cara ….
A. mengetahui sifat-sifat kesenjangan dan derajat kesenjangan dari
para siswa
B. menyediakan waktu secara ekstra kepada para siswa yang memerlukan
C. memberikan pelajaran ekstra
D. memberikan latihan-latihan ekstra
12. Salah satu contoh manfaat Error Analysis adalah ….
A. sebagai petunjuk dan penunjang pengajaran remedial
B. untuk menanamkan konsep-konsep bahasa
C. guna mempertahankan suatu teori
D. sebagai strategi belajar-mengajar bahasa asing
13. ‘Error Analysis’ memberi masukan pada guru berupa .…
A. cara mempelajari proses penguasaan L2
B. tingkat kesenjangan yang dapat diterima
C. petunjuk bagaimana kesalahan siswa ditemukan
D. derajat kesenjangan yang dimiliki sebagian besar siswa
14. Pengertian interlanguage dapat dijelaskan sebagai berikut
….
A. beberapa dialek yang bentuknya sama
B. komunikasi yang diperlancar oleh dialek
C. ciri kaidah suatu dialek yang terdapat pada L1 siswa
dan L2 yang dipelajarinya
D. logat bahasa dalam komunitas khusus
15. Menurut Pit Corder istilah lain untuk ‘bahasa siswa’
ialah ….
A. traditional competence
B. interlanguage
C. official dialect
D. mutual language
16. Bahasa di dalam sajak sering disebut. ....
A. idiosyncratic
B. covertly idiosyncratic
C. pathologically deviant
D. transitional competence
17. Open-ended tests merupakan .…
A. recognition tests
B. production tests
C. multiple choice tests
D. true-false tests
18. Dalam tes objektif, pilihan siswa atas bentuk-bentuk yang ungrammatical menunjukkan bahwa ….
A. siswa kurang dapat menggunakan pola kalimat
B. siswa tidak mengerti cara memasangkan kalimat
C. siswa belum menguasai pola kalimat
D. siswa tidak dapat menerka jenis-jenis kalimat yang sesuai untuk
digunakan
19. Apakah yang dapat terungkap dengan Error Analysis?
A. Mengapa kesalahan tertentu ditampilkan oleh siswa.
B. Mengapa bidang struktur bahasa selalu ditekankan.
C. Mengapa guru tidak menerapkan pengukuran objektif.
D. Mengapa jawaban siswa selalu salah.
20. Dasar rekonstruksi kalimat yang telah dibuat oleh siswa umumnya
melalui ….
A. error analysis
B. interpretation
C. contrastive analysis
D. open-ended test
21. Interpretasi kalimat siswa yang didasarkan pada bentuk kalimat dan
konteksnya disebut .…
A. acceptable interpretation.
B. appropriate interpretation.
C. plausible interpretation.
D. authoritative interpretation.
22. Apakah makna plausible interpretation?
A. Mengkaji terjemahan kalimat.
B. Kajian tentang makna kalimat.
C. Telaah tentang konteks dan bentuk kalimat.
D. Analisis kesalahan struktur kalimat.
23. Perhatikan tanya-jawab ini:
Adi : “Is
he absent?”
Toni
: “Yes, he is here already”
Secara gramatikal jawaban itu merupakan kalimat
yang .…
A. salah; bertentangan dengan kaidah struktur
B. covertly idiosyncratic; tidak sesuai dengan konteks.
C. benar; sejalan dengan pertanyaannya.
D. idiosyncratic; sulit diinterpretasikan.
24. Yang
merupakan penyebab kesalahan siswa dalam berbahasa Inggris adalah ….
A. Linguistic description
B. Over-generalization
C. Concepts being described
D. Lexico semantic case
25. Mana diantara kalimat-kalimat di bawah ini yang grammatically correct but not logical
(secara gramatika benar akan tetapi tidak logis)?
A. Hens lay eggs
B. They are writing letters
C. Bees sting me
D. He sent me a birthday present
26. Pada kalimat “I help him to open the gate”, di sini siswa
melakukan satu jenis kesalahan yang disebut ….
A. over-generalization
B. incomplete application of rules
C. ignorance of rule restrictions
D. false concepts hypothesized
27. Manakah kalimat yang mengandung kesalahan struktural?
A. Why doesn’t he like to dress formally?
B. I don’t know what time is it now.
C. We went together last night.
D. The forest was quite quite.
28. Kalimat bahasa Inggris dengan kesalahan pilihan kata adalah .…
A. It contains water
B. I contain the glass with water
C. The glass contains water
D. Water is in the glass.
29. Hubungan antara interpretasi dan rekonstruksi terletak pada
kenyataan bahwa ...
A. keduanya merupakan tugas pemikiran guru
B. keduanya terkait dengan tata bahasa
C. keduanya terkait dengan kegiatan remedial
D. keduanya menyangkut evaluasi pengajar-an
30. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil evaluasi belajar, antara
lain: ….
A. sikap siswa terhadap pengajaran
B. umur dan kesiapan belajar
C. penyempurnaan dan perbaikan kurikulum
D. pengalaman belajar siswa
31. Evaluasi mempunyai objek tertentu. Dua contoh objek
dimaksud ialah kemampuan .…
A. membaca dan menulis
B. menggunakan kamus dan komputer
C. memilih buku teks dan berkomunikasi lisan
D. memperkaya kosa kata dan mengenal kesalahan
32. Kemampuan yang penting untuk memahami bahasa lisan ialah kemampuan
….
A. kemampuan menulis
B. kemampuan berbicara
C. kemampuan mendengarkan
D. kemampuan menyimak
33. Nilai praktis suatu alat ukur dapat dilihat dari .…
A. apakah sesuai dengan apa yang hendak diukur
B. mudah diadministrasikan
C. apakah membuahkan hasil pengukuran yang dapat dipercaya
D. memiliki alokasi waktu yang sesuai dengan jumlah soal
34. Salah satu cara untuk mengetahui sampai dimana suatu pengukuran
dapat diandalkan ialah dengan ….
A. menganalisa skor tes yang mempunyai korelasi cukup tinggi
B. mengulangi pengukuran tersebut dengan tes yang sama
C. membuat analisis yang cermat mengenai skill tersebut
D. menunjukkan bahwa hasil pengukuran tes itu benar-benar telah
dilakukan dengan cermat
35. Tes baku ialah ….
A. tes yang disusun berdasarkan isi dan tujuan pengajaran pada
jenjang tertentu yang biasanya dapat diterapkan kepada berbagai macam pihak
B. tes yang disusun berdasarkan topik atau ruang lingkup tertentu dan
hasilnya mencerminkan keadaan suatu jenjang tertentu pula
C. tes yang harus diuji coba berkali-kali dan dapat digunakan pada
semua sekolah
D. tes yang menggambarkan generalisasi suatu populasi
36. Pada waktu yang berbeda, sebuah grup siswa dikenai tes yang sama.
Hasilnya relatif sama. Dalam hal seperti ini, tes itu dapat dikatakan ...
A. praktis
B. fleksibel
C. reliabel
D. valid
37. Apakah yang dimaksud dengan Discourse Analysis?
A. Analisis fonim sampai dengan wacana dan fungsinya.
B. Analisis frasa dan struktur.
C. Analisis kosa kata dan artinya.
D. Analisis fungsi morfim.
38. Keterkaitan
mistake dan error tampak pada kenyataan bahwa keduanya merupakan
.…
A. faktor
kesulitan belajar siswa
B. kesalahan dalam interlanguage
C. kesalahan berbahasa Inggris yang tidak disengaja
D. faktor kelemahan karena kurang latihan
39. The followings are concerned with a diagnostic test, except
.…
A. a progress test
B. checks on students’ progress in learning particular elements of
the course
C. is designed to sort new students into teaching groups
D. is to answer to “How well have the students learnt this particular
material?”
40. What is a placement test?
A. A test which is similar to an achievement test.
B. A test designed to sort new students into teaching groups.
C. A test used to compare students’ performance.
D. A test to see the appropriateness of a method.
41. Three steps in designing test must be followed: ….
A. determining the linguistic content of the unit, setting
communication goals, and matching the sample test against the taxonomy
B. setting communication goals, determining mechanical skills, and
classifying objectives taxonomically
C. determining the linguistic content of the unit, classifying
student behaviour according to a taxonomy
D. determining mechanical skills, deter-mining the students’ mastery
of the linguistic competence, and classifying objectives taxonomically
42. In listening comprehension, we test ….
A. the students’ ability to send the message in the language learned
B. the students’ ability to write in the language learned
C. the students’ ability to understand the spoken language learned
D. the students’ ability to read in the language learned
43. External behavior refers to .…
A. speaking and writing, reading and listening
B. listening and reading
C. imitating foreign language speech, writing, songs and proverbs
D. breaking down a passage into elements of style, tone, theme, etc.
44. The objective for a proficiency test should be based on .…
A. what the teacher wants to test
B. the students’ future need
C. the purposes of the current teaching
D. a more general content
45. Speaking skill is difficult to evaluate because ….
A. there are two people involved.
B. it’s difficult for the teacher to be objective.
C. it’s difficult to prepare the test.
D. it’s difficult to determine the criteria to be tested.
46. What is meant by taxonomy?
A. The setting of communication goals.
B. The selection of test objectives.
C. The use of language contexts to create communication.
D. The classification system that begins from the simplest to the
most complex behaviors.
47. Grammar test items include the following, except .…
A. completion, sentence alternatives
B. error identification, conversion
C. cloze procedure
D. intonation and stress
48. Pada tingkat lanjut, tes membaca dapat berbentuk ….
A. matching
B. skimming
C. translating
D. punctuating
49. The objective of vocabulary tests is to measure .…
A. how many words the students have mastered
B. the comprehension and production of words used in speaking and
writing
C. the ability to produce lexical units
D. the knowledge of puzzles and games
50. Scores given by counting the number of correct answers on a test
are ….
A. imaginary scores
B. average scores
C. raw scores
D. frequency of scores
51.
x
|
f
|
fx
|
35
34
33
32
31
30
28
27
26
25
24
23
22
21
|
1
1
3
2
2
1
6
3
2
2
1
1
1
2
|
35
34
99
64
62
30
168
81
52
50
24
23
22
42
|
|
Total
|
786
|
The mean of the group of scores in the above table
is ….
A. 26
B. 27
C. 28
D. 29
52. The followings are benefits of item analysis, except ....
A. whether or not the item discriminates
B. whether or not the item tells the difference between high and low
students
C. whether or not the item adds up the number of high students
D. how difficult each item is and which distractors are working as
they should
53. By intralingual interference or transfer we mean ….
A. the errors that the students make before misleading explanation by
the teacher
B. the errors that are the result of the transfer of the native
language
C. the incorrect generalization of rules within the target language
D. the error because of hesitant productions of speech
54. Pada tiap butir tes berbentuk pilihan berganda dengan empat
options, ada kemungkinan jawaban benar, meski jawaban itu hanya berasal dari dugaan
siswa. Berapa persenkah kemungkinan benar itu?
A. 60%
B. 40%
C. 35%
D. 25%
55. Hasil apakah yang mungkin ditampilkan oleh tes yang secara
keseluruhan terlalu sulit bagi siswa?
A. Lemahnya kemauan dan semangat belajar.
B. Tingginya kegiatan menyontek.
C. Rendahnya angka Mean Score.
D. Besarnya jumlah jawaban dugaan.
56. “The girl skinny” is an example of an ….
A. intralingual error
B. interlingual error
C. error in contect of learning
D. error in communication strategies
57. All of the following define intralingual errors, except .…
A. the errors because of hesitant productions of speech
B. the incorrect generalization of rules within the target language
C. the errors that are the result of the transfer of the native
language
D. the errors that the students make before of misleading explanation
by the teacher
58. “How the accident happens?” is an example of ….
A. omission of auxiliary, underuse of do in questions, and faulty
questions transformation
B. incorrect agreement of subject and verb, disagreement of subject
and tense, and disagreement of subject and number
C. omission of auxiliary, incorrect agreement of subject and verb,
and disagreement of subject and tense
D. omission of auxiliary, faulty question transformation, and
incorrect agreement of subject and verb
59. The science and the technology are the most popular things now,
while a human beings try to go back to a nature.
From the above sentence, the amount of ‘unnecessary
articles’ are ….
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
60. ‘My brother he go to Mexico’ is an example of .…
A. omission of subject pronoun
B. subject pronoun used as a redundant element
C. substitution of singular for plural
D. omission of the subject pronoun
No comments:
Post a Comment