Cloud Hosting Indonesia

07 May, 2014

Soal Berbicara 2 PISA4448



TUGAS MANDIRI
B E R B I C A R A   2
(PISA4448)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 36,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Kata “komunikasi” berasal dari bahasa latin “communicatio” yang berarti sama ....          
A.   makna
B.   rasa
C.   tujuan
D.   fungsi

2.   Pak John dan Pak Yakup sama-sama menggunakan bahasa Indonesia dalam komunikasi, tetapi Pak Yakup tidak dapat memahami isi pesan yang disampaikan Pak John. Hal tersebut menunjukkan bahwa di dalam pembicaraan itu tidak ada kesamaan ....          
A.   bahasa yang digunakan
B.   materi percakapan
C.   situasi dan kondisi
D.   media komunikasi
     
3.   Menurut Lasswell, pola urutan proses komunikasi adalah ....
A.   komunikator - pesan - komunikasi - saluran - efek
B.   komunikan - komunikator - pesan - saluran - efek
C.   pesan - komunikan - komunikator - saluran - efek
D.   pesan - komunikator - komunikan - pesan - saluran - efek

4.   Pak Hasan meminta izin kepada pimpinannya melalui telepon, “Pak saya tidak dapat masuk bekerja karena sakit”. Dalam aktivitas komunikasi tersebut, Pak Hasan berperan sebagai ....
A.   komunikator
B.   komunikan
C.   pesan
D.   saluran

5.   Orang-orang di pasar yang sedang menge-rumuni tukang obat, termasuk jenis khalayak ....
A.   homogen
B.   heterogen
C.   ekstrinsik
D.   intrinsik


6.   Pak Arman tetap menggunakan pengeras suara walaupun beliau hanya berbicara di depan 10 orang pendengar dalam ruang pertemuan yang relatif kecil. Kasus tersebut menunjukkan bahwa Pak Arman ....
A.   pandai memanfaatkan media dalam komunikasi
B.   tidak mempertimbangkan dasar peng-gunaan media komunikasi
C.   suka berhemat suara agar beliau tidak perlu bersuara keras
D.   memahami manfaat media dalam komunikasi

7.   Contoh efek behavioral dalam komunikasi adalah ....
A.   dari tidak tahu menjadi tahu
B.   dari ceroboh menjadi teliti
C.   dari benci menjadi suka
D.   dari lambat menjadi cepat

8.   Contoh efek afektif adalah ....
A.   dari tidak tahu menjadi tahu
B.   dari miskin menjadi kaya
C.   dari musuh menjadi sahabat
D.   dari lambat menjadi cepat

9.   Setelah mengikuti les privat, Adam menjadi pintar matematika. Dalam kasus tersebut terdapat efek komunikasi jenis ....
A.   afektif
B.   behavioral
C.   psikomotorik
D.   kognitif

10.   Jauh dekat dan banyak sedikitnya komunikan dalam komunikasi berdampak pada perlu tidaknya penggunaan ....
A.   pesan
B.   sumber
C.   media
D.   efek

11.   Pak Arman marah-marah, “Habisin semua”! sambil mengacungkan kepalan tangan kepada anak-anak yang mencuri mangga miliknya. Teriakan Pak Arman yang bermakna sebaliknya tersebut termasuk komunikasi noverbal jenis ....
A.   pengulangan
B.   kontradiksi
C.   pelengkap
D.   memberi tekanan

12.   Untuk mempertegas bahasa verbalnya Pak Arman mengacungkan jempol sebagai pelengkap kalimat “Bagus”. Acungan jempol tersebut tergolong nonverbal jenis ....
A.   pengulangan
B.   kontradiksi
C.   pelengkap
D.   memberikan tekanan

13.   Untuk mempertegas bahasa verbalnya komunikator sering “mengeraskan suara bicaranya”. Pengerasan suara tersebut merupakan jenis komunikasi nonverbal jenis ....
A.   substitusi
B.   memberikan dukungan
C.   pelengkap
D.   memberikan tekanan

14.   Pak Arman berjabat tangan kepada temannya yang berhasil dipromosikan menjadi direktur pemasaran di perusahaan-nya. Jabat tangan tersebut merupakan jenis komunikasi nonverbal jenis ....
A.   pengulangan
B.   kontradiksi
C.   memberi dukungan
D.   substitusi

15.   Komunikator yang tidak menguasai materi pembicaraan, gugup, dan tidak lancar dalam berbicara, menunjukkan bahwa ia tidak menguasai unsur ....
A.   verbal
B.   nonverbal
C.   bilingual
D.   multilingual

16.   Aktivitas mempelajari berbagai buku, mengadakan pengamatan, banyak bergaul dengan orang yang berpengalaman dalam bidang permasalahan yang akan diwawan-carakan adalah usaha calon pewawancara untuk ....
A.   menjadi ahli bidang yang akan diwawan-carakan
B.   mempersiapkan jawaban pertanyaan dari orang yang diwawancarai
C.   menguasai masalah yang akan diwawan-carakan
D.   menyiapkan komentar dalam mengawali dan mengakhiri wawancara

17.   Wawancara untuk tayangan TV berbeda dengan wawancara penelitian, keperluan talk show, dan survei pasar. Oleh sebab itu pewawancara yang baik perlu memahami ....
A.   tujuan wawancara
B.   materi yang akan diwawancarakan
C.   status orang yang diwawancarai
D.   saluran yang digunakan dalam wawan-cara

18.   Dalam wawancara, pendengar yang baik dapat dengan cepat ....
A.   mengambil kesimpulan walaupun per-tanyaan belum selesai
B.   membuang informasi yang tidak diketahui
C.   menyela pembicaraan jika tidak sepen-dapat dengan pewawancara
D.   mempergunakan waktu untuk mengana-lisis apa dan mengapa masalah tersebut ditanyakan

19.   Kemampuan tentang cara mengajukan pertanyaan secara singkat dan padat perlu dimiliki oleh seorang pewawancara TV karena ....
A.   waktu terbatas
B.   penonton menginginkan informasi yang banyak
C.   pewawancara merupakan wakil penonton
D.   dapat menggali jawaban

20.   Tadi Bapak menjelaskan bahwa program JPS harus tepat jumlah, tepat sasaran, dan tepat waktu”. Langkah-langkah apa yang sudah Bapak lakukan berkaitan dengan beredarnya berita bahwa di daerah ... JPS justru jatuh ke orang yang tidak berhak, dan si miskin malahan tidak dapat apa-apa?”. Dari  contoh jenis pertanyaan tersebut menunjuk-kan bahwa pewawancara memiliki kemam-puan dalam mengajukan pertanyaan ....
A.   dikhotomis
B.   pendukung
C.   menggali
D.   penuntun

21.   Pewawancara secara spontan dan santai berbincang-bincang dengan responden untuk memperoleh data penelitian tanpa diketahui oleh responden bahwa dia sedang diwawan-carai. Wawancara tersebut menggunakan pendekatan ....
A.   formal
B.   informal
C.   langsung
D.   tidak langsung

22.   Apa Anda cemas? Apakah kecemasan itu beralasan? Apakah Anda suka dengan perlakuan seperti itu?

        Bagaimana pendapat Anda tentang contoh pertanyaan tersebut?
A.   Bagus karena dapat dijawab dengan singkat.
B.   Bagus karena dapat dijawab secara objektif dengan “ya” atau “tidak”.
C.   Terlalu dikhotomis, jawaban hanya berupa “ya” atau “tidak”.
D.   Terlalu memaksa responden untuk men-jawabnya dengan “ya” atau “tidak”.

23.   Pidato adalah pengungkapan dalam bentuk pikiran dengan kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Pernyataan tersebut terdapat dalam ....
A.   buku karangan Rahmadi
B.   buku karangan Gorys Keraf
C.   pidato seorang pemimpin dunia
D.   Kamus Besar Bahasa Indonesia

24.   Pembicara yang memiliki tanggung jawab terhadap materi pidatonya akan dapat mem-berikan ....
A.   reaksi yang cepat dan tepat terhadap stimulus khalayak
B.   jawaban langsung jika ada pertanyaan dari khalayak
C.   jalan keluar jika khalayak mendapatkan kesulitan
D.   tangkisan/sanggahan terhadap tanggapan khalayak

25.   Pembicara menyapa dengan hangat, tersenyum, menghargai, dan tidak meng-anggap bodoh khalayaknya menunjukkan bahwa ia memiliki ....
A.   pengetahuan yang luas
B.   penguasaan massa yang baik
C.   rasa kemitraan yang tinggi
D.   tanggung jawab yang kuat

26.   Pak Arman seorang tokoh masyarakat sedang menghadiri tasyakuran kelahiran cucu pertama di tempat sahabatnya. Tiba-tiba Pak Arman diminta memberikan sambutan. Beliau berbicara hanya berdasarkan pengetahuan, pengalaman, dan kemahirannya. Pidato Pak Arman tersebut menggunakan metode ....
A.   impromtu
B.   ekstemporan
C.   menghafal
D.   naskah

27.   Pembicara tiba-tiba lupa materi pidato yang seharusnya disajikan, pembicara juga tidak dapat berimprovisasi dan berkreasi, sehingga pidato menjadi macet. Kasus tersebut merupakan ilustrasi dari kelemahan metode ....
A.   impromtu
B.   ekstemporal
C.   naskah
D.   menghafal

28.   Agar khalayak dapat dengan mudah memahami isi pidato, pembicara berusaha menjelaskan istilah-istilah teknis yang digunakan. Sikap pembicara tersebut menun-jukkan bahwa ia ....
A.   memiliki kemampuan linguistik yang memadai
B.   memahami kemampuan intelektual khalayak
C.   memahami situasi yang dihadapi khalayak
D.   memahami tujuan yang diinginkan khalayak

29.   “Mudah-mudahan uraian singkat yang akan saya sampaikan nanti dapat menambah wawasan kita tentang bahaya narkoba bagi anak-anak yang kita cintai”. Di dalam kalimat yang disajikan pembicara ini tersirat ....
A.   ilustrasi isi pidato yang akan diuraikan pada bagian inti
B.   simpulan isi yang disajikan pada akhir pidato
C.   tujuan yang ingin dicapai pembicaa dalam pidato
D.   bahaya narkoba bagi khalayak pendengar pidato

30.   Tujuan pidato seyogianya disajikan secara ....
A.   tersirat pada awal pidato
B.   tersurat pada awal pidato
C.   tersirat pada inti pidato
D.   tersurat pada inti pidato

31.   Berdasarkan maksud disajikannya pidato jenis ucapan selamat datang, perkenalan, dan perpisahan termasuk jenis pidato ....
A.   penyambutan
B.   perpisahan
C.   kekeluargaan
D.   perkenalan

32.   Promosi penjual obat di pasar, pidato kampanye di lapangan, dan pidato promosi gelar akademis berdasarkan maksudnya tergolong jenis pidato untuk ....
A.   melaporkan
B.   kekeluargaan
C.   meyakinkan
D.   merundingkan

33.   Mengkonfirmasikan topik pidato kepada pihak pengundang penting dilakukan agar dapat ....
A.   segera digandakan oleh panitia
B.   dipublikasikan kepada calon peserta
C.   direvisi kesalahannya oleh panitia
D.   memenuhi kebutuhan khalayak

34.   Data yang diperoleh melalui pertanyaan “Apakah khalayak mengetahui topik yang disajikan?” Bagaimana minat dan keinginan khalayak?” adalah data ....
A.   umum
B.   khusus
C.   penunjang
D.   tambahan

35.   “Sejak krisis moneter tahun 1997 yang lalu, ada sekitar 30 juta penduduk miskin di Indonesia. Sampai sekarang penduduk miskin ini belum berkurang, bahkan terus bertambah. Keadaan ini harus kita atasi. Tentu saja dengan berpikir, bekerja keras, serta berdoa agar kemiskinan cepat berakhir”.
       
        Uraian yang disajikan oleh pembicara tersebut menggunakan pembuktian ....
A.   etos karena pembicara mengajak berpikir keras dalam memberikan pembuktian
B.   logos karena pembicara menggunakan logika dalam memberikan pembuktian
C.   patos karena pembicara menggunakan efek emosional dalam memberikan pem-buktian
D.   arogos karena pembicara menggunakan arogansi dalam memberikan pembuktian

36.   Menguraikan kerangka pidato secara detail dimaksudkan untuk ....
A.   memperjelas dan mendukung ide yang akan disajikan
B.   memperluas uraian agar mendalam
C.   memperpanjang uraian sesuai dengan waktu yang disediakan
D.   memperjelas istilah teknis agar mudah dipahami pendengar

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   37   SAMPAI   60,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
37.   Manusia sebagai makhluk “homo commu-nicus”  memiliki  ciri-ciri....
1)   selalu mengadakan komunikasi karena saling membutuhkan
2)   berkembang melalui komunikasi
3)   komunikasi satu-satunya kebutuhan hidupnya

38.   Contoh sajian berita kolektif terdapat dalam ....
1)   berita koran
2)   berita TV
3)   berita burung

39.   Unsur bahasa nonverbal dalam komunikasi digunakan untuk ....
1)   menjelaskan kata-kata abstrak
2)   mempertegas makna pembicaraan
3)   memperluas pesan yang disampaikan

40.   Unsur bahasa nonverbal yang biasa menyertai peristiwa komunikasi adalah ....
1)   gerak-gerik tubuh dan perubahan raut muka
2)   pengulangan, pergeseran, perlambatan bagian-bagian yang dianggap penting
3)   penggunaan makna sebaliknya

41.   Bahasa merupakan simbol untuk menjelaskan konsep tertentu, yaitu sebagai upaya untuk ...
1)   mendayagunakan informasi yang ber-sumber dari persepsi manusia
2)   berkomunikasi secara santun dengan diri sendiri/orang lain
3)   berkomunikasi dengan Tuhan waktu berdoa

42.   Di dalam wawancara didapati karaktersitik berikut ....
1)   pewawancara dan yang diwawancarai jarang berganti peran
2)   topik meloncat-loncat dan dapat berganti setiap saat
3)   terencana, bertujuan, dan ada simpulan

43.   Istilah wawancara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dimaknai sebagai tanya jawab antara ....
1)   reporter atau wartawan dengan pejabat, para ahli, tokoh masyarakat dan sebagai-nya yang diperlukan
2)   Direksi, Kepala Personalia, Kepala Humas atau pejabat sederajat dengan pelamar pekerjaan
3)   peneliti dengan nara-sumber atau responden

44.   Ciri-ciri wawancara informasl adalah ....
1)   antara pewancara dan terwawancara sering berganti peran
2)   topik berubah-ubah
3)   topik tetap

45.   Untuk memperkaya pengetahuannya tentang topik yang akan diwawancarakan, yang perlu dilakukan seorang pewawancara adalah ....
1)   membaca buku dan media cetak lainnya yang berkaitan dengan topik yang akan diwawancarakan
2)   banyak mengikuti pembicaraan tentang topik yang akan diwawancarakan
3)   mengamati kegiatan di masyarakat atau objek yang berkaitan dengan topik yang akan diwawancarakan

46.   Pemahaman tentang konteks wawancara perlu dimiliki oleh ....
1)   pewawancara
2)   terwawancara
3)   pengamat wawancara

47.   Pewawancara untuk siaran TV harus mem-punyai kemampuan intelektual, artinya ia harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang ....
1)   topik yang dipersoalkan
2)   cara mengajukan pertanyaan secara singkat dan padat
3)   cara mengajukan pertanyaan yang meng-gali permasalahan

48.   Jika seorang pewawancara TV ingin mem-peroleh informasi tentang dampak positif dari program JPS, maka responden yang tepat untuk diwawancarai adalah ....
1)   wakil pemerintah yang mengeluarkan program JPS
2)   masyarakat penerima program JPS
3)   pakar pemerhati masalah sosial

49.   Hal-hal yang dapat digali dari responden dalam wawancara penelitian antara lain ....
1)   pengetahuan, pengalaman, dan per-buatan responden tentang hal yang pernah dikerjakannya
2)   perasaan, pendapat, tanggapan, dan penafsiran responden tentang sesuatu
3)   status sosial, keluarga, daerah asal responden, dan sebagainya

50.   Seorang pembicara mula-mula menginfor-masikan tentang pahala dan keuntungan-keuntungan beramal. Kemudian ia mengajak khalayak agar dengan ikhlas  beramal. Dari langkah-langkah tersebut dapat diketahui bahwa tujuan pidatonya ....
1)   memberikan informasi
2)   meyakinkan/membujuk
3)   menghibur/menyenangkan

51.   Pembicara yang menguasai unsur kebahasa-an dengan baik baik berarti ia menguasai ....
1)   bahan dan pengungkapannya
2)   kosakata dan pemilihannya
3)   struktur dan variasi kalimat

52.   Deman panggung dapat diatasi dengan ....
1)   menarik napas panjang-panjang saat menuju panggung
2)   berpikir cepat tentang garis besar materi yang akan disajikan
3)   berpikir optimis bahwa saya mampu melakukannya

53.   Topik pidato yang akan disampaikan sebaik-nya yang ....
1)   sudah diketahui oleh calon pembicara
2)   menarik bagi pembicara dan bagi khalayak
3)   sesuai dengan daya tangkap khalayak

54.   Calon pembicara sebaiknya mempertimbang-kan topik pembicaraaan berdasarkan ....
1)   keadaan dan sikap khalayak
2)   peristiwa yang melatari
3)   kelayakan topik

55.   Langkah menyusun uraian meliputi langkah ....
1)   mengumpulkan bahan
2)   membuat kerangka uraian
3)   membuat uraian secara detail

56.   Penggunaan pembuktian cara etos, logos, dan patos dapat dilakukan bersama-sama dengan ....
1)   berselang seling
2)   berfokus pada salah satunya
3)   porsi harus seimbang

57.   Jawaban dari pertanyaan “Apa maksud khalayak berkumpul? Bagaimana adat istiadat khalayak? Apa ada acara yang mendahului-nya? Kapan acara diselenggarakan? Di mana tempatnya? Apa status sosial, pendidikan, keinginan, dan keyakinan khalayak pada umumnya?”.
       
        Pertanyaan ini digunakan oleh pembicara untuk ....
1)   menyesuaikan topik yang akan dibicara-kan dengan kebutuhan khalayak
2)   menentukan keluasan, dan kedalaman materi yang akan disajikan
3)   mengetahui imej khalayak tentang materi yang akan disajikan

58.   Isi bagian penutup pidato pada umunya berupa ....
1)   simpulan uraian pidato
2)   penegasan bagian-bagian penting
3)   salam penutup

59.   Judul yang baik sebagai label pidato adalah ....
1)   relevan dengan isi
2)   provokatif
3)   singkat dan padat

60.   Untuk mendapat bahan pidato yang benar, terpercaya, dan sah dapat dilakukan melalui ....
1)   wawancara dengan narasumber
2)   angket yang dibagikan kepada responden
3)   observasi, membaca buku, dan penelitian

No comments:

Post a Comment