TUGAS MANDIRI
PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI
(SKOM4101)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 26, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Pada dasarnya manusia melakukan kegiatan
komunikasi sejak
A. lahir ke dunia.
B. pertama kali dapat berbicara.
C. pertama kali bersekolah.
D. pertama kali mengenal orang.
2. Pesan yang disampaikan oleh komunikator pada
komunikan dapat berbentuk
A. verbal - non verbal.
B. langsung - tidak langsung.
C. kelompok - individu.
D. satu tahap - dua tahap.
3. Telepon dan faksimil merupakan alat
komunikasi yang menunjukkan bahwa komunikasi
A. bersifat transaksional.
B. bersifat simbolis.
C. suatu proses.
D. dapat menembus ruang dan waktu.
4. Era komunikasi interaktif ditandai dengan
ditemukannya
A. tulisan dalam lembaran tanah liat.
B. mesin cetak “hand press”.
C. alat telegraph.
D. “main frame computer” ENIAC.
5. Anto sedang membaca koran, dan dia memperoleh
informasi dari koran tersebut bahwa akan ada kenaikan tarif listrik. Anton
kemudian berceritera kepada istrinya mengenai informasi tersebut, dan ketika
istrinya ketemu dengan tetangga sebelah rumah ia menceriterakan apa yang tadi
diinformasikan oleh Anto sehingga tetangga tersebut menjadi tahu bahwa akan ada
kenaikan tarif listrik. Dari gambaran di atas terlihat pola penyebaran
infromasi terjadi secara
A. satu tahap.
B. dua tahap.
C. tiga tahap.
D. multi tahap.
6. Seorang berbicara di depan umum dengan topik
pembicaraan mengenai bencana alam yang terjadi di salah satu wilayah di
Indonesia. Ketika menyampaikan pidato tersebut gaya bahasa, ekspresi dan
intonasi orang tersebut menunjukkan kesedihan, sehingga orang-orang yang hadir
tersentuh emosinya dan ikut larut dalam kesedihan. Menurut Aristoteles pidato
yang disampaikan orang tersebut menggunakan upaya persuasif yang berupa
A. ethos.
B. panthos.
C. logos.
D. inventio.
7. Periode tinggal landas studi komunikasi
ditandai dengan semakin banyaknya asosiasi profesi dibidang ilmu komunikasi.
Periode ini di mulai pada tahun
A. 1950.
B. 1960.
C. 1982.
D. 1986.
8. Hovland, Janis dan Kelley mendefinisikan komunikasi sebagai
A. penyampaian suatu pesan.
B. proses yang menjelaskan lima komponen dalam
komunikasi.
C. kegiatan yang bertujuan mengubah atau
membentuk perilaku khalayak sasaran.
D. proses penularan pikiran.
9. Ketika kita sedang berbicara dengan teman,
tiba-tiba ada anak kecil menangis di dekat kita sehingga untuk sementara teman
yang kita ajak berbicara tidak bisa menangkap pembicaraan kita secara jelas.
Dalam proses komunikasi tangisan anak tersebut merupakan
A. feedback.
B. noise.
C. effek.
D. message.
10. Seorang mahasiswa mengajak berbicara teman kuliahnya mengenai era
reformasi yang terjadi di Indonesia. Pemilihan terhadap teman kuliahnya untuk
diajak bicara akan mempermudah proses komunikasi, karena dalam kegiatan
komunikasi tersebut telah terjadi
A. feedback.
B. noise.
C. interpreting.
D. over laping of interest.
11. Perkumpulan pemuda RT. 01 mengadakan pertandingan bola voly dengan
RT. 02. Dalam tingkatan proses komunikasi, kegiatan yang dilakukan oleh
pemuda-pemuda dari kedua RT tersebut termasuk dalam kegiatan komunikasi
A. organisasi.
B. dalam kelompok.
C. antarkelompok.
D. antarpribadi.
12. Menurut Deutch model mempunyai fungsi
A. mengorganisasikan.
B. membantu menjelaskan.
C. heuristik.
D. prediksi.
13. Model komunikasi yang dibuat oleh Barnlund adalah model komunikasi
A. intrapribadi.
B. klasik.
C. sirkuler.
D. verbal.
14. Who, Says what, in which chanel, to whom, with what effect
merupakan pertanyaan komunikasi yang disampaikan oleh
A. Barnlund.
B. Lasswell.
C. Osgood.
D. Schramm.
15. Model keseimbangan merupakan salah satu dari model komunikasi yang
ada. Model ini dikembangkan oleh
A. Riley and Riley.
B. Gerbner.
C. Shanon.
D. Newcomb.
16. Ani mengatakan bahwa dia suka makan rujak yang pedas, Ana juga
mengatakan suka makan rujak pedas. Ternyata pedasnya Ani bila rujak itu
menggunakan cabe 3, sedang pedasnya Ana cukup menggunakan cabe 1. Berdasarkan
rumusan makna yang dibuat oleh Brodback, perkataan pedas di atas menunjukkan
pada makna
A. referential.
B. eksperential.
C. intensional.
D. deferential.
17. Menurut Jalaluddin Rakhmat ada beberapa definisi mengenai bahasa.
Definisi yang melihat bahasa sebagai alat yang dimiliki bersama untuk
mengungkapkan gagasan adalah definisi
A. formal.
B. fungsional.
C. struktural.
D. informal.
18. Ada beberapa dimensi konteks dalam kegiatan komunikasi
interpersonal, salah satunya adalah dimensi fisik yang dapat berupa
A. ruangan.
B. peranan.
C. norma.
D. budaya.
19. Ketika Badu berkomunikasi dengan Amir, Ia selalu menyebutkan
dirinya sendiri dengan menggunakan istilah “kita”. Dalam kegiatan komunikasi
interpersonal, pernyataan di atas menunjukkan bahwa Badu mempunyai sifat
A. empati.
B. perilaku suportif.
C. kebersamaan.
D. perilaku ekspresif.
20. Rudi datang ke seorang psikolog, dia ingin berkonsultasi mengenai
masalah yang sedang dihadapinya. Setelah mendengar cerita Rudi, psikolog
tersebut kemudian memberi beberapa nasihat dan anjuran untuk pemecahan masalah
tersebut. apa yang dilakukan oleh psikolog tersebut merupakan kegatan
komunikasi antarpribadi yang bertujuan
A. mengenali diri orang lain.
B. menciptakan hubungan menjadi bermakna.
C. mengubah sikap.
D. membantu.
21. Proses komunikasi antarpribadi dapat kita gambarkan sebagai suatu
proses sirkulasi. Yang dimaksud dengan proses sirkulasi di sini adalah
A. komunikasi yang dilakukan berlangsung tanpa henti.
B. batas awal dan akhir komunikasi antar pribadi tidak jelas.
C. setiap orang yang terlibat dalam komunikasi antarpribadi bertindak
sebagai pembicara sekaligus pendengar.
D. pesan yang di sampaikan berputar terus secara berulang-ulang
diantara komunikator dan komunikan.
22. Ketika seseorang mengatakan “tidak” maka ia melengkapi ucapannya
dengan menggeleng-kan kepala. Berdasarkan ciri-ciri komunikasi non verbal
menggelengkan kepala sebagai gerakan yang mengiringi kata tidak menunjukkan
bahwa komunikasi non verbal mempunyai ciri
A. selalu ada.
B. terikat oleh budaya.
C. mengungkapkan perasaan dan sikap.
D. memodivikasi pesan verbal.
23. Seseorang akan mengikuti tes penerimaan karyawan baru pada suatu
perusahaan. Sebelum masuk ruang tes, terlebih dahulu orang tersebut merokok
untuk mengurangi rasa tegang yang tiba-tiba muncul. Tindakan merokok yang
dilakukan orang tersebut di atas merupakan bentuk dari perilaku
A. penampilan afeksi.
B. ilustrator.
C. regulator.
D. adaptor.
24. Seorang ibu melambaikan tangan kepada anaknya ketika ia akan
berangkat ke pasar. Lambaian tangan ibu tersebut menunjukkan bahwa ia akan
meninggalkan anaknya untuk bepergian. Berdasarkan jenis-jenis komunikasi non
verbal lambaian tangan tersebut termasuk dalam jenis komunikasi non verbal
A. emblem.
B. ilustrator.
C. penampilan afeksi.
D. regulator.
25. Tuti menghadiri undangan arisan yang diadakan di kampungnya. Di
tempat pertemuan itu Tuti diam saja tidak berbicara sepatah katapun. Dalam
proses komunikasi, diam yang dilakukan oleh Tuti mempunyai fungsi
A memberi kesempatan berfikir.
B. mengisolasi diri sendiri.
C. mencegah komunikasi.
D. mengkomunikasikan perasaan.
26. Salah satu contoh bahwa komunikasi non verbal berada didalam
konteks adalah
A. menganggukkan kepala bisa berarti setuju, bisa juga berarti paham.
B. rasa kaget di tunjukkan dengan mata membelalak disertai dengan
tangan dan badan yang menegang.
C. sikap duduk dan cara berjalan.
D. muka merah menunjukkan orang yang sedang marah.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 27
SAMPAI 31, PILIHLAH!
A. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN
KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI
KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU
JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D. JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!
27. Apabila kerangka referensi dari masing-masing orang yang terlibat
dalam kegiatan komunikasi berbeda, maka kegiatan komunikasi yang dilakukan
tersebut pasti tidak akan berhasil
sebab
Komunikasi
akan berjalan dengan baik apabila di antara para pelaku komunikasi yang
terlibat terdapat banyak persamaan dalam hal kerangka referensi.
28. Faktor-faktor yang terlibat dalam proses komunikasi dapat dilihat
melalui “model”
sebab
Model
berisikan penjelasan mengenai hubungan dan interaksi antara faktor-faktor yang
menjadi bagian dari model.
29. Suatu pesan selalu mempunyai makna yang sama antara satu individu
dengan individu yang lain.
sebab
Suatu
pesan yang disampaikan tidak bisa ditafsirkan sendiri oleh penerimanya.
30. Kegiatan komunikasi antarpribadi tidak bisa dilakukan pada
sekelompok orang yang jumlahnya cukup besar
sebab
Dalam
komunikasi antarpribadi dituntut adanya tindakan saling memberi dan menerima
dari pihak yang terlibat di dalamnya.
31. Upaya yang dilakukan seseorang untuk menggambarkan tingginya pohon
kelapa dengan cara mengangkat tangannya tinggi-tinggi disebut dengan ilustrator
sebab
Ilustrator
adalah tanda-tanda yang akan menggantikan kata-kata secara langsung.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 32
SAMPAI 45, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
32. Kejadian-kejadian yang dapat digolongkan sebagai peristiwa
komunikasi adalah
1) seseorang yang sedang menggambar
2) anak yang sedang menangis
3) seseorang yang sedang membaca koran
33. Dua orang sahabat sedang bercakap-cakap. Keduanya sama-sama aktif
dan terlibat dalam pembicaraan tersebut, sehingga komunikasi yang terjadi
diantara keduanya berlangsung secara baik. Dari gambaran di atas menunjukkan
bahwa kegiatan komunikasi yang berlangsung dengan baik mensyaratkan adanya
1) tujuan yang sama
2) partisipasi
3) kerja sama
34. Salah satu faktor pengganggu proses komunikasi adalah faktor
psikologis, yaitu antara lain
1) perasaan takut
2) suara gaduh
3) amarah
35. Afektif merupakan salah satu aspek yang timbul sebagai akibat dari
kegiatan komunikasi. Di bawah ini yang termasuk dalam aspek afektif adalah
1) setuju
2) sedih
3) ingat
36. AIDA dan Hierarki efek merupakan model-model yang ada pada bidang
ilmu komunikasi. Kedua model tersebut banyak dipergunakan dalam kegiatan
penelitian yang berupa
1) penyebaran ide baru
2) periklanan
3) persuasif
37. Di dalam ilmu komunikasi yang dimaksud dengan model adalah
1) representasi dari suatu proses komunikasi
2) penjelasan mengenai suatu peristiwa
3) gambaran tentang komponen pokok dari suatu sistem
38. Dimensi makna yang termasuk dalam dimensi referensial menurut
Little John antara lain adalah
1) kata gembira untuk menunjukkan suasana hati yang riang
2) simbul huruf s di silang menunjukkan larangan berhenti
3) kata panas untuk menunjukkan kondisi suatu benda
39. Menurut Shanon - weaver ada beberapa cara untuk menanggulangi
ketidakpastian akibat adanya gangguan pada saat kita berkomunikasi. Cara
tersebut adalah
1) redudancy
2) entropy
3) power
40. Dalam pemakaian bahasa ada beberapa hal yang perlu kita hindari
supaya komunikasi yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik. Hal tersebut
antara lain adalah
1) mengacaukan kata dengan rujukan
2) abstraksi kaku
3) identifikasi yang tidak layak
41. Gangguan yang muncul pada proses komunikasi bisa terjadi pada
beberapa unsur yang ada pada proses komunikasi, unsur-unsur tersebut antara
lain adalah
1) pembicara
2) situasi
3) pesan
42. Umpan balik dalam kegiatan komunikasi interpersonal dapat
dilakukan secara verbal maupun non verbal. Wujud dari umpan balik non verbal
antara lain
1) mengganggukkan kepala
2) kerutan dahi
3) jawaban atas suatu yang dibicarakan
43. Ada beberapa perbedaan antara komunikasi verbal dan non verbal,
yaitu dalam hal
1) perilaku
2) maksud dan tujuan pesan
3) mekanisme proses informasi
44. Dalam gerakan-gerakan non verbal, komunikasi wajah dapat
ditampilkan secara kombinasi, akan tetapi ini akan menimbulkan beberapa
persoalan antara lain
1) keakuratan
2) universal
3) ekspresi sesaat
45. Aturan-aturan komunikasi non verbal adalah
1) kurang berstruktur
2) lebih sederhana
3) di ekspresikan dalam gambar
No comments:
Post a Comment