TUGAS MANDIRI
PERENCANAAN PROGRAM KOMUNIKASI
(SKOM4206)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 19, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Suatu rencana program komunikasi mengandung
beberapa ciri penting. Salah satunya adalah
A. menggambarkan langkah tindakan yang induktif.
B. mencerminkan pesimisme.
C. berorientasi pada pemecahan masalah.
D. perencanaannya harus bersifat abstrak.
2. Untuk menanggulangi wabah penyakit pada suatu
daerah, maka perlu diadakan program komunikasi yang ditujukan kepada
masya-rakat setempat. Jenis program komunikasi tersebut termasuk ke dalam
program komunikasi
A. generalis.
B. insidental.
C. horizontal.
D. dua arah.
3. Berbagai data dasar yang diperlukan sebagai
titik tolak dalam menyusun suatu perencana-an, disebut
A. data need assessement.
B. data base line.
C. data base input.
D. data base out put.
4. Di desa “Sukamakmur” masyarakatnya telah
menyadari berbagai problem kesehatan yang mereka hadapi, yang semuanya
bersumber pada kurangnya kebersihan lingkungan, yang disebabkan karena sulitnya
mendapatkan air besih, dan masyarakat setempat tidak dapat mengatasi masalah
itu.
Problem utama contoh kasus di
atas disebab-kan oleh
A. kurangnya pengetahuan masyarakat.
B. kurangnya keterampilan masyarakat.
C. kurangnya mental masyarakat.
D. kurangnya kebiasaan masyarakat.
5. Di kalangan kesehatan dikenal suatu cara
untuk mengenali masalah, yaitu dengan menggunakan analisis
A. perilaku.
B. tugas.
C. isi.
D. pengetahuan.
6. Kegiatan yang bertujuan untuk mengenal
sedekat mungkin berbagai ciri yang ada pada khalayak sasaran yang hendak
dicapai oleh suatu program komunikasi, disebut
A. analisis program.
B. analisis khalayak.
C. analisis media.
D. analisis pesan.
7. Dalam program komunikasi, pengelompokkan
khalayak sasaran ke dalam kelompok-kelompok yang didasarkan atas kesamaan
tertentu, dinamakan
A. populasi.
B. segmentasi.
C. audience.
D. relasi.
8. Menurut Mallica Vajrathon, para komunikator
pembangunan dan pendidik, memilih wanita, sebagai tujuan komunikasinya antara
lain karena wanita dianggap sebagai
A. agen politik.
B. agen pembaharu.
C. agen ekonomi.
D. ibu rumah tangga.
9. Hal penting dalam menyusun perencanaan
program komunikasi adalah
A. melakukan perubahan.
B. merumuskan tujuan.
C. menyelesaikan suatu masalah.
D. mencari pokok permasalahan.
10. Menurut aliran psikologi, perubahan pada diri manusia dapat
terlihat dari
A. penampilan pribadi.
B. kecerdasan seseorang.
C. bentuk perilaku.
D. pola berpikir.
11. Pengembangan sistem instruksional sebagai pedoman untuk kegiatan
belajar-mengajar dimaksudkan untuk
A. terselenggaranya proses belajar-mengajar.
B. membantu keharmonisan pengajaran.
C. tujuan belajar dapat tercapai.
D. perbaikan sistem pengajaran.
12. Ada persaingan yang mendasar antara kegiatan komunikasi dengan
kegiatan belajar dalam bidang pendidikan, yaitu pada
A. hasil kegiatan.
B. pelaksanaan kegiatan.
C. rencana kegiatan.
D. tujuan kegiatan.
13. Salah satu kunci yang menentukan dalam memilih media atau saluran
komunikasi adalah soal biaya yang disebut juga dengan
A. cost benefit media.
B. cost effective media.
C. cost balance media.
D. cost draw media.
14. Kemampuan seorang penyuluh untuk menempatkan dirinya pada posisi
anggota masyarakat yang dibinanya disebut dengan kemampuan
A. homophily.
B. empati.
C. simpati.
D. kompatibilitas.
15. Suatu program komunikasi dapat diterima di tengah masyarakat,
karena adanya “keserasian” antara program komunikasi itu dengan
kebudayaan masyarakat yang ber-sangkutan, yang sering dikenal dengan istilah
A. empathi.
B. heterophily.
C. kompatibilitas.
D. homophily.
16. Hal utama yang harus diperhatikan dalam memilih dan menetapkan
media atau saluran yang cocok untuk digunakan pada suatu program adalah
A. biaya yang harus dikeluarkan.
B. bahasa yang akan digunakan.
C. pesan-pesan dalam program.
D. tujuan atau objektivitas program.
17. Media cetakan berupa serangkaian gambar yang ditata berurutan
menurut waktu untuk menggambarkan suatu kejadian disebut dengan
A. spot.
B. fotonovel.
C. drama serial.
D. feature.
18. Penyampaian informasi singkat melalui radio tentang bahaya
penyakit AIDS yang penularannya semakin meluas akhir-akhir ini termasuk format
acara
A. komedi.
B. spot.
C. siaran pedesaan.
D. kuis.
19. Untuk pesan yang menyangkut hal-hal yang berbahaya hendaknya
disampaikan dengan nada
A. humor.
B. agresif.
C. populer dan informal.
D. serius dan formal.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 20
SAMPAI 28, PILIHLAH!
A. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN
KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI
KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU
JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D. JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!
20. Seorang perencana program komunikasi harus dapat mengetahui
kebutuhan nyata dari masyarakat yang menjadi khalayak sasaran.
sebab
Kebutuhan
dari masyarakat sasaran merupa-kan jawaban atau pemecahan terhadap masalah yang
dihadapi.
21. Hasil analisis berbagai masalah yang ada pada masyarakat disusun
menjadi suatu rumusan permasalahan.
sebab
Permasalahan
yang ada pada masyarakat harus dirumuskan secara tepat dan teliti.
22. Pengertian keliru tentang menyusui perlu diperhatikan dalam
penyusunan rencana program komunikasi untuk kampanye ASI.
sebab
Banyak
anggapan bahwa ASI sekedar bahan makananan yang sepenuhnya dapat diganti-kan
susu tepung.
23. Dalam menganalisis dan menentukan khalayak, perlu diperhatikan
bahwa khalayak sasaan, “tidak selalu” sama dengan benefisiaries (pemanfaat).
sebab
Benefisiaries
(pemanfaat) mengandung pengertian yang sama dengan target audience.
24. Agar suatu program komunikasi dapat tercapai, maka rumusan
tujuannya harus disusun secara operasional.
sebab
Perumusan
tujuan yang bersifat operasional mempermudah pengukuran pencapaian tujuan dalam
suatu program.
25. Program komunikasi tidak harus terkait dengan suatu proyek
pembangunan .
sebab
Suatu
tujuan (objectives) suatu program komunikasi merupakan kegiatan yang berkaitan
dengan upaya melakukan perubahan pada diri khalayak.
26. Secara umum saluran komunikasi dapat dibedakan antara yang
bersifat antarpribadi dan yang menggunakan media.
sebab
Saluran
yang menggunakan media dapat dikelompokkan menjadi media massa dan media
non-massa.
27. Dalam kegiatan komunikasi, penggunaan kombinasi dari beberapa
media ternyata paling efektif untuk mencapai tujuan.
sebab
Dalam
proses penyebarserapan inovasi peng-gunaan beberapa media dapat mendorong
keberhasilan tujuan yang ingin dicapai.
28. Fotonovel atau komik yang disajikan dengan format hiburan akan
melemahkan pengertian pesan yang disampaikan.
sebab
Format
hiburan yang ditonjolkan dalam fotonovel atau komik lebih menarik dan
merangsang emosi pembaca.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 29
SAMPAI 45, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
29. Suatu program komunikasi memerlukan persiapan yang harus disusun
secara terinci dan spesifik, yang menggambarkan hal-hal sebagai berikut
1) siapa sasarannya?
2) bagaimanakah tujuan komunikasinya?
3) siapa yang bertanggung jawab atas isi komunikasinya?
30. Misalkan Anda diminta untuk merencanakan suatu program komunikasi
untuk proyek sanitasi, pertimbangan-pertimbangan khusus apa yang harus
diperhatikan dalam proyek sanitasi tersebut?
1) Biaya ditekan serendah mungkin
2) Rencana komunikasi disusun secara sederhana
3) Dampaknya harus segera
31. Anda adalah seorang perencana program komunikasi, Anda mendapatkan
informasi tentang tingginya frekuensi kasus diare di Desa Sukamaju, akibat
buruknya kondisi kebersihan lingkungan dan rendahnya kesadaran akan upaya
pencegahan dan penanganan terhadap wabah ini. Maka pemecahan tentatif yang akan
direkomen-dasikan adalah
1) menginformasikan kepada seluruh ibu tentang penyebab diare
2) mendidik para ibu untuk menyembuhkan diare
3) mencari sebab-sebab diare
32. “Di desa “Karang Anyar” sedang dilanda wabah diare, masyarakatnya
mengelompok-kan diare ke dalam beberapa jenis, yaitu jenis “muntaber”,
“disentri”, dan yang menerus atau kronis”. Untuk jenis muntaber dan disentri
oleh masyarakat dianggap berbahaya sehingga mereka cepat-cepat mencari
pertolongan kepada petugas kesehatan, sedangkan jenis yang menerus biasanya
dihubungkan dengan masalah supranatural. Contoh di atas merupakan kegunaan
suatu studi dalam mengidentifikasi masalah dan mengetahui aspek sosial dari
masalah tersebut.
Aspek sosial dari masalah itu diantaranya adalah
1) persepsi masyarakat tentang diare
2) cara pengobatan masyarakat tentang diare
3) kategorisasi diare di mata masyarakat
33. Jika Anda adalah seorang perencana program komunikasi,
informasi-informasi mengenai apakah yang Anda perlukan untuk merumus-kan
masalah suatu program komunikasi di bidang kesehatan?
1) Bagaimanakah tingkat terjadinya di kalangan berbagai kelompok
masyarakat?
2) Apakah ada perbedaan antara pria dan wanita?
3) Dimanakah permasalahan itu terjadi?
34. Untuk dapat mengetahui problem apa yang sedang menjadi masalah
pada suatu masyarakat dapat ditempuh beberapa cara atau metode yaitu
1) observasi
2) konsultasi dengan spesialis
3) riset
35. Di bawah ini adalah contoh beberapa program pemerintah yang sangat
memerlukan analisis demografis, diantaranya ialah
1) program keluarga berencana
2) program imunisasi
3) program pengentasan kemiskinan
36. Suatu objectives (tujuan) program komunikasi, haruslah memenuhi
elemen-elemen penting seperti
1) spesifik
2) measurable
3) abstrak
37. Ada beberapa kriteria yang harus diper-masalahkan dalam
menentukan tujuan/ objectives suatu
program komunikasi diantaranya adalah
1) mengidentifikasi khalayak yang akan dicapai
2) mengidentifikasi batas waktu pencapaian tujuan
3) mengidentifikasi jenis pengukuran yang akan digunakan
38. Langkah pertama setelah memilih media adalah mendaftar semua media
yang ada, karena dengan demikian dapat diketahui hal-hal terpenting dari setiap
media seperti
1) berapa banyakkah proporsi khalayak yang mempunyai pesawat radio
atau televisi?
2) berapa persenkah tingkat melek huruf khalayak?
3) berapa jeniskah informasi yang disampaikan?
39. Sebagai seorang penyuluh Ratih mempunyai kemampuan membina
hubungan baik dengan khalayaknya. Keadaan tersebut didapat, karena Ratih telah
mampu
1) melakukan empati
2) menciptakan situasi homophily dengan khalayak
3) mengevaluasi jenis-jenis khalayak
40. Radio merupakan salah satu media massa yang mempunyai keunggulan
tertentu, yaitu
1) populer digunakan oleh khalayak
2) tingkat ketersediaannya cukup merata
3) penggunaannya dapat secara individual maupun kolektif
41. Yang dimaksud dengan pengembangan pesan dalam proses komunikasi
adalah bagaimana pesan yang akan disampaikan
1) cocok dengan tujuannya
2) ada kesesuaian dengan khalayak sasaran
3) ada keselarasan dengan media yang digunakan
42. Dalam pengembangan suatu pesan, ada beberapa hal yang perlu
mendapat perhatian antara lain
1) pesan harus dibuat sederhana dan terarah
2) pesan harus sesuai dengan perencanaan
3) pesan disusun agar menarik dan memikat khalayak sasaran
43. Ada beberapa hal pokok yang perlu diketahui sebelum seseorang
melakukan pengembang-an program komunikasi diantaranya adalah
1) persepsi masyarakat mengenai masalah yang dihadapi
2) kebiasaan hidup masyarakat yang ada kaitannya dengan masalah yang
hendak diatasi
3) mitos yang ada di masyarakat
44. Sebagai teknik riset pengembangan dalam program komunikasi, survei
mempunyai kelebihan-kelebihan sebagai berikut
1) menghasilkan data kuantitatif untuk perumusan hipotesa
2) bila kerangka sampling benar, memung-kinkan proyeksi yang valid
untuk suatu jumlah yang besar dari khalayak sasaran
3) mampu menghasilkan hasil temuan yang sampai kapanpun bersifat
valid
45. Suatu riset pengembangan perlu dilakukan dalam program komunikasi,
karena beberapa alasan penting yaitu
1) kefektifan program komunikasi dapat diketahui
2) permasalahan program komunikasi dapat diketahui
3) tujuan program komunikasi dapat diketahui
Maaf, jawabannya bisa di share ga pak?
ReplyDelete