Cloud Hosting Indonesia

29 May, 2014

Soal Perencanaan Program Komunikasi



TUGAS MANDIRI
PERENCANAAN PROGRAM KOMUNIKASI
(SKOM4206)



PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  19, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Suatu rencana program komunikasi mengandung beberapa ciri penting. Salah satunya adalah     
A.   menggambarkan langkah tindakan yang induktif.
B.   mencerminkan pesimisme.
C.   berorientasi pada pemecahan masalah.
D.   perencanaannya harus bersifat abstrak.

2.   Untuk menanggulangi wabah penyakit pada suatu daerah, maka perlu diadakan program komunikasi yang ditujukan kepada masya-rakat setempat. Jenis program komunikasi tersebut termasuk ke dalam program komunikasi
A.   generalis.
B.   insidental.
C.   horizontal.
D.   dua arah.
     
3.   Berbagai data dasar yang diperlukan sebagai titik tolak dalam menyusun suatu perencana-an, disebut
A.   data need assessement.
B.   data base line.
C.   data base input.
D.   data base out put.

4.   Di desa “Sukamakmur” masyarakatnya telah menyadari berbagai problem kesehatan yang mereka hadapi, yang semuanya bersumber pada kurangnya kebersihan lingkungan, yang disebabkan karena sulitnya mendapatkan air besih, dan masyarakat setempat tidak dapat mengatasi masalah itu.

               Problem utama contoh kasus di atas disebab-kan oleh
A.   kurangnya pengetahuan masyarakat.
B.   kurangnya keterampilan masyarakat.
C.   kurangnya mental masyarakat.
D.   kurangnya kebiasaan masyarakat.

5.   Di kalangan kesehatan dikenal suatu cara untuk mengenali masalah, yaitu dengan menggunakan analisis
A.   perilaku.
B.   tugas.
C.   isi.
D.   pengetahuan.

6.   Kegiatan yang bertujuan untuk mengenal sedekat mungkin berbagai ciri yang ada pada khalayak sasaran yang hendak dicapai oleh suatu program komunikasi, disebut
A.   analisis program.
B.   analisis khalayak.
C.   analisis media.
D.   analisis pesan.

7.   Dalam program komunikasi, pengelompokkan khalayak sasaran ke dalam kelompok-kelompok yang didasarkan atas kesamaan tertentu, dinamakan
A.   populasi.
B.   segmentasi.
C.   audience.
D.   relasi.

8.   Menurut Mallica Vajrathon, para komunikator pembangunan dan pendidik, memilih wanita, sebagai tujuan komunikasinya antara lain karena wanita dianggap sebagai
A.   agen politik.
B.   agen pembaharu.
C.   agen ekonomi.
D.   ibu rumah tangga.

9.   Hal penting dalam menyusun perencanaan program komunikasi adalah
A.   melakukan perubahan.
B.   merumuskan tujuan.
C.   menyelesaikan suatu masalah.
D.   mencari pokok permasalahan.

10.   Menurut aliran psikologi, perubahan pada diri manusia dapat terlihat dari
A.   penampilan pribadi.
B.   kecerdasan seseorang.
C.   bentuk perilaku.
D.   pola berpikir.

11.   Pengembangan sistem instruksional sebagai pedoman untuk kegiatan belajar-mengajar dimaksudkan untuk
A.   terselenggaranya proses belajar-mengajar.
B.   membantu keharmonisan pengajaran.
C.   tujuan belajar dapat tercapai.
D.   perbaikan sistem pengajaran.

12.   Ada persaingan yang mendasar antara kegiatan komunikasi dengan kegiatan belajar dalam bidang pendidikan, yaitu pada
A.   hasil kegiatan.
B.   pelaksanaan kegiatan.
C.   rencana kegiatan.
D.   tujuan kegiatan.

13.   Salah satu kunci yang menentukan dalam memilih media atau saluran komunikasi adalah soal biaya yang disebut juga dengan
A.   cost benefit media.
B.   cost effective media.
C.   cost balance media.
D.   cost draw media.

14.   Kemampuan seorang penyuluh untuk menempatkan dirinya pada posisi anggota masyarakat yang dibinanya disebut dengan kemampuan
A.   homophily.
B.   empati.
C.   simpati.
D.   kompatibilitas.

15.   Suatu program komunikasi dapat diterima di tengah masyarakat, karena adanya “keserasian” antara program komunikasi itu dengan kebudayaan masyarakat yang ber-sangkutan, yang sering dikenal dengan istilah
A.   empathi.
B.   heterophily.
C.   kompatibilitas.
D.   homophily.

16.   Hal utama yang harus diperhatikan dalam memilih dan menetapkan media atau saluran yang cocok untuk digunakan pada suatu program adalah
A.   biaya yang harus dikeluarkan.
B.   bahasa yang akan digunakan.
C.   pesan-pesan dalam program.
D.   tujuan atau objektivitas program.



17.   Media cetakan berupa serangkaian gambar yang ditata berurutan menurut waktu untuk menggambarkan suatu kejadian disebut dengan
A.   spot.
B.   fotonovel.
C.   drama serial.
D.   feature.

18.   Penyampaian informasi singkat melalui radio tentang bahaya penyakit AIDS yang penularannya semakin meluas akhir-akhir ini termasuk format acara
A.   komedi.
B.   spot.
C.   siaran pedesaan.
D.   kuis.

19.   Untuk pesan yang menyangkut hal-hal yang berbahaya hendaknya disampaikan dengan nada
A.   humor.
B.   agresif.
C.   populer dan informal.
D.   serius dan formal.


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  20  SAMPAI  28,   PILIHLAH!
A.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D.   JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!

20.   Seorang perencana program komunikasi harus dapat mengetahui kebutuhan nyata dari masyarakat yang menjadi khalayak sasaran.
sebab                 
Kebutuhan dari masyarakat sasaran merupa-kan jawaban atau pemecahan terhadap masalah yang dihadapi.

21.   Hasil analisis berbagai masalah yang ada pada masyarakat disusun menjadi suatu rumusan permasalahan.
sebab                 
Permasalahan yang ada pada masyarakat harus dirumuskan secara tepat dan teliti.
22.   Pengertian keliru tentang menyusui perlu diperhatikan dalam penyusunan rencana program komunikasi untuk kampanye ASI.
sebab                 
Banyak anggapan bahwa ASI sekedar bahan makananan yang sepenuhnya dapat diganti-kan susu tepung.

23.   Dalam menganalisis dan menentukan khalayak, perlu diperhatikan bahwa khalayak sasaan, “tidak selalu” sama dengan benefisiaries (pemanfaat).
sebab                 
Benefisiaries (pemanfaat) mengandung pengertian yang sama dengan target audience.
24.   Agar suatu program komunikasi dapat tercapai, maka rumusan tujuannya harus disusun secara operasional.
sebab                 
Perumusan tujuan yang bersifat operasional mempermudah pengukuran pencapaian tujuan dalam suatu program.

25.   Program komunikasi tidak harus terkait dengan suatu proyek pembangunan .
sebab                 
Suatu tujuan (objectives) suatu program komunikasi merupakan kegiatan yang berkaitan dengan upaya melakukan perubahan pada diri khalayak.

26.   Secara umum saluran komunikasi dapat dibedakan antara yang bersifat antarpribadi dan yang menggunakan media.
sebab                 
Saluran yang menggunakan media dapat dikelompokkan menjadi media massa dan media non-massa.

27.   Dalam kegiatan komunikasi, penggunaan kombinasi dari beberapa media ternyata paling efektif untuk mencapai tujuan.
sebab                 
Dalam proses penyebarserapan inovasi peng-gunaan beberapa media dapat mendorong keberhasilan tujuan yang ingin dicapai.

28.   Fotonovel atau komik yang disajikan dengan format hiburan akan melemahkan pengertian pesan yang disampaikan.
sebab                 
Format hiburan yang ditonjolkan dalam fotonovel atau komik lebih menarik dan merangsang emosi pembaca.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   29   SAMPAI   45,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
29.   Suatu program komunikasi memerlukan persiapan yang harus disusun secara terinci dan spesifik, yang menggambarkan hal-hal sebagai berikut
1)   siapa sasarannya?
2)   bagaimanakah tujuan komunikasinya?
3)   siapa yang bertanggung jawab atas isi komunikasinya?

30.   Misalkan Anda diminta untuk merencanakan suatu program komunikasi untuk proyek sanitasi, pertimbangan-pertimbangan khusus apa yang harus diperhatikan dalam proyek sanitasi tersebut?
1)   Biaya ditekan serendah mungkin
2)   Rencana komunikasi disusun secara sederhana
3)   Dampaknya harus segera

31.   Anda adalah seorang perencana program komunikasi, Anda mendapatkan informasi tentang tingginya frekuensi kasus diare di Desa Sukamaju, akibat buruknya kondisi kebersihan lingkungan dan rendahnya kesadaran akan upaya pencegahan dan penanganan terhadap wabah ini. Maka pemecahan tentatif yang akan direkomen-dasikan adalah
1)   menginformasikan kepada seluruh ibu tentang penyebab diare
2)   mendidik para ibu untuk menyembuhkan diare
3)   mencari sebab-sebab diare

32.   “Di desa “Karang Anyar” sedang dilanda wabah diare, masyarakatnya mengelompok-kan diare ke dalam beberapa jenis, yaitu jenis “muntaber”, “disentri”, dan yang menerus atau kronis”. Untuk jenis muntaber dan disentri oleh masyarakat dianggap berbahaya sehingga mereka cepat-cepat mencari pertolongan kepada petugas kesehatan, sedangkan jenis yang menerus biasanya dihubungkan dengan masalah supranatural. Contoh di atas merupakan kegunaan suatu studi dalam mengidentifikasi masalah dan mengetahui aspek sosial dari masalah tersebut.
               Aspek sosial dari masalah itu diantaranya adalah
1)   persepsi masyarakat tentang diare
2)   cara pengobatan masyarakat tentang diare
3)   kategorisasi diare di mata masyarakat

33.   Jika Anda adalah seorang perencana program komunikasi, informasi-informasi mengenai apakah yang Anda perlukan untuk merumus-kan masalah suatu program komunikasi di bidang kesehatan?
1)   Bagaimanakah tingkat terjadinya di kalangan berbagai kelompok masyarakat?
2)   Apakah ada perbedaan antara pria dan wanita?
3)   Dimanakah permasalahan itu terjadi?

34.   Untuk dapat mengetahui problem apa yang sedang menjadi masalah pada suatu masyarakat dapat ditempuh beberapa cara atau metode yaitu
1)   observasi
2)   konsultasi dengan spesialis
3)   riset

35.   Di bawah ini adalah contoh beberapa program pemerintah yang sangat memerlukan analisis demografis, diantaranya ialah
1)   program keluarga berencana
2)   program imunisasi
3)   program pengentasan kemiskinan

36.   Suatu objectives (tujuan) program komunikasi, haruslah memenuhi elemen-elemen penting seperti
1)   spesifik
2)   measurable
3)   abstrak

37.   Ada beberapa kriteria yang harus diper-masalahkan dalam menentukan  tujuan/ objectives suatu program komunikasi diantaranya adalah
1)   mengidentifikasi khalayak yang akan dicapai
2)   mengidentifikasi batas waktu pencapaian tujuan
3)   mengidentifikasi jenis pengukuran yang akan digunakan

38.   Langkah pertama setelah memilih media adalah mendaftar semua media yang ada, karena dengan demikian dapat diketahui hal-hal terpenting dari setiap media seperti
1)   berapa banyakkah proporsi khalayak yang mempunyai pesawat radio atau televisi?
2)   berapa persenkah tingkat melek huruf khalayak?
3)   berapa jeniskah informasi yang disampaikan?

39.   Sebagai seorang penyuluh Ratih mempunyai kemampuan membina hubungan baik dengan khalayaknya. Keadaan tersebut didapat, karena Ratih telah mampu
1)   melakukan empati
2)   menciptakan situasi homophily dengan khalayak
3)   mengevaluasi jenis-jenis khalayak

40.   Radio merupakan salah satu media massa yang mempunyai keunggulan tertentu, yaitu
1)   populer digunakan oleh khalayak
2)   tingkat ketersediaannya cukup merata
3)   penggunaannya dapat secara individual maupun kolektif

41.   Yang dimaksud dengan pengembangan pesan dalam proses komunikasi adalah bagaimana pesan yang akan disampaikan
1)   cocok dengan tujuannya
2)   ada kesesuaian dengan khalayak sasaran
3)   ada keselarasan dengan media yang digunakan

42.   Dalam pengembangan suatu pesan, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian antara lain
1)   pesan harus dibuat sederhana dan terarah
2)   pesan harus sesuai dengan perencanaan
3)   pesan disusun agar menarik dan memikat khalayak sasaran

43.   Ada beberapa hal pokok yang perlu diketahui sebelum seseorang melakukan pengembang-an program komunikasi diantaranya adalah
1)   persepsi masyarakat mengenai masalah yang dihadapi
2)   kebiasaan hidup masyarakat yang ada kaitannya dengan masalah yang hendak diatasi
3)   mitos yang ada di masyarakat

44.   Sebagai teknik riset pengembangan dalam program komunikasi, survei mempunyai kelebihan-kelebihan sebagai berikut
1)   menghasilkan data kuantitatif untuk perumusan hipotesa
2)   bila kerangka sampling benar, memung-kinkan proyeksi yang valid untuk suatu jumlah yang besar dari khalayak sasaran
3)   mampu menghasilkan hasil temuan yang sampai kapanpun bersifat valid

45.   Suatu riset pengembangan perlu dilakukan dalam program komunikasi, karena beberapa alasan penting yaitu
1)   kefektifan program komunikasi dapat diketahui
2)   permasalahan program komunikasi dapat diketahui
3)   tujuan program komunikasi dapat diketahui

1 comment: