Cloud Hosting Indonesia

04 May, 2014

Soal Psikolinguistik PISA4441



TUGAS MANDIRI
PSIKOLINGUISTIK
(PISA4441)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 30,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Yang dimaksud dengan psikolinguistik adalah ....         
A.   ilmu yang mempelajari linguistik
B.   bidang studi yang menghubungkan psikologi dan linguistik
C.   bidang ilmu yang mempelajari psikologi dan tuturan
D.   ilmu yang mempelajari proses terjadinya kalimat

2.   Tujuan utama seorang psikolinguis yaitu ....     
A.   menganalisis interaksi bahwa antara para penutur bahasa
B.   menyempurnakan proses psikologis seseorang dalam bertutur
C.   menemukan struktur dan proses yang melandasi kemampuan manusia untuk berbicara dan memahami bahasa
D.   menentukan proses yang melandasi seseorang dalam menghasilkan kalimat
     
3.   Psikolinguistik perkembangan membi-carakan tentang ....
A.   aspek-aspek sosial bahasa
B.   pemerolehan bahasa
C.   hubungan bahasa dengan otak manusia
D.   penerapan temuan-temuan keenam subdisiplin psikolinguistik

4.   Yang dimaksud dengan aliran empirisme yaitu aliran yang cenderung ....
A.   mengkaji prinsip-prinsip akal yang bersifat batin
B.   mementingkan faktor bakat atau pembawaan yang bertanggungjawab mengatur perilaku manusia
C.   mengkaji bagian-bagian yang membentuk suatu benda sampai ke bagian terkecil dan mendasarkan kajiannya pada faktor dari luar yang langsung dapat diamati
D.   mengkaji akal sebagai satu kesatuan yang utuh dan menganggap batin sebagai faktor yang penting untuk diteliti guna memahami perilaku manusia

5.   Hubungan antara psikologi dan linguistik menurut Humbold yaitu ....
A.   bila akan mengkaji bahasa secara tuntas dan cermat, selayaknya menggabungkan linguistik dan psikologi
B.   bahasa merupakan ekspresi pengalaman yang lahir karena tekanan emosi yang kuat
C.   psikologi dapat memberikan dasar yang kuat bagi kajian bahasa
D.   bahasa menentukan pandangan masyarakat penuturnya

6.   Yang dimaksud dengan teori behaviorisme menurut Watson adalah ....
A.   menempatkan perilaku bahasa pada tingkatan yang sama dengan perilaku manusia yang lain
B.   bahasa manusia mempunyai tiga fungsi, yaitu ekspresi, evokasi, dan representasi
C.   bahasa sebagai wujud perilaku bila seseorang menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya
D.   bahasa merupakan perilaku yang kompleks

7.   Yang dimaksud dengan teori mentalistik adalah teori yang ....
A.   mengkaji bahasa dan perkembangannya dengan mengana-lisis bahasa anak-anak
B.   menggolongkan psikologi kata-kata yang diucapkan anak-anak
C.   menentukan perbandingan antara kata kerja bantu dan kata depan
D.   berpendapat bahwa antara unsur-unsur perasaan dengan unsur-unsur mental terjadi pertukaran

8.   Isi buku psikolinguistik yang diterbitkan oleh Thumb dan Marbe berisi tentang ....
A.   psikolog bahasa dari sudut psikologi dan bahasa
B.   dasar-dasar psikologi pembentukan analogi pertuturan
C.   pokok-pokok dalam perkembangan linguistik dan psikologi
D.   kaidah-kaidah dalam mempelajari psikologi dan linguistik

9.   Teori mediasi adalah suatu teori yang
A.   memberi respon terhadap stimulus dari teori sebelumnya
B.   mengulas psikolinguistik dengan teknik-teknik penyelidikan
C.   mengkaji peristiwa batin yang menengah stimulus dan respon untuk memperkuat peranan akal dalam psikologi
D.   memiliki kecenderungan untuk mempertahankan fenomena-fenomena dalam ilmu bahasa

10.   Tugas psikolinguistik menurut Miller     adalah ....
A.   menguraikan proses seseorang menggunakan kalimat
B.   menganalisis terbentuknya sebuah tuturan
C.   memilah-milah perkembangan linguis-tik berdasarkan periodesasi
D.   mengembangkan hasil kajian pendahuluannya

11.   Perubahan teori psikolinguistik secara radikal pada periode ke-2 yaitu ....
A.   pandangan teori behavioristik dan taksonomi struktural mempengaruhi teori psikolinguistik selama 50 tahun
B.   pandangan mentalistik kognitivis dan transformasional selama tahun 60-an dan awal tahun 70-an mendominasi semua aspek psikolinguistik
C.   aspek bahasa dalam teori transformasional mempengaruhi teori psikolinguistik dan pengajaran bahasa
D.   diusulkannya model integratif pada tahun-tahun terakhir

12.   Menurut Chomsky, pada hakikatnya bahasa adalah operasi kebergantungan struktur artinya ....
A.   bahasa sama dengan struktur
B.   bahasa memiliki seperangkat kaidah yang berupa struktur internal
C.   pengoperasian bahasa didahului oleh pengoperasian struktur
D.   tidak ada bahasa bila tidak ada struktur

13.   Sifat arbitrer pada bahasa manusia bermakna ....
A.   hanya manusia yang memiliki bahasa
B.   manusia sering kali berlaku sewenang-wenang
C.   tidak ada hubungan antara lambang dengan yang dilambangkan
D.   selain sebagai suatu sistem, bahasa juga merupakan lambang-lambang yang bermakna

14.   Bahasa memiliki ciri sebagai transmisi budaya. Hal ini terbukti bahwa manusia ....
A.   digunakan secara turun menurun
B.   dapat digunakan di berbagai tempat
C.   diciptakan oleh manusia
D.   dapat hidup sepanjang masa

15.   Ciri bahasa bersifat bergiliran terlihat pada peristiwa komunikasi berikut ini ....
A.   Pak Tino sedang menjelaskan makna konotatif
B.   Nurul dan Nisa sedang bermain jual-beli
C.   Harun sedang menyusun sebuah kalimat efektif
D.   Yanti sedang menyimak berita kenaikan BBM

16.   Di rumah Bu Aminah, ibu-ibu arisan membicarakan kue yang disajikan
        Bu Tita : Enak ya kuenya.
        Bu Lili    : Bu Am beli di mana sih                                kuenya?
        Bu Siti  : Ini kue kesenangan saya.
        Beragamnya ujaran untuk satu topik yang sama menandakan bahwa bahasa memiliki ciri ....
A.   kebermaknaan
B.   penggunaan spontan
C.   kreativitas
D.   keterpisahan

17.   Berikut ini adalah kegiatan komunikasi yang menunjukkan ciri keterpisahan bahasa ....
A.   seorang murid bertanya pada gurunya
B.   guru menjelaskan terjadinya Candi Prambanan
C.   Nina berbicara dengan bonekanya
D.   Linda menghafal pelajarannya

18.   Ciri dualitas atau artikulasi ganda menandakan bahasa memiliki dua catatan yaitu ....
A.   bunyi dan makna
B.   fon dan morf
C.   penutur dan mitra tutur
D.   denotatif dan konotatif

19.   Aliran analogi memiliki paham yang berbeda dengan teori arbitrer, yaitu ....
A.   bahasa memiliki makna berdasarkan kesepakatan
B.   makna sebuah kata sudah ada sebelum bahasa lahir
C.   terdapat hubungan antara lambang dengan yang dilambangkan
D.   makna kata muncul dengan berdasarkan pada struktur

20.   Di dalam bertutur terlibat dua aspek pada manusia yaitu aspek ....
A.   fisik dan psikis
B.   pemahaman dan produksi
C.   pengetahuan dan kemampuan
D.   internal dan eksternal

21.   Dalam peristiwa komunikasi, proses mental terjadi pada saat ....
A.   bunyi-bunyi diproses dalam pikiran pendengar untuk dipahami
B.   bunyi-bunyi diolah oleh penutur untuk dijadikan tuturan
C.   terjadi dialog antara penutur dan mitra tutur
D.   tuturan selesai diucapkan oleh penutur

22.   Tujuan seseorang memproduksi ujaran adalah untuk ....
A.   melatih kemampuan berbahasanya
B.   menyampaikan gagasan kepada orang lain
C.   melakukan sosialisasi
D.   memperoleh apa yang diinginkannya

23.   Yang dimaksud dengan representasi semantik dalam proses produksi ujaran adalah ....
A.   konsep keuniversalan bahasa
B.   ide dalam benak penutur yang akan disampaikan
C.   bayangan bunyi yang akan diujarkan
D.   struktur bahasa yang dimiliki penutur

24.   Gagasan tentang topik bakat atau pembawaan dikemukakan oleh ....
A.   Chomsky
B.   Bloomfield
C.   Ferdinand de Seasure
D.   Lenneberg

25.   Piranti pemerolehan bahasa itu pada hakikatnya merupakan perangkat kemampuan yang dimiliki anak dalam tatanan semantik, sintaksis, dan fonologi. Artinya, sejak lahir anak ....
A.   telah memiliki kemampuan membedakan bunyi bahasa dan bukan bahasa
B.   telah dibekali kemampuan LAD
C.   dibekati kecerdasan bahasa
D.   memperoleh bakat alam tentang bahas

26.   Proses berbahasa yang bersifat produktif adalah proses ....
A.   yang menghasilkan teori-teori tentang bahasa
B.   yang menghasilkan gagasan dan diinformasikan kepada orang lain
C.   dalam rangka memahami tuturan orang lain
D.   dengan tujuan memahami hakikat bahasa

27.   Di samping urutan alamiah, terdapat komponen penting dalam belajar bahasa, yaitu ....
A.   otak
B.   paru-paru
C.   monitor
D.   pita suara
     
28.   Orang yang menderita afasia Wernick akan mengalami kesulitan dalam ....
A.   memahami tuturan
B.   berbicara
C.   belajar bahasa
D.   melafalkan bunyi bahasa

29.   Dalam perkembangan bahasa anak, terdapat fase meraban, pada tahap ini anak mampu ....
A.   menirukan pola-pola intonasi
B.   memproduksi vokal dan konsonan secara serentak
C.   mengucapkan tuturan satu kata
D.   menggunakan kosakata secara lebih lengkap

30.   Dalam tahap perkembangan bahasa anak, terdapat tahap perolehan bentuk tanya dan bentuk ingkar. Contoh kalimat bentuk ingkar adalah ....
A.   Ani mengambil apel
B.   Apa boleh saya makan?
C.   Mangga ini tidak manis
D.   Saya akan pergi ke sekolah

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  31 SAMPAI   44,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
31.   Berikut ini merupakan pertanyaan-pertanyaan yang dikaji dalam psikolinguistik ....
1)   Bagaimanakah bahasa itu ada dan mengapa ia harus ada? Di manakah bahasa itu berada dan disimpan?
2)   Bagaimana bahasa itu tumbuh, berubah, dan mati? Bagaimana suatu dialek muncul dan berubah menjadi bahasa yang baru?
3)   Mengapa seseorang menderita afasia? Bagaimana mengobatinya?

32.   Menurut Aitchison, ada 3 hal yang menarik dalam psikolinguistik, antara lain ....
1)   masalah pemerolehan bahasa
2)   hubungan antara pengetahuan bahasa dan pemahaman bahasa
3)   bahasa orang dewasa yang normal

33.   Tugas-tugas psikolinguistik di antaranya yaitu ....
1)   menjelaskan perilaku bahasa dalam menghasilkan satu alam pengganti untuk alam nyata yang tak terbatas
2)   menunjukkan cara perilaku bahasa dalam mewujudkan sejenis organisasi sosial yang merupakan kumpulan organisasi kecil
3)   menjelaskan cara perilaku bahasa dalam menghasilkan satu bentuk perilaku yang menjadi fungsi dalam peristiwa alam yang sudah terjadi, sedang terjadi, dan akan terjadi

34.   Berikut ini adalah alasan Lennenberg bahwa manusia memiliki kecenderungan untuk memperoleh bahasa yang tidak dimiliki oleh hewan ....
1)   perkembangan bahasa yang sama bagi semua orang
2)   bahasa tidak mungkin diajarkan kepada makhluk lain
3)   bahasa memiliki kesemestaan bahasa

35.   Aitchison mengemukakan 10 ciri bahasa manusia, beberapa di antaranya adalah  ....
1)   berciri kreativitas
2)   bersifat arbitrer
3)   menggunakan saluran vokal auditoris

36.   Kata-kata berikut ini dibentuk atas dasar pemikiran anologi  ....
1)   jangkrik, karena berbunyi krik krik krik
2)   ikan mujair, penemunya Pak Mujair
3)   kerikil, berasal dari keri marang sikil

37.   Menurut Bloomfield, dalam proses bertutur terdapat komponen-komponen ....
1)   fonasi
2)   stimulus
3)   respon

38.   Sifat-sifat berikut ini terdapat pada pemerolehan bahasa, bukan pada belajar bahasa ....
1)   sadar
2)   subsadar
3)   alamiah

39.   Menurut Mc Neil, dengan piranti pemerolehan bahasanya, anak akan mampu ....
1)   membedakan bunyi ujaran dengan bunyi yang lain
2)   membedakan sistem bahasa yang mungkin dengan yang tidak mungkin
3)   mengorganisasikan peristiwa bahasa ke dalam variasi yang beragam

40.   Perilaku bahasa merupakan perilaku yang dipicu secara biologis dan memiliki karakteristik sebagai berikut ....
1)   perilaku itu muncul sebelum diperlukan
2)   penampilannya bukan merupakan hasil keputusan yang sadar
3)   kemunculannya tidak dipicu oleh peristiwa eksternal

41.   Pada tahap infleksi, anak memperoleh tuturan yang berupa ....
1)   kata tugas
2)   kata ulang
3)   kata majemuk

42.   Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pemerolehan B2, antara lain ....
1)   bahan
2)   metode
3)   lingkungan

43.   Terdapat beberapa strategi dalam belajar bahasa yaitu strategi ....
1)   pusat minat
2)   langsung
3)   tak langsung

44.   Strategi pembelajaran B2 berciri bebas agresivitas artinya strategi pembelajaran bahasa dibebaskan dari konotasi ....
1)   bersaing
2)   manipulasi
3)   rekayasa

No comments:

Post a Comment