TUGAS MANDIRI
TEORI KOMUNIKASI
(SKOM4204)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 22, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Pada siklus pengembangan teori, proses
deduksi terjadi pada tahap
A. membuat pertanyaan.
B. membentuk hipotesis.
C. menguji hipotesis.
D. memformulasikan teori.
2. Teori yang berbunyi “komunikasi adalah
pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal” menekankan pada komponen
A. simbol-simbol.
B. interaksi.
C. pertukaran.
D. tujuan.
3. Teori-teori komunikasi yang termasuk dalam
kelompok teori kontekstual diantaranya adalah sebagai berikut, kecuali
A. Komunikasi Antarpribadi.
B. Komunikasi Massa.
C. Komunikasi Nonverbal.
D. Komunikasi Organisasi.
4. Dalam komunikasi antarpribadi, pandangan kita
mengenai pandangan orang lain tentang diri kita disebut
A. persepsi.
B. metameta persepsi.
C. motivasi.
D. metapersepsi.
5. Salah satu elemen kesadaran diri adalah ‘self
esteem’. Yang dimaksud dengan ‘self esteem’ adalah
A. bagaimana kita menilai orang.
B. bagaimana kita menilai diri kita sendiri.
C. bagaimana orang lain memandang diri kita.
D. bagaimana orang lain memandang dirinya
sendiri.
6. Orang yang memiliki kepribadian dan rasa
percaya diri yang kuat memiliki
A. konsep diri yang tinggi.
B. konsep diri yang rendah.
C. self esteem yang tinggi.
D. self esteem yang rendah.
7. Ira sangat mencintai Ian, sehingga apapun
yang dikerjakan Ian selalu terlihat baik dan benar walau dimata orang lain
buruk dan tidak benar. Perilaku Ira tersebut merupakan contoh dari respons sets
A. leniency effect.
B. halo effect.
C. atributional process.
D. attributional responses.
8. Smallness adalah ukuran keanggotaan
partisipan pada komunikasi yang memiliki pengertian
A. jumlah minimal anggota kelompok di mana
anggotanya dapat mengenal dan memberi tanggapan terhadap anggota lainnya.
B. jumlah maksimal anggota kelompok di mana
anggotanya dapat mengenal dan memberi tanggapan terhadap anggota lainnya.
C. kemampuan setiap anggota kelompok untuk
saling berinteraksi dengan mengenal dan memberi respon terhadap anggota
lainnya.
D. kemampuan suatu kelompok untuk berkomunikasi
dengan kelompok lain.
9. Kelompok yang tidak memiliki tujuan group
yang nyata karena tergantung pada pribadi masing-masing anggotanya termasuk dalam
tipe kelompok
A. belajar.
B. pertumbuhan.
C. pemecahan masalah.
D. pengumpul informasi.
10. Pandangan yang menekankan bahwa semua perilaku adalah komunikasi
dan tak satupun yang tidak dapat dikomunikasikan, adalah pandangan dari model
komunikasi
A. linier.
B. interaksional.
C. organisasional.
D. transaksional.
11. Menurut Weber, kemampuan seseorang dalam setiap hubungan sosial
untuk mempengaruhi orang lain disebut
A. organisasi.
B. perilaku.
C. kekuasaan.
D. kepemimpinan.
12. Tingkat kesepakatan para anggota organisasi mengenai hubungan
mereka disebut
A. resiprositas.
B. mode.
C. simetri.
D. strength.
13. ‘Rantai’ (link) dalam jaringan organisasi
menghubungkan/mempertahankan satu anggota dengan yang lainnya. Rantai tersebut
simetri apabila interaksinya
A. sejajar/seimbang.
B. dari bawah ke atas.
C. timbal-balik.
D. dari atas ke bawah.
14. Teori yang mengatakan bahwa komunikasi antar kelompok dalam
masyarakat berlangsung secara interaksi dan dua arah adalah teori
A. psikologi sosial.
B. hubungan sosial.
C. ko-orientasi.
D. transmisional.
15. Menurut teori agenda-setting aspek terpenting dari kekuatan
komunikasi massa adalah
A. kemampuan mengubah pengetahuan individu.
B. dapat dimengerti masyarakat.
C. mampu menggerakkan masyarakat.
D. mengubah perilaku individu.
16. Suatu studi yang memusatkan perhatian pada isi media untuk
mendapatkan pemenuhan atas kebutuhan seseorang disebut pendekatan
A. uses and gratifications.
B. uses and effect.
C. information seeking.
D. uses and needs.
17. Tahapan di mana seseorang akan berhenti mencari informasi yang
lebih banyak karena dia sudah merasa cukup, disebut
A. information seeking loops.
B. closure.
C. image of reality.
D. inclosure.
18. Dengan mempergunakan bahasa verbal, sesungguhnya kita mengkomunikasikan
A. gagasan dan konsep yang abstrak.
B. kepribadian masing-masing.
C. perasaan kita.
D. emosi yang kita miliki.
19. Seorang guru yang sedang mengajar di dalam kelas, menurut Hall,
mempunyai jarak komunikasi yang disebut
A. Intimate Distance.
B. Personal Distance.
C. Social Distance.
D. Public Distance.
20. Studi tentang penggabungan antara suara dan gerakan-gerakan badan
sekaligus dikembangkan oleh
A. Joshua Steele.
B. Ronald D Adler.
C. Francois Delsarte.
D. George Rodman.
21. Aliran yang menganggap bahwa bahasa harus dapat lebih
merefleksikan dunia di mana kita hidup adalah aliran
A. natural.
B. nurtural.
C. general semantics.
D. innate grammar.
22. Edward Sapir dan Benyamin Whorf mengemukakan teori baru mengenai
bahasa yang memusatkan kajiannya pada
A. kultural.
B. verbal.
C. non-verbal.
D. semantik.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 23
SAMPAI 28, PILIHLAH!
A. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN
KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU
JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D. JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!
23. Menurut Abraham Kaplan, teori yang baik adalah teori yang sesuai
dengan realitas kehidupan.
sebab
Teori
yang baik harus dapat diterapkan dalam kehidupan nyata.
24. Menurut Shirley Gilbert tingkat disclosure yang sedang akan
menghasilkan tingkat kepuasan hubungan yang maksimum.
sebab
Keterbukaan
seseorang tidak selalu menghasilkan tingkat hubungan yang menyenangkan bagi
partisipan komunikasi.
25. Menurut teori kepribadian kelompok, semakin banyak terdapat
kesamaan individu dalam kelompok makin besar pula sinergi efektifnya.
sebab
Energi
intrinsik yang digunakan untuk pemeliharaan kelangsungan kelompok akan semakin
besar bila dalam kelompok itu terjadi konflik.
26. Untuk aktifitas komunikasi yang penting dalam suatu organisasi
sebaiknya dilakukan secara tertulis.
sebab
Komunikasi
secara tertulis memungkinkan adanya catatan resmi yang dapat diarsipkan.
27. Salah satu yang menentukan ukuran dan bentuk potensi komunikasi
adalah karakteristik seseorang yang tergantung pada posisi sosialnya.
sebab
Posisi
sosial seseorang ditentukan oleh variabel-variabel seperti penghasilan, pendidikan,
umur dan jenis kelamin.
28. Menurut Birdwhistell dalam struktur komunikasi verbal, kombinasi
kata dalam suatu konteks akan membentuk kalimat.
sebab
Dalam
struktur komunikasi verbal kombinasi kalimat akan membentuk paragraf.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 29
SAMPAI 45, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
29. Pokok-pokok pikiran dari pendekatan Humanistic, antara lain
1) mengutamakan kreativitas individu
2) berusaha mencapai konsensus
3) menitikberatkan pada proses penemuan
30. Model-model pendekatan sistem diantaranya adalah
1) teori sistem umum
2) interaksionisme simbolik
3) fungsionalisme struktural
31. Dalam konteks ilmu sosial, pendekatan hukum mempunyai beberapa
kelemahan, antara lain adalah
1) analisisnya terlalu didasarkan pada perhitungan statistik
2) kehidupan manusia berubah-ubah
3) prinsip ‘universalitas’ bersifat relatif
32. Menurut Fisher, dalam proses komunikasi paling sedikit terlibat
tiga tataran yang berbeda, diantaranya adalah sebagai berikut
1) motivasi
2) meta persepsi
3) metameta persepsi
33. Persepsi mensyaratkan beberapa hal, antara lain
1) adanya obyek persepsi
2) ada orang yang mempersepsi
3) ada pemaknaan atau interpretasi
34. Beberapa fase yang harus dilalui individu ketika ia ingin
mengakhiri hubungan antar pribadi, menurut Duck, antara lain
1) fase intrapsikis
2) fase dyadic
3) fase sosial
35. Norma prosedural adalah norma di mana kelompok memusatkan
perhatian pada bagaimana kelompok beroperasi atau bekerja. Contoh dari norma
prosedural diantaranya adalah
1) membuat catatan dalam setiap pertemuan kelompok
2) bersikap baik dan ramah pada anggota kelompok
3) duduk saling bertatap muka
36. Beberapa keuntungan pada metode pengambilan keputusan kelompok
melalui kesepakatan, antara lain
1) keputusan dapat diambil lebih cepat
2) partisipasi anggota diperhitungkan dalam proses pengambilan
keputusan
3) anggota ikut mendukung keputusan yang diambil
37. Suatu kelompok yang tingkat ‘effective synergy’ nya tinggi tidak
akan banyak menggunakan energinya untuk
1) memelihara hubungan antarpribadi anggotanya
2) mencapai tujuan kelompok
3) mencegah anggotanya keluar dari kelompok
38. Menurut Edith Benett Pelz, yang lebih mempengaruhi keputusan
kelompok adalah
1) solidaritas sosial
2) keputusan untuk bertindak
3) persepsi mengenai konsensus kelompok
39. Menurut Kohler, Anatol dan Applbaum, pesan-pesan dalam komunikasi
antar manusia dapat berupa
1) gambar
2) ekspresi wajah
3) tulisan
40. Agar komunikasi dapat berjalan lancar dan apa yang diinginkan
tercapai maka tujuan komunikasi harus
1) realistik
2) spesifik
3) stabil
41. Pendekatan psikologi sosial memandang sumber informasi,
komunikator dan penerima berada dalam suatu situasi komunikasi yang dinamis.
Hubungan antar elemen-elemen tersebut dituangkan dalam bagan menyerupai
layang-layang yang mempunyai beberapa komponen yaitu
1) elite dan public
2) source dan receiver
3) issues dan media
42. Teori stimulus-respons pada dasarnya merupakan suatu prinsip
belajar yang sederhana, di mana efek merupakan reaksi terhadap stimulasi
tertentu. Elemen-elemen utama dari teori ini adalah
1) stimuli
2) receiver
3) respons
43. Elemen-elemen utama dari teori stimulus-respons diantaranya adalah
1) pesan
2) efek
3) media
44. Ada beberapa ciri utama yang menandai bentuk dari komunikasi
non-verbal yang diantaranya adalah
1) lebih sulit digunakan
2) lebih universal
3) kurang intelektual
45. Yang dimaksud dengan kategori ‘affect display’ menurut Ekman dan
Friesen adalah
1) dapat disengaja maupun tidak
2) dapat menyertai pesan verbal
3) dapat berdiri sendiri
Kunci jawaban nya msna y
ReplyDelete