Cloud Hosting Indonesia

04 June, 2014

Soal Komunikasi Bisnis



TUGAS MANDIRI
KOMUNIKASI BISNIS
(SKOM4432)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  25, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Salah satu dari tujuan prinsip yang harus dipegang saat melakukan kegiatan komunikasi bisnis menurut Murphy dan Hilderbrandt adalah pesan yang disampaikan harus mempertimbangkan situasi penerima. Prinsip tersebut adalah
A.   consideration.
B.   clarity.
C.   courtesy.
D.   conciseness.

2.   Contoh yang baik mengenai pemanfaatan pengetahuan adanya “variabel konteks” dalam proses komunikasi bisnis ialah
A.   malam amal.
B.   bakti sosial.
C.   business lunch.
D.   wedding party.
     
3.   Jika penerima pesan komunikasi bisnis adalah khalayak dalam jumlah besar dan tersebar, maka lebih baik menggunakan saluran
A.   tatap muka.
B.   media massa.
C.   telepon.
D.   surat.

4.   Menurut Erwin Bettinghaus pola-pola komunikasi dalam organisasi/lembaga bisnis secara umum dapat digambarkan berdasarkan pada
A.   arahan, sifat dan formalitas.
B.   perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.
C.   motivasi, persuasi dan kontrol.
D.   informasi, persuasi dan kolaborasi.

5.   Refleksi budaya perusahaan, paduan nilai, tradisi dan kebiasaan yang mendapatkan tempat pada atmosfir atau kepribadian organisasi adalah
A.   iklim komunikasi.
B.   gaya komunikasi.
C.   gaya manajemen.
D.   iklim manajemen.

6.   Dalam teori manajemen yang baru, menganut gaya
A.   direktif.
B.   suportif.
C.   pendelegasian.
D.   partisipatif.

7.   Iklan yang bertujuan untuk mempromosikan dan memasarkan produk barang dan jasa termasuk ke dalam jenis iklan
A.   keluarga.
B.   perusahaan.
C.   komersial.
D.   layanan sosial.

8.   Kelompok yang anggotanya dipilih secara acak dari kelompok konsumen yang dianggap mewakili, dibentuk oleh organisasi.lembaga bisnis dengan tujuan untuk mengetahui reaksi publik terhadap produk, proses atau jasa yang ditawarkan organisasi/lembaga bisnis adalah
A.   rapat publik.
B.   focus/group.
C.   komite/kepanitiaan.
D.   kelompok kerja.

9.   Berkaitan dengan fungsi kontrol dalam komunikasi bisnis terdapat umpan balik sebagai alat utama untuk pencapaian kinerja optimal individu dalam organisasi bisnis, biasanya dilakukan dengan memberikan gambaran terhadap prestasi kerja yakni yang disebut umpan balik
A.   informasional.
B.   formal.
C.   korektif.
D.   peneguhan.

10.   Yang termasuk dalam bagian integral dari organisasi/lembaga bisnis, tidak menduduki jabatan struktur namun bersentuhan langsung dengan proses produksi adalah
A.   konsumen.
B.   pemilik.
C.   manajemen.
D.   karyawan.

11.   Dalam dunia bisnis di Indonesia banyak mantan pejabat pemerintah dikenal sebagai anggota komisaris suatu perusahaan, dari segi komunikasi eksternal ini menguntungkan bagi perusahaan oleh karena mereka berpotensi tinggi sebagai
A.   agen regulator.
B.   pengatur.
C.   pelobi.
D.   pemodal.

12.   Identifikasi khalayak relatif mudah dilakukan pada level komunikasi
A.   interpersonal.
B.   kelompok.
C.   massa.
D.   bisnis.

13.   Proses identifikasi khalayak bisa dilakukan melalui pendekatan psikososial dengan mengenali komponen-komponen: afektif, kognitif dan konatif. Berdasarkan hal tersebut bisa diketahui kebutuhan manusia yang bersifat
A.   psikologis dan sosiogenis.
B.   biologis dan sosiogenesis.
C.   biologis dan konkret.
D.   psikologis dan abstrak.

14.   Jika pesan bersifat kompleks, sasaran heterogen dan tersebar serta butuh dokumentasi, maka sebaiknya digunakan komunikasi
A.   lisan.
B.   tulisan.
C.   verbal.
D.   tetap muka.

15.   Bahasa tubuh yang berfungsi untuk mengekspresikan suasana hati dan sikap terhadap obyek tertentu, sering terjadi secara spontan tanpa disadari. Bahasa tubuh tersebut ialah
A.   simbolik.
B.   kinesik.
C.   proxemic.
D.   chronemic.

16.   Komunikasi audio-visual untuk kepentingan komunikasi bisnis yang paling populer adalah
A.   gambar dan grafik.
B.   foto dan slide.
C.   radio dan audio kaset.
D.   film dan telekonferensi.




17.   Melakukan perhitungan statistik, sebelum menarik kesimpulan yang masuk akal dan bila memungkinkan memberikan rekomendasi merupakan aktivitas dalam
A.   menganalisis data.
B.   perumusan masalah.
C.   penyusunan rencana kerja.
D.   penyelidikan.

18.   Pesan yang hanya menyentuh sub-sub topik penting saja sesuai tema utama, dalam komposisi pesan hal ini disebut
A.   pertautan.
B.   relevansi.
C.   komprehensif.
D.   kesatuan.

19.   Persuasi adalah proses mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku orang lain sehingga orang tersebut berperilaku seperti atas kehendaknya sendiri dengan menggunakan
A.   manipulasi psikologis.
B.   provokasi.
C.   opini publik.
D.   komunikasi informal.

20.   Penulisan pesan persuasif untuk pengaduan (klaim) harus berorientasi pada pemecahan masalah. Hal ini mengutamakan keuntungan
A.   produsen.
B.   perusahaan.
C.   konsumen.
D.   semua pihak.

21.   Mendengarkan/menyimak dengan tujuan untuk memahami dan memperoleh informasi dari pembicara termasuk dalam tipe
A.   content listening.
B.   critical listening.
C.   empatik listening.
D.   active listening.

22.   Tahapan dalam proses kegiatan Public Relations adalah
A.   pencarian fakta - perencanaan - komunikasi - evaluasi.
B.   pencarian fakta - komunikasi - perencanaan - evaluasi.
C.   perencanaan - pencarian fakta - komunikasi - evaluasi.
D.   perencanaan - komunikasi - pencarian fakta - evaluasi.

23.   Dengan teknologi mutakhir kini orang dapat menyimpan data ke dalam disket, dibanding “teknologi mesin tik” maka keuntungannya adalah
A.   menghemat ruang penyimpanan.
B.   tidak membutuhkan ruangan khusus.
C.   bisa disimpan sembarangan.
D.   data tidak bisa rusak.

24.   Seorang pelobi harus memiliki kemampuan berkelit dan taktis dalam berkomunikasi bisnis karena kemampuan itu untuk
A.   menjaga fleksibilitas.
B.   memperdaya lawan komunikasi.
C.   memaksakan keinginan.
D.   menunjukkan kelihaian.

25.   Dalam menjalankan teknik negosiasi, pendekatan yang paling ideal adalah
A.   bargaining.
B.   kompromi.
C.   kalah menang.
D.   menang-menang.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  26  SAMPAI  33,   PILIHLAH!
A.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D.   JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!

26.   Dalam komunikasi bisnis pesan non verbal perlu direncanakan dan dikelola dengan baik.
sebab                       
Pesan non verbal yang diterima dan ditafsirkan oleh komunikasi akan berpengaruh pada citra diri dan citra perusahaan/organisasi bisnis.

27.   Fungsi informatif merupakan salah satu fungsi komunikasi dalam bisnis yang sangat intens keterlibatannya dalam suatu sistem manajemen.
sebab                       
Akurasi dan aktualitas informasi sangat dibutuhkan untuk pembuatan dan pengambilan keputusan oleh suatu organisasi/lembaga bisnis.

28.   Fungsi informatif merupakan salah satu fungsi komunikasi dalam bisnis yang sangat intens keterlibatannya dalam suatu sistem manajemen.
sebab                       
Akurasi dan aktualitas informasi sangat dibutuhkan untuk pembuatan dan pengambilan keputusan oleh suatu organisasi/lembaga bisnis.

29.   Mendengarkan merupakan salah satu bentuk komunikasi verbal yang penting dalam menjalankan bisnis.
sebab                       
Beberapa hasil p[enelitian menunjukkan bahwa manajer masa kini yang berhasil adalah manajer yang banyak meluangkan waktunya untuk mendengarkan orang lain.

30.   Pada tahap paling akhir dari formula ANSVA dan formula AIDA komunikasi bisnis selalu berupa pesan untuk melakukan tindakan.
sebab                       
Semua pesan persuasif selalu diakhiri dengan pesan yang menegaskan tindakan tertentu.

31.   Salah satu cara menutup penulisan pesan persuasif dapat dilakukan dengan klimaks yang menimbulkan kesan positif.
sebab                       
Penulisan pesan persuasif harus dibuka dengan menarik, sehingga merebut perhatian khalayak.

32.   Berita mengenai kegiatan Lustrum ketiga Universitas Terbuka pada tahun 1999 di televisi bisa disebut sebagai iklan.
sebab                       
Berita di televisi mampu menjangkau audience yang luas.

33.   Ketrampilan negoisasi tidak begitu penting peranannya dalam mengatasi konflik kegiatan bisnis.
sebab                       
Setiap konflik dalam kegiatan bisnis akan terselesaikan dengan sendirinya seiring perjalanan waktu.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   34   SAMPAI   46,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
34.   Alasan yang mendasari pentingnya komunikasi dalam bisnis antara lain
1)   berubahnya sikap dan kebutuhan karyawan
2)   semakin kompleksnya kegiatan bisnis
3)   semakin ketatnya kompetisi

35.   Proses terpaan informasi dalam komunikasi bisnis yang menggunakan media komunikasi massa baik elektronik maupun cetak bersifat
1)   simultan
2)   periodik
3)   terbatas

36.   Sasaran komunikasi internal dalam komunikasi bisnis adalah
1)   pemilik
2)   manajemen
3)   karyawan

37.   Hubungan yang baik dengan pelanggan perlu diciptakan dan dijaga, salah satu caranya dengan mengembangkan pelayanan untuk kepuasan pelanggan melalui
1)   penyebarluasan informasi tentang produk dan manfaatnya
2)   upaya pelayanan yang cepat, tepat, sopan dan ramah
3)   memlihara hubungan dengan para biro penjualan

38.   Kelemahan komunikasi lisan yang dapat menimbulkan masalah dalam aktivitas bisnis, biasanya diawali dengan
1)   tidak merancang dan menyampaikan pesan secara logis
2)   memanipulasi pembicaraan demi keuntungan sesaat
3)   berbicara spontan, tanpa melakukan persiapan apa yang akan dikatakan dan bagaimana cara mengatakannya

39.   Bentuk komunikasi visual akan membantu dalam hal
1)   memfokuskan perhatian komunikasi
2)   menarik perhatian.
3)   memudahkan pemahaman

40.   Selain dokumen perusahaan, sumber utama informasi primer untuk penyelidikan bisnis dikumpulkan dari
1)   observasi
2)   survai
3)   eksperimen

41.   Pada pesan persuasif untuk penawaran atau penjualan, harus ada penekanan pada pengembangan “central selling point” agar produk atau jasa yang ditawarkan
1)   menjadi pilihan konsumen
2)   dapat memuaskan kebutuhan konsumen
3)   membantu memecahkan masalah konsumen

42.   Wawancara merupakan salah satu aspek komunikasi tatap muka pada komunikasi bisnis. Sebelum wawancara dilakukan harus dilakukan persiapan yang meliputi
1)   menentukan tujuan
2)   identifikasi pihak yang diwawancarai
3)   mempersiapkan isi wawancara

43.   Ketika kita berkomunikasi melalui telepon, maka yang tidak mampu kita tangkap adalah pesan dari lawan bicara yang bersifat
1)   visual
2)   verbal
3)   gestural

44.   Jenis-jenis lobi dalam kegiatan komunikasi bisnis antara lain lobi
1)   tradisional
2)   akar rumput
3)   political action committe

45.   Selain mengetahui motif-motif orang yang terlibat dalam lobi, secara lebih teknis langkah-langkah lobi dilakukan dengan
1)   mewaspadai jebakan
2)   menetralisir sikap lawan
3)   memperbesar peluang untuk media dan menyusun rancangan pendekatan media

46.   Negosiasi dengan pendekatan gaya “menang-menang” bisa digunakan pada saat
1)   salah satu pihak memaksakan untuk menggunakan pendekatan kalah-menang
2)   kedua belah pihak memiliki kesamaan kepentingan
3)   hubungan yang harmonis dan berlanjutan amat dipentingkan

No comments:

Post a Comment