Cloud Hosting Indonesia

01 June, 2014

Soal Komunikasi Politik



TUGAS MANDIRI
KOMUNIKASI POLITIK
(SKOM4319)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN   18, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Ada empat macam sistem komunikasi politik yang utama, yaitu sistem otoriter, sistem liberal, sistem komunis dan sistem tanggung jawab sosial. Pada dasarnya keempat sistem tersebut dapat menumbuhkan keragaman nilai-nilai yang bersifat asasi. Tetapi pada kenyataannya sistem-sistem tersebut lebih menekankan pada ....
A.   komunikasi politik yang memihak pada rotasi polarnya
B.   komunikasi politik yang dapat menembus isolasi pembeda yang tumbuh karena pengaruh sistem politiknya
C.   komunikasi politik yang semakin rumit dan kompleks
D.   komunikasi politik yang bersifat otoriter komunis dan demokrasi liberal

2.   IMF sebagai badan internasional memiliki ....
A.   kemampuan mengubah arah simbol-simbol untuk kepentingan pengikutnya
B.   wewenang untuk memformulasikan simbol-simbol untuk kepentingan komuni-kan
C.   seperangkat norma yang mengatur lalu lintas dan transformasi pesan-pesan
D.   tujuan mengembangkan sistem komuni-kasi politik

3.   Pemikiran Mannheim (1893 - 1947) tentang teori elit lebih luas lagi dengan mengkaitkan pemikiran demokrasi, yaitu ....
A.   terbukanya kemungkinan masyarakat luas menyalurkan aspirasi
B.   ada kemungkinan kelompok masyarakat kelas bawah menjadi elit baru
C.   masyarakat secara luas dapat menjalan-kan pemerintahan
D.   elit berkuasa tidak dapat digeser oleh kelompok masyarakat kelas bawah

4.   Elit berkuasa merupakan kelompok kecil dari orang-orang yang terpilih, artinya ....
A.   kelompok kecil inilah yang akan menen-tukan arah kehidupan negara
B.   elit berkuasa adalah juga kelompok elit masyarakat

C.   kecakapan komunikasi politik hanya dimiliki oleh kelompok elit berkuasa
D.   elit berkuasa tidak sama dengan elit masyarakat

5.   “Kita jelas amat memerlukan kritik, sama perlunya adalah memberikan alternatif solusi dari apa yang dikritik itu, dan bila perlu ber-sedia menjadi pelaksana untuk membuktikan kebenaran dan keandalan alternatif yang ditawarkan tadi” (Kompas, 9 Februari 2002).

Kalimat di atas adalah kutipan pendapat Presiden Megawati pada saat peringatan Hari Pers Nasional di Banjarmasin. Dari kutipan tersebut, maka Presiden Megawati sebagai elit politik dan elit berkuasa ....
A.   tampil sebagai penggugah imajinasi para pendukungnya
B.   tampil sebagai pemimpin simbolik
C.   melakukan kegiatan komunikasi politik
D.   mengkritik pers

6.   Dengan berakhirnya era perang dingin, komunikasi politik internasional saat ini banyak menekankan pada isu-isu ....
A.   polarisasi ideologis
B.   hak asasi manusia
C.   politik globalisasi
D.   neo-komunisme

7.   Penelitian tentang “elit berkuasa” telah dibahas secara mendalam oleh pakar-pakar  dari berbagai ilmu sosial. Dimulai dari konsep elit  yang dikembangkan oleh Machiavelli (1469 - 1527) sampai dengan tokoh seperti Pareto (1848 - 1923). Tetapi Mosca lebih dalam bahasannya tentang konsep elit, karena ....
A.   berhasil mengkualifikasikan elit ke dalam status: elit berkuasa dan elit masyarakat
B.   berhasil menghubungkan kecakapan elit  berkuasa dengan elit masyarakat
C.   berhasil menghubungkan teori-teori elit dengan sistem politik
D.   berhasil mengungkapkan bahwa teori-teori elit ada hubungannya dengan fasisme

8.   Terkait dengan pembahasan Penyelesaian Kewajiban Pemegang Saham (PPKS), pemerintah mengungkapkan akan benar-benar menguasai dan menjual aset milik para pengusaha. Kegiatan ini dapat dikategorikan sebagai komunikasi politik, yaitu ....
A.   pembentuk opini pemerintah
B.   komunikator utama
C.   single issue opinion
D.   komunikator pelaksana

9.   Rangkap jabatan, seperti sebagai ketua umum partai yang sekaligus sebagai pejabat negara baik di lembaga eksekutif atau lembaga legislatif, mulai dipersoalkan bahkan diprotes publik. Menurut Megawati rangkap jabatan mendukung tugasnya sebagai presiden. Sedangkan Amien Rais oleh partai-nya PAN dipertahankan tetap sebagai ketua sampai 2005.

Suasana komunikasi politik tersebut di atas berada dalam lingkup ....
A.   the socio communication sphere
B.   the government communication sphere
C.   the government political sphere
D.   the government public opinion

10.   Beberapa media massa televisi mengguna-kan polling untuk mengetahui respon masya-rakat terhadap permasalahan politik dalam negeri, yaitu ....
A.   media massa adalah alat komunikasi untuk menyebarluaskan informasi
B.   media masa dapat menjembatani simbol-simbol masyarakat dengan simbol-simbol pemerintah
C.   media televisi lebih menguatkan opini yang telah dibentuk melalui kegiatan komunikasi kontak langsung
D.   media massa adalah alat kontrol bagi masyarakat

11.   Peringatan HUT partai politik sering digunakan sebagai komunikasi politik kontak langsung oleh pengurus partai dengan khalayak simpatisan partai. Hal ini disebut pula sebagai ....
A.   Political rally
B.   Face to face communication
C.   Lobbying
D.   Group approach






12.   Ketua Presidium Indonesia Police Watch, berkesimpulan bahwa rangkap jabatan wujud budaya curang. Dikatakan masyarakat publik sibuk memprotes rangkap jabatan ketua umum partai dengan posisinya sebagai penguasa eksekutif dan legislatif, tetapi elit politik tidak menggubrisnya. Lebih lanjut ditulis “di Indonesia, di tengah budaya korupsi merajalela, rangkap jabatan bukan suatu tindakan produktif bagi perkembangan budaya politik” (Kompas, 4/02/2002). Hal ini menunjukkan bahwa ....
A.   budaya politik adalah produk interaksi dengan lingkungan politik
B.   budaya politik adalah produk komunikasi politik dalam menginterpretasikan simbol-simbol politik masyarakat
C.   budaya politik adalah pengetahuan yang diterima masyarakat dari elit penguasa dalam membentuk pola-pola baru
D.   budaya politik adalah pola keyakinan yang menjadi cerminan perilaku politik

13.   Demokrasi bukan konsep yang statis, tetapi merupakan konsep yang terus berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan kehidupan politik. Dalam sistem politik Indonesia berkembang pula pengertian demokrasi yaitu demokrasi parlementer, demokrasi terpimpin dan demokrasi Pancasila. Ketiga konsep demokrasi tersebut ternyata gagal dalam menginterpretasikan simbol-simbol politik masyarakat. Hal ini disebabkan ....
A.   demokrasi bukan asli budaya politik Indonesia
B.   demokrasi tidak sesuai dengan budaya kekeluargaan Indonesia dan lebih men-cerminkan sikap politik masyarakat yang individualistis
C.   simbol-simbol politik demokrasi lebih merupakan produk berpikir elit penguasa atau elit politik dengan sedikit keterlibatan masyarakat
D.   simbil-simbol demokrasi masih merupa-kan budaya politik baru bagi masyarakat Indonesia

14.   Diberitakan bahwa mantan Presiden Abdurrahman Wahid dan Ketua Umum PAN, Amien Rais akan dipertemukan oleh pihak ketiga untuk membicarakan masa depan bangsa Indonesia. Peristiwa ini merujuk pada salah satu fungsi partai politik yaitu komuni-kasi politik, artinya ....
A.   kedua partai politik tersebut menyadari fungsi komunikasi politik sebagi hak menyatakan pendapat, ide atau gagasan berdasarkan nilai-nilai yang dimiliki kelompok
B.   terjadi proses komunikasi politik untuk artikulasi kepentingan antar kelompok
C.   komunikasi politik dalam partai politik memberikan respon positif yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat
D.   partai politik harus dapat menjalin komu-nikasi politik selain dengan khalayak, juga perlu komunikasi antarsemua partai politik

15.   Kebijakan politik pemerintah tidak secara utuh dapat disampaikan pada masyarakat karena keterbatasan komunikator pelaksana. Oleh sebab itu kelebihan media massa adalah ....
A.   dapat menembus hambatan geografis
B.   alat propaganda semata
C.   dapat digunakan sebagai proses komunikasi partai
D.   alat publikasi pemerintah

16.   Diberitakan pada tanggal 20 Maret 2002, Presiden Megawati Soekarnoputri telah diundang oleh Sekjen PBB dalam upacara kemerdekaan Timtim di Dilli. Peristiwa ini menjadi sorotan karena hampir bersamaan dengan dibukanya persidangan kasus pelanggaran HAM Timtim oleh Pengadilan Ad Hoc di Jakarta Pusat pada tanggal 14 Maret 2002. Berita peristiwa politik merupakan ....
A.   propaganda
B.   publicity
C.   public relations
D.   publication

17.   Revolusi hijau yang menjadi konsep pem-bangunan pedesaan pada era Orde Baru di-tafsirkan sebagai ....
A.   kegiatan komunikasi politik
B.   propaganda pemerintah
C.   teknologi pertanian
D.   intervensi pemerintahan pada sektor pertanian

18.   Pelaksanaan Otonomi Daerah yang dicanang-kan sejak tahun 1999 merupakan bentuk public relations ke dalam negara sebagai upaya ....
A.   memelihara terwujudnya persamaan kedaulatan, hak dan menentukan nasib sendiri dari pengaruh transaksi komuni-kasi internasional
B.   persamaan interpretasi terhadap simbol-simbol komunikasi politik  yang diaktuali-sasikan dalam wujud kepribadian bangsa dan integritas nasional
C.   persamaan interpretasi terhadap simbol-simbol komunikasi politik pemerintah agar terpelihara stabilitas nasional
D.   memelihara nilai-nilai integritas, mewu-judkan kepribadian bangsa serta meme-lihara keutuhan sistem nilai sebagai akibat dari adanya global transaksi komunikasi

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 19  SAMPAI   29,   PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

19.   Konsep komunikasi politik “glasnost” dan “prestorika’ berhasil menghilangkan sistem politik komunis yang diwakili bekas negara Uni Soviet,
sebab                       
sistem komunikasi politik komunis gagal menumbuhkan nilai-nilai yang bersifat asasi bagi kebutuhan setiap diri manusia.

20.   Komunikasi politik merupakan suatu proses mengintegrasikan sikap perilaku ke dalam sistem politik,
sebab                       
komunikasi politik secara filosofis merupakan kajian yang menekankan pada hakikat manusia hidup dalam lingkungan berbangsa dan bernegara.

21.   Beberapa pakar komunikasi politik mengata-kan bahwa media massa sebagai medium dapat menggantikan peran partai politik dalam mengorganisir, memotivasi serta me-mobilisasi partisipasi politik,
sebab                       
penggunaan media massa banyak digunakan para politikus untuk menyampaikan pesan-pesan politik.

22.   Kebesaran suatu bangsa bergantung pada  kemampuan rakyat untuk menemukan simbol yang dimiliki para elit politik untuk membim-bing pendukungnya,
sebab                       
setiap elit politik yang terpilih dituntut memili-ki kemampuan berkomunikasi, membentuk sikap dan perilaku masyarakat yang mendu-kung terhadap aktivitas kepemimpinannya.

23.   Komunikator infrastruktur dapat menjembata-ni antara kepentingan pemerintah dengan keinginan rakyat,
sebab                       
komunikator infrastruktur biasanya menjadi sumber informasi bagi masyarakat.

24.   Media massa mengembangkan fungsi budaya politik,
sebab                       
budaya politik adalah pola perilaku yang memberik karakter dominan suatu bangsa.

25.   Sosialisasi politik adalah suatu proses yang harus dilakukan secara bertahap,
sebab                       
sosialisasi politik harus dilakukan sejak kecil sampai individu-individu menginjak dewasa.

26.   Dalam era globalisasi perdagangan, maka public relations merupakan bentuk paling efektif untuk mengaitkan berbagai kepenti-ngan Indonesia yang terlibat dalam komuni-kasi internasional,
sebab                       
Indonesia aktif bersama anggota ASEAN lainnya dalam mewujudkan AFTA sejak 1 Januari 1993.

27.   Kegiatan  public relations berkembang pesat dalam sistem negara baik demokrasi maupun totaliter, dan yang utama dalam public relation adalah khalayak sebagai komunikan dijadikan objek komunikasi,
sebab                       
public relations berada dalam struktur formal yang memiliki lingkup kerja pada kegiatan ke dalam lembaga.
28.   Praktek propaganda poltik pernah menjadi sangat populer pada masa Nazi Hitler,
sebab                       
propaganda politik ditujukan untuk kelompok massa oleh agitator penggerak massa.

29.   Publicity merupakan teknik penyiaran yang direncanakan terlebih dahulu,
sebab                       
publicity direncanakan media massa dengan membayar untuk kepentingan seseorang atau suatu lembaga.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   30   SAMPAI   40,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
30.   Output komunikasi suprastruktur dalam jalinan sistem adalah cerminan dari ....
1)   aspirasi seluruh penghuni sistem
2)   cita-cita seluruh penghuni sistem
3)   kepribadian seluruh penghuni sistem

31.   Demokrasi komunikasi bukan tujuan akhir, tetapi proses untuk mencapai tujuan negara demokrasi. Hal ini ditandai dengan ....
1)   komunikasi satu arah
2)   pemilihan umum yang bebas
3)   kebebasan untuk berserikat/berorganisasi dan beroposisi

32.   Partisipasi politik pada intinya adalah keterli-batan masyarakat untuk memilih komunikator politik utama yang mempunyai kemampuan ....
1)   mengkonstruksi simbol-simbol kepenti-ngan masyarakat ke dalam simbol-simbol kekuasaan
2)   mengembangkan orientasi kepentingan kelompok bergeser pada kepentingan bangsa (nasional)
3)   meningkatkan mobilisai massa saat kam-panye pemilihan umum

33.   Perubahan sistem politik memberi dampak pula pada semakin beragamnya kegiatan partisipasi politik. Studi tentang partisipasi politik merumuskan luaskan kegiatan parti-sipasi politik, diantaranya ....
1)   melakukan protes
2)   pemungutan suara saat pemilihan umum
3)   menulis keluhan di media massa tentang buruknya pelayanan pembuatan KTP

34. Sosialisasi politik pada hakikatnya ingin mengembangkan nilai-nilai pribadi dan pola keyakinan di dalam lingkup suatu sistem. Selanjutnya pembentukan nilai-nilai pribadi ini, yaitu sikap, perilaku dan pola keyakinan politik dipengaruhi pula oleh nila-nilai lingkungan di mana individu berada. Di bawah ini adalah peristiwa-peristiwa yang mempengaruhi sosialisasi politik tersebut ....
1)   perubahan peraturan dan penyelenggara-an sistem pemilihan umum
2)   tuntutan Amandemen UUD 1945
3)   sidang DPR tentang pembentukan Pansus Bulogate II

35.   Ilmu komunikasi merupakan ilmu normatif, artinya ....
1)   ilmu yang membahas sifat abtraksi kejiwaan
2)   memberi penilaian terhadap sifat abtraksi kejiwaan
3)   dalam menilai berpatokan pada ketentuan bersama

36.   Setelah berakhirnya perang dingin, propa-ganda politik tidak lagi menekankan pada ideologi tetapi lebih menekankan pada isi-isu....
1)   hak-hak asasi manusia
2)   lingkungan hidup
3)   globalisasi

37.   Bentuk propaganda politik yang populer adalah kampanye politik, yang merupakan citra khas politik. Di Amerika Serikat kampanye politik adalah rangkaian dari kegiatan komunikasi politik yang memiliki dimensi, antara lain ....
1)   voter’s image
2)   political issue
3)   Political will

38.   Keunikan public relation selalu belandaskan kegiatan-kegiatannya pada prinsip-prinsip kepentingan bersama, artinya ....
1)   berorientasi kepada kepuasan komunikan
2)   berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan
3)   lebih objek dalam bersikap dan bentindak

39.   Menteri Koordinator bidang Politik dan Keamanan, Susilo Bambang Yudhoyono menulis evaluasi kinerja dan capaian pemerintah di bidang politik dan kemanan tahun 2001 di salah satu media cetak. Dalam kegiatan public relations, ada beberapa sasaran utama yang ingin dicapai dalam tulisan Menko bidang Politik dan Keamanan, yaitu ....
1)   menumbuhkan pengertian dan dukungan khalayak
2)   menumbuhkan kerjasama dan kepuasan publik
3)   menumbuhkan nilai-nilai kemanusiaan dalam diri komunikan

40.   Publicity memiliki segi negatif, yaitu ....
1)   menjatuhkan kedudukan seseorang dari jabatan tertentu
2)   menjatuhkan reputasi seseorang
3)   menyingkirkan kelompok politik tertentu
     

No comments:

Post a Comment