LATIHAN MANDIRI
KAPITA SELEKTA
KEPENDIDIKAN SD
(PGSD2101)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 60 , PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Hakikat manusia sebagai makhluk pribadi
adalah ....
A. berkepribadian mantap dan mandiri
B. lebih mementingkan kebutuhan sendiri
C. mempunyai rasa tanggung jawab
ke-masyarakatan
D. mengakui dunia dengan segala
isinya adalah ciptaan Tuhan
2. Perkembangan manusia ditinjau dari prinsip
umum perkembangan adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. manusia berkembang dengan
kecepatan yang berbeda
B. perkembangan berlangsung relatif
sing-kat
C. perkembangan terjadi secara
berangsur-angsur
D. perkembangan berlangsung secara
relatif teratur
3. Salah satu butir penting yang termuat dalam
TAP MPR RI No. IV/MPR/1978 tentang GBHN dan berkaitan dengan hakikat
pendidikan, menyebutkan bahwa ....
A. pendidikan dapat dilaksanakan di
rumah, sekolah, dan masyarakat
B. pendidikan diselenggarakan
melalui jalur sekolah dan luar sekolah
C. perorangan dapat melaksanakan
pendi-dikan
D. pendidikan diperuntukkan bagi
semua orang
4. Keluarga
sebagai pusat pendidikan merupa-kan dasar pembentukan ....
A. nilai agama, sikap, dan kebiasaan
B. pengetahuan dan kepribadian
C. keterampilan dan sikap
D. kebiasaan dan kepribadian
5. Sekolah
merupakan pusat pendidikan yang menekankan pada hal-hal sebagai berikut, kecuali
....
A. pembentukan kepribadian
B. memiliki pengetahuan
C. keterampilan jasmani dan rohani
D. menanamkan kebiasaan
6. Kegiatan-kegiatan berikut merupakan contoh
dari masyarakat sebagai pusat pendidikan, kecuali ....
A. pengenalan kebudayaan setempat
kepada anak
B. penanaman dasar sikap dan
kebiasaan
C. penyelenggaraan kursus
D. membuka perpustakaan kecil
7. Yang merupakan
contoh prinsip holistik per-kembangan anak adalah anak ...
A. memandang benda secara
keseluruhan
B. melihat benda bagian demi bagian
C. menilai sesuatu secara terperinci
D. menganggap sesuatu benda sama
8. Untuk kelas awal, contoh kebutuhan anak akan
pendidikan adalah dengan ....
A. memberikan pengalaman yang
bersifat abstrak
B. memberikan contoh yang konkret
C. mencari sesuatu sesuai kemampuan
sendiri
D. memilah-milah benda sesuai
karakteristik
9. Peran sekolah, keluarga dan masyarakat da-lam
pendidikan adalah sebagai ....
A. alat pendidikan
B. penghubung pendidikan
C. sumber pendidikan
D. mempersiapkan anak ke masa depan
10. Contoh
komunikasi antara orang tua dan guru dalam pendidikan terjadi saat ....
A. laporan ketua BP3 pada rapat anggota BP3
B. orang tua memintakan ijin anaknya pada guru
C. pembicaraan orang tua dan guru saat
pengambilan raport
D. laporan ketua yayasan pada orang tua siswa
11. Contoh pendidikan yang diberikan orang tua untuk mencapai
kehidupan yang dewasa dan bahagia adalah ....
A. bergaul di masyarakat
B. bersikap sopan
C. membiasakan hidup sehat dan disiplin
D. mempersiapkan pekerjaan
12. Contoh peran sekolah dan proses sosialisasi
anak dilihat dari tujuan sosialisasi adalah ....
A. menggalang dana kemanusiaan
B. membuat kliping
C. pelajaran keterampilan
D. kegiatan makan bersama setiap Sabtu
13. Salah satu butir pokok dalam Sistem
Pendi-dikan Nasional adalah ....
A. pendidikan merupakan satu bagian yang
dikembangkan untuk mencapai tujuan nasional
B. pendidikan mencakup jalur pendidikan sekolah dan luar sekolah
C. kegiatan pendidikan sebagai
tanggung jawab pemerintah
D. kurikulum, peserta didik, dan peserta didik merupakan tiga unsur
yang terpisah
14. Hakikat pendidikan dasar adalah ....
A. mengembangkan sikap dan kemampuan serta memberikan pengetahuan dan
kete-rampilan dasar
B. mengembangkan hubungan timbal balik
C. berperan serta dalam kehidupan masya-rakat
D. menanamkan dasar kepribadian yang sehat
15. Salah satu contoh peran muatan lokal ditinjau
dari masalah pemerataan pendidikan
adalah ....
A. peningkatan mutu belajar
B. peningkatan jumlah guru
C. perluasan kesempatan belajar
D. adanya tuntutan kebutuhan lingkungan pendidikan
16. Fungsi dan tujuan pendidikan dasar adalah
....
A. memberikan bekal kemampuan dasar untuk
mengembangkan kehidupannya
B. mendapat pekerjaan yang layak
C. menambah jumlah lulusan
D. upaya untuk pemecahan masalah pendi-dikan
17. Contoh karakteristik pendidikan SD, ditinjau dari guru adalah guru
....
A. mengajar sesuai bidang studi
B. dapat mengajar semua mata pelajaran
C. tidak bertanggung jawab dengan kelas yang
diajarnya
D. tidak sebagai pengelola administrasi sekolah
18. Contoh peran guru dalam pendidikan di SD di
antaranya terlihat pada ....
A. guru sangat dipercaya siswanya
B. orang tua menitipkan anaknya pada guru
C. kepercayaan masyarakat pada guru
D. guru mengajar bidang studi tertentu
19. Peran orang tua dalam pendidikan SD adalah ....
A. mengantar anak ke sekolah
B. berkomunikasi aktif dengan guru
C. membantu mengerjakan pekerjaan se-kolah
D. membayar uang sekolah
20. Contoh peran masyarakat dalam pendidikan SD adalah sebagai
berikut, kecuali ....
A. pemberi dana pendidikan
B. berupaya meningkatkan mutu pendidikan
C. sebagai mitra pemerintah dalam penye-lenggaraan pendidikan
D. mengidentifikasi anak-anak usia SD yang belum sekolah
21. Instansi di daerah ikut bertanggung jawab
da-lam pendidikan SD, yaitu ikut serta dalam ....
A. pengadaan, pemeliharaan, dan perbaikan gedung
B. pengadaan tenaga pendidikan
C. kurikulum pendidikan
D. penyiapan buku pelajaran dan peralatan pendidikan
22. Tatanan organisasi yang berhubungan lang-sung
dengan pendidikan dasar di tingkat pro-vinsi adalah ....
A. Dep DikNas
B. Dinas P dan K
C. Cabang Dinas P dan K
D. Ranting Dinas P dan K
23. Yang bertanggung jawab untuk menilai segi
teknis pelaksanaan administrasi satuan pendi-dikan adalah ....
A. kepala sekolah
B. guru
C. penilik sekolah
D. kepala tata usaha
24. Yang dimaksud dengan profesi guru adalah ....
A. penampilan seseorang dalam menun-jukkan unjuk
kerja
B. kualitas sikap anggota suatu profesi
C. suatu proses menuju peningkatan profesi
D. suatu sebutan bagi jabatan, posisi bagi
seseorang yang mengabdikan dirinya
25. Salah satu contoh penampilan guru yang
profesional adalah ....
A. meningkatkan kualitas dan cita-cita dalam
profesi
B. meningkatkan kualitas dan memelihara citra
profesi
C. mendapat pengakuan dari peserta didik dari
unjuk kerja yang ditampilkan
D. mengembangkan kemampuan yang dimi-liki
26. Fungsi organisasi profesi adalah ....
A. sebagai wadah kebersamaan dan kese-jawatan
B. melaksanakan sistem pendidikan
C. memupuk kemandirian
D. mempertinggi rasa tanggung jawab
27. Berikut ini merupakan peran guru baik di
sekolah maupun di masyarakat, kecuali ....
A. membangkitkan dorongan siswa
untuk belajar
B. menciptakan kondisi belajar sehingga siswa
dapat belajar efektif dan efisien
C. memotivasi siswa untuk dapat berso-sialisasi
dengan masyarakat
D. mempunyai kecakapan sebagai pemim-pin
28. Kompetensi sosial yang harus dimiliki guru
adalah ....
A. kemampuan berbagi pengetahuan
B. perangkat perilaku yang merupakan pemahaman
diri sebagai bagian yang tak terpisahkan dari lingkungan sosial serta
tercapainya interaksi sosial secara ob-yektif dan efisien
C. pengendalian diri untuk mencapai tujuan
D. ikut andil dalam kegiatan sosial
29. Kriteria-kriteria guru yang mengajar dengan baik adalah sebagai
berikut, kecuali ....
A. bertindak sebagai pembimbing dan kawan
B. memiliki sasaran yang benar
C. memiliki informasi faktual
D. memiliki sifat konstruktif dan terbuka
30. Interaksi timbal balik antara guru dan siswa
dapat terjalin melalui ....
A. proses belajar mengajar
B. aktif saat beristirahat
C. siswa aktif karyawisata
D. penyuluhan singkat
31. Hakikat sekolah dasar adalah ....
A. pembentukan dasar bagi perkembangan
kepribadian
B. lanjutan untuk ke SLTP
C. pendidikan sampai ke desa-desa
D. diperuntukan bagi semua anak
32. Beberapa masalah yang dihadapi guru SD adalah sebagai berikut, kecuali
....
A. dari aspek pengganjaran pekerjaan guru masih
belum merupakan pekerjaan yang menarik
B. guru merupakan pekerjaan yang mulia
C. penyebaran guru di daerah terpencil be-lum
merata
D. adanya kesenjangan pendidikan
33. Profesi guru SD yang ideal dalam mem-perlihatkan kepemimpinan yang
produktif adalah ....
A. menjunjung tinggi nilai-nilai luhur
B. kreatif dan berbakat
C. ulet dan tekun bekerja
D. berfikir kritis
34. Profil guru SD yang ideal dalam merancang
program pembelajaran adalah ....
A. dapat menggunakan berbagai macam metode dalam
penyampaian materi
B. menciptakan suasana kelas yang kon-dusif
C. mampu menggunakan alat penilaian de-ngan
tepat
D. mampu menyusun alat penilaian
35. Hakikat kode etik guru dilihat dari etos
kerjanya adalah ....
A. kualitas kepribadian pekerja dari disiplin,
sikap dan kebiasaan bekerja
B. loyalitas kerja kepada atasan
C. sikap yang menunjukkan bagian dari
ling-kungan
D. ketaatan melaksanakan ketentuan yang berlaku
36. Jika dalam proses belajar terdapat siswa yang melakukan kesalahan,
langkah yang harus dilakukan guru adalah ....
A. menghukum di depan siswa lain
B. mendiamkan saja
C. menyuruh anak ke luar ruangan
D. memanggil dan menasihati
37. Yang dimaksud dengan perkembangan anak adalah
perubahan ....
A. terjadi secara teratur, berlangsung lama,
serta mengarah kepada hal yang lebih baik
B. secara fisiologis dan emosional
C. dari yang kecil ke yang besar dalam wak-tu
yang relatif lama
D. secara periodik dalam waktu yang relatif lama
38. Pola
perkembangan seseorang yang meru-pakan dorongan untuk berbuat sesuatu di-sebut
....
A. refleks
B. naluri
C. perbuatan atas dasar kemauan
D. perbuatan atas dasar dorongan dari luar
39. Pola perkembangan sosial pada seseorang ....
A. terjadi dalam interaksi sosial
B. menunjukkan keadaan emosi
C. terjadi setelah perubahan fisik
D. tampak pada kegiatan sosialisasi
40. Tina baru masuk kelas I SD, ia merasa cang-gung dengan teman
barunya yang belum banyak dikenalnya. Pernyataan di atas meru-pakan contoh dari
....
A. teori perkembangan
B. perkembangan sebagai proses asosiasi
C. perkembangan sebagai keterkaitan asas biologis dan
ketidakberdayaan
D. perkembangan sebagai proses sosialisasi
41. Menurut JA Comenius tahap perkembangan anak yang mampu menghayati
setiap penga-laman dengan bahasa sendiri terjadi pada usia ....
A. 0 – 6 tahun
B. 6 – 12 tahun
C. 12 – 18 tahun
D. 18 – 24 tahun
42. Dino sudah berusia 5 th. Pada umur tersebut Dino belum bisa
berbicara lancar seperti teman lain seusianya yang sudah mulai masuk TK.
Perkembangan Dino menggambarkan hukum ....
A. irama perkembangan
B. konvergensi perkembangan
C. hierarki perkembangan
D. tempo perkembangan
43. Pada masa menggembala anak senang me-melihara binatang piaraannya.
Masa tersebut berlangsung pada usia ....
A. 8 tahun
B. 9 tahun
C. 10 tahun
D. 14 tahun
44. Hakikat kematangan pada diri anak adalah ....
A. kematangan potensi fisik dan psikis
B. berfungsinya kemampuan fisik
C. kematangan psikis
D. perkembangan karena latihan
45. Yang dimaksud tugas perkembangan yang bergerak dari umum ke khusus
adalah ....
A. perilaku pertama anak melihat hal-hal yang asing
B. perkembangan mengikuti pola tertentu
C. pengalaman yang tidak menyenangkan anak
D. hal-hal yang membuat anak tertarik
46. Dalam proses belajar, guru memberikan tu-gas
kepada siswanya. Dina merasa peker-jaannya akan mendapat nilai bagus, ternyata
setelah diperiksa hasilnya sangat mengece-wakan. Ilustrasi tersebut merupakan
....
A. pengalaman positif
B. pengalaman negatif
C. perkembangan yang diramalkan
D. perkembangan yang berkesinambungan
47. Hal-hal yang dapat menghambat motivasi
belajar siswa apabila guru ....
A. memberi pujian
B. menarik perhatian
C. mencemooh di depan kelas
D. memberi peluang untuk bertanya
48. Anak perempuan lebih mampu berbahasa dibandingkan anak laki-laki. Hal tersebut merupakan faktor hereditas yang dikemu-kakan
oleh ....
A. Hyde
B. Linn
C. Winzer
D. Guilford
49. Di bawah ini merupakan media sebagai faktor lingkungan yang dapat
mempengaruhi anak SD ....
A. TV
B. internet
C. radio
D. surat kabar
50. Hal-hal berikut adalah yang perlu dilakukan guru untuk mengurangi
pengaruh negatif terhadap perkembangan anak kecuali ....
A. menunjukkan kekurangan yang
dimiliki anak
B. memberi rasa percaya diri pada anak
C. mengembangkan bakat anak
D. memberi motivasi pada diri anak
51. Untuk membentuk suatu kemampuan, anak hendaknya diberikan
latihan-latihan yang cukup. Hal tersebut sesuai dengan teori empiris dari
prinsip ....
A. asosiasi
B. peniruan
C. pengulangan
D. ganjaran
52. Semua
anak yang dilahirkan mempunyai pembawaan yang baik dan tidak ada seorang anak
yang lahir dengan pembawaan yang buruk. Pernyataan
tersebut merupakan con-toh dari teori ....
A. nativisme
B. konvergensi
C. empirisme
D. naturalisme
53. Untuk mengembangkan kemampuan anak perlu
bimbingan dari orang lain sesuai dengan bakatnya. Hal tersebut sesuai dengan teori
....
A. naturalisme
B. konvergensi
C. nativisme
D. empirisme
54. Untuk membantu tugas perkembangan, anak usia
SD belajar bergaul dengan teman sebayanya, dengan demikian guru ....
A. dapat memahami kondisi sosial anak
B. memberi rambu-rambu bagaimana anak bergaul
C. membatasi anak berteman dengan orang lain
D. mempengaruhi kehidupan anak dalam kelompok
sebaya
55. Yang menonjol pada pertumbuhan fisik anak SD
adalah pertambahan ....
A. tinggi badan
B. bentuk tubuh
C. berat dan tinggi badan
D. berat badan
56. Menurut Piaget perkembangan kognitif anak
usia SD berfikir secara operasional konkret yaitu mampu memahami konsep yang
ber-hubungan dengan kuantitas. Perkembangan
kemampuan tersebut terjadi pada usia ....
A. lahir – 2 tahun
B. 2 – 4 tahun
C. 7 – 12 tahun
D. 12 – 15 tahun
57. Dalam proses pembelajaran untuk membantu
siswa mengembangkan kreativitas, hal yang dilakukan guru adalah ....
A. mengenal jenis, kualitas, dan tingkat
krea-tivitas anak
B. menentukan jenis kegiatan anak
C. membatasi kemampuan anak
D. membiarkan sesuai kemauan anak
58. Kemampuan anak untuk menerima dan saling
bertukar informasi merupakan ....
A. prinsip perkembangan
B. tujuan perkembangan
C. ciri-ciri perkembangan
D. asas perkembangan
59. Salah satu contoh perkembangan emosional anak
SD adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. senang dapat mengerjakan tugas
B. anak frustrasi karena mengalami kega-galan
C. perubahan lingkungan yang menuntut
penyesuaian
D. mempunyai kegiatan bersama teman-temannya
60. Ciri-ciri perkembangan sosial anak SD adalah ....
A. pergaulan semakin luas
B. anak lebih membatasi diri
C. memilih pergaulan yang setara
D. kurang perhatian dengan sekitarnya
No comments:
Post a Comment