Cloud Hosting Indonesia

31 March, 2014

Soal kapita selekta kependidikan SD


LATIHAN MANDIRI
KAPITA SELEKTA KEPENDIDIKAN SD
(PGSD2101)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60 ,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Hakikat manusia sebagai makhluk pribadi adalah ....    
A.   berkepribadian mantap dan mandiri
B.   lebih mementingkan kebutuhan sendiri
C.   mempunyai rasa tanggung jawab ke-masyarakatan
D.   mengakui dunia dengan segala isinya adalah ciptaan Tuhan

2.   Perkembangan manusia ditinjau dari prinsip umum perkembangan adalah sebagai berikut, kecuali ....      
A.   manusia berkembang dengan kecepatan yang berbeda
B.   perkembangan berlangsung relatif sing-kat
C.   perkembangan terjadi secara berangsur-angsur
D.   perkembangan berlangsung secara relatif teratur
     
3.   Salah satu butir penting yang termuat dalam TAP MPR RI No. IV/MPR/1978 tentang GBHN dan berkaitan dengan hakikat pendidikan, menyebutkan bahwa ....
A.   pendidikan dapat dilaksanakan di rumah, sekolah, dan masyarakat
B.   pendidikan diselenggarakan melalui jalur sekolah dan luar sekolah
C.   perorangan dapat melaksanakan pendi-dikan
D.   pendidikan diperuntukkan bagi semua orang

4.   Keluarga sebagai pusat pendidikan merupa-kan dasar pembentukan ....
A.   nilai agama, sikap, dan kebiasaan 
B.   pengetahuan dan kepribadian
C.   keterampilan dan sikap
D.   kebiasaan dan kepribadian

5.   Sekolah merupakan pusat pendidikan yang menekankan pada hal-hal sebagai berikut, kecuali ....
A.   pembentukan kepribadian
B.   memiliki pengetahuan
C.   keterampilan jasmani dan rohani
D.   menanamkan kebiasaan

6.   Kegiatan-kegiatan berikut merupakan contoh dari masyarakat sebagai pusat pendidikan, kecuali ....
A.   pengenalan kebudayaan setempat kepada anak
B.   penanaman dasar sikap dan kebiasaan
C.   penyelenggaraan kursus
D.   membuka perpustakaan kecil

7.   Yang merupakan contoh prinsip holistik per-kembangan anak adalah anak ...
A.   memandang benda secara keseluruhan
B.   melihat benda bagian demi bagian
C.   menilai sesuatu secara terperinci
D.   menganggap sesuatu benda sama

8.   Untuk kelas awal, contoh kebutuhan anak akan pendidikan adalah dengan ....
A.   memberikan pengalaman yang bersifat abstrak
B.   memberikan contoh yang konkret
C.   mencari sesuatu sesuai kemampuan sendiri
D.   memilah-milah benda sesuai karakteristik

9.   Peran sekolah, keluarga dan masyarakat da-lam pendidikan adalah sebagai ....
A.   alat pendidikan
B.   penghubung pendidikan
C.   sumber pendidikan
D.   mempersiapkan anak ke masa depan

10.   Contoh komunikasi antara orang tua dan guru dalam pendidikan terjadi saat ....
A.   laporan ketua BP3 pada rapat anggota BP3
B.   orang tua memintakan ijin anaknya pada guru
C.   pembicaraan orang tua dan guru saat pengambilan raport
D.   laporan ketua yayasan pada orang tua siswa

11.   Contoh pendidikan yang diberikan orang tua untuk mencapai kehidupan yang dewasa dan bahagia adalah ....
A.   bergaul di masyarakat
B.   bersikap sopan
C.   membiasakan hidup sehat dan disiplin
D.   mempersiapkan pekerjaan

12.   Contoh peran sekolah dan proses sosialisasi anak dilihat dari tujuan sosialisasi adalah ....
A.   menggalang dana kemanusiaan
B.   membuat kliping
C.   pelajaran keterampilan
D.   kegiatan makan bersama setiap Sabtu

13.   Salah satu butir pokok dalam Sistem Pendi-dikan  Nasional adalah ....
A.   pendidikan merupakan satu bagian yang dikembangkan untuk mencapai tujuan nasional
B.   pendidikan mencakup jalur pendidikan  sekolah dan luar sekolah
C.   kegiatan pendidikan  sebagai tanggung jawab pemerintah
D.   kurikulum, peserta didik, dan peserta didik merupakan tiga unsur yang terpisah

14.   Hakikat pendidikan dasar adalah ....
A.   mengembangkan sikap dan kemampuan serta memberikan pengetahuan dan kete-rampilan dasar
B.   mengembangkan hubungan timbal balik
C.   berperan serta dalam kehidupan masya-rakat
D.   menanamkan dasar kepribadian yang sehat

15.   Salah satu contoh peran muatan lokal ditinjau dari masalah pemerataan pendidikan  adalah ....
A.   peningkatan mutu belajar  
B.   peningkatan jumlah guru
C.   perluasan kesempatan belajar
D.   adanya tuntutan kebutuhan lingkungan pendidikan 

16.   Fungsi dan tujuan pendidikan dasar adalah ....
A.   memberikan bekal kemampuan dasar untuk mengembangkan kehidupannya
B.   mendapat pekerjaan yang layak
C.   menambah jumlah lulusan
D.   upaya untuk pemecahan masalah pendi-dikan 

17.   Contoh karakteristik pendidikan SD, ditinjau dari guru adalah guru ....
A.   mengajar sesuai bidang studi
B.   dapat mengajar semua mata pelajaran
C.   tidak bertanggung jawab dengan kelas yang diajarnya
D.   tidak sebagai pengelola administrasi sekolah



18.   Contoh peran guru dalam pendidikan di SD di antaranya terlihat pada ....
A.   guru sangat dipercaya siswanya
B.   orang tua menitipkan anaknya pada guru
C.   kepercayaan masyarakat pada guru
D.   guru mengajar bidang studi tertentu

19.   Peran orang tua dalam pendidikan SD adalah ....
A.   mengantar anak ke sekolah
B.   berkomunikasi aktif dengan guru
C.   membantu mengerjakan pekerjaan se-kolah
D.   membayar uang sekolah

20.   Contoh peran masyarakat dalam pendidikan SD adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   pemberi dana pendidikan
B.   berupaya meningkatkan mutu pendidikan 
C.   sebagai mitra pemerintah dalam penye-lenggaraan pendidikan
D.   mengidentifikasi anak-anak usia SD yang belum sekolah

21.   Instansi di daerah ikut bertanggung jawab da-lam pendidikan SD, yaitu ikut serta dalam ....
A.   pengadaan, pemeliharaan, dan perbaikan gedung
B.   pengadaan tenaga pendidikan 
C.   kurikulum pendidikan 
D.   penyiapan buku pelajaran dan peralatan pendidikan 

22.   Tatanan organisasi yang berhubungan lang-sung dengan pendidikan dasar di tingkat pro-vinsi adalah ....
A.   Dep DikNas
B.   Dinas P dan K
C.   Cabang Dinas P dan K
D.   Ranting Dinas P dan K

23.   Yang bertanggung jawab untuk menilai segi teknis pelaksanaan administrasi satuan pendi-dikan adalah ....
A.   kepala sekolah
B.   guru
C.   penilik sekolah
D.   kepala tata usaha

24.   Yang dimaksud dengan profesi guru adalah ....
A.   penampilan seseorang dalam menun-jukkan unjuk kerja
B.   kualitas sikap anggota suatu profesi
C.   suatu proses menuju peningkatan profesi
D.   suatu sebutan bagi jabatan, posisi bagi seseorang yang mengabdikan dirinya

25.   Salah satu contoh penampilan guru yang profesional adalah ....
A.   meningkatkan kualitas dan cita-cita dalam profesi
B.   meningkatkan kualitas dan memelihara citra profesi
C.   mendapat pengakuan dari peserta didik dari unjuk kerja yang ditampilkan
D.   mengembangkan kemampuan yang dimi-liki

26.   Fungsi organisasi profesi adalah ....
A.   sebagai wadah kebersamaan dan kese-jawatan
B.   melaksanakan sistem pendidikan
C.   memupuk kemandirian
D.   mempertinggi rasa tanggung jawab

27.   Berikut ini merupakan peran guru baik di sekolah maupun di masyarakat, kecuali ....
A.   membangkitkan dorongan siswa untuk belajar
B.   menciptakan kondisi belajar sehingga siswa dapat belajar efektif dan efisien
C.   memotivasi siswa untuk dapat berso-sialisasi dengan masyarakat
D.   mempunyai kecakapan sebagai pemim-pin

28.   Kompetensi sosial yang harus dimiliki guru adalah ....
A.   kemampuan berbagi pengetahuan
B.   perangkat perilaku yang merupakan pemahaman diri sebagai bagian yang tak terpisahkan dari lingkungan sosial serta tercapainya interaksi sosial secara ob-yektif dan efisien
C.   pengendalian diri untuk mencapai tujuan
D.   ikut andil dalam kegiatan sosial

29.   Kriteria-kriteria guru yang mengajar dengan baik adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   bertindak sebagai pembimbing dan kawan
B.   memiliki sasaran yang benar
C.   memiliki informasi faktual
D.   memiliki sifat konstruktif dan terbuka

30.   Interaksi timbal balik antara guru dan siswa dapat terjalin melalui ....
A.   proses belajar mengajar
B.   aktif saat beristirahat
C.   siswa aktif karyawisata
D.   penyuluhan singkat



31.   Hakikat sekolah dasar adalah ....
A.   pembentukan dasar bagi perkembangan kepribadian
B.   lanjutan untuk ke SLTP
C.   pendidikan sampai ke desa-desa
D.   diperuntukan bagi semua anak

32.   Beberapa masalah yang dihadapi guru SD adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   dari aspek pengganjaran pekerjaan guru masih belum merupakan pekerjaan yang menarik
B.   guru merupakan pekerjaan yang mulia
C.   penyebaran guru di daerah terpencil be-lum merata
D.   adanya kesenjangan pendidikan

33.   Profesi guru SD yang ideal dalam mem-perlihatkan kepemimpinan yang produktif adalah ....
A.   menjunjung tinggi nilai-nilai luhur
B.   kreatif dan berbakat
C.   ulet dan tekun bekerja
D.   berfikir kritis

34.   Profil guru SD yang ideal dalam merancang program pembelajaran adalah ....
A.   dapat menggunakan berbagai macam metode dalam penyampaian materi
B.   menciptakan suasana kelas yang kon-dusif
C.   mampu menggunakan alat penilaian de-ngan tepat
D.   mampu menyusun alat penilaian

35.   Hakikat kode etik guru dilihat dari etos kerjanya adalah ....
A.   kualitas kepribadian pekerja dari disiplin, sikap dan kebiasaan bekerja
B.   loyalitas kerja kepada atasan
C.   sikap yang menunjukkan bagian dari ling-kungan
D.   ketaatan melaksanakan ketentuan yang berlaku

36.   Jika dalam proses belajar terdapat siswa yang melakukan kesalahan, langkah yang harus dilakukan guru adalah ....
A.   menghukum di depan siswa lain
B.   mendiamkan saja
C.   menyuruh anak ke luar ruangan
D.   memanggil dan menasihati




37.   Yang dimaksud dengan perkembangan anak adalah perubahan ....
A.   terjadi secara teratur, berlangsung lama, serta mengarah kepada hal yang lebih baik
B.   secara fisiologis dan emosional
C.   dari yang kecil ke yang besar dalam wak-tu yang relatif lama
D.   secara periodik dalam waktu yang relatif lama

38.   Pola perkembangan seseorang yang meru-pakan dorongan untuk berbuat sesuatu di-sebut ....
        A.   refleks
B.   naluri
C.   perbuatan atas dasar kemauan
D.   perbuatan atas dasar dorongan dari luar

39.   Pola perkembangan sosial pada seseorang ....
A.   terjadi dalam interaksi sosial
B.   menunjukkan keadaan emosi
C.   terjadi setelah perubahan fisik
D.   tampak pada kegiatan sosialisasi
     
40.   Tina baru masuk kelas I SD, ia merasa cang-gung dengan teman barunya yang belum banyak dikenalnya. Pernyataan di atas meru-pakan contoh dari ....
A.   teori perkembangan
B.   perkembangan sebagai proses asosiasi
C.   perkembangan sebagai keterkaitan asas biologis dan ketidakberdayaan
D.   perkembangan sebagai proses sosialisasi

41.   Menurut JA Comenius tahap perkembangan anak yang mampu menghayati setiap penga-laman dengan bahasa sendiri terjadi pada usia ....
A.   0 – 6 tahun
B.   6 – 12 tahun
C.   12 – 18 tahun
D.   18 – 24 tahun

42.   Dino sudah berusia 5 th. Pada umur tersebut Dino belum bisa berbicara lancar seperti teman lain seusianya yang sudah mulai masuk TK. Perkembangan Dino menggambarkan hukum ....
A.   irama perkembangan
B.   konvergensi perkembangan
C.   hierarki perkembangan
D.   tempo perkembangan




43.   Pada masa menggembala anak senang me-melihara binatang piaraannya. Masa tersebut berlangsung pada usia ....
A.   8 tahun
B.   9 tahun
C.   10 tahun
D.   14 tahun

44.   Hakikat kematangan pada diri anak adalah ....
A.   kematangan potensi fisik dan psikis
B.   berfungsinya kemampuan fisik
C.   kematangan psikis
D.   perkembangan karena latihan

45.   Yang dimaksud tugas perkembangan yang bergerak dari umum ke khusus adalah ....
A.   perilaku pertama anak melihat hal-hal yang asing
B.   perkembangan mengikuti pola tertentu
C.   pengalaman yang tidak menyenangkan anak
D.   hal-hal yang membuat anak tertarik

46.   Dalam proses belajar, guru memberikan tu-gas kepada siswanya. Dina merasa peker-jaannya akan mendapat nilai bagus, ternyata setelah diperiksa hasilnya sangat mengece-wakan. Ilustrasi tersebut merupakan ....
A.   pengalaman positif
B.   pengalaman negatif
C.   perkembangan yang diramalkan
D.   perkembangan yang berkesinambungan

47.   Hal-hal yang dapat menghambat motivasi belajar siswa apabila guru ....
A.   memberi pujian
B.   menarik perhatian
C.   mencemooh di depan kelas
D.   memberi peluang untuk bertanya

48.   Anak perempuan lebih mampu berbahasa dibandingkan anak laki-laki. Hal tersebut merupakan faktor hereditas yang dikemu-kakan oleh ....
A.   Hyde
B.   Linn
C.   Winzer
D.   Guilford

49.   Di bawah ini merupakan media sebagai faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi anak SD ....
A.   TV
B.   internet
C.   radio
D.   surat kabar

50.   Hal-hal berikut adalah yang perlu dilakukan guru untuk mengurangi pengaruh negatif terhadap perkembangan anak kecuali ....
A.   menunjukkan kekurangan yang dimiliki anak
B.   memberi rasa percaya diri pada anak
C.   mengembangkan bakat anak
D.   memberi motivasi pada diri anak

51.   Untuk membentuk suatu kemampuan, anak hendaknya diberikan latihan-latihan yang cukup. Hal tersebut sesuai dengan teori empiris dari prinsip ....
A.   asosiasi
B.   peniruan
C.   pengulangan
D.   ganjaran

52.   Semua anak yang dilahirkan mempunyai pembawaan yang baik dan tidak ada seorang anak yang lahir dengan pembawaan yang buruk. Pernyataan tersebut merupakan con-toh dari teori ....
A.   nativisme
B.   konvergensi
C.   empirisme
D.   naturalisme

53.   Untuk mengembangkan kemampuan anak perlu bimbingan dari orang lain sesuai dengan bakatnya. Hal tersebut sesuai dengan teori ....
A.   naturalisme
B.   konvergensi
C.   nativisme
D.   empirisme

54.   Untuk membantu tugas perkembangan, anak usia SD belajar bergaul dengan teman sebayanya, dengan demikian guru ....
A.   dapat memahami kondisi sosial anak
B.   memberi rambu-rambu bagaimana anak bergaul
C.   membatasi anak berteman dengan orang lain
D.   mempengaruhi kehidupan anak dalam kelompok sebaya

55.   Yang menonjol pada pertumbuhan fisik anak SD adalah pertambahan ....
A.   tinggi badan
B.   bentuk tubuh
C.   berat dan tinggi badan
D.   berat badan         


56.   Menurut Piaget perkembangan kognitif anak usia SD berfikir secara operasional konkret yaitu mampu memahami konsep yang ber-hubungan dengan kuantitas. Perkembangan kemampuan tersebut terjadi pada usia ....
A.   lahir – 2 tahun
B.   2 – 4 tahun
C.   7 – 12 tahun
D.   12 – 15 tahun

57.   Dalam proses pembelajaran untuk membantu siswa mengembangkan kreativitas, hal yang dilakukan guru adalah ....
A.   mengenal jenis, kualitas, dan tingkat krea-tivitas anak
B.   menentukan jenis kegiatan anak
C.   membatasi kemampuan anak
D.   membiarkan sesuai kemauan anak

58.   Kemampuan anak untuk menerima dan saling bertukar informasi merupakan ....
A.   prinsip perkembangan
B.   tujuan perkembangan
C.   ciri-ciri perkembangan
D.   asas perkembangan

59.   Salah satu contoh perkembangan emosional anak SD adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   senang dapat mengerjakan tugas
B.   anak frustrasi karena mengalami kega-galan
C.   perubahan lingkungan yang menuntut penyesuaian
D.   mempunyai kegiatan bersama teman-temannya

60.   Ciri-ciri perkembangan sosial anak SD adalah ....
A.   pergaulan semakin luas
B.   anak lebih membatasi diri
C.   memilih pergaulan yang setara
D.   kurang perhatian dengan sekitarnya

No comments:

Post a Comment