LATIHAN MANDIRI
KONSEP DASAR IPS
(PGSD2102)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 60, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Mata kuliah yang mempelajari kehidupan sosial
dengan mengintegrasikan bidang ilmu-ilmu sosial dan humaniora definisi ....
A. Antropologi
B. Sosiologi
C. Humaniora
D. IPS
2. Pendidikan keluarga mengembangkan aspek
budaya yang bersifat komprehensif, meliputi ....
A. kognitif, afektif dan psikomotorik
B. moral, mental dan spiritual
C. pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan
D. kecerdasan, intelektual, kecerdasan
emosional, dan kecerdasan spiritual
3. Kata-kata kunci dari tujuan akhir pendidikan IPS, selalu membina anak didik agar menjadi warga
negara yang baik yang berpengetahuan dan keterampilan, adalah ....
A. memiliki integritas moral
B. memiliki kredibilitas
C. memiliki kepedulian sosial
D. memiliki kemampuan dan
keterampilan
4. Fungsi pendidikan IPS
tidak hanya menstranfer ilmu, tetapi juga membekali keterampilan ....
A. emosional
B. sosial
C. spiritual
D. moral
5. Bilamana seseorang anak mau bekerja bakti
memperbaiki jalan di kampungnya, maka anak tersebut dapat dikatakan memiliki
....
A. keterampilan sosial
B. keterampilan intelektual
C. keterampilan spiritual
D. keterampilan emosional
6. Sebagai anggota masyarakat, setiap manusia
memiliki rasa tanggung jawab. Agar memiliki rasa tanggung jawab manusia tidak
hanya mendapatkan pendidikan yang terbatas pada aspek pengetahuan saja, tetapi
perlu juga mendapatkan pendidikan ....
A. nilai-nilai
B. keterampilan
C. wawasan kebangsaan
D. kecakapan hidup
7. Keluarga merupakan lembaga pendidikan
berfungsi majemuk (multi fungsi) sementara fungsi lembaga sosial seperti
lembaga agama berfungsi ...
A. menentukan dasar iman dan taqwa
B. membina setiap individu untuk
menjadi baik
C. mendidik anak manusia
D. membekali anak dengan iman agar
bisa bertahan dimasa depan
8. Nilai edukatif esensial dari pendidik IPS adalah peningkatan perilaku ....
A. kognitif
B. psikomotir
C. sosial
D. afektif
9. Pembelajaran dilingkungan keluarga dapat
berlangsung secara bertahap-berkesinambungan dengan melibatkan berbagai
disiplin ilmu sosial, pernyataan tersebut memiliki implikasi ....
A. bahwa keluarga merupakan miniatur dari
kehidupan bernegara
B. bahwa keluarga merupakan lembaga untuk
mengembangkan jiwa kewirausahaan
C. bahwa keluarga merupakan lembaga ekonomi yang
berfungsi memenuhi kesejahteraan seluruh anggotanya
D. bahwa dalam keluarga terjadi hukum mekanisme
pasar : dimana ada penawaran tentu ada permintaan
10. Peran masyarakat sebagai sumber belajar
mengandung pengertian ....
A. bahwa masyarakat dapat dijadikan cerminan contoh perilaku bagi
peserta didik
B. bahwa dari masyarakatlah peserta didik dapat mempelajari fenomena
sosial
C. bahwa masyarakat memberi contoh perilaku mana
yang dapat diterima kepada peserta didik
D. bahwa di masyarakatlah peserta mendapatkan keteladanan perilaku
11. Media pembelajaran IPS
menjadi penting bilamana ....
A. Guru ingin menjalankan konsep-konsep dasar IPS
yang abshah
B. Guru ingin mendeskripsikan konsep-konsep
dasar IPS sulit
C. Guru ingin mempercepat pemahaman peserta
didik terhadap suatu konsep dasar IPS
D. Guru ingin menjelaskan konsep-konsep IPS yang tidak dapat diamati dan dipelajari sesuai
dengan aslinya dilapangan
12. Perbedaan antara penilaian dengan pengukuran
adalah ....
A. Penilaian adalah kegiatan untuk mengetahui
keberhasilan secara kualitatif, sedangkan pengukuran merupakan kegiatan untuk
mengetahui keberhasilan secara kuantitatif
B. Penilaian adalah kegiatan untuk memberikan
angka pada prestasi peserta didik, sedangkan pengukuran adalah merupakan
kegiatan untuk melihat seberapa keberhasilan peserta didik dalam menyelesaikan
suatu program pembelajaran
C. Penilaian ditujuan untuk melihat keberhasilan
dalam menyelesaikan suatu program pembelajaran secara kuantitatif, sedangkan
pengukuran ditujukan untuk melihat keberhasilan dalam menyelesaikan program
kuantitatif
D. Penilaian mencakup kegiatan pengukuran yang
dapat didefinisikan sebagai penilaian program, proses dan hasil pendidikan
13. Kisi-kisi dalam perancangan evaluasi pembelajaran IPS berfungsi sebagai ....
A. Acuan atau pedoman bagi guru di dalam membelajarkan yang
mencerminkan program, proses dan hasil pendidikan
B. Acuan pedoman bagi guru yang berisi tujuan instruksional,
pokok/subpokok bahasan yang akan diajarkan, ranah taksonomi, tingkat kesulitan,
bentuk soal, dan indikator keberhasilan siswa dalam menyelesaikan program
pembelajaran
C. Rujukan guru yang berisi bidang studi apakah yang diambil oleh
guru, tujuan apakah yang ingin dicapai, materi pembahasan, sumber, bahan,
kegiatan belajar-mengajar, serta evaluasi pembelajaran
D. Rancangan pembelajaran yang mencakup kegiatan
prapembelajaran/perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pembelajaran
14. Pengungkapan kelemahan proses kegiatan mengajar yang meliputi =
bobot pengajaran adalah pengertian fungsi evaluasi bagi ....
A. orang tua
B. murid
C. sekolah
D. guru
15. Kegiatan evaluasi pembelajaran IPS
dapat berlangsung dalam tiga tahap, yaitu ; 1) Pembelajaran, 2) proses
pembelajaran, dan 3) pasca pembelajaran secara khusus evaluasi pada tahap
prapembelajaran dapat digunakan sebagai ....
A. Perbandingan antara kemampuan awal peserta didik sebelum
dilibatkan dalam proses pembelajaran dengan kemampuan peserta didik setelah
pembelajaran terakhir
B. bahan apersepsi bagi guru untuk menentukan
materi-materi apa saja yang akan disajikan selama proses pembelajaran
C. Pretes untuk mengukur seberapa kemampuan
peserta didik sebelum dilibatkan dalam proses pembelajaran
D. uji kelayakan dan kepantasan peserta didik
sebelum mengikuti kegiatan belajar di kelas
16. Ada dua batasan konsep yaitu: (1) batasan konsep yang dikemukakan
oleh Dorothy, dan (2) batasan konsep yang dikemukakan oleh James G. Womack.
Konsep menurut Skill adalah ....
A. abstraksi dari realitas yang tergantung dalam pikiran kita
B. citraan mental yang ada di dalam pikiran kita
C. sesuatu yang tergambar di dalam
pikiran-pikiran suatu pemikiran, gagasan, atau suatu pengertian
D. kemampuan mental kita untuk mengabstraksikan
realitas dunia
17. Geografi memiliki peran dalam IPS karena ....
A. geografi dapat menjelaskan konsep keruangan
dan kewilayahan yang menjadi ruang kehidupan manusia
B. geografi memberikan gambaran konsep kerungan
dan kewilayahan yang penting bagi kehidupan manusia
C. geografi dan IPS
memiliki bidang kajian yang sangat erat tentang konsep wilayah
D. geografi dan IPS
memiliki tujuan yang sama, proses pemakaian konsep yang fungsionmal bagi
kehidupan manusia
18. Geografi memiliki 3 hal, yaitu; 1) Dunia nyata, 2) sebab-sebab
menyangkut dunia nyata demikian adanya, dan 3) kedua hal yang tersebut pada
nomor 1 dan 2 berpengaruh secara timbal balik dengan kehidupan manusia.
Pengertian di atas dikemukakan oleh ....
A. Council of the geographical association
B. James G. Womack
C. Hemy J. Warman
D. Gertrude Whipple
19. Ada pendapat yang secara tegas menyatakan bahwa sejarah sangat
menunjang pendidikan IPS.
Bukti-bukti yang mendukung pendapat tersebut dapat ditemukan pada pernyataan
berikut ini ....
A. Sejarah menggambarkan data, fakta, dan peristiwa yang terjadi pada
masa lampau tentang kehidupan-kehidupan manusia dalam konteks sosialnya. Data,
fakta dan peristiwa merupakan bahan kajian IPS
B. Umat manusia adalah aktor peristiwa sejarah. Data, fakta, dan peristiwa sejarah memberikan dukungan informasi kepada IPS
C. Sejarah menggambarkan peristiwa dan perkembangan peradapan manusia
dari waktu ke waktu. Berdasarkan peristiwa dan
tahap perkembangan tersebut, kajian IPS
akan dapat memprediksi perkembangan umat manusia pada masa mendatang
D. kegiatan sejarah umat manusia merupakan
kegiatan yang bersifat bukan statis, melainkan dinamis. Kedinamisan kejian
sejarah umat manusia ini bermanfaat bagi pengembangan pendidikan IPS
20. Konsep waktu sangat penting dalam mempelajari
sejarah, sebab ....
A. waktu dapat dijadikan periode di dalam
sejarah
B. manusia yang menjadi aktor sejarah hidup
dalam waktu (mewakili)
C. sejarah terjadi dalam rentang waktu tertentu
D. di dalam sejarah itu sendiri, memerlukan
konsep waktu
21. Antropologi memiliki arti penting di dalam
pendidikan IPS, sebab ....
A. Aneka ragam manusia dengan aneka ragam produk
kebudayaannya yang menjadi kajian utama antropologi diharapkan mampu
membangkitkan kesadaran apresiatif peserta didik terhadap kebhinekaan yang
menjadi tema di dalam pendidikan IPS
B. Konsep antropologi diharapkan mampu membangun
wawasan luas dan fleksibel terhadap kehidupan manusia beserta produk
kebudayaannya
C. kesadaran keanekaragaman kehidupan manusia
dalam kajian antropologi diharapkan dapat mempengaruhi pemahaman peserta didik
terhadap konsep kesatuan dan persatuan umat mahusia sebagaimana yang diidealkan
pendidik IPS
D. Konsep keanekaragaman budaya dalam
antropologi mampu menggugah kesadaran peserta didik bahwa sesama umat manusia
harus saling menghargai dan menghormati merupakan tujuan pendidikan IPS
22. Kebudayaan dalam arti sempit menurut pendapat
C.P Kottak adalah ....
A. kemampuan manusia untuk berkreasi dan
berproduksi
B. hasil cipta, rasa, karsa dan karya manusia
C. kemampuan manusia menggunakan lambang
D. kemampuan yang hanya dimiliki oleh jenis
manusia
23. Ada dua pakar yang mendefinisikan sosiologi, yaitu Brown &
Brown dan Frank Haukins. Definisi
sosiologi menurut Brown & Brown adalah ....
A. studi alamiah tentang fenomena yang timbul dari hubungan kelompok
umat manusia
B. studi alamiah tentang interaksi umat manusia
C. ilmu yang mempelajari individu manusia dalam konteks masyarakat
D. ilmu yang mempelajari individu manusia dalam
organisasi sosial
24. Akibat proses sosial, perubahan sosial, dan modernisasi, maka
timbul apa yang disebut sebagai mobilitas sosial adalah ....
A. perubahan status baik secara perorangan atau kelompok yang terjadi
dari lapisan bawah ke lapisan menengah sampai lapisan atas atau sebaliknya
B. perubahan status sosial yang terjadi baik perorangan atau kelompok
yang sifatnya setara, seperti dari petani menjadi pedagang kemudian menjadi
nelayan, dan seterusnya
C. perubahan yang terjadi pada berbagi aspek kehidupan terhadap
seseorang atau kelompok
D. perubahan status, baik yang dialami oleh
perorangan maupun kelompok
25. Interaksi sosial yang disebut-sebut sebagai konsep dasar sosiologi
adalah hubungan ....
A. antar sesama anggota masyarakat
B. antara manusia dalam suatu masyarakat
C. timbal balik antara individu dengan pihak lainnya
D. antara individu dengan individu lainnya
26. Salah satu konsep dasar psikologi sosial yang menyatakan bahwa ada
potensi pendorong yang timbul dari dalam diri untuk memperoleh dan mencapai
sesuatu yang dinginkan merupakan definisi ....
A. kemauan
B. motivasi
C. bakat
D. minat
27. Konsep kepribadian secara denotatif Brown & Brown adalah ....
A. Organisasi gagasan yang dinamik, sikap dan kebiasaan yang dibina
secara mendasar oleh potensi biologis yang diwariskan melalui mekanisme
psikofisik organisme tunggal
B. Organisasi gagasan yang dinamik, sikap dan kebisaan yang dibina
secara mendasar oleh potensi biologis yang ditansmisikan melalui pola budaya
C. pola watak, tingkah laku, sikap mental yang dimiliki oleh individu
secara konsisten
D. pola karakteristik. Sifat atau atribut yang dimiliki oleh individu
secara konsisten dari waktu ke waktu
28. Disiplin ilmu ekonomi terhadap pembelajaran IPS tercermin dalam bentuk ....
A. menumbuhkan kesadaran akan pola hidup sederhana dan mencegah
timbulnya inefisiensi dalam penggunaan sumber dana
B. menanamkan jiwa wirausaha dan menjauhkan dari pola hidup mewah
C. menanamkan prinsip-prinsip ekonomi dalam diri
setiap peserta didik
D. membina pola hidup hemat dan rajin menabung
29. Koperasi adalah kumpulan orang atau badan hukum yang bertujuan
untuk perbaikan sosial ekonomi anggotanya dengan jalan berusaha bersama saling
membantu antara satu dengan yang lain dengan cara membatasi keuntungan, usaha
tersebut harus didasarkan atas prinsip-prinsip koperasi. Definisi tersebut dikemukakan oleh ....
A. Dr. Mohammad Hatta
B. Undang-undang Nomor 25/1992
C. International Cooperative Alliance (ICA)
D. H. Mursid Sumaatmaja dkk
30. Ekonomi Indonesia yang berpancasila tidak hanya semata-mata mengejar
keuntungan material/finansial, justru yang terpenting adalah keuntungan sosial.
Apakah yang dimaksud dengan keuntungan sosial?
A. Keuntungan sosial direprensentasikan dalam bentuk sumbangan,
seperti bencana alam
B. keuntungan sosial adalah keuntungan yang dapat dinikmati oleh
seluruh warga masyarakat
C. keuntungan sosial adalah keuntungan yang diperoleh dari kegiatan
bermasyarakat
D. Keuntungan sosial adalah keuntungan yang dapat dirasakan, baik
oleh produsen maupun konsumen
31. Ilmu politik dapat digunakan untuk menanamkan kesadaran akan
tanggung jawab dan peran serta peserta didik sebagai warga negara suatu bangsa
dan peran serta peserta didik dalam kegiatan bernegara ....
A. disiplin warga masyarakat terhadap suatu pemerintahan
B. ilmu politik dan pemerintahan membekali anak didik pengetahuan
tentang seluk beluk negara dan bentuk-bentuk pemerintahannya
C. ilmu politik dan pemerintahan membekali peserta didik pengetahuan
tentang bentuk-bentuk partisipasi politik mereka di dalam kehidupan bernegara
dan berbangsa
D. disiplin ilmu politik dan pemerintahan dapat digunakan untuk
menanamkan kesadaran akan pentingnya pemerintahan dalam suatu bangsa yang
berdaulat
32. Di dalam konsep dasar negara di dalamnya
konsep-konsep ....
A. demokrasi, kedaulatan rakyat, undang-undang
dan kabinet
B. Dewan Perwakilan Rakyat, wilayah, republik,
dan penduduk
C. kepemimpinan, kekuasaan, kenegaraan dan
pemerintahan
D. kekuasaan, kenegaraan, wilayah, dan perundang-undangan
33. Suatu negara tentu ada pemerintahannya, konsekuensi logis
pemerintahan yang menjadi syarat terbentuknya negara adalah memiliki ....
A. wilayah
B. undang-undang
C. peraturan pemerintah
D. penduduk/rakyat
34. Karakteristik keterampilan dasar IPS terkait erat dengan beberapa hal berikut, kecuali
....
A. epistemologi
B. ruang lingkup bahasannya
C. objek yang dipelajari
D. metode dan pendekatan
35. Kemampuan/keterampilan dasar yang harus dikuasai seorang guru
adalah kemampuan ....
A. menyesuaikan pendekatan, strategi, metode dan
teknik pembelajaran sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran sejarah
B. merancang dan mengembangkan materi
pembelajaran sejarah
C. mentransfer keterampilan yang terdapat di
sekolah ke dalam kehidupan masyarakat
D. menyusun program pembelajaran seperti satuan
pelajaran, model satuan pembelajaran dan satuan pembelajaran
36. Keterampilan dasar ekonomi berkarakteristik ....
A. teoritik, yang berbentuk teori, konseptual
yang berbentuk konsep, dan aplikatif yang berbentuk penerapan teori dan konsep
B. kognitif yang mencakup penguasaan
konsep-konsep, prinsip-prinsip dari teori, psikomotorik yang berbentuk
penerapan konsep, prinsip, dan teori di dalam situasi real
C. fungsional dalam arti dapat berfungsi dalam
memecahkan persoalan ekonomi, pragmatis dalam arti dapat dipraktikkan dalam
kehidupan nyata
D. obyektif yang mengesampingkan ketidakwajaran
dalam penilaian, rasional yang berdasarkan teknik-teknik penalaran yang abstrak
37. Keterampilan dasar IPS
sangat berguna bagi seorang guru IPS,
sebab ....
A. penguasaan keterampilan dasar IPS
untuk menjadi guru yang profesional dan kompoten
B. keterampilan dasar IPS
merupakan acuan mengembangkan materi pembelajaran IPS
C. keterampilan dasar IPS
menjadi pedoman dalam merancang dan mengembangkan program pembelajaran IPS
D. penguasaan keterampilan akan mempermudah guru dalam mengevaluasi
kegiatan belajar IPS
38. Ada
peribahasa “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung” artinya bilamana
seseorang berada di lingkungan adat istiadat dan sistem nilai berbeda, sudah
selayaknya dia mengormati adat istiadat dan sistem nilai dimana dia berada. Apa
yang dilakukan orang tersebut menunjukkan bahwa dia memiliki keterampilan ....
A. sosial
B. intelektual
C. mental
D. personal
39. Keterampilan personal seseorang ditunjukkan
oleh ....
A. aktualisasi diri
B. representasi jati diri
C. ekspresi diri
D. refleksi diri
40. Pada hakekatnya manusia bersifat individual yang terpresentasikan
sebagai jati diri sekalipun demikian ia bersifat sosial. Di sifat inilah
keterampilan sosial muncul. Yang dimaksud keterampilan sosial adalah
keterampilan?
A. bekerja dalam kelompok
B. hidup dalam komunitas tertentu
C. hidup berdampingan dan saling menghormati
D. bekerjasama dengan manusia lain dan saling berinteraksi
41. Tujuan akhir dari berbagai peran yang dimiliki individu adalah
....
A. terciptanya stabilitas sosial yang mantap dan
kondusif
B. terpenuhinya kebutuhan pokok hidup
bermasyarakat
C. terpenuhinya kebutuhan dan tercapainya
kesejahteraan
D. terpeliharanya ketenteraman dan keamanan
masyarakat
42. Orang sering menemui kesulitan untuk
membedakan pengertian moral dan norma. Untuk membedakan kedua pengertian
tersebut dapat dijelaskan berikut ini ....
A. moral adalah budi pekerti dan perilaku
manusia, sedang norma adalah aturan, bagaimana berperilaku
B. moral adalah aturan-aturan dalam perilaku,
sedang norma adalah aturan-aturang perilaku yang disertai sangsi jika terjadi
pelanggaran terhadap aturan tersebut
C. moral adalah tindak tanduk yang dapat
diterima oleh suatu masyarakat tertentu, sedang norma adalah hukum yang berlaku
dalam suatu masyarakat tertentu
D. moral adalah tingkah laku baik buruk manusia,
sedang norma adalah pedoman baik buruk tingkah laku manusia
43. Struktur hubungan yang dapat dijadikan contoh
konsep struktur sosial budaya adalah ....
A. petani-nelayan-pedagang-peternak
B. guru-karyawan-pegawai-disekitar perusahaan
C. presiden-menteri-rakyat-jaksa agung
D. buruh-pimpinan perusahaan-administrasi
perusahan pemasok bahan baku-pemasaran produk-pemakai produk
44. Berikut ini dapat dijadikan sebagai contoh penggolongan lapisan
penduduk berdasarkan ukuran kehormatan kedudukan ....
A. ketua adat di tengah-tengah masyarakat tradisional
B. seorang menteri dalam struktur pemerintah
negara
C. konglomerat dalam dunia bisnis
D. seorang dosen dalam lingkungan kampus
45. Lapisan sosial dikatakan bersifat terbuka
bilamana ....
A. anggota lapisan bebas keluar/ masuk lapisan
lainnya
B. setiap anggota suatu lapisan tertentu
mempunyai kesempatan untuk masuk dan keluar pada tiap lapisan
C. keanggotan lapisan masyarakat berubah-ubah
secara fleksibel
D. keanggotaan lapisan bersifat dinamis
46. Contoh dampak interaksi sosial dalam bentuk kerjasama adalah ....
A. ajakan rekonsiliasi pimpinan partai tertentu
terhadap partai lain yang dianggap sebagai lawan politiknya
B. penghentian pertikaian antara dua partai
politik yang berseteru
C. tersalurnya aspirasi partai politik tertentu
pada partai lain
D. bergabungnya partai politik dalam koalisi tertentu, koalisi
kebangsaan, koalisi kerakyatan
47. Keluarga merupakan inti kehidupan masyarakat,
sebab ....
A. di dalam keluarga akan tercermin tanggung
jawab untuk menciptakan suasana aman, tenteram, damai dan sejahtera
B. di dalam keluarga muncul tanggung jawab untuk
menciptakan suasana aman, damai, dan sejahtera
C. kehidupan keluarga jagad mikro dari kehidupan
bermasyarakat dan bernegara sebagai jagad makro
D. besar/kecil tanggung jawab setiap anggota
keluarga dijadikan representasi dari besar kecilnya tanggung jawa setiap
anggota masyarakat dan setiap warga negara
48. Negara terbentuk karena adanya masyarakat.
Masyarakat dalam konteks pernyataan tersebut pada ....
A. sekumpulan orang yang memiliki cita-cita
hidup sama
B. sekelompok orang yang memiliki ideologi yang
sama
C. sekelompok rakyat yang terorganisasi
D. kelompok rakyat yang memiliki tujuan hidup relatif sama
49. Selain organisasi masyarakat yang terhimpun di dalam bentuk
negara, di Indonesia terdapat sejumlah organisasi profesi tertentu berikut ini
termasuk organisasi profesi, kecuali ....
A. Ikatan Dokter Indonesia (IDI)
B. Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI)
C. Himpunan Sarjana Kesustraan Indonesia (HISKI)
D. Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)
50. Salah satu unsur penting terbentuknya suatu
negara adalah ....
A. masyarakat
B. pemerintah
C. presiden
D. organisasi politik
51. Organisasi pada hakikatnya memiliki peranan penting dalam
menunjang ada tidaknya suatu negara. Organisasi
yang dimaksud dalam pernyataan tersebut adalah organisasi ....
A. keagamaan
B. sosial
C. kekuasaan
D. kemasyarakatan
52. Arti penting pemerintahan dalam suatu negara adalah ....
A. Bahwa pemerintah merupakan sokoguru
keberadaan suatu bangsa. Selain itu, pemerintah yang menjadi pemegang mandat
kekuasaan negara
B. Di dalam pemerintahan dipastikan ada kepala pemerintahanya/raja/presiden/
perdana menteri yang berkedudukan sebagai pemegang mandat kekuasaan negara.
Pemerintah dengan kekuasaannya berhak memaksa rakyat untuk mematuhi peraturan
negara. Tanpa peraturan negara akan kacau/bubar
C. Pemerintahan berperan menjaga integritas wilayah suatu negara,
dengan menggunakan instrumen kekuasaan berhak memberantas segala bentuk
separatisme yang memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa
D. bahwa pemerintahan diberi mandat oleh rakyat
untuk menjalankan tugas-tugas kenegaraan
53. Bersama-sama dengan asas negara hukum dan asas semangat
kekeluargaan, asas kedaulatan rakyat berperan dalam penyelenggaraan
pemerintahan Indonesia. Peran dimaksud dapat dijelaskan berikut ini ....
A. Asas kedaulatan rakyat mengandung pengertian bahwa kekuasaan
tertinggi di tangan rakyat. Penyelenggara pemerintahan dipilih oleh rakyat, dan
bertanggung jawab kepada rakyat
B. Bahwa pemerintahan berperanan menjaga integritas wilayah suatu
negara, pemerintah dengan menggunakan instrumen kekuasaan berhak memberantas
segala bentuk separatsime yang memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa
C. Bahwa pemerintahan diberi mandat oleh rakyat
untuk menjalankan tugas-tugas kenegaraan
D. Bahwa di dalam tubuh pemerintahan dapat dipastikan ada kepala
pemerintahannya/raja/presiden/perdana menteri. Kepala pemerintahan ini pulalah
yang berkedudukan sebagai pemegang mandat kekuasaan negara. Pemerintah dengan
kekuasaannya berhak memaksa rakyat untuk mematuhi peraturan negara. Tanpa
peraturan negara akan kacau/bubar
54. Pemerintah negara Republik Indonesia menggunakan sistem kabinet
campuran. Yang dimaksud dengan sistem kabinet campuran adalah ....
A. Bahwa kabinet diangkat dan diberhentikan oleh
presiden atas usulan parlemen. Para Menteri bertanggung jawab kepada presiden
B. Bahwa kabinet dipilih dan diberhentikan oleh
presiden atas persetujuan parlemen. Para menteri bertanggung jawab kepada
presiden dan parlemen
C. Bahwa kabinet dipilih dan diberhentikan oleh
presiden, sedangkan presiden adalah mandataris MPR
D. Bahwa kabinet dibentuk oleh parlemen. Akan tetapi dalam melaksanakan tugas, para menteri bertanggung jawab kepada
presiden
55. Etnosentrisme merupakan sumber konflik yang
masuk dalam kategori ....
A. dominasi dan hegemoni satu suku atas suku
lainnya
B. superioritas satu suku atas suku lainnya
C. dendam kesukuan antar suku bangsa yang laten
dan berkepajangan karena perbedaan adat-istiadat
D. persaingan satu suku atas suku lainnya karena
perbutan lapangan kerja/mata pencaharian
56. Norma menjadi teramat penting di dalam
kehidupan bermasyarakat, sebab ....
A. norma dapat mencegah seseorang untuk berbuat
sesuatu yang diperbolehkan masyarakat
B. dengan adanya norma, kehidupan di
tengah-tengah masyarakat akan menjadi harmonis
C. norma dapat menjadikan seseorang menghormati
orang lain di dalam masyarakat
D. norma dapat menjadi instrumen untuk menjaga
keamanan dan ketertiban masyarakat
57. Di dalam kehidupan bermasyarakat, disamping
norma hukum, juga berlaku norma kesopanan. Implementasi
norma kesopanan lebih bersifat ....
A. normatif-implementatif
B. prefentif-kuratif
C. definitif-kondifikatif
D. subjektif-relatif
58. Contoh norma kesopanan dapat kita temukan
pada ilustrasi di bawah ini ....
A. dikalangan keluarga Minang Kabau yang berhak
mendapatkan hak atas harta pusaka warisan orang tua adalah anak perempuan
B. kita tidak diperbolehkan memotong pembicaraan
orang tua pada saat dia belum selesai berbicara
C. seseoran akan dihukum mati manakala ia berkedapatan membawa obat
bius (narkotika, morfin, atau heroin) dalam jumlah/bobot tertentu
D. setelah masa-masa muda dihabiskan dalam gelimang dosa, pada hari
tuanya dia bertobat dan meninggal dalam kondisi chusnul khotimah
59. Hak dan kewajiban warga negara perlu mendapatkan jaminan hukum
sebab ....
A. jaminan hukum memberikan perimbangan antara menerima hak dan
menjalankan kewajiban
B. hukum menjamin seseorang untuk menerima han
dan menyatakan hak secara proporsional
C. hukum memperlancar mekanisme untuk
mendapatkan hak dan menjalankan kewajiban
D. hukum memberikan kewenangan kepada seseorang
untuk mendapatkan/menerima hak dan sebaliknya hukum mewajibkan seseorang untuk
melaksanakan kewajiban
60. Representasi kewajiban menjunjung hukum dan pemerintahan dapat
kita temukan dalam contoh berikut ini ....
A. membayar
pajak tepat pada waktunya
B. mengikuti latihan dasar bela negara
C. bekerja sama dengan aparat penegak hukum untuk memberantas
penyelundupan
D. ikut menjaga keamanan dan ketertiban
lingkungan
No comments:
Post a Comment