Cloud Hosting Indonesia

31 March, 2014

Soal konsep dasar IPS PGSD2102


LATIHAN MANDIRI
KONSEP DASAR IPS
(PGSD2102)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Mata kuliah yang mempelajari kehidupan sosial dengan mengintegrasikan bidang ilmu-ilmu sosial dan humaniora definisi ....     
A.   Antropologi
B.   Sosiologi
C.   Humaniora
D.   IPS

2.   Pendidikan keluarga mengembangkan aspek budaya yang bersifat komprehensif, meliputi ....     
A.   kognitif, afektif dan psikomotorik
B.   moral, mental dan spiritual
C.   pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan
D.   kecerdasan, intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual
     
3.   Kata-kata kunci dari tujuan akhir pendidikan IPS, selalu membina anak didik agar menjadi warga negara yang baik yang berpengetahuan dan keterampilan, adalah ....
A.   memiliki integritas moral
B.   memiliki kredibilitas
C.   memiliki kepedulian sosial
D.   memiliki kemampuan dan keterampilan

4.   Fungsi pendidikan IPS tidak hanya menstranfer ilmu, tetapi juga membekali keterampilan ....
A.   emosional
B.   sosial
C.   spiritual
D.   moral

5.   Bilamana seseorang anak mau bekerja bakti memperbaiki jalan di kampungnya, maka anak tersebut dapat dikatakan memiliki ....
A.   keterampilan sosial
B.   keterampilan intelektual
C.   keterampilan spiritual
D.   keterampilan emosional






6.   Sebagai anggota masyarakat, setiap manusia memiliki rasa tanggung jawab. Agar memiliki rasa tanggung jawab manusia tidak hanya mendapatkan pendidikan yang terbatas pada aspek pengetahuan saja, tetapi perlu juga mendapatkan pendidikan ....
A.   nilai-nilai
B.   keterampilan
C.   wawasan kebangsaan
D.   kecakapan hidup

7.   Keluarga merupakan lembaga pendidikan berfungsi majemuk (multi fungsi) sementara fungsi lembaga sosial seperti lembaga agama berfungsi ...
A.   menentukan dasar iman dan taqwa
B.   membina setiap individu untuk menjadi baik
C.   mendidik anak manusia
D.   membekali anak dengan iman agar bisa bertahan dimasa depan

8.   Nilai edukatif esensial dari pendidik IPS adalah peningkatan perilaku ....
A.   kognitif
B.   psikomotir
C.   sosial
D.   afektif

9.   Pembelajaran dilingkungan keluarga dapat berlangsung secara bertahap-berkesinambungan dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu sosial, pernyataan tersebut memiliki implikasi ....
A.   bahwa keluarga merupakan miniatur dari kehidupan bernegara
B.   bahwa keluarga merupakan lembaga untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan
C.   bahwa keluarga merupakan lembaga ekonomi yang berfungsi memenuhi kesejahteraan seluruh anggotanya
D.   bahwa dalam keluarga terjadi hukum mekanisme pasar : dimana ada penawaran tentu ada permintaan







10.  Peran masyarakat sebagai sumber belajar mengandung pengertian ....
A.   bahwa masyarakat dapat dijadikan cerminan contoh perilaku bagi peserta didik
B.   bahwa dari masyarakatlah peserta didik dapat mempelajari fenomena sosial
C.   bahwa masyarakat memberi contoh perilaku mana yang dapat diterima kepada peserta didik
D.   bahwa di masyarakatlah peserta mendapatkan keteladanan perilaku

11.   Media pembelajaran IPS menjadi penting bilamana ....
A.   Guru ingin menjalankan konsep-konsep dasar IPS yang abshah
B.   Guru ingin mendeskripsikan konsep-konsep dasar IPS sulit
C.   Guru ingin mempercepat pemahaman peserta didik terhadap suatu konsep dasar IPS
D.   Guru ingin menjelaskan konsep-konsep IPS yang tidak dapat diamati dan dipelajari sesuai dengan aslinya dilapangan

12.   Perbedaan antara penilaian dengan pengukuran adalah ....
A.   Penilaian adalah kegiatan untuk mengetahui keberhasilan secara kualitatif, sedangkan pengukuran merupakan kegiatan untuk mengetahui keberhasilan secara kuantitatif
B.   Penilaian adalah kegiatan untuk memberikan angka pada prestasi peserta didik, sedangkan pengukuran adalah merupakan kegiatan untuk melihat seberapa keberhasilan peserta didik dalam menyelesaikan suatu program pembelajaran
C.   Penilaian ditujuan untuk melihat keberhasilan dalam menyelesaikan suatu program pembelajaran secara kuantitatif, sedangkan pengukuran ditujukan untuk melihat keberhasilan dalam menyelesaikan program kuantitatif
D.   Penilaian mencakup kegiatan pengukuran yang dapat didefinisikan sebagai penilaian program, proses dan hasil pendidikan








13.   Kisi-kisi dalam perancangan evaluasi pembelajaran IPS berfungsi sebagai ....
A.   Acuan atau pedoman bagi guru di dalam membelajarkan yang mencerminkan program, proses dan hasil pendidikan
B.   Acuan pedoman bagi guru yang berisi tujuan instruksional, pokok/subpokok bahasan yang akan diajarkan, ranah taksonomi, tingkat kesulitan, bentuk soal, dan indikator keberhasilan siswa dalam menyelesaikan program pembelajaran
C.   Rujukan guru yang berisi bidang studi apakah yang diambil oleh guru, tujuan apakah yang ingin dicapai, materi pembahasan, sumber, bahan, kegiatan belajar-mengajar, serta evaluasi pembelajaran
D.   Rancangan pembelajaran yang mencakup kegiatan prapembelajaran/perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pembelajaran

14.   Pengungkapan kelemahan proses kegiatan mengajar yang meliputi = bobot pengajaran adalah pengertian fungsi evaluasi bagi ....
A.   orang tua
B.   murid
C.   sekolah
D.   guru

15.   Kegiatan evaluasi pembelajaran IPS dapat berlangsung dalam tiga tahap, yaitu ; 1) Pembelajaran, 2) proses pembelajaran, dan 3) pasca pembelajaran secara khusus evaluasi pada tahap prapembelajaran dapat digunakan sebagai ....
A.   Perbandingan antara kemampuan awal peserta didik sebelum dilibatkan dalam proses pembelajaran dengan kemampuan peserta didik setelah pembelajaran terakhir
B.   bahan apersepsi bagi guru untuk menentukan materi-materi apa saja yang akan disajikan selama proses pembelajaran
C.   Pretes untuk mengukur seberapa kemampuan peserta didik sebelum dilibatkan dalam proses pembelajaran
D.   uji kelayakan dan kepantasan peserta didik sebelum mengikuti kegiatan belajar di kelas





16.   Ada dua batasan konsep yaitu: (1) batasan konsep yang dikemukakan oleh Dorothy, dan (2) batasan konsep yang dikemukakan oleh James G. Womack. Konsep menurut Skill adalah ....
A.   abstraksi dari realitas yang tergantung dalam pikiran kita
B.   citraan mental yang ada di dalam pikiran kita
C.   sesuatu yang tergambar di dalam pikiran-pikiran suatu pemikiran, gagasan, atau suatu pengertian
D.   kemampuan mental kita untuk mengabstraksikan realitas dunia
17.   Geografi memiliki peran dalam IPS karena ....
A.   geografi dapat menjelaskan konsep keruangan dan kewilayahan yang menjadi ruang kehidupan manusia
B.   geografi memberikan gambaran konsep kerungan dan kewilayahan yang penting bagi kehidupan manusia
C.   geografi dan IPS memiliki bidang kajian yang sangat erat tentang konsep wilayah
D.   geografi dan IPS memiliki tujuan yang sama, proses pemakaian konsep yang fungsionmal bagi kehidupan manusia

18.   Geografi memiliki 3 hal, yaitu; 1) Dunia nyata, 2) sebab-sebab menyangkut dunia nyata demikian adanya, dan 3) kedua hal yang tersebut pada nomor 1 dan 2 berpengaruh secara timbal balik dengan kehidupan manusia. Pengertian di atas dikemukakan oleh ....
A.   Council of the geographical association
B.   James G. Womack
C.   Hemy J. Warman
D.   Gertrude Whipple

19.   Ada pendapat yang secara tegas menyatakan bahwa sejarah sangat menunjang pendidikan IPS. Bukti-bukti yang mendukung pendapat tersebut dapat ditemukan pada pernyataan berikut ini ....
A.   Sejarah menggambarkan data, fakta, dan peristiwa yang terjadi pada masa lampau tentang kehidupan-kehidupan manusia dalam konteks sosialnya. Data, fakta dan peristiwa merupakan bahan kajian IPS
B.   Umat manusia adalah aktor peristiwa sejarah. Data, fakta, dan peristiwa sejarah memberikan dukungan informasi kepada IPS



C.   Sejarah menggambarkan peristiwa dan perkembangan peradapan manusia dari waktu ke waktu. Berdasarkan peristiwa dan tahap perkembangan tersebut, kajian IPS akan dapat memprediksi perkembangan umat manusia pada masa mendatang
D.   kegiatan sejarah umat manusia merupakan kegiatan yang bersifat bukan statis, melainkan dinamis. Kedinamisan kejian sejarah umat manusia ini bermanfaat bagi pengembangan pendidikan IPS

20.   Konsep waktu sangat penting dalam mempelajari sejarah, sebab ....
A.   waktu dapat dijadikan periode di dalam sejarah
B.   manusia yang menjadi aktor sejarah hidup dalam waktu (mewakili)
C.   sejarah terjadi dalam rentang waktu tertentu
D.   di dalam sejarah itu sendiri, memerlukan konsep waktu

21.   Antropologi memiliki arti penting di dalam pendidikan IPS, sebab ....
A.   Aneka ragam manusia dengan aneka ragam produk kebudayaannya yang menjadi kajian utama antropologi diharapkan mampu membangkitkan kesadaran apresiatif peserta didik terhadap kebhinekaan yang menjadi tema di dalam pendidikan IPS
B.   Konsep antropologi diharapkan mampu membangun wawasan luas dan fleksibel terhadap kehidupan manusia beserta produk kebudayaannya
C.   kesadaran keanekaragaman kehidupan manusia dalam kajian antropologi diharapkan dapat mempengaruhi pemahaman peserta didik terhadap konsep kesatuan dan persatuan umat mahusia sebagaimana yang diidealkan pendidik IPS
D.   Konsep keanekaragaman budaya dalam antropologi mampu menggugah kesadaran peserta didik bahwa sesama umat manusia harus saling menghargai dan menghormati merupakan tujuan pendidikan IPS





22.   Kebudayaan dalam arti sempit menurut pendapat C.P Kottak adalah ....
A.   kemampuan manusia untuk berkreasi dan berproduksi
B.   hasil cipta, rasa, karsa dan karya manusia
C.   kemampuan manusia menggunakan lambang
D.   kemampuan yang hanya dimiliki oleh jenis manusia

23.   Ada dua pakar yang mendefinisikan sosiologi, yaitu Brown & Brown       dan Frank Haukins. Definisi sosiologi menurut Brown & Brown adalah ....
A.   studi alamiah tentang fenomena yang timbul dari hubungan kelompok umat manusia
B.   studi alamiah tentang interaksi umat manusia
C.   ilmu yang mempelajari individu manusia dalam konteks masyarakat
D.   ilmu yang mempelajari individu manusia dalam organisasi sosial

24.   Akibat proses sosial, perubahan sosial, dan modernisasi, maka timbul apa yang disebut sebagai mobilitas sosial adalah ....
A.   perubahan status baik secara perorangan atau kelompok yang terjadi dari lapisan bawah ke lapisan menengah sampai lapisan atas atau sebaliknya
B.   perubahan status sosial yang terjadi baik perorangan atau kelompok yang sifatnya setara, seperti dari petani menjadi pedagang kemudian menjadi nelayan, dan seterusnya
C.   perubahan yang terjadi pada berbagi aspek kehidupan terhadap seseorang atau kelompok
D.   perubahan status, baik yang dialami oleh perorangan maupun kelompok

25.   Interaksi sosial yang disebut-sebut sebagai konsep dasar sosiologi adalah hubungan ....
A.   antar sesama anggota masyarakat
B.   antara manusia dalam suatu masyarakat
C.   timbal balik antara individu dengan pihak lainnya
D.   antara individu dengan individu lainnya








26.   Salah satu konsep dasar psikologi sosial yang menyatakan bahwa ada potensi pendorong yang timbul dari dalam diri untuk memperoleh dan mencapai sesuatu yang dinginkan merupakan definisi ....
A.   kemauan
B.   motivasi
C.   bakat
D.   minat

27.   Konsep kepribadian secara denotatif Brown & Brown adalah ....
A.   Organisasi gagasan yang dinamik, sikap dan kebiasaan yang dibina secara mendasar oleh potensi biologis yang diwariskan melalui mekanisme psikofisik organisme tunggal
B.   Organisasi gagasan yang dinamik, sikap dan kebisaan yang dibina secara mendasar oleh potensi biologis yang ditansmisikan melalui pola budaya
C.   pola watak, tingkah laku, sikap mental yang dimiliki oleh individu secara konsisten
D.   pola karakteristik. Sifat atau atribut yang dimiliki oleh individu secara konsisten dari waktu ke waktu

28.   Disiplin ilmu ekonomi terhadap pembelajaran IPS tercermin dalam bentuk ....
A.   menumbuhkan kesadaran akan pola hidup sederhana dan mencegah timbulnya inefisiensi dalam penggunaan sumber dana
B.   menanamkan jiwa wirausaha dan menjauhkan dari pola hidup mewah
C.   menanamkan prinsip-prinsip ekonomi dalam diri setiap peserta didik
D.   membina pola hidup hemat dan rajin menabung

29.   Koperasi adalah kumpulan orang atau badan hukum yang bertujuan untuk perbaikan sosial ekonomi anggotanya dengan jalan berusaha bersama saling membantu antara satu dengan yang lain dengan cara membatasi keuntungan, usaha tersebut harus didasarkan atas prinsip-prinsip koperasi. Definisi tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Dr. Mohammad Hatta
B.   Undang-undang Nomor 25/1992
C.   International Cooperative Alliance (ICA)
D.   H. Mursid Sumaatmaja dkk




30.   Ekonomi Indonesia yang berpancasila tidak hanya semata-mata mengejar keuntungan material/finansial, justru yang terpenting adalah keuntungan sosial. Apakah yang dimaksud dengan keuntungan sosial?
A.   Keuntungan sosial direprensentasikan dalam bentuk sumbangan, seperti bencana alam
B.   keuntungan sosial adalah keuntungan yang dapat dinikmati oleh seluruh warga masyarakat
C.   keuntungan sosial adalah keuntungan yang diperoleh dari kegiatan bermasyarakat
D.   Keuntungan sosial adalah keuntungan yang dapat dirasakan, baik oleh produsen maupun konsumen

31.   Ilmu politik dapat digunakan untuk menanamkan kesadaran akan tanggung jawab dan peran serta peserta didik sebagai warga negara suatu bangsa dan peran serta peserta didik dalam kegiatan bernegara ....
A.   disiplin warga masyarakat terhadap suatu pemerintahan
B.   ilmu politik dan pemerintahan membekali anak didik pengetahuan tentang seluk beluk negara dan bentuk-bentuk pemerintahannya
C.   ilmu politik dan pemerintahan membekali peserta didik pengetahuan tentang bentuk-bentuk partisipasi politik mereka di dalam kehidupan bernegara dan berbangsa
D.   disiplin ilmu politik dan pemerintahan dapat digunakan untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya pemerintahan dalam suatu bangsa yang berdaulat

32.   Di dalam konsep dasar negara di dalamnya konsep-konsep ....
A.   demokrasi, kedaulatan rakyat, undang-undang dan kabinet
B.   Dewan Perwakilan Rakyat, wilayah, republik, dan penduduk
C.   kepemimpinan, kekuasaan, kenegaraan dan pemerintahan
D.   kekuasaan, kenegaraan, wilayah, dan perundang-undangan







33.   Suatu negara tentu ada pemerintahannya, konsekuensi logis pemerintahan yang menjadi syarat terbentuknya negara adalah memiliki ....
A.   wilayah
B.   undang-undang
C.   peraturan pemerintah
D.   penduduk/rakyat

34.   Karakteristik keterampilan dasar IPS terkait erat dengan beberapa hal berikut, kecuali ....
A.   epistemologi
B.   ruang lingkup bahasannya
C.   objek yang dipelajari
D.   metode dan pendekatan

35.   Kemampuan/keterampilan dasar yang harus dikuasai seorang guru adalah kemampuan ....
A.   menyesuaikan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran sejarah
B.   merancang dan mengembangkan materi pembelajaran sejarah
C.   mentransfer keterampilan yang terdapat di sekolah ke dalam kehidupan masyarakat
D.   menyusun program pembelajaran seperti satuan pelajaran, model satuan pembelajaran dan satuan pembelajaran

36.   Keterampilan dasar ekonomi berkarakteristik ....
A.   teoritik, yang berbentuk teori, konseptual yang berbentuk konsep, dan aplikatif yang berbentuk penerapan teori dan konsep
B.   kognitif yang mencakup penguasaan konsep-konsep, prinsip-prinsip dari teori, psikomotorik yang berbentuk penerapan konsep, prinsip, dan teori di dalam situasi real
C.   fungsional dalam arti dapat berfungsi dalam memecahkan persoalan ekonomi, pragmatis dalam arti dapat dipraktikkan dalam kehidupan nyata
D.   obyektif yang mengesampingkan ketidakwajaran dalam penilaian, rasional yang berdasarkan teknik-teknik penalaran yang abstrak









37.   Keterampilan dasar IPS sangat berguna bagi seorang guru IPS, sebab ....
A.   penguasaan keterampilan dasar IPS untuk menjadi guru yang profesional dan kompoten
B.   keterampilan dasar IPS merupakan acuan mengembangkan materi pembelajaran IPS
C.   keterampilan dasar IPS menjadi pedoman dalam merancang dan mengembangkan program pembelajaran IPS
D.   penguasaan keterampilan akan mempermudah guru dalam mengevaluasi kegiatan belajar IPS

38.   Ada peribahasa “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung” artinya bilamana seseorang berada di lingkungan adat istiadat dan sistem nilai berbeda, sudah selayaknya dia mengormati adat istiadat dan sistem nilai dimana dia berada. Apa yang dilakukan orang tersebut menunjukkan bahwa dia memiliki keterampilan ....
        A.   sosial
B.   intelektual
C.   mental
D.   personal

39.   Keterampilan personal seseorang ditunjukkan oleh ....
A.   aktualisasi diri
B.   representasi jati diri
C.   ekspresi diri
D.   refleksi diri
40.   Pada hakekatnya manusia bersifat individual yang terpresentasikan sebagai jati diri sekalipun demikian ia bersifat sosial. Di sifat inilah keterampilan sosial muncul. Yang dimaksud keterampilan sosial adalah keterampilan?
A.   bekerja dalam kelompok
B.   hidup dalam komunitas tertentu
C.   hidup berdampingan dan saling menghormati
D.   bekerjasama dengan manusia lain dan saling berinteraksi

41.   Tujuan akhir dari berbagai peran yang dimiliki individu adalah ....
A.   terciptanya stabilitas sosial yang mantap dan kondusif
B.   terpenuhinya kebutuhan pokok hidup bermasyarakat
C.   terpenuhinya kebutuhan dan tercapainya kesejahteraan
D.   terpeliharanya ketenteraman dan keamanan masyarakat
42.   Orang sering menemui kesulitan untuk membedakan pengertian moral dan norma. Untuk membedakan kedua pengertian tersebut dapat dijelaskan berikut ini ....
A.   moral adalah budi pekerti dan perilaku manusia, sedang norma adalah aturan, bagaimana berperilaku
B.   moral adalah aturan-aturan dalam perilaku, sedang norma adalah aturan-aturang perilaku yang disertai sangsi jika terjadi pelanggaran terhadap aturan tersebut
C.   moral adalah tindak tanduk yang dapat diterima oleh suatu masyarakat tertentu, sedang norma adalah hukum yang berlaku dalam suatu masyarakat tertentu
D.   moral adalah tingkah laku baik buruk manusia, sedang norma adalah pedoman baik buruk tingkah laku manusia

43.   Struktur hubungan yang dapat dijadikan contoh konsep struktur sosial budaya adalah ....
A.   petani-nelayan-pedagang-peternak
B.   guru-karyawan-pegawai-disekitar perusahaan
C.   presiden-menteri-rakyat-jaksa agung
D.   buruh-pimpinan perusahaan-administrasi perusahan pemasok bahan baku-pemasaran produk-pemakai produk

44.   Berikut ini dapat dijadikan sebagai contoh penggolongan lapisan penduduk berdasarkan ukuran kehormatan kedudukan ....
A.   ketua adat di tengah-tengah masyarakat tradisional
B.   seorang menteri dalam struktur pemerintah negara
C.   konglomerat dalam dunia bisnis
D.   seorang dosen dalam lingkungan kampus

45.   Lapisan sosial dikatakan bersifat terbuka bilamana ....
A.   anggota lapisan bebas keluar/ masuk lapisan lainnya
B.   setiap anggota suatu lapisan tertentu mempunyai kesempatan untuk masuk dan keluar pada tiap lapisan
C.   keanggotan lapisan masyarakat berubah-ubah secara fleksibel
D.   keanggotaan lapisan bersifat dinamis






46.   Contoh dampak interaksi sosial dalam bentuk kerjasama adalah ....
A.   ajakan rekonsiliasi pimpinan partai tertentu terhadap partai lain yang dianggap sebagai lawan politiknya
B.   penghentian pertikaian antara dua partai politik yang berseteru
C.   tersalurnya aspirasi partai politik tertentu pada partai lain
D.   bergabungnya partai politik dalam koalisi tertentu, koalisi kebangsaan, koalisi kerakyatan

47.   Keluarga merupakan inti kehidupan masyarakat, sebab ....
A.   di dalam keluarga akan tercermin tanggung jawab untuk menciptakan suasana aman, tenteram, damai dan sejahtera
B.   di dalam keluarga muncul tanggung jawab untuk menciptakan suasana aman, damai, dan sejahtera
C.   kehidupan keluarga jagad mikro dari kehidupan bermasyarakat dan bernegara sebagai jagad makro
D.   besar/kecil tanggung jawab setiap anggota keluarga dijadikan representasi dari besar kecilnya tanggung jawa setiap anggota masyarakat dan setiap warga negara

48.   Negara terbentuk karena adanya masyarakat. Masyarakat dalam konteks pernyataan tersebut pada ....
A.   sekumpulan orang yang memiliki cita-cita hidup sama
B.   sekelompok orang yang memiliki ideologi yang sama
C.   sekelompok rakyat yang terorganisasi
D.   kelompok rakyat yang memiliki tujuan hidup relatif sama
49.   Selain organisasi masyarakat yang terhimpun di dalam bentuk negara, di Indonesia terdapat sejumlah organisasi profesi tertentu berikut ini termasuk organisasi profesi, kecuali ....
A.   Ikatan Dokter Indonesia (IDI)
B.   Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI)
C.   Himpunan Sarjana Kesustraan Indonesia (HISKI)
D.   Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)





50.   Salah satu unsur penting terbentuknya suatu negara adalah ....
A.   masyarakat
B.   pemerintah
C.   presiden
D.   organisasi politik

51.   Organisasi pada hakikatnya memiliki peranan penting dalam menunjang ada tidaknya suatu negara. Organisasi yang dimaksud dalam pernyataan tersebut adalah organisasi ....
A.   keagamaan
B.   sosial
C.   kekuasaan
D.   kemasyarakatan

52.   Arti penting pemerintahan dalam suatu negara adalah ....
A.   Bahwa pemerintah merupakan sokoguru keberadaan suatu bangsa. Selain itu, pemerintah yang menjadi pemegang mandat kekuasaan negara
B.   Di dalam pemerintahan dipastikan ada kepala pemerintahanya/raja/presiden/ perdana menteri yang berkedudukan sebagai pemegang mandat kekuasaan negara. Pemerintah dengan kekuasaannya berhak memaksa rakyat untuk mematuhi peraturan negara. Tanpa peraturan negara akan kacau/bubar
C.   Pemerintahan berperan menjaga integritas wilayah suatu negara, dengan menggunakan instrumen kekuasaan berhak memberantas segala bentuk separatisme yang memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa
D.   bahwa pemerintahan diberi mandat oleh rakyat untuk menjalankan tugas-tugas kenegaraan
















53.   Bersama-sama dengan asas negara hukum dan asas semangat kekeluargaan, asas kedaulatan rakyat berperan dalam penyelenggaraan pemerintahan Indonesia. Peran dimaksud dapat dijelaskan berikut ini ....
A.   Asas kedaulatan rakyat mengandung pengertian bahwa kekuasaan tertinggi di tangan rakyat. Penyelenggara pemerintahan dipilih oleh rakyat, dan bertanggung jawab kepada rakyat
B.   Bahwa pemerintahan berperanan menjaga integritas wilayah suatu negara, pemerintah dengan menggunakan instrumen kekuasaan berhak memberantas segala bentuk separatsime yang memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa
C.   Bahwa pemerintahan diberi mandat oleh rakyat untuk menjalankan tugas-tugas kenegaraan
D.   Bahwa di dalam tubuh pemerintahan dapat dipastikan ada kepala pemerintahannya/raja/presiden/perdana menteri. Kepala pemerintahan ini pulalah yang berkedudukan sebagai pemegang mandat kekuasaan negara. Pemerintah dengan kekuasaannya berhak memaksa rakyat untuk mematuhi peraturan negara. Tanpa peraturan negara akan kacau/bubar

54.   Pemerintah negara Republik Indonesia menggunakan sistem kabinet campuran. Yang dimaksud dengan sistem kabinet campuran adalah ....
A.   Bahwa kabinet diangkat dan diberhentikan oleh presiden atas usulan parlemen. Para Menteri bertanggung jawab kepada presiden
B.   Bahwa kabinet dipilih dan diberhentikan oleh presiden atas persetujuan parlemen. Para menteri bertanggung jawab kepada presiden dan parlemen
C.   Bahwa kabinet dipilih dan diberhentikan oleh presiden, sedangkan presiden adalah mandataris MPR
D.   Bahwa kabinet dibentuk oleh parlemen. Akan tetapi dalam melaksanakan tugas, para menteri bertanggung jawab kepada presiden







55.   Etnosentrisme merupakan sumber konflik yang masuk dalam kategori ....
A.   dominasi dan hegemoni satu suku atas suku lainnya
B.   superioritas satu suku atas suku lainnya
C.   dendam kesukuan antar suku bangsa yang laten dan berkepajangan karena perbedaan adat-istiadat
D.   persaingan satu suku atas suku lainnya karena perbutan lapangan kerja/mata pencaharian
56.   Norma menjadi teramat penting di dalam kehidupan bermasyarakat, sebab ....
A.   norma dapat mencegah seseorang untuk berbuat sesuatu yang diperbolehkan masyarakat
B.   dengan adanya norma, kehidupan di tengah-tengah masyarakat akan menjadi harmonis
C.   norma dapat menjadikan seseorang menghormati orang lain di dalam masyarakat
D.   norma dapat menjadi instrumen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat

57.   Di dalam kehidupan bermasyarakat, disamping norma hukum, juga berlaku norma kesopanan. Implementasi norma kesopanan lebih bersifat ....
A.   normatif-implementatif
B.   prefentif-kuratif
C.   definitif-kondifikatif
D.   subjektif-relatif

58.   Contoh norma kesopanan dapat kita temukan pada ilustrasi di bawah ini ....
A.   dikalangan keluarga Minang Kabau yang berhak mendapatkan hak atas harta pusaka warisan orang tua adalah anak perempuan
B.   kita tidak diperbolehkan memotong pembicaraan orang tua pada saat dia belum selesai berbicara
C.   seseoran akan dihukum mati manakala ia berkedapatan membawa obat bius (narkotika, morfin, atau heroin) dalam jumlah/bobot tertentu
D.   setelah masa-masa muda dihabiskan dalam gelimang dosa, pada hari tuanya dia bertobat dan meninggal dalam kondisi chusnul khotimah





59.   Hak dan kewajiban warga negara perlu mendapatkan jaminan hukum sebab ....
A.   jaminan hukum memberikan perimbangan antara menerima hak dan menjalankan kewajiban
B.   hukum menjamin seseorang untuk menerima han dan menyatakan hak secara proporsional
C.   hukum memperlancar mekanisme untuk mendapatkan hak dan menjalankan kewajiban
D.   hukum memberikan kewenangan kepada seseorang untuk mendapatkan/menerima hak dan sebaliknya hukum mewajibkan seseorang untuk melaksanakan kewajiban

60.   Representasi kewajiban menjunjung hukum dan pemerintahan dapat kita temukan dalam contoh berikut ini ....
A.   membayar pajak tepat pada waktunya
B.   mengikuti latihan dasar bela negara
C.   bekerja sama dengan aparat penegak hukum untuk memberantas penyelundupan
D.   ikut menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan

No comments:

Post a Comment