TUGAS MANDIRI
MANAJEMEN KOPERASI
(PEKO3402)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 36, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan,
pengkoordinasian dan pengawasan merupa-kan
A. fungsi manajemen.
B. sarana manajemen.
C. inti dan hakikat manajemen.
D. peranan manajemen.
2. Manajemen koperasi adalah ilmu atau suatu
usaha dengan cara memadukan, mengkom-binasikan dan mengoperasikan faktor-faktor
produksi, seperti manusia, unit-unit usaha dan modal secara efisien dengan
memilih unit usaha yang efektif untuk mensejahterakan anggota dan masyarakat
sekitarnya secara berkesinambungan. Pengertian manajemen koperasi tersebut dikemukakan
oleh
A. G. R. Terry.
B. Alex Dasuki.
C. A. H. Gopar.
D. I. L. O.
3. Struktur Organisasi Koperasi

A. ® P
= pengurus; Q = manajer; R = rapat anggota, S = pengawas.
B. ® P
= rapat anggota; Q = pengurus; R = pengawas, S = manajer.
C. ® P
= manajer; Q = rapat anggota; R = pengurus, S = pengawas.
D. ® P
= pengawas; Q = manajer; R = rapat anggota, S = pengurus.
4. Dalam organisasi koperasi, rapat anggota
merupakan kekuasaan tertinggi, manajer koperasi merupakan pimpinan karyawan
yang diserahi tugas untuk mengelola dan menjalankan usaha. Dalam mengelola dan
menjalankan usaha, manajer akan bertanggungjawab kepada
A. pengawas.
B. kepala unit.
C. rapat anggota.
D. pengurus.
5. Berikut ini merupakan fungsi dekopin, kecuali
A. sebagai sokoguru perekonomian Indonesia dalam
mewujudkan demokrasi ekonomi.
B. sebagai alat perjuangan koperasi dalam
meningkatkan kesejahteraan rakyat.
C. sebagai alat pendemokrasian nasional, paling
tidak dalam koperasi itu sendiri.
D. sebagai juru bicara gerakan koperasi, baik
dengan pemerintah maupun dengan masyarakat.
6. Salah satu perbedaan antara koperasi primer
dan koperasi sekunder adalah
A. anggota koperasi primer adalah orang-orang,
sedangkan koperasi sekunder beranggotakan koperasi-koperasi yang telah berbadan
hukum.
B. landasan idiil koperasi primer adalah
Pancasila sedangkan koperasi sekunder mempunyai landasan idiil UUD 1945.
C. tujuan koperasi primer adalah meningkatkan
kesejahteraan anggota sedangkan tujuan koperasi sekunder meningkatkan
kesejahteraan masyarakat.
D. rapat anggota koperasi primer dilaksanakan
tiap tahun, sedangkan untuk koperasi sekunder tiap 3 tahun.
7. Dalam sebuah koperasi terjadi perselisihan
atau perbedaan pendapat tentang pembagian sisa hasil usaha (SHU), sebagian
anggota menghendaki bagian SHU untuk anggota sebesar 40%, dan sebagian lain
menghendaki 60%. Menurut pendapat saudara, siapakah yang berhak memutuskan
besar kecilnya pembagian SHU
A. pengurus.
B. pengawas.
C. rapat anggota.
D. menejer.
8.

Berdasarkan
diagram tersebut, yang ter-masuk koperasi sekunder adalah
A. koperasi Q & S.
B. koperasi PQ . S.
C. koperasi P & S.
D. koperasi R & S.
9. Landasan struktural koperasi Indonesia adalah
A. UU no 12 th 1967.
B. UU no 25 th 1992.
C. Pancasila.
D. UUD 1945.
10. Berikut ini, merupakan prinsip-prinsip koperasi Indonesia
berdasarkan UU no 12 tahun 1967, kecuali
A. penjualan dilakukan sepenuhnya atas dasar tunai.
B. sifat keanggotaan sukarela dan terbuka untuk setiap warganegara.
C. usaha dan ketatalaksanaan bersifat terbuka.
D. adanya pembatasan atas bunga modal.
11. Salah satu sendi dasar koperasi menurut UU no 12 th 1967 adalah
swadaya, swakarta dan swasembada sebagai pencerminan daripada prinsip dasar
percaya pada diri sediri. Yang dimaksud dengan swasembada adalah dalam memenuhi
kebutuhan didasarkan atas
A. hasil karya sendiri.
B. kemampuan sendiri.
C. kekuatan sendiri.
D. kepercayaan sediri.
12. Salah satu sendi dasar koperasi menurut UU no 12 tahun 1967 adalah
adanya pembatasan bunga atas modal. Hal ini mengandung pengertian bahwa
A. cadangan diberikan bunga sesuai dengan bunga bank yang berlaku.
B. modal pinjaman dari pihak ketiga, diberikan bunga di bawah tingkat
suku bunga yang berlaku.
C. simpanan pokok tidak diberi bunga sama sekali atau dapat diberi
bunga, tetapi di bawah suku bunga yang berlaku.
D. simpanan sukarela tidak diberi bunga.
13. Berikut ini merupakan manfaat atau pentingnya koperasi kredit atau
koperasi simpan pinjam, kecuali
A. dapat memberikan pelayanan perkreditan yang mudah dan murah.
B. mendidik orang/ anggota agar suka menabung (menyimpan).
C. mendidik orang/ anggota menggunakan uang pinjaman untuk tujuan
yang bermanfaat.
D. mendidik orang/ anggota agar mereka gemar meminjam.
14. Berikut ini merupakan usaha-usaha yang dilakukan koperasi
produksi, kecuali
A. mengadakan pembelian barang konsumsi keperluan sehari-hari.
B. mengadakan pembelian bersama bahan-bahan dan alat-alat untuk
keperluan produksi.
C. penjualan bersama barang-barang hasil anggota.
D. memproduksi bersama bahan-bahan yang diperlukan oleh anggota.
15. Berikut ini merupakan manfaat untuk perencanaan bagi organisasi
koperasi, kecuali
A. sebagai pedoman pengawasan agar pelaksanaan sesuai dengan tujuan.
B. sebagai alat memperlancar pendele-gasian kekuasaan, karena adanya
kebijakan, prosedur dan jadwal yang telah ditentukan.
C. sebagai tindakan untuk pembagian tugas dan pendelegasian kekuasaan
serta penetapan orang-orang yang menduduki jabatan tertentu.
D. sebagai alat untuk memperoleh efisiensi.
16. Pada akhir tahun buku, para kepala unit suatu koperasi menyusun
suatu usulan kegiatan untuk tahun mendatang. Usulan tersebut disampaikan kepada
kepala bagian, untuk selanjutnya disampaikan ke manajer. Oleh manajer usulan
tersebut digunakan sebagai bahan untuk membuat perencanaan yang disusun bersama
pengurus, selanjutnya rencana tersebut dibahas dan diserahkan dalam rapat
anggota. Penyusunan rencana tersebut menggunakan pendekatan
A. up to date.
B. top down.
C. out of date.
D. bottom up.
17. Agar dapat berhasil para karyawan koperasi perlu diberikan
motivasi sehingga mereka bersedia bekerja secara sungguh-sungguh dalam
menjalankan usaha koperasi. Orang yang bertanggungjawab memotivasi
keber-hasilan para karyawan dalam menjalankan tugasnya adalah
A. pengurus.
B. manajer.
C. pengawas.
D. dewan penasehat.
18. Salah satu tugas pengurus koperasi adalah memberikan pengawasan
terhadap manajer. Untuk melaksanakan pengawasan terhadap kinerja manajer maka
pengurus hendaknya
A. meminta manajer menyerahkan laporan secara periodik.
B. meminta manajer menyerahkan rencana kegiatan usaha.
C. meminta karyawan untuk ikut mengawasi manajer.
D. meminta karyawan untuk mencari kesalahan manajer.
19. Koperasi dikatakan berhasil apabila koperasi tersebut mampu
memenuhi sehat organisasi, sehat usaha dan sehat mental. Salah satu ukuran
sehat usaha ditunjukkan oleh
A. adanya kejujuran dan keadilan pengurus dan anggota.
B. tidak hanya berfikir kebendaan, tetapi menempatkan nilai
kemanusiaan dan sosial diatas nilai kebendaan.
C. dapat dicapai tingkat efisiensi tertentu yang sesuai dengan
rencana untuk memperpendek arus barang antara produsen dan konsumen.
D. adanya kesadaran anggota untuk mentaati anggaran dasarnya.
20. Dilihat dari segi badan usaha, pengelolaan usaha koperasi tidak
berbeda dengan perseroan terbatas atau perusahaan negara. Perbedaannya terletak
pada pembagian laba. Pada koperasi, laba atau sisa hasil usaha
A. kembali ke anggota berdasarkan besar kecilnya modal.
B. kembali ke anggota berdasarkan jasa masing-masing.
C. kembali ke masyarakat berdasar peran masyarakat yang terjadi.
D. kembali ke pengurus berdasarkan berat ringannya tugas.
21. Dilihat dari segi ekonomi koperasi maupun badan usaha non koperasi
adalah sama-sama sebagai badan usaha. Perbedaan pelak-sanaan manajemen koperasi
dibandingkan dengan perusahaan non koperasi disebabkan manajemen koperasi
mengikuti falsafah
A. memberikan bantuan sebanyak-banyaknya kepada anggota.
B. mencari keuntungan atau sisa hasil usaha yang sebesar-besarnya.
C. dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota.
D. dari pemerintah untuk anggota dan masyarakat.
22. Hingga kini, koperasi Indonesia belum dapat dijadikan sebagai
sokoguru perekonomian nasional. Untuk dapat dijadikan sokoguru perekonomian
nasional diperlukan persya-ratan bahwa koperasi hendaknya dijadikan
A. sebagai lembaga swasta sehingga bebas berusaha dan bebas bergerak.
B. sebagai pranata sosial agar masyarakat mendukung koperasi sebagai
gerakan nasional.
C. sebagai pranata negara, sehingga semua diatur dan dikelola oleh
negara.
D. sebagai lembaga sosial, yang selalu membantu kesulitan para
anggota dan masyarakat.
23. Salah satu wewenang pengurus koperasi yang bersumber dari
peraturan atau anggaran dasar adalah
A. menjual harta milik koperasi untuk kepentingan usaha koperasi.
B. menjadi anggota pengawas koperasi yang bersangkutan.
C. menjadi manajer koperasi yang bersangkutan.
D. mengadakan kontrak dengan pihak lain untuk memajukan usaha.
24. Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang berwatak sosial. Adapun
peranan sosial koperasi ditunjukkan oleh
A. koperasi memberikan bantuan kepada para anggota dan masyarakat.
B. koperasi memberikan perlindungan keamanan kepada anggota.
C. koperasi memberikan pelayanan kepada anggota.
D. koperasi memberikan pelayanan kepada anggota dan masyarakat.
25. Sebagai badan usaha, koperasi dapat bertindak sebagai lembaga
niaga. Adapun peran koperasi sebagai lembaga niaga adalah
A. menjual barang-barang kebutuhan anggota pada waktu harga tinggi.
B. melaksanakan pembelian barang-barang dengan harga
serendah-rendahnya.
C. memperlancar arus barang dan jasa sehingga menguntungkan anggota
dan masyarakat.
D. memberikan pinjaman modal kerja tanpa bunga.
26. Berikut ini merupakan kegiatan yang dapat dilakukan oleh manajer
koperasi, kecuali
A. mengadakan kontrak penjualan.
B. mengubah prosedur kerja.
C. merangkap jabatan pengurus.
D. mengadakan pengawasan.
27. Ada suatu koperasi yang kegiatan usahanya berkembang pesat, namun
belum memiliki manajer. Tugas-tugas manajer dilaksanakan oleh pengurus. Namun
demikian, pengurus tersebut sebenarnya kurang mampu menjalankan tugas sebagai
manajer. Adapun langkah yang perlu diambil adalah
A. membebaskan tugasnya sebagai manajer dan menetapkan kembali
sebagai pengurus.
B. mengurangi tugasnya sebagai manajer dan tetap merangkap sebagai
pengurus.
C. menambah pengurus yang merangkap sebagai manajer.
D. membebaskan tugas sebagai manajer maupun pengurus.
28. Dalam setiap organisasi, terjadi pende-legasian tugas dan wewenang
kepada bawahan. Maksud dan tujuan pendelegasian tugas dan wewenang tersebut
adalah
A. mengurangi beban tugas pimpinan dalam kegiatan operasional.
B. menciptakan pembagian kerja dan tanggungjawab yang seimbang.
C. memberikan kewenangan penuh kepada bawahan.
D. menyiapkan bawahan untuk dipromosikan sebagai pimpinan.
29. Dalam rangka meningkatkan prestasi kerja manajer, kegiatan yang
perlu dilakukan adalah
A. mengadakan pelatihan dasar akuntansi dan pemasaran.
B. mengadakan pelatihan AMT(Achevement Motivation Training).
C. menambah upah atau gaji manajer.
D. meningkatkan pengawasan secara terus-menerus.
30. Sumber dana atau modal koperasi dapat dibedakan menjadi modal
sendiri dan modal pinjaman. Berikut ini merupakan modal sendiri, kecuali
A. simpanan sukarela.
B. simpanan wajib.
C. simpanan pokok.
D. cadangan dari SHU.
31. Salah satu perbedaan antara simpanan pokok dengan simpanan wajib
adalah
A. simpanan pokok tidak dapat diminta kembali, sedangkan simpanan
wajib dapat ditarik kembali semasa yang bersangkutan masih menjadi anggota.
B. simpanan pokok ditarik satu kali, sedangkan simpanan wajib ditarik
ditarik secara periodik.
C. simpanan pokok jumlahnya berbeda-beda, sedang simpanan wajib
jumlahnya sama.
D. simpanan pokok dapat diangsur, sedang simpanan wajib dibayar
tunai.
32. Untuk menjamin kontinuitas usaha koperasi, dalam memilih sumber
dana perlu memperhatikan likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas. Yang
dimaksud likuiditas adalah kemampuan koperasi untuk
A. memenuhi kewajiban seluruh kewajiban pembayaran yang jatuh tempo.
B. memenuhi kewajiban jangka pendek yang jatuh tempo.
C. menghasilkan atau memperoleh laba.
D. memberi pelayanan yang sebaik-baiknya.
33. Yang dimaksud solvabilitas adalah
A. kemampuan untuk memenuhi kewajiban seluruh kewajiban pembayaran.
B. kemampuan untuk memenuhi jangka pendek yang jatuh tempo.
C. kemampuan untuk menghasilkan laba atau keuntungan.
D. kemampuan untuk memberikan pela-yanan yang sebaik-baiknya.
34. Perkiraan atau rencana seluruh penerimaan dan pengeluaran uang
dalam rangka membiayai kegiatan usaha yang telah direncanakan disebut
A. budget produksi.
B. budget umum.
C. budget keuangan.
D. budget penjualan.
35. Penjualan secara kredit perlu dikelola secara baik melalui
manajemen piutang. Adapun tujuan manajemen piutang adalah
A. membatasi penjualan secara kredit dan memperkecil kemungkinan
resiko dari penjualan secara kredit.
B. meningkatkan penjualan secara kredit dan memperkecil kemungkinan
resiko dari penjualan secara kredit.
C. membatasi penjualan secara tunai dan menambah penjualan secara
kredit.
D. meningkatkan penjualan secara tunai, dan memperkecil penjualan
secara kredit.
36. Manajer koperasi dalam melaksanakan tugas mempunyai hak dan
kewajiban. Berikut ini merupakan kewajiban manajer koperasi, kecuali
A. membuat rencana kerja serta anggaran belanja.
B. mengelola usaha semua unit-unit yang ada di koperasi.
C. mengikuti pendidikan, guna mening-katkan kemampuan dan
keterampilannya.
D. menyelenggarakan administrasi usaha koperasi secara tertib dan
teratur.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 37 SAMPAI DENGAN 44,
PILIHLAH!
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
37. Menurut Undang Undang Koperasi No 12 tahun 1967 maupun No 25 tahun
1992, disebutkan bahwa koperasi merupakan organisasi ekonomi rakyat ataupun
badan usaha.
sebab
Tujuan koperasi adalah untuk mencari keuntungan atau
laba sehingga anggota-anggotanya semakin sejahtera.
38. Unsur-unsur organisasi koperasi meliputi anggota bersedia
bekerjasama, mempunyai kepentingan ekonomis yang sama, mempunyai tujuan yang
sama serta pengelolaan organisasi dilakukan secara bersama.
sebab
Organisasi
koperasi didirikan oleh pemerintah dan digunakan untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat.
39. Prinsip-prinsip Rochdale merupakan sumber bagi sendi-sendi atau
prinsip koperasi Indonesia.
sebab
Prinsip-prinsip
Rochdale merupakan peraturan yang disusun oleh anggota koperasi kredit di
Jerman, dimana prinsip-prinsip tersebut mengikat dan dipatuhi oleh semua
anggota.
40. Perencanaan merupakan serangkaian tindakan tentang apa yang akan
dilakukan, bagaimana mengerjakannya, dimana kegiatan itu dilakukan serta siapa
yang bertanggungjawab pelaksanaannya.
sebab
Perencanaan
yang baik, ditandai oleh: penjelasan tentang kegiatan yang diperlukan, kegiatan
yang harus dikerjakan, alasan dan tujuan yang akan dicapai, fasilitas yang
tersedia serta standar waktu kapan akan dimulai dan kapan kegiatan itu selesai.
41. Kebijakan dan strategi pada hakekatnya merupakan suatu
perencanaan; dimana keduanya merupakan jenis perencanaan.
sebab
Kebijakan
merupakan tindakan untuk mengambil keputusan, sedangkan strategi merupakan
rencana yang dibuat untuk mengatasi kesulitan atau kasus.
42. Koperasi adalah organisasi dari, oleh dan untuk anggota sehingga
kekuasaan tertinggi berada di tangan rapat anggota.
sebab
Pengurus
dan pengawas dipilih oleh anggota dan bertindak untuk dan atas nama anggota.
43. Bagi koperasi, keuntungan bukan merupakan tujuan utama, walaupun
keuntungan tersebut penting untuk dana cadangan dan untuk mempertahankan
kelangsungan usaha.
sebab
Koperasi
sebagai badan usaha yang berorientasi kemasyarakatan, mengingat koperasi
merupakan organisasi ekonomi yang berwatak sosial.
44. Dalam menjalankan tugas mengelola usaha dan organisasi, manajer
koperasi bertanggungjawab kepada pengurus.
sebab
Manajer
koperasi, diangkat dan diberhentikan oleh pengurus.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 45 SAMPAI 70, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
45. Unsur-unsur yang terkandung dalam setiap manajemen meliputi
1) proses atau kegiatan
2) tujuan tertentu yang hendak dicapai
3) kerjasama dengan orang lain
46. Kegiatan perencanaan mempunyai hubungan yang sangat erat dengan
kegiatan pengawasan atau controlling. Adapun tujuan yang ingin dicapai
kegiatan pengawasan adalah
1) agar kegiatan pelaksanaan sesuai dengan rencana yang ditetapkan
2) untuk menemukan kesalahan atau penyimpangan yang terjadi
3) untuk mencegah secara dini terjadinya penyimpangan
47. Koperasi sebagai badan usaha pada dasarnya kegiatan yang dilakukan
tidak berbeda dengan badan usaha non (bukan) koperasi. Namun demikian
masing-masing badan usaha memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang
lainnya. Berikut ini, yang termasuk karakteristik organisasi koperasi adalah
1) swadaya (self help)
2) memiliki struktur terbuka
3) memiliki anggota aktif dan pasif
48. Rapat anggota merupakna kekuasaan tertinggi pada koperasi, dapat
merupakan dalam wujud
1) pengurus dan pengawas dipilih dan diberhentikan oleh anggota dalam
rapat anggota
2) laporan pertanggungjawaban pengurus disahkan oleh anggota dalam
rapat anggota
3) dalam rapat anggota, setiap anggota mempunyai hak yang sama, untuk
menyampaikan usul, saran dan pendapat
49. Dasar pertimbangan yang digunakan untuk menentukan pembentukan
penggabungan atau tingkatan koperasi adalah
1) kebutuhan
2) besarnya modal
3) efisiensi
50. Landasan Koperasi Indonesia terdiri atas landasan idiil,
struktural dan mental. Yang termasuk landasan mental adalah
1) gotong royong
2) setia kawan
3) kesadaran berpribadi
51. Yang termasuk prinsip koperasi menurut prinsip-prinsip Rochdale
adalah
1) keanggotaan secara terbuka dan sukarela
2) nertal terhadap agama dan politik
3) pengawasan oleh anggota secara demokratis
52. Dalam rangka meningkatkan produksi dan kehidupan rakyat di daerah
pedesaan, Pemerintah menganjurkan pembentukan Koperasi Unit Desa (KUD). Adapun
fungsi KUD adalah
1) penyediaan dan penyaluran sarana produksi pertanian
2) pengolahan dan pemasaran hasil pertanian
3) perkreditan dan pelayanan jasa-jasa lainnya
53. Setiap organisasi memiliki ciri-ciri tertentu. Adapun ciri-ciri
suatu organisasi adalah
1) adanya kelompok orang
2) bekerjasama secara dinamis
3) adanya hak, kewajiban dan tanggung jawab
54. Dalam usaha mencapai tujuan secara maksimal, semua unsur
organisasi koperasi perlu dikoordinasikan. Kegiatan-kegiatan yang merupakan
perwujudan fungsi koordinasi adalah
1) pertemuan resmi antara menajer dan karyawan secara periodik
2) membuat buku pedoman tugas masing-masing bagian
3) pertemuan rutin antara pengurus dan pengawas
55. Pengawasan pada koperasi dapat dilakukan dengan pengawasan
internal dan pengawasan eksternal. Pengawasan internal dilakukan oleh pengawas,
sedangkan pengawasan eksternal dilakukan oleh
1) Pusat Koperasi atau Koperasi Sekunder
2) Dikopinda atau Dekopriwil
3) Departemen Koperasi-koperasi dan Pengusaha Kecil setempat
56. Salah satu ukuran untuk menilai keberhasilan koperasi adalah sehat
organisasi. Berikut ini yang termasuk ukuran untuk menilai sehat organisasi
koperasi adalah
1) adanya kesadaran anggota untuk memiliki dan berpartisipasi dalam
kegiatan koperasi
2) usahanya berjalan kontinyu dan setiap akhir tahun terdapat
keuntungan atau sisa hasil usaha
3) ketiga alat organisasi, yakni rapat anggota, pengurus dan pengawas
dapat melaksanakan tugas dengan baik
57. Dalam pengembangannya, ternyata koperasi di Indonesia masih banyak
menghadapi berbagai masalah. Berikut ini
yang termasuk masalah yang dihadapi koperasi di Indonesia adalah
1) kurangnya campur tangan pemerintah dalam pengelolaan usaha
2) terjadinya pergeseran nilai-nilai dalam masyarakat yang mempengaruhi derajat kepentingan usaha
bersama
3) koperasi belum mempunyai daya tarik yang kuat sebagai lapangan
kerja yang profesional
58. Hingga dewasa ini banyak anggota masyarakat yang masih segan atau
tida bersedia menjadi anggota koperasi. Adapun sebab-sebabnya antara lain
1) kesadaran mesyarakat terhadap manfaat koperasi masih kurang
2) adanya berbagai kegagalan koperasi yang disebabkan karena ulah dan
tingkah laku pengurus
3) adanya keraguan bahwa koperasi akan dapat membawa kemakmuran dan
kesejahteraan bersama
59. Dalam pelaksanaan manajemen koperasi, khususnya dalam manajemen
usaha koperasi banyak terjadi hal-hal yang berlawanan atau bersifat paradoks.
Keadaan tersebut bersumber dari
1) secara ideal koperasi ingin memberikan pelayana yang
sebaik-baiknya kepada anggota
2) sebagai perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi harus dapat
berusaha seefisien mungkin sehingga diperoleh keuntungan
3) sebagai sokoguru perekonomian koperasi sebagai satunya sektor
ekonomi Indonesia
60. Koperasi sebagai organisasi memiliki dua sisi yakni sebagai
perusahaan dan sebagai perkumpulan orang-orang. Sebagai perusahaan, koperasi
melaksanakan kegiatan usaha untuk
1) memenuhi kebutuhan anggota sesuai bidangnya
2) mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya
3) mendapatkan kelebihan pendapatan atas biaya-biaya tanpa
mengorbankan pelayanan
61. Idealnya setiap koperasi mengangkat manajer, namun kenyataannya
tidak semua koperasi telah memiliki manajer. Adapun faktor-faktor yang
mempengaruhi perlu tidaknya manajer adalah
1) potensi daerah
2) volume usaha
3) fasilitas pemrintah
62. Pengurus yang merangkap manajer, dapat ditetapkan sebagai manajer
apabila
1) memiliki kemampuan dalam menjalankan tugas
2) memenuhi persyaratan minimal
3) kesulitan mencari calon dari luar
63. Kerjasama atau koordinasi antar sesama pengurus, sesama kepala
unit, sesama kepala bagian, sesama wakil manajer, yang terjadi dalam koperasi,
merupakan
1) koordinasi vertikal
2) koordinasi horizontal
3) koordinasi intern
64. Kerjasama atau koordinasi yang dilakukan sesama manajer, antar
pengurus yang terjadi antara koperasi satu dengan koperasi lainnya merupakan
1) koordinasi horizontal
2) koordinasi intern
3) koordinasi ekstren
65. Cara-cara yang perlu dilakukan menajer untuk mempertahankan
pemasaran yang mampu bersaing dengan pihak lain, antara lain
1) melakukan kegiatan sale promotion
2) meningkatkan atau mempertahankan kualitas produk
3) menetapkan harga penjualan produk secara tepat
66. Dalam melakukan pengawasan secara periodik manajer perlu
menetapkan titik berat bidang yang akan diawasi dan diperiksa. Bidang pengawasn
tersebut dititikberatkan pada
1) uang tunai dalam kas dan bank
2) jumlah dan mutu barang
3) tingkat efisiensi dan mutu pemasaran
67. Fungsi manajemen pembelanjaan suatu badan usaha adalah
1) mengadakan pencatatan secara tertib pembelanjaan perusahaan
koperasi yang berlangsung dalam satu tahun anggaran
2) usaha yang dilakukan badan usaha untuk mendapatkan dana sebagai
sumber penerimaan badan usaha
3) usaha yang dilakukan badan usaha untuk menggunakan atau mengelola
dana-dana secara efektif dan efisien
68. Besar kecilnya kebutuhan modal kerja koperasi atau perusahaan
dipengaruhi oleh
1) lamanya perputaran barang yang dihasilkan
2) jumlah barang yang dihasilkan
3) banyaknya pengeluaran kas setiap hari
69. Salah satu hak manajer koperasi adalah mendapatkan gaji atau
penghasilan yang layak sesuai prestasi yang dicapai. Hak manajer tersebut
berupa
1) gaji minimum yang diterima secara periodik
2) insentif, sebagai perangsang kerja
3) jasa tahunan, berdasarkan prosentase tertentu dari SHU
70. Apabila pengurus merasa curiga terhadap prestasi manajer, maka
langkah yang perlu diambil pengurus adalah
1) membatasi atau melokalisasi secara intern
2) mencari imformasi sebanyak-banyaknya untuk mengetahui benar
tidaknya kecurigaan tersebut
3) memanggil dan meminta pertanggung-jawaban manajer
No comments:
Post a Comment