Cloud Hosting Indonesia

27 March, 2014

Soal sistem informasi manajemen dan pengambilan keputusan



TUGAS MANDIRI
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
(PEKO4112)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 37,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Pada hakekatnya suatu sistem informasi merupakan ....           
A.   suatu kombinasi yang terorganisasi dari orang, perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan komunikasi, serta sumber data dengan maksud untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi
B.   serangkaian aktivitas yang dilakukan sebuah organisasi dengan tujuan untuk mengolah masukan (input) menjadi keluaran (output)
C.   Saling keterkaitan antarelemen organisasi dalam mengumpulkan dan mengolah fakta dan data untuk mendukung kelancaran organisasi
D.   proses pengolahan informasi berbantuan komputer dengan tujuan untuk menyajikan data secara tepat dan cepat

2.   Di bawah ini yang merupakan pengertian sistem informasi manajemen (sim) adalah ....
A.   sistem perancangan dan pengolahan informasi berbantuan komputer untuk memenuhi kebutuhan pengambilan keputusan
B.   sistem manusia dan mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi
C.   perpaduan antar hardware dan software untuk mengolah dan menyajikan informasi ke seluruh bagian dalam sebuah organisasi
D.   sistem pengolahan informasi secara manual dengan tujuan memilah-milah informasi tersebut berdasarkan kepentingannya pada setiap level manajemen
     
3.   Pengolahan informasi untuk perencanaan operasional dan pengendalian diperlukan pada level manajemen ....
A.   tingkat atas (top manajemen)
B.   tingkat menengah (middle management)
C.   tingkat bawah (low management)
D.   tingkat operasional

4.   Sistem informasi fungsional yang dikembangkan dalam pemasaran, produksi, dan bidang lainnya didukung oleh tiga subsistem yang sama yaitu ....
A.   perancanaan sistem, analisis sistem, dan pengendalian operasi
B.   perencanaan, pengolahan, dan pengendalian
C.   database, software, dan hardware
D.   input, database, dan output

5.   Jenis informasi yang paling dibutuhkan oleh pimpinan puncak sebuah organisasi adalah informasi untuk ....
A.   keputusan perencanaan taktis
B.   pengendalian organisasi
C.   pengambilan keputusan kebijakan strategis
D.   keperluan pelaksanaan operasional sehari-hari

6.   Penggunaan teori dan konsep-konsep manajemen dalam SIM adalah untuk ....
A.   membantu meningkatkan perilaku para manajer dalam mengorganisasikan komputer agar diperoleh pemecahan yang memuaskan
B.   menganalisis persoalan-persoalan organisasi secara matematis
C.   memperkaya penyajian informasi yang diperlukan bagi pengambilan keputusan
D.   memperjelas persoalan yang dihadapi organisasi sehingga memudahkan pemecahan masalah

7.   Perukunan manajerial yang berkaitan dengan pengaturan biaya dan anggaran berorientasi pada ....
A.   kepentingan penanam modal
B.   kebutuhan lembaga pemberi kredit
C.   manajemen intern dan pengendalian
D.   kualitas laporan keuangan organisasi

8.   Software dalam sebuah komputer merupakan ....
A.   data
B.   informasi
C.   alat
D.   instruksi

9.   Di bawah ini yang mengajukan model/sistem manusia sebagai pengolah informasi adalah ....
A.   Gordan B. Davis
B.   Harold A. Frederick
C.   Joel E. Ross
D.   Henry C. Lucas Jr

10.   Bahan baku informasi adalah ....
A.   laporan
B.   keputusan
C.   data
D.   harapan

11.   Gagasan yang mendasari pemakaian istilah informasi dalam hubungannya dengan sistem informasi adalah ....
A.   memecahkan masalah
B.   menentukan harapan
C.   memperjelas persoalan
D.   memperkaya penyajian

12.   Bagian yang paling penting dalam fungsi dasar sistem informasi, adalah ....
A.   informasi dari hasil pengolahan data
B.   proses pengolahan data
C.   pemakaian yang menginterpretasikan informasi
D.   pengumpulan data

13.   Pada tingkat semantik komunikasi informasi berkaiatan dengan permasalahan ....
A.   seberapa tepat simbol-simbol yang disalurkan menjadi berarti
B.   seberapa akurat suatu informasi dapat disalurkan
C.   seberapa cocok pesan tersebut sebagai motivasi tindakan manusia
D.   seberapa terukur suatu informasi dapat disalurkan

14.   Proses penguraian kembali pesan oleh sebuah penerima agar pesan tersbeut dapat dipahami oleh sipenerima disebut ....
A.   encoded
B.   decoded
C.   distorsi
D.   entropi

15.   Gangguan yang tidak menentu dan tidak terduga dalam proses komunikasi disebut ....
A.   distorsi
B.   bising
C.   reduksi
D.   redundansi




16.   Fungsi entropi dalam matematis komunikasi dimaksudkan untuk ....
A.   mengurangi keraguan dan ketidaktentuan
B.   mengukur keteracahan
C.   mengkaji elemen informasi yang tidak diperlukan
D.   pengendalian kesalahan

17.   Informasi dibutuhkan karena mengambil keputusan harus menentukan apa yang akan dilakukan, artinya ....
A.   informasi memiliki nilai kejutan
B.   dengan informasi dapat mengurangi keraguan
C.   tidak semua data yang dikomunikasikan mempunyai nilai informasi
D.   informasi merupakan bahan pertimbangan dalam menentukan suatu pilihan

18.   Redundan sangat bermanfaat dalam komunikasi karena dapat ....
A.   memperjelas apa yang dikomunikasikan
B.   memiliki nilai kebenaran
C.   bersifat menguraikan data
D.   mempersingkat proses penyampaian pesan

19.   Dalam keadaan di bawah tekanan, data sebagai bahan untuk diolah menjadi informasi biasanya cenderung ....
A.   tetap
B.   bertambah
C.   berkurang
D.   berfluktuasi

20.   Kapasitas memory jangka panjang pada manusia bersifat ....
A.   terbatas
B.   tak terbatas
C.   stabil
D.   tidak stabil

21.   Cara khusus seseorang dalam memandang persoalan untuk penyelesaian masalahnya disebut ....
A.   ruang persoalan
B.   lingkungan tugas
C.   gugus problematika
D.   pengendalian informasi








22.   Di bawah ini yang merupakan konsep pematokan dan penyesuaian dalam strategi pengolahan informasi adalah ....
A.   menetapkan acuan dan melakukan penyesuaian dalam mengambil kesimpulan
B.   penentuan prosedur baku dalam memproses informasi
C.   mengukur dan menyesuaikan data mentah sebagai pasokan bagi pengambilan keputusan
D.   mengembangkan panduan tentang mekanisme penjaringan data

23.   Saling keterkaitan dan interaksi antar subsistem disebut ....
A.   unit
B.   interface
C.   saluran
D.   sempadan

24.   Sistem tertutup adalah sistem yang ....
A.   mendasarkan pada ego centris
B.   bereaksi dengan lingkungan
C.   tidak bereaksi dengan lingkungan
D.   bereaksi secara leluasa

25.   Sebuah sistem yang sudah pasti opensi dan hasilnya sehingga dapat diramal secara tepat disebut sistem ....
A.   deterministik
B.   probabilistik
C.   tertutup
D.   terbuka

26.   Dalam suatu sistem terdapat hubungan dimana sifat dari obyek-obyeknya saling memperkuat, hal ini disebut hubungan yang bersifat ....
A.   tertutup
B.   terbuka
C.   sinergistik
D.   fleksible

27.   Untuk mempermudah penganalisisan sebuah sistem yang terlalu besar dan rumit harus dilakukan proses ....
A.   factoring
B.   decoding
C.   encoding
D.   transforming

28.   Jalur umpan balik informasi memberikan gambaran ....
A.   rencana SIM
B.   penerapan program
C.   prinsip-prinsip SIM dapat dikembangkan
D.   prinsip-prinsip SIM dapat diperluas

29.   Salah satu manfaat sistem umpan balik adalah untuk menjaga agar ....
A.   sistem beroperasi dalam prestasi tertentu
B.   masukan tetap tersedia
C.   pengolah informasi bekerja dengan hati-hati
D.   proses pengolahan informasi berjalan lancar

30.   Pentingnya data file storage terutama disebabkan ....
A.   kebutuhan akan data yang telah dikumpulkan dan diolah sebelumnya
B.   proses perubahan yang berlangsung setiap hari
C.   penurunan kemampuan dalam pengolahan data
D.   penyempurnaan sistem

31.   Subsistem yang fungsinya belum terurai secara jelas disebut ....
A.   storage
B.   black box
C.   feed-back
D.   process

32.   Di bawah ini yang merupakan penjelasan konsep rentang kendali dalam struktur organisasi adalah ....
A.   kegiatan pengendalian pekerjaan oleh staf operasional
B.   saling memberikan umpan balik antardepartemen dalam suatu organisasi
C.   banyaknya bawahan yang harus diawasi oleh seorang pengawas
D.   pengawasan dan pengendalian pekerjaan agar sesuai dengan prosedur kerja

33.   Model organisasi lini dan staf mengambarkan ....
A.   wewenang perintah langsung dari fungsi-fungsi organisasi
B.   pembagian pekerjaan atau tugas-tugas khusus sehingga membentuk spesialisasi
C.   fungsi-fungsi organisasi yang dibangun berdasarkan produk yang akan dihasilkan
D.   terdapatnya suatu kelompok formal dari masing-masing departemen untuk menangani suatu pekerjaan

34.   Penjadwalan kegiatan-kegiatan dalam urutan yang tepat dan pengkomunikasian perubahan kebutuhan merupakan bagian dari fungsi ....
A.   perencanaan
B.   pengorganisasian
C.   pengkoordinasian
D.   pengarahan

35.   Organisasi proyek merupakan pengembangan dari bentuk organisasi ....
A.   staf
B.   fungsional
C.   matrik
D.   lini

36.   Dalam mengatasi persoalan pengolahan informasi dan komunikasi, hirarki wewenang tepat digunakan untuk ....
A.   menangani situasi penting yang tidak terdapat dalam aturan keputusan dan prosedur pengoperasian
B.   menghadapi ketidakpastian tugas-tugas dalam organisasi
C.   menangani permasalahan yang sudah terakomodasi dalam prosedur baku organisasi
D.   memecahkan masala yang penanganannya memerlukan para ahli dari setiap departemen

37.   Contoh dari struktur organisasi mandiri antara lain organisasi ....
A.   kelompok produk
B.   proyek
C.   matrik
D.   lini dan staf


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   38   SAMPAI   50,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!

38.   Teori matematis komunikasi bertujuan untk memperoleh informasi yang ....
1)   terukur
2)   cermat
3)   akurat

39.   Terjadinya bising dalam sistem informasi manajemen dilatarbelakangi oleh faktor ....
1)   prasangka
2)   kerangka acuan
3)   gangguan fisik

40.   Penyaringan informasi oleh seseorang merupakan akibat dari ....
1)   kerangka acuan individual
2)   prosedur keputusan formal
3)   keputusan dalam keadaan tertekan





41.   Faktor- faktor yang mempengaruhi kerangka acuan individu dalam menyaring informasi adalah ....
1)   pengalaman
2)   kebiasaan
3)   gangguan fisik

42.   Penyaringan yang terlalu besar dan berdasarkan kerangka acuan individual dapat mengakibatkan ....
1)   kesalahan persepsi
2)   kekaburan informasi
3)   kejelasan informasi

43.   Untuk mengatasi keterbatasan individu sebagai pengolahan informasi, organisasi biasanya melakukan upaya ....
1)   mengembangkan program keputusan
2)   melakukan pembagian kerja
3)   reduksi data

44.   Contoh penggagas manusia pengolah informasi adalah ....
1)   Allen Newell
2)   Herber A. Simon
3)   Bill Gates

45.   Berkaitan dengan kemampuan manusia dalam menangani data probabilistik manakah pernyataan berikut yang benar ....
1)   kurangnya pemahaman instuitif untuk mengenal hubungan korelasi
2)   cenderung mengambil kesimpulan hanya berdasar kemungkinan-kemungkinan
3)   kurangnya kemampuan memadukan informasi

46.   Pengendalian dengan memakai umpan balik negatif akan melibatkan ....
1)   kondisi dari keluaran yang terukur
2)   unit pengendali yang membandingkan kondisi keluaran dengan standar
3)   alat penggerak yang menjalankan masukan perbaikan ke dalam pengolahan

47.   Aspek-aspek yang harus dipertimbangkan dalam menyelenggarakan fungsi keorgani-sasian adalah ....
1)   Siapa melakukan apa?
2)   Siapa bertanggung jawab kepada siapa?
3)   Siapa yang berhubungan dengan siapa dan dalam hal apa?






48.   Dalam menyelenggarakan fungsi pengorganisasian diharapkan tumbuh hubungan yang serasi antar unit dengan sasaran ....
1)   penghindaran sikap yang terkotak-kotak
2)   pencegahan timbulnya konflik antarkelompok
3)   mengaburkan spesialisasi pekerjaan

49.   Bentuk organisasi matrik tepat digunakan jika ....
1)   terdapat berbagai kelompok kepntingan yang harus dipuaskan
2)   koordinasi memainkan peranan penting dalam keberhasilan organisasi
3)   dalam menjalankan tugas tertentu diperlukan tenaga ahli yang sesuai dengan bidangnya

50.   Contoh bentuk dari organisasi yang bersifat lateral (lateral organisational form) adalah ....
1)   task force
2)   team building
3)   integrating personnel

No comments:

Post a Comment