Cloud Hosting Indonesia

21 April, 2014

Soal Language Testing 3



TUGAS MANDIRI
LANGUAGE TESTING II
(PING3271)



PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 61,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Landasan dasar dari discrete point test adalah pendekatan bahasa ....   
A.   struktur
B.   communicative
C.   error analysis
D.   terpadu

2.   Untuk mengetahui penguasaan bahasa Inggris para siswa dalam setiap aspek bahasa secara terpisah digunakan ....
A.   tes terpadu
B.   integrative test
C.   discrete point test
D.   tes multiple choice
     
3.   Berdasarkan cara pandang bahasa se-bagai objek yang diukur, maka tes dalam bahasa Inggris terdiri dari ....
A.   placement test and diagnostic test
B.   achievement test and proficiency test
C.   norm-referenced test and criterion-reference test
D.   discrete point test and integrative test

4.   Landasan dasar dari integrative test ada-lah pandangan bahwa ....
A.   satu tes seharusnya hanya mengukur satu macam keterampilan saja          
B.   bahasa adalah sesuatu yang utuh yang tak dapat dipisah-pisahkan
C.   pengukuran penguasaan bahasa per-lu dilakukan untuk masing-masing komponen bahasa
D.   test dapat mencakup sampel bahasa yang cukup luas dalam waktu yang relatif singkat

5.   Untuk mengukur penguasaan siswa da-lam bahasa Inggris dalam beberapa kete-rampilan secara serempak, digunakan ....
A.   criterion-referenced test
B.   integrative test
C.   discrete point test
D.   true-false test
6.   Sebuah tes meminta siswa untuk men-ceritakan pengalamannya berlibur de-ngan menggunakan 10 kata yang sudah disediakan. Cerita tersebut ditulis dalam bentuk paragraf terdiri dari minimal 10 kalimat. Sebutkan jenis tes tersebut dan alasannya ....
A.   discrete point test karena mengukur penguasaan siswa terhadap kom-ponen bahasa secara terpisah
B.   discrete point test karena mengukur penguasaan siswa terhadap kom-ponen bahasa secara kontekstual
C.   integrative test karena mengukur ke-mampuan siswa untuk menggunakan komponen bahasa secara menye-luruh
D.   integrative test karena mengukur ke-mampuan siswa untuk menggunakan komponen bahasa secara terpisah-pisah

7.   Pengukuran penguasaan bahasa dalam konteks merupakan ciri dari ....
A.   discrete point test
B.   integrative test
C.   completion test
D.   objective test

8.   Untuk mengukur kemajuan belajar siswa dalam upaya perbaikan proses belajar mengajar digunakan discrete point test karena kemajuan belajar siswa perlu di-ukur berdasarkan penguasaannya terha-dap ....
A.   komponen bahasa secara terpisah
B.   komponen bahasa secara menyelu-ruh
C.   komponen bahasa secara kon-tekstual
D.   pemakaian beragam komponen ba-hasa pada saat bersamaan

9.   Integrative test lebih baik digunakan un-tuk mengukur hasil belajar siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar ka-rena untuk mengukur hasil belajar siswa perlu diukur penguasaan siswa terhadap komponen bahasa ....
A.   secara terpisah
B.   yaitu listening, speading, reading, writing
C.   secara menyeluruh pada saat ber-samaan
D.   komponen bahasa masing-masing pada saat yang tidak bersamaan

10.   Sebuah tes berisi teks deskriptif 5 pa-ragraf tentang Skandal Bank Bali yang diambil dari surat kabar berbahasa Inggris-The Jakarta Post. Di akhir teks deskriptif ada 2 bagian pertanyaan. Pada bagian pertama, siswa diminta mengu-bah kalimat-kalimat aktif dalam teks menjadi passive voice, dan sebaliknya kalimat pasif menjadi kalimat aktif. pada bagian kedua, siswa diminta menjawab 5 pertanyaan berdasarkan pemahaman siswa atas teks deskriptif tersebut. Tes tersebut berjenis ....
A.   discrete point test karena mengukur penguasaan siswa terhadap kom-ponen bahasa secara terpisah
B.   discrete point test karena mengukur penguasaan siswa terhadap kom-ponen bahasa secara kontekstual
C.   integrative test karena mengukur penguasaan siswa terhadap kom-ponen bahasa secara terpisah
D.   integrative test karena mengukur penguasaan siswa terhadap kom-ponen bahasa secara menyeluruh dan kontekstual

11.   Our teacher is      open a box
a.   going to
b.   going
c.   will
d.   would

               Tes ini merupakan ....
A.   structure test-error recognition
B.   structure test-rearrangement
C.   vocabulary test-limited response
D.   vocabulary test-word formation

12.   Transformation merupakan tes struktur  yang digunakan untuk mengukur ....
A.   kemampuan siswa untuk mengurut-kan kata-kata dalam sebuah kalimat
B.   pengetahuan siswa tentang bentuk tata bahasa yang benar
C.   kemampuan siswa mengubah kalimat sesuai dengan kaidah tata bahasa
D.   kemampuan siswa dalam menjelas-kan makna kalimat

13.   Setiap pertemuan, Anda meminta siswa untuk menulis buku harian dalam bahasa Inggris selama 10 menit pertama. Buku harian tersebut Anda kumpulkan untuk melihat kemajuan siswa. Kemampuan bahasa Inggris yang mana yang Anda ukur?
A.   kemampuan menulis bebas
B.   kemampuan menulis terbimbing
C.   kemampuan mengingat
D.   kemampuan menjelas

14.   Guru harus menguji kesiapan siswa un-tuk lomba pidato berbahasa Inggris antar SMU se Kotamadya Depok. Tes apa yang harus dikembangkan guru?
A.   phoneme discrimination test
B.   discrete response test
C.   passage comprehension test
D.   explanation speaking test

15.   Bentuk jadwal kegiatan pribadi siswa sehari-hari dapat dijadikan rubrik ka-rangan dalam writing test. Selain itu, rubrik dapat dikembangkan dengan cara-cara berikut, kecuali ....
A.   memperlihatkan gambar kepada sis-wa dalam menjelaskan konteks gam-bar tersebut
B.   memberikan suatu wacana berbentuk dialog untuk ditulis kembali dalam bentuk narasi
C.   memberikan wacana 5 paragraf yang telah dihilangkan setiap kata ke-7
D.   memberikan data berbentuk tabel/ diagram dan siswa diminta menceri-takan arti data tersebut secara tertulis

16.   Rubrik atau promt sangat diperlukan un-tuk menuntun siswa tentang karangan yang dibuatnya. Tiga bentuk promt ada-lah ....
A.   topik, rincian topik, audience (sa-saran)
B.   tujuan penulisan, audience, petunjuk
C.   rincian topik, interpretasi siswa, peni-laian objektif
D.   topik, waktu, interpretasi siswa

17.   Guru menyiapkan sebuah wacana terdiri dari 5 paragraf, kemudian membuat 5 buah soal multiple choice dan 5 buah soal true-false untuk mengetes pema-haman siswa terhadap bacaan tersebut. Dalam hal ini, guru menggunakan ....
A.   discrete point test untuk passage comprehension test
B.   integrative test untuk passage com-prehension test
C.   discrete point test untuk sentence comprehension
D.   integrative test untuk sentence com-prehension

18.   Tes pilihan berganda (multiple choice) digunakan untuk testing short passage comprehension karena ....
A.   dalam discrete point test, tes harus mengukur apa yang ingin diukur
B.   dalam discrete point test, tes harus mengukur beragam keterampilan
C.   dalam reading comprehension test yang bersifat discrete point test, hanya satu keterampilan yang diukur, yaitu pemahaman makna bacaan
D.   dalam reading comprehension test yang bersifat discrete point test, bera-gam keterampilan diukur, termasuk pemahaman makna bacaan

19.   Dalam dictation test, wacana dibagi tiga kali dengan tujuan yang berbeda-beda. Pertama, guru membaca seluruh wacana agar ....
A.   siswa dapat mengisi kata-kata yang terlewat dalam masing-masing kali-mat
B.   siswa memperoleh pengertian ten-tang isi wacana secara menyeluruh
C.   siswa memiliki kesempatan untuk menuliskan kalimat-kalimat dalam wa-cana
D.   siswa dapat memperbaiki kalimat-kalimat yang ditulisnya

20.   Dalam dictation test, wacana dibaca tiga kali dengan tujuan yang berbeda-beda. Yang kedua kali, guru membacakan wa-cana dengan berhenti pada setiap satuan kalimat, agar ....
A.   siswa dapat mengisi kata-kata yang terlewat dalam masing-masing kali-mat
B.   siswa memperoleh pengertian ten-tang isi wacana secara menyeluruh
C.   siswa memiliki kesempatan untuk menuliskan kalimat-kalimat dalam wa-cana
D.   siswa dapat memperbaiki kalimat-kalimat yang ditulisnya

21.   Wacana otentik diubah menjadi bahan cloze test dengan cara ....
A.   menghilangkan kata setiap awal kali-mat
B.   menghilangkan setiap nama sesuatu atau seseorang
C.   menghilangkan kata setiap hitungan ke 5, 6, atau 7
D.   menghilangkan kata setiap akhir kali-mat

22.   Hasil kerja siswa dalam cloze test diukur dengan cara jawaban benar = ....
A.   kata asli yang dihilangkan
B.   kata bermakna sama dengan kata yang dihilangkan
C.   kata turunan dari kata asli yang dihilangkan
D.   kata yang persis sama dengan kata yang dihilangkan

23.   Oral interview dianggap sebagai test in-tegratif karena dalam oral interview siswa dituntut untuk ....
A.   mampu mendengarkan dengan mem-berikan respon secara spontan
B.   mampu menjawab dengan lancar dan spontan
C.   mampu memilih jenis kalimat dan vocabulary yang digunakan
D.   mampu mendengar, menjawab de-ngan lancar, menjelaskan dengan ka-limat dan vocabulary yang tepat

24.   Untuk menjaga penilaian yang objektif dalam writing test, maka digunakan ....
A.   analytic method terhadap karangan
B.   impression method terhadap ka-rangan
C.   kesan umum penskor atas karangan
D.   kesan khusus penskor atas karangan

        Sebuah listening test:
        Spoken: It is a fair trade.
                 Pilih salah satu jawaban (tertulis):
                       a.   Tread          c.   thread
                       b.   Trade          d.   dread

25.   Listening test seperti di atas digunakan untuk mengukur ....
A.   listening comprehension test
B.   directed response test
C.   phoneme discrimination test
D.   picture matching test

26.   Guru meminta siswa membaca sebuah wacana, kemudian meminta siswa untuk menceritakan kembali isi wacana terse-but secara lisan menggunakan kata-katanya sendiri. Tes jenis ini merupakan speaking test yang dikembangkan de-ngan cara ....
A.   directed response test
B.   picture cues test
C.   oral interview test
D.   explanation test

27.   Dalam inferential comprehension test, siswa diharapkan dapat memahami baca-an ....
A.   secara tersurat
B.   secara tersirat
C.   berdasarkan tafsiran
D.   berdasarkan kebenaran kalimat

28.   Tes esai diberi skor lebih tinggi dari tes bentuk multiple choice karena ....
A.   tes esai meminta siswa untuk mem-formulasikan sendiri jawaban
B.   tes esai meminta siswa memilih sen-diri jawaban
C.   tes multiple choice meminta siswa un-tuk mengelaborasi jawaban
D.   tes multiple choice memberi alternatif jawaban

29.   Salah satu cara mempermudah pembe-rian skor pada tes objektif adalah ....
A.   jumlah butir soal yang sama
B.   lembar jawaban yang terpisah dari lembar soal
C.   pemberlakuan sistem denda
D.   tidak perlunya pembobotan skor

30.   Sistem denda dalam penilaian tes objektif dapat diterapkan jika ....
A.   mempengaruhi jiwa (psikologi) siswa
B.   tidak ada kemungkinan menerka
C.   kemampuan bahasa siswa terbatas
D.   diberitahu kepada siswa dalam petun-juk soal

31.   Pemberian skor tes subjektif relatif lebih sukar karena untuk menjaga reliabilitas, diperlukan ....
A.   pertimbangan
B.   korektor
C.   skor yang tidak bervariasi
D.   kecepatan penskoran

32.   Pemberian skor dalam tes objektif meru-pakan proses administrasi yang dapat dilakukan siapa saja, karena ....
A.   pemberian skor tes objektif lebih ce-pat
B.   pemberian skor tes objektif lebih mu-dah
C.   korektor tes objektif tidak perlu ahli di bidangnya
D.   korektor tes objektif tidak perlu dilatih

33.   Apa yang dimaksud dengan inter-rater reliability?
A.   persamaan pendapat antara dua sis-wa atau lebih
B.   persamaan pendapat antara dua pe-nilai
C.   konsistensi standar jawaban siswa
D.   konsistensi standar penilaian antara dua penilai

34.   Salah satu cara menghindari bias dalam pemberian skor adalah ....
A.   adanya petunjuk pengertian soal
B.   adanya pemberian skor
C.   menghindari melihat nama siswa
D.   menghindari kriteria penilaian baku

35.   Pemberian skor hendaknya dilakukan per nomor soal, karena ....
A.   memudahkan penilaian
B.   menjaga subjektivitas penilai
C.   menghindari kesan umum
D.   menjaga perbedaan penilai

36.   Untuk pemberian skor pada soal res-tricted response diperlukan ....
A.   pembobotan yang berbeda
B.   reliabilitas dan validitas
C.   petunjuk pengerjaan soal
D.   pedoman jawaban

37.   Selain grammar, fluency, vocabulary, skala penilaian kemampuan berbicara (speaking) juga mencakup aspek ....
A.   form, comprehension
B.   mechanics, pronunciation
C.   form, mechanics
D.   comprehension, pronunciation

38.   Pemberian skor karangan yang memun-culkan aspek fluency, grammar, dan mechanics merupakan cara pemberian skor yang ....
        A.   holistik
B.   analitik
C.   objektif
D.   subjektif

39.   Salah satu cara pemberian skor yang adil pada tes subjektif adalah ....
A.   secara holistik
B.   secara analitik
C.   dengan menggunakan lebih dari satu penilai
D.   dengan menggunakan skala peni-laian standar
     
40.   Dari 75 butir soal multiple choice dengan 5 pilihan jawaban, Adi menjawab 70 butir, 5 tidak dijawab. Hasilnya, Adi betul 58 butir dan salah 12 butir. Jika diterapkan sistem denda, maka skor Adi adalah ....
A.   58
B.   63
C.   55
D.   46

41.   Dari 60 butir soal berbentuk multiple choice dengan 4 pilihan jawaban, siswa Ami menjawab semua butir soal. Hasil-nya Ami betul 45 butir dan salah 15 butir. Jika diterapkan sistem denda, maka skor Ami adalah ....
A.   30
B.   40
C.   45
D.   41,25

42.   Tes berbentuk multiple choice diberi bo-bot yang lebih tinggi dari tes berbentuk true-false karena ....
A.   tes multiple choice memerlukan waktu pengerjaan yang lebih panjang
B.   tes multiple choice mempunyai teks bacaan selain soal
C.   memilih dua alternatif jawaban dalam tes true-false relatif lebih mudah
D.   dalam tes true-false siswa perlu mem-formulasikan jawabannya

        Untuk No. 43-48, berikut ini ada berbagai bentuk tes Bahasa Inggris. Berilah tanda (A) jika tes tersebut berjenis integrative test atau berilah tanda (B) jika tes tersebut berjenis discrete point test pada setiap nomor soal.

43.   Sebuah tes meminta siswa untuk men-ceritakan secara lisan apa yang dilihat-nya dalam sebuah foto yang diperlihat-kan oleh gurunya, dalam kurang lebih 5 kalimat.
A.   Integrative Test
B.   Discrete Point Test

44.   Sebuah tes meminta siswa untuk me-lengkapi sebuah teks deskriptif dengan cara mengisi kata-kata yang hilang dalam teks tersebut (setiap kata ketujuh dihi-langkan).
A.   Integrative Test
B.   Discrete Point Test

45.   Sebuah tes terdiri dari 10 pasang kalimat. Siswa diminta mengubah pasangan kalimat-kalimat tersebut dengan meng-gunakan “clause”.
A.   Integrative Test
B.   Discrete Point Test

46.   Sebuah tes terdiri dari wacana 4 pa-ragraf. Di akhir wacana siswa diminta menjawab 10 pertanyaan berdasarkan pemahamannya terhadap wacana terse-but.
A.   Integrative Test
B.   Discrete Point Test

47.   Sebuah tes terdiri dari wacana 4 pa-ragraf. Siswa diminta untuk merangkum isi wacana tersebut dalam 5-10 kalimat yang dibuatnya sendiri berdasarkan pe-mahamannya terhadap wacana tersebut.
A.   Integrative Test
B.   Discrete Point Test

48.   Sebuah tes terdiri dari teks percakapan antara Ali dengan Andi. Siswa diminta mengubah percakapan tersebut menjadi kalimat pasif.
A.   Integrative Test
B.   Discrete point test

        Untuk soal No. 49-55
        Pilihlah jenis test yang sesuai dengan “contoh soal”
       
        Contoh soal
49.   The teacher had a handbag. She put it on her tabel.
        a.   The teacher put her handbag on the table
b.   The teacher puts her handbag on the table
c.   The teacher is putting her handbag on the table

        A.   transformation structure test
B.   rearrangement structure test
C.   error recognition structure test
D.   word formation vocabulary test
       
50.   The postman     at nine o’clock yesterday.
a.   come      
b.   comes
c.   came

        A.   word formation vocabulary test
B.   multiple choice paraphrase vocabu-lary test
C.   multiple choice completion vocabulary test
D.   limited response vocabulary test

51.   Be (care) when you cross the road.
a.   careless  
b.   careful
c.   caring

        A.   word formation vocabulary test
B.   rearrangement structure test
C.   transformation structure test
               D.   multiple choice completion vocabulary test

52.   Oranges        than banana.
a.   cost more
b.   more expensive
c.   dearer

        A.   transformation structure test
B.   rearrangement structure test
C.   error recognition structure test
D.   limited response vocabulary test

53.   My bag is      the cupboard.
a.   in
b.   at
c.   on

        A.   multiple choice paraphrase vocabu-lary test
B.   multiple choice completion vocabulary test
C.   error recognition structuretest
        D.   limited response vocabulary test

54.   She was crying. Tom was writing a letter.
        When Tom was writing a letter,          .
A.   transformation structure test
B.   rearrangement structure test
C.   error recognition structure test
D.   limited response vocabulary test

55.   Ali has a ruler to ....
a.   measure things
b.   weigh things
c.   cut things

        A.   limited response vocabulary test
B.   word formation vocabulary test
C.   multiple choice paraphrase vocabu-lary test
D.   multiple choice completion vocabulary test
       
        Untuk nomor 56-61 perhatikan rang-kaian gambar berikut.
        Guru memberikan 8 buah gambar (1-8) kepada siswa. Kemudian membacakan semua cues kepada siswa. Untuk soal nomor 56-58, siswa diharapkan menja-wab secara tertulis. Untuk soal 59-61 sis-wa diharapkan menjawab secara lisan.
Shown: Picture 1
               Read: Ani is having breakfast.
               Tell me what is Ani having for breakfast?
a.   bread & butter, and a cup of milk
b.   fried rice and a cup of tea
c.   honey, butter and a cup of milk
d.   salt, butter and a cup of milk

56.   Bentuk test di atas adalah ....
A.   listening test: mengidentifikasi benda
B.   listening test: memperoleh informasi khusus dari percakapan lisan
C.   listening test: menanggapi pertanya-an yang diberikan secara lisan
D.   speaking test: melakukan percakapan pendek sederhana

       
        Shown: Picture 2, 3, 4
Read: Ani is going out.
Where is Ani going?
        a.   across the road to the shop
        b.   across the railway to the shop
        c.   running to the shop
        d.   looking for a shop
       
        57.   Bentuk test di atas ....
A.   listening test: mengidentifikasi benda
B.   listening test: menanggapi pertanya-an yang diberikan secara lisan
C.   listening test: memperoleh informasi khusus dari percakapan lisan
D.   speaking test: menyampaikan infor-masi deskripsi benda

        Shown: Picture 7, 8
        Read:
        Ani: Mother, happy birthday. I have a gift for you
        Mother: Thank you, Ani.
        Why did Any give her mother a gift?
a.   because she thanks Ani
b.   because it is her mother’s birthday
c.   because she has a gift
d.   because she is happy

58.   Bentuk tes di atas adalah ....
        A.   listening test: mengidentifikasi benda
B.   listening test: memperoleh informasi khusus dari percakapan lisan
C.   listening test: menanggapi pertanya-an yang diberikan secara lisan
D.   speaking test: secara sederhana, mengungkapkan pikiran pendapat
        Shown: Picture 5
        Asked: Tell me what is Ani doing?
       
        59.   Bentuk test di atas adalah ....
A.   listening test: memperoleh informasi khusus dari percakapan
B.   speaking test: menyampaikan infor-masi deskripsi benda
C.   speaking test: melakukan percakapan pendek sederhana
D.   speaking test: secara sederhana, mengungkapkan pikiran-pendapat


        Shown: Picture 6
        Read:   Ani is going home. She has a small box in her hand.
               Asked: What does Ani have?

60.   Bentuk test di atas adalah ....
A.   listening test: menyampaikan infor-masi deskripsi benda
B.   speaking test: menyampaikan infor-masi deskripsi benda
C.   speaking test: melakukan percakapan pendek sederhana
D.   speaking test: secara sederhana, mengungkapkan pikiran-pendapat

        Shown: Picture 7,8
        (Mother’s parts are read by teacher, Ani’s part are spoken by student).
        Mother: Ani, where were you?
        Ani:        .
        Mother: Why did you go to a shop?
               Ani:        .
        Mother: A gift.
               Ani:        .
               Mother: Oh, thank you Ani.

61.   Bentuk test di atas adalah ....
A.   speaking test: secara sederhana, mengungkapkan pikiran-pendapat
B.   speaking test: melakukan percakapan pendek sederhana
C.   speaking test: menyampaikan infor-masi deskripsi benda
D.   speaking test: memperoleh informasi khusus dari percakapan lisan

No comments:

Post a Comment