TUGAS MANDIRI
LANGUAGE TESTING II
(PING3271)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 61, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Landasan dasar dari discrete point test
adalah pendekatan bahasa ....
A. struktur
B. communicative
C. error analysis
D. terpadu
2. Untuk mengetahui penguasaan bahasa Inggris
para siswa dalam setiap aspek bahasa secara terpisah digunakan ....
A. tes terpadu
B. integrative test
C. discrete point test
D. tes multiple choice
3. Berdasarkan cara pandang bahasa se-bagai
objek yang diukur, maka tes dalam bahasa Inggris terdiri dari ....
A. placement test and diagnostic test
B. achievement test and proficiency test
C. norm-referenced test and criterion-reference
test
D. discrete point test and integrative test
4. Landasan dasar dari integrative test ada-lah
pandangan bahwa ....
A. satu tes seharusnya hanya mengukur satu macam
keterampilan saja
B. bahasa adalah sesuatu yang utuh yang tak
dapat dipisah-pisahkan
C. pengukuran penguasaan bahasa per-lu dilakukan
untuk masing-masing komponen bahasa
D. test dapat mencakup sampel bahasa yang cukup
luas dalam waktu yang relatif singkat
5. Untuk mengukur penguasaan siswa da-lam bahasa
Inggris dalam beberapa kete-rampilan secara serempak, digunakan ....
A. criterion-referenced test
B. integrative test
C. discrete point test
D. true-false test
6. Sebuah tes meminta siswa untuk men-ceritakan
pengalamannya berlibur de-ngan menggunakan 10 kata yang sudah disediakan.
Cerita tersebut ditulis dalam bentuk paragraf terdiri dari minimal 10 kalimat.
Sebutkan jenis tes tersebut dan alasannya ....
A. discrete point test karena mengukur
penguasaan siswa terhadap kom-ponen bahasa secara terpisah
B. discrete point test karena mengukur
penguasaan siswa terhadap kom-ponen bahasa secara kontekstual
C. integrative test karena mengukur ke-mampuan
siswa untuk menggunakan komponen bahasa secara menye-luruh
D. integrative test karena mengukur ke-mampuan
siswa untuk menggunakan komponen bahasa secara terpisah-pisah
7. Pengukuran penguasaan bahasa dalam konteks
merupakan ciri dari ....
A. discrete point test
B. integrative test
C. completion test
D. objective test
8. Untuk mengukur kemajuan belajar siswa dalam
upaya perbaikan proses belajar mengajar digunakan discrete point test karena
kemajuan belajar siswa perlu di-ukur berdasarkan penguasaannya terha-dap ....
A. komponen bahasa secara terpisah
B. komponen bahasa secara menyelu-ruh
C. komponen bahasa secara kon-tekstual
D. pemakaian beragam komponen ba-hasa pada saat
bersamaan
9. Integrative test lebih baik digunakan un-tuk
mengukur hasil belajar siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar
ka-rena untuk mengukur hasil belajar siswa perlu diukur penguasaan siswa
terhadap komponen bahasa ....
A. secara terpisah
B. yaitu listening, speading, reading, writing
C. secara menyeluruh pada saat ber-samaan
D. komponen bahasa masing-masing pada saat yang
tidak bersamaan
10. Sebuah tes berisi teks deskriptif 5 pa-ragraf
tentang Skandal Bank Bali yang diambil dari surat kabar berbahasa Inggris-The Jakarta Post. Di akhir teks deskriptif ada 2
bagian pertanyaan. Pada bagian pertama, siswa diminta mengu-bah kalimat-kalimat
aktif dalam teks menjadi passive voice, dan sebaliknya kalimat pasif menjadi
kalimat aktif. pada bagian kedua, siswa diminta menjawab 5 pertanyaan
berdasarkan pemahaman siswa atas teks deskriptif tersebut. Tes tersebut
berjenis ....
A. discrete point test karena mengukur penguasaan siswa terhadap
kom-ponen bahasa secara terpisah
B. discrete point test karena mengukur penguasaan siswa terhadap
kom-ponen bahasa secara kontekstual
C. integrative test karena mengukur penguasaan siswa terhadap
kom-ponen bahasa secara terpisah
D. integrative test karena mengukur penguasaan siswa terhadap
kom-ponen bahasa secara menyeluruh dan kontekstual

a. going to
b. going
c. will
d. would
Tes ini merupakan ....
A. structure test-error
recognition
B. structure test-rearrangement
C. vocabulary test-limited
response
D. vocabulary test-word
formation
12. Transformation merupakan tes struktur yang digunakan untuk mengukur ....
A. kemampuan siswa untuk mengurut-kan kata-kata dalam sebuah kalimat
B. pengetahuan siswa tentang bentuk tata bahasa yang benar
C. kemampuan siswa mengubah kalimat sesuai dengan kaidah tata bahasa
D. kemampuan siswa dalam menjelas-kan makna kalimat
13. Setiap pertemuan, Anda meminta siswa untuk menulis buku harian
dalam bahasa Inggris selama 10 menit pertama. Buku harian tersebut Anda
kumpulkan untuk melihat kemajuan siswa. Kemampuan bahasa Inggris yang mana yang
Anda ukur?
A. kemampuan menulis bebas
B. kemampuan menulis terbimbing
C. kemampuan mengingat
D. kemampuan menjelas
14. Guru harus menguji kesiapan siswa un-tuk lomba pidato berbahasa
Inggris antar SMU se Kotamadya Depok. Tes apa yang harus dikembangkan guru?
A. phoneme discrimination test
B. discrete response test
C. passage comprehension test
D. explanation speaking test
15. Bentuk jadwal kegiatan pribadi siswa sehari-hari dapat dijadikan
rubrik ka-rangan dalam writing test. Selain itu, rubrik dapat dikembangkan
dengan cara-cara berikut, kecuali ....
A. memperlihatkan gambar kepada sis-wa dalam menjelaskan konteks
gam-bar tersebut
B. memberikan suatu wacana berbentuk dialog untuk ditulis kembali
dalam bentuk narasi
C. memberikan wacana 5 paragraf yang telah dihilangkan setiap kata
ke-7
D. memberikan data berbentuk tabel/ diagram dan siswa diminta
menceri-takan arti data tersebut secara tertulis
16. Rubrik atau promt sangat diperlukan un-tuk menuntun siswa tentang
karangan yang dibuatnya. Tiga bentuk promt ada-lah ....
A. topik, rincian topik, audience (sa-saran)
B. tujuan penulisan, audience, petunjuk
C. rincian topik, interpretasi siswa, peni-laian objektif
D. topik, waktu, interpretasi siswa
17. Guru menyiapkan sebuah wacana terdiri dari 5 paragraf, kemudian
membuat 5 buah soal multiple choice dan 5 buah soal true-false untuk mengetes
pema-haman siswa terhadap bacaan tersebut. Dalam hal ini, guru menggunakan ....
A. discrete point test untuk passage comprehension test
B. integrative test untuk passage com-prehension test
C. discrete point test untuk sentence comprehension
D. integrative test untuk sentence com-prehension
18. Tes pilihan berganda (multiple choice) digunakan untuk testing
short passage comprehension karena ....
A. dalam discrete point test, tes harus mengukur apa yang ingin
diukur
B. dalam discrete point test, tes harus mengukur beragam keterampilan
C. dalam reading comprehension test yang bersifat discrete point
test, hanya satu keterampilan yang diukur, yaitu pemahaman makna bacaan
D. dalam reading comprehension test yang bersifat discrete point
test, bera-gam keterampilan diukur, termasuk pemahaman makna bacaan
19. Dalam dictation test, wacana dibagi tiga kali dengan tujuan yang
berbeda-beda. Pertama, guru membaca seluruh wacana agar ....
A. siswa dapat mengisi kata-kata yang terlewat dalam masing-masing
kali-mat
B. siswa memperoleh pengertian ten-tang isi wacana secara menyeluruh
C. siswa memiliki kesempatan untuk menuliskan kalimat-kalimat dalam
wa-cana
D. siswa dapat memperbaiki kalimat-kalimat yang ditulisnya
20. Dalam dictation test, wacana dibaca tiga kali dengan tujuan yang
berbeda-beda. Yang kedua kali, guru membacakan wa-cana dengan berhenti pada
setiap satuan kalimat, agar ....
A. siswa dapat mengisi kata-kata yang terlewat dalam masing-masing
kali-mat
B. siswa memperoleh pengertian ten-tang isi wacana secara menyeluruh
C. siswa memiliki kesempatan untuk menuliskan kalimat-kalimat dalam
wa-cana
D. siswa dapat memperbaiki kalimat-kalimat yang ditulisnya
21. Wacana otentik diubah menjadi bahan cloze test dengan cara ....
A. menghilangkan kata setiap awal kali-mat
B. menghilangkan setiap nama sesuatu atau seseorang
C. menghilangkan kata setiap hitungan ke 5, 6, atau 7
D. menghilangkan kata setiap akhir kali-mat
22. Hasil kerja siswa dalam cloze test diukur dengan cara jawaban
benar = ....
A. kata asli yang dihilangkan
B. kata bermakna sama dengan kata yang dihilangkan
C. kata turunan dari kata asli yang dihilangkan
D. kata yang persis sama dengan kata yang dihilangkan
23. Oral interview dianggap sebagai test in-tegratif karena dalam oral
interview siswa dituntut untuk ....
A. mampu mendengarkan dengan mem-berikan respon secara spontan
B. mampu menjawab dengan lancar dan spontan
C. mampu memilih jenis kalimat dan vocabulary yang digunakan
D. mampu mendengar, menjawab de-ngan lancar, menjelaskan dengan
ka-limat dan vocabulary yang tepat
24. Untuk menjaga penilaian yang objektif dalam writing test, maka
digunakan ....
A. analytic method terhadap karangan
B. impression method terhadap ka-rangan
C. kesan umum penskor atas karangan
D. kesan khusus penskor atas karangan
Sebuah listening test:
Spoken: It is a fair trade.
Pilih salah satu jawaban (tertulis):
a. Tread c. thread
b. Trade d. dread
25. Listening test seperti di atas digunakan untuk mengukur ....
A. listening comprehension test
B. directed response test
C. phoneme discrimination test
D. picture matching test
26. Guru meminta siswa membaca sebuah wacana, kemudian meminta siswa
untuk menceritakan kembali isi wacana terse-but secara lisan menggunakan
kata-katanya sendiri. Tes jenis ini merupakan speaking test yang dikembangkan
de-ngan cara ....
A. directed response test
B. picture cues test
C. oral interview test
D. explanation test
27. Dalam inferential comprehension test, siswa diharapkan dapat
memahami baca-an ....
A. secara tersurat
B. secara tersirat
C. berdasarkan tafsiran
D. berdasarkan kebenaran kalimat
28. Tes esai diberi skor lebih tinggi dari tes bentuk multiple choice
karena ....
A. tes esai meminta siswa untuk mem-formulasikan sendiri jawaban
B. tes esai meminta siswa memilih sen-diri jawaban
C. tes multiple choice meminta siswa un-tuk mengelaborasi jawaban
D. tes multiple choice memberi alternatif jawaban
29. Salah satu cara mempermudah pembe-rian skor pada tes objektif
adalah ....
A. jumlah butir soal yang sama
B. lembar jawaban yang terpisah dari lembar soal
C. pemberlakuan sistem denda
D. tidak perlunya pembobotan skor
30. Sistem denda dalam penilaian tes objektif dapat diterapkan jika
....
A. mempengaruhi jiwa (psikologi) siswa
B. tidak ada kemungkinan menerka
C. kemampuan bahasa siswa terbatas
D. diberitahu kepada siswa dalam petun-juk soal
31. Pemberian skor tes subjektif relatif lebih sukar karena untuk
menjaga reliabilitas, diperlukan ....
A. pertimbangan
B. korektor
C. skor yang tidak bervariasi
D. kecepatan penskoran
32. Pemberian skor dalam tes objektif meru-pakan proses administrasi
yang dapat dilakukan siapa saja, karena ....
A. pemberian skor tes objektif lebih ce-pat
B. pemberian skor tes objektif lebih mu-dah
C. korektor tes objektif tidak perlu ahli di bidangnya
D. korektor tes objektif tidak perlu dilatih
33. Apa yang dimaksud dengan inter-rater reliability?
A. persamaan pendapat antara dua sis-wa atau lebih
B. persamaan pendapat antara dua pe-nilai
C. konsistensi standar jawaban siswa
D. konsistensi standar penilaian antara dua penilai
34. Salah satu cara menghindari bias dalam pemberian skor adalah ....
A. adanya petunjuk pengertian soal
B. adanya pemberian skor
C. menghindari melihat nama siswa
D. menghindari kriteria penilaian baku
35. Pemberian skor hendaknya dilakukan per nomor soal, karena ....
A. memudahkan penilaian
B. menjaga subjektivitas penilai
C. menghindari kesan umum
D. menjaga perbedaan penilai
36. Untuk pemberian skor pada soal res-tricted response diperlukan ....
A. pembobotan yang berbeda
B. reliabilitas dan validitas
C. petunjuk pengerjaan soal
D. pedoman jawaban
37. Selain grammar, fluency, vocabulary, skala penilaian kemampuan
berbicara (speaking) juga mencakup aspek ....
A. form, comprehension
B. mechanics, pronunciation
C. form, mechanics
D. comprehension, pronunciation
38. Pemberian skor karangan yang memun-culkan aspek fluency, grammar,
dan mechanics merupakan cara pemberian skor yang ....
A. holistik
B. analitik
C. objektif
D. subjektif
39. Salah satu cara pemberian skor yang adil pada tes subjektif adalah
....
A. secara holistik
B. secara analitik
C. dengan menggunakan lebih dari satu penilai
D. dengan menggunakan skala peni-laian standar
40. Dari 75 butir soal multiple choice dengan 5 pilihan jawaban, Adi
menjawab 70 butir, 5 tidak dijawab. Hasilnya, Adi betul 58 butir dan salah 12
butir. Jika diterapkan sistem denda, maka skor Adi adalah ....
A. 58
B. 63
C. 55
D. 46
41. Dari 60 butir soal berbentuk multiple choice dengan 4 pilihan
jawaban, siswa Ami menjawab semua butir soal. Hasil-nya Ami betul 45 butir dan
salah 15 butir. Jika diterapkan sistem denda, maka skor Ami adalah ....
A. 30
B. 40
C. 45
D. 41,25
42. Tes berbentuk multiple choice diberi bo-bot yang lebih tinggi dari
tes berbentuk true-false karena ....
A. tes multiple choice memerlukan waktu pengerjaan yang lebih panjang
B. tes multiple choice mempunyai teks bacaan selain soal
C. memilih dua alternatif jawaban dalam tes true-false relatif lebih
mudah
D. dalam tes true-false siswa perlu mem-formulasikan jawabannya
Untuk No. 43-48, berikut ini ada berbagai bentuk tes Bahasa Inggris.
Berilah tanda (A) jika tes tersebut berjenis integrative test atau berilah
tanda (B) jika tes tersebut berjenis discrete point test pada setiap nomor
soal.
43. Sebuah tes meminta siswa untuk men-ceritakan secara lisan apa yang
dilihat-nya dalam sebuah foto yang diperlihat-kan oleh gurunya, dalam kurang
lebih 5 kalimat.
A. Integrative Test
B. Discrete Point Test
44. Sebuah tes meminta siswa untuk me-lengkapi sebuah teks deskriptif
dengan cara mengisi kata-kata yang hilang dalam teks tersebut (setiap kata
ketujuh dihi-langkan).
A. Integrative Test
B. Discrete Point Test
45. Sebuah tes terdiri dari 10 pasang kalimat. Siswa diminta mengubah
pasangan kalimat-kalimat tersebut dengan meng-gunakan “clause”.
A. Integrative Test
B. Discrete Point Test
46. Sebuah tes terdiri dari wacana 4 pa-ragraf. Di akhir wacana siswa
diminta menjawab 10 pertanyaan berdasarkan pemahamannya terhadap wacana
terse-but.
A. Integrative Test
B. Discrete Point Test
47. Sebuah tes terdiri dari wacana 4 pa-ragraf. Siswa diminta untuk
merangkum isi wacana tersebut dalam 5-10 kalimat yang dibuatnya sendiri
berdasarkan pe-mahamannya terhadap wacana tersebut.
A. Integrative Test
B. Discrete Point Test
48. Sebuah tes terdiri dari teks percakapan antara Ali dengan Andi.
Siswa diminta mengubah percakapan tersebut menjadi kalimat pasif.
A. Integrative Test
B. Discrete point test
Untuk soal No. 49-55
Pilihlah jenis test yang sesuai dengan
“contoh soal”
Contoh soal
49. The teacher had a handbag. She put it on her tabel.
a. The
teacher put her handbag on the table
b. The teacher puts her handbag on the table
c. The teacher is putting her handbag on the table
A. transformation
structure test
B. rearrangement structure test
C. error recognition structure test
D. word formation vocabulary test

a. come
b. comes
c. came
A. word
formation vocabulary test
B. multiple choice paraphrase vocabu-lary test
C. multiple choice completion vocabulary test
D. limited response vocabulary test
51. Be (care) when you cross the road.
a. careless
b. careful
c. caring
A. word
formation vocabulary test
B. rearrangement structure test
C. transformation structure test
D. multiple choice completion vocabulary test

a. cost more
b. more expensive
c. dearer
A. transformation
structure test
B. rearrangement structure test
C. error recognition structure test
D. limited response vocabulary test

a. in
b. at
c. on
A. multiple choice
paraphrase vocabu-lary test
B. multiple choice completion vocabulary test
C. error recognition structuretest
D. limited
response vocabulary test
54. She was crying. Tom was writing a letter.
When Tom was writing a
letter, .

B. rearrangement structure test
C. error recognition structure test
D. limited response vocabulary test
55. Ali has a ruler to ....
a. measure things
b. weigh things
c. cut things
A. limited
response vocabulary test
B. word formation vocabulary test
C. multiple choice paraphrase vocabu-lary test
D. multiple choice completion vocabulary test
Untuk nomor 56-61 perhatikan rang-kaian gambar berikut.
Guru memberikan 8 buah gambar (1-8) kepada siswa. Kemudian
membacakan semua cues kepada siswa. Untuk soal nomor 56-58, siswa diharapkan
menja-wab secara tertulis. Untuk soal 59-61 sis-wa diharapkan menjawab secara
lisan.

Shown: Picture 1
Read: Ani is having breakfast.
Tell me what is Ani having for
breakfast?
a. bread & butter, and a cup of milk
b. fried rice and a cup of tea
c. honey, butter and a cup of milk
d. salt, butter and a cup of milk
56. Bentuk test di atas adalah ....
A. listening test: mengidentifikasi benda
B. listening test: memperoleh informasi khusus dari percakapan lisan
C. listening test: menanggapi pertanya-an yang diberikan secara lisan
D. speaking test: melakukan percakapan pendek sederhana
Shown: Picture 2, 3, 4
Read: Ani is going out.
Where is Ani going?
a. across the road to
the shop
b. across
the railway to the shop
c. running
to the shop
d. looking
for a shop
57. Bentuk
test di atas ....
A. listening test: mengidentifikasi benda
B. listening test: menanggapi pertanya-an yang diberikan secara lisan
C. listening test: memperoleh informasi khusus dari percakapan lisan
D. speaking test: menyampaikan infor-masi deskripsi benda
Shown: Picture 7, 8
Read:
Ani: Mother, happy birthday. I have a gift for you
Mother: Thank you, Ani.
Why did Any give her
mother a gift?
a. because she thanks Ani
b. because it is her mother’s birthday
c. because she has a gift
d. because she is happy
58. Bentuk tes di atas adalah ....
A. listening
test: mengidentifikasi benda
B. listening test: memperoleh informasi khusus dari percakapan lisan
C. listening test: menanggapi pertanya-an yang diberikan secara lisan
D. speaking test: secara sederhana, mengungkapkan pikiran pendapat
Shown: Picture 5
Asked: Tell me what is Ani doing?
59. Bentuk
test di atas adalah ....
A. listening test: memperoleh informasi khusus dari percakapan
B. speaking test: menyampaikan infor-masi deskripsi benda
C. speaking test: melakukan percakapan pendek sederhana
D. speaking test: secara sederhana, mengungkapkan pikiran-pendapat
Shown: Picture 6
Read: Ani is going
home. She has a small box in her hand.
Asked: What does Ani have?
60. Bentuk test di atas adalah ....
A. listening test: menyampaikan infor-masi deskripsi benda
B. speaking test: menyampaikan infor-masi deskripsi benda
C. speaking test: melakukan percakapan pendek sederhana
D. speaking
test: secara sederhana, mengungkapkan pikiran-pendapat
Shown: Picture 7,8
(Mother’s parts are read by teacher, Ani’s part are spoken by
student).
Mother: Ani, where were you?

Mother: Why did you go to a shop?

Mother: A gift.

Mother: Oh, thank you Ani.
61. Bentuk test di atas adalah ....
A. speaking test: secara sederhana, mengungkapkan pikiran-pendapat
B. speaking test: melakukan percakapan pendek sederhana
C. speaking test: menyampaikan infor-masi deskripsi benda
D. speaking test: memperoleh informasi khusus dari percakapan lisan
No comments:
Post a Comment