Cloud Hosting Indonesia

12 April, 2014

Soal materi dan pembelajaran kertakes SD



LATIHAN MANDIRI
MATERI DAN PEMBELAJARAN KERAJINAN TANGAN DAN KESENIAN SD
(PGSD4406)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Kriteria guru yang sesuai untuk mengajarkan pendidikan seni di SD adalah ....
A.   profesional
B.   menguasai bidangnya
C.   memiliki waktu cukup
D.   memiliki sarana memadai

2.   Arah pembelajaran seni yang cocok untuk pendekatan seni dalam pendidikan adalah ....
A.   keluarga, seniman, dan sekolah kejuruan seni musik
B.  masyarakat, perajin, dan sekolah kejuruan seni rupa
C.   sekolah kejuruan tari, sekolah umum, dan keluarga
D.   masyarakat, sekolah umum, dan sekolah kejuruan industri kerajinan

3.   Pendidikan seni merupakan sarana pemberian pengalaman kepada siswa dalam merespons karya seni, sehingga dapat menghargai karya seni dan lingkungan yang dihadapi. Dalam hal ini fungsi seni sebagai pendidikan ....
A.   kritis
B.   kreatif
C.   apresiatif
D.   produktif

4.   Pendidikan seni dapat digunakan sebagai sarana pengaluran pengungkapan perasaan yang dihadapi anak, sehingga menghasilkan karya seni yang berbeda antara anak satu dengan yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan seni sebagai media ....
A.   ekspresi
B.   bermain
C.   kreatifitas
D.   pengebangan bakat

5.   Anak dapat melakukan kegiatan olah cipta karya seni, sehingga menghasilkan karya seni dwi matra atau tri matra. Hal ini bagi anak memberikan pengalaman ....
A.   kritis
B.   kultural
C.   perseptual
D.   produktif

6.   Berkenaan dengan bagaimana anak didik belajar memahami kejadian seni, mengamati dan menghargai seni dan berkreasi, untuk dapat membuat karya seni yang memiliki karakteristik. Hal tersebut termasuk pengalaman belajar ....
A.   artistik
B.   kultural
C.   kritis
D.   perseptual

7.   Jika kegiatan pameran atau pagelaran dapat dilaksanakan di SD, siswa dihadapan pada pembelajaran aopresiatif. Hal ini dapat dilakukan ....
A.   setiap hari
B.   satu minggu sekali
C.   satu catur wulan sekali
D.   satu tahun sekali

8.   Pengalaman kreatif siswa dalam pembuatan karya seni dan kerajinan dapat dilakukan melalui kegiatan sebagai berikut, sealin ....
A.   penuangan gagasan
B.   penguasaan teknik
C.   pemanfaatan media
D.   kemiripan bentuk yang harus di contoh

9.   Anak usia SD kelas tinggi menunjukan ciri sebagai berikut ....
A.   suka memuji diri sendiri
B.   suka membandingkan dirinya dengan orang lain
C.   membutuhkan bantuan orang lain dalam menyelesaikan tugas
D.   ingin memperoleh nilai baik tanpa memperhatikan prestasi

10.   Masa realisme permulaan, gambar yang dihasilkan oleh anak SD mengarah ke bentuk ....
A.   geometrik
B.   tidak proporsional
C.   realistrik dan detail
D.   menonjolkan bagian yang dianggap penting


11.   Pendidikan kerajinan tangan dan kesenian (KTK) di SD berisi gabungan sejumlah mata pelajaran yang serumpun atau sejenis. Hal ini pada hakikatnya menerapkan prinsip kurikulum ....
A.   integrasi
B.   terpadu
C.   korelasi
D.   broad field

12.   Jenis yang menggunakan unsur yang dapat di lihat dan dapat diraba merupakan konsep seni ....
A.   rupa
B.   tari
C.   musik
D.   sastra

13.   Berikut tergolong karya seni rupa terapan, kecuali ....
A.   poster
B.   reklame
C.   seni lukis
D.   seni ilustrasi

14.   Corak karya seni lukis yang menampilkan objek alam adalah ....
A.   abstrak
B.   realisme
C.   konvensional
D.   non representatif

15.   Gambar yang digunakan untuk mere-presentasi suatu objek, khususnya benda yang tidak dapat bergerak, disebut gambar ....
A.   proyeksi
B.   ilustrasi
C.   ornamen
D.   alam benda

16.   Unsur yang paling dominan dalam seni lukis adalah ....
A.   bintik
B.   garis
C.   warna
D.   bentuk

17.   Pada masa pra sejarah lukisan dapat di-manfaatkan untuk kepentingan ....
A.   relegi
B.   magis
C.   politik
D.   estetis

18.   Lukisan yang menampilkan kehidupan manusia yang menyedihkan, tergolong aliran ....
A.   realisme
B.   klasikisme
C.   surealisme
D.   romantisme

19.   Patung monumen adalah patung yang digunakan untuk ....
A.   dekorasi
B.   kepentingan religi
C.   kepentingan magis
D.   peringatan peristiwa

20.   Cetakan yang dihasilkan dari acuan irisan pelepah pisang, tergolong teknik cetak ....
A.   datar
B.   dalam
C.   tinggi
D.   saring

21.   Reklame yang melekat pada pembungkus suatu produk adalah ....
A.   poster
B.   papan nama
C.   kemasan
D.   papan reklame

22.   Kerajinan yang menggunakan rangkaian tumpang tindih atau susup menyusup bahan dari benang atau serat tumbuhan termasuk seni ....
A.   anyam
B.   tenun
C.   batik
D.   celup

23.   Diantara hal-hal berikut, manakah yang memiliki pengertian sama?
A.   Seni kerajinan dan Seni kriya
B.   Seni ukir dan Seni keramik
C.   seni tenun dan Seni batik
D.   Seni tenun dan Seni ukir

24.   Garis yang mengelilingi suatu objek gambar disebut
A.   siluet
B.   linear
C.   kontur
D.   proporsi

25.   Karya seni rupa dua dimensi yang gambarnya diblok warna hitam adalah raut ....
A.   negatif
B.   positif
C.   geometris
D.   bersudut
26.   Pigmen warna pigmen berikut yang termasuk warna sekunder?
A.   Merah, kuning, biru
B.   Hijau, violet, jingga
C.   Coklat, hijau, ungu
D.   Merah, biru, jingga

27.   Tekstur nyata dapat ditemukan dalam karya seni ....
A.   lukis
B.   gambar
C.   patung
D.   desain komputer grafis

28.   Untuk menampilkan gelap terang yang bergradasi halus melalui teknik ....
A.   arsir
B.   cahaya
C.   goresan
D.   chiaroscuro

29.   Perulangan bentuk dalam suatu unsur karya seni rupa akan menimbulkan prinsip ....
A.   irama
B.   proporsi
C.   kesatuan
D.   keselarasan

30.   Prinsip penekanan dari suatu gambar dapat diupayakan dengan ....
A.   menempatkan lingkaran besar diantara lingkaran lain
B.   menempatkan gambar orang dewasa pada sekelompok anak kecil
C.   menerapkan objek secara memencar
D.   memberikan warna merah diantara warna merah lain

31.   Proses yang berkenaan dengan penikmatan suatu karya seni rupa dan kerajinan tangan termasuk aktivitas ....
A.   aktif
B.   kreatif
C.   holistik
D.   apresiatif

32.   Tanggapan atas karya itu sendiri dan seniman sebagai pencipta, termasuk melakukan apresiasi secara ....
A.   apresiatif
B.   intraestetis
C.   komprehensif
D.   ekstraestetis

33.   Patung, relief, dan ornamen pada beberapa candi di Indonesia dibuat dengan teknik ....
A.   cor
B.   pahat
C.   butsir
D.   ukir tembus

34.   Seniman yang tampil di awal munculnya seni rupa modern di Indonesia adalah ....
A.   Affandi
B.   Basuki
C.   R. Saleh
D.   S. Sudjojono

35.   Menggambar bentuk dapat dilakukan dengan teknik sebagai berikut, kecuali
A.   ekspresi
B.   siluet
C.   perspektif
D.   gelap terang

36.   Kegiatan melukis dengan membayangkan untuk menciptakan suatu objek, dengan tetesan tinta termasuk melukis ....
A.   imajinatif
B.   imajinatif dengan teknik inleblot
C.   imajinatif dengan tarikan benang
D.   imajinatif dengan tarikan rintang warna

37.   Bahan yang digunakan sebagai perintang warna dalam melukis adalah sebagai berikut, kecuali
A.   lilin
B.   pastel
C.   krayon
D.   tinta

38.   Bahan penganti tanah liat dalam pembelajaran membentuk dengan teknik modeling di kelas dapat digunakan ....
A.   batu
B.   gips
C.   kapur
D.   plastisin

40.   Alat yang digunakan dalam mencetak dengan teknik monoprint adalah ....
A.   kaca
B.   plastisin
C.   tanah liat
D.   kertas

41.   Gambar yang digunakan untuk mengiringi suatu cerita atau karangan adalah gambar
A.   bentuk
B.   ekspresi
C.   ilustrasi
D.   reklame

42.   Gambar hiasan suatu objek yang karakter aslinya masih mudah dikenali disebut ....
A.   distorsi
B.   deformasi
C.   stilisasi
D.   transformasi

43.   Penggunaan lusi dan pakan yang saling menyusup satu tumpang satu disebut teknik menganyam ...
A.   tunggal
B.   ganda
C.   silang
D.   kepang

44.   Jenis ukiran yang dibuat berlobang-lobang termasuk ukir ....
A.   timbul
B.   torehan
C.   takokan
D.   krawangan

45.   Prinsip utama pembuatan batik adalah ....
A.   ketelitian
B.   pewarna berbentuk cair
C.   menggunakan malam
D.   menggunakan teknik tutup celup

46.   Kegiatan M3 dalam pembuatan mainan kertas karton, pada pembelajaran seni dapat memupuk anak di bidang seni ....
A.   ukir
B.   patung
C.   kerajinan
D.   rupa

47.   Materi pembelajaran seni rupa tiga dimensi, sesuai kurikulum SD saat ini adalah ....
A.   relief
B.   mosaik
C.   montase
D.   cetak tinggi



48.   Materi gambar yang disajikan di SD kelas rendah adalah gambar ....
A.   model
B.   huruf
C.   bentuk
D.   ilustrasi

49.   Materi hiasan yang disajikan sesuai kurikulum SD menggunakan teknik ....
A.   cetak
B.   mosaik
C.   bentuk
D.   huruf

50.   Untuk merangsang tumbuhnya kreativitas anak, pembelajaran seni rupa SD menekankan pada aktivitas ....
A.   mencontoh
B.   eksplorasi
C.   bermain
D.   menggambarkan bebas

No comments:

Post a Comment