LATIHAN MANDIRI
MATERI DAN
PEMBELAJARAN KERAJINAN TANGAN DAN KESENIAN SD
(PGSD4406)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 60, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Kriteria guru
yang sesuai untuk mengajarkan pendidikan seni di SD adalah ....
A. profesional
B. menguasai bidangnya
C. memiliki waktu cukup
D. memiliki sarana memadai
2. Arah
pembelajaran seni yang cocok untuk pendekatan seni dalam pendidikan adalah ....
A. keluarga, seniman, dan sekolah
kejuruan seni musik
B. masyarakat, perajin, dan sekolah
kejuruan seni rupa
C. sekolah kejuruan tari, sekolah
umum, dan keluarga
D. masyarakat, sekolah umum, dan
sekolah kejuruan industri kerajinan
3. Pendidikan seni merupakan sarana
pemberian pengalaman kepada siswa dalam merespons karya seni, sehingga dapat
menghargai karya seni dan lingkungan yang dihadapi. Dalam hal ini fungsi seni sebagai pendidikan ....
A. kritis
B. kreatif
C. apresiatif
D. produktif
4. Pendidikan seni
dapat digunakan sebagai sarana pengaluran pengungkapan perasaan yang dihadapi
anak, sehingga menghasilkan karya seni yang berbeda antara anak satu dengan
yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan seni sebagai media ....
A. ekspresi
B. bermain
C. kreatifitas
D. pengebangan bakat
5. Anak dapat melakukan
kegiatan olah cipta karya seni, sehingga menghasilkan karya seni dwi matra atau
tri matra. Hal ini bagi anak memberikan pengalaman ....
A. kritis
B. kultural
C. perseptual
D. produktif
6. Berkenaan dengan bagaimana anak
didik belajar memahami kejadian seni, mengamati dan menghargai seni dan
berkreasi, untuk dapat membuat karya seni yang memiliki karakteristik. Hal
tersebut termasuk pengalaman belajar ....
A. artistik
B. kultural
C. kritis
D. perseptual
7. Jika kegiatan
pameran atau pagelaran dapat dilaksanakan di SD, siswa dihadapan pada
pembelajaran aopresiatif. Hal ini dapat
dilakukan ....
A. setiap hari
B. satu minggu sekali
C. satu catur wulan sekali
D. satu tahun sekali
8. Pengalaman
kreatif siswa dalam pembuatan karya seni dan kerajinan dapat dilakukan melalui
kegiatan sebagai berikut, sealin ....
A. penuangan gagasan
B. penguasaan teknik
C. pemanfaatan media
D. kemiripan bentuk yang harus di
contoh
9. Anak usia SD
kelas tinggi menunjukan ciri sebagai berikut ....
A. suka memuji diri sendiri
B. suka membandingkan dirinya dengan
orang lain
C. membutuhkan bantuan orang lain
dalam menyelesaikan tugas
D. ingin memperoleh nilai baik tanpa
memperhatikan prestasi
10. Masa realisme permulaan, gambar yang
dihasilkan oleh anak SD mengarah ke bentuk ....
A. geometrik
B. tidak proporsional
C. realistrik dan detail
D. menonjolkan bagian yang dianggap penting
11. Pendidikan kerajinan tangan dan kesenian
(KTK) di SD berisi gabungan sejumlah mata pelajaran yang serumpun atau sejenis.
Hal ini pada hakikatnya menerapkan prinsip kurikulum ....
A. integrasi
B. terpadu
C. korelasi
D. broad field
12. Jenis yang menggunakan unsur yang dapat di
lihat dan dapat diraba merupakan konsep seni ....
A. rupa
B. tari
C. musik
D. sastra
13. Berikut tergolong karya seni rupa terapan, kecuali
....
A. poster
B. reklame
C. seni lukis
D. seni ilustrasi
14. Corak karya seni lukis yang menampilkan objek
alam adalah ....
A. abstrak
B. realisme
C. konvensional
D. non representatif
15. Gambar yang digunakan untuk mere-presentasi
suatu objek, khususnya benda yang tidak dapat bergerak, disebut gambar ....
A. proyeksi
B. ilustrasi
C. ornamen
D. alam benda
16. Unsur yang paling dominan dalam seni lukis
adalah ....
A. bintik
B. garis
C. warna
D. bentuk
17. Pada masa pra sejarah lukisan dapat
di-manfaatkan untuk kepentingan ....
A. relegi
B. magis
C. politik
D. estetis
18. Lukisan yang menampilkan kehidupan manusia
yang menyedihkan, tergolong aliran ....
A. realisme
B. klasikisme
C. surealisme
D. romantisme
19. Patung monumen adalah patung yang digunakan
untuk ....
A. dekorasi
B. kepentingan religi
C. kepentingan magis
D. peringatan peristiwa
20. Cetakan yang dihasilkan dari acuan irisan
pelepah pisang, tergolong teknik cetak ....
A. datar
B. dalam
C. tinggi
D. saring
21. Reklame yang melekat pada pembungkus suatu
produk adalah ....
A. poster
B. papan nama
C. kemasan
D. papan reklame
22. Kerajinan yang menggunakan rangkaian tumpang
tindih atau susup menyusup bahan dari benang atau serat tumbuhan termasuk seni
....
A. anyam
B. tenun
C. batik
D. celup
23. Diantara hal-hal berikut, manakah yang
memiliki pengertian sama?
A. Seni kerajinan dan Seni kriya
B. Seni ukir dan Seni keramik
C. seni tenun dan Seni batik
D. Seni tenun dan Seni ukir
24. Garis yang mengelilingi suatu objek gambar
disebut
A. siluet
B. linear
C. kontur
D. proporsi
25. Karya seni rupa dua dimensi yang gambarnya
diblok warna hitam adalah raut ....
A. negatif
B. positif
C. geometris
D. bersudut
26. Pigmen warna pigmen berikut yang termasuk
warna sekunder?
A. Merah, kuning, biru
B. Hijau, violet, jingga
C. Coklat, hijau, ungu
D. Merah, biru, jingga
27. Tekstur nyata dapat ditemukan dalam karya
seni ....
A. lukis
B. gambar
C. patung
D. desain komputer grafis
28. Untuk menampilkan gelap terang yang
bergradasi halus melalui teknik ....
A. arsir
B. cahaya
C. goresan
D. chiaroscuro
29. Perulangan bentuk dalam suatu unsur karya seni rupa akan
menimbulkan prinsip ....
A. irama
B. proporsi
C. kesatuan
D. keselarasan
30. Prinsip penekanan dari suatu gambar dapat diupayakan
dengan ....
A. menempatkan lingkaran besar diantara
lingkaran lain
B. menempatkan gambar orang dewasa pada
sekelompok anak kecil
C. menerapkan objek secara memencar
D. memberikan warna merah diantara warna merah
lain
31. Proses yang berkenaan dengan penikmatan suatu
karya seni rupa dan kerajinan tangan termasuk aktivitas ....
A. aktif
B. kreatif
C. holistik
D. apresiatif
32. Tanggapan atas karya itu sendiri dan seniman
sebagai pencipta, termasuk melakukan apresiasi secara ....
A. apresiatif
B. intraestetis
C. komprehensif
D. ekstraestetis
33. Patung, relief, dan ornamen pada beberapa
candi di Indonesia dibuat dengan teknik ....
A. cor
B. pahat
C. butsir
D. ukir tembus
34. Seniman
yang tampil di awal munculnya seni rupa modern di Indonesia adalah ....
A. Affandi
B. Basuki
C. R. Saleh
D. S. Sudjojono
35. Menggambar bentuk dapat dilakukan dengan
teknik sebagai berikut, kecuali
A. ekspresi
B. siluet
C. perspektif
D. gelap terang
36. Kegiatan melukis dengan membayangkan untuk
menciptakan suatu objek, dengan tetesan tinta termasuk melukis ....
A. imajinatif
B. imajinatif dengan teknik inleblot
C. imajinatif dengan tarikan benang
D. imajinatif dengan tarikan rintang warna
37. Bahan yang digunakan sebagai
perintang warna dalam melukis adalah sebagai berikut, kecuali
A. lilin
B. pastel
C. krayon
D. tinta
38. Bahan penganti tanah liat dalam pembelajaran
membentuk dengan teknik modeling di kelas dapat digunakan ....
A. batu
B. gips
C. kapur
D. plastisin
40. Alat yang digunakan dalam mencetak dengan
teknik monoprint adalah ....
A. kaca
B. plastisin
C. tanah liat
D. kertas
41. Gambar yang digunakan untuk mengiringi suatu
cerita atau karangan adalah gambar
A. bentuk
B. ekspresi
C. ilustrasi
D. reklame
42. Gambar hiasan suatu objek yang karakter
aslinya masih mudah dikenali disebut ....
A. distorsi
B. deformasi
C. stilisasi
D. transformasi
43. Penggunaan lusi dan pakan yang saling
menyusup satu tumpang satu disebut teknik menganyam ...
A. tunggal
B. ganda
C. silang
D. kepang
44. Jenis ukiran yang dibuat berlobang-lobang
termasuk ukir ....
A. timbul
B. torehan
C. takokan
D. krawangan
45. Prinsip utama pembuatan batik adalah ....
A. ketelitian
B. pewarna berbentuk cair
C. menggunakan malam
D. menggunakan teknik tutup celup
46. Kegiatan M3 dalam pembuatan mainan kertas
karton, pada pembelajaran seni dapat memupuk anak di bidang seni ....
A. ukir
B. patung
C. kerajinan
D. rupa
47. Materi pembelajaran seni rupa tiga dimensi,
sesuai kurikulum SD saat ini adalah ....
A. relief
B. mosaik
C. montase
D. cetak tinggi
48. Materi gambar yang disajikan di SD kelas rendah adalah gambar ....
A. model
B. huruf
C. bentuk
D. ilustrasi
49. Materi hiasan yang disajikan sesuai kurikulum
SD menggunakan teknik ....
A. cetak
B. mosaik
C. bentuk
D. huruf
50. Untuk merangsang tumbuhnya kreativitas anak,
pembelajaran seni rupa SD menekankan pada aktivitas ....
A. mencontoh
B. eksplorasi
C. bermain
D. menggambarkan bebas
No comments:
Post a Comment