LATIHAN MANDIRI
PENGEMBANGAN
KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
(PGSD4407)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 41 PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Manakah dari
pernyataan berikut yang menunjukkan pengertian kurikulum yang paling luas?
A. sejumlah mata pelajaran yang
harus dikuasai siswa setelah mengikuti jenjang pendidikan tertentu
B. semua mata pelajaran yang harus
dipelajari siswa untuk memperoleh ijazah
C. semua pengalaman belajar yang
dialami siswa berpengaruh terhadap perkembangan pribadinya
D. segala upaya sekolah untuk
mempengaruhi perkembangan kemampuan berpikir siswa
2. Sebagai alat
pendidikan, kurikulum hendaknya mengarahkan guru untuk mengembangkan kegiatan
yang sesuai dengan minat dan kemampuan siswa. Hal ini berkenaan dengan salah
satu fungsi kurikulum yaitu fungsi ....
A. penyesuaian
B. diagnostik
C. integrasi
D. pemilihan
3. Salah satu syarat rumusan
kurikulum adalah yang signifikan, artinya rumusan tersebut ....
A. berkaitan dengan tujuan institusional
B. sesuai dengan kemampuan siswa
C. didasarkan pada sistem nilai yang berlaku
D. bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari
4. Materi yang harus dikuasai siswa yang berupa
konsep-konsep yang memiliki hubungan fungsional merupakan isi kurikulum yang
termasuk kategori ....
A. fakta
B. generalisasi
C. prinsip
D. prosedur
5. Apabila materi pelajaran diurutkan dari
hal-hal yang sederhana atau mudah dimengerti siswa kepada hal-hal yang lebih
rumit atau sebaliknya, maka urutan materi pelajaran tersebut dibuat berdasarkan
urutan ....
A. kronologis
B. struktural
C. logis
D. spiral
6. Kegiatan pembelajaran yang
dilakukan guru hendaknya sistematik artinya kegiatan pembelajaran harus ....
A. berurutan sehingga tercapai
tujuan yang dirumuskan
B. terpadu satu sama lain sehingga
bermakna bagi siswa
C. dibuat secara rinci sehingga
mudah dilakukan
D. mengandung komponen kegiatan guru
dan siswa
7. Informasi
tentang banyaknya materi kurikulum yang akan dievaluasi berkaitan dengan
dimensi ....
A. kualitas
B. kuantitas
C. output
D. treatment
8. Dalam mengembangkan kurikulum, filsafat yang
dianut oleh pengembang akan mempengaruhi ....
A. tujuan kurikulum
B. materi kurikulum
C. kegiatan pembelajaran
D. jenis evaluasi
9. Agar
pembelajaran dapat membantu perkembangan siswa, maka guru harus ....
A. merumuskan tujuan pembelajaran
yang sesuai dengan kebutuhan siswa
B. menyajikan materi pelajaran
dengan cara yang mudah dipahami
C. menggunakan media pembelajaran
sederhana
D. melakukan evaluasi secara
berkesinambungan
10. Menurut teori
disiplin mental, seorang siswa menguasai sesuatu pelajaran melalui ....
A. hafalan dan latihan
B. pengalaman dan bekerja
C. pemecahan masalah
D. pemahaman dan pengalaman
11. Menurut teori gestalt, belajar sebaiknya
berdasarkan keseluruhan. Hal ini membawa implikasi bahwa pembelajaran harus
....
A. disesuaikan dengan minat dan kebutuhan siswa
B. bersumber dari masalah yang harus dipecahkan
siswa
C. bertujuan membina kepribadian siswa secara
terpadu
D. berkaitan dengan kegiatan ekstra-kurikuler
12. Apabila kita mengembangkan kurikulum dengan
menerapkan pendekatan fungsional, maka yang menjadi titik tolak pengembangan
adalah ....
A. disiplin ilmu
B. masalah yang dihadapi
C. kemampuan siswa
D. kebijakan pemerintah
13. Salah satu prinsip pengorganisasian
pengalaman belajar adalah kesinambungan, artinya pengalaman belajar yang
diberikan kepada siswa harus ....
A. berkaitan dengan pengalaman belajar
selanjutnya
B. bermanfaat untuk memperoleh pengalaman
belajar dalam bidang yang lain
C. sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
D. sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah
dirumuskan
14. Salah satu informasi yang dihasilkan dari
kegiatan analisis dan diagnostik kebutuhan adalah ....
A. tuntutan lapangan pekerjaan
B. sarana dan prasarana yang dibutuhkan
C. kemampuan yang harus dikuasai siswa
D. kebijakan pemerintah tentang pendidikan
15. kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa,
setelah mempelajari suatu pokok bahasan atau topik tercantum dalam rumusan
tujuan ....
A. instruksional umum
B. intruksional khusus
C. kurikuler
D. institusional
16. Manakah dari rumusan tujuan berikut yang
termasuk domain kognitif pada tingkat aplikasi?
A. Mengidentifikasi syarat-syarat karangan
B. Menyusun 5 kalimat aktif
C. Menjelaskan pola kalimat aktif
D. Membuat karangan sederhana tentang liburan
17. Tujuan kurikulum yang dirumuskan harus
bersifat komprehensif artinya rumusan tujuan tersebut harus ....
A. mencakup kemampuan intelektual, sikap dan
nilai, serta keterampilan
B. disesuaikan dengan perkembangan kognitif,
emosional, dan sosial siswa
C. berorientasi pada pemenuhan kebutuhan siswa
sebagai pribadi anggota masyarakat
D. mengacu pada pencapaian tujuan pendidikan
nasional
18. Manakah dari penyataan berikut yang
menunjukkan penerapan prinsip kontinutas dalam pengembangan kurikulum?
A. Kemampuan menulis siswa harus dikembangkan
melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS
B. Kemampuan yang dikembangkan pada berbagai
mata pelajaran diarahkan pada pencapaian kompetensi lulusan
C. Kemampuan matematika di kelas 5 merupakan
peningkatan kemampuan matematika kelas 4
D. Kemampuan yang harus dikuasai dijabarkan dari
kebutuhan dan tingkat perkembangan siswa
19. Dengan menerapkan prinsip fleksibilitas dalam
pengembangan kurikulum berarti kurikulum harus memberikan kesempatan kepada
siswa dalam ....
A. memilih program yang sesuai dengan minatnya
B. mengikuti pelajaran dengan santai
C. menentukan mata pelajaran yang akan
dipelajari
D. mengerjakan tugas yang diberikan
20. Manakah dari contoh berikut yang menunjukkan
keterampilan berpikir rasional?
A. Indah mampu mengambil keputusan yang tepat
ketika orang tuanya sakit
B. Dewa mampu menyampaikan gagasannya dalam suatu rapat sekolah
C. Rita mampu mengidentifikasik penyebab
kegagalan dalam mengerjakan tugas
D. Linda mampu mengolah data dengan menggunakan
aplikasi komputer
21. Agar siswa memiliki kemampuan yang utuh, guru
hendaknya menerapkan pembelajaran karena melalui pembelajaran terpadu siswa
dapat ....
A. mempelajari seluruh materi pelajaran secara
mendalam
B. melihat kaitan materi pelajaran yang satu
dengan yang lainnya
C. kesempatan untuk menerapkan materi pelajaran
dalam situasi nyata
D. memadukan kemampuannya untuk mengatasi
masalah
22. Pendidikan pada zaman Jepang lebih ditekankan
pada ....
A. latihan kemiliteran
B. pengembangan agama
C. kemampuan baca-tulis
D. pendidikan politik
23. Sesuai dengan namanya Rencana Pembelajaran
Terurai, pengorganisasian Kurikulum Tahun 1952 lebih mengacu pada jenis ....
A. terintegrasi
B. berkaitan
C. terpisah-pisah
D. gabungan
24. Apabila kita bandingkan antara Kurikulum 1964
dengan Kurikulum 1994, kegiatan krida pada Kurikulum 1964 memiliki fungsi yang
sama dengan salah satu program pengajaran pada kurikulum 1994, yaitu kegiatan
....
A. kurikuler
B. ko-kurikuler
C. intra-kurikuler
D. ekstra-kurikuler
25. Dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya,
organisasi materi kurikulum 1968 lebih mengacu pada kurikulum yang ....
A. terintegrasi
B. berkaitan
C. terpisah-pisah
D. gabungan
26. Menurut Kurikulum 1984, kegiatan kokurikuler
adalah kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah untuk membantu siswa
dalam ....
A. mengembangkan potensi yang dimiliki
B. menambah wawasan tentang materi pelajaran
C. menguasai materi pelajaran
D. memperluas pengetahuan siswa
27. Dengan menerapkan prinsip fleksibilitas dalam
pengembangan kurikulum berarti suatu program pembelajaran yang dilaksanakan di
sekolah harus ....
A. disesuaikan dengan kebutuhan siswa
B. berkaitan dengan program pembelajaran yang
lainnya
C. menurut siswa untuk belajar terus
D. dapat dilaksanakan sesuai dengan kondisi
sekolah
28. Pengembangan kurikulum di Philipina
menggunakan sistem sentralisasi dan desentralisasi artinya bahwa kurikulum
dikembangkan di tingkat ....
A. lokal dan pelaksanannya harus mengacu pada
kompetensi nasional
B. nasional dan pelaksanaannya diserahkan kepada
sekolah
C. nasional dengan mengakomodasi kebutuhan lokal
D. lokal tetapi tetap mengacu pada kebutuhan
nasional
29. Di Philipina kegiatan monitoring pelaksanaan
kurikulum pada tingkat lokal dilakukan melalui ....
A. pertemuan konsultatif antara para ahli dengan
guru-guru
B. studi penelitian tentang pelaksanaan
kurikulum di sekolah-sekolah
C. kunjungan supervisor ke sekolah-sekolah
D. pengamatan kepala sekolah terhadap guru yang
mengajar
30. Efektifitas pelaksanaan kurikulum di Amerika Serikat tidak
dilakukan secara formal oleh pemerintah karena ....
A. kurikulum dikembangkan pada tingkat negara
bagian (state)
B. acuan evaluasi dibuat berdasarkan pemantauan
terhadap praktek pelaksanaan kurikulum
C. Amerika Serikat memiliki bermacam-macam
lembaga yang membuat standar pelaksanaan kurikulum
D. setiap sekolah selalu membuat laporan
pelaksanaan kurikulum yang dikirim kepada pemerintah
31. Menurut UU No. 2 tahun 1989, dalam
melaksanakan kegiatan pendidikan, sekolah hendaknya ....
A. memperhatikan perkembangan peserta didik
dalam merancang pembelajaran
B. menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan
kebutuhan lingkungan dan ciri khas sekolah
C. menambah atau mengurangi mata pelajaran
sesuai dengan kebutuhan siswa
D. menjabarkan materi kurikulum sesuai dengan
kebutuhan sekolah
32. Guru sering mengeluhkan bahwa materi
kurikulum yang harus dikuasai siswa terlalu banyak sedangkan waktu yang
tersedia tidak mencukupi. Untuk mengejar target pencapaian kurikulum, guru
melaksanakan pembelajaran tanpa memperhatikan keaktifan siswa dalam belajar.
Guru mengajar seadanya yang penting materi kurikulum disampaikan kepada siswa.
Ilustrasi tersebut menunjukkan ketidakterterapan salah satu prinsip
pengembangan kurikulum, yaitu prinsip ....
A. kontinutas
B. efisiensi
C. fleksibilitas
D. relevansi
33. Salah satu alasan yang dapat mendorong
sekolah memilih “Kerajinan Tangan” sebagai mata pelajaran muatan lokal adalah
karena sekolah tersebut berada di daerah perkebunan rotan. Hal ini menunjukkan
bahwa dalam mengembangkan program muatan lokal, sekolah memperhatikan ....
A. lingkungan alam
B. lingkungan sosial
C. lingkungan budaya
D. kebutuhan daerah
34. Pemerintah sedang melaksanakan sosialisasi
kurikulum berbasis kompetensi terhadap guru-guru di sekolah. Tujuan yang
diharapkan dari kegiatan ini adalah ....
A. memasyarakatkan kurikulum berbasis kompetensi
pada guru-guru
B. mengidentifikasi kemungkinan penerapan
kurikulum berbasis kompetensi oleh guru
C. mengunjungi sekolah yang sedang menerapkan
kurikulum berbasis kompetensi
D. meminta guru untuk menerapkan kurikulum
berbasis kompetensi dalam pembelajaran
35. Pembinaan kurikulum harus selalu dilakukan
oleh guru dan kepala sekolah agar ....
A. pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan
tuntutan kurikulum
B. kemampuan guru dalam melaksanakan kurikulum
meningkat
C. kurikulum dapat disesuaikan dengan kebutuhan
sekolah
D. masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan
kurikulum dapat diketahui
36. Dibandingkan dengan kurikulum 1994, kurikulum
berbasis kompetensi lebih ditekankan pada peningkatan ....
A. kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa
B. mutu lulusan yang sesuai dengan kebutuhan
masyarakat
C. kreativitas siswa dalam belajar
D. kemampuan akademik siswa yang optimal
37. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai
siswa setelah menyelesaikan pendidikan adalah kompetensi kultural, yaitu
kemampuan dalam ....
A. menghadapi masalah dalam kehidupan
sehari-hari
B. memiliki pekerjaan yang sesuai dengan
kemampuannya
C. beradaptasi dengan sistem budaya yang berlaku
di masyarakat
D. menjalani kehidupan sehari-hari
dilingkungannya
38. Dalam pembelajaran, Bu Yanti selalu berusaha
agar setiap siswa dapat menguasai kompetensi yang diharapkan. Ketika ada siswa
yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas, Bu Yanti memberikan bimbingan
secara individual dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada di lingkungan
sekolah. Dalam membahas materi pelajaran Bu Yanti selalu menggunakan media
pengajaran yang bervariasi sehingga siswa dapat lebih cepat menguasai materi
pelajaran. Ilustrasi tersebut menunjukkan salah satu peran yang harus dilakukan
guru dalam pembelajaran, yaitu ....
A. motivator
B. fasilitator
C. pengamat
D. organisator
39. Suatu kurikulum dianggap memiliki perspektif
global apabila kurikulum tersebut memberikan kesempatan kepada siswa untuk ....
A. mengumpulkan informasi yang dapat digunakan
untuk menjadi warga negara yang produktif
B. mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang ada di masyarakat
C. berlatih mengatasi masalah yang dihadapi
masyarakat luas
D. mengembangkan kemampuan berpikir tingkat
tinggi dan kreativitas
40. Peningkatan mutu pendidikan melalui
kemandirian dan inisiatif sekolah merupakan salah satu tujuan penerapan
manajemen berbasis sekolah. Hal ini berarti sekolah harus ....
A. menyeleksi dan memanfaatkan sumber daya yang
tersedia untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran
B. melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan
kebutuhan dan kemampuan masyarakat
C. meningkatkan sumber daya manusia yang ada di
sekolah melalui pendidikan dan latihan
D. menyelenggarakan pembelajaran secara mandiri
tanpa tergantung pada pihak lain
41. Salah satu asumsi dasar penerapan manajemen
berbasis sekolah adanya pembagian kekuasaan antara pemerintah pusat dan
pemerintah daerah dalam pengelolaan sekolah. Hal ini berarti pelaksanaan
manajemen berbasis sekolah menuntut sekolah untuk ....
A. melaksankan pembelajaran secara profesional
B. menjalankan fungsinya sesuai dengan fungsi
dan perannya
C. memiliki visi dan misi yang sesuai dengan
fungsi perannya
D. melibatkan masyarakat dalam pelaksanaan
pembelajaran
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 42
SAMPAI DENGAN 50,
PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
42. Dalam pengembangan kurikulum, evaluasi
dilaksanakan untuk menentukan keberhasilan kurikulum dalam ....
1) pencapaian tujuan yang telah dirumuskan
2) pelaksanaan kurikulum dalam pembelajaran
3) implementasi evaluasi dalam pembelajaran
43. Ciri-ciri evaluasi adalah ....
1) berbentuk nilai
2) berorientasi pada materi
3) memiliki nilai diagnostik
44. Sebagai ekspeditor dalam pengembangan
kurikulum, guru dituntut untuk ....
1) mengidentifikasi sumber belajar yang ada
dilingkungan sekolah
2) memanfaatkan masyarakat dalam kegiatan
pembelajaran
3) mengembangkan pembelajaran yang membantu
siswa belajar
45. Pengembangan program muatan lokal ditingkat
sekolah dasar didasarkan pada ....
1) PP No. 29 Tahun 1990
2) UU No. 2 tahun 1989
3) Kep. Mendikbud No. 060/1993
46. Era Globalisasi ditandai oleh ....
1) berkurangnya interaksi langsung antarwarga
2) kaburnya batas kedaulatan wilayah tertentu
3) panjangnya jarak budaya antargenerasi
47. Dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah.
Kurikulum berbasis kompetensi memiliki kelebihan yaitu memberi ....
1) peluang kepada sekolah untuk mengembangkan
mata pelajaran sesuai dengan kebutuhan
2) kesempatan kepada guru untuk meningkatkan
kreativitas dalam melaksanakan pembelajaran
3) kemudahan kepada guru untuk menentukan
kemampuan yang harus dikuasai siswa melalui pembelajaran
48. Masyarakat yang memiliki budaya progresif
menunjukkan ....
1) kebiasaan membaca yang tinggi
2) kemampuan menyerap ilmu pengetahuan dengan
cepat
3) cara berpikir yang realistik
49. Seorang guru SD dianggap telah mencapai
kompetensi penguasaan pembelajaran yang mendidik, apabila guru tersebut telah
menunjukkan kemampuannya dalam ....
1) menerapkan prinsip-prinsip belajar usia SD
dalam pembelajaran
2) merancang pembelajaran berdasarkan kebutuhan
belajar anak usia SD
3) mengidentifikasi kemampuan dan kebutuhan anak
usia SD
50. Seorang siswa lulusan SD diharapkan memiliki
kompetensi ....
1) keagamaan
2) ekonomi
3) emosional
No comments:
Post a Comment