Cloud Hosting Indonesia

14 April, 2014

Soal Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran



LATIHAN MANDIRI
PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
(PGSD4407)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 41  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Manakah dari pernyataan berikut yang menunjukkan pengertian kurikulum yang paling luas?       
A.   sejumlah mata pelajaran yang harus dikuasai siswa setelah mengikuti jenjang pendidikan tertentu
B.   semua mata pelajaran yang harus dipelajari siswa untuk memperoleh ijazah
C.   semua pengalaman belajar yang dialami siswa berpengaruh terhadap perkembangan pribadinya
D.   segala upaya sekolah untuk mempengaruhi perkembangan kemampuan berpikir siswa

2.   Sebagai alat pendidikan, kurikulum hendaknya mengarahkan guru untuk mengembangkan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan siswa. Hal ini berkenaan dengan salah satu fungsi kurikulum yaitu fungsi ....        
A.   penyesuaian
B.   diagnostik
C.   integrasi
D.   pemilihan
     
3.   Salah satu syarat rumusan kurikulum adalah yang signifikan, artinya rumusan tersebut ....
A.   berkaitan dengan tujuan institusional
B.   sesuai dengan kemampuan siswa
C.   didasarkan pada sistem nilai yang berlaku
D.   bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari

4.   Materi yang harus dikuasai siswa yang berupa konsep-konsep yang memiliki hubungan fungsional merupakan isi kurikulum yang termasuk kategori ....
A.   fakta
B.   generalisasi
C.   prinsip
D.   prosedur

5.   Apabila materi pelajaran diurutkan dari hal-hal yang sederhana atau mudah dimengerti siswa kepada hal-hal yang lebih rumit atau sebaliknya, maka urutan materi pelajaran tersebut dibuat berdasarkan urutan ....
A.   kronologis
B.   struktural
C.   logis
D.   spiral

6.   Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru hendaknya sistematik artinya kegiatan pembelajaran harus ....
A.   berurutan sehingga tercapai tujuan yang dirumuskan
B.   terpadu satu sama lain sehingga bermakna bagi siswa
C.   dibuat secara rinci sehingga mudah dilakukan
D.   mengandung komponen kegiatan guru dan siswa

7.   Informasi tentang banyaknya materi kurikulum yang akan dievaluasi berkaitan dengan dimensi ....
A.   kualitas
B.   kuantitas
C.   output
D.   treatment

8.   Dalam mengembangkan kurikulum, filsafat yang dianut oleh pengembang akan mempengaruhi ....
A.   tujuan kurikulum
B.   materi kurikulum
C.   kegiatan pembelajaran
D.   jenis evaluasi

9.   Agar pembelajaran dapat membantu perkembangan siswa, maka guru harus ....
A.   merumuskan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa
B.   menyajikan materi pelajaran dengan cara yang mudah dipahami
C.   menggunakan media pembelajaran sederhana
D.   melakukan evaluasi secara berkesinambungan

10.   Menurut teori disiplin mental, seorang siswa menguasai sesuatu pelajaran melalui ....
A.   hafalan dan latihan
B.   pengalaman dan bekerja
C.   pemecahan masalah
D.   pemahaman dan pengalaman

11.   Menurut teori gestalt, belajar sebaiknya berdasarkan keseluruhan. Hal ini membawa implikasi bahwa pembelajaran harus ....
A.   disesuaikan dengan minat dan kebutuhan siswa
B.   bersumber dari masalah yang harus dipecahkan siswa
C.   bertujuan membina kepribadian siswa secara terpadu
D.   berkaitan dengan kegiatan ekstra-kurikuler

12.   Apabila kita mengembangkan kurikulum dengan menerapkan pendekatan fungsional, maka yang menjadi titik tolak pengembangan adalah ....
A.   disiplin ilmu
B.   masalah yang dihadapi
C.   kemampuan siswa
D.   kebijakan pemerintah

13.   Salah satu prinsip pengorganisasian pengalaman belajar adalah kesinambungan, artinya pengalaman belajar yang diberikan kepada siswa harus ....
A.   berkaitan dengan pengalaman belajar selanjutnya
B.   bermanfaat untuk memperoleh pengalaman belajar dalam bidang yang lain
C.   sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
D.   sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan

14.   Salah satu informasi yang dihasilkan dari kegiatan analisis dan diagnostik kebutuhan adalah ....
A.   tuntutan lapangan pekerjaan
B.   sarana dan prasarana yang dibutuhkan
C.   kemampuan yang harus dikuasai siswa
D.   kebijakan pemerintah tentang pendidikan

15.   kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa, setelah mempelajari suatu pokok bahasan atau topik tercantum dalam rumusan tujuan ....
A.   instruksional umum
B.   intruksional khusus
C.   kurikuler
D.   institusional

16.   Manakah dari rumusan tujuan berikut yang termasuk domain kognitif pada tingkat aplikasi?
A.   Mengidentifikasi syarat-syarat karangan
B.   Menyusun 5 kalimat aktif
C.   Menjelaskan pola kalimat aktif
D.   Membuat karangan sederhana tentang liburan

17.   Tujuan kurikulum yang dirumuskan harus bersifat komprehensif artinya rumusan tujuan tersebut harus ....
A.   mencakup kemampuan intelektual, sikap dan nilai, serta keterampilan
B.   disesuaikan dengan perkembangan kognitif, emosional, dan sosial siswa
C.   berorientasi pada pemenuhan kebutuhan siswa sebagai pribadi anggota masyarakat
D.   mengacu pada pencapaian tujuan pendidikan nasional

18.   Manakah dari penyataan berikut yang menunjukkan penerapan prinsip kontinutas dalam pengembangan kurikulum?
A.   Kemampuan menulis siswa harus dikembangkan melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS
B.   Kemampuan yang dikembangkan pada berbagai mata pelajaran diarahkan pada pencapaian kompetensi lulusan
C.   Kemampuan matematika di kelas 5 merupakan peningkatan kemampuan matematika kelas 4
D.   Kemampuan yang harus dikuasai dijabarkan dari kebutuhan dan tingkat perkembangan siswa

19.   Dengan menerapkan prinsip fleksibilitas dalam pengembangan kurikulum berarti kurikulum harus memberikan kesempatan kepada siswa dalam ....
A.   memilih program yang sesuai dengan minatnya
B.   mengikuti pelajaran dengan santai
C.   menentukan mata pelajaran yang akan dipelajari
D.   mengerjakan tugas yang diberikan

20.   Manakah dari contoh berikut yang menunjukkan keterampilan berpikir rasional?
A.   Indah mampu mengambil keputusan yang tepat ketika orang tuanya sakit
B.   Dewa mampu menyampaikan gagasannya  dalam suatu rapat sekolah
C.   Rita mampu mengidentifikasik penyebab kegagalan dalam mengerjakan tugas
D.   Linda mampu mengolah data dengan menggunakan aplikasi komputer

21.   Agar siswa memiliki kemampuan yang utuh, guru hendaknya menerapkan pembelajaran karena melalui pembelajaran terpadu siswa dapat ....
A.   mempelajari seluruh materi pelajaran secara mendalam
B.   melihat kaitan materi pelajaran yang satu dengan yang lainnya
C.   kesempatan untuk menerapkan materi pelajaran dalam situasi nyata
D.   memadukan kemampuannya untuk mengatasi masalah

22.   Pendidikan pada zaman Jepang lebih ditekankan pada ....
A.   latihan kemiliteran
B.   pengembangan agama
C.   kemampuan baca-tulis
D.   pendidikan politik

23.   Sesuai dengan namanya Rencana Pembelajaran Terurai, pengorganisasian Kurikulum Tahun 1952 lebih mengacu pada jenis ....
A.   terintegrasi
B.   berkaitan
C.   terpisah-pisah
D.   gabungan

24.   Apabila kita bandingkan antara Kurikulum 1964 dengan Kurikulum 1994, kegiatan krida pada Kurikulum 1964 memiliki fungsi yang sama dengan salah satu program pengajaran pada kurikulum 1994, yaitu kegiatan ....
A.   kurikuler
B.   ko-kurikuler
C.   intra-kurikuler
D.   ekstra-kurikuler

25.   Dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya, organisasi materi kurikulum 1968 lebih mengacu pada kurikulum yang ....
A.   terintegrasi
B.   berkaitan
C.   terpisah-pisah
D.   gabungan

26.   Menurut Kurikulum 1984, kegiatan kokurikuler adalah kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah untuk membantu siswa dalam ....
A.   mengembangkan potensi yang dimiliki
B.   menambah wawasan tentang materi pelajaran
C.   menguasai materi pelajaran
D.   memperluas pengetahuan siswa

27.   Dengan menerapkan prinsip fleksibilitas dalam pengembangan kurikulum berarti suatu program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah harus ....
A.   disesuaikan dengan kebutuhan siswa
B.   berkaitan dengan program pembelajaran yang lainnya
C.   menurut siswa untuk belajar terus
D.   dapat dilaksanakan sesuai dengan kondisi sekolah

28.   Pengembangan kurikulum di Philipina menggunakan sistem sentralisasi dan desentralisasi artinya bahwa kurikulum dikembangkan di tingkat ....
A.   lokal dan pelaksanannya harus mengacu pada kompetensi nasional
B.   nasional dan pelaksanaannya diserahkan kepada sekolah
C.   nasional dengan mengakomodasi kebutuhan lokal
D.   lokal tetapi tetap mengacu pada kebutuhan nasional

29.   Di Philipina kegiatan monitoring pelaksanaan kurikulum pada tingkat lokal dilakukan melalui ....
A.   pertemuan konsultatif antara para ahli dengan guru-guru
B.   studi penelitian tentang pelaksanaan kurikulum di sekolah-sekolah
C.   kunjungan supervisor ke sekolah-sekolah
D.   pengamatan kepala sekolah terhadap guru yang mengajar

30.   Efektifitas pelaksanaan kurikulum di Amerika Serikat tidak dilakukan secara formal oleh pemerintah karena ....
A.   kurikulum dikembangkan pada tingkat negara bagian (state)
B.   acuan evaluasi dibuat berdasarkan pemantauan terhadap praktek pelaksanaan kurikulum
C.   Amerika Serikat memiliki bermacam-macam lembaga yang membuat standar pelaksanaan kurikulum
D.   setiap sekolah selalu membuat laporan pelaksanaan kurikulum yang dikirim kepada pemerintah

31.   Menurut UU No. 2 tahun 1989, dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, sekolah hendaknya  ....
A.   memperhatikan perkembangan peserta didik dalam merancang pembelajaran
B.   menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan kebutuhan lingkungan dan ciri khas sekolah
C.   menambah atau mengurangi mata pelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa
D.   menjabarkan materi kurikulum sesuai dengan kebutuhan sekolah

32.   Guru sering mengeluhkan bahwa materi kurikulum yang harus dikuasai siswa terlalu banyak sedangkan waktu yang tersedia tidak mencukupi. Untuk mengejar target pencapaian kurikulum, guru melaksanakan pembelajaran tanpa memperhatikan keaktifan siswa dalam belajar. Guru mengajar seadanya yang penting materi kurikulum disampaikan kepada siswa. Ilustrasi tersebut menunjukkan ketidakterterapan salah satu prinsip pengembangan kurikulum, yaitu prinsip ....
A.   kontinutas
B.   efisiensi
C.   fleksibilitas
D.   relevansi

33.   Salah satu alasan yang dapat mendorong sekolah memilih “Kerajinan Tangan” sebagai mata pelajaran muatan lokal adalah karena sekolah tersebut berada di daerah perkebunan rotan. Hal ini menunjukkan bahwa dalam mengembangkan program muatan lokal, sekolah memperhatikan ....
A.   lingkungan alam
B.   lingkungan sosial
C.   lingkungan budaya
D.   kebutuhan daerah

34.   Pemerintah sedang melaksanakan sosialisasi kurikulum berbasis kompetensi terhadap guru-guru di sekolah. Tujuan yang diharapkan dari kegiatan ini adalah ....
A.   memasyarakatkan kurikulum berbasis kompetensi pada guru-guru
B.   mengidentifikasi kemungkinan penerapan kurikulum berbasis kompetensi oleh guru
C.   mengunjungi sekolah yang sedang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi
D.   meminta guru untuk menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dalam pembelajaran

35.   Pembinaan kurikulum harus selalu dilakukan oleh guru dan kepala sekolah agar ....
A.   pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan tuntutan kurikulum
B.   kemampuan guru dalam melaksanakan kurikulum meningkat
C.   kurikulum dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah
D.   masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan kurikulum dapat diketahui

36.   Dibandingkan dengan kurikulum 1994, kurikulum berbasis kompetensi lebih ditekankan pada peningkatan ....
A.   kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa
B.   mutu lulusan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat
C.   kreativitas siswa dalam belajar
D.   kemampuan akademik siswa yang optimal

37.   Salah satu kompetensi yang harus dikuasai siswa setelah menyelesaikan pendidikan adalah kompetensi kultural, yaitu kemampuan dalam ....
A.   menghadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari
B.   memiliki pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya
C.   beradaptasi dengan sistem budaya yang berlaku di masyarakat
D.   menjalani kehidupan sehari-hari dilingkungannya

38.   Dalam pembelajaran, Bu Yanti selalu berusaha agar setiap siswa dapat menguasai kompetensi yang diharapkan. Ketika ada siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas, Bu Yanti memberikan bimbingan secara individual dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada di lingkungan sekolah. Dalam membahas materi pelajaran Bu Yanti selalu menggunakan media pengajaran yang bervariasi sehingga siswa dapat lebih cepat menguasai materi pelajaran. Ilustrasi tersebut menunjukkan salah satu peran yang harus dilakukan guru dalam pembelajaran, yaitu ....
        A.   motivator
B.   fasilitator
C.   pengamat
D.   organisator

39.   Suatu kurikulum dianggap memiliki perspektif global apabila kurikulum tersebut memberikan kesempatan kepada siswa untuk ....
A.   mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk menjadi warga negara yang produktif
B.   mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di masyarakat
C.   berlatih mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat luas
D.   mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kreativitas
     
40.   Peningkatan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah merupakan salah satu tujuan penerapan manajemen berbasis sekolah. Hal ini berarti sekolah harus ....
A.   menyeleksi dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran
B.   melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat
C.   meningkatkan sumber daya manusia yang ada di sekolah melalui pendidikan dan latihan
D.   menyelenggarakan pembelajaran secara mandiri tanpa tergantung pada pihak lain

41.   Salah satu asumsi dasar penerapan manajemen berbasis sekolah adanya pembagian kekuasaan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pengelolaan sekolah. Hal ini berarti pelaksanaan manajemen berbasis sekolah menuntut sekolah untuk ....
A.   melaksankan pembelajaran secara profesional
B.   menjalankan fungsinya sesuai dengan fungsi dan perannya
C.   memiliki visi dan misi yang sesuai dengan fungsi perannya
D.   melibatkan masyarakat dalam pelaksanaan pembelajaran

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   42   SAMPAI   DENGAN  50,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!

42.   Dalam pengembangan kurikulum, evaluasi dilaksanakan untuk menentukan keberhasilan kurikulum dalam ....
1)   pencapaian tujuan yang telah dirumuskan
2)   pelaksanaan kurikulum dalam pembelajaran
3)   implementasi evaluasi dalam pembelajaran

43.   Ciri-ciri evaluasi adalah ....
1)   berbentuk nilai
2)   berorientasi pada materi
3)   memiliki nilai diagnostik

44.   Sebagai ekspeditor dalam pengembangan kurikulum, guru dituntut untuk ....
1)   mengidentifikasi sumber belajar yang ada dilingkungan sekolah
2)   memanfaatkan masyarakat dalam kegiatan pembelajaran
3)   mengembangkan pembelajaran yang membantu siswa belajar

45.   Pengembangan program muatan lokal ditingkat sekolah dasar didasarkan pada ....
1)   PP No. 29 Tahun 1990
2)   UU No. 2 tahun 1989
3)   Kep. Mendikbud No. 060/1993

46.   Era Globalisasi ditandai oleh ....
1)   berkurangnya interaksi langsung antarwarga
2)   kaburnya batas kedaulatan wilayah tertentu
3)   panjangnya jarak budaya antargenerasi

47.   Dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Kurikulum berbasis kompetensi memiliki kelebihan yaitu memberi ....
1)   peluang kepada sekolah untuk mengembangkan mata pelajaran sesuai dengan kebutuhan
2)   kesempatan kepada guru untuk meningkatkan kreativitas dalam melaksanakan pembelajaran
3)   kemudahan kepada guru untuk menentukan kemampuan yang harus dikuasai siswa melalui pembelajaran




48.   Masyarakat yang memiliki budaya progresif menunjukkan ....
1)   kebiasaan membaca yang tinggi
2)   kemampuan menyerap ilmu pengetahuan dengan cepat
3)   cara berpikir yang realistik

49.   Seorang guru SD dianggap telah mencapai kompetensi penguasaan pembelajaran yang mendidik, apabila guru tersebut telah menunjukkan kemampuannya dalam ....
1)   menerapkan prinsip-prinsip belajar usia SD dalam pembelajaran
2)   merancang pembelajaran berdasarkan kebutuhan belajar anak usia SD
3)   mengidentifikasi kemampuan dan kebutuhan anak usia SD

50.   Seorang siswa lulusan SD diharapkan memiliki kompetensi ....
1)   keagamaan
2)   ekonomi
3)   emosional

No comments:

Post a Comment