LATIHAN MANDIRI
MANAJEMEN
BERBASIS SEKOLAH
(PGSD4408)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 50, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Manajemen
Berbasis Sekolah (MBS) adalah memberikan kewenangan kepada ....
A. murid-murid untuk mengembangkan
kemampuannya masing-masing
B. guru-guru agar secara bebas dalam
menggunakan waktu pembelajaran
C. kepala sekolah dalam membuat
peraturan sekolah
D. sekolah untuk melakukan perbaikan
dan peningkatan berkelanjutan
2. Key person
dalam pelaksanaan MBS adalah ....
A. kepala sekolah
B. guru
C. murid
D. masyarakat
3. Pendekatan MBS memerlukan proses
dan waktu. Salah
satu aspek tersebut adalah ....
A. kemampuan sekolah dalam
meng-adaptasi perubahan-perubahan
B. desain organisasi yang mampu mengakomodasi
dan mengembangkan program yang relevan dengan kebutuhan masya-rakat
C. kebijakan pemerintah terhadap pengembangan
dan pembaharuan sekolah
D. kemampuan kepala sekolah dalam
membuat program sekolah
4. Tiga hal yang
harus diperhatikan dalam memahami konsep MBS, kecuali ....
A. pengkajian konsep MBS yang
menyangkut kekuatan desentralisasi dan kewenangan sekolah
B. penelitian tentang program MBS berkenaan
dengan desentralisasi kekuasaan dan program peningkatan partisipasi
C. strategi MBS harus lebih menekankan kepada
elemen manajemen partisipatif
D. kebijakan otonomi dari pemerintah
terhadap sekolah
5. Yang dimaksud
dewan sekolah adalah ....
A. lembaga khusus yang dibentuk
berdasarkan musyawarah untuk peningkatan mutu pendidikan
B. lembaga pengembangan strategi MBS
sesuai dengan visi dan misi sekolah
C. lembaga yang
mempertanggung-jawabkan pekerjaannya kepada kepala sekolah
D. lembaga pengelolaan dan
pemanfaatan sumber-sumber daya sekolah
6. Yang tidak termasuk dalam tujuan
dewan sekolah adalah ....
A. mewadahi dan meningkatkan peran
serta stake holder pendidikan dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan
sekolah
B. mewadahi peran serta kebijakan
pemerintah daerah
C. memfasilitasi upaya peningkatan
kinerja kepala sekolah, guru dan staf lainnya secara profesional
D. memfasilitasi dan mengontrol
penerapan sistem manajemen sekolah
7. MBS dapat
efektif diterapkan jika didukung oleh sistem ....
A. keuangan yang memadai
B. program-program sekolah yang
efektif
C. pengangkatan guru-guru yang
profesional
D. berbagi kekuasaan atau power
antara pemerintah pusat dan daerah
8. Otonomi
merupakan tindakan desentralisasi yang dilakukan oleh lembaga yang lebih tinggi
ke tingkat bawah sampai tingkat sekolah. Hal tersebut dikemukakan oleh ....
A. Blair
B. Lawler
C. Mohrman
D. Gordon
9. Konsep MBS
mutlak perlu dilaksanakan karena wilayah geografis Indonesia, aneka ragam
sosial budaya, agama dan perkembangan politik dan ekonomi. Hal tersebut
dikemukakan oleh ....
A. Santoso S Hamijoyo
B. M. Achan
C. M. Fakry Gaffar
D. Made Pidarta
10. MBS mempunyai
multi dimensi yang mencakup aspek politik, edukatif, administrative finansial.
Hal tersebut dikemukakan oleh ....
A. Illrich
B. Fiska
C. Rondnell
D. Machere
11. Penerapan MBS ditingkat pendidikan dasar di
Indonesia dikelompokkan menjadi tiga kategori, kecuali ....
A. MBS secara penuh atau tinggi
B. MBS tingkat menengah atau sedang
C. MBS secara tahapan atau langsung
D. MBS secara minimal atau rendah
12. Kemampuan sekolah dalam menyusun rencana
sekolah, anggaran, dan mengelolanya serta memberdayakan masyarakat merupakan
suatu ....
A. rancangan konsep MBS
B. tahapan pelaksanaan MBS
C. strategi penerapan konsep MBS
D. tujuan dari MBS
13. Membantu menjelaskan pengelolaan sekolah baik
yang sedang berlangsung maupun yang akan datang adalah merupakan ....
A. tujuan MBS
B. tujuan rencana sekolah
C. laporan sekolah
D. langkah-langkah pelaksanaan MBS
14. Kesiapan sumber daya manusia yang terkait
dalam MBS serta katagori sekolah dan daerah adalah merupakan kompo-nen dalam
....
A. tujuan rencana sekolah
B. persyaratan pelaksanaan MBS
C. perencanaan sekolah
D. tujuan MBS
15. Adanya kegiatan sosialisasi, piloting dan
desiminasi merupakan kegiatan dari tahapan ....
A. persiapan strategi dan penerapan konsep MBS
B. pengenalan konsep MBS kepada sekolah-sekolah
C. hasil kegiatan dari pelaksanaan MBS di
sekolah
D. persyaratan pelaksanaan MBS
16. Faktor-faktor yang terlibat pengelolaan MBS
yang meliputi lingkungan eksternal, manusia, tujuan, kebiasaan, hasil dan
proses, merupakan pendapat dari ....
A. Hannaway
B. Coney
C. Patrik Whitaks
D. Gronberg
17. Pedoman pelaksanaan MBS yang mencakup kerangka nasional dan
otonomi sekolah meliputi tiga kegiatan, kecuali ....
A. rencana sekolah
B. pembiayaan
C. monitoring dan evaluasi
D. pelaksanaan kegiatan sekolah
18. Kegiatan sekolah dalam menyusun anggaran yang
terdiri dari sumber-sumber dana dari pemerintah, orang tua murid, dan
masyarakat termasuk dalam rencana ....
A. sekolah
B. pembiayaan
C. monitoring
D. observasi
19. Pedoman yang terdiri dari seperangkat
peraturan yang diperlukan untuk pelaksanaan otonomi pada masing-masing unsur
merupakan pedoman dari ....
A. pusat
B. sekolah
C. pemerintah setempat
D. masyarakat
20. Yang dimaksud dengan konteks dalam MBS adalah
....
A. evaluasi yang dilakukan oleh pengawas Dati II
pusat
B. evaluasi yang dilakukan berdasarkan komponen
C. evaluasi berdasarkan penemuan dari
pelaksanaan MBS
D. eksternalitas sekolah demand dan support
21. Bentuk model pengelolaan dalam pelaksanaan
MBS di Australia ditandai dengan tiga kemungkinan yaitu, kecuali ....
A. standard flexibility option - So
B. resourse flexibility option - So
C. enhanced flexibility option - Eo1
D. enhanced flexibility option - Eo2
22. Sedangkan model pelaksanaan MBS di Amerika adalah ....
A. long life education
B. learning by doing
C. pendidikan by charter
D. school annual planning
23. Di Indonesia pelaksanaan MBS ditandai oleh ....
A. otonomi penuh sekolah yang mempunyai visi dan
misi yang perlu dipertahankan
B. wewenang pusat yang tetap melaksanakan
pemantauan
C. sekolah secara penuh berhak menyusun rencana
strategis
D. pertanggungjawaban perencanaan dan
pelaksanaan sekolah
24. Perimbangan keuangan antara pusat dan daerah
untuk mengatur dan menampung aspirasi masyarakat dalam melaksana-kan kontrol
terhadap sekolah tertuang dalam undang-undang ....
A. nomor 20 - tahun 1999 dan UU 25 - 2000
B. nomor 20 - tahun 1999 dan UU 26 - 2000
C. nomor 22 - tahun 1999 dan UU 25 - 2000
D. nomor 23 - tahun 1999 dan UU 27 - 2000
25. Yang tidak termasuk dalam faktor-faktor yang
mempengaruhi penentuan kinerja kepala sekolah dalam pelaksanaan MBS yaitu ....
A. kurikulum yang flexible
B. proses belajar mengajar yang efektif
C. lingkungan sekolah dan sumber daya sekolah
D. pedoman pengawasan sekolah
26. Terdapat sepuluh tujuan kurikulum yang akan
dicapai dalam jangka panjang yang dirancang kebijaksanaan sekolah dalam MBS.
Hal ini dikemukakan oleh ....
A. Glathorn
B. Kirst’s
C. Blair
D. Dubrin
27. Proses belajar mengajar efektif adalah suatu
kondisi yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir dan berbeda
pendapat. Cara belajar seperti tersebut di atas adalah menggunakan metode ....
A. Resource based learning
B. Instructional aids
C. School base manajemen
D. Learning by doing
28. Akuntabilitas adalah kondisi seseorang dinilai oleh orang lain
karena kualitas performenya dalam mencapai tujuan yang menjadi tanggung
jawabnya, dikemuka-kan oleh ....
A. Blair
B. Eliot
C. Mc. Ashan
D. Glathorn
29. Fungsi akuntabilitas adalah ....
A. memberikan informasi yang selalu siap dan
akurat
B. adanya peluang untuk komunikasi dalam
mencapai kesepakatan
C. petugas pelaksana tidak boleh menyimpang dari
kesepakatan bersama
D. memberikan kesempatan untuk memperbaiki
kesalahan-kesalahan
30. Yang tidak termasuk dalam akuntabilitas
pendidikan yang dikemukakan oleh Mc. Ashan
adalah ....
A. program dan manajemen personalia yang
mengarah kepada tujuan
B. manajemen yang efektif dan efisien
C. pengembangan program, personalia dan hubungan
masyarakat
D. perencanaan yang disesuaikan dengan kebutuhan
sekolah
31. Yang dimaksud dengan perencanaan
partisipatori adalah perencanaan yang menekankan ....
A. sifat lokal atau desentralisasi
B. sifat pusat atau sentralisasi
C. sifat pusat dan lokal
D. kepada pengendalian di lapangan
32. Memperjelas program yang operasional, tujuan
yang spesifik merupakan ....
A. manfaat akuntabilitas
B. langkah-langkah akuntabilitas
C. tujuan akuntabilitas
D. konsep akuntabilitas
33. Yang tidak termasuk dalam prinsip-prinsip
manajemen sekolah unggul adalah ....
A. adanya proses berkelanjutan dalam peningkatan
mutu
B. mutu harus ditentukan oleh pengguna
C. prestasi diperoleh melalui pemahaman visi
sekolah dan siswa berprestasi
D. mudah beradaptasi dengan perubahan yang ada
di masyarakat
34. Sekolah yang mempunyai visi, misi dan adanya
komitmen staf untuk berprestasi serta kendali mutu dan perbaikan berkelanjutan
dengan dukungan masyarakat adalah sekolah ....
A. swasta
B. IPTEK
C. unggul
D. modern
35. MBS menuntut adanya perubahan budaya
organisasi yang diarahkan kepada pencapaian ....
A. tujuan
B. kuantitas
C. kualitas
D. program
36. Dalam upaya perbaikan dan peningkatan mutu
pendidikan berkelanjutan sebaiknya kepala sekolah memberikan wewenang kepada ....
A. guru
B. siswa
C. staf administrasi
D. masyarakat
37. Yang dimaksud dengan Total Quality Management atau TQM
adalah ....
A. suatu pendekatan yang seharusnya menjadi paradigma MBS
B. suatu pendekatan dengan tujuan meningkatkan produktivitas baik
kualitas maupun kuantitas
C. efektivitas kegiatan kepala sekolah
D. pendekatan metode evaluasi kegiatan sekolah
38. Keberhasilan dan kegagalan implementasi TQM adalah pada ....
A. manajemen
commitment
B. manajemen credulity is worker
C. manajemen personality
D. employee inrolment
39. Komitmen dalam TQM yang dikemukakan oleh Dobbind meliputi tiga
hal, kecuali ....
A. waktu
B. antusias
C. tersedianya sumber
D. adanya kontrol
40. Kegagalan implementasi TQM dari pengaruh
eksternal organisasi adalah, kecuali ....
A. ketidakmampuan mengontrol kualita
B. kurang memfokuskan pada siswa
C. kurang memfokuskan pada masyarakat
D. tidak ada pengarahan dari kepala sekolah
41. Mutu dipandang sebagai dampak dari hal yang
tidak dapat dilukiskan, mutu sebagai hasil sebuah pemikiran dan merupakan bahan
bagi suatu reputasi baik bagi pemakainya. Hal tersebut di atas merupakan ....
A. konsep tentang mutu
B. karakteristik mutu
C. tujuan tanang mutu
D. hasil dari mutu
42. Mutu dalam dunia pendidikan menekankan kepada
....
A. kualitas anak didik
B. jasa atau service berupa layanan
C. kualitas guru
D. kualitas kepala sekolah
43. Pemakai jasa pendidikan yang dikategorikan
pemakai internal adalah ....
A. masyarakat
B. guru dan murid
C. dunia usaha
D. organisasi pemerintah
44. Performance atau grade of quality yang dikemukakan
oleh Garvin merujuk kepada ....
A. karakteristik produk atau jasa
B. sesuatu yang menarik
C. produk yang tahan lama
D. sesuatu yang memiliki ketanggapan yang tinggi
45. Adanya kemampuan, lingkungan sosial ekonomi
dan budaya serta intelegensia bakat dan minat yang mempengaruhi Manajemen Mutu
Terpadu atau MMT merupakan aspek ....
A. guru
B. siswa
C. kepala sekolah
D. staf administrasi
46. Konsumen merupakan penentu dari kualitas
terakhir dan kualitas harus dikembangkan pada awal proses bukan dikemudian. Hal
tersebut dikemukakan oleh ....
A. Amin Wijaya
B. Fakry Gaffar
C. M. Achsan
D. J. Salusu
47. Yang dimaksud dengan SWOT adalah ....
A. strength atau kekuatan, weakness
atau kelemahan, opportunity atau peluang, threats atau ancaman
B. strong atau kuat, weakness atau kelemahan, opportunity
atau peluang, threats atau bahaya
C. strength atau bahaya, weakness atau kekurangan, opportunity
atau peluang, threats atau kesimpulan
D. strength atau perbedaan, weakness atau kekurangan, opportunity
atau peluang, threats atau kendali
48. Keberhasilan strategi tergantung kepada kemampuan pimpinan untuk
membangun komitmen, menghubungkan strategi dan visi yang tetap untuk meninjau
kembali lingkungannya dan menguji posisi pimpinan diperlukan ....
A. SWOT
B. MMT
C. MBS
D. TQM
49. Analisis SWOT harus dapat menjawab pertanyaan sebagai berikut, kecuali
....
A. strategi apa yang akan dipilih oleh kita
B. apa kelemahan strategi yang diguna-kan
C. apakah kita akan bersaing dengan orang lain
D. apakah kita ingin berbeda dengan yang lain
atau tidak
50. Kekuatan dalam perubahan peningkatan mutu
menunjukkan fenomena yang berkelanjutan sehingga diperlukan ....
A. tujuan yang jelas
B. peningkatan layanan kepada masyarakat
C. strategi pengembangan mutu
D. evaluasi pengembangan mutu
No comments:
Post a Comment