LATIHAN MANDIRI
PENGANTAR
PENDIDIKAN LUAR BIASA
(PGSD4409)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 46, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Yang dimaksud
dengan anak luar biasa, adalah anak yang ....
A. secara jasmani dinyatakan cacat
B. mempunyai kekurangan mental
C. mempunyai penyimpangan sangat
signifikan
D. kepandaiannya di atas rata-rata
anak normal
2. Karena termasuk
normal kecerdasannya, maka anak luar biasa ini banyak bersekolah di sekolah
biasa. Anak yang dimaksud ini adalah anak yang mempunyai keluarbiasaan ....
A. tuna rungu
B. tuna ganda
C. berkesulitan belajar
D. tuna daksa
3. Pada waktu lahir Ananda
kekurangan oksigen, sehingga pertumbuhannya agak ter-ganggu, dan kecerdasannya
berada di bawah anak normal. Hal ini disebabkan oleh adanya gangguan pada waktu
....
A. perinatal
B. prenatal
C. post natal
D. pertumbuhan
4. Anto berumur 7 tahun. Dia sekolah di SD
biasa, menjelang akhir Cawu I ternyata Anto belum dapat membaca dan menulis
dengan lancar. Oleh gurunya Anto diikutkan test IQ yang hasilnya ternyata
IQ-nya di bawah 80. Sampai pada akhir tahun ajaran Anto tidak naik kelas.
Karena orang tuanya memaksa, maka Anto terpaksa mengulang di kelas I untuk
kedua kalinya. Untuk kedua kalinya juga Anto tidak naik kelas. Akhirnya orang
tuanya menyadari bahwa Anto adalah salah satu anak yang tergolong dalam anak
tuna grahita.
Dari
kasus tersebut Anto akan memperoleh dampak dari keluarbiasaannya, terutama
dalam hal ....
A. reaksi motorik dan keterampilan
hidupnya
B. keterampilan hidup dan
intelegensinya
C. mobilitas hidupnya
D. reaksi motoriknya
5. Kebutuhan anak
luar biasa meliputi kebutuhan ....
A. fisik/kesehatan, pendidikan, dan
sosial ekonomi
B. fisik/kesehatan, pendidikan, dan
ekonomi
C. fisik, psikis, dan pendidikan
D. fisik/kesehatan, pendidikan, dan
sosial-emosional
6. Anto seorang anak penderita tuna
daksa yang bersekolah di SD biasa dengan jumlah siswa 30 orang. Pada waktu
diberikan tugas rumah, Anto lupa mengerjakannya. Oleh guru Anto dihukum untuk
mengerjakan LATIHANnya di luar kelas. Tindakan guru tersebut, adalah ....
A. benar, karena setiap siswa wajib
menger-jakan tugas sekolah
B. salah, karena tidak punya rasa
belas kasihan
C. benar, karena memang perlu
dihukum
D. salah, karena tidak ada rasa toleransi
7. Yang dimaksud
dengan pelayanan bagi anak luar biasa, adalah ....
A. layanan yang diberikan kepada
anak luar biasa selama yang bersangkutan memer-lukannya
B. layanan khusus yang diberikan
kepada anak luar biasa sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keluarbiasaannya
C. layanan yang diberikan kepada
anak luar biasa selama seumur hidup
D. layanan khusus yang diberikan
kepada anak luar biasa pada semua bidang kehidupan
8. Karena Anto
menderita tuna rungu ringan, maka oleh orang tuanya Anto didaftarkan pada ....
A. Sekolah Luar Biasa
B. Sekolah Khusus
C. Sekolah Reguler/Umum
D. Sekolah Tertentu
9. Dalam ikut
serta pelayanan pada anak luar biasa, peran swasta banyak dijumpai pada segi
pengembangan ....
A. pendidikan
B. kesehtan dan fisik
C. mental-emosional
D. sosial-emosional
10. Anto seorang
anak yang menderita tuna netra. Setelah lulus dari sekolah SLB setingkat SD,
Anto ingin melanjutkan ke SLTP umum yang lokasinya dekat rumah orang tuanya.
Anto didaftarkan pada SLTP tersebut dan diterima. Pada awalnya Anto mengalami
sedikit kesulitan untuk berbaur dengan teman-temannya yang normal. Tetapi
lambat laun Anto dapat menyesuaikan diri dan dapat mengikuti pelajaran dengan
baik. Dari cerita tersebut Anto mendapatkan layanan pendidikan secara ....
A. segregasi
B. integrasi
C. inklusi
D. kolaborasi
11. Anto termasuk anak luar biasa, yang sekolah
di sekolah biasa. Sekolah ini mempunyai fasilitas ruang khusus untuk keperluan
anak luar biasa. Anto belajar bersama dengan siswa normal lainnya. Tetapi pada
waktu tertentu Anto harus meninggalkan kelasnya untuk mendapat bimbingan dari
guru bim-bingan khusus di ruang khusus.
Kasus tersebut menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan
model layanan ....
A. sekolah biasa
B. sekolah biasa dengan guru konsultan
C. model ruang sumber
D. model kelas khusus
12. Kerjasama yang dilakukan antar profesional
untuk menangani anak luar biasa dalam satu tim yang disesuaikan dengan
keperluan layanan khusus, disebut dengan pendekatan ....
A. elaboratif
B. kolaboratif
C. terpadu
D. komunikatif
13. Yang dimaksud dengan anak berbakat, adalah
....
A. anak yang memiliki kemampuan yang sangat
tinggi dibanding dengan teman sebayanya
B. anak yang membutuhkan layanan khusus karena
memiliki kemampuan di atas rata-rata
C. anak yang memiliki kemampuan di atas anak
rata-rata, baik dalam kemampuan intelektual maupun non intelektual, se-hingga
membutuhkan layanan pendidikan secara khusus
D. anak yang mempunyai kemampuan intelektual
tinggi di atas anak rata-rata dan memiliki percaya diri yang tinggi pula
14. Anto seorang anak yang mempunyai kelebihan
bakat dibanding dengan teman sebayanya. Dia sering terlibat dalam kegiatan
sosial dan tidak jarang dalam keterlibatannya Anto memberikan sumbangan pikiran
yang membuat banyak orang terkesan terhadap dirinya. Perilaku Anto ini kalau
dilihat dari karakteristiknya termasuk kategori karak-teristik ....
A. akademik
B. sosial-emosional
C. fisik-kesehatan
D. umum anak luar biasa
15. Anak berbakat membutuhkan layanan pen-didikan
bagi kepentingannya sendiri, yang bertujuan untuk ....
A. menumbuhkan kepedulian masyarakat
B. menjadikannya sebagai manusia elitisme
C. mengembangkan fungsi otaknya secara efektif
dan efisien
D. menyelaraskan kepribadian dan bakatnya
16. Anak berbakat perlu mendapatkan layanan
khusus sesuai dengan kebutuhannya. Untuk itu perlu layanan kepada anak berbakat
melalui adaptasi program seperti berikut, kecuali ....
A. ruangan sumber belajar
B. peningkatan materi pelajaran
C. pembaharuan fasilitas belajar
D. program percepatan/akselerasi
17. Anak tuna netra dapat dikelompokkan dalam
beberapa klasifikasi. Diantaranya adalah klasifikasi anak tuna netra
berdasarkan adap-tasi pendidikan, antara lain yang termasuk dalam kategori ini
adalah ketidakmampuan melihat taraf ....
A. rendah dan tinggi
B. sedang dan ringan
C. sedang dan berat
D. ringan dan berat
18. Glaukoma merupakan salah satu penyebab
terjadinya tuna netra yang ditandai dengan kecuali ....
A. kornea menjadi keruh
B. merasa silau
C. pembesaran pada bola mata
D. terjadinya rabun mata
19. Pak Toto melihat Anto kalau menulis badan-nya
selalu dicondongkan ke depan, sehingga jarak antara mata dengn buku sangat
dekat. Pak Toto membetulkan posisi duduk Anto sehingga Anto dapat duduk dengan
benar pada waktu menulis. Tindakan pak Toto termasuk upaya dalam mencegah
terjadinya gangguan penglihatan secara ....
A. medis
B. edukatif
C. sosial
D. ekonomis
20. Salah satu karakteristik dari anak tuna
netra, adalah ....
A. upaya menghargai kebaikan orang lain
B. tergantung pada orang lain
C. bekerja sama dengan orang lain
D. menolong orang lain
21. Yang bukan merupakan kebutuhan anak tuna
netra dalam bidang pendidikan adalah ....
A. mempelajari huruf Braille
B. melakukan orientasi lingkungan
C. alat bantu untuk membaca huruf awas
D. membaca dan menulis
22. Anak tuna netra memerlukan layanan khusus
berupa ....
A. latihan : orientasi dan mobilitas, berjalan
B. latihan : membaca dan menulis huruf Braille,
penggunaan tongkat
C. latihan : visual dan sensomotorik
D. latihan : penggunaan tongkat dan senso-motorik
23. Anak tuna netra mempunyai kesempatan untuk
memperoleh pendidikan bersama anak awas, karena anak tuna netra mempunyai
kecerdasan yang sama dengan anak lainnya. Hal ini dapat diperoleh anak tuna
netra, jika mereka sekolah pada sekolah yang meng0-gunakan sistem ....
A. sekolah segregasi
B. pendidikan khusus
C. sekolah integrasi
D. pendidikan ekslusif
24. Dalam kelas hendaknya anak tuna netra
ditempatkan ....
A. di tengah-tengah antara siswa yang awas
B. berjauhan dengan anak tuna netra yang lain
C. berjauhan dengan anak yang cerdas, agar tidak
mengganggu
D. berdekatan dengan anak tuna netra yang lain
25. Dalam memilih strategi pembelajaran untuk
anak tuna netra, hendaknya mempertimbang-kan beberapa hal, kecuali ....
A. berdasarkan pertimbangan jumlah siswa
B. berdasarkan pertimbangan jumlah guru
C. berdasarkan interaksi guru dan siswa
D. berdasarkan pertimbangan pengolahan pesan
26. Pada waktu guru menyelenggarakan proses
pembelajaran bagi anak tuna netra, hendak-nya guru berfungsi sebagai fasilitator saja. Hal ini sesuai dengan prinsip dasar ....
A. totalitas
B. aktivitas mandiri
C. individual
D. kekonkretan
27. Tuna rungu merupakan istilah umum yang
menunjukkan ketidakmampuan mendengar dari yang ringan sampai yang berat sekali
yang digolongkan kepada tuli dan kurang dengar. Pengertian tuna rungu tersebut
dikemukakan oleh ....
A. Lanny Bunawan
B. Moores
C. Mulyono
D. Hanahan dan Kauffman
28. Anak tuna rungu dapat diklasifikasikan dalam
tingkat kehilangan pendengaran yang sulit mendengar suara yang jauh. Tingkat
kehi-langan pendengaran ini diantaranya adalah ketunarunguan ....
A. pasca bahasa
B. prabahasa
C. genetik
D. ringan
29. Berdasarkan saat terjadinya ketunarunguan
dapat diklasifikasikan menjadi 2 yaitu tuna rungu prabahasa dan tuna rungu ....
A. endogen
B. berat
C. konduktif
D. pasca bahasa
30. Anak yang mempunyai kerusakan pada telinga
dalam serta syaraf pendengarannya sejak lahir menyebabkan ketunarunguan, hal
tersebut digolongkan sebagai anak yang tuna rungu dengan tipe ....
A. konduktif
B. campuran
C. sensorineural
D. deduktif
31. Pada waktu dilahirkan Anto sudah ketahuan menderita gangguan pada
telinganya yang mengakibatkan dia menjadi tuna rungu. Setelah diteliti ternyata
ibunya memang penderita tuna rungu. Dengan demikian Anto termasuk penderita
tuna rungu yang disebab-kan oleh faktor ....
A. eksogen
B. endogen
C. konduktif
D. sensorineural
32. Pada waktu bayi, Anto dibersihkan telinganya oleh ibunya. Tanpa
disadari telingan Anto terluka, dan mulai saat itulah Anto kehilangan pendengarannya.
Penyebab ketunarunguan yang diderita Anto adalah karena Anto mengalami ....
A. kerusakan yang terjadi pada telinga tengah
B. gangguan yang terjadi pada telinga luar
C. luka pada telinganya
D. gangguan pendengarannya
33. Yang bukan termasuk penyebab ketuna-runguan
dari faktor non genetik, adalah ....
A. karena ada persamaan darah antara ibu dan
anak
B. penyakit rubella campak Jerman
C. terkana penyakit meningtis
D. karena rumahnya dekat dengan pabrik yang
mengeluarkan suara bising
34. Pada waktu anak menderita flu, sebaiknya
segera diobati agar jangan terlalu lama, karena virusnya dapat masuk ke ruang
telingan tengah dan dapat menyebabkan ketunarunguan.
Contoh kasus tersebut merupakan salah satu upaya untuk
mencegah terjadinya ketuna-runguan pada waktu ....
A. pra nikah
B. prenatal
C. natal
D. post natal
35. Memiliki kosakata yang terbatas dan sulit
berkomunikasi adalah salah satu karakteristik anak tuna rungu dalam aspek ....
A. akademis
B. sosil-emosional
C. fisik-kesehatan
D. berbicara
36. Yang merupakan karakteristik anak tuna rungu
dalam aspek sosial-emosional, adalah sebagai berikut kecuali ....
A. pengamatan anak tuna rungu lebih tertumpu
pada penglihatan
B. mempunyai sifat egosentris yang ber-lebihan
C. anak tuna rungu dalam menyampaikan
perasaannya tanpa beban
D. sering bersikap ragu-ragu dan kurang percaya
diri
37. Anak tuna netra akan lebih pandai membeda-kan
uang lima ribu dengan uang pecahan seribu, kalau dibanding dengan anak awas
yang ditutup matanya. Karena anak tuna netra ....
A. mempunyai indera keenam
B. mempunyai daya pikir lebih kuat
C. memfungsikan indera perabaannya
D. dapat membaca dengan huruf Braille
38. Pada umumnya anak tuna rungu mempunyai
perasaan terasing dalam pergaulan sehari-hari bersama teman-temannya.
Hal tersebut disebabkan oleh beberapa
hal, kecuali ....
A. pergaulan terbatas dengan teman sesaama tuna rungu
B. sifat egosentris
C. perasaan takut pada lingkungan sekitar
D. tingkat IQ rendah
39. Anak tuna rungu akan mengalami hambatan dalam
kemampuan berbicara dan bahasanya, apabila dalam memberikan intervensi
pen-didikannya metode komunikasi yang diterap-kan keliru. Metode komunikasi
yang dapat diberikan diantaranya adalah kecuali ....
A. metode oral
B. metode manual
C. metode strategi kooperatif
D. metode khusus
40. Pendidikan untuk anak tuna rungu yang
diselenggarakan sendiri dengan kurikulum tersendiri pula, dan gurunya diambil
dari guru-guru yang bertugas di SLB terdekat yang berfungsi sebagai guru
kunjung, disebut ....
A. Sekolah Khusus
B. Kelas Jauh
C. Sekolah Dasar Luar Biasa
D. Sekolah Luar Biasa
41. Siswa tuna rungu dalam proses
pembela-jarannya dapat belajar dengan sesama teman tuna rungu di kelas khusus
yang ada di sekolah biasa. Tetapi untuk mata pelajaran tertentu dapat dicampur
dengan anak mendengar. Hal ini dimungkinkan karena adanya sistem integrasi
dengan ....
A. bentuk kelas khusus
B. bentuk kelas biasa dengan ruang bim-bingan
khusus
C. bentuk kelas biasa
D. bentuk kelas terpadu
42. Pada waktu berbicara, Anto menggunakan bahasa
isyarat berupa gerakan tangan. Gerakan tangan Anto akan ditangkap melalui
penglihatan oleh lawan bicaranya, dan terjadilah komunikasi di antara mereka.
Metode komunikasi yang digunakan oleh Anto, adalah ....
A. metode oral
B. metode manual
C. metode membaca ujaran
D. metode bahasa tubuh
43. Yang bukan merupakan ciri khas layanan bagi
anak tuna rungu dalam proses pembelajaran, adalah ....
A. dalam mengajar posisi guru khusus berhadapan
dengan siswa
B. penggunaan alat peraga merupakan hal yang
utama
C. dalam proses pembelajaran harus ada interaksi
tatap muka antar siswa
D. guru harus lebih banyak menggunakan metode
yang bersifat visual
44. Strategi pembelajaran yang dapat diterapkan
untuk mengembangkan perilaku sosial serta kebiasaan belajar siswa tuna rungu,
adalah strategi ....
A. individualisasi
B. kooperatif
C. pembelajaran terpadu
D. modifikasi perilaku
45. Evaluasi yang dilakukan terhadap proses
pembelajaran siswa tuna rungu di sekolah secara periodik untuk setiap satuan
pelajaran atau setiap catur wulan, disebut dengan prinsip ....
A. berkesinambungan
B. menyeluruh
C. pedagogis
D. objektif
46. Tes wawancara dapat dilakukan terhadap siswa
tuna rungu. Tes ini termasuk alat evaluasi ....
A. umum
B. khusus
C. perbuatan
D. pengamatan
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 47 SAMPAI
50, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN
2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN
3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN
3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
47. Yang termasuk model tiga dimensi dalam alat
peraga yang digunakan proses pembelajaran anak tuna netra, adalah model yang
memiliki ukuran ....
1) yang sama dengan objeknya
2) lebih kecil dari objeknya
3) lebih besar dari objeknya
48. Dalam melaksanakan layanan pendidikan bagi
anak tuna netra sekolah menggunakan alat bantu pembelajaran, antara lain berupa
....
1) audio video
2) papan hitungan
3) tape recorder
49. Yang perlu diperhatikan pada waktu melak-sanakan tes tertulis
terhadap anak tuna netra pada sekolah terpadu adalah ....
1) harus bersifat objektif
2) waktu yang diberikan lebih lama dibanding tes untuk anak awas
3) pertanyaan dapat mengandung unsur persepsi
visual
50. Anto menderita tuna rungu tetepai tidak
total. Dia masih dapat mendengar sedikit dengan menggunakan alat bantu dengar
(hearing aids). Untuk proses pembelajarannya media yang tepat
dipergunakan adalah ....
1) kaset suara
2) visual
3) audio visual
No comments:
Post a Comment