Cloud Hosting Indonesia

14 April, 2014

Soal Tes dan Asesmen di SD



LATIHAN MANDIRI
TES DAN ASESMEN DI SD
(PGSD4410)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 33,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Manakah dari pernyataan berikut yang menunjukkan pengertian tes? ....
A.   Pemberian angka terhadap suatu karakteristik tertentu
B.   Kegiatan yang dilaksanakan untuk mengukur ketercapaian tujuan
C.   Pemberian nilai terhadap kualitas sesuatu
D.   Kegiatan pengumpulan informasi tentang pendapat seseorang

2.   Yang termasuk pengukuran hasil belajar adalah kegiatan guru ketika ....
A.   membuat ranking kelas
B.   menskor hasil ulangan
C.   menimbang berat badan
D.   mengukur tinggi badan
     
3.   Angka yang menunjukkan urutan kejuaraan dalam lomba membaca puisi termasuk skala ....
A.   nominal
B.   ordinal
C.   interval
D.   ratio

4.   Angka 60 km yang menunjukkan jarak antara Yogya - Solo, merupakan skala ....
A.   nominal
B.   ordinal
C.   interval
D.   rasio

5.   Prestasi Budi dalam ulangan matematika kali ini sangat rendah, oleh karena itu ia tidak diikutsertakan dalam lomba cerdas cermat, walaupun sebenarnya Budi termasuk anak pandai. Keputusan tersebut menunjukkan kelemahan alat tes, yaitu tes ....
A.   hanya mengukur kognitif saja
B.   sering disalahgunakan
C.   dapat menimbulkan kecemasan
D.   tidak dapat melihat fakta

6.   Kemampuan siswa yang diukur pada akhir pelajaran harus sesuai dengan rumusan yang tertulis pada tujuan ....
A.   instruksional khusus
B.   instruksional umum
C.   institusional
D.   kurikuler
7.   Kelebihan tes dalam bentuk uraian antara lain ....
A.   tingkat reliabilitasnya tinggi
B.   dapat mengintegrasikan berbagai pemiki-ran
C.   lebih mudah mengoreksinya
D.   dapat mencakup materi yang luas

8.   Kelemahan tes objektif bentuk benar-salah antara lain ....
A.   hanya mengukur ingatan
B.   jawaban terlalu singkat
C.   jawaban tidak obsolut
D.   tidak cocok untuk matematika

9.   Dalam pandangan baru, kurikulum diartikan      sebagai ....
A.   rencana pelajaran
B.   program pendidikan
C.   pengalaman belajar siswa
D.   materi pelajaran

10.   Tujuan yang ingin dicapai oleh siswa setelah    mengikuti pelajaran sejarah, merupakan   tujuan ....
A.   instruksional umum
B.   institusional
C.   kurikuler
D.   instruksinal khusus

11.   Pernyataan yang menunjukkan hubungan antara proses pembelajaran dan tes adalah ....
A.   tes adalah alat ukur keberhasilan pembelajaran
B.   proses pembelajaran diakhiri dengan tes
C.   tanpa tes, proses pembelajaran tidak berarti
D.   tes dan pembelajaran tidak dapat dipisahkan

12.   Diperbolehkannya membuka buku/catatan pada saat berlangsungnya tes, mempunyai kelebihan-kelebihan sebagai berikut, kecuali ....
A.   mengurangi keinginan untuk menyontek teman
B.   termotivasi untuk memiliki buku/catatan secara lengkap
C.   siswa akan terlatih membaca buku secara baik
D.   walau tidak belajar, nilai siswa tetap tinggi



13.   Alasan bagi yang tidak setuju bila pelaksanaan tes diumumkan lebih dulu adalah ....
A.   dapat menurunkan kewibawaan guru
B.   mendorong siswa saling mencontek
C.   siswa belajar jika akan diadakan tes
D.   antara anak yang cerdas dan bodoh tak dapat dibedakan

14.   Sebagai salah satu kompoten penutup dalam pembelajaran, siswa harus selalu ....
A.   menentukan tujuan
B.   mengembangkan diri
C.   menjaga situasi belajar
D.   menjaga kepribadian

15.   Perubahan yang intensional dalam pembelajaran dapat diartikan sebagai berikut ....
A.   latihan harus dilakukan berulang kali
B.   latihan dilakukan dengan sengaja
C.   keseriusan adalah syarat mutlak dalam latihan
D.   perlu adanya kerjasama dalam melaksanakan latihan

16.   Belajar adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan-kemampuan yang terdapat dalam diri manusia, pernyataan tersebut merupakan pengertian belajar menurut ....
A.   teori Gestalt
B.   faham ilmu jiwa asosiasi
C.   teori daya
D.   aliran esensialisme

17.   Pernyataan yang menunjukkan hubungan antara materi dengan tujuan pembelajaran adalah ....
A.   agar siswa dapat menghitung luas segi tiga, perlu diajarkan cara/rumus menghitung luas segi tiga
B.   agar siswa dapat menghitung luas segi tiga, perlu dilatih bagaimana menghitung luas segi tiga
C.   rumus untuk menghitung luas segi tiga adalah alas kali tinggi dibagi dua
D.   jika diketahui alas dan tingginya, siswa dapat menghitung luas segi tiga

18.   Pre tes perlu dilakukan apabila guru ingin mengetahui tentang ....
A.   kemampuan siswa pada materi pelajaran sebelumnya
B.   sejauh mana siswa telah menguasai materi yang akan diajarkan
C.   motivasi siswa terhadap materi yang akan diajarkan
D.   kesesuaian tujuan pembelajaran dengan materi pembelajaran

19.   Tes yang bertujuan untuk mengetahui pada bagian mana siswa mengalami kesulitan dalam belajar, disebut tes ....
A.   formatif
B.   sumatif
C.   diagnosis
D.   awal

20.   Tes yang diberikan untuk mengetahui daya serap siswa terhadap beberapa unit materi pelajaran adalah tes ....
A.   formatif
B.   sumatif
C.   diagnosis
D.   awal

21.   Berikut ini adalah satu contoh bahwa tes dapat meningkatkan motivasi belajar siswa ....
A.   Ani selalu siap mengikuti ulangan
B.   bila Budi mendapat nilai bagus, ia akan mendapat hadiah
C.   Cici yakin akan dapat nilai tinggi pada ulangan matematika
D.   Danu lebih bersemangat setelah ia mendapat nilai 9 pada ulangan sejarah

22.   Pernyataan yang menunjukkan hubungan antara tes dan pengukuran hasil belajar dengan pembelajaran ....
A.   pembelajaran membutuhkan informasi tentang siswa melalui tes dan pengukuran
B.   jika hasil ulangan rendah, maka tes dan pengukuran harus diulang
C.   tes hasil belajar merupakan salah satu alat pengukuran dalam pembelajaran
D.   pengukuran dilaksanakan untuk memperoleh informasi tentang tes hasil belajar

23.   Perencanaan pembelajaran merupakan petunjuk yang membantu guru dalam menentukan arah pembelajaran karena salah satu komponen rencana pembelajaran yang berkaitan dengan arah pembelajaran yaitu ....
A.   materi
B.   strategi
C.   evaluasi
D.   tujuan

24.   Dalam rumusan tujuan instruksional dapat diketahui tentang ....
A.   alat evaluasi
B.   strategi pembelajaran
C.   materi pembelajaran
D.   metode mengajar
25.   Evaluasi pembelajaran lebih tepat dirumuskan setelah ....
A.   pengembangan materi
B.   penentuan metode
C.   pemilihan media
D.   perumusan tujuan

26.   Kemampuan untuk mengingat kembali terhadap materi pelajaran yang telah diterima oleh siswa, termasuk dalam tingkatan ....
A.   pemahaman
B.   pengetahuan
C.   aplikasi
D.   analisis

27.   Proximodistal adalah prinsip-prinsip yang diikuti pada perkembangan ....
A.   sosial
B.   emosi
C.   fisik
D.   psikologis

28.   Penggunaan bahasa sandi atau bahasa rahasia pada umumnya dilakukan oleh anak-anak pada masa ....
A.   anak sekolah
B.   remaja awal
C.   kanak-kanak
D.   bayi

29.   Kemampuan untuk membaca tanda-tanda lalu lintas menunjukkan kematangan perkembangan kognitif pada jenjang ....
A.   enactive
B.   sensori motor
C.   iconic
D.   simbolik

30.   Dari hasil tes yang diberikan, 60% siswa di kelas tiga mendapat nilai di bawah 50. Hasil tes tersebut memberikan informasi ....
A.   efektivitas pengajaran
B.   prediksi siswa di masa yang akan datang
C.   kelemahan siswa dalam belajar
D.   kemajuan belajar siswa

31.   Adi memiliki nilai matematika dan IPA sangat rendah, tetapi ia sangat berbakat dalam melukis oleh karena itu Adi, tidak cocok untuk melanjutkan pendidikan di bidang kedokteran. Adi disarankan untuk melanjutkan pendidikan di bidang seni. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa tes dapat ....
A.   mengidentifikasi kemampuan seseorang
B.   mendiagnosis kelemahan seseorang
C.   mengukur kemampuan di masa yang telah lewat
D.   memprediksi kemampuan di masa yang akan datang
32.   B - S Kemacetan lalu lintas yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia disebabkan oleh tidak sebandingnya jumlah kendaraan dengan panjang jalan. Butir soal tersebut mengukur jenjang kemampuan ....
A.   analisis
B.   aplikasi
C.   pengetahuan
D.   pemahaman

33.   Untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengklasifikasi sebaiknya digunakan tipe tes ....
A.   Benar - Salah
B.   isian singkat
C.   menjodohkan
D.   pilihan ganda


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   34   SAMPAI   50,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!

34.   Untuk mengetahui daya serap siswa tentang pelajaran sejarah, Bu Guru menyuruh para siswa menulis tentang latar belakang perang Diponegoro. Tes yang diberikan tersebut berbentuk ....
1)   tugas
2)   pertanyaan
3)   pernyataan

35.   Karakteristik utama dari pengertian pengukuran adalah ....
1)   penggunaan skala tertentu
2)   sesuai dengan aturan tertentu
3)   penggunaan alat tertentu

36.   Keberhasilan dalam pengukuran hasil belajar sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam hal ....
1)   mengkonstruksi alat ukur
2)   menggunakan alat ukur
3)   menganalisis hasil pengukuran

37.   Rendahnya tingkat reliabilitas tes dalam bentuk uraian disebabkan karena ....
1)   keterbatasan sample dalam tes
2)   subjektivitas dalam pemberian skor
3)   keragaman jawaban siswa
38.   Bentuk tes uraian menjadi pilihan untuk mengukur hasil belajar siswa, apabila ....
1)   jumlah peserta tes tidak banyak
2)   bertujuan untuk mengetahui perjalanan siswa
3)   memiliki waktu persiapan yang cukup

39.   Jika rumusan TIK adalah ; “Siswa dapat menyebutkan pencipta lagu Indonesia Raya”, maka bentuk tes yang tepat digunakan adalah ....
1)   benar-salah
2)   menjodohkan
3)   pilihan ganda

40.   Kelebihan dari butir tes bentuk benar-salah adalah ....
1)   mudah dikoreksi
2)   mewakili pokok bahasan
3)   mudah penskorannya

41.   Yang dapat diambil sebagai materi tes adalah materi yang ....
1)   dipilih secara random
2)   mewakili pokok dan sub pokok bahasan
3)   merupakan bagian penting materi pelajaran

42.   Berikut ini adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam penyuntingan butir soal dalam suatu tes ....
1)   kejelasan petunjuk pengerjaan tes
2)   susunan butir soal berdasarkan tingkat kesukaran
3)   kesesuaian jenis tes dengan tingkat kesukaran

43.   Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat penggandaan tes antara lain ....
1)   kesesuaian naskah dengan lembar jawaban
2)   keterbacaan butir tes
3)   kejelasan tulisan

44.   Usaha yang harus dilakukan guru dalam proses kegiatan pembelajaran adalah ....
1)   mendorong terjadinya proses pengalaman belajar
2)   mengelola berbagai sumber belajar
3)   penggunaan strategi belajar mengajar secara tepat

45.   Proses belajar sangat dipengaruhi oleh tujuan pembelajaran, karena ....
1)   setiap tujuan pembelajaran menuntut strategi belajar yang berbeda
2)   rumusan tujuan belajar harus dinyatakan dalam bentuk perilaku belajar
3)   tujuan belajar berisi rumusan kemampuan up harus dikuasai siswa

46.   Tes dalam suatu pembelajaran dapat dilakukan ....
1)   sebelum pembelajaran dimulai
2)   pada saat proses pembelajaran berlangsung
3)   sesudah kegiatan pembelajaran selesai

47.   Tujuan diadakannya tes formatif adalah untuk mengetahui ....
1)   kekuatan siswa dalam pembelajaran
2)   kemajuan siswa selama kegiatan pembelajaran
3)   kelemahan siswa dalam pembelajaran

48.   Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan strategi pembelajaran adalah ....
1)   pengetahuan tentang kebutuhan atau interes siswa
2)   lingkungan, tempat dan waktu yang tersedia
3)   kemampuan dan keterbatasan guru

49.   Ciri-ciri yang menunjukkan perilaku kognitif pada masa concrete operasional adalah ....
1)   mampu menunjukkan perbedaan dan persamaan
2)   mampu menghasilkan kesimpulan dari berbagai fakta
3)   dapat mengklasifikasikan benda

50.   Sesuai dengan perkembangan intelektual siswa sekolah dasar, tes yang diberikan sebaiknya terbatas pada tes yang mengukur aspek ....
1)   pengetahuan
2)   pemahaman
3)   aplikasi

No comments:

Post a Comment