LATIHAN MANDIRI
TES DAN ASESMEN
DI SD
(PGSD4410)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 33, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Manakah dari
pernyataan berikut yang menunjukkan pengertian tes? ....
A. Pemberian angka terhadap suatu
karakteristik tertentu
B. Kegiatan yang dilaksanakan untuk
mengukur ketercapaian tujuan
C. Pemberian nilai terhadap kualitas
sesuatu
D. Kegiatan pengumpulan informasi
tentang pendapat seseorang
2. Yang termasuk
pengukuran hasil belajar adalah kegiatan guru ketika ....
A. membuat ranking kelas
B. menskor hasil ulangan
C. menimbang berat badan
D. mengukur tinggi badan
3. Angka yang menunjukkan urutan
kejuaraan dalam lomba membaca puisi termasuk skala ....
A. nominal
B. ordinal
C. interval
D. ratio
4. Angka 60 km
yang menunjukkan jarak antara Yogya - Solo, merupakan skala ....
A. nominal
B. ordinal
C. interval
D. rasio
5. Prestasi Budi
dalam ulangan matematika kali ini sangat rendah, oleh karena itu ia tidak
diikutsertakan dalam lomba cerdas cermat, walaupun sebenarnya Budi termasuk
anak pandai. Keputusan tersebut menunjukkan kelemahan alat tes, yaitu tes ....
A. hanya mengukur kognitif saja
B. sering disalahgunakan
C. dapat menimbulkan kecemasan
D. tidak dapat melihat fakta
6. Kemampuan siswa yang diukur pada
akhir pelajaran harus sesuai dengan rumusan yang tertulis pada tujuan ....
A. instruksional khusus
B. instruksional umum
C. institusional
D. kurikuler
7. Kelebihan tes
dalam bentuk uraian antara lain ....
A. tingkat reliabilitasnya tinggi
B. dapat mengintegrasikan berbagai
pemiki-ran
C. lebih mudah mengoreksinya
D. dapat mencakup materi yang luas
8. Kelemahan tes
objektif bentuk benar-salah antara lain ....
A. hanya mengukur ingatan
B. jawaban terlalu singkat
C. jawaban tidak obsolut
D. tidak cocok untuk matematika
9. Dalam pandangan baru, kurikulum diartikan sebagai ....
A. rencana pelajaran
B. program pendidikan
C. pengalaman belajar siswa
D. materi pelajaran
10. Tujuan yang ingin dicapai oleh siswa setelah mengikuti pelajaran sejarah, merupakan tujuan ....
A. instruksional umum
B. institusional
C. kurikuler
D. instruksinal khusus
11. Pernyataan yang menunjukkan hubungan antara
proses pembelajaran dan tes adalah ....
A. tes adalah alat ukur keberhasilan
pembelajaran
B. proses pembelajaran diakhiri dengan tes
C. tanpa tes, proses pembelajaran tidak berarti
D. tes dan pembelajaran tidak dapat dipisahkan
12. Diperbolehkannya membuka buku/catatan pada
saat berlangsungnya tes, mempunyai kelebihan-kelebihan sebagai berikut, kecuali
....
A. mengurangi keinginan untuk menyontek teman
B. termotivasi untuk memiliki buku/catatan
secara lengkap
C. siswa akan terlatih membaca buku secara baik
D. walau tidak belajar, nilai siswa tetap tinggi
13. Alasan bagi yang tidak setuju bila
pelaksanaan tes diumumkan lebih dulu adalah ....
A. dapat menurunkan kewibawaan guru
B. mendorong siswa saling mencontek
C. siswa belajar jika akan diadakan tes
D. antara anak yang cerdas dan bodoh tak dapat
dibedakan
14. Sebagai salah satu kompoten penutup dalam
pembelajaran, siswa harus selalu ....
A. menentukan tujuan
B. mengembangkan diri
C. menjaga situasi belajar
D. menjaga kepribadian
15. Perubahan yang intensional dalam pembelajaran
dapat diartikan sebagai berikut ....
A. latihan harus dilakukan berulang kali
B. latihan dilakukan dengan sengaja
C. keseriusan adalah syarat mutlak dalam latihan
D. perlu adanya kerjasama dalam melaksanakan
latihan
16. Belajar adalah suatu usaha untuk meningkatkan
kemampuan-kemampuan yang terdapat dalam diri manusia, pernyataan tersebut
merupakan pengertian belajar menurut ....
A. teori Gestalt
B. faham ilmu jiwa asosiasi
C. teori daya
D. aliran esensialisme
17. Pernyataan yang menunjukkan hubungan antara
materi dengan tujuan pembelajaran adalah ....
A. agar siswa dapat menghitung luas segi tiga,
perlu diajarkan cara/rumus menghitung luas segi tiga
B. agar siswa dapat menghitung luas segi tiga,
perlu dilatih bagaimana menghitung luas segi tiga
C. rumus untuk menghitung luas segi tiga adalah
alas kali tinggi dibagi dua
D. jika diketahui alas dan tingginya, siswa
dapat menghitung luas segi tiga
18. Pre tes perlu dilakukan apabila guru ingin
mengetahui tentang ....
A. kemampuan siswa pada materi pelajaran
sebelumnya
B. sejauh mana siswa telah menguasai materi yang
akan diajarkan
C. motivasi siswa terhadap materi yang akan
diajarkan
D. kesesuaian tujuan pembelajaran dengan materi
pembelajaran
19. Tes yang bertujuan untuk mengetahui pada
bagian mana siswa mengalami kesulitan dalam belajar, disebut tes ....
A. formatif
B. sumatif
C. diagnosis
D. awal
20. Tes yang diberikan untuk mengetahui daya
serap siswa terhadap beberapa unit materi pelajaran adalah tes ....
A. formatif
B. sumatif
C. diagnosis
D. awal
21. Berikut ini adalah satu contoh bahwa tes
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa ....
A. Ani selalu siap mengikuti ulangan
B. bila Budi mendapat nilai bagus, ia akan
mendapat hadiah
C. Cici yakin akan dapat nilai tinggi pada
ulangan matematika
D. Danu lebih bersemangat setelah ia mendapat
nilai 9 pada ulangan sejarah
22. Pernyataan yang menunjukkan hubungan antara
tes dan pengukuran hasil belajar dengan pembelajaran ....
A. pembelajaran membutuhkan informasi tentang
siswa melalui tes dan pengukuran
B. jika hasil ulangan rendah, maka tes dan
pengukuran harus diulang
C. tes hasil belajar merupakan salah satu alat
pengukuran dalam pembelajaran
D. pengukuran dilaksanakan untuk memperoleh
informasi tentang tes hasil belajar
23. Perencanaan pembelajaran merupakan petunjuk
yang membantu guru dalam menentukan arah pembelajaran karena salah satu
komponen rencana pembelajaran yang berkaitan dengan arah pembelajaran yaitu ....
A. materi
B. strategi
C. evaluasi
D. tujuan
24. Dalam rumusan tujuan instruksional dapat
diketahui tentang ....
A. alat evaluasi
B. strategi pembelajaran
C. materi pembelajaran
D. metode mengajar
25. Evaluasi pembelajaran lebih tepat dirumuskan
setelah ....
A. pengembangan materi
B. penentuan metode
C. pemilihan media
D. perumusan tujuan
26. Kemampuan untuk mengingat kembali terhadap
materi pelajaran yang telah diterima oleh siswa, termasuk dalam tingkatan ....
A. pemahaman
B. pengetahuan
C. aplikasi
D. analisis
27. Proximodistal adalah prinsip-prinsip yang
diikuti pada perkembangan ....
A. sosial
B. emosi
C. fisik
D. psikologis
28. Penggunaan bahasa sandi atau bahasa rahasia
pada umumnya dilakukan oleh anak-anak pada masa ....
A. anak sekolah
B. remaja awal
C. kanak-kanak
D. bayi
29. Kemampuan untuk membaca tanda-tanda lalu
lintas menunjukkan kematangan perkembangan kognitif pada jenjang ....
A. enactive
B. sensori motor
C. iconic
D. simbolik
30. Dari hasil tes yang diberikan, 60% siswa di
kelas tiga mendapat nilai di bawah 50. Hasil tes tersebut memberikan informasi
....
A. efektivitas pengajaran
B. prediksi siswa di masa yang akan datang
C. kelemahan siswa dalam belajar
D. kemajuan belajar siswa
31. Adi memiliki nilai matematika dan IPA sangat
rendah, tetapi ia sangat berbakat dalam melukis oleh karena itu Adi, tidak
cocok untuk melanjutkan pendidikan di bidang kedokteran. Adi disarankan untuk
melanjutkan pendidikan di bidang seni. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa
tes dapat ....
A. mengidentifikasi kemampuan seseorang
B. mendiagnosis kelemahan seseorang
C. mengukur kemampuan di masa yang telah lewat
D. memprediksi kemampuan di masa yang akan
datang
32. B - S Kemacetan lalu lintas yang terjadi di
kota-kota besar di Indonesia disebabkan oleh tidak sebandingnya jumlah
kendaraan dengan panjang jalan. Butir soal tersebut mengukur jenjang kemampuan
....
A. analisis
B. aplikasi
C. pengetahuan
D. pemahaman
33. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam
mengklasifikasi sebaiknya digunakan tipe tes ....
A. Benar - Salah
B. isian singkat
C. menjodohkan
D. pilihan ganda
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 34 SAMPAI
50, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2),
DAN 3) SEMUANYA BENAR!
34. Untuk mengetahui daya serap siswa tentang
pelajaran sejarah, Bu Guru menyuruh para siswa menulis tentang latar belakang
perang Diponegoro. Tes yang diberikan tersebut berbentuk ....
1) tugas
2) pertanyaan
3) pernyataan
35. Karakteristik utama dari pengertian
pengukuran adalah ....
1) penggunaan skala tertentu
2) sesuai dengan aturan tertentu
3) penggunaan alat tertentu
36. Keberhasilan dalam pengukuran hasil belajar
sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam hal ....
1) mengkonstruksi alat ukur
2) menggunakan alat ukur
3) menganalisis hasil pengukuran
37. Rendahnya tingkat reliabilitas tes dalam
bentuk uraian disebabkan karena ....
1) keterbatasan sample dalam tes
2) subjektivitas dalam pemberian skor
3) keragaman jawaban siswa
38. Bentuk tes uraian menjadi pilihan untuk
mengukur hasil belajar siswa, apabila ....
1) jumlah peserta tes tidak banyak
2) bertujuan untuk mengetahui perjalanan siswa
3) memiliki waktu persiapan yang cukup
39. Jika rumusan TIK adalah ; “Siswa dapat
menyebutkan pencipta lagu Indonesia Raya”, maka bentuk tes yang tepat digunakan
adalah ....
1) benar-salah
2) menjodohkan
3) pilihan ganda
40. Kelebihan dari butir tes bentuk benar-salah
adalah ....
1) mudah dikoreksi
2) mewakili pokok bahasan
3) mudah penskorannya
41. Yang dapat diambil sebagai materi tes adalah
materi yang ....
1) dipilih secara random
2) mewakili pokok dan sub pokok bahasan
3) merupakan bagian penting materi pelajaran
42. Berikut ini adalah faktor-faktor yang perlu
diperhatikan dalam penyuntingan butir soal dalam suatu tes ....
1) kejelasan petunjuk pengerjaan tes
2) susunan butir soal berdasarkan tingkat
kesukaran
3) kesesuaian jenis tes dengan tingkat kesukaran
43. Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat
penggandaan tes antara lain ....
1) kesesuaian naskah dengan lembar jawaban
2) keterbacaan butir tes
3) kejelasan tulisan
44. Usaha yang harus dilakukan guru dalam proses
kegiatan pembelajaran adalah ....
1) mendorong terjadinya proses pengalaman
belajar
2) mengelola berbagai sumber belajar
3) penggunaan strategi belajar mengajar secara
tepat
45. Proses belajar sangat dipengaruhi oleh tujuan
pembelajaran, karena ....
1) setiap tujuan pembelajaran menuntut strategi
belajar yang berbeda
2) rumusan tujuan belajar harus dinyatakan dalam
bentuk perilaku belajar
3) tujuan belajar berisi rumusan kemampuan up
harus dikuasai siswa
46. Tes dalam suatu pembelajaran dapat dilakukan
....
1) sebelum pembelajaran dimulai
2) pada saat proses pembelajaran berlangsung
3) sesudah kegiatan pembelajaran selesai
47. Tujuan diadakannya tes formatif adalah untuk
mengetahui ....
1) kekuatan siswa dalam pembelajaran
2) kemajuan siswa selama kegiatan pembelajaran
3) kelemahan siswa dalam pembelajaran
48. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
pemilihan strategi pembelajaran adalah ....
1) pengetahuan tentang kebutuhan atau interes
siswa
2) lingkungan, tempat dan waktu yang tersedia
3) kemampuan dan keterbatasan guru
49. Ciri-ciri yang menunjukkan perilaku kognitif
pada masa concrete operasional adalah ....
1) mampu menunjukkan perbedaan dan persamaan
2) mampu menghasilkan kesimpulan dari berbagai
fakta
3) dapat mengklasifikasikan benda
50. Sesuai dengan perkembangan intelektual siswa
sekolah dasar, tes yang diberikan sebaiknya terbatas pada tes yang mengukur
aspek ....
1) pengetahuan
2) pemahaman
3) aplikasi
No comments:
Post a Comment