Cloud Hosting Indonesia

14 April, 2014

Soal Pembaharuan Pendidikan di SD



LATIHAN MANDIRI
PEMBAHARUAN PENDIDIKAN DI SD
(PGSD4411)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 28,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Secara umum, pengertian inovasi berkaitan dengan .... 
A.   gagasan untuk mengubah tatanan lama
B.   benda-benda yang bermanfaat bagi kehidupan manusia
C.   ide yang dikemukakan sekelompok orang untuk membangun nilai-nilai kehidupan
D.   benda atau hal sebagai hasil penemuan baru yang berguna bagi kehidupan umat manusia

2.   Hasil-hasil pembaharuan dalam bidang teknologi komunikasi yang bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   internet
B.   telepon seluler
C.   kalkulator
D.   televisi warna
     
3.   Untuk membentuk keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera, pemerintah melaksanakan program keluarga berencana. Program ini merupakan hal baru bagi masyarakat. Karena nilai kemanfaatannya tinggi, masyarakat mau menerima dan melaksanakannya.
      Paparan di atas menjelaskan adanya keterkaitan antara ....
A.   inovasi dan teknologi
B.   inovasi dan modernisasi
C.   teknologi dengan modernisasi
D.   modernisasi dengan demografi

4.   Kesediaan masyarakat meninggalkan pola pikir lama untuk membangun kehidupan yang lebih baik sejahtera merupakan contoh proses ....
A.    modernisasi
B.     transformasi
C.   asimilasi
D.   akulturasi

5.   Pengertian system thinking mengacu kepada cara berpikir yang memandang masalah pendidikan ....
A.   harus diatasi secara nasional
B.   sebagai suatu sistem
C.   harus disistematisikan penanganan-nya
D.   harus diselesaikan dengan cara berpikir logis

6.   Dibukanya SD pamong berkaitan erat dengan diberlakukannya wajib belajar 9 tahun di tingkat pendidikan dasar yang tujuannya adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   meningkatkan mutu lulusan SD dan SLTP
B.   memecahkan masalah pendidikan anak-anak putus sekolah dan anak-anak terlantar usia sekolah
C.   meningkatkan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dasar
D.   melibatkan anggota masyarakat dan orang tua untuk berperan lebih aktif dalam pendidikan anak-anaknya di sekolah

7.   Kemajuan teknologi mengubah dengan cepat berbagai aspek kehidupan masya-rakat. Misalnya, sarana kehidupan, pola tingkah laku, tata nilai, sistem pendidikan, dan pranata sosial lainnya. Ini menandakan bahwa dalam masyarakat kita telah terjadi proses ....
A.   peningkatan kualitas hidup
B.   perubahan sosial
C.   peningkatan tuntutan hidup
D.   perubahan kebudayaan
8.   Perubahan sosial bersifat kompleks dan relatif. Artinya, perubahan itu terjadi pada ....
A.   tata nilai dan pola tingkah laku
B.   masyarakat di seluruh dunia
C.   berbagai bidang kehidupan yang dapat menguntungkan dan merugi-kan kita
D.   pranata sosial yang kemanfaatannya dapat kita rasakan 

9.   Aktivitas yang dilakukan seseorang mulai dari mengetahui adanya inovasi sampai mengimplementasikannya dalam per-buatan dan tindakan merupakan proses inovasi yang berorientasi pada ....
A.   tujuan
B.   individu
C.   perilaku
D.   organisasi

10.   Tahap permulaan dalam proses inovasi terdiri dari langkah-langkah seperti berikut, kecuali ....
A.   pengetahuan dan kesadaran
B.   pembentukan sikap
C.   pembuatan keputusan
D.   kelanjutan pembinaan

        11.   Salah satu karakteristik inovasi yang dapat mempengaruhi cepat lambatnya masyarakat mau menerimanya adalah keuntungan relatif. Artinya, tingkat kemanfaatan inovasi bagi masyarakat dapat diukur berdasarkan faktor-faktor berikut, kecuali ....
A.   kerumitan bentuk dan modelnya
B.   nilai ekonomi dan status sosialnya
C.   kesenangan dan kepuasannya
D.   adanya komponen yang sangat penting

12.   Salah satu contoh inovasi dalam belajar adalah ....
A.   Pendekatan PPSI
B.   Pendekatan CBSA
C.   Sistem pamong
D.   Sistem TANDUR

13.   Salah satu contoh inovasi dalam bidang perencanaan pendidikan adalah ....
A.   pembelajaran terpadu
B.   penyelenggaraan program penyetara-an D2 PGSD
C.   model PPSI
D.   penggunaan modul dalam SBJJ UT

14.   Proses implementasi inovasi dalam bidang pendidikan dapat terhambat karena adanya hal-hal berikut, kecuali ....
A.   tidak adanya kerjasama antar pelaksana inovasi
B.   pimpinan terlalu kaku dan berpandangan sempit
C.   antusiasme guru sebagai pelaksana motivasi di sekolah cukup tinggi
D.   orang tua tidak memberi dukungan bagi kegiatan pendidikan anaknya

15.   Konsep globalisasi terkait dengan pesatnya perubahan dalam tatanan ekonomi dan keuangan, terutama yang berkaitan dengan hal-hal berikut, kecuali ....
A.   produksi
B.   konsumsi
C.   investasi
               D.   migrasi

16.   Pihak yang kontra terhadap globalisasi mengakui, memang globalisasi telah mampu mengubah peta kehidupan dunia. Tetapi, di sisi lain telah terjadi ....
A.   jurang pemisah yang dalam antara negara kaya dan negara miskin
B.   persaingan tidak sehat antara negara industri dengan negara agraris
C.   perang kepentingan antarnegara di pasar dunia
D.   konflik terbuka antara negara yang kuat dengan yang lemah

17.   Pihak yang pro terhadap globalisasi percaya bahwa ....
A.   setiap negara bersedia menerima akibat negatif dari globalisasi
B.   akan dapat menangkis dampak negatif dari globalisasi
C.   globalisasi merupakan proses perubahan tatanan kehidupan yang tak terelakan
D.   globalisasi akan membawa kemak-muran bagi umat manusia di seluruh dunia

18.   Globalisasi mengacu kepada perubahan tatanan ekonomi dan keuangan, sedangkan desentralisasi mengarah kepada ....
A.   pengalihan peran kekuasaan
B.   penekanan peran individu dalam masyarakat
C.   interdependensi pengelolaannya  
D.   kemampuan individu untuk bersaing dalam pasar bebas

19.   Globalisasi dan desentralisasi memiliki hubungan kausalitas. Artinya, dengan berlangsungnya proses globalisasi, terjadi pula proses desentralisasi sebagai ....
A.   mesinnya
B.   energinya
C.   pendorongnya
D.   konsekuensinya

20.   Pelaksanaan desentralisasi tidak akan membawa hasil yang bermanfaat bagi tatanan kehidupan yang bersifat lokal, nasional, regional atau internasional jika kita mengidentikkan desentralisasi dengan ....
A.   independensi
B.   interdependensi
C.   otonomi khusus
D.   otonomi terbatas

21.   Prinsip interdependensi menekankan pada persepsi bahwa setiap individu, daerah atau negara mempunyai kekuatan dan kelemahan. Oleh sebab itu, asas komplementaritas harus dapat diterapkan dengan baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Asas tersebut memberi kita peluang untuk ....
A.   saling mengisi
B.   berbeda pendapat
C.   saling menghormati
D.   menyamakan tujuan

22.   Karena kurangnya sumber dan waktu, pembaharuan pendidikan di sejumlah negara pada tahun 1970-an dilakukan secara tambal sulam. Menurut pandangan Minzey, pembaharuan seperti itu  ....
A.   sesuai, mengingat kemampuan yang dimiliki negara-negara yang ber-sangkutan
B.   tidak akan efektif untuk menghadapi isu-isu global
C.   merupakan usaha yang tidak akan memberikan hasil seperti yang diharapkan
D.   merupakan pengaruh negatif dari globalisasi

23.   Difusi ilmu pengetahuan sangat bermanfaat untuk menumbuhkembang-kan masyarakat ....
A.   reading society
B.   lifelong learning
C.   learning society
D.   knowledge society

24.   Pembaharuan pendidikan pada tingkat makro berkaitan antara isu-isu pendidikan dengan ....
A.   kebijakan-kebijakan di tingkat pusat dan daerah
B.   hal-hal yang bersifat nasional
C.   aspek implementasi di tingkat sekolah
D.   aspek pelajaran di sekolah

25.   Penentuan prioritas dalam pembaharuan pendidikan dapat dilakukan dengan cara ....
A.   meminta pendapat dari pakar pendidikan
B.   belajar dari pengalaman masa lalu
C.   mendiskusikannya dalam seminar yang bertaraf nasional
D.   menvisualisasikan isu-isu pokok dalam pendidikan

26.   Prinsip penting sebagai landasan untuk menuju pembaharuan pembelajaran adalah perlunya guru memberi bentuk baru dalam hubungannya dengan para siswa, yaitu dari bentuk power relationship ke bentuk shared relationship. Artinya, isu yang penting dalam pendidikan bukan lagi bagaimana agar guru mampu mengontrol kelasnya, tetapi bagaimana agar para siswa ....
A.   dapat belajar secara optimal
B.   dapat meningkatkan prestasi belajarnya
C.   terlibat aktif dalam proses pembelajaran
D.   mampu membangun masa depannya

27.   Sekolah pada masa mendatang menyelenggarakan pendidikan yang mempunyai ciri-ciri seperti berikut, kecuali ....
A.   berakar pada masyarakat setempat tetapi dapat mengakses sumber ilmu pengetahuan di seluruh dunia
B.   kendali mutunya dipegang oleh pemerintah pusat
C.   bersifat lokal dan juga global
D.   merupakan dunia yang hampir tanpa batas

28.   Salah satu pilar pembaharuan pendidikan dan pembelajaran yang dikemukakan Townsend dan Otero adalah pendidikan itu untuk kelangsungan hidup. Ini berarti bahwa proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah harus
A.   mampu memberikan bekal hidup bagi para siswa
B.   disesuaikan dengan karakteristik siswa
C.   diarahkan kepada pemenuhan kebutuhan hidup bagi para siswa
D.   relevan dengan kebutuhan masa kini dan masa depan para siswa

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   29   SAMPAI   40,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
29.   Menurut Rogers, ciri-ciri suatu inovasi antara lain ....
1)   kemanfaatannya dapat diukur
2)   hasilnya dapat diamati
3)   dapat dipahami oleh masyarakat

30.   Secara nasional inovasi dalam bidang pendidikan bertujuan untuk ....
1)   mengubah persepsi masyarakat tentang pendidikan
2)   memperbaiki kurikulum dan proses pembelajaran
3)   meningkatkan fasilitas pembelajaran dan profesionalitas guru

31.   Hasil inovasi dalam bidang pendidikan selama ini tampak pada aspek ....
1)   tujuan pendidikan
2)   materi kurikulum dan pengajaran
3)   struktur pendidikan dan pengajaran

32.   Konsep paradigma pengajaran mengacu kepada hal-hal berikut ....
1)   pendidikan hanya dapat terjadi di sekolah
2)   guru sebagai satu-satunya nara sumber
3)   guru menjelaskan dan siswa menyimak

33.   Konsep cyber learning  merujuk pada hal-hal berikut ....
1)   proses belajar tanpa batas
2)   belajar mandiri
3)   penggunaan sumber belajar yang serba terkini

34.   Inovasi dalam bidang pendidikan di Indonesia merupakan usaha pemerintah untuk ....
1)   menciptakan sistem pendidikan yang dapat menampung sebanyak mungkin anak usia sekolah
2)   meningkatkan mutu pendidikan dengan menyelenggarakan penatar-an-penataran bagi guru
3)   menerbitkan buku-buku pelajaran dengan harga murah

35.   Contoh inovasi dalam bidang pembinaan personalia pendidikan adalah ....
1)   pengaturan tempat duduk siswa
2)   peningkatan mutu guru
3)   peningkatan disiplin siswa

36.   Menurut hasil kajian Scheerens, prestasi belajar siswa cenderung meningkat jika sekolah memiliki budaya seperti berikut  ....
1)   menjunjung tinggi disiplin waktu
2)   membuat sekolah dan kelas-kelasnya tertata rapi
3)   menghargai siswa yang berprestasi

37.   Sumber daya yang terkait dengan proses pembelajaran di sekolah adalah ....
1)   tenaga kependidikan dan administrasi
2)   dana yang teralokasi dengan baik
3)   sarana dan prasarana

38.   Sekolah yang efektif dan berkembang antara lain mempunyai ciri-ciri seperti berikut ....
1)   responsif dan suportif terhadap kepentingan para guru
2)   guru-gurunya berpendidikan S1
3)   mampu membangun hubungan yang efektif dengan Depdiknas atau Dinas Pendidikan, masyarakat, guru dan siswa

39.   Pembelajaran yang relevan dengan perspektif globalisasi memiliki ciri-ciri seperi berikut ....
1)   mengembangkan sikap cinta belajar
2)   mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang penting untuk berpartisipasi dalam proses politik
3)   mengembangkan kreativitas siswa dalam bidang kesenian

40.   Prioritas pendidikan tahun 1000-an difokuskan pada pendidikan yang dikaitkan dengan kepentingan ....
1)   orang banyak
2)   individu
3)   kaum aristokrat

2 comments: