LATIHAN MANDIRI
PEMBAHARUAN
PENDIDIKAN DI SD
(PGSD4411)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 28, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Secara umum,
pengertian inovasi berkaitan dengan ....
A. gagasan untuk mengubah tatanan
lama
B. benda-benda yang bermanfaat bagi
kehidupan manusia
C. ide yang dikemukakan sekelompok
orang untuk membangun nilai-nilai kehidupan
D. benda atau hal sebagai hasil
penemuan baru yang berguna bagi kehidupan umat manusia
2. Hasil-hasil
pembaharuan dalam bidang teknologi komunikasi yang bermanfaat bagi kehidupan
kita sehari-hari adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. internet
B. telepon seluler
C. kalkulator
D. televisi warna
3. Untuk membentuk keluarga kecil,
bahagia, dan sejahtera, pemerintah melaksanakan program keluarga berencana.
Program ini merupakan hal baru bagi masyarakat. Karena nilai kemanfaatannya
tinggi, masyarakat mau menerima dan melaksanakannya.
Paparan di atas menjelaskan
adanya keterkaitan antara ....
A. inovasi dan teknologi
B. inovasi dan modernisasi
C. teknologi dengan modernisasi
D. modernisasi dengan demografi
4. Kesediaan
masyarakat meninggalkan pola pikir lama untuk membangun kehidupan yang lebih
baik sejahtera merupakan contoh proses ....
A. modernisasi
B. transformasi
C. asimilasi
D. akulturasi
5. Pengertian system thinking mengacu kepada cara
berpikir yang memandang masalah pendidikan ....
A. harus diatasi secara nasional
B. sebagai suatu sistem
C. harus disistematisikan
penanganan-nya
D. harus diselesaikan dengan cara
berpikir logis
6. Dibukanya SD pamong berkaitan
erat dengan diberlakukannya wajib belajar 9 tahun di tingkat pendidikan dasar
yang tujuannya adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. meningkatkan mutu lulusan SD dan
SLTP
B. memecahkan masalah pendidikan
anak-anak putus sekolah dan anak-anak terlantar usia sekolah
C. meningkatkan pemerataan
kesempatan memperoleh pendidikan dasar
D. melibatkan anggota masyarakat dan
orang tua untuk berperan lebih aktif dalam pendidikan anak-anaknya di sekolah
7. Kemajuan
teknologi mengubah dengan cepat berbagai aspek kehidupan masya-rakat. Misalnya,
sarana kehidupan, pola tingkah laku, tata nilai, sistem pendidikan, dan pranata
sosial lainnya. Ini menandakan bahwa dalam masyarakat kita telah terjadi proses
....
A. peningkatan kualitas hidup
B. perubahan sosial
C. peningkatan tuntutan hidup
D. perubahan kebudayaan
8. Perubahan
sosial bersifat kompleks dan relatif. Artinya,
perubahan itu terjadi pada ....
A. tata nilai dan pola tingkah laku
B. masyarakat di seluruh dunia
C. berbagai bidang kehidupan yang
dapat menguntungkan dan merugi-kan kita
D. pranata sosial yang
kemanfaatannya dapat kita rasakan
9. Aktivitas yang
dilakukan seseorang mulai dari mengetahui adanya inovasi sampai
mengimplementasikannya dalam per-buatan dan tindakan merupakan proses inovasi
yang berorientasi pada ....
A. tujuan
B. individu
C. perilaku
D. organisasi
10. Tahap
permulaan dalam proses inovasi terdiri dari langkah-langkah seperti berikut, kecuali
....
A. pengetahuan dan kesadaran
B. pembentukan sikap
C. pembuatan keputusan
D. kelanjutan pembinaan
11. Salah satu karakteristik inovasi yang dapat mempengaruhi cepat
lambatnya masyarakat mau menerimanya adalah keuntungan relatif. Artinya, tingkat kemanfaatan inovasi bagi masyarakat dapat
diukur berdasarkan faktor-faktor berikut, kecuali ....
A. kerumitan bentuk dan modelnya
B. nilai ekonomi dan status sosialnya
C. kesenangan dan kepuasannya
D. adanya komponen yang sangat penting
12. Salah satu contoh inovasi dalam belajar
adalah ....
A. Pendekatan PPSI
B. Pendekatan CBSA
C. Sistem pamong
D. Sistem TANDUR
13. Salah satu contoh inovasi dalam bidang
perencanaan pendidikan adalah ....
A. pembelajaran terpadu
B. penyelenggaraan program penyetara-an D2 PGSD
C. model PPSI
D. penggunaan modul dalam SBJJ UT
14. Proses implementasi inovasi dalam bidang
pendidikan dapat terhambat karena adanya hal-hal berikut, kecuali ....
A. tidak adanya kerjasama antar pelaksana
inovasi
B. pimpinan terlalu kaku dan berpandangan sempit
C. antusiasme guru sebagai pelaksana motivasi di
sekolah cukup tinggi
D. orang tua tidak memberi dukungan bagi
kegiatan pendidikan anaknya
15. Konsep globalisasi terkait dengan pesatnya
perubahan dalam tatanan ekonomi dan keuangan, terutama yang berkaitan dengan
hal-hal berikut, kecuali ....
A. produksi
B. konsumsi
C. investasi
D. migrasi
16. Pihak yang kontra terhadap globalisasi
mengakui, memang globalisasi telah mampu mengubah peta kehidupan dunia. Tetapi,
di sisi lain telah terjadi ....
A. jurang pemisah yang dalam antara negara kaya
dan negara miskin
B. persaingan tidak sehat antara negara industri
dengan negara agraris
C. perang kepentingan antarnegara di pasar dunia
D. konflik terbuka antara negara yang kuat
dengan yang lemah
17. Pihak yang pro terhadap globalisasi percaya
bahwa ....
A. setiap negara bersedia menerima akibat
negatif dari globalisasi
B. akan dapat menangkis dampak negatif dari
globalisasi
C. globalisasi merupakan proses perubahan
tatanan kehidupan yang tak terelakan
D. globalisasi akan membawa kemak-muran bagi
umat manusia di seluruh dunia
18. Globalisasi mengacu kepada perubahan tatanan
ekonomi dan keuangan, sedangkan desentralisasi mengarah kepada ....
A. pengalihan peran kekuasaan
B. penekanan peran individu dalam masyarakat
C. interdependensi pengelolaannya
D. kemampuan individu untuk bersaing dalam pasar
bebas
19. Globalisasi dan desentralisasi memiliki
hubungan kausalitas. Artinya, dengan berlangsungnya proses globalisasi, terjadi
pula proses desentralisasi sebagai ....
A. mesinnya
B. energinya
C. pendorongnya
D. konsekuensinya
20. Pelaksanaan desentralisasi tidak akan membawa
hasil yang bermanfaat bagi tatanan kehidupan yang bersifat lokal, nasional,
regional atau internasional jika kita mengidentikkan desentralisasi dengan ....
A. independensi
B. interdependensi
C. otonomi khusus
D. otonomi terbatas
21. Prinsip interdependensi menekankan pada
persepsi bahwa setiap individu, daerah atau negara mempunyai kekuatan dan
kelemahan. Oleh sebab itu, asas komplementaritas harus dapat diterapkan dengan
baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Asas tersebut memberi kita peluang untuk ....
A. saling mengisi
B. berbeda pendapat
C. saling menghormati
D. menyamakan tujuan
22. Karena kurangnya sumber dan waktu,
pembaharuan pendidikan di sejumlah negara pada tahun 1970-an dilakukan secara
tambal sulam. Menurut pandangan Minzey, pembaharuan seperti itu ....
A. sesuai, mengingat kemampuan yang dimiliki
negara-negara yang ber-sangkutan
B. tidak akan efektif untuk menghadapi isu-isu
global
C. merupakan usaha yang tidak akan memberikan
hasil seperti yang diharapkan
D. merupakan pengaruh negatif dari globalisasi
23. Difusi ilmu pengetahuan sangat bermanfaat
untuk menumbuhkembang-kan masyarakat ....
A. reading society
B. lifelong learning
C. learning society
D. knowledge society
24. Pembaharuan pendidikan pada tingkat makro berkaitan antara isu-isu
pendidikan dengan ....
A. kebijakan-kebijakan di tingkat pusat dan
daerah
B. hal-hal yang bersifat nasional
C. aspek implementasi di tingkat sekolah
D. aspek pelajaran di sekolah
25. Penentuan prioritas dalam pembaharuan
pendidikan dapat dilakukan dengan cara ....
A. meminta pendapat dari pakar pendidikan
B. belajar dari pengalaman masa lalu
C. mendiskusikannya dalam seminar yang bertaraf
nasional
D. menvisualisasikan isu-isu pokok dalam
pendidikan
26. Prinsip penting sebagai landasan untuk menuju
pembaharuan pembelajaran adalah perlunya guru memberi bentuk baru dalam
hubungannya dengan para siswa, yaitu dari bentuk power relationship ke bentuk shared
relationship. Artinya, isu yang penting dalam pendidikan bukan lagi
bagaimana agar guru mampu mengontrol kelasnya, tetapi bagaimana agar para siswa
....
A. dapat belajar secara optimal
B. dapat meningkatkan prestasi belajarnya
C. terlibat aktif dalam proses pembelajaran
D. mampu membangun masa depannya
27. Sekolah pada masa mendatang menyelenggarakan
pendidikan yang mempunyai ciri-ciri seperti berikut, kecuali ....
A. berakar pada masyarakat setempat tetapi dapat
mengakses sumber ilmu pengetahuan di seluruh dunia
B. kendali mutunya dipegang oleh pemerintah
pusat
C. bersifat lokal dan juga global
D. merupakan dunia yang hampir tanpa batas
28. Salah satu pilar pembaharuan pendidikan dan
pembelajaran yang dikemukakan Townsend dan Otero adalah pendidikan itu untuk
kelangsungan hidup. Ini berarti bahwa proses pendidikan dan pembelajaran di
sekolah harus
A. mampu memberikan bekal hidup bagi para siswa
B. disesuaikan dengan karakteristik siswa
C. diarahkan kepada pemenuhan kebutuhan hidup
bagi para siswa
D. relevan dengan kebutuhan masa kini dan masa
depan para siswa
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 29 SAMPAI
40, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
29. Menurut Rogers, ciri-ciri suatu inovasi
antara lain ....
1) kemanfaatannya dapat diukur
2) hasilnya dapat diamati
3) dapat dipahami oleh masyarakat
30. Secara nasional inovasi dalam bidang
pendidikan bertujuan untuk ....
1) mengubah persepsi masyarakat tentang
pendidikan
2) memperbaiki kurikulum dan proses pembelajaran
3) meningkatkan fasilitas pembelajaran dan
profesionalitas guru
31. Hasil inovasi dalam bidang pendidikan selama
ini tampak pada aspek ....
1) tujuan pendidikan
2) materi kurikulum dan pengajaran
3) struktur pendidikan dan pengajaran
32. Konsep paradigma pengajaran mengacu
kepada hal-hal berikut ....
1) pendidikan hanya dapat terjadi di sekolah
2) guru sebagai satu-satunya nara sumber
3) guru menjelaskan dan siswa menyimak
33. Konsep cyber
learning merujuk pada hal-hal
berikut ....
1) proses belajar tanpa batas
2) belajar mandiri
3) penggunaan sumber belajar yang serba terkini
34. Inovasi dalam bidang pendidikan di Indonesia
merupakan usaha pemerintah untuk ....
1) menciptakan sistem pendidikan yang dapat
menampung sebanyak mungkin anak usia sekolah
2) meningkatkan mutu pendidikan dengan
menyelenggarakan penatar-an-penataran bagi guru
3) menerbitkan buku-buku pelajaran dengan harga
murah
35. Contoh inovasi dalam bidang pembinaan
personalia pendidikan adalah ....
1) pengaturan tempat duduk siswa
2) peningkatan mutu guru
3) peningkatan disiplin siswa
36. Menurut hasil kajian Scheerens, prestasi
belajar siswa cenderung meningkat jika sekolah memiliki budaya seperti
berikut ....
1) menjunjung tinggi disiplin waktu
2) membuat sekolah dan kelas-kelasnya tertata
rapi
3) menghargai siswa yang berprestasi
37. Sumber daya yang terkait dengan proses
pembelajaran di sekolah adalah ....
1) tenaga kependidikan dan administrasi
2) dana yang teralokasi dengan baik
3) sarana dan prasarana
38. Sekolah yang efektif dan berkembang antara
lain mempunyai ciri-ciri seperti berikut ....
1) responsif dan suportif terhadap kepentingan
para guru
2) guru-gurunya berpendidikan S1
3) mampu membangun hubungan yang efektif dengan
Depdiknas atau Dinas Pendidikan, masyarakat, guru dan siswa
39. Pembelajaran yang relevan dengan perspektif
globalisasi memiliki ciri-ciri seperi berikut ....
1) mengembangkan sikap cinta belajar
2) mengembangkan pengetahuan, sikap, dan
keterampilan yang penting untuk berpartisipasi dalam proses politik
3) mengembangkan kreativitas siswa dalam bidang
kesenian
40. Prioritas pendidikan tahun 1000-an difokuskan
pada pendidikan yang dikaitkan dengan kepentingan ....
1) orang banyak
2) individu
3) kaum aristokrat
yfgu
ReplyDeleteGak ada pembahasanya toh, om??
ReplyDelete