TUGAS MANDIRI
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
(PGSD2105)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 50, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) adalah
bentuk pembelajaran yang dilaksanakan oleh seorang guru dalam ....
A. satu kelas, untuk menghadapi kelas yang
berbeda pada waktu yang berbeda
B. satu kelas, untuk menghadapi tingkat kelas
yang sama pada waktu yang sama
C. satu kelas atau lebih, untuk menghadapi
tingkat kelas yang berbeda pada waktu sama
D. satu kelas atau lebih, untuk menghadapi
tingkat kelas yang berbeda pada waktu yang berbeda
2. Guru kelas I SDN Ciputat I tidak mengajar
karena sakit, dan kepala sekolah menugaskan guru kelas II untuk mengajar di
kelas I pada waktu yang sama. PKR terpaksa dilakukan karena ....
A. kurang guru
B. kurang ruangan
C. ditugaskan kepala sekolah
D. ada guru yang tidak hadir
3. Pada saat melakukan PKR, guru menugaskan
siswa untuk mebuat rangkaian bunga sederhana dengan menggunakan bahan yang ada
di sekitar sekolah, baik dari kertas maupun plastik bekas atau bahan lainnya.
Tugas yang diberikan guru tersebut merupakan manfaat PKR secara ....
A. ekonomis
B. praktis
C. pedagogis
D. didaktis
4. Proses pembelajaran merupakan kegiatan ....
A. proses belajar yang dilakukan oleh guru untuk
menyusun materi yang siap ajar
B. proses mengajar yang dilakukan oleh guru
dengan menggunakan berbagai sumber
C. belajar tidak memerlukan kehadiran guru
D. siswa dalam menata ilmu pengetahuan yang
diperolehnya dari berbagai sumber
5. Yang termasuk peristiwa pembelajaran adalah
pada saat ....
A. guru mengatur tempat duduk
B. siswa menyapu ruang kelas
C. siswa melakukan diskusi kelompok
D. guru membagikan lembar kerja siswa
6. Berikut ini contoh dari prinsip khusus PKR
kontak psikologis guru-murid ....
A. membagi murid dalam beberapa kelompok
B. mengatur tempat duduk murid
C. memeriksa pekerjaan setiap siswa pada saat
PKR berlangsung
D. memberi tugas kepada siswa
7. Secara umum PKR memiliki prinsip yang sama
dengan pembelajaran yang lain, yaitu ...
A. ada keserempakan dalam belajar mengajar
B. memperhatikan perbedaan individual siswa
C. adanya kontak psikologis berkelanjutan
D. membiasakan siswa mandiri
8. Berikut adalah contoh PKR ....
A. Bu Ida mengajar kelas I dan II dalam satu
ruangan pada waktu yang berbeda
B. Pak Adi mengajar kelas II dan III di ruang
yang berbeda pada waktu yang berbeda
C. Bu Ina mengajar kelas III dan IV di ruang
yang sama pada waktu yang sama dengan materi pelajaran yang berbeda
D. Bu Ani mengajar kelas IV dan V di ruang yang
sama pada waktu yang sama dengan materi pelajaran serta topik yang sama
9. Pak Ibra mengajar matematika di kelas V dan
IPA di kelas VI di ruang yang berbeda pada waktu yang sama. Beliau memulai PKR
dengan memberikan pengantar dan pengarahan secara umum apa yang harus dilakukan
oleh kedua kelas tersebut pada waktu bersamaan selama 10 menit. Setelah itu
siswa mengerjakan tugas secara berkelompok sesuai petunjuk yang diberikan
Pak Ibra, kemudian dilanjutkan dengan
diskusi kelompok dan tanya jawab. Sepuluh menit terakhir Pak Ibra memberikan
penguatan terhadap hasil kerja kedua kelas tersebut. Ciri khas yang menonjol
dari PKR tersebut adalah ....
A. kelas menjadi tertib
B. guru lebih aktif daripada siswa
C. siswa lebih aktif daripada guru
D. kegiatan menyenangkan
10. Guru mampu mengatur tempat duduk yang baik,
menyusun kelompok kerja siswa, membangkitkan siswa menjadi aktif dalam PKR
merupakan peranan guru sebagai ....
A. perancang
kurikulum
B. administrator
C. sumber
informasi
D. profesional
11. Pada
hakikatnya pengelolaan PKR adalah kegiatan yang dilakukan guru dalam hal, kecuali
....
A. memanfaatkan
waktu pelajaran dengan berbagai kegiatan
B. meningkatkan
kualitas pembelajaran
C. memperhatikan
keadaan fisik siswa
D. meningkatkan
keikutsertaan siswa dalam belajar
12. Pak
Adi mengajar kelas III dan IV di
ruang yang sama pada waktu yang sama dengan materi pelajaran yang berbeda. PKR
yang dilakukan Pak Adi termasuk model PKR ....
A. 221
B. 222
C. 331
D. 333
13. Pada
saat mengajar rangkap di kelas IV dan VI di ruang yang berbeda, sepuluh menit
pertama pak Didi mengumpulkan seluruh siswa di satu ruang dan memberikan
pengantar serta pengarahan kepada seluruh siswa. Enam puluh menit berikutnya
siswa belajar di kelas masing-masing sesuai dengan petunjuk yang diberikan dan
pak didi mengawasi kegiatan tersebut kemudian sepuluh menit terakhir Pak Didi
melakukan reviu dann penguatan dengan mengumpulkan seluruh siswa kembali dalam
satu kelas. Petunjuk PKR tersebut termasuk pengelolaan model PKR ....
A. 221
B. 222
C. 331
D. 333
14. Berikut
adalah proses pembelajaran efektif menurut Karweit, kecuali ....
A. sebagian
besar waktu digunakan oleh murid
B. sebagian
besar waktu digunakan oleh guru
C. kualitas
pembelajaran memadai
D. sebagai
besar murid aktif
15. Intensitas
kemandirian belajar tiap kelas tinggi dan terbebas dari situasi belajar kelas
lainnya merupakan keunggulan model PKR ....
A. 221
B. 222
C. 331
D. 333
16. Berikut
merupakan konsep didaktik metodik dalam PKR ....
A. ilmu
belajar mengajar
B. cara
belajar mengajar
C. ilmu
belajar dan cara mengajar
D. ilmu
mengajar dan cara belajar
17. Cara
mengawali pelajaran yang baik oleh guru dalam PKR adalah ....
A. membagi
kelompok untuk masing-masing kelas secara heterogen
B. meminta
untuk membuat kelompok sendiri berdasarkan tingkatan kelas dan minat mereka
C. memberi
tugas untuk masing-masing kelas dengan membuat petunjuk kerja
D. menyampaikan
tujuan pembelajaran serta mengarahkan pekerjaan siswa dengan petunjuk yang
jelas
18. Cara
menimbulkan motivasi murid dalam mengawali pelajaran ....
A. memperlihatkan
benda/alat peraga
B. mengucapkan
salam pembuka
C. bercerita
sesuai dengan topik yan akan diajarkan
D. mengemukakan
tujuan pembelajaran
19. Berikut
adalah cara-cara mengakhiri pelajaran, kecuali ....
A. mengemukakan
pendapat sendiri
B. mengemukakan
pendapat orang lain
C. mendemonstrasikan
keterampilan
D. membuat
rangkuman
20. Salah
satu keterampilan yang harus dikuasai guru PKR agar siswa menjadi pembelajar
aktif adalah keterampilan dalam ....
A. membuat
kelompok untuk masing-masing kelas
B. membimbing
diskusi kelompok kecil
C. membimbing
diskusi untuk masing-masing kelas
D. mengawasi
kerja kelompok
21. Berikut
merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru PKR dalam menata diskusi atau
kerja kelompok kecil, kecuali ....
A. memperjelas
masalah yang menjadi pusat perhatian diskusi
B. menganalisis
pendapat murid
C. meminta
murid merumuskan tujuan
D. memberi
kesempatan murid untuk menyampaikan pendapat
22. Salah
satu peran guru dalam pengajaran kelompok kecil adalah sebagai ....
A. pengawas
B. pemerhati
C. pendorong
belajar siswa
D. pembimbing
siswa
23. Berikut
adalah variasi gaya mengajar, kecuali ....
A. pemusatan
perhatian kepada semua murid
B. kontak
pandang untuk semua murid
C. pemberian
tugas untuk semua murid
D. kesenyapan
pada saat berbicara
24. Pola
interaksi perseorangan merupakan pola interaksi antara....
A. guru
dengan seorang murid
B. guru
dengan semua murid
C. guru
dengan kelompok diskusi
D. kelompok
diskusi yang satu dengan yang lainnya
25. Keterampilan
yang harus dimiliki guru dalam mengelola kelas adalah ....
A. membentuk
kelompok diskusi
B. membagikan
tugas kepada setiap kelompok diskusi
C. mengendalikan
kondisi kelas
D. memeriksa
tugas kelompok diskusi
26. Pak
Danu melaksanakan PKR pada kelas IV dan V. Adi adalah murid kelas V yang
melakukan penyimpangan perilaku dengan cara mengganggu anak perempuan kelas IV.
Suasana belajar jadi terganggu karena kelas gaduh. Untuk mengatasi Adi, pak
Danu mengendalikan kelas dengan cara sebagai berikut, kecuali ....
A. menghukum
Adi sewajarnya
B. menjadikan
Adi contoh yang salah
C. memberi
contoh murid yang baik
D. menguatkan
perilaku murid yang baik
27.
Inti dari model interaksi kelas dalam PKR adalah ....
A. pemberian
tugas yang jelas kepada murid
B. pemberian
tugas yang jelas kepada setiap kelompok
C. pelibatan
seluruh siswa secara aktif dalam PKR
D. pengawasan
secara ketat terhadap kegiatan murid
28. Berikut
adalah langkah-langkah proses belajar arahan sendiri ....
A. murid
menyimak pertanyaan dan memikirkan jawaban
B. guru
mengajukan pertanyaan kemudian murid menjawab secara lisan
C. siswa
menyeleksi bahan, mempelajari bahan dan membuat kesimpulan
D. siswa
diminta menyiapkan alat tulis, seorang siswa membacakan pertanyaan, dan setiap
siswa mencari jawaban dari buku
29. Para
siswa mendiskusikan tugas yang diberikan guru di kelompok masing-masing
kemudian menyimpulkan hasil diskusi kelompok tersebut di hadapan kelas secara
bergiliran. Kegiatan tersebut merupakan contoh model belajar ....
A. individual
B. berpasangan
C. mandiri
D. klasikal
30. Berikut
adalah beberapa saran Miller untuk keberhasilan program tutorial, kecuali
....
A. memulai
dengan tujuan yang jelas
B. menjelaskan
tujuan kepada seluruh kelas
C. menyiapkan
bahan dan sumber belajar
D. menyuruh
siswa membentuk kelompok belajar
31. PKR
memiliki keserbagandaan dibanding kelas tunggal karena ....
A. menggunakan
kelas lebih dari satu ruang
B. setiap
ruang kelas dibimbing oleh seorang guru
C. dalam
waktu yang bersamaan mengajar di dua kelas yang sama tingkatanya
D. dalam
satu kelas atau lebih, guru menghadapi kelompok siswa dari dua kelas atau lebih
yang berbeda tingkatan, berbeda pelajaran dalam waktu yang sama
32. Penataan
fisik kelas berikut merupakan bagian dari aspek pengorganisasian kelas, kecuali
....
A. kemudahan
bergerak
B. siswa
mudah minta izin keluar kelas
C. bangku
dan kursi
D. meja
guru
33. Penataan
ruang kelas berikut merupakan contoh sudut aktivitas, kecuali ....
A. sudut
baca
B. sudut
IPA
C. tempat
menyimpan peralatan
D. tempat
sampah
34. Kelamahan
tata ruang kelas tradisional adalah ....
A. luwes
B. membatasi
gerak
C. siswa
bebas melakukan berbagai kegiatan belajar
D. memudahkan
siswa melakukan diskusi
35. Papan
pajangan di dalam kelas memiliki fungsi sebagai berikut, kecuali ....
A. memberikan
informasi
B. memamerkan
karya murid
C. menambah
semarak suasana kelas
D. mendorong
murid untuk bekerja sama
36. Membentuk
kelompok belajar siswa di kelas dapat dilakukan dengan berdasarkan cara ini, kecuali
....
A. persamaan
kemampuan
B. kemampuan
yang berbeda
C. pengelompokan
sosial
D. pengelompokan
ras
37. Berikut
merupakan aspek perencanaan kegiatan kelompok belajar menurut Cohen, kecuali
....
A. menentukan
cara murid bekerja sama
B. menentukan
program training
C. memberikan
tugas yang sulit dilakukan sendiri
D. merumuskan
cara belajar bersama
38. Pak
Budi memberikan Lembar Kerja Murid (LKM) untuk kelas V dengan topik ikan. Siswa
ditugaskan untuk mendiskusikan manfaat ikan untuk manusia. Jenis ikan apa saja
yang bisa dipelihara, bagaimana cara memeliharanya, dimana ditanamnya, apa
pakannya. LKM tersebut dibuat untuk pelajaran ....
A. IPS
B. IPA
C. Pengetahuan
umum
D. ORKES
39. Pemanfaatan
Pusat Sumber Belajar dapat dimaksimalkan dengan adanya lembar kerja murid yang
digunakan untuk melakukan kegiatan berikut ....
A. mengumpulkan
guntingan koran
B. melakukan
percobaan IPA
C. menyebarkan
hasil percobaan melalui seminar
D. membuat
rangkuman dari berbagai konsep penting
40. Langkah-langkah
penting yang dapat dilakukan guru PKR untuk memanfaatkan tutor adalah ....
A. memilih
murid pintar untuk dijadikan tutor
B. mempersiapkan
tutor secara matang dengan memberikan latihan singkat
C. menawarkan
kepada murid siapa yang mau jadi tutor
D. menjanjikan
untuk memberikan nilai yang bagus bagi murid yang mau jadi tutor
41. Aturan
rutin kelas adalah ....
A. aturan
yang dibuat oleh guru sesuai kehendaknya supaya murid patuh
B. aturan
yang dirumuskan berdasarkan usulan murid
C. aturan
yang dirumuskan guru untuk mengatur kegiatan sehari-hari yang dimengerti oleh
siswa
D. aturan
yang dirumuskan sesuai perintah kepada sekolah
42. Berikut
adalah aturan rutin kelas yang dapat memotivasi murid, kecuali ....
A. guru
merumuskan tugas atau pekerjaan bersama-sama dengan murid
B. murid
diberi kepercayaan untuk membagikan, mengumpulkan, dan menyimpan bahan belajar
C. murid
diberitahu cara meminta bantuan tutor apabila ada kesulitan
D. murid
diberi kebebasan untuk melakukan kegiatan apapun di kelas
43. Kegiatan
siap diperlukan dalam pembelajaran apabila ....
A. setiap
siswa mengerjakan tugas dengan baik dan cepat
B. setiap
kelompok belajar mengerjakan tugas dengan baik dan cepat
C. ada
individu atau kelompok belajar menyelesaikan tugas lebih cepat karena pernah
melakukannya dan merasa jenuh
D. ada
individu atau kelompok merasa kesulitan mengerjakan tugas sesuai dengan waktu
yang telah ditentukan
44. Kerja
sama antara personil berikut dapat menciptakan sumber belajar dan sumber daya, kecuali
kerja sama....
A. guru
dan kepala sekolah
B. sekolah
dengan orang tua
C. sekolah
dengan pembina
D. pembina
dengan pihak luar
45. Faktor
utama dilakukannya kerja sama dengan sekolah lain adalah untuk ....
A. menunjukkan
kelebihan masing-masing sekolah
B. menutupi
kekurangan masing-masing sekolah
C. saling
memanfaatkan kelebihan dan mengatasi kekurangan masing-masing sekolah
D. memanfaatkan
sekolah yang serba berkecukupan
46. Berikut
adalah contoh lingkungan yang dapat dijadikan sumber belajar ....
A. tetangga
di sekitar sekolah
B. pedagang
yang berjualan di lingkungan sekolah
C. tokoh
masyarakat
D. sanggar
kesenian daerah yang berada di sekitar sekolah
47. Belajar
mandiri adalah kegiatan ....
A. belajar
yang dilakukan sendiri
B. belajar
seorang diri
C. belajar
yang dilakukan oleh individu atau kelompok sesuai perintah guru
D. belajar
yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan motivasi dan inisiatif
sendiri
48. Untuk
mendukung proses belajar mandiri di kalangan siswa, kondisi dan situasi sekolah
haruslah memenuhi syarat seperti ....
A. fasilitas
sekolah yang nyaman dan asri
B. guru-guru
yang lengkap sesuai mata pelajaran yang ada
C. kepala
sekolah yang berpendidikan tinggi dan berwawasan luas
D. ketersediaan
perlengkapan belajar yang berasal dari lingkungan
49. Yang
termasuk sumber belajar yang berasal dari lingkungan alam adalah ....
A. sanggar
seni
B. perpustakaan
umum
C. laboratorium
D. hutan
bakau dan sungai
50. Lingkungan
yang berada di sekitar sekolah di bawah ini dapat dijadikan sumber belajar, kecuali
....
A. sawah
B. upacara
keagamaan
C. puskesmas
D. jalan
raya
No comments:
Post a Comment