Cloud Hosting Indonesia

01 April, 2014

Soal Pembelajaran Kelas Rangkap



TUGAS MANDIRI
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
(PGSD2105)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 50,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) adalah bentuk pembelajaran yang dilaksanakan oleh seorang guru dalam ....
A.   satu kelas, untuk menghadapi kelas yang berbeda pada waktu yang berbeda
B.   satu kelas, untuk menghadapi tingkat kelas yang sama pada waktu yang sama
C.   satu kelas atau lebih, untuk menghadapi tingkat kelas yang berbeda pada waktu sama
D.   satu kelas atau lebih, untuk menghadapi tingkat kelas yang berbeda pada waktu yang berbeda

2.   Guru kelas I SDN Ciputat I tidak mengajar karena sakit, dan kepala sekolah menugaskan guru kelas II untuk mengajar di kelas I pada waktu yang sama. PKR terpaksa dilakukan karena .... 
A.   kurang guru
B.   kurang ruangan
C.   ditugaskan kepala sekolah
D.   ada guru yang tidak hadir
     
3.   Pada saat melakukan PKR, guru menugaskan siswa untuk mebuat rangkaian bunga sederhana dengan menggunakan bahan yang ada di sekitar sekolah, baik dari kertas maupun plastik bekas atau bahan lainnya. Tugas yang diberikan guru tersebut merupakan manfaat PKR secara ....
A.   ekonomis
B.   praktis
C.   pedagogis
D.   didaktis

4.   Proses pembelajaran merupakan kegiatan ....
A.   proses belajar yang dilakukan oleh guru untuk menyusun materi yang siap ajar
B.   proses mengajar yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan berbagai sumber
C.   belajar tidak memerlukan kehadiran guru
D.   siswa dalam menata ilmu pengetahuan yang diperolehnya dari berbagai sumber




5.   Yang termasuk peristiwa pembelajaran adalah pada saat ....
A.   guru mengatur tempat duduk
B.   siswa menyapu ruang kelas
C.   siswa melakukan diskusi kelompok
D.   guru membagikan lembar kerja siswa

6.   Berikut ini contoh dari prinsip khusus PKR kontak psikologis guru-murid ....
A.   membagi murid dalam beberapa kelompok
B.   mengatur tempat duduk murid
C.   memeriksa pekerjaan setiap siswa pada saat PKR berlangsung
D.   memberi tugas kepada siswa

7.   Secara umum PKR memiliki prinsip yang sama dengan pembelajaran yang lain, yaitu ...
A.   ada keserempakan dalam belajar mengajar
B.   memperhatikan perbedaan individual siswa
C.   adanya kontak psikologis berkelanjutan
D.   membiasakan siswa mandiri

8.   Berikut adalah contoh PKR ....
A.   Bu Ida mengajar kelas I dan II dalam satu ruangan pada waktu yang berbeda
B.   Pak Adi mengajar kelas II dan III di ruang yang berbeda pada waktu yang berbeda
C.   Bu Ina mengajar kelas III dan IV di ruang yang sama pada waktu yang sama dengan materi pelajaran yang berbeda
D.   Bu Ani mengajar kelas IV dan V di ruang yang sama pada waktu yang sama dengan materi pelajaran serta topik yang sama















9.   Pak Ibra mengajar matematika di kelas V dan IPA di kelas VI di ruang yang berbeda pada waktu yang sama. Beliau memulai PKR dengan memberikan pengantar dan pengarahan secara umum apa yang harus dilakukan oleh kedua kelas tersebut pada waktu bersamaan selama 10 menit. Setelah itu siswa mengerjakan tugas secara berkelompok sesuai petunjuk yang diberikan
      Pak Ibra, kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan tanya jawab. Sepuluh menit terakhir Pak Ibra memberikan penguatan terhadap hasil kerja kedua kelas tersebut. Ciri khas yang menonjol dari PKR tersebut  adalah ....
A.   kelas menjadi tertib
B.   guru lebih aktif daripada siswa
C.   siswa lebih aktif daripada guru
D.   kegiatan menyenangkan

10.  Guru mampu mengatur tempat duduk yang baik, menyusun kelompok kerja siswa, membangkitkan siswa menjadi aktif dalam PKR merupakan peranan guru sebagai ....
A.   perancang kurikulum
B.   administrator
C.   sumber informasi
D.   profesional

11.   Pada hakikatnya pengelolaan PKR adalah kegiatan yang dilakukan guru dalam hal, kecuali ....
A.   memanfaatkan waktu pelajaran dengan berbagai kegiatan
B.   meningkatkan kualitas pembelajaran
C.   memperhatikan keadaan fisik siswa
D.   meningkatkan keikutsertaan siswa dalam belajar

12.   Pak Adi mengajar kelas III dan IV di ruang yang sama pada waktu yang sama dengan materi pelajaran yang berbeda. PKR yang dilakukan Pak Adi termasuk model PKR ....
A.   221
B.   222
C.   331
D.   333

13.   Pada saat mengajar rangkap di kelas IV dan VI di ruang yang berbeda, sepuluh menit pertama pak Didi mengumpulkan seluruh siswa di satu ruang dan memberikan pengantar serta pengarahan kepada seluruh siswa. Enam puluh menit berikutnya siswa belajar di kelas masing-masing sesuai dengan petunjuk yang diberikan dan pak didi mengawasi kegiatan tersebut kemudian sepuluh menit terakhir Pak Didi melakukan reviu dann penguatan dengan mengumpulkan seluruh siswa kembali dalam satu kelas. Petunjuk PKR tersebut termasuk pengelolaan model PKR ....
A.   221
B.   222
C.   331
D.   333

14.   Berikut adalah proses pembelajaran efektif menurut Karweit, kecuali ....
A.   sebagian besar waktu digunakan oleh murid
B.   sebagian besar waktu digunakan oleh guru
C.   kualitas pembelajaran memadai
D.   sebagai besar murid aktif

15.   Intensitas kemandirian belajar tiap kelas tinggi dan terbebas dari situasi belajar kelas lainnya merupakan keunggulan model PKR ....
A.   221
B.   222
C.   331
D.   333

16.   Berikut merupakan konsep didaktik metodik dalam PKR ....
A.   ilmu belajar mengajar
B.   cara belajar mengajar
C.   ilmu belajar dan cara mengajar
D.   ilmu mengajar dan cara belajar

17.   Cara mengawali pelajaran yang baik oleh guru dalam PKR adalah ....
A.   membagi kelompok untuk masing-masing kelas secara heterogen
B.   meminta untuk membuat kelompok sendiri berdasarkan tingkatan kelas dan minat mereka
C.   memberi tugas untuk masing-masing kelas dengan membuat petunjuk kerja
D.   menyampaikan tujuan pembelajaran serta mengarahkan pekerjaan siswa dengan petunjuk yang jelas

18.   Cara menimbulkan motivasi murid dalam mengawali pelajaran ....
A.   memperlihatkan benda/alat peraga
B.   mengucapkan salam pembuka
C.   bercerita sesuai dengan topik yan akan diajarkan
D.   mengemukakan tujuan pembelajaran


19.   Berikut adalah cara-cara mengakhiri pelajaran, kecuali ....
A.   mengemukakan pendapat sendiri
B.   mengemukakan pendapat orang lain
C.   mendemonstrasikan keterampilan
D.   membuat rangkuman

20.   Salah satu keterampilan yang harus dikuasai guru PKR agar siswa menjadi pembelajar aktif adalah keterampilan dalam ....
A.   membuat kelompok untuk masing-masing kelas
B.   membimbing diskusi kelompok kecil
C.   membimbing diskusi untuk masing-masing kelas
D.   mengawasi kerja kelompok

21.   Berikut merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru PKR dalam menata diskusi atau kerja kelompok kecil, kecuali ....
A.   memperjelas masalah yang menjadi pusat perhatian diskusi
B.   menganalisis pendapat murid
C.   meminta murid merumuskan tujuan
D.   memberi kesempatan murid untuk menyampaikan pendapat

22.   Salah satu peran guru dalam pengajaran kelompok kecil adalah sebagai ....
A.   pengawas
B.   pemerhati
C.   pendorong belajar siswa
D.   pembimbing siswa

23.   Berikut adalah variasi gaya mengajar, kecuali ....
A.   pemusatan perhatian kepada semua murid
B.   kontak pandang untuk semua murid
C.   pemberian tugas untuk semua murid
D.   kesenyapan pada saat berbicara

24.   Pola interaksi perseorangan merupakan pola interaksi antara....
A.   guru dengan seorang murid
B.   guru dengan semua murid
C.   guru dengan kelompok diskusi
D.   kelompok diskusi yang satu dengan yang lainnya





25.   Keterampilan yang harus dimiliki guru dalam mengelola kelas adalah ....
A.   membentuk kelompok diskusi
B.   membagikan tugas kepada setiap kelompok diskusi
C.   mengendalikan kondisi kelas
D.   memeriksa tugas kelompok diskusi

26.   Pak Danu melaksanakan PKR pada kelas IV dan V. Adi adalah murid kelas V yang melakukan penyimpangan perilaku dengan cara mengganggu anak perempuan kelas IV. Suasana belajar jadi terganggu karena kelas gaduh. Untuk mengatasi Adi, pak Danu mengendalikan kelas dengan cara sebagai berikut, kecuali ....
A.   menghukum Adi sewajarnya
B.   menjadikan Adi contoh yang salah
C.   memberi contoh murid yang baik
D.   menguatkan perilaku murid yang baik

27.   Inti dari model interaksi kelas dalam PKR adalah ....
A.   pemberian tugas yang jelas kepada murid
B.   pemberian tugas yang jelas kepada setiap kelompok
C.   pelibatan seluruh siswa secara aktif dalam PKR
D.   pengawasan secara ketat terhadap kegiatan murid

28.   Berikut adalah langkah-langkah proses belajar arahan sendiri ....
A.   murid menyimak pertanyaan dan memikirkan jawaban
B.   guru mengajukan pertanyaan kemudian murid menjawab secara lisan
C.   siswa menyeleksi bahan, mempelajari bahan dan membuat kesimpulan
D.   siswa diminta menyiapkan alat tulis, seorang siswa membacakan pertanyaan, dan setiap siswa mencari jawaban dari buku

29.   Para siswa mendiskusikan tugas yang diberikan guru di kelompok masing-masing kemudian menyimpulkan hasil diskusi kelompok tersebut di hadapan kelas secara bergiliran. Kegiatan tersebut merupakan contoh model belajar ....
A.   individual
B.   berpasangan
C.   mandiri
D.   klasikal

30.   Berikut adalah beberapa saran Miller untuk keberhasilan program tutorial, kecuali ....
A.   memulai dengan tujuan yang jelas
B.   menjelaskan tujuan kepada seluruh kelas
C.   menyiapkan bahan dan sumber belajar
D.   menyuruh siswa membentuk kelompok belajar

31.   PKR memiliki keserbagandaan dibanding kelas tunggal karena  ....
A.   menggunakan kelas lebih dari satu ruang
B.   setiap ruang kelas dibimbing oleh seorang guru
C.   dalam waktu yang bersamaan mengajar di dua kelas yang sama tingkatanya
D.   dalam satu kelas atau lebih, guru menghadapi kelompok siswa dari dua kelas atau lebih yang berbeda tingkatan, berbeda pelajaran dalam waktu yang sama

32.   Penataan fisik kelas berikut merupakan bagian dari aspek pengorganisasian kelas, kecuali ....
A.   kemudahan bergerak
B.   siswa mudah minta izin keluar kelas
C.   bangku dan kursi
D.   meja guru

33.   Penataan ruang kelas berikut merupakan contoh sudut aktivitas, kecuali ....
A.   sudut baca
B.   sudut IPA
C.   tempat menyimpan peralatan
D.   tempat sampah

34.   Kelamahan tata ruang kelas tradisional adalah ....
A.   luwes
B.   membatasi gerak
C.   siswa bebas melakukan berbagai kegiatan belajar
D.   memudahkan siswa melakukan diskusi

35.   Papan pajangan di dalam kelas memiliki fungsi sebagai berikut, kecuali ....
A.   memberikan informasi
B.   memamerkan karya murid
C.   menambah semarak suasana kelas
D.   mendorong murid untuk bekerja sama

36.   Membentuk kelompok belajar siswa di kelas dapat dilakukan dengan berdasarkan cara ini, kecuali ....
A.   persamaan kemampuan
B.   kemampuan yang berbeda

C.   pengelompokan sosial
D.   pengelompokan ras

37.   Berikut merupakan aspek perencanaan kegiatan kelompok belajar menurut Cohen, kecuali ....
A.   menentukan cara murid bekerja sama
B.   menentukan program training
C.   memberikan tugas yang sulit dilakukan sendiri
D.   merumuskan cara belajar bersama

38.   Pak Budi memberikan Lembar Kerja Murid (LKM) untuk kelas V dengan topik ikan. Siswa ditugaskan untuk mendiskusikan manfaat ikan untuk manusia. Jenis ikan apa saja yang bisa dipelihara, bagaimana cara memeliharanya, dimana ditanamnya, apa pakannya. LKM tersebut dibuat untuk pelajaran ....
        A.   IPS
B.   IPA
C.   Pengetahuan umum
D.   ORKES

39.   Pemanfaatan Pusat Sumber Belajar dapat dimaksimalkan dengan adanya lembar kerja murid yang digunakan untuk melakukan kegiatan berikut ....
A.   mengumpulkan guntingan koran
B.   melakukan percobaan IPA
C.   menyebarkan hasil percobaan melalui seminar
D.   membuat rangkuman dari berbagai konsep penting
     
40.   Langkah-langkah penting yang dapat dilakukan guru PKR untuk memanfaatkan tutor adalah ....
A.   memilih murid pintar untuk dijadikan tutor
B.   mempersiapkan tutor secara matang dengan memberikan latihan singkat
C.   menawarkan kepada murid siapa yang mau jadi tutor
D.   menjanjikan untuk memberikan nilai yang bagus bagi murid yang mau jadi tutor

41.   Aturan rutin kelas adalah ....
A.   aturan yang dibuat oleh guru sesuai kehendaknya supaya murid patuh
B.   aturan yang dirumuskan berdasarkan usulan murid
C.   aturan yang dirumuskan guru untuk mengatur kegiatan sehari-hari yang dimengerti oleh siswa
D.   aturan yang dirumuskan sesuai perintah kepada sekolah

42.   Berikut adalah aturan rutin kelas yang dapat memotivasi murid, kecuali ....
A.   guru merumuskan tugas atau pekerjaan bersama-sama dengan murid
B.   murid diberi kepercayaan untuk membagikan, mengumpulkan, dan menyimpan bahan belajar
C.   murid diberitahu cara meminta bantuan tutor apabila ada kesulitan
D.   murid diberi kebebasan untuk melakukan kegiatan apapun di kelas

43.   Kegiatan siap diperlukan dalam pembelajaran apabila ....
A.   setiap siswa mengerjakan tugas dengan baik dan cepat
B.   setiap kelompok belajar mengerjakan tugas dengan baik dan cepat
C.   ada individu atau kelompok belajar menyelesaikan tugas lebih cepat karena pernah melakukannya dan merasa jenuh
D.   ada individu atau kelompok merasa kesulitan mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan

44.   Kerja sama antara personil berikut dapat menciptakan sumber belajar dan sumber daya, kecuali kerja sama....
A.   guru dan kepala sekolah
B.   sekolah dengan orang tua
C.   sekolah dengan pembina
D.   pembina dengan pihak luar

45.   Faktor utama dilakukannya kerja sama dengan sekolah lain adalah untuk ....
A.   menunjukkan kelebihan masing-masing sekolah
B.   menutupi kekurangan masing-masing sekolah
C.   saling memanfaatkan kelebihan dan mengatasi kekurangan masing-masing sekolah
D.   memanfaatkan sekolah yang serba berkecukupan

46.   Berikut adalah contoh lingkungan yang dapat dijadikan sumber belajar ....
A.   tetangga di sekitar sekolah
B.   pedagang yang berjualan di lingkungan sekolah
C.   tokoh masyarakat
D.   sanggar kesenian daerah yang berada di sekitar sekolah



47.   Belajar mandiri adalah kegiatan ....
A.   belajar yang dilakukan sendiri
B.   belajar seorang diri
C.   belajar yang dilakukan oleh individu atau kelompok sesuai perintah guru
D.   belajar yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan motivasi dan inisiatif sendiri

48.   Untuk mendukung proses belajar mandiri di kalangan siswa, kondisi dan situasi sekolah haruslah memenuhi syarat seperti ....
A.   fasilitas sekolah yang nyaman dan asri
B.   guru-guru yang lengkap sesuai mata pelajaran yang ada
C.   kepala sekolah yang berpendidikan tinggi dan berwawasan luas
D.   ketersediaan perlengkapan belajar yang berasal dari lingkungan

49.   Yang termasuk sumber belajar yang berasal dari lingkungan alam adalah ....
A.   sanggar seni
B.   perpustakaan umum
C.   laboratorium
D.   hutan bakau dan sungai

50.   Lingkungan yang berada di sekitar sekolah di bawah ini dapat dijadikan sumber belajar, kecuali ....
A.   sawah
B.   upacara keagamaan
C.   puskesmas
D.   jalan raya

No comments:

Post a Comment