Cloud Hosting Indonesia

01 April, 2014

Soal Strategi Belajar Mengajar



LATIHAN MANDIRI
STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
(PGSD2201)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 43 ,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Kurikulum dikembangkan berdasarkan kebutuhan pembangunan nasional, artinya kegiatan pendidikan harus ....   
A.   diarahkan pada pencapaian tujuan pendidikan nasional
B.   mengakomodasi perkembangan pengetahuan dan teknologi
C.   dikembangkan berdasarkan upaya pembangunan yang sedang dilaksanakan
D.   disesuaikan dengan pencapaian pembangunan di lingkungan sekitar siswa

2.   Tujuan pendidikan pada tingkat SD ditekankan pada pengembangan .... 
A.   kemampuan dan keterampilan menerapkan baca-tulis-hitung dalam kehidupan sehari-hari
B.   kehidupan siswa sebagai anggota masyarakat
C.   keterampilan bahasa dan berhitung sesuai dengan tingkat perkembangan anak
D.   kemampuan siswa secara optimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat
     
3.   Salah satu kemampuan yang dikembangkan melalui mata pelajaran matematika....
A.   kemampuan bernalar dan berkomunikasi
B.   sikap rasional tentang gejala-gejala sosial
C.   kesadaran pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari
D.   penalaran yang tajam untuk menjelaskan permasalahan kehidupan sehari-hari

4.   Salah satu yang membedakan pelaksanaan pembelajaran di SD dengan di SLTP adalah ....
A.   bahasa pengantar di SD adalah bahasa daerah, sedangkan di SLTP adalah bahasa Indonesia
B.   kurikulum di SD menerapkan sistem catur wulan, sedangkan di SLTP menerapkan sistem semester
C.   SD menggunakan sistem guru kelas, sedangkan di SLTP menggunakan sistem guru bidang studi
D.   kegiatan pembelajaran di SD dilaksanakan dengan sistem klasikal, sedangkan di SLTP dengan sistem belajar mandiri

5.   Hasil penilaian pada akhir semester 2 kelas 6 SD merupakan ....
A.   informasi tentang kemampuan yang dicapai siswa dalam satu semester
B.   bahan pertimbangan dalam menentukan kelanjutan pendidikan
C.   data yang digunakan sebagai dasar pemberian bantuan kegiatan remedial
D.   gambaran potensi yang harus dikembangkan dalam kegiatan pengayaan

6.   Belajar merupakan suatu proses perubahan perilaku yang disebabkan oleh ....
A.   potensi yang dimiliki anak
B.   kesiapan anak melakukan perubahan
C.   interaksi anak dengan lingkungan
D.   perhatian siswa pada proses belajar

7.   Pembelajaran adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk ...
A.   membantu siswa belajar
B.   meningkatkan kecerdasan siswa
C.   mempersiapkan siswa belajar
D.   memusatkan siswa pada proses belajar

8.   Kegiatan yang dapat dilakukan guru dalam menerapkan prinsip motivasi dalam kegiatan membuka pembelajaran di antaranya adalah ....
A.   mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman siswa sehari-hari
B.   menggunakan metode yang bervariasi yang memungkinkan siswa aktif
C.   memberikan koreksi positif terhadap hasil pekerjaan siswa
D.   menggunakan alat peraga yang dapat digunakan oleh siswa

9.   Berikut ini adalah variabel strategi belajar mengajar, kecuali ....
A.   kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa
B.   materi pelajaran yang dibahas
C.   buku teks yang dijadikan acuan guru
D.   karakteristik siswa yang dihadapi guru




10.   Tujuan pembelajaran merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan media sebab ....
A.   setiap jenis tujuan menuntut strategi pencapaian yang berbeda
B.   tujuan pembelajaran dirumuskan sebelum pemilihan metode
C.   semua siswa diharapkan mencapai tujuan dengan cara yang sama
D.   tujuan pembelajaran menggambarkan kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa

11.   Manakah dari pernyataan berikut yang menggambarkan hasil belajar informasi verbal?
A.   Mampu menggunakan kalimat efekti dalam sebuah karangan
B.   Mampu bekerja sama dalam membuat laporan
C.   Mampu memilih cara yang tepat untuk menghemat air
D.   Mampu menyebutkan ibukota provinsi terbaru di Indonesia

12.   Strategi pembelajaran ekspositorik adalah strategi pembelajaran yang menuntut guru untuk ....
A.   menyajikan materi pelajaran dari hal-hal yang umum diikuti dengan contoh
B.   meminta siswa mencari contoh dalam kehidupan sehari-hari untuk kemudian disimpulkan
C.   mengolah dan menyajikan materi pelajaran secara rinci dan jelas kepada siswa
D.   menugaskan siswa mencari dan mengolah materi pelajaran dari berbagai sumber belajar

13.   Kegiatan apersepsi dalam kegiatan pendahuluan dapat dilakukan dengan cara ....
A.   menyiapkan buku dan alat pelajaran
B.   mengajukan pertanyaan tentang keadaan siswa
C.   mengatur tempat duduk siswa
D.   mengaitkan materi yang akan dibahas dengan pengalaman siswa

14.   Penggunaan suatu metode mengajar dalam pembelajaran memungkinkan siswa untuk ....
A.   menguji penguasaan materi
B.   belajar secara individual
C.   bekerja sama dengan siswa lain
D.   menghafal materi pelajaran


15.   Seorang siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru karena ia memperhatikan suasana di luar kelas ketika guru sedang menjelaskan. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa salah satu kondisi internal yang mempengaruhi keberhasilan belajar adalah ....
A.   sikap
B.   motivasi
C.   konsentrasi
D.   rasa percaya diri

16.   Metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran berfungsi sebagai ....
A.   alat untuk menyampaikan tujuan pembelajaran
B.   gambaran kegiatan yang dirancang guru
C.   bahan pertimbangan dalam menentukan alat evaluasi
D.   pedoman dalam memilih materi pelajaran

17.   Media pembelajaran berfungsi mempercepat proses belajar, artinya bahwa penggunaan media pembelajaran diarahkan untuk ....
A.   mencapai tujuan pembelajaran
B.   meningkatkan efektivitas pembelajaran
C.   menciptakan situasi belajar yang kondusif
D.   membantu siswa mempermudah mencapai tujuan pembelajaran

18.   Media pembelajaran digunakan untuk....
A.   mengontrol gaya belajar siswa
B.   menyampaikan materi pelajaran secara konsisten
C.   memberikan kesan perhatian kelompok
D.   membuat nyata peristiwa buatan

19.   Media yang tepat digunakan untuk mencapai hasil belajar “siswa mampu membacakan teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat” adalah ....
A.   teks cerita
B.   kartu kata
C.   rekaman membacakan berita
D.   chart tentang cara membaca yang tepat

20.   Pemilihan media harus didasarkan pada prinsip-prinsip berikut, kecuali ....
A.   tujuan pemilihan media
B.   karakteristik media
C.   adanya alternatif pilihan
D.   biaya yang tersedia




21.   Media yang dipilih hendaknya memenuhi tingkat keterbacaan, artinya bahwa media tersebut ....
A.   sesuai dengan materi yang dibahas
B.   sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
C.   memenuhi syarat-syarat teknis suatu media
D.   mudah untuk digunakan oleh siswa

22.   Diagram merupakan salah satu bentuk grafis yang tepat untuk menunjukkan ....
A.   suatu proses
B.   perbandingan kronologis
C.   hubungan timbal balik
D.   gagasan melalui ilustrasi

23.   Penggunaan media realia dalam pembelajaran memungkinkan siswa ....
A.   mendapatkan gambaran suatu suasana
B.   memperoleh pengalaman langsung
C.   melihat suatu proses kerja
D.   menyederhanakan suatu proses yang rumit

24.   Sumber belajar adalah ....
A.   lingkungan yang dapat digunakan sebagai tempat belajar
B.   buku pelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar
C.   materi dan media yang digunakan selama pembelajaran
D.   segala sesuatu yang dapat digunakan oleh siswa untuk belajar

25.   Lingkungan yang paling mudah yang dapat digunakan untuk membahas materi tentang Benda Hidup dan Benda Tak Hidup adalah ....
A.   halaman sekolah
B.   jalan raya
C.   kebun binatang
D.   taman bunga

26.   Pembahasan tentang Hak dan Kewajiban Warganegara dapat memanfaatkan lingkungan dengan cara melakukan kegiatan seperti ....
A.   survey
B.   mengundang polisi
C.   berkemah
D.   wawancara tokoh masyarakat






27.   Komponen tujuan pembelajaran menggambarkan ....
A.   harapan siswa tentang materi yang akan dipelajari
B.   Tugas-tugas yang dilakukan siswa dalam pembelajaran
C.   kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa
D.   garis besar materi yang akan diabahs

28.   Langkah yang harus dilakukan setelah menentukan materi pelajaran pada saat menyusun rencana pembelajaran adalah ....
A.   merancang kegiatan pembelajaran
B.   menentukan media pembelajaran
C.   menyusun alat evaluasi
D.   memilih sumber belajar

29.   Kemampuan “membuat kalimat sederhana” dapat dikembangkan melalui kegiatan ....
A.   mendiskusikan ciri-ciri kalimat sederhana
B.   memberikan tugas menulis satu paragraf
C.   mengidentifikasi kalimat dalam sebuah wacana
D.   mengumpulkan wacana yang mengandung kalimat sederhana

30.   Alat evaluasi yang tepat untuk mengukur ketercapaian kompetensi “siswa mampu menerapkan rumus luas lingkaran” adalah dengan mengajukan pertanyaan seperti berikut ini.
A.   Jelaskan rumus luas lingkaran!
B.   Hitunglah luas lingkaran yang berdiamater 4 cm!
C.   Dapatkah luas lingkaran digunakan untuk menghitung volume bola?
D.   Berikan contoh-contoh benda yang berbentuk lingkaran!

31.   Guru dituntut menguasai keterampilan bertanya karena ....
A.   siswa sudah mendominasi pembelajaran
B.   kegiatan tanya jawab dalam pembelajaran merupakan hal yang harus dilakukan
C.   dengan bertanya guru menguji penguasaan siswa
D.   guru dituntut menjadi fasilitator belajar







32.   Perhatikan ilustrasi berikut!
Guru  :  “Mengapa di lingkungan sekitar rumah harus dibuat saluran air?”
Ali     :  “Supaya halaman dan jalan tidak tergenang air.”
Guru  :  “Ada lagi yang dapat menjawab? Ayo, Rina!”
Rina  :  “Agar air mengalir dengan lancar.”
Guru  :  “Siapa lagi yang ingin menambahkan?”

Ilustrasi tersebut menunjukkan penerapan keterampilan bertanya dasar yaitu komponen keterampilan ….
A.   memusatkan
B.   memberikan acuan
C.   memindahkan giliran
D.   menyebarkan pertanyaan

33.   Perhatikan ilustrasi berikut!
Guru  :  “Apakah padi hanya ditanam di sawah?”
Mela  :  “Tentu saja tidak, Pak!”
Guru  :  “Kalau begitu, di mana lagi kita dapat menanam padi?”
Mela  :  “Di ladang!”
Guru  :  “Tetapi, mengapa orang lebih suka menanam padi di sawah?”

Ilustrasi tersebut menggambarkan penerapan keterampilan bertanya lanjut yaitu komponen keterampilan ….
A.   mengubah tuntutan kognitif
B.   mengatur urutan pertanyaan
C.   menggunakan pertanyaan pelacak
D.   meningkatkan terjadinya interaksi

34.   Pengajuan pertanyaan ganda akan membuat ....
A.   siswa tidak siap menjawab pertanyaan yang diajukan
B.   guru tidak mengetahui siswa yang menjawab benar
C.   siswa memikirkan beberapa tugas dalam waktu yang singkat
D.   siswa malas memikirkan jawaban yang dituntut

35.   Penguatan dalam pembelajaran digunakan untuk ....
A.   memelihara motivasi belajar siswa
B.   memberikan balikan terhadap pekerjaan siswa
C.   mengatasi kesulitan belajar siswa
D.   mengaktifkan siswa yang pasif


36.   Manakah dari contoh berikut yang menggambarkan penerapan penguatan verbal?
A.   Bu Rani mendekati Rina yang menanggapi pendapat temannya dengan benar.
B.   Bu Ida tersenyum mendengar jawaban yang diberikan Meta.
C.   Bu Ike mengangkat ibu jari melihat penampilan Ali di depan kelas.
D.   Bu Nina mengomentari pekerjaan Lia dengan mengatakan “Saya senang melihat hasil kerajmu, Lia”.

37.   Penguatan yang diberikan guru hendaknya bermakna, artinya penguatan diberikan kepada siswa yang ....
A.   selalu mengajukan pertanyaan
B.   pasif dalam kegiatan belajar
C.   menunjukkan perilaku yang diharapkan
D.   mengalami kesulitan dalam belajar

38.   Kegiatan pembelajaran yang bervariasi akan membantu ....
        A.   meningkatkan keaktifan guru dalam pembelajaran
B.   menghilangkan kejenuhan siswa dalam belajar
C.   menyesuaikan gaya belajar siswa dengan pembelajaran
D.   mengembangkan minat siswa dalam belajar

39.   Penggunaan variasi pembelajaran akan efektif apabila ....
A.   dilakukan berulang-ulang
B.   menimbulkan rasa senang pada siswa
C.   berkesinambungan dengan proses pembelajaran
D.   menggunakan media yang canggih
















40.   Salah satu contoh kegiatan variasi gaya mengajar adalah ....
A.   Pak Edi memulai pembelajaran dengan penjelasan umum, kemudian meminta siswa untuk bekerja secara berpasangan. Pada akhir pembelajaran dilakukan diskusi kelas.
B.   Pak Dedi memulai pembelajaran dengan memutar rekaman pembacaan puisi. Kemudian setiap siswa diminta untuk menuliskan sebuah puisi secara berkelompok pada kertas untuk kemudian ditempel di papan tulis. Setiap puisi dibahas dalam diskusi kelas.
C.   Sambil Pak Deni menjelaskan suatu topik yang belum dimengerti sebagian siswa, Pak Deni sesekali mendekati tempat duduk siswa tertentu atau berjalan ke belakang.
D.   Pak Darma memulai pembelajaran dengan menempelkan gambar binatang di papan tulis. Kemudian Pak Darma memutar kaset yang berisi rekaman suara-suara binatang. Siswa diminta untuk mencocokkan suara binatang tersebut dengan gambar di papan tulis.

41.   Penjelasan diberikan oleh guru untuk ....
A.   membimbing siswa menjawab pertanyaan tentang fakta
B.   memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati materi pelajaran
C.   melatih siswa untuk berpikir secara lebih sistematis
D.   memberikan balikan terhadap pemahaman siswa

42.   Dengan menguasai keterampilan menjelaskan, guru dapat ....
A.   memudahkan siswa menguasai pelajaran
B.   memanfaatkan waktu sisa pembelajaran
C.   membantu siswa menggali pengetahuan
D.   membahas materi pelajaran lebih cepat

43.   Komponen yang harus diperhatikan dalam merencanakan penjelasan adalah kesesuaian antara penjelasan guru dengan hal-hal berikut, kecuali ....
A.   media yang digunakan
B.   pengetahuan yang dimiliki siswa
C.   pertanyaan yang diajukan
D.   wawasan pengetahuan siswa




PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   44   SAMPAI   50,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
44.   Dalam pembelajaran klasikal, media pembelajaran digunakan untuk ....
1)   mengurangi verbalisme siswa terhadap materi yang dibahas
2)   memantapkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari
3)   memperjelas materi pelajaran yang disampaikan guru

45.   Kegiatan pembelajaran kelompok diarahkan untuk lebih mengembangkan kemampuan ....
1)   sosial
2)   berkomunikasi
3)   penguasaan konsep

46.   Kegiatan pembelajaran individual dapat digunakan untuk ....
1)   membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar
2)   mempermudah penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
3)   meningkatkan prestasi yang telah dicapai siswa

47.   Kegiatan yang dapat dilakukan guru untuk mengakhiri pembelajaran ....
1)   meminta siswa merangkum materi yang telah dibahas
2)   memberikan pekerjaan rumah
3)   menyampaikan bahwa waktu pelajaran telah habis

48.   Metode yang tepat untuk mengembangkan kompetensi “membedakan lingkungan alam dan lingkungan buatan” adalah ....
1)   simulasi
2)   observasi
3)   tanya jawab

49.   Metode diskusi cenderung digunakan untuk mengembangkan keterampilan proses, karena dalam pembelajaran yang menerapkan diskusi siswa ....
1)   dituntut untuk memainkan peran tertentu
2)   diarahkan untuk membahas suatu pendapat
3)   dilatih untuk menyelesaikan suatu persoalan
50.   Penjelasan hendaknya diberikan sesuai dengan keperluan, artinya penjelasan dapat diberikan pada kegiatan ....
1)   awal pembelajaran
2)   inti pembelajaran
3)   akhir pembelajaran

No comments:

Post a Comment