LATIHAN MANDIRI
STRATEGI BELAJAR
MENGAJAR
(PGSD2201)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 43 , PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Kurikulum dikembangkan berdasarkan kebutuhan
pembangunan nasional, artinya kegiatan pendidikan harus ....
A. diarahkan pada pencapaian tujuan
pendidikan nasional
B. mengakomodasi perkembangan
pengetahuan dan teknologi
C. dikembangkan berdasarkan upaya
pembangunan yang sedang dilaksanakan
D. disesuaikan dengan pencapaian
pembangunan di lingkungan sekitar siswa
2. Tujuan
pendidikan pada tingkat SD ditekankan pada pengembangan ....
A. kemampuan dan keterampilan
menerapkan baca-tulis-hitung dalam kehidupan sehari-hari
B. kehidupan siswa sebagai anggota
masyarakat
C. keterampilan bahasa dan berhitung
sesuai dengan tingkat perkembangan anak
D. kemampuan siswa secara optimal
sesuai dengan kebutuhan masyarakat
3. Salah satu kemampuan yang
dikembangkan melalui mata pelajaran matematika....
A. kemampuan bernalar dan
berkomunikasi
B. sikap rasional tentang
gejala-gejala sosial
C. kesadaran pemanfaatan teknologi
dalam kehidupan sehari-hari
D. penalaran yang tajam untuk
menjelaskan permasalahan kehidupan sehari-hari
4. Salah satu yang membedakan pelaksanaan
pembelajaran di SD dengan di SLTP adalah ....
A. bahasa pengantar di SD adalah bahasa daerah,
sedangkan di SLTP adalah bahasa Indonesia
B. kurikulum di SD menerapkan sistem
catur wulan, sedangkan di SLTP menerapkan sistem semester
C. SD menggunakan sistem guru kelas,
sedangkan di SLTP menggunakan sistem guru bidang studi
D. kegiatan pembelajaran di SD
dilaksanakan dengan sistem klasikal, sedangkan di SLTP dengan sistem belajar
mandiri
5. Hasil penilaian
pada akhir semester 2 kelas 6 SD merupakan ....
A. informasi tentang kemampuan yang
dicapai siswa dalam satu semester
B. bahan pertimbangan dalam
menentukan kelanjutan pendidikan
C. data yang digunakan sebagai dasar
pemberian bantuan kegiatan remedial
D. gambaran potensi yang harus
dikembangkan dalam kegiatan pengayaan
6. Belajar merupakan suatu proses
perubahan perilaku yang disebabkan oleh ....
A. potensi yang dimiliki anak
B. kesiapan anak melakukan perubahan
C. interaksi anak dengan lingkungan
D. perhatian siswa pada proses belajar
7. Pembelajaran adalah kegiatan yang
dilaksanakan untuk ...
A. membantu siswa belajar
B. meningkatkan kecerdasan siswa
C. mempersiapkan siswa belajar
D. memusatkan siswa pada proses
belajar
8. Kegiatan yang dapat dilakukan guru dalam
menerapkan prinsip motivasi dalam kegiatan membuka pembelajaran di antaranya adalah
....
A. mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman
siswa sehari-hari
B. menggunakan metode yang bervariasi yang
memungkinkan siswa aktif
C. memberikan koreksi positif
terhadap hasil pekerjaan siswa
D. menggunakan alat peraga yang dapat digunakan
oleh siswa
9. Berikut ini
adalah variabel strategi belajar mengajar, kecuali ....
A. kemampuan yang diharapkan
dikuasai siswa
B. materi pelajaran yang dibahas
C. buku teks yang dijadikan acuan
guru
D. karakteristik siswa yang dihadapi
guru
10. Tujuan pembelajaran
merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan media sebab
....
A. setiap jenis tujuan menuntut strategi
pencapaian yang berbeda
B. tujuan pembelajaran dirumuskan sebelum pemilihan metode
C. semua siswa diharapkan mencapai tujuan dengan cara yang sama
D. tujuan pembelajaran menggambarkan kemampuan yang diharapkan
dikuasai siswa
11. Manakah dari pernyataan berikut yang menggambarkan hasil belajar
informasi verbal?
A. Mampu menggunakan kalimat efekti dalam sebuah
karangan
B. Mampu bekerja sama dalam membuat laporan
C. Mampu memilih cara yang tepat untuk menghemat
air
D. Mampu menyebutkan ibukota provinsi terbaru di
Indonesia
12. Strategi pembelajaran ekspositorik adalah strategi pembelajaran
yang menuntut guru untuk ....
A. menyajikan materi pelajaran dari hal-hal yang umum diikuti dengan
contoh
B. meminta siswa mencari contoh dalam kehidupan sehari-hari untuk
kemudian disimpulkan
C. mengolah dan menyajikan materi pelajaran secara rinci dan jelas
kepada siswa
D. menugaskan siswa mencari dan mengolah materi pelajaran dari
berbagai sumber belajar
13. Kegiatan apersepsi dalam kegiatan pendahuluan dapat dilakukan
dengan cara ....
A. menyiapkan buku dan alat pelajaran
B. mengajukan pertanyaan tentang keadaan siswa
C. mengatur tempat duduk siswa
D. mengaitkan materi yang akan dibahas dengan
pengalaman siswa
14. Penggunaan suatu metode mengajar dalam
pembelajaran memungkinkan siswa untuk ....
A. menguji penguasaan materi
B. belajar secara individual
C. bekerja sama dengan siswa lain
D. menghafal materi pelajaran
15. Seorang siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru karena ia
memperhatikan suasana di luar kelas ketika guru sedang menjelaskan. Ilustrasi
tersebut menunjukkan bahwa salah satu kondisi internal yang mempengaruhi
keberhasilan belajar adalah ....
A. sikap
B. motivasi
C. konsentrasi
D. rasa percaya diri
16. Metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran berfungsi
sebagai ....
A. alat untuk menyampaikan tujuan pembelajaran
B. gambaran kegiatan yang dirancang guru
C. bahan pertimbangan dalam menentukan alat evaluasi
D. pedoman dalam memilih materi pelajaran
17. Media pembelajaran berfungsi mempercepat proses belajar, artinya
bahwa penggunaan media pembelajaran diarahkan untuk ....
A. mencapai tujuan pembelajaran
B. meningkatkan efektivitas pembelajaran
C. menciptakan situasi belajar yang kondusif
D. membantu siswa mempermudah mencapai tujuan pembelajaran
18. Media pembelajaran digunakan untuk....
A. mengontrol gaya belajar siswa
B. menyampaikan materi pelajaran secara konsisten
C. memberikan kesan perhatian kelompok
D. membuat nyata peristiwa buatan
19. Media yang tepat digunakan untuk mencapai hasil belajar “siswa
mampu membacakan teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat” adalah ....
A. teks cerita
B. kartu kata
C. rekaman membacakan berita
D. chart tentang cara membaca yang tepat
20. Pemilihan media harus didasarkan pada prinsip-prinsip berikut, kecuali
....
A. tujuan pemilihan media
B. karakteristik media
C. adanya alternatif pilihan
D. biaya yang tersedia
21. Media yang dipilih hendaknya memenuhi tingkat keterbacaan, artinya
bahwa media tersebut ....
A. sesuai dengan materi yang dibahas
B. sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
C. memenuhi syarat-syarat teknis suatu media
D. mudah untuk digunakan oleh siswa
22. Diagram merupakan salah satu bentuk grafis yang tepat untuk
menunjukkan ....
A. suatu proses
B. perbandingan kronologis
C. hubungan timbal balik
D. gagasan melalui ilustrasi
23. Penggunaan media realia dalam pembelajaran
memungkinkan siswa ....
A. mendapatkan gambaran suatu suasana
B. memperoleh pengalaman langsung
C. melihat suatu proses kerja
D. menyederhanakan suatu proses yang rumit
24. Sumber belajar adalah ....
A. lingkungan yang dapat digunakan sebagai
tempat belajar
B. buku pelajaran yang digunakan oleh guru dalam
mengajar
C. materi dan media yang digunakan selama
pembelajaran
D. segala sesuatu yang dapat digunakan oleh
siswa untuk belajar
25. Lingkungan yang paling mudah yang dapat
digunakan untuk membahas materi tentang Benda Hidup dan Benda Tak Hidup adalah ....
A. halaman sekolah
B. jalan raya
C. kebun binatang
D. taman bunga
26. Pembahasan tentang Hak dan Kewajiban Warganegara
dapat memanfaatkan lingkungan dengan cara melakukan kegiatan seperti ....
A. survey
B. mengundang polisi
C. berkemah
D. wawancara tokoh masyarakat
27. Komponen tujuan pembelajaran menggambarkan ....
A. harapan siswa tentang materi yang akan dipelajari
B. Tugas-tugas yang dilakukan siswa dalam pembelajaran
C. kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa
D. garis besar materi yang akan diabahs
28. Langkah yang harus dilakukan setelah menentukan materi pelajaran
pada saat menyusun rencana pembelajaran adalah ....
A. merancang kegiatan pembelajaran
B. menentukan media pembelajaran
C. menyusun alat evaluasi
D. memilih sumber belajar
29. Kemampuan “membuat kalimat sederhana” dapat
dikembangkan melalui kegiatan ....
A. mendiskusikan ciri-ciri kalimat sederhana
B. memberikan tugas menulis satu paragraf
C. mengidentifikasi kalimat dalam sebuah wacana
D. mengumpulkan wacana yang mengandung kalimat
sederhana
30. Alat evaluasi yang tepat untuk mengukur
ketercapaian kompetensi “siswa mampu menerapkan rumus luas lingkaran” adalah
dengan mengajukan pertanyaan seperti berikut ini.
A. Jelaskan rumus luas lingkaran!
B. Hitunglah luas lingkaran yang berdiamater 4
cm!
C. Dapatkah luas lingkaran digunakan untuk
menghitung volume bola?
D. Berikan contoh-contoh benda yang berbentuk
lingkaran!
31. Guru dituntut menguasai keterampilan bertanya
karena ....
A. siswa sudah mendominasi pembelajaran
B. kegiatan tanya jawab dalam pembelajaran
merupakan hal yang harus dilakukan
C. dengan bertanya guru menguji penguasaan siswa
D. guru dituntut menjadi fasilitator belajar
32. Perhatikan ilustrasi berikut!
Guru : “Mengapa
di lingkungan sekitar rumah harus dibuat saluran air?”
Ali : “Supaya
halaman dan jalan tidak tergenang air.”
Guru : “Ada
lagi yang dapat menjawab? Ayo, Rina!”
Rina : “Agar
air mengalir dengan lancar.”
Guru : “Siapa
lagi yang ingin menambahkan?”
Ilustrasi tersebut menunjukkan penerapan keterampilan
bertanya dasar yaitu komponen keterampilan ….
A. memusatkan
B. memberikan acuan
C. memindahkan giliran
D. menyebarkan pertanyaan
33. Perhatikan ilustrasi berikut!
Guru : “Apakah padi hanya ditanam di sawah?”
Mela : “Tentu saja tidak, Pak!”
Guru : “Kalau begitu, di mana lagi kita dapat menanam padi?”
Mela : “Di ladang!”
Guru : “Tetapi, mengapa orang lebih suka menanam padi di sawah?”
Ilustrasi tersebut menggambarkan penerapan keterampilan
bertanya lanjut yaitu komponen keterampilan ….
A. mengubah tuntutan kognitif
B. mengatur urutan pertanyaan
C. menggunakan pertanyaan pelacak
D. meningkatkan terjadinya interaksi
34. Pengajuan pertanyaan ganda akan membuat ....
A. siswa tidak siap menjawab pertanyaan yang
diajukan
B. guru tidak mengetahui siswa yang menjawab
benar
C. siswa memikirkan beberapa tugas dalam waktu
yang singkat
D. siswa malas memikirkan jawaban yang dituntut
35. Penguatan dalam pembelajaran digunakan untuk ....
A. memelihara motivasi belajar siswa
B. memberikan balikan terhadap pekerjaan siswa
C. mengatasi kesulitan belajar siswa
D. mengaktifkan siswa yang pasif
36. Manakah dari contoh berikut yang
menggambarkan penerapan penguatan verbal?
A. Bu Rani mendekati Rina yang menanggapi
pendapat temannya dengan benar.
B. Bu Ida tersenyum mendengar jawaban yang
diberikan Meta.
C. Bu Ike mengangkat ibu jari melihat penampilan
Ali di depan kelas.
D. Bu Nina mengomentari pekerjaan Lia dengan
mengatakan “Saya senang melihat hasil kerajmu, Lia”.
37. Penguatan yang diberikan guru hendaknya
bermakna, artinya penguatan diberikan kepada siswa yang ....
A. selalu mengajukan pertanyaan
B. pasif dalam kegiatan belajar
C. menunjukkan perilaku yang diharapkan
D. mengalami kesulitan dalam belajar
38. Kegiatan pembelajaran yang bervariasi akan
membantu ....
A. meningkatkan keaktifan guru dalam pembelajaran
B. menghilangkan kejenuhan siswa dalam belajar
C. menyesuaikan gaya belajar siswa dengan
pembelajaran
D. mengembangkan minat siswa dalam belajar
39. Penggunaan variasi pembelajaran akan efektif
apabila ....
A. dilakukan berulang-ulang
B. menimbulkan rasa senang pada siswa
C. berkesinambungan dengan proses pembelajaran
D. menggunakan media yang canggih
40. Salah satu contoh kegiatan variasi gaya
mengajar adalah ....
A. Pak Edi memulai pembelajaran dengan
penjelasan umum, kemudian meminta siswa untuk bekerja secara berpasangan. Pada
akhir pembelajaran dilakukan diskusi kelas.
B. Pak Dedi memulai pembelajaran dengan memutar
rekaman pembacaan puisi. Kemudian setiap siswa diminta untuk menuliskan sebuah
puisi secara berkelompok pada kertas untuk kemudian ditempel di papan tulis.
Setiap puisi dibahas dalam diskusi kelas.
C. Sambil Pak Deni menjelaskan suatu topik yang
belum dimengerti sebagian siswa, Pak Deni sesekali mendekati tempat duduk siswa
tertentu atau berjalan ke belakang.
D. Pak Darma memulai pembelajaran dengan
menempelkan gambar binatang di papan tulis. Kemudian Pak Darma memutar kaset
yang berisi rekaman suara-suara binatang. Siswa diminta untuk mencocokkan suara
binatang tersebut dengan gambar di papan tulis.
41. Penjelasan diberikan oleh guru untuk ....
A. membimbing siswa menjawab pertanyaan tentang
fakta
B. memberi kesempatan kepada siswa untuk
menghayati materi pelajaran
C. melatih siswa untuk berpikir secara lebih
sistematis
D. memberikan balikan terhadap pemahaman siswa
42. Dengan menguasai keterampilan menjelaskan,
guru dapat ....
A. memudahkan siswa menguasai pelajaran
B. memanfaatkan waktu sisa pembelajaran
C. membantu siswa menggali pengetahuan
D. membahas materi pelajaran lebih cepat
43. Komponen yang harus diperhatikan dalam
merencanakan penjelasan adalah kesesuaian antara penjelasan guru dengan hal-hal
berikut, kecuali ....
A. media yang digunakan
B. pengetahuan yang dimiliki siswa
C. pertanyaan yang diajukan
D. wawasan pengetahuan siswa
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 44 SAMPAI
50, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
44. Dalam pembelajaran klasikal, media
pembelajaran digunakan untuk ....
1) mengurangi verbalisme siswa terhadap materi
yang dibahas
2) memantapkan pemahaman siswa terhadap materi
yang dipelajari
3) memperjelas materi pelajaran yang disampaikan
guru
45. Kegiatan pembelajaran kelompok diarahkan
untuk lebih mengembangkan kemampuan ....
1) sosial
2) berkomunikasi
3) penguasaan konsep
46. Kegiatan pembelajaran individual dapat
digunakan untuk ....
1) membantu siswa yang mengalami kesulitan
belajar
2) mempermudah penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
3) meningkatkan prestasi yang telah dicapai
siswa
47. Kegiatan yang dapat dilakukan guru untuk
mengakhiri pembelajaran ....
1) meminta siswa merangkum materi yang telah
dibahas
2) memberikan pekerjaan rumah
3) menyampaikan bahwa waktu pelajaran telah
habis
48. Metode yang tepat untuk mengembangkan
kompetensi “membedakan lingkungan alam dan lingkungan buatan” adalah ....
1) simulasi
2) observasi
3) tanya jawab
49. Metode diskusi cenderung digunakan untuk
mengembangkan keterampilan proses, karena dalam pembelajaran yang menerapkan
diskusi siswa ....
1) dituntut untuk memainkan peran tertentu
2) diarahkan untuk membahas suatu pendapat
3) dilatih untuk menyelesaikan suatu persoalan
50. Penjelasan hendaknya diberikan sesuai dengan
keperluan, artinya penjelasan dapat diberikan pada kegiatan ....
1) awal pembelajaran
2) inti pembelajaran
3) akhir pembelajaran
No comments:
Post a Comment