LATIHAN MANDIRI
KONSEP DASAR IPA
2
(PGSD2203)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 36, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Keanekaragaman organisme yang dapat dikenal
dari bentuk atau penampilan terdiri atas pengelompokkan populasi yang mampu
saling kawin sesamanya adalah keanekaragaman ....
A. jenis
B. bioma
C. gen
D. lingkungan
2. Kelompok jasad renik, seperti jamur, bakteri
dan ganggang biru disebut ....
A. mikrobiota
B. mikrobiologi
C. plankton
D. zooplankton
3. Diperoleh data 1.250 jenis paku-pakuan, 5.000
jenis anggrek, dan 1.000 jenis kayu yang bernilai ekonomis tinggi, hal ini
menunjukkan Indonesia kaya akan keanekaragaman ....
A. jenis
B. jenis tumbuhan berpembuluh
C. ekosistem
D. biota
4. Di Indonesia, hampir semua kelompok utama
dunia hewan dapat ditemukan. Keanekaragaman
hewan ini diperkirakan ada ....
A. 500.000 jenis
B. 400.000 jenis
C. 300.000 jenis
D. 200.000 jenis
5. Faktor-faktor penyebab timbulnya variasi
morfologi pada suatu jenis tumbuhan yang bersifat relatif tetap adalah ....
A. gen
B. lingkungan
C. lingkungan dan gen
D. adaptasi makhluk hidup
6. Faktor yang mengakibatkan terbentuknya
pertumbuhan dan perkembangan suatu komunitas adalah ....
A. aktivitas manusia
B. gulma
C. tumbuhan perintis
D. faktor pembatas
7. Suatu daerah yang merupakan daerah peralihan antara
hutan dan padang rumput seperti di Nusa Tenggara Timur, Irian Jaya, Asia
Selatan dinamakan ...
A. bioma
B. savana
C. semak duri
D. ekosistem
8. Dalam rantai
makanan berikut in, produsen ® konsumen tingkat I ® konsumen tingkat II. Apabila konsumen tingkat I
berkurang, yang terjadi pada produsen dan konsumen tingkat II adalah ....
A. jumlah produsen meningkat dan
konsumen tingkat II tetap
B. jumlah produsen tetap, konsumen
tingkat II menurun akibat ketidakseimbangan di alam
C. jumlah produsen meningkat dan
konsumen tingkat II menurun
D. jumlah produsen dan konsumen
tingkat II menurun
9. Pernyataan yang
benar tentang rantai makanan adalah ....
A. adanya aliran energi mulai dari
produsen sampai konsumen
B. aliran energi berpindah mulai
dari konsumen ke produsen
C. aliran energi yang tetap
D. adanya materi biotik
10. Proses makan memakan di alam sangat kompleks,
sehingga suatu produsen dikonsumsi oleh beberapa konsumen dan beberapa jenis
hewan saling memangsa. Peristiwa ini disebut ....
A. rantai makanan
B. jaring-jaring makanan
C. piramida makanan
D. piramida energi
11. Piramida jumlah menggambarkan tentang ....
A. jumlah berat kering dari seluruh organisme
dalam suatu ekosistem
B. jumlah berat kering suatu kelompok organisme
dalam suatu ekosistem
C. hubungan kepadatan populasi jumlah individu
diantara tingkat tropik
D. jumlah energi yang tersedia pada seluruh
organisme
12. Keadaan yang mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan hidup
dan terganggunya pertumbuhan tanaman dan mikroba yang menyuburkan tanah,
merupakan peristiwa pencemaran ....
A. air
B. tanah
C. udara
D. suara
13. Sejalan dengan perkembangan teknologi yang
semakin meningkat sehingga terjadi krisis lingkungan. Faktor utama yang
mendukung krisis lingkungan adalah ....
A. terjadinya ledakan penduduk
B. membaiknya pendapatan masyarakat
C. meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap
lingkungan
D. meningkatnya pembangunan yang berwawasan
lingkungan
14. Hasil fotosintesis berupa gas dibutuhkan
manusia dalam proses ....
A. sekresi
B. ekskresi
C. respirasi
D. inspirasi
15. Untuk menanamkan konsep tumbuhan hijau dapat memasak makanan
sendiri di SD dapat digunakan pendekatan ....
A. induktif
B. deduktif
C. induktif dan deduktif
D. konstruktif
16. Bakteri berbentuk bulat sering membentuk suatu
rantai disebut ....
A. Sarcina
B. Streptococcus
C. Staphylococcus
D. Spirilium
17. Jenis jamur yang berperan dalam pembuatan tape adalah ....
A. Aspergillus wentii
B. Mucor mucedo
C. Rhizopus orizae
D. Aspergillus orizae
18. Fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia penting
sekali sebagai sumber tenaga utama, selain itu juga berfungsi untuk ....
A. menjaga keseimbangan asam dan basa
B. pelarut vitamin A, D, E, K
C. transpor nutrien
D. regulasi keseimbangan air
19. Zat-zat makanan seperti ikan, telur, susu,
kacang hijau, kacang merah termasuk bahan yang banyak mengandung ....
A. protein
B. lemak
C. vitamin
D. karbohidrat
20. Penyakit yang ditandai dengan obesitas dan
kelainan usus, disebabkan karena kelebihan ....
A. karbohidrat
B. protein
C. lemak
D. vitamin
21. Ditemukan adanya gejala antara lain:
keracunan keton, depresi jaringan tubuh. Gejala tersebut disebabkan oleh
kekurangan ....
A. protein
B. karbohidrat
C. lemak
D. vitamin
22. Seorang mahasiswa pria berusia 22 tahun dan
berat badan 55 Kg, gizi yang dianjurkan untuk mencukupi energi bagi tubuhnya
adalah ....
A. 2380 Kcal
B. 2650 Kcal
C. 3200 Kcal
D. 2500 Kcal
23. Pada seseorang ditemukan gejala: serat kasar rendah, kadar gula
dan garam tinggi, mineral dalam air minum rendah. Penyakit yang ditimbulkannya
adalah ....
A. kardiovaskuler
B. kanker
C. penyakit keturunan
D. obesitas
24. Penyakit-penyakit seperti polio, campak, demam berdarah adalah
jenis penyakit menular yang disebabkan oleh ....
A. bakteri
B. jamur
C. protozoa
D. virus
25. Penyakit atau kelainan pada seseorang yang
kemunculannya dipengaruhi oleh faktor genetik disebut ....
A. penyakit menular
B. penyakit menurun
C. abnormalitas
D. mutasi
26. Untuk mengajarkan konsep penyakit di SD,
metode yang paling tepat adalah ....
A. ceramah dan melakukan simulasi penularan
penyakit
B. eksperimen langsung
C. observasi
D. eksperiman dan diskusi
27. Alat pencernaan yang berbatasan dengan
lambung dan meneruskan makanan masuk ke lambung adalah ....
A. faring
B. tekak
C. ventrikulus
D. esofagus
28. Organ yang berfungsi untuk menampung makanan
sementara dan melibatkan reaksi kimia enzim, merupakan fungsi dari ....
A. mulut
B. esofagus
C. lambung
D. usus halus
29. Enzim-enzim yang dikeluarkan oleh
kelenjar-kelenjar pada saluran pencernaan antara lain: pepsin, eripsin, lipase,
amilase, tripsin. Enzim yang dikeluarkan kelenjar yang terletak di lambung
adalah ....
A. pepsin dan lipase
B. eripsin dan lipase
C. pepsin dan tripsin
D. lipase dan amilase
30. Selain pankreas kelenjar pencernaan yang lain
adalah pada dinding usus halus, yang berfungsi menghasilkan ....
A. tripsin
B. amilase
C. lipase
D. eripsin
31. Dalam mengajarkan materi sistem pencernaan
makanan di SD supaya menjadi lebih menarik bagi siswa dapat dilakukan melalui....
A. pengamatan dan percobaan sederhana
B. eksperimen
C. ceramah dan diskusi kelas
D. eksperimen dan diskusi kelompok
32. Jantung merupakan alat peredaran utama pada
manusia. Berikut ini pernyataan yang benar mengenai jantung adalah ....
A. antara bilik kiri dengan serambi kiri
terdapat klep bikuspit
B. antara bilik kanan dengan serambi kanan
terdapat klep trikuspit
C. antara bilik kiri dengan bilik kanan terdapat
klep trikuspit
D. antara bilik kiri dengan serambi kiri
terdapat klep trikuspit
33. Proses transportasi pada manusia yang benar
adalah ....
A. darah dari bilik kanan mengalir melalui
pembuluh balik paru-paru menuju paru-paru
B. darah dari bilik kanan mengalir melalui
pembuluh nadi paru-paru masuk ke seluruh tubuh
C. darah dari bilik kanan mengalir melalui
pembuluh nadi paru-paru menuju paru-paru
D. darah dari bilik kanan mengalir melalui
pembuluh balik paru-paru masuk ke seluruh tubuh
34. Bagian akhir dari saluran pernapasan yang
penuh dengan pembuluh kapiler adalah ....
A. arteriole
B. venule
C. paru-paru
D. alveolus
35. Hidung adalah salah satu organ tubuh yang
berfungsi untuk ....
A. mendeteksi awal bau, menyerap O2
dan melepaskan CO2, tempat penghangatan udara
B. menyerap O2 dan melepaskan CO2
memberikan warna suara dan kotak suara
C. menghasilkan cairan penangkap kotoran, kotak
suara, tempat penghangatan udara
D. mendeteksi awal bau, memberikan warna suara,
tempat penghangatan udara
36. Pada peristiwa menarik napas volume udara
tercapai maksimal apabila ....
A. kontraksi otot maksimal sehingga rongga dada
membesar
B. relaksasi otot maksimal sehingga rongga dada
membesar
C. kontraksi otot minimal sehingga rongga dada
mengecil
D. relaksasi otot minimal sehingga rongga dada
mengecil
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 37 SAMPAI
49, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
37. Pernyataan di bawah ini yang membedakan makhluk hidup dari makhluk
tak hidup, sebab makhluk hidup bersifat ....
1) mutlak membutuhkan O2
2) mengadaan perbanyakan diri
3) memberikan tanggapan terhadap lingkungannya
38. Berikut ini yang membedakan hewan dengan tumbuhan adalah ....
1) tumbuhan tumbuh pada masa tertentu sedangkan hewan berlangsung
selama hidupnya
2) tumbuhan memiliki daerah tumbuh tertentu sedangkan hewan
pertumbuhannya serempak pada seluruh bagian tubuh
3) tumbuhan jumlah bagian tubuh tak tentu sedangkan hewan jumlah
bagian tubuh tertentu
39. Untuk mengajarkan ciri-ciri makhluk hidup di SD dapat memanfaatkan
benda-benda di sekitar lingkungan sekolah. Sebagai guru Anda dapat menugasi
siswa membedakan dan menggolongkan benda-benda yang mereka temui ke dalam
makhluk hidup dan makhluk tak hidup dalam bentuk kelompok-kelompok kecil,
metode yang tepat digunakan adalah ....
1) diskusi
2) eksperimen
3) ceramah
40. Kelompok komponen abiotik yang merupakan faktor pembatas kehidupan
tumbuhan adalah ....
1) suhu, cahaya
2) air, kelembaban, jasad renik
3) air, tanah
41. Pembelajaran keanekaragaman makhluk hidup di SD, dapat dilakukan melalui
pendekatan lingkungan dengan metode ....
1) observasi
2) diskusi dan ceramah
3) diskusi
42. Dilihat dari fungsinya, suatu ekosistem terdiri atas makhluk hidup
....
1) autotrof
2) heterotrof
3) kemoautotrof
43. Yang membedakan ekosistem air tawar dengan ekosistem air payau
adalah ....
1) ekosistem air tawar tidak dipengaruhi oleh pasang surut, sedangkan
ekosistem air payau dipengaruhi pasang surut
2) ekosistem air tawar dapat bersifat buatan atau alami, sedangkan ekosistem
payau bersifat alami
3) ekosistem air payau dipengaruhi oleh pasang surut, sedangkan
ekosistem air tawar tidak dipengaruhi oleh pasang surut
44. Fotosintesis akan berlangsung apabila terpenuhi komponen berikut
....
1) klorofil dan karbondioksida
2) oksigen dan nitrogen
3) air dan cahaya
45. Reaksi terang berbeda dengan rekasi gelap
karena, reaksi terang ....
1) diperlukan energi cahaya, rekasi gelap tidak
2) disebut juga fotokimia, sedangkan reaksi
gelap kelanjutan dari reaksi terang
3) terjadi pada siang hari, reaksi gelap terjadi
pada malam hari
46. Untuk membuktikan terbentuknya oksigen pada
fotosintesis dengan percobaan Ingenhouse, alat dan bahan yang
dipergunakan adalah ....
1) hydrilla, tabung reaksi, cahaya matahari
2) kertas timah, bejana
3) air, bejana
47. Pernyataan yang benar tentang perbedaan
percobaan Sach dengan Ingenhouse di bawah ini adalah ....
1) percobaan Ingenhouse membuktikan hasil
akhir fotosintesis karbohidrat dan oksigen, sedangkan percobaan Sach
hasil akhir fotosintesis hanya karbohidrat
2) percobaan Ingenhouse menggunakan bahan
daun hidrylla, sedangkan percobaan Sach bahan yang digunakan adalah
tepung dan lugol
3) percobaan Ingenhouse membuktikan bahwa
hasil akhir fotosintesis adalah gas nitrogen dan hidrogen, sedangkan pada
percobaan Sach membuktikan hasil akhir fotosintesis gas oksigen
48. Perbandingan persamaan reaksi fotosintesis
dengan respirasi yang benar adalah ....
1) fotosintesis:


2) fotosintesis:
C6H12O6 +
6 H2O2 ® 6 CO2 + 6 H2O + ATP
3) respirasi aerob:
C6H12O6 +
6 O2 ® 6 CO2 + 6 H2O + 38ATP
49. Hasil dari siklus Krebs berupa ....
1) energi yang disimpan dalam NADH
2) energi yang disimpan dalam FADH2
3) piruvat dan oksigen
No comments:
Post a Comment