LATIHAN MANDIRI
PEMBELAJARAN
TERPADU
(PGSD2305)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 40, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Bu Siti menjelaskan macam-macam buah berbiji
tunggal dan berbiji ganda, siswa mendengarkan dengan seksama dan sekali-sekali
ada yang mencatat. Metode yang digunakan Bu Siti tersebut adalah metode ....
A. ceramah
B. tanya jawab
C. diskusi
D. demonstrasi
2. Pengalaman belajar yang lebih menunjukkan
kaitan unsur-unsur konseptual, berguna bagi siswa untuk ....
A. belajar mandiri
B. memantapkan pengetahuan yang baru diperoleh
C. memudahkan kontrol belajar
D. memudahkan pelaksanaan
pembelajaran
3. Pembelajaran Terpadu di SD merupakan sistem
pembelajaran yang ....
A. memungkinkan siswa aktif mencari, menggali dan
mengeksplorasi tema baik dalam satu bidang studi atau lebih
B. mencakup sub-sub pokok bahasan dalam satu
mata pelajaran atau pokok-pokok bahasan dengan mata pelajaran lain
C. mempunyai kaitan-kaitan pengalaman belajar
yang bermakna
D. diawali dengan suatu pokok bahasan atau tema
4. Pertanyaan pemandu untuk kegiatan
pembelajaran terkait, tema “Sawah” yang melintas ke bidang studi IPA adalah ....
A. tumbuh-tumbuhan apa sajakah yang lazim
ditanami petani di sawah?
B. ukurlah luas bidang sawah yang
diamati?
C. setelah dituai padinya, apa yang
bisa dilakukan petani terhadap hasil panennya?
D. tulislah kata-kata baru dalam
bidang pertanian yang ada kaitannya dengan sawah?
5. Pengemasan
pengalaman belajar pada pembelajaran terpadu di SD penting dilakukan untuk ....
A. meningkatkan peluang bagi
terjadinya pembelajaran yang efektif
B. melatih kemampuan anak bergaul
dengan hal-hal yang bersifat abstrak
C. melatih anak mengerjakan tugas-tugas
D. melatih pengalaman anak yang
bersifat artifisial
6. Salah satu persyaratan yang diperlukan guru
dalam pembelajaran terpadu model terkait adalah ....
A. menguasai kurikulum maupun satuan
pembelajaran
B. penguasaan material terhadap
pokok bahasan, konsep, dan keterampilan dalam bidang studi
C. menguasai seluruh bidang studi di
SD
D. tersedianya perpustakaan sekolah
7. Apabila dalam pembelajaran terpadu guru
menetapkan konsep-konsep dalam satu bidang studi pada tingkatan kelas yang
sama, maka hal tersebut termasuk model ...
A. terbimbing
B. terprogram
C. terkait
D. terpadu
8. Apabila guru bersama siswa mendemonstrasikan
terjadinya hujan dari uap air dengan mengaitkan pengalaman mereka di rumah,
maka tema yang sesuai adalah ....
A. hujan buatan di dalam rumah
B. air dapat berubah wujud
C. air mempunyai berat
D. air sumber kehidupan
9. Keunggulan pembelajaran terpadu model terkait
di SD adalah ....
A. memudahkan siswa melihat kegiatan-kegiatan
dan ide-ide berbeda yang terkait
B. konsep-konsep kunci dikembangkan siswa
terus-menerus, sehingga terjadi internalisasi
C. memudahkan siswa untuk mengarahkan
keterkaitan berbagai bidang studi
D. tidak memerlukan penyusunan
persiapan mengajar yang rumit
10. Kelemahan pembelajaran terpadu model terkait di
SD adalah ....
A. berbagai bidang studi masih tetap terpisah
B. pokok bahasan yang dikaitkan dipilih yang sederhana
C. pokok bahasan dalam satu bidang studi dibahas secara terpisah
D. beberapa bidang studi dikaitkan
11. Pembelajaran terpadu model terkait berbeda
dengan model terjala, karena model terkait ....
A. meramu beberapa pokok bahasan diramu dari
satu bidang studi, sedangkan model terjala meramu beberapa pokok bahasan dalam
beberapa bidang studi
B. direncanakan satu sub/pokok bahasan,
sedangkan model terjala direncanakan untuk berbagai kegiatan yang saling
terkait
C. direncanakan peta konsep satu bidang studi,
sedangkan model terjala perlunya penjajagan tema dari beberapa bidang studi
D. direncanakan pokok-pokok bahasan yang
potensial dari beberapa bidang studi untuk dipadukan dalam tema tertentu,
sedangkan model terjala menentukan tema dari curah pendapat
12. Tema yang dijadikan pusat kendali dalam pembelajaran terpadu model
terjala, ditetapkan dari curah pendapat antara guru dengan ....
A. Kepala Sekolah
B. seorang siswa
C. siswa di kelas
D. guru lain
13. Keuntungan menggunakan pembelajaran terpadu
model terjala adalah ....
A. siswa mampu memadukan dari beberapa tema
dalam berbagai bidang studi
B. siswa mampu menjabarkan kemampuan dari bidang
studi
C. mudah melihat berbagai batas pemisah dari
bidang studi
D. mudah melihat berbagai gagasan yang saling
terkait dalam berbagai bidang studi
14. Kesulitan pembelajaran terpadu model terjala
adalah ....
A. siswa sulit membangun motivasi
B. ada kecenderungan untuk merumuskan tema yang
dangkal
C. siswa sulit melihat ide-ide yang terkait
D. sulit membuat perencanaannya
15. Pembelajaran terpadu model terpadu berbeda dengan terjala, karena
pembelajaran terpadu model terpadu ....
A. mengkaji GBPP dari tiga atau lebih bidang studi untuk menentukan
kemampuan yang tumpang tindih
B. dibutuhkan kemampuan penjajagan tema inter-bidang
studi
C. diperlukan peta konsep satu bidang studi yang
sangat dominan
D. diperlukan pokok bahasan yang penting antarbidang
studi
16. Keunggulan pembelajaran terpadu model terpadu
adalah ....
A. ide-ide yang dipelajari siswa diperoleh pada
satu semester dalam satu bidang studi
B. memudahkan siswa belajar secara mandiri
C. mengintegrasikan lingkungan belajar, sehingga
motivasi siswa meningkat
D. siswa mampu mengembangkan aktivitas dari
sub-sub tema yang dipelajari
17. Kelemahan pembelajaran terpadu model terpadu
adalah ....
A. sulit menyeleksi tema
B. masih banyaknya sisa pokok bahasan yang harus
dibatalkan
C. sulit dilaksanakan baik dalam wawancara
maupun pelaksanaannya
D. kondisi kelas tidak terkontrol
18. Jika dilihat dari segi prosedur, perbedaan pengertian antara topik
dengan tema dalam pembelajaran terpadu adalah ....
A. topik bertolak dari tema
B. tema merupakan hasil ramuan dari berbagai topik yang potensial
dalam satu atau beberapa disiplin ilmu
C. tema berdasarkan peristiwa yang terkait dalam
satu bidang studi
D. topik yang bertolak dari lingkungan terkait
dengan intra dan antar bidang studi
19. Apabila dalam pemilihan tema dalam pembelajaran terpadu,
melibatkan siswa untuk memecahkan masalah, berarti ....
A. tema ditetapkan berdasarkan kebutuhan siswa
B. guru dan siswa bersama-sama menetapkan tema
C. tema yang ditetapkan bersifat kegiatan resmi
D. siswa menetapkan tema berdasarkan minatnya
masing-masing
20. Persiapan yang pertama kali dilakukan guru untuk menentukan tema,
adalah mengkaji GBPP dari ....
A. satu bidang studi
B. dua bidang studi
C. tiga bidang studi
D. semua bidang studi
21. Pemilihan tema dalam pembelajaran terpadu dapat dilaksanakan
secara ....
A. bertahap dari mudah ke sukar
B. parsial dan sudah terjadwal
C. spontan/terencana baik yang terjadwal maupun yang tidak
D. berdasarkan urutan dalam GBPP
22. Jika guru mengidentifikasi tema dengan
mengkaitkan materi dalam GBPP, maka sebaiknya ....
A. dikaitkan dengan karakteristik dan tingkat
perkembangan usia SD
B. tema dikembangkan secara klasikal, kelompok
maupun individual
C. dikembangkan secara spontan
D. dikembangkan tema yang bersifat problematik,
sehingga materinya luas
23. Jika Anda akan mengajarkan Bidang studi IPA mengenai biologi, maka
cara yang terbaik adalah membawa peserta didik ke Kebun Raya Bogor untuk
melihat berbagai macam ragam tumbuhan. Menurut Anda sub tema yang paling sesuai
untuk topik di atas adalah ....
A. indahnya Kebun Raya Bogor
B. ragam budaya tanaman
C. berbagai tanaman yang dimiliki Indonesia
D. aneka ragam tumbuhan yang ada di Kebun Raya Bogor
24. Tergelincirnya pesawat udara komersial di lapangan terbang Solo yang
sangat licin beberapa waktu yang lalu dan telah menewaskan beberapa orang
penumpangnya, merupakan salah satu contoh dari topik di bawah ini ....
A. kecerobohan manusia (human
error)
B. transportasi udara
C. iklim dan cuaca
D. transportasi udara, iklim dan cuaca
25. Apabila Anda menjelaskan materi tentang pemasaran, maka akan lebih
cepat dapat dimengerti oleh siswa jika proses pembelajarannya dilakukan melalui
simulasi seperti layaknya proses jual beli di pasar. Hal ini dikarenakan ....
A. sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa
B. proses jual beli di paasr selalu menarik siswa
C. dilakukan melalui simulasi
D. situasi di pasar ramai
26. Pokok Bahasan: Bencana alam
gempa bumi dan gelombang tsunami, maka bidang studi yang paling tepat dan
terkait dengan pokok bahasan tersebut adalah ....
A. agama, PPKn, bahasa
B. agama, fisika, IPA
C. PPKn, IPS,
agama
D. agama, PPKn, matematika
27. Seorang pemandu membagi kelas menjadi
beberapa kelompok, kemudian ia memberi tugas membuat peta konsep lengkap dengan
urutan yang benar kepada masing-masing kelompok. tugas tersebut adalah: Buatlah
peta konsep dari rantai makanan yang ada di bumi ini, yaitu ....
A. manusia, sapi, rumput
B. rumput, kijang, harimau
C. cacing, ikan, buaya, manusia
D. rumput, gajah, harimau
28. Dengan melakukan pemetaan topik, guru
memiliki beberapa keuntungan diantaranya adalah ....
A. lebih cermat di dalam mengajarkan satu topik
B. dapat membantu dalam mengajarkan pembelajaran
terpadu
C. lebih dapat menguasai bahan pelajaran secara
tepat
D. membantu mempermudah proses pembelajaran di
kelas
29. Manakah contoh di bawah ini yang tidak
termasuk ke dalam kegiatan yang dilakukan guru di dalam rangka memperoleh
informasi lebih lanjut mengenai sub-sub tema dari sebuah tema yang berjudul petani
sebagai center core ....
A. melakukan pengamatan terhadap benda-benda
seperti cangkul, bajak, dan kerbau
B. menceritakan berbagai hal yang berkaitan
dengan kegiatan petani di sawah
C. memperkenalkan berbagai tumbuh-tumbuhan yang
hidup di alam tropis
D. menceritakan proses terjadinya nasi yang
dimakan setiap hari
30. Guru melakukan pemetaan topik dengan maksud ....
A. proses pembelajaran lebih bersifat sistematis
B. menyusun rancangan pembelajaran terpadu
C. materi pelajaran yang akan diajarkan menjadi jelas
D. penguasaan guru terhadap materi yang akan diajarkan menjadi lebih
baik
31. Alasan diterapkannya pembelajaran terpadu di kelas I SD adalah ....
A. usia siswa yang masih muda
B. bahasa anak yang tidak seragam
C. pembelajaran dapat berjalan lebih efektif
D. kebutuhan siswa yang sederhana
32. Dari contoh tema IPA di bawah ini, manakah yang dapat dijadikan
sebagai tema terpadu ....
A. mahluk hidup berekmbang biak, pemeliharaan dan pengembangbiakan
tanaman dan hewan, populasi berubah sesuai keadaan lingkungan
B. mahluk hidup berkembang biak, alat indera bermacam-macam,
organ-organ tubuh manusia mempunyai fungsi tertentu
C. pemeliharaan dan pengembangbiakan tanaman dan hewan, populasi
berubah sesuai keadaan lingkungan, darah diperlukan oleh tubuh manusia
D. pemeliharaan dan pengembangbiakan tanaman dan hewan, sistem tata
surya diperlukan oleh mahluk hidup
33. Manfaat yang diperoleh siswa dari kegiatan penentuan tema
pembelajaran terpadu adalah ....
A. pembelajaran sama artinya dengan permainan
B. mereka menjadi sehat dan tidak mengantuk
C. mereka dapat menghayati kehidupan nyata di
masyarakat
D. anak menjadi cepat pandai dan kritis
34. Pad akhir pelajaran diharapkan siswa kelas V SD dapat berbelanja
(menggunakan uang) sesuai dengan kebutuhan. Untuk mencapai TIK tersebut dapat
dilakukan pembelajaran melalui metode ....
A. ceramah
B. tanya jawab
C. simulasi
D. diskusi
35. Jenis penilaian yang baik untuk menilai
proses kerja siswa adalah ....
A. uraian
B. pilihan ganda sebab akibat
C. observasi
D. wawancara
36. Penilaian dengan alat yang praktis untuk mengumpulkan dan mencatat
informasi tentang KBM sehari-hari digunakan oleh ....
A. masyarakat
B. guru
C. murid
D. orang tua
37. Di bawah ini merupakan metode-metode utama dalam penilaian
pembelajaran terpadu, kecuali ....
A. pengamatan terhadap kegiatan yang sedang
berlangsung dan pendokumentasian secara berkala
B. penilaian diri sendiri oleh siswa
C. tes lisan dan wawancara
D. tes dan laporan tertulis
38. Salah satu tahapan dalam penerapan pembelajaran terpadu adalah
menentukan tema yang sesuai. Topik yang paling tepat untuk pertanyaan “Siapa
yang pernah ke desa atau kota?” apa saja sumber kekayaan alam yang berada di
Indonesia dan “Bagaimana memanfaatkan
sumber kekayaan alam?” adalah ....
A. negeriku tercinta
B. sumber alam berlimpah
C. tanah airku
D. hak dan kewajiban warga
39. Berikut ini merupakan aspek-aspek untuk menilai proses kegiatan
membaca dalam hati yang dilanjutkan dengan diskusi, kecuali ....
A. kerjasama kelompok dan keberanian
B. penggunaan bahasa dan berpikir kritis
C. partisipasi, kepekaan ritme, dan kebermaknaan
D. logika alasan dan disiplin waktu
40. Penggunaan model pembelajaran terpadu dalam pembelajaran kelas
rangkap (PKR) dilandasi ....
A. penggunaan bahasa anak SD yang masih belum
stabil
B. tahap perkembangan kognitif anak SD yang
masih dalam tahap operasional konkrit
C. rambu-rambu pelaksanaan pembelajaran terpadu
D. pertimbangan sekolah-sekolah yang jumlah gurunya
tidak seimbang dengan jumlah kelas
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 41 SAMPAI
45, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
41. Karakteristik pembelajaran terpadu di SD
adalah ....
1) suatu peristiwa yang menjadi pusat perhatian
dalam pembelajaran dari sudut pandang yang terkotak-kotak
2) tema menjadi pengendali di dalam pembelajaran
untuk menemukan konsep, prinsip, dan keilmuan secara holistik dan bermakna
3) siswa belajar sekaligus tentang proses dan
isi berbagai mata pelajaarn secara serempak
42. Karakteristik pembelajaran terpadu model
terjala adalah ....
1) dimulai dari suatu tema
2) terdiri dari beberapa mata pelajaran
3) mengkaji pokok-pokok bahasan dari beberapa
mata pelajaran
43. Aspek tujuan dalam rancangan pembelajaran
menggambarkan ....
1) cara menguasai materi pelajaran
2) perubahan perilaku pada diri siswa
3) target yang harus dicapai siswa
44. Fredrik adalah siswa yang terpandai di
kelasnya, namun ia sering mengganggu teman-teman wanitanya sampai menangis. Di
lingkungan sekolahnya ia seringkali membuang sampah tidak pada tempatnya, namun
ia sangat menyayangi tumbuh-tumbuhan dan hewan yang ada di sekelilingnya. TIK
yang tepat untuk menyatakan cerita di atas adalah, siswa dapat ....
1) menyebutkan perilaku yang baik dan tidak baik
2) memberi komentar atas cerita yang baru dibaca
3) menunjukkan sifat disiplin dalam kehidupan
45. Pada akhir pembelajaran, siswa dapat membuat
karangan mengenai proses pemilihan presiden secara langsung di Indonesia. Agar
karangan siswa ditulis secara tepat dan benar, dibutuhkan alat bantu
pembelajaran, meliputi ....
1) kunjungan ke KPU (Komisi Pemilihan Umum)
untuk mendapatkan informasi tentang PEMILU
2) bacaan tentang pemilu di Indonesia
3) para ketua KPPS dari tingkat RT sampai
Gubernur
No comments:
Post a Comment