Cloud Hosting Indonesia

03 April, 2014

Soal Pembelajaran Terpadu



LATIHAN MANDIRI
PEMBELAJARAN TERPADU
(PGSD2305)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 40,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Bu Siti menjelaskan macam-macam buah berbiji tunggal dan berbiji ganda, siswa mendengarkan dengan seksama dan sekali-sekali ada yang mencatat. Metode yang digunakan Bu Siti tersebut adalah metode ....
A.   ceramah
B.   tanya jawab
C.   diskusi
D.   demonstrasi

2.   Pengalaman belajar yang lebih menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual, berguna bagi siswa untuk ....           
A.   belajar mandiri
B.   memantapkan pengetahuan yang baru diperoleh
C.   memudahkan kontrol belajar
D.   memudahkan pelaksanaan pembelajaran
     
3.   Pembelajaran Terpadu di SD merupakan sistem pembelajaran yang ....
A.   memungkinkan siswa aktif mencari, menggali dan mengeksplorasi tema baik dalam satu bidang studi atau lebih
B.   mencakup sub-sub pokok bahasan dalam satu mata pelajaran atau pokok-pokok bahasan dengan mata pelajaran lain
C.   mempunyai kaitan-kaitan pengalaman belajar yang bermakna
D.   diawali dengan suatu pokok bahasan atau tema

4.   Pertanyaan pemandu untuk kegiatan pembelajaran terkait, tema “Sawah” yang melintas ke bidang studi IPA adalah ....
A.   tumbuh-tumbuhan apa sajakah yang lazim ditanami petani di sawah?
B.   ukurlah luas bidang sawah yang diamati?
C.   setelah dituai padinya, apa yang bisa dilakukan petani terhadap hasil panennya?
D.   tulislah kata-kata baru dalam bidang pertanian yang ada kaitannya dengan sawah?



5.   Pengemasan pengalaman belajar pada pembelajaran terpadu di SD penting dilakukan untuk ....
A.   meningkatkan peluang bagi terjadinya pembelajaran yang efektif
B.   melatih kemampuan anak bergaul dengan hal-hal yang bersifat abstrak
C.   melatih anak mengerjakan tugas-tugas
D.   melatih pengalaman anak yang bersifat artifisial

6.   Salah satu persyaratan yang diperlukan guru dalam pembelajaran terpadu model terkait adalah ....
A.   menguasai kurikulum maupun satuan pembelajaran
B.   penguasaan material terhadap pokok bahasan, konsep, dan keterampilan dalam bidang studi
C.   menguasai seluruh bidang studi di SD
D.   tersedianya perpustakaan sekolah

7.   Apabila dalam pembelajaran terpadu guru menetapkan konsep-konsep dalam satu bidang studi pada tingkatan kelas yang sama, maka hal tersebut termasuk model ...
A.   terbimbing
B.   terprogram
C.   terkait
D.   terpadu

8.   Apabila guru bersama siswa mendemonstrasikan terjadinya hujan dari uap air dengan mengaitkan pengalaman mereka di rumah, maka tema yang sesuai adalah ....
A.   hujan buatan di dalam rumah
B.   air dapat berubah wujud
C.   air mempunyai berat
D.   air sumber kehidupan

9.   Keunggulan pembelajaran terpadu model terkait di SD adalah ....
A.   memudahkan siswa melihat kegiatan-kegiatan dan ide-ide berbeda yang terkait
B.   konsep-konsep kunci dikembangkan siswa terus-menerus, sehingga terjadi internalisasi
C.   memudahkan siswa untuk mengarahkan keterkaitan berbagai bidang studi
D.   tidak memerlukan penyusunan persiapan mengajar yang rumit

10.   Kelemahan pembelajaran terpadu model terkait di SD adalah ....
A.   berbagai bidang studi masih tetap terpisah
B.   pokok bahasan yang dikaitkan dipilih yang sederhana
C.   pokok bahasan dalam satu bidang studi dibahas secara terpisah
D.   beberapa bidang studi dikaitkan

11.   Pembelajaran terpadu model terkait berbeda dengan model terjala, karena model terkait ....
A.   meramu beberapa pokok bahasan diramu dari satu bidang studi, sedangkan model terjala meramu beberapa pokok bahasan dalam beberapa bidang studi
B.   direncanakan satu sub/pokok bahasan, sedangkan model terjala direncanakan untuk berbagai kegiatan yang saling terkait
C.   direncanakan peta konsep satu bidang studi, sedangkan model terjala perlunya penjajagan tema dari beberapa bidang studi
D.   direncanakan pokok-pokok bahasan yang potensial dari beberapa bidang studi untuk dipadukan dalam tema tertentu, sedangkan model terjala menentukan tema dari curah pendapat

12.   Tema yang dijadikan pusat kendali dalam pembelajaran terpadu model terjala, ditetapkan dari curah pendapat antara guru dengan ....
A.   Kepala Sekolah
B.   seorang siswa
C.   siswa di kelas
D.   guru lain

13.   Keuntungan menggunakan pembelajaran terpadu model terjala adalah ....
A.   siswa mampu memadukan dari beberapa tema dalam berbagai bidang studi
B.   siswa mampu menjabarkan kemampuan dari bidang studi
C.   mudah melihat berbagai batas pemisah dari bidang studi
D.   mudah melihat berbagai gagasan yang saling terkait dalam berbagai bidang studi

14.   Kesulitan pembelajaran terpadu model terjala adalah ....
A.   siswa sulit membangun motivasi
B.   ada kecenderungan untuk merumuskan tema yang dangkal
C.   siswa sulit melihat ide-ide yang terkait
D.   sulit membuat perencanaannya

15.   Pembelajaran terpadu model terpadu berbeda dengan terjala, karena pembelajaran terpadu model terpadu ....
A.   mengkaji GBPP dari tiga atau lebih bidang studi untuk menentukan kemampuan yang tumpang tindih
B.   dibutuhkan kemampuan penjajagan tema inter-bidang studi
C.   diperlukan peta konsep satu bidang studi yang sangat dominan
D.   diperlukan pokok bahasan yang penting antarbidang studi

16.   Keunggulan pembelajaran terpadu model terpadu adalah ....
A.   ide-ide yang dipelajari siswa diperoleh pada satu semester dalam satu bidang studi
B.   memudahkan siswa belajar secara mandiri
C.   mengintegrasikan lingkungan belajar, sehingga motivasi siswa meningkat
D.   siswa mampu mengembangkan aktivitas dari sub-sub tema yang dipelajari

17.   Kelemahan pembelajaran terpadu model terpadu adalah ....
A.   sulit menyeleksi tema
B.   masih banyaknya sisa pokok bahasan yang harus dibatalkan
C.   sulit dilaksanakan baik dalam wawancara maupun pelaksanaannya
D.   kondisi kelas tidak terkontrol

18.   Jika dilihat dari segi prosedur, perbedaan pengertian antara topik dengan tema dalam pembelajaran terpadu adalah ....
A.   topik bertolak dari tema
B.   tema merupakan hasil ramuan dari berbagai topik yang potensial dalam satu atau beberapa disiplin ilmu
C.   tema berdasarkan peristiwa yang terkait dalam satu bidang studi
D.   topik yang bertolak dari lingkungan terkait dengan intra dan antar bidang studi

19.   Apabila dalam pemilihan tema dalam pembelajaran terpadu, melibatkan siswa untuk memecahkan masalah, berarti ....
A.   tema ditetapkan berdasarkan kebutuhan siswa
B.   guru dan siswa bersama-sama menetapkan tema
C.   tema yang ditetapkan bersifat kegiatan resmi
D.   siswa menetapkan tema berdasarkan minatnya masing-masing
20.   Persiapan yang pertama kali dilakukan guru untuk menentukan tema, adalah mengkaji GBPP dari ....
A.   satu bidang studi
B.   dua bidang studi
C.   tiga bidang studi
D.   semua bidang studi

21.   Pemilihan tema dalam pembelajaran terpadu dapat dilaksanakan secara ....
A.   bertahap dari mudah ke sukar
B.   parsial dan sudah terjadwal
C.   spontan/terencana baik yang terjadwal maupun yang tidak
D.   berdasarkan urutan dalam GBPP

22.   Jika guru mengidentifikasi tema dengan mengkaitkan materi dalam GBPP, maka sebaiknya ....
A.   dikaitkan dengan karakteristik dan tingkat perkembangan usia SD
B.   tema dikembangkan secara klasikal, kelompok maupun individual
C.   dikembangkan secara spontan
D.   dikembangkan tema yang bersifat problematik, sehingga materinya luas

23.   Jika Anda akan mengajarkan Bidang studi IPA mengenai biologi, maka cara yang terbaik adalah membawa peserta didik ke Kebun Raya Bogor untuk melihat berbagai macam ragam tumbuhan. Menurut Anda sub tema yang paling sesuai untuk topik di atas adalah ....
A.   indahnya Kebun Raya Bogor
B.   ragam budaya tanaman
C.   berbagai tanaman yang dimiliki Indonesia
D.   aneka ragam tumbuhan yang ada di Kebun Raya Bogor

24.   Tergelincirnya pesawat udara komersial di lapangan terbang Solo yang sangat licin beberapa waktu yang lalu dan telah menewaskan beberapa orang penumpangnya, merupakan salah satu contoh dari topik di bawah ini ....
A.   kecerobohan manusia (human error)
B.   transportasi udara
C.   iklim dan cuaca
D.   transportasi udara, iklim dan cuaca

25.   Apabila Anda menjelaskan materi tentang pemasaran, maka akan lebih cepat dapat dimengerti oleh siswa jika proses pembelajarannya dilakukan melalui simulasi seperti layaknya proses jual beli di pasar. Hal ini dikarenakan ....
A.   sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa
B.   proses jual beli di paasr selalu menarik siswa
C.   dilakukan melalui simulasi
D.   situasi di pasar ramai

26.   Pokok Bahasan: Bencana alam gempa bumi dan gelombang tsunami, maka bidang studi yang paling tepat dan terkait dengan pokok bahasan tersebut adalah ....
A.   agama, PPKn, bahasa
B.   agama, fisika, IPA
C.   PPKn, IPS, agama
D.   agama, PPKn, matematika

27.   Seorang pemandu membagi kelas menjadi beberapa kelompok, kemudian ia memberi tugas membuat peta konsep lengkap dengan urutan yang benar kepada masing-masing kelompok. tugas tersebut adalah: Buatlah peta konsep dari rantai makanan yang ada di bumi ini, yaitu ....
A.   manusia, sapi, rumput
B.   rumput, kijang, harimau
C.   cacing, ikan, buaya, manusia
D.   rumput, gajah, harimau

28.   Dengan melakukan pemetaan topik, guru memiliki beberapa keuntungan diantaranya adalah ....
A.   lebih cermat di dalam mengajarkan satu topik
B.   dapat membantu dalam mengajarkan pembelajaran terpadu
C.   lebih dapat menguasai bahan pelajaran secara tepat
D.   membantu mempermudah proses pembelajaran di kelas

29.   Manakah contoh di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam kegiatan yang dilakukan guru di dalam rangka memperoleh informasi lebih lanjut mengenai sub-sub tema dari sebuah tema yang berjudul petani sebagai center core ....
A.   melakukan pengamatan terhadap benda-benda seperti cangkul, bajak, dan kerbau
B.   menceritakan berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan petani di sawah
C.   memperkenalkan berbagai tumbuh-tumbuhan yang hidup di alam tropis
D.   menceritakan proses terjadinya nasi yang dimakan setiap hari

30.   Guru melakukan pemetaan topik dengan maksud ....
A.   proses pembelajaran lebih bersifat sistematis
B.   menyusun rancangan pembelajaran terpadu
C.   materi pelajaran yang akan diajarkan menjadi jelas
D.   penguasaan guru terhadap materi yang akan diajarkan menjadi lebih baik

31.   Alasan diterapkannya pembelajaran terpadu di kelas I SD adalah ....
A.   usia siswa yang masih muda
B.   bahasa anak yang tidak seragam
C.   pembelajaran dapat berjalan lebih efektif
D.   kebutuhan siswa yang sederhana

32.   Dari contoh tema IPA di bawah ini, manakah yang dapat dijadikan sebagai tema terpadu ....
A.   mahluk hidup berekmbang biak, pemeliharaan dan pengembangbiakan tanaman dan hewan, populasi berubah sesuai keadaan lingkungan
B.   mahluk hidup berkembang biak, alat indera bermacam-macam, organ-organ tubuh manusia mempunyai fungsi tertentu
C.   pemeliharaan dan pengembangbiakan tanaman dan hewan, populasi berubah sesuai keadaan lingkungan, darah diperlukan oleh tubuh manusia
D.   pemeliharaan dan pengembangbiakan tanaman dan hewan, sistem tata surya diperlukan oleh mahluk hidup

33.   Manfaat yang diperoleh siswa dari kegiatan penentuan tema pembelajaran terpadu adalah ....
A.   pembelajaran sama artinya dengan permainan
B.   mereka menjadi sehat dan tidak mengantuk
C.   mereka dapat menghayati kehidupan nyata di masyarakat
D.   anak menjadi cepat pandai dan kritis

34.   Pad akhir pelajaran diharapkan siswa kelas V SD dapat berbelanja (menggunakan uang) sesuai dengan kebutuhan. Untuk mencapai TIK tersebut dapat dilakukan pembelajaran melalui metode ....
A.   ceramah
B.   tanya jawab
C.   simulasi
D.   diskusi

35.   Jenis penilaian yang baik untuk menilai proses kerja siswa adalah  ....
A.   uraian
B.   pilihan ganda sebab akibat
C.   observasi
D.   wawancara

36.   Penilaian dengan alat yang praktis untuk mengumpulkan dan mencatat informasi tentang KBM sehari-hari digunakan oleh ....
A.   masyarakat
B.   guru
C.   murid
D.   orang tua

37.   Di bawah ini merupakan metode-metode utama dalam penilaian pembelajaran terpadu, kecuali ....
A.   pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung dan pendokumentasian secara berkala
B.   penilaian diri sendiri oleh siswa
C.   tes lisan dan wawancara
D.   tes dan laporan tertulis

38.   Salah satu tahapan dalam penerapan pembelajaran terpadu adalah menentukan tema yang sesuai. Topik yang paling tepat untuk pertanyaan “Siapa yang pernah ke desa atau kota?” apa saja sumber kekayaan alam yang berada di Indonesia  dan “Bagaimana memanfaatkan sumber kekayaan alam?” adalah ....
        A.   negeriku tercinta
B.   sumber alam berlimpah
C.   tanah airku
D.   hak dan kewajiban warga

39.   Berikut ini merupakan aspek-aspek untuk menilai proses kegiatan membaca dalam hati yang dilanjutkan dengan diskusi, kecuali ....
A.   kerjasama kelompok dan keberanian
B.   penggunaan bahasa dan berpikir kritis
C.   partisipasi, kepekaan ritme, dan kebermaknaan
D.   logika alasan dan disiplin waktu
     









40.   Penggunaan model pembelajaran terpadu dalam pembelajaran kelas rangkap (PKR) dilandasi ....
A.   penggunaan bahasa anak SD yang masih belum stabil
B.   tahap perkembangan kognitif anak SD yang masih dalam tahap operasional konkrit
C.   rambu-rambu pelaksanaan pembelajaran terpadu
D.   pertimbangan sekolah-sekolah yang jumlah gurunya tidak seimbang dengan jumlah kelas



PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   41   SAMPAI   45,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
41.   Karakteristik pembelajaran terpadu di SD adalah ....
1)   suatu peristiwa yang menjadi pusat perhatian dalam pembelajaran dari sudut pandang yang terkotak-kotak
2)   tema menjadi pengendali di dalam pembelajaran untuk menemukan konsep, prinsip, dan keilmuan secara holistik dan bermakna
3)   siswa belajar sekaligus tentang proses dan isi berbagai mata pelajaarn secara serempak

42.   Karakteristik pembelajaran terpadu model terjala adalah ....
1)   dimulai dari suatu tema
2)   terdiri dari beberapa mata pelajaran
3)   mengkaji pokok-pokok bahasan dari beberapa mata pelajaran

43.   Aspek tujuan dalam rancangan pembelajaran menggambarkan ....
1)   cara menguasai materi pelajaran
2)   perubahan perilaku pada diri siswa
3)   target yang harus dicapai siswa







44.   Fredrik adalah siswa yang terpandai di kelasnya, namun ia sering mengganggu teman-teman wanitanya sampai menangis. Di lingkungan sekolahnya ia seringkali membuang sampah tidak pada tempatnya, namun ia sangat menyayangi tumbuh-tumbuhan dan hewan yang ada di sekelilingnya. TIK yang tepat untuk menyatakan cerita di atas adalah, siswa dapat ....
1)   menyebutkan perilaku yang baik dan tidak baik
2)   memberi komentar atas cerita yang baru dibaca
3)   menunjukkan sifat disiplin dalam kehidupan

45.   Pada akhir pembelajaran, siswa dapat membuat karangan mengenai proses pemilihan presiden secara langsung di Indonesia. Agar karangan siswa ditulis secara tepat dan benar, dibutuhkan alat bantu pembelajaran, meliputi ....
1)   kunjungan ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) untuk mendapatkan informasi tentang PEMILU
2)   bacaan tentang pemilu di Indonesia
3)   para ketua KPPS dari tingkat RT sampai Gubernur

No comments:

Post a Comment