LATIHAN MANDIRI
PENDIDIKAN BAHASA
DAN SASTRA KELAS RENDAH
(PGSD2205)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 46, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Secara garis
besar pemerolehan bahasa anak dapat dinyatakan dalam dua kata kunci, yaitu
keterampilan ....
A. apresiasi dan produksi
B. produksi dan komprehensi
C. produktif dan reseptif
D. aktif dan pasif
2. Bahasa yang
mula-mula dikenal dan dikuasai anak sebagai sarana komunikasi verbal sejak dia
bayi adalah ....
A. bahasa Indonesia
B. bahasa daerah
C. bahasa kedua
D. bahasa pertama
3. Setahun
sudah Seno hidup bersama ayahnya di Amerika. Luar biasa! Dia sangat fasih
berbahasa Inggris, di samping berbahasa Indonesia. Sebelumnya ia tinggal di Jakarta dan tidak bisa berbahasa Inggris sama
sekali. Kini
umurnya lima tahun.
Berdasarkan
informasi di atas, keterampilan Seno dalam berbahasa Inggris dalam istilah
pemerolehan bahasa disebut ....
A. bahasa kedua
B. bahasa pertama
C. bahasa daerah
D. bahasa ibu
4. Fajar kini
berusia 3 tahun. Pada usia tersebut ia sudah mampu memahami rentetan
per-tanyaan yang diajukan ibunya. Informasi ter-sebut menunjukkan bahwa Fajar
berada pada tahap ....
A. paralinguistik
B. satu kata
C. banyak kata
D. dua kata
5. Bagian otak
yang memberikan isyarat tang-gapan bahasa disebut ....
A. Wernicke
B. daerah motor
C. sistem syaraf pusat
D. brocca
6. Anak yang berintelegensi tinggi
dan rendah memiliki peluang sukses dalam memperoleh suatu bahasa. Perbedaannya
terletak pada ....
A. kecepatan dan kreativitas
B. kesiapan mental
C. fasilitas
D. lingkungan belajar
7. Lingkungan
sosial dalam pemerolehan ba-hasa dapat berperan sebagai ...
A. repertorium pemerolehan bahasa
B. wadah atau alat
C. pemberian isi dan muatan
D. tempat berlangsungnya komunikasi
8. Kemampuan anak
untuk memproduksi benda atau peristiwa tertentu dengan menggunakan kata atau
tuturan disebut strategi ....
A. menghapal
B. mengingat
C. meniru
D. mengalami langsung
9. Yang dinyatakan
di bawah ini adalah apa yang
disampaikan komunikator kepada komu-nikan dalam peristiwa komunikasi, kecuali
....
A. soliloqui
B. ide
C. perasaan
D. informasi/pesan
10. Salah satu
karakteristik keunikan komunikasi terletak pada ....
A. komunikasi bersifat timbal balik
B. komunikasi memperkaya pengetahuan dan
pengalaman manusia
C. pengalaman komunikasi yang telah ter-jadi tak
dapat diulang
D. pengalaman komunikasi dapat diserap indera
manusia melalui simbol-simbol
11. Yang disebutkan di bawah ini merupakan contoh
fungsi interaksional, kecuali ....
A. sapaan
B. bujuk rayu
C. basa-basi
D. tanggapan
12. Penyuluhan, pemberian pelajaran, tukar
menukar berita, dan sarasehan dalam komu-nikasi termasuk ke dalam fungsi ....
A. instrumental
B. interaksional
C. heuristik
D. informatif
13. Mengapa penyakit sapi gila berbahaya bagi
manusia, Bu? Tanya Didi kepada Bu Ani. Pertanyaan tersebut dalam peristiwa
komu-nikasi berfungsi ....
A. interaksional
B. informatif
C. heuristik
D. imajinatif
14.
Perhatikan teks di bawah ini
Suara langkah di luar
kamarku. Siapakah yang berjalan-jalan di luar kamarku setiap malam, seakan ia
selalu terjaga dan men-jagaku langkahnya halus tenggelam bagai dibawa angin.
Namun meninggalkan jejak yang dalam di hatiku aku sering ingin menam-pakkan
keluar membuka pintu dan membiar-kan hatiku menemuinya sesungguhnya aku sangat
malu telah lama aku tak mengun-dangnya masuk.
Jika kita perhatikan teks di atas termasuk dalam fungsi
komunikasi ....
A. personal
B. imajinatif
C. informatif
D. interaksional
15. Suatu proses kegiatan mental yang dilakukan
oleh penerima pesan (komunikan) dalam memahami pesan yang disampaikan oleh
pihak penyampai (komunikator) adalah ....
A. interfering
B. encoding
C. transmiting
D. decoding
16. Tempat, waktu, dan situasi yang melatari
komunikasi disebut ....
A. konteks
B. bahan
C. interferensi
D. saluran
17.
Kemenangan pebulu tangkis Indonesia
Taufik Hidayat atas pebulu tangkis
Korea pada Olimpiade Athena 2004 menjadi bahan pembicaraan hangat pada jam-jam
istirahat di dalam kelas. Ramainya pembicaraan mereka mengundang kehadiran pak
Joni guru olah raga. “Hidup Taufik, hidup Taufik, hidup Tahufik!”, seru
mereka sambil mengacung-acungkan tangan membentuk huruf V. Kenapa sih kok gaduh
amat? Tanya Pak Joni. Di antara mereka terlihat Koko, si juara
bulu tangkis sekolah. “Hayo Koko tunjukkan bahwa dirimu bukan hanya jago
kandang!”, sambung Pak Joni. “Baik Pak!”, jawab Koko dengan wajah sedikit
memerah mendengar tantangan gurunya.
Dari percakapan teks di atas yang berperan sebagai komunikan adalah berikut ini, kecuali ....
A. para siswa
B. Taufik Hidayat
C. Koko
D. Pak Joni
18. Situasi yang digambarkan oleh percakapan soal
no. 17 di atas adalah ....
A. situasi resmi di luar kelas
B. situasi tak resmi
C. situasi campuran (resmi tak resmi)
D. situasi santai istirahat
19. Jika dilihat dari lambang yang digunakan,
percakapan soal no. 17 di atas ditemukan lambang nonverbal yaitu ....
A. acungan lengan para siswa dan wajah Koko yang
memerah
B. pertanyaan pak Joni
C. jawaban Koko
D. kata-kata seruan
20. Pada saat guru menerangkan, Adi dan Kiki yang
duduk di bangku bagian belakang asyik mengobrol berdua. Rupanya tidak hanya
sekali saja pak guru mengetahui perbuatan mereka berdua, dengan nada tinggi pak
guru berseru “Adi dan Kiki harap keluar dari kelas ini, saya hitung sampai
tiga, satu …, dua …, tiga …,! Kalau tidak mau keluar kalian atau saya
yang keluar biar kamu berdua yang mengajar teman kalian, keluar! Sekali lagi
hayo keluar! Perintah guru dengan nada keras sambil mengacung-acungkan
telunjuk menga-rah keluar ruangan kelas.
Salah satu contoh unsur paralinguistik pada teks
di atas adalah ....
A. perintah guru pada saat menyuruh Adi dan Kiki
keluar ruangan kelas
B. acungan telunjuk guru pada saat menyuruh Adi
dan Kiki keluar ruangan kelas
C. nada tinggi perintah guru menyuruh Adi dan
Kiki keluar ruangan kelas
D. amarah dan kekesalan guru melihat Adi dan
Kiki asyik mengobrol
21. Tanpa kehadiran pesan nonverbal, pesan yang
disampaikan secara verbal dapat ber-lawanan dengan pesan verbal sehingga
me-munculkan ....
A. kekacauan
B. kerancuan
C. kesalahan
D. kebingungan
22. Pemilihan materi pembelajaran bahasa dan
cara-cara pengajarannya mengingatkan kita pada pengertian ....
A. metode
B. teknik
C. strategi
D. pendekatan
23. Melalui nyanyian “Ular Naga” guru melakukan
aktivitas dengan mendongeng, siswa ber-tanya jawab dengan guru, dan para siswa
memperagakan formasi ular naga yang se-dang berjalan. Dalam pembelajaran
tersebut guru menerapkan ....
A. pendekatan pembelajaran
B. strategi pembelajaran
C. teknik pembelajaran
D. metode pembelajaran
24. Bilamana seorang guru bahasa Indonesia mau
menjelaskan istilah kloning dengan menunjukkan gambar-gambar, jenis-jenis hasil
kloning, dan membawakan teks-teks berisi kloning, maka guru tersebut
meng-gunakan bahan pembelajaran ....
A. korelasional
B. terpadu
C. bermakna
D. kontekstual
25. Pembelajaran yang melibatkan disiplin ilmu
lain disebut ….
A. pembelajaran terprogram
B. pembelajaran terpadu
C. pembelajaran terpadu lintas kurikulum
D. pembelajaran keterampilan proses
26. Pada suatu saat Pak Tono guru kelas dua
sekolah dasar mengajarkan bahasa Indonesia dengan tema: lingkungan alam
dan dengan kompeteni dasar: menyimak serta menang-gapi gambar. Gambar
yang ditujukkan Pak Tono adalah fenomena alam, yaitu hujan. Setelah bercerita
prihal hujan, Pak Tono bertanya jawab dengan murid-muridnya. Pada akhir
pelajaran Pak Tono bersama para murid menyanyikan lagu yang liriknya berkisah
tentang hujan (Tik-tik bunyi hujan di atas genting/airnya turun tidak
terkira/cobalah tengok dahan dan ranting/pohon dan kebun basah semua).
Teks di atas mencerminkan pengertian ....
A. pembelajaran terpadu
B. pembelajaran terpadu lintas materi
C. pembelajaran tuntas
D. pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa
27. Belajar bahasa bukanlah belajar tentang
ba-hasa, melainkan belajar untuk mengaktifkan empat keterampilan berbahasa,
yaitu: menyi-mak, berbicara, membaca, dan menulis. Hal tersebut sejalan
dengan hakikat belajar ba-hasa bahwa belajar bahasa adalah ....
A. belajar menggunakan bahasa
B. belajar keterampilan berbahasa
C. belajar berkomunikasi
D. belajar simbol kebahasaan
28. Pembelajaran bahasa yang dilaksanakan se-cara terpisah antara
keterampilan, kebaha-saan, dan agama bersifat ....
A. integrated
B. diskret
C. parsial
D. fungsional
29. Definisi pembelajaran adalah aktivitas
bela-jar-mengajar ....
A. untuk mencapai tujuan khusus pembe-lajaran
B. yang mencakup kebahasaan, penggu-naan, dan
pemahaman
C. yang dilakukan di kelas
D. yang dilakukan secara formal
30. Kegiatan guru dalam menjabarkan materi
pembelajaran menjadi kegiatan belajar secara terperinci dan sistematis yang
diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran disebut sebagai ....
A. perancangan pembelajaran
B. pengembangan pembelajaran
C. perencanaan pembelajaran
D. pelaksanaan pembelajaran
31. Tema dalam pembelajaran bahasa di kelas
rendah berfungsi sebagai ....
A. pengembangan dan perluasan kosakata serta
pemersatu kegiatan berbahasa
B. pengembangan kemampuan bahasa dan
keterampilan berbahasa, serta apresiasi sastra
C. pengembangan kemampuan kebahasaan, pemahaman,
dan penggunaan
D. pengembangan empat keterampilan ber-bahasa
yang meliputi menyimak, berbi-cara, membaca, dan menulis
32. Dalam pengajaran bahasa yang memadukan
seluruh aktivitas belajar para siswa sehingga mendapatkan keterampilan
berbahasa kom-prehensif disebut ....
A. tema
B. topik
C. unit
D. kompetensi
33. Yang disebut di bawah ini adalah contoh
pem-belajaran berbicara di kelas rendah, yaitu ....
A. guru memperlihatkan gambar disertai kata
untuk dibaca oleh para siswa
B. guru bercerita dan para siswa menuliskan
kata-kata atas perintah guru
C. guru mengajak para siswa untuk menge-nali
suatu benda sambil sesekali mene-rangkannya
D. guru memperlihatkan gambar dan para siswa
diminta bercerita perihal gambar tersebut
34. Mengawali mata pelajaran sastra untuk kelas
dua Sekolah Dasar, Pak Beni memper-dengarkan lagu yang berjudul Bunga
dengan lirik: Bunga, bunga di dalam taman/beraneka warna untuk
kenangan/kupetik bunga untuk kenangan/untuk ibu dan handai tolan. Murid
diminta menyimak dan menuliskan arti kata-kata yang tidak mereka pahami.
Selesai memperdengarkan dan menjelaskan lirik lagu; Pak Beni menyanyikannya
sambil menari. Beberapa orang murid diminta untuk memperagakan kembali lagu
yang telah dinyanyikan Pak Beni dan menceritakan apa saja bunga-bunga yang
terdapat di lingkungan mereka.
Dari
informasi di atas selain nilai kesastraan, terangkum pula
keterampilan-keterampilan ....
A. menyimak, membaca, menulis, dan ber-bicara
B. menyimak, menulis, dan pengetahuan ba-hasa
C. menyimak, menulis, pengetahuan ba-hasa, dan
berbicara
D. menyimak, menulis, dan berbicara
35. Di papan tulis guru menempelkan kertas yang
bergambar dan bertuliskan cecak. Murid-murid diminta membaca kata cecak
dengan lafal dan intonasi yang benar. Setelah membaca kata cecak dengan
lafal dan intonasi yang tepat, para murid bertanya jawab dengan guru mengenai
ciri dan makanan cecak. Sebagai penutup, murid-murid bersama guru
menyanyikan: cecak-cecak di dinding, diam-diam merayap, datang seekor nyamuk,
hap lalu ditangkap.
Pembelajaran di atas termasuk ....
A. membaca terpadu
B. menyimak terpadu
C. berbicara terpadu
D. menulis terpadu
36. Hari sudah agak siang. Untuk mengusir rasa
lelah dan kantuk, Pak Ahmad bercerita tentang Si Malin Kundang. Adapun pada
saat itu Pak Ahmad mengajarkan bahasa Indo-nesia dengan tema: Keluarga dengan
kom-petensi dasar: mendengarkan dongeng dan menjawab pertanyaan. Dari dongeng
tersebut Pak Ahmad menonjolkan nilai-nilai moralnya, yaitu: bila anak durhaka
terhadap ibu akan mendapatkan celaka.
Informasi di atas
menggambarkan contoh pembelajaran ….
A. terpadu dalam tujuan
B. terpadu lintas kurikulum
C. terpadu dalam wadah pembelajaran
D. terpadu dalam kegiatan belajar
37. Metode Membaca Menulis Permulaan (MMP)
yang diawali dengan memperkenalkan sebuah kalimat utuh pada anak disebut metode
....
A. Struktural Analitis Sintetis (SAS)
B. global
C. kata
D. ejaan
38. Contoh berikut ini merupakan penerapan metode
eja ....
|

eb
u - ed i




|




i- ni bo-la
i-n-i
b-o-l-a
39. Metode bunyi dapat kita temukan pada contoh
berikut ini ....
|




|

ti – et i menjadi ti
|

Tu – et u menjadi tu
40. Membaca Menulis Permulaan (MMP) dalam
penerapan metode suku kata dan kata pada Membaca Menulis Permulaan (MMP) kelas
II Sekolah Dasar dapat kita temukan ....




|

ka
i ki

|


|
|
er u ru




i-ni
ba-ju


|

bu-ku
41. Bu Eni baru saja mengikuti pelatihan mengenai
Membaca Menulis Permulaan (MMP). Salah satu metode yang menarik perhatian Bu
Eni adalah metode global. Berikut ini terdapat bermacam-macam model penyajian
materi MMP. Contoh model untuk mengajarkan MMP dengan metode global yang
manakah yang dipilih bu Eni ....
A. ini meja budi
i n i
m e j a b u d i
i- ni
me-ja bu-di
i-n-i
m-e-j-a b-u-d-i








ini meja budi


ini meja
budi
i-ni me-ja
bu-di
i-n-i
m-e-j-a b-u-d-I
D. i en i
ni ini
em e – me
je
a – ja
be
u bu
de
i di
42. Penerapan metode SAS dalam Membaca Menulis
Permulaan (MMP) terdapat pada contoh ....
|



B. mana mama
mana
mama
ma
na ma ma
m
a n a
m a m a
ma
na ma ma
mana
mama
mana mama
|



D. da
- da
da
- du
43. Sebelum mengajar di kelas, seorang guru
melakukan persiapan, dengan cara menyusun aspek-aspek pembelajaran mulai dari
tujuan, materi, langkah-langkah pembelajaran, sam-pai pada evaluasi. Kegiatan
guru semacam itu disebut ....
A. mempersiapkan pengajaran
B. merencanakan pembelajaran
C. menyusun pembelajaran
D. merancang pembelajaran
44. Sebelum menyusun rancangan pembelajaran,
kegiatan seorang guru tertera sebagai berikut, kecuali ....
A. mempersiapkan media
pembelajaran
B. menetapkan tujuan yang ingin dicapai
C. memilih dan menetapkan materi pem-belajaran
D. menetapkan metode dan merancang penilaian
45. Dari tujuan: “Siswa mampu menulis
kata-kata dan kalimat sederhana dan membaca dengan lafal dan intonasi yang
wajar.” Dapat ditu-runkan rumusan TIK berikut ini kecuali ....
A. siswa dapat menulis kata-kata
sederhana
B. siswa dapat bercerita mengenai ling-kungan
alam sekitarnya
C. siswa dapat menulis kalimat sederhana yang
mengandung kosakata nama diri
D. siswa dapat membaca kata atau kalimat
sederhana yang mengandung kosa kata diri dengan lafal dan intonasi yang tepat
46. Berikut ini merupakan metode-metode khusus
pengajaran bahasa , kecuali ....
A. metode langsung
B. metode tata bahasa
C. metode terjemahan
D. metode bercerita
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 47 SAMPAI
50, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
47. Dengan menggunakan lirik lagu yang berjudul Kasih
Ibu (Kasih Ibu kepada beta tak terhingga sepanjang massa hanya
memberi tak harap kembali bagaikan surya menyinari dunia), seorang guru
dapat mengajarkan seni suara, nilai budi pekerti, nilai pendidikan moral,
kosakata, sekaligus seni sastra kepa-da anak. Jika kita cermati, cara-cara yang
dilakukan guru tersebut dapat dikategorikan sebagai pengajaran terpadu.
Keterpaduannya terletak pada ....
1) terpadu dalam tujuan dan kegiatan belajar
2) terpadu dalam bahan dengan mata pela-jaran
lain
3) terpadu dalam evaluasi belajar
48. Berikut ini ciri pembelajaran komunikatif
....
1) belajar bahasa adalah belajar komunikasi
2) belajar bahasa bersifat kontekstual
3) makna lebih penting daripada struktur
49. Bahan pembelajaran kebahasaan mencakup ....
1) lafal, ejaan, dan tanda baca
2) kosakata dan struktur
3) paragraf dan wacana
50. Berikut ini merupakan syarat penyusunan
langkah-langkah pembelajaran ....
1) terperinci, sistematis, efisien, dan efektif
2) menunjang pencapaian tujuan khusus
pembelajaran
3) menunjang pencapaian beraneka ragam kegaitan
berbahasa
No comments:
Post a Comment