Cloud Hosting Indonesia

03 April, 2014

Soal pendidikan bahasa dan sastra kelas rendah



LATIHAN MANDIRI
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA KELAS RENDAH
(PGSD2205)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 46,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Secara garis besar pemerolehan bahasa anak dapat dinyatakan dalam dua kata kunci, yaitu keterampilan ....       
A.   apresiasi dan produksi
B.   produksi dan komprehensi
C.   produktif dan reseptif
D.   aktif dan pasif

2.   Bahasa yang mula-mula dikenal dan dikuasai anak sebagai sarana komunikasi verbal sejak dia bayi adalah ....    
A.   bahasa Indonesia
B.   bahasa daerah
C.   bahasa kedua
D.   bahasa pertama
     
3.       Setahun sudah Seno hidup bersama ayahnya di Amerika. Luar biasa! Dia sangat fasih berbahasa Inggris, di samping berbahasa Indonesia. Sebelumnya ia tinggal di Jakarta dan tidak bisa berbahasa Inggris sama sekali. Kini umurnya lima tahun.
Berdasarkan informasi di atas, keterampilan Seno dalam berbahasa Inggris dalam istilah pemerolehan bahasa disebut ....
A.   bahasa kedua
B.   bahasa pertama
C.   bahasa daerah
D.   bahasa ibu

4.   Fajar kini berusia 3 tahun. Pada usia tersebut ia sudah mampu memahami rentetan per-tanyaan yang diajukan ibunya. Informasi ter-sebut menunjukkan bahwa Fajar berada pada tahap ....
A.   paralinguistik
B.   satu kata
C.   banyak kata
D.   dua kata

5.   Bagian otak yang memberikan isyarat tang-gapan bahasa disebut ....
A.   Wernicke
B.   daerah motor
C.   sistem syaraf pusat
D.   brocca
6.   Anak yang berintelegensi tinggi dan rendah memiliki peluang sukses dalam memperoleh suatu bahasa. Perbedaannya terletak pada ....
A.   kecepatan dan kreativitas
B.   kesiapan mental
C.   fasilitas
D.   lingkungan belajar

7.   Lingkungan sosial dalam pemerolehan ba-hasa dapat berperan sebagai ...
A.   repertorium pemerolehan bahasa
B.   wadah atau alat
C.   pemberian isi dan muatan
D.   tempat berlangsungnya komunikasi

8.   Kemampuan anak untuk memproduksi benda atau peristiwa tertentu dengan menggunakan kata atau tuturan disebut strategi ....
A.   menghapal
B.   mengingat
C.   meniru
D.   mengalami langsung

9.   Yang dinyatakan di bawah ini adalah apa   yang disampaikan komunikator kepada komu-nikan dalam peristiwa komunikasi, kecuali ....
A.   soliloqui
B.   ide
C.   perasaan
D.   informasi/pesan

10.   Salah satu karakteristik keunikan komunikasi terletak pada ....
A.   komunikasi bersifat timbal balik
B.   komunikasi memperkaya pengetahuan dan pengalaman manusia
C.   pengalaman komunikasi yang telah ter-jadi tak dapat diulang
D.   pengalaman komunikasi dapat diserap indera manusia melalui simbol-simbol

11.   Yang disebutkan di bawah ini merupakan contoh fungsi interaksional, kecuali ....
A.   sapaan
B.   bujuk rayu
C.   basa-basi
D.   tanggapan



12.   Penyuluhan, pemberian pelajaran, tukar menukar berita, dan sarasehan dalam komu-nikasi termasuk ke dalam fungsi ....
A.   instrumental
B.   interaksional
C.   heuristik
D.   informatif

13.   Mengapa penyakit sapi gila berbahaya bagi manusia, Bu? Tanya Didi kepada Bu Ani. Pertanyaan tersebut dalam peristiwa komu-nikasi berfungsi ....
A.   interaksional
B.   informatif
C.   heuristik
D.   imajinatif

14.      Perhatikan teks di bawah ini
Suara langkah di luar kamarku. Siapakah yang berjalan-jalan di luar kamarku setiap malam, seakan ia selalu terjaga dan men-jagaku langkahnya halus tenggelam bagai dibawa angin. Namun meninggalkan jejak yang dalam di hatiku aku sering ingin menam-pakkan keluar membuka pintu dan membiar-kan hatiku menemuinya sesungguhnya aku sangat malu telah lama aku tak mengun-dangnya masuk.
Jika kita perhatikan teks di atas termasuk dalam fungsi komunikasi ....
A.   personal
B.   imajinatif
C.   informatif
D.   interaksional

15.   Suatu proses kegiatan mental yang dilakukan oleh penerima pesan (komunikan) dalam memahami pesan yang disampaikan oleh pihak penyampai (komunikator) adalah ....
A.   interfering
B.   encoding
C.   transmiting
D.   decoding

16.   Tempat, waktu, dan situasi yang melatari komunikasi disebut ....
A.   konteks
B.   bahan
C.   interferensi
D.   saluran






17.     Kemenangan pebulu tangkis Indonesia Taufik   Hidayat atas pebulu tangkis Korea pada Olimpiade Athena 2004 menjadi bahan pembicaraan hangat pada jam-jam istirahat di dalam kelas. Ramainya pembicaraan mereka mengundang kehadiran pak Joni guru olah raga. “Hidup Taufik, hidup Taufik, hidup Tahufik!”, seru mereka sambil mengacung-acungkan tangan membentuk huruf V. Kenapa sih kok gaduh amat? Tanya Pak Joni. Di antara mereka terlihat Koko, si juara bulu tangkis sekolah. “Hayo Koko tunjukkan bahwa dirimu bukan hanya jago kandang!”, sambung Pak Joni. “Baik Pak!”, jawab Koko dengan wajah sedikit memerah mendengar tantangan gurunya.
Dari percakapan teks di atas yang berperan  sebagai komunikan adalah berikut ini, kecuali  ....
A.   para siswa
B.   Taufik Hidayat
C.   Koko
D.   Pak Joni

18.   Situasi yang digambarkan oleh percakapan soal no. 17 di atas adalah ....
A.   situasi resmi di luar kelas
B.   situasi tak resmi
C.   situasi campuran (resmi tak resmi)
D.   situasi santai istirahat

19.   Jika dilihat dari lambang yang digunakan, percakapan soal no. 17 di atas ditemukan lambang nonverbal yaitu ....
A.   acungan lengan para siswa dan wajah Koko yang memerah
B.   pertanyaan pak Joni
C.   jawaban Koko
D.   kata-kata seruan

















20.   Pada saat guru menerangkan, Adi dan Kiki yang duduk di bangku bagian belakang asyik mengobrol berdua. Rupanya tidak hanya sekali saja pak guru mengetahui perbuatan mereka berdua, dengan nada tinggi pak guru berseru “Adi dan Kiki harap keluar dari kelas ini, saya hitung sampai tiga, satu …, dua …, tiga …,! Kalau tidak mau keluar kalian atau saya yang keluar biar kamu berdua yang mengajar teman kalian, keluar! Sekali lagi hayo keluar! Perintah guru dengan nada keras sambil mengacung-acungkan telunjuk menga-rah keluar ruangan kelas.
        Salah satu contoh unsur paralinguistik pada teks di atas adalah ....
A.   perintah guru pada saat menyuruh Adi dan Kiki keluar ruangan kelas
B.   acungan telunjuk guru pada saat menyuruh Adi dan Kiki keluar ruangan kelas
C.   nada tinggi perintah guru menyuruh Adi dan Kiki keluar ruangan kelas
D.   amarah dan kekesalan guru melihat Adi dan Kiki asyik mengobrol

21.   Tanpa kehadiran pesan nonverbal, pesan yang disampaikan secara verbal dapat ber-lawanan dengan pesan verbal sehingga me-munculkan ....
A.   kekacauan
B.   kerancuan
C.   kesalahan
D.   kebingungan

22.   Pemilihan materi pembelajaran bahasa dan cara-cara pengajarannya mengingatkan kita pada pengertian ....
A.   metode
B.   teknik
C.   strategi
D.   pendekatan

23.   Melalui nyanyian “Ular Naga” guru melakukan aktivitas dengan mendongeng, siswa ber-tanya jawab dengan guru, dan para siswa memperagakan formasi ular naga yang se-dang berjalan. Dalam pembelajaran tersebut guru menerapkan ....
A.   pendekatan pembelajaran
B.   strategi pembelajaran
C.   teknik pembelajaran
D.   metode pembelajaran



24.   Bilamana seorang guru bahasa Indonesia mau menjelaskan istilah kloning dengan menunjukkan gambar-gambar, jenis-jenis hasil kloning, dan membawakan teks-teks berisi kloning, maka guru tersebut meng-gunakan bahan pembelajaran ....
A.   korelasional
B.   terpadu
C.   bermakna
D.   kontekstual

25.   Pembelajaran yang melibatkan disiplin ilmu lain disebut ….
A.   pembelajaran terprogram
B.   pembelajaran terpadu
C.   pembelajaran terpadu lintas kurikulum
D.   pembelajaran keterampilan proses

26.   Pada suatu saat Pak Tono guru kelas dua sekolah dasar mengajarkan bahasa Indonesia dengan tema: lingkungan alam dan dengan kompeteni dasar: menyimak serta menang-gapi gambar. Gambar yang ditujukkan Pak Tono adalah fenomena alam, yaitu hujan. Setelah bercerita prihal hujan, Pak Tono bertanya jawab dengan murid-muridnya. Pada akhir pelajaran Pak Tono bersama para murid menyanyikan lagu yang liriknya berkisah tentang hujan (Tik-tik bunyi hujan di atas genting/airnya turun tidak terkira/cobalah tengok dahan dan ranting/pohon dan kebun basah semua).
        Teks di atas mencerminkan pengertian ....
A.   pembelajaran terpadu
B.   pembelajaran terpadu lintas materi
C.   pembelajaran tuntas
D.   pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa

27.   Belajar bahasa bukanlah belajar tentang ba-hasa, melainkan belajar untuk mengaktifkan empat keterampilan berbahasa, yaitu: menyi-mak, berbicara, membaca, dan menulis. Hal tersebut sejalan dengan hakikat belajar ba-hasa bahwa belajar bahasa adalah  ....
A.   belajar menggunakan bahasa
B.   belajar keterampilan berbahasa
C.   belajar berkomunikasi
D.   belajar simbol kebahasaan






28.   Pembelajaran bahasa yang dilaksanakan se-cara terpisah antara keterampilan, kebaha-saan, dan agama bersifat ....
A.   integrated
B.   diskret
C.   parsial
D.   fungsional

29.   Definisi pembelajaran adalah aktivitas bela-jar-mengajar ....
A.   untuk mencapai tujuan khusus pembe-lajaran
B.   yang mencakup kebahasaan, penggu-naan, dan pemahaman
C.   yang dilakukan di kelas
D.   yang dilakukan secara formal

30.   Kegiatan guru dalam menjabarkan materi pembelajaran menjadi kegiatan belajar secara terperinci dan sistematis yang diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran disebut sebagai ....
A.   perancangan pembelajaran
B.   pengembangan pembelajaran
C.   perencanaan pembelajaran
D.   pelaksanaan pembelajaran

31.   Tema dalam pembelajaran bahasa di kelas rendah berfungsi sebagai ....
A.   pengembangan dan perluasan kosakata serta pemersatu kegiatan berbahasa
B.   pengembangan kemampuan bahasa dan keterampilan berbahasa, serta apresiasi sastra
C.   pengembangan kemampuan kebahasaan, pemahaman, dan penggunaan
D.   pengembangan empat keterampilan ber-bahasa yang meliputi menyimak, berbi-cara, membaca, dan menulis

32.   Dalam pengajaran bahasa yang memadukan seluruh aktivitas belajar para siswa sehingga mendapatkan keterampilan berbahasa kom-prehensif disebut ....
A.   tema
B.   topik
C.   unit
D.   kompetensi

33.   Yang disebut di bawah ini adalah contoh pem-belajaran berbicara di kelas rendah, yaitu ....
A.   guru memperlihatkan gambar disertai kata untuk dibaca oleh para siswa
B.   guru bercerita dan para siswa menuliskan kata-kata atas perintah guru
C.   guru mengajak para siswa untuk menge-nali suatu benda sambil sesekali mene-rangkannya
D.   guru memperlihatkan gambar dan para siswa diminta bercerita perihal gambar tersebut

34.   Mengawali mata pelajaran sastra untuk kelas dua Sekolah Dasar, Pak Beni memper-dengarkan lagu yang berjudul Bunga dengan lirik: Bunga, bunga di dalam taman/beraneka warna untuk kenangan/kupetik bunga untuk kenangan/untuk ibu dan handai tolan. Murid diminta menyimak dan menuliskan arti kata-kata yang tidak mereka pahami. Selesai memperdengarkan dan menjelaskan lirik lagu; Pak Beni menyanyikannya sambil menari. Beberapa orang murid diminta untuk memperagakan kembali lagu yang telah dinyanyikan Pak Beni dan menceritakan apa saja bunga-bunga yang terdapat di lingkungan mereka.
        Dari informasi di atas selain nilai kesastraan, terangkum pula keterampilan-keterampilan ....
        A.   menyimak, membaca, menulis, dan ber-bicara
B.   menyimak, menulis, dan pengetahuan ba-hasa
C.   menyimak, menulis, pengetahuan ba-hasa, dan berbicara
        D.   menyimak, menulis, dan berbicara

35.   Di papan tulis guru menempelkan kertas yang bergambar dan bertuliskan cecak. Murid-murid diminta membaca kata cecak dengan lafal dan intonasi yang benar. Setelah membaca kata cecak dengan lafal dan intonasi yang tepat, para murid bertanya jawab dengan guru mengenai ciri dan makanan cecak. Sebagai penutup, murid-murid bersama guru menyanyikan: cecak-cecak di dinding, diam-diam merayap, datang seekor nyamuk, hap lalu ditangkap.
        Pembelajaran di atas termasuk ....
A.   membaca terpadu
B.   menyimak terpadu
C.   berbicara terpadu
D.   menulis terpadu







36.   Hari sudah agak siang. Untuk mengusir rasa lelah dan kantuk, Pak Ahmad bercerita tentang Si Malin Kundang. Adapun pada saat itu Pak Ahmad mengajarkan bahasa Indo-nesia dengan tema: Keluarga dengan kom-petensi dasar: mendengarkan dongeng dan menjawab pertanyaan. Dari dongeng tersebut Pak Ahmad menonjolkan nilai-nilai moralnya, yaitu: bila anak durhaka terhadap ibu akan mendapatkan celaka.
Informasi di atas menggambarkan contoh pembelajaran ….
A.   terpadu dalam tujuan
B.   terpadu lintas kurikulum
C.   terpadu dalam wadah pembelajaran
D.   terpadu dalam kegiatan belajar

37.   Metode Membaca Menulis Permulaan (MMP) yang diawali dengan memperkenalkan sebuah kalimat utuh pada anak disebut metode ....
A.   Struktural Analitis Sintetis (SAS)
B.   global
C.   kata
D.   ejaan

38.   Contoh berikut ini merupakan penerapan metode eja ....
bola
 
A.   eb  o  - el  a
      eb  u  - ed  i
B.   ku – ku            kuku
      ba – bi             babi
budi
 
C.   bu       dibaca  be  u   menjadi bu
      di        dibaca  de  l  menjadi  di
D.   ini bola
      i n i   b o l a
      i- ni   bo-la
      i-n-i   b-o-l-a

39.   Metode bunyi dapat kita temukan pada contoh berikut ini ....
tahu
 
A.   et   a           ta
      eh  u           hu
B.   a – dei ka menjadi dik           adik
Tuti
 
C.   tu – et u menjadi tu
      ti – et i menjadi ti
batu
 
D.   ba – eb a menjadi ba
      Tu – et u menjadi tu
     





40.   Membaca Menulis Permulaan (MMP) dalam penerapan metode suku kata dan kata pada Membaca Menulis Permulaan (MMP) kelas II Sekolah Dasar dapat kita temukan ....
A.   kau u            ku
kuku kaki
 
      ka   u            ku
      ka   a            ka
      ka   i             ki
beca
 
B.   eb e             ka
beca baru
 
      ec a             ca
baru
 
      eb a             ba
      er u              ru
C.   ini  baju
      i n i   b a j u
      i-ni    ba-ju
      i-n-i   b-a-j-u
buka buku
 
D.   bu-ka
      bu-ku

41.   Bu Eni baru saja mengikuti pelatihan mengenai Membaca Menulis Permulaan (MMP). Salah satu metode yang menarik perhatian Bu Eni adalah metode global. Berikut ini terdapat bermacam-macam model penyajian materi MMP. Contoh model untuk mengajarkan MMP dengan metode global yang manakah yang dipilih bu Eni ....
A.   ini meja budi
      i n i   m e j a   b u d i
      i- ni me-ja bu-di
      i-n-i m-e-j-a b-u-d-i
B.   i-en- i          ini
      em e           me; eja      eja      ja       meja
      eb u            bu; edi       di         budi
      ini meja budi
C.                              ini meja budi
                                 ini  meja    budi
                                 i-ni  me-ja  bu-di
                                 i-n-i  m-e-j-a  b-u-d-I
D.   i en i   ni       ini   
      em  e – me
      je  a – ja
      be  u    bu
      de  i     di











42.   Penerapan metode SAS dalam Membaca Menulis Permulaan (MMP) terdapat pada contoh ....
mana
 
A.   em  a        ma
      en   a        na
B.   mana mama
      mana   mama
      ma   na   ma   ma
      m  a  n  a      m  a  m  a
      ma  na   ma  ma
      mana   mama
      mana mama
buku
 
C.   be  u         bu
      ka  a          ku
D.   da   -  da
      da   -  du

43.   Sebelum mengajar di kelas, seorang guru melakukan persiapan, dengan cara menyusun aspek-aspek pembelajaran mulai dari tujuan, materi, langkah-langkah pembelajaran, sam-pai pada evaluasi. Kegiatan guru semacam itu disebut ....
A.   mempersiapkan pengajaran
B.   merencanakan pembelajaran
C.   menyusun pembelajaran
D.   merancang pembelajaran

44.   Sebelum menyusun rancangan pembelajaran, kegiatan seorang guru tertera sebagai berikut, kecuali ....
A.   mempersiapkan media pembelajaran
B.   menetapkan tujuan yang ingin dicapai
C.   memilih dan menetapkan materi pem-belajaran
D.   menetapkan metode dan merancang penilaian

45.   Dari tujuan: “Siswa mampu menulis kata-kata dan kalimat sederhana dan membaca dengan lafal dan intonasi yang wajar.” Dapat ditu-runkan rumusan TIK berikut ini kecuali ....
A.   siswa dapat menulis kata-kata sederhana
B.   siswa dapat bercerita mengenai ling-kungan alam sekitarnya
C.   siswa dapat menulis kalimat sederhana yang mengandung kosakata nama diri
D.   siswa dapat membaca kata atau kalimat sederhana yang mengandung kosa kata diri dengan lafal dan intonasi yang tepat






46.   Berikut ini merupakan metode-metode khusus pengajaran bahasa , kecuali ....
A.   metode langsung
B.   metode tata bahasa
C.   metode terjemahan
D.   metode bercerita

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   47   SAMPAI   50,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
47.   Dengan menggunakan lirik lagu yang berjudul Kasih Ibu (Kasih Ibu kepada beta tak terhingga sepanjang massa hanya memberi tak harap kembali bagaikan surya menyinari dunia), seorang guru dapat mengajarkan seni suara, nilai budi pekerti, nilai pendidikan moral, kosakata, sekaligus seni sastra kepa-da anak. Jika kita cermati, cara-cara yang dilakukan guru tersebut dapat dikategorikan sebagai pengajaran terpadu. Keterpaduannya terletak pada ....
1)   terpadu dalam tujuan dan kegiatan belajar
2)   terpadu dalam bahan dengan mata pela-jaran lain
3)   terpadu dalam evaluasi belajar

48.   Berikut ini ciri pembelajaran komunikatif ....
1)   belajar bahasa adalah belajar komunikasi
2)   belajar bahasa bersifat kontekstual
3)   makna lebih penting daripada struktur

49.   Bahan pembelajaran kebahasaan mencakup ....
1)   lafal, ejaan, dan tanda baca
2)   kosakata dan struktur
3)   paragraf dan wacana

50.   Berikut ini merupakan syarat penyusunan langkah-langkah pembelajaran ....
1)   terperinci, sistematis, efisien, dan efektif
2)   menunjang pencapaian tujuan khusus pembelajaran
3)   menunjang pencapaian beraneka ragam kegaitan berbahasa

No comments:

Post a Comment