Cloud Hosting Indonesia

03 April, 2014

Soal PPKN PGSD2301



LATIHAN MANDIRI
PPKN
(PGSD2301)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 40 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Kewarganegaraan merupakan program pendidikan tentang hak dan kewajiban warga negara, sedangkan kewarganegaraan adalah ....   
A.   pemahaman teoritis Pancasila
B.   perwujudan nilai dan moral Pancasila
C.   pengembangan konsep kewarganegara
D.   status formal warga negara

2.   Dalam kurikulum 1994 terdapat mata pelajaran “Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan”, bila dikaitkan dengan kurikulum sebelumnya mata pelajaran PPKn merupakan ....      
A.   pengkajian nilai-nilai Pancasila
B.   perwujudan perilaku nyata
C.   perpaduan seluruh aspek pribadi
D.   kepanduan konsep pendidikan moral Pancasila dengan Pendidikan Kewarga-negara
     
3.   Siswa dapat mengemukakan berbagai contoh perbuatan dalam kehidupan yang sesuai dengan nilai-nilai lingkungannya, merupakan tujuan PPKn Sekolah Dasar (DS) kelas ....
A.   1 (satu)
B.   2 (dua)
C.   3 (tiga)
D.   4 (empat)

4.   Yang dimaksud dengan paedagogy, adalah ....
A.   proses pembelajaran
B.   ilmu mendidik
C.   perilaku moral
D.   pengendalian diri

5.   Pendekatan yang cocok untuk mengajarkan fakta, konsep dan generalisasi mengenai gejala sosial masa lampau dan saat ini dalam berbagai tempat adalah ....
A.   disiplin akademis
B.   pendidikan hukum
C.   berpikir kritis
D.   perkembangan moral

6.   Pendekatan yang digunakan untuk menyegar-kan nilai yang dianggap sudah seharusnya diterima karena kebenarannya tidak perlu diragukan, adalah termasuk ....
A.   transmisi nilai bebas
B.   penanaman moral
C.   teladan
D.   klasifikasi

7.   Dokumen tertulis dipandang sebagai baju yang harus dipakai terlepas dari cukup tidaknya atau sesuai tidaknya, merupakan fungsi GBPP sebagai ....
A.   progressively modifiable plan
B.   recipe
C.   guide line
D.   straight - jacket

8.   Menenamkan sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang didasarkan kepada nilai-nilai Pancasila, merupakan ....
A.   tuuan PPKn
B.   fungsi PPKn
C.   ruanglingkup PPKn
D.   prinsip PPKn

9.   Suatu kata atau pernyataan yang bernuansa abstrak yang dapat digunakan untuk mengelompokkan benda, ide, atau peristiwa, disebut ....
A.   konsep
B.   norma
C.   nilai
D.   moral

10.   Aturan perilaku yang berlaku dalam masyarakat, disebut ....
A.   nilai
B.   moral
C.   norma
D.   konsep

11.   Rambu-rambu atau petunjuk hidup yang mengatur perilaku manusia dalam masyarakat, disebut ....
A.   konsep
B.   nilai
C.   moral
D.   norma
12.   Pertanyaan berikut merupakan konsep dari pokok bahasan tolong menolong, yaitu ....
A.   suasana hubungan sosial dalam hidup bermasyarakat
B.   suatu keadaan lingkungan
C.   keadaan jasmani dan rohani
D.   kualitas pribadi seseorang

13.   Pertanyaan berikut merupakan contoh kemampuan dasar yang terkait konsep, adalah ....
A.   penguasaan tentang manfaat kejujuran
B.   pengenalan bentuk kejujuran
C.   pemahaman tentang kejujuran
D.   pengertian istilah kejujuran

14.   Contoh kemampuan dasar yang terkait nilai adalah ....
A.   pengertian istilah kasih sayang
B.   pemahaman tentang kasih sayang
C.   penerimaan makna kasih sayang
D.   pengenalan bentuk kasih sayang

15.   Contoh kemampuan dasar terkait dengan moral, adalah ....
A.   penguasaan terhadap perilaku masyarakat
B.   pemahaman terhadap perilaku individu
C.   pemenuhan aturan perilaku sehari-hari
D.   pengenalan aturan perilaku sehari-hari

16.   Contoh kemampuan dasar yang terkait dengan norma, adalah ....
A.   perilaku sesuai norma
B.   pengetahuan tentang norma
C.   keterikatan pada norma
D.   pengenalan macam norma

17.   Pendekatan yang digunakan dalam mengajarkan nilai yang sudah dianggap sudah seharusnya diterima karena kebenarannya tidak perlu lagi diragukan, adalah ....
A.   transmisi nilai
B.   penanaman nilai bebas
C.   suri teladan
D.   perkembangan moral

18.   Berikut langkah kedua dalam pendekatan transmisi nilai bebas, adalah ....
A.   penjelasan konsep, nilai, moral dan norma dari materi pembelajaran
B.   penampilan hasil pilihan nilai individual dan pemberiak penguatan individual
C.   pemberian fasilitas individual untuk mengkaji dan memilih nilai yang diterima-nya
D.   interaksi dialogis guru-siswa mengenai tuntutan perilaku yang perlu dikembang-kan

19.   Langkah pertama dalam pendekatan suri teladan, adalah ....
A.   penguatan terhadap nilai-nilai yang dipilih untuk diadopsi oleh siswa
B.   penyajian informasi mengenai riwayat hidup, pidato, kata mutiara
C.   penjelasan tentang konsep, nilai dan norma materi pembelajaran
D.   interaksi dialogis guru-siswa mengenai tuntutan perilaku

20.   Pendekatan yang digunakan untuk mengajarkan nilai melalui kajian dan penalaran moral dan penelitian nilai, adalah ....
A.   penanaman nilai
B.   transmisi nilai
C.   klarifikasi nilai
D.   suri teladan

21.   Pendekatan perkembangan moral membuat suasana kelas cenderung bersifat ....
A.   dominatif
B.   reflektif
C.   integratif
D.   persuasif

22.   Pendekatan yang bertujuan menggugah perasaan siswa dalam memahami nilai yang akan ditanamakan, adalah pendekatan ....
A.   penenaman nilai
B.   perkembangan moral
C.   emosional
D.   rasional

23.   Berbudi pekerti luhur, kesehatan jasmani dan rohani serta mandiri, merupakan dimensi ....
A.   spiritual
B.   intelektual
C.   personal
D.   sosial






24.   Warga negara ialah mereka yang berdasarkan hukum merupakan anggota dari suatu negara, hal tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Kosasih Djahiri
B.   Koentjaraningrat
C.   Notonagoro
D.   Rustandi

25.   Landasan operasional yang menjadi pertimbangan manusia Indonesia dalam berperilaku adalah ....
A.   Ketetapan MPR No. II/MPR/1983
B.   Ketetapan MPR No. III/MPR/1983
C.   Pembukaan UUD 11945
D.   Pancasila

26.   Bila negara dapat terwujud bila dilandasi oleh sebagai berikut, kecuali ....
A.   tekad
B.   sikap
C.   tindakan
D.   kepercayaan

27.   Wawasan Nusantara dapat dilihat dalam Ketetapan MPR RI yaitu ....
A.   Tap MPR No. II/MPR/1993
B.   Tap MPR No. III/MPR/1993
C.   Tap MPR No. I/MPR/1994
D.   Tap MPR No. II/MPR/1994

28.   Untuk tetap memungkinkan berjalannya pembangunan nasional menuju ketujuan yang ingin dicapai maka pembangunan nasional diselenggarakan melalui pendekatan ....
A.   keamanan
B.   ketahanan nasional
C.   politik
D.   hukum

29.   Strategi adalah rancangan yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus, sedangkan metode adalah ....
A.   cara yang digunakan oleh guru untuk mengolah informasi
B.   teknik dalam proses kegiatan belajar mengajar
C.   prosedur yang digunakan guru dalam proses belajar
D.   taktik dalam menyampaikan materi pada siswa

30.   Ilmu yang memberi petunjuk-petunjuk umum untuk mengajar dan berlaku untuk segala pelajaran dalam mata pelajaran apa pun, disebut ....
A.   strategi
B.   teknik
C.   didaktif
D.   metodik

31.   Ilmu yang menguraikan tentang cara mengajar untuk setiap mata pelajaran disebut ....
A.   didaktif umum
B.   strategi khusus
C.   teknik umum
D.   metodik khusus

32.   Pertanyaan berikut merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengawali pembelajaran menurut Udin S. Winataputra, kecuali ....
A.   menarik perhatian murid
B.   mengaktifkan murid
C.   menimbulkan motivasi guru
D.   membuat kaitan materi

33.   Langkah ketiga dalam menetapkan model klarifikasi nilai, adalah ....
A.   membuat topik
B.   menentukan tindakan
C.   mengambil keputusan
D.   menyusun laporan

34.   Menurut Rothwell, interpretasi tentang situasi khusus disebut ....
A.   intropeksi
B.   persepsi
C.   validasi
D.   retensi

35.   Berikut merupakan model umum mengenai pendidikan tutorial menurut Simon, Howe dan Kenchebaun, yaitu ....
A.   Asimitasi
B.   Akomodasi
C.   Equalibrasi
D.   Klarifikasi

36.   Menurut Piaget, tahap membenahi, menampung atau menyusun tahapan pembelajaran yang ada, disebuit ....
A.   asimilasi
B.   akomodasi
C.   equalibrasi
D.   klarifikasi

37.   Ciri pokok dari tahap operasional konkret, menurut Piaget adalah ....
A.   mulai peran dewasa
B.   berpikir masa depan
C.   perkembangan bahasa
D.   melihat pandangan lain

38.   Menurut Bloom, kemampuan untuk mengiris-iris sesuatu bahan ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil guna memahami isinya, disebut ....
A.   application
B.   analytis
C.   synthesis
D.   comprehension

39.   Teori yang mengembangkan konsep untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah-masalah yang ada di sekitar siswa, disebut ....
A.   psikologi daya
B.   psikologis humanis
C.   kognitif dan gestalt
D.   stimulus-respon
     
40.   Prinsip yang mengandung arti bahwa hak-hak perorangan harus dilindungi selama berlangsungnya proses pendidikan, merupakan prinsip ....
A.   rujukan etis
B.   peranan pendidikan
C.   memberi kemudahan perkembangan
D.   menciptakan disequalibrasi


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 41 SAMPAI   60 PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
41.   Pertanyaan berikut merupakan istilah PKn sebelum kurikulum 1994, yaitu ....
1)   tata hukum dan pengetahuan umum
2)   civics dan hukum
3)   ilmu pengetahuan sosial

42.   PPKn dinilai sebagai mata pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai dan moral, alasannya adalah ....
1)   materi PPKn adalah konsep-konsep nilai Pancasila dan UUD 19445
2)   sasaran belajar akhir PPKn adalah perwujudan nilai-nilai dalam perilaku nyata
3)   proses pembelajaran menuntut terlibatnya emosional, intelektual dan sosial dari peserta didik

43.   Fungsi pendidikan Pancasila dan kewarga-negara SD adalah ....
1)   melestarikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
2)   membina siswa yang sadar akan hak dan kewajibannya
3)   membina murid agar memahami dan menyadari hubungan antara sesama anggota keluarga, masyarakat dan sekolah

44.   Ruang lingkup dan cakupan PPKn adalah ....
1)   nilai, moral dan norma bangsa Indonesia
2)   perilaku yang terwujud dalam kehidupan bermasyarakat
3)   kehidupan ipokksosbudhankan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

45.   Langkah-langkah yang ditempuh dalam merumuskan tujuan khusus adalah ....
1)   merumuskan secara rinci pokok bahasan yang akan diberikan
2)   mengkaji dengan cermat rumusan tujuan PPKn suatu kelas
3)   mengkaji dengan cermat makna suatu konsep nilai yang akan dikembangkan beserta rambu-rambu uraian materinya

46.   Pengalaman belajar adalah apa yang seyogyanya dilakukan oleh siswa untuk menguraikan materi, seperti ....
1)   bercerita
2)   berlatih
3)   mengamati

47.   Yang dimaksud dengan pengorganisasian pengalaman belajar PPKn SD adalah ....
1)   menyusun urutan materi dan kegiatan
2)   memilih media dan sumber belajar
3)   menetapkan strategi pembelajaran

48.   Evaluasi dalam pembelajaran PPKn harus dilakukan pada ....
1)   selama proses pembelajaran
2)   akhir pembelajaran
3)   awal pembelajaran

49.   Sesuatu dapat dipandang memiliki nilai apabila ....
1)   secara instrinsik berharga
2)   membangkitkan timbulnya penghargaan
3)   mengatur perilaku individu

50.   Contoh analisis muatan materi dengan pokok bahasan keserasian adalah sebagai berikut ....
1)   mengetahui perlunya hidup yang seimbang dalam berbgai kehidupan sehari-hari
2)   membiasakan melakukan kegiatan dengan bebas sesuai aturan
3)   membiarkan belajar, bekerja serta berdoa dilaksanakan secara selaras

51.   Berikut merupakan cara pandang integralistik Indonesia dibidang perekonomian, yaitu ....
1)   perekonomian disusun sebagai usaha bersama
2)   cabang produksi yang penting dikuasai swasta
3)   perekonomian disusun atas kekeluargaan

52.   Hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan ....
1)   manusia Indonesia seutuhnya
2)   seluruh masyarakat Indonesia
3)   yang merata untuk seluruh masyarakat

53.   Aspek Trigatra meliputi ....
1)   letak geografis pada posisi silang
2)   keadaan dan kemampuan penduduk
3)   keadaan dan kekayaan alam

54.   Ciri-ciri yang menjadi sasaran pendidikan pendahuluan bela negara (PPBN), adalah ....
1)   yakin akan kebenaran kebangkitkan nasional
2)   sadar berbangsa dan bernegara Indonesia
3)   memiliki kemampuan awal bela negara

55.   Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih strategi pembelajaran menurut Robert Davis, adalah ....
1)   Tujuan Instruksional Khusus
2)   keadaan guru
3)   karakteristik pengajaran

56.   Salah satu tujuan instruksional yang mempengaruhi pemilihan strategi pembelajaran adalah TIK tentang penerimaan pengetahuan yang berupa ....
1)   fakta
2)   keterampilan
3)   konsep

57.   Penggunaan metode tanya-jawab dinilai sebagai metode yang cukup wajar, apabila dimaksudkan untuk ....
1)   meninjau pelajaran yang telah lalu
2)   menyelangi pembicaraan agar tetap mendapat perhatian murid
3)   mengarahkan pengamatan murid

58.   Dasar rangka mengakhiri kegiatan pelajaran sebaiknya guru mengarahkan evaluasi penguasaan murid, yang dapat dilakukan melalui ....
1)   pertanyaan lisan secara sampel
2)   tes individual secara tertulis
3)   tulisan murid dalam buku catatan

59.   Pertanyaan berikut merupakan ciri dan sifat stereo typed menurut penelitnan dinegara bagian Arizona Amerika Serikat, yaitu ....
1)   berorientasi pada citra tertentu terntang baik buruk
2)   berorientasi pada persetujuan dan penerimaan orang lain
3)   mengekspresikan pertimbangan tidak realistik

60.   Pertanyaan berikut merupakan indikator-indikator afektif menurut Kosasih Djahiri, yaitu ....
1)   emosi
2)   kecintaan
3)   keyakinan

No comments:

Post a Comment