LATIHAN MANDIRI
PPKN
(PGSD2301)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 40 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Kewarganegaraan
merupakan program pendidikan tentang hak dan kewajiban warga negara, sedangkan
kewarganegaraan adalah ....
A. pemahaman teoritis Pancasila
B. perwujudan nilai dan moral
Pancasila
C. pengembangan konsep kewarganegara
D. status formal warga negara
2. Dalam kurikulum
1994 terdapat mata pelajaran “Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan”, bila
dikaitkan dengan kurikulum sebelumnya mata pelajaran PPKn merupakan ....
A. pengkajian nilai-nilai Pancasila
B. perwujudan perilaku nyata
C. perpaduan seluruh aspek pribadi
D. kepanduan konsep pendidikan moral
Pancasila dengan Pendidikan Kewarga-negara
3. Siswa dapat mengemukakan berbagai
contoh perbuatan dalam kehidupan yang sesuai dengan nilai-nilai lingkungannya,
merupakan tujuan PPKn Sekolah Dasar (DS) kelas ....
A. 1 (satu)
B. 2 (dua)
C. 3 (tiga)
D. 4 (empat)
4. Yang dimaksud
dengan paedagogy, adalah ....
A. proses pembelajaran
B. ilmu mendidik
C. perilaku moral
D. pengendalian diri
5. Pendekatan yang
cocok untuk mengajarkan fakta, konsep dan generalisasi mengenai gejala sosial
masa lampau dan saat ini dalam berbagai tempat adalah ....
A. disiplin akademis
B. pendidikan hukum
C. berpikir kritis
D. perkembangan moral
6. Pendekatan yang digunakan untuk
menyegar-kan nilai yang dianggap sudah seharusnya diterima karena kebenarannya
tidak perlu diragukan, adalah termasuk ....
A. transmisi nilai bebas
B. penanaman moral
C. teladan
D. klasifikasi
7. Dokumen
tertulis dipandang sebagai baju yang harus dipakai terlepas dari cukup tidaknya
atau sesuai tidaknya, merupakan fungsi GBPP sebagai ....
A. progressively modifiable plan
B. recipe
C. guide line
D. straight - jacket
8. Menenamkan sikap dan perilaku dalam kehidupan
sehari-hari yang didasarkan kepada nilai-nilai Pancasila, merupakan ....
A. tuuan PPKn
B. fungsi PPKn
C. ruanglingkup PPKn
D. prinsip PPKn
9. Suatu kata atau pernyataan yang bernuansa
abstrak yang dapat digunakan untuk mengelompokkan benda, ide, atau peristiwa,
disebut ....
A. konsep
B. norma
C. nilai
D. moral
10. Aturan
perilaku yang berlaku dalam masyarakat, disebut ....
A. nilai
B. moral
C. norma
D. konsep
11. Rambu-rambu atau petunjuk hidup yang mengatur
perilaku manusia dalam masyarakat, disebut ....
A. konsep
B. nilai
C. moral
D. norma
12. Pertanyaan berikut merupakan konsep dari
pokok bahasan tolong menolong, yaitu ....
A. suasana hubungan sosial dalam hidup
bermasyarakat
B. suatu keadaan lingkungan
C. keadaan jasmani dan rohani
D. kualitas pribadi seseorang
13. Pertanyaan berikut merupakan contoh kemampuan
dasar yang terkait konsep, adalah ....
A. penguasaan tentang manfaat kejujuran
B. pengenalan bentuk kejujuran
C. pemahaman tentang kejujuran
D. pengertian istilah kejujuran
14. Contoh kemampuan dasar yang terkait nilai
adalah ....
A. pengertian istilah kasih sayang
B. pemahaman tentang kasih sayang
C. penerimaan makna kasih sayang
D. pengenalan bentuk kasih sayang
15. Contoh kemampuan dasar terkait dengan moral,
adalah ....
A. penguasaan terhadap perilaku masyarakat
B. pemahaman terhadap perilaku individu
C. pemenuhan aturan perilaku sehari-hari
D. pengenalan aturan perilaku sehari-hari
16. Contoh kemampuan dasar yang terkait dengan
norma, adalah ....
A. perilaku sesuai norma
B. pengetahuan tentang norma
C. keterikatan pada norma
D. pengenalan macam norma
17. Pendekatan yang digunakan dalam mengajarkan
nilai yang sudah dianggap sudah seharusnya diterima karena kebenarannya tidak
perlu lagi diragukan, adalah ....
A. transmisi nilai
B. penanaman nilai bebas
C. suri teladan
D. perkembangan moral
18. Berikut langkah kedua dalam pendekatan
transmisi nilai bebas, adalah ....
A. penjelasan konsep, nilai, moral dan norma
dari materi pembelajaran
B. penampilan hasil pilihan nilai individual dan pemberiak penguatan
individual
C. pemberian fasilitas individual untuk mengkaji dan memilih nilai
yang diterima-nya
D. interaksi dialogis guru-siswa mengenai tuntutan perilaku yang
perlu dikembang-kan
19. Langkah pertama dalam pendekatan suri teladan, adalah ....
A. penguatan terhadap nilai-nilai yang dipilih untuk diadopsi oleh
siswa
B. penyajian informasi mengenai riwayat hidup,
pidato, kata mutiara
C. penjelasan tentang konsep, nilai dan norma
materi pembelajaran
D. interaksi dialogis guru-siswa mengenai
tuntutan perilaku
20. Pendekatan yang digunakan untuk mengajarkan
nilai melalui kajian dan penalaran moral dan penelitian nilai, adalah ....
A. penanaman nilai
B. transmisi nilai
C. klarifikasi nilai
D. suri teladan
21. Pendekatan perkembangan moral membuat suasana
kelas cenderung bersifat ....
A. dominatif
B. reflektif
C. integratif
D. persuasif
22. Pendekatan yang bertujuan menggugah perasaan
siswa dalam memahami nilai yang akan ditanamakan, adalah pendekatan ....
A. penenaman nilai
B. perkembangan moral
C. emosional
D. rasional
23. Berbudi pekerti luhur, kesehatan jasmani dan
rohani serta mandiri, merupakan dimensi ....
A. spiritual
B. intelektual
C. personal
D. sosial
24. Warga negara ialah mereka yang berdasarkan
hukum merupakan anggota dari suatu negara, hal tersebut dikemukakan oleh ....
A. Kosasih Djahiri
B. Koentjaraningrat
C. Notonagoro
D. Rustandi
25. Landasan operasional yang menjadi
pertimbangan manusia Indonesia dalam berperilaku adalah ....
A. Ketetapan MPR No. II/MPR/1983
B. Ketetapan MPR No. III/MPR/1983
C. Pembukaan UUD 11945
D. Pancasila
26. Bila negara dapat terwujud bila dilandasi
oleh sebagai berikut, kecuali ....
A. tekad
B. sikap
C. tindakan
D. kepercayaan
27. Wawasan Nusantara dapat dilihat dalam
Ketetapan MPR RI yaitu ....
A. Tap MPR No. II/MPR/1993
B. Tap MPR No. III/MPR/1993
C. Tap MPR No. I/MPR/1994
D. Tap MPR No. II/MPR/1994
28. Untuk tetap memungkinkan berjalannya
pembangunan nasional menuju ketujuan yang ingin dicapai maka pembangunan
nasional diselenggarakan melalui pendekatan ....
A. keamanan
B. ketahanan nasional
C. politik
D. hukum
29. Strategi adalah rancangan yang cermat
mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus, sedangkan metode adalah ....
A. cara yang digunakan oleh guru untuk mengolah
informasi
B. teknik dalam proses kegiatan belajar mengajar
C. prosedur yang digunakan guru dalam proses
belajar
D. taktik dalam menyampaikan materi pada siswa
30. Ilmu yang memberi petunjuk-petunjuk umum
untuk mengajar dan berlaku untuk segala pelajaran dalam mata pelajaran apa pun,
disebut ....
A. strategi
B. teknik
C. didaktif
D. metodik
31. Ilmu yang menguraikan tentang cara mengajar
untuk setiap mata pelajaran disebut ....
A. didaktif umum
B. strategi khusus
C. teknik umum
D. metodik khusus
32. Pertanyaan berikut merupakan beberapa hal
yang harus diperhatikan dalam mengawali pembelajaran menurut Udin S.
Winataputra, kecuali ....
A. menarik perhatian murid
B. mengaktifkan murid
C. menimbulkan motivasi guru
D. membuat kaitan materi
33. Langkah ketiga dalam menetapkan model
klarifikasi nilai, adalah ....
A. membuat topik
B. menentukan tindakan
C. mengambil keputusan
D. menyusun laporan
34. Menurut Rothwell, interpretasi tentang
situasi khusus disebut ....
A. intropeksi
B. persepsi
C. validasi
D. retensi
35. Berikut merupakan model umum mengenai
pendidikan tutorial menurut Simon, Howe dan Kenchebaun, yaitu ....
A. Asimitasi
B. Akomodasi
C. Equalibrasi
D. Klarifikasi
36. Menurut Piaget, tahap membenahi, menampung
atau menyusun tahapan pembelajaran yang ada, disebuit ....
A. asimilasi
B. akomodasi
C. equalibrasi
D. klarifikasi
37. Ciri pokok dari tahap operasional konkret,
menurut Piaget adalah ....
A. mulai peran dewasa
B. berpikir masa depan
C. perkembangan bahasa
D. melihat pandangan lain
38. Menurut Bloom, kemampuan untuk mengiris-iris sesuatu bahan ke
dalam bagian-bagian yang lebih kecil guna memahami isinya, disebut ....
A. application
B. analytis
C. synthesis
D. comprehension
39. Teori yang mengembangkan konsep untuk meningkatkan kemampuan
memecahkan masalah-masalah yang ada di sekitar siswa, disebut ....
A. psikologi daya
B. psikologis humanis
C. kognitif dan gestalt
D. stimulus-respon
40. Prinsip yang mengandung arti bahwa hak-hak
perorangan harus dilindungi selama berlangsungnya proses pendidikan, merupakan
prinsip ....
A. rujukan etis
B. peranan pendidikan
C. memberi kemudahan perkembangan
D. menciptakan disequalibrasi
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 41 SAMPAI 60 PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
41. Pertanyaan berikut merupakan istilah PKn
sebelum kurikulum 1994, yaitu ....
1) tata hukum dan pengetahuan umum
2) civics dan hukum
3) ilmu pengetahuan sosial
42. PPKn dinilai sebagai mata pelajaran yang
mengusung misi pendidikan nilai dan moral, alasannya adalah ....
1) materi PPKn adalah konsep-konsep nilai
Pancasila dan UUD 19445
2) sasaran belajar akhir PPKn adalah perwujudan
nilai-nilai dalam perilaku nyata
3) proses pembelajaran menuntut terlibatnya
emosional, intelektual dan sosial dari peserta didik
43. Fungsi pendidikan Pancasila dan
kewarga-negara SD adalah ....
1) melestarikan nilai luhur Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
2) membina siswa yang sadar akan hak dan
kewajibannya
3) membina murid agar memahami dan menyadari
hubungan antara sesama anggota keluarga, masyarakat dan sekolah
44. Ruang lingkup dan cakupan PPKn adalah ....
1) nilai, moral dan norma bangsa Indonesia
2) perilaku yang terwujud dalam kehidupan
bermasyarakat
3) kehidupan ipokksosbudhankan yang berdasarkan
Pancasila dan UUD 1945
45. Langkah-langkah yang ditempuh dalam
merumuskan tujuan khusus adalah ....
1) merumuskan secara rinci pokok bahasan yang
akan diberikan
2) mengkaji dengan cermat rumusan tujuan PPKn suatu
kelas
3) mengkaji dengan cermat makna suatu konsep
nilai yang akan dikembangkan beserta rambu-rambu uraian materinya
46. Pengalaman belajar adalah apa yang seyogyanya
dilakukan oleh siswa untuk menguraikan materi, seperti ....
1) bercerita
2) berlatih
3) mengamati
47. Yang dimaksud dengan pengorganisasian
pengalaman belajar PPKn SD adalah ....
1) menyusun urutan materi dan kegiatan
2) memilih media dan sumber belajar
3) menetapkan strategi pembelajaran
48. Evaluasi dalam pembelajaran PPKn harus dilakukan
pada ....
1) selama proses pembelajaran
2) akhir pembelajaran
3) awal pembelajaran
49. Sesuatu dapat dipandang memiliki nilai
apabila ....
1) secara instrinsik berharga
2) membangkitkan timbulnya penghargaan
3) mengatur perilaku individu
50. Contoh analisis muatan materi dengan pokok
bahasan keserasian adalah sebagai berikut ....
1) mengetahui perlunya hidup yang seimbang dalam
berbgai kehidupan sehari-hari
2) membiasakan melakukan kegiatan dengan bebas
sesuai aturan
3) membiarkan belajar, bekerja serta berdoa
dilaksanakan secara selaras
51. Berikut merupakan cara pandang integralistik
Indonesia dibidang perekonomian, yaitu ....
1) perekonomian disusun sebagai usaha bersama
2) cabang produksi yang penting dikuasai swasta
3) perekonomian disusun atas kekeluargaan
52. Hakikat pembangunan nasional adalah
pembangunan ....
1) manusia Indonesia seutuhnya
2) seluruh masyarakat Indonesia
3) yang merata untuk seluruh masyarakat
53. Aspek Trigatra meliputi ....
1) letak geografis pada posisi silang
2) keadaan dan kemampuan penduduk
3) keadaan dan kekayaan alam
54. Ciri-ciri yang menjadi sasaran pendidikan
pendahuluan bela negara (PPBN), adalah ....
1) yakin akan kebenaran kebangkitkan nasional
2) sadar berbangsa dan bernegara Indonesia
3) memiliki kemampuan awal bela negara
55. Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan
dalam memilih strategi pembelajaran menurut Robert Davis, adalah ....
1) Tujuan Instruksional Khusus
2) keadaan guru
3) karakteristik pengajaran
56. Salah satu tujuan instruksional yang mempengaruhi
pemilihan strategi pembelajaran adalah TIK tentang penerimaan pengetahuan yang
berupa ....
1) fakta
2) keterampilan
3) konsep
57. Penggunaan metode tanya-jawab dinilai sebagai
metode yang cukup wajar, apabila dimaksudkan untuk ....
1) meninjau pelajaran yang telah lalu
2) menyelangi pembicaraan agar tetap mendapat
perhatian murid
3) mengarahkan pengamatan murid
58. Dasar rangka mengakhiri kegiatan pelajaran
sebaiknya guru mengarahkan evaluasi penguasaan murid, yang dapat dilakukan
melalui ....
1) pertanyaan lisan secara sampel
2) tes individual secara tertulis
3) tulisan murid dalam buku catatan
59. Pertanyaan berikut merupakan ciri dan sifat
stereo typed menurut penelitnan dinegara bagian Arizona Amerika Serikat, yaitu
....
1) berorientasi pada citra tertentu terntang
baik buruk
2) berorientasi pada persetujuan dan penerimaan
orang lain
3) mengekspresikan pertimbangan tidak realistik
60. Pertanyaan berikut merupakan
indikator-indikator afektif menurut Kosasih Djahiri, yaitu ....
1) emosi
2) kecintaan
3) keyakinan
No comments:
Post a Comment