LATIHAN MANDIRI
PENDIDIKAN ANAK
DI SEKOLAH DASAR
(PGSD4302)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 48, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Pendidikan
dapat membentuk individu men-jadi terpelajar, sedangkan pengajaran dapat
memecahkan masalah, uraian tersebut merupakan perbedaan antara pendidikan
dengan pengajaran dalam unsur ....
A. tujuan
B. proses
C. fungsi
D. ukuran keberhasilan
2. Pendidikan
dasar bertujuan untuk memberi bekal kemampuan di dalam membaca, menulis, dan
berhitung (CALISTUNG), juga pengetahuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat
bagi anak. Pernyataan di atas merupakan tujuan ....
A. nasional
B. institusional
C. kurikuler
D. operasional
3. Setiap jenjang pendidikan
mempunyai tujuan. Salah satu tujuan pendidikan
di SD adalah ....
A. membuat anak pandai
B. mempersiapkan anak untuk masa
depan-nya
C. mempersiapkan anak untuk
mengikuti pendidikan selanjutnya
D. mengarahkan anak agar dapat
belajar dengan sebaik-baiknya
4. Pendidikan di
tingkat SD mempunyai fungsi yang paling menonjol yaitu sebagai fungsi edukatif.
Fungsi tersebut sangat sesuai dengan tingkat dan karakteristik perkem-bangan
siswa SD. Apabila dijabarkan makna dari fungsi edukatif tersebut adalah ....
A. pengembangan dan peningkatan
B. belajar dan pembelajaran
C. memberikan pengetahuan yang
berman-faat
D. menanamkan etika pada anak
5. Ibu Heni guru
kelas 2 SD sedang bercerita kepada murid-muridnya tentang kelakuan Si Malin
Kundang yang durhaka terhadap ibu kandungnya. Di akhir cerita ibu Heni memberi
nasehat untuk selalu hormat dan patuh kepada kedua orang tua mereka. Selain
sebagai guru, ibu Heni juga berperan sebagai ....
A. konservator
B. transmitor
C. transformator
D. organisator
6. Mengapa kurikulum di semua
jenjang pendidikan disusun secara bertahap, dari mudah ke sukar, dari rendah ke
tinggi, dan dari sederhana ke kompleks. Hal ini diakibatkan karena pendidikan
harus memperhatikan hukum ....
A. tempo perkembangan dan
pertumbuhan
B. perkembangan dan prinsip
pendidikan
C. perkembangan dan kematangan
D. perkembangan, kematangan dan
prinsip pendidikan
7. Sebelum usia
kelas 5 dan 6 SD, anak cenderung bersifat egosentris belum mampu melihat diri
secara objektif, emosi cenderung belum stabil, agresif secara fisik, dan kurang
menyadari kesalahan. Hal tersebut berangsur berubah menjadi kooperatif,
toleran, sadar kesalahan dan lebih objektif sesuai dengan pertambahan usia.
Semua ini terjadi akibat ....
A. pertumbuhan fisik
B. perkembangan mental
C. pengaruh lingkungan
D. pembelajaran
8. Bagi anak-anak
yang tinggal di daerah terpencil di Indonesia, sangat sulit untuk bisa sekolah
karena letak yang jauh dan sulitnya komunikasi serta kurangnya sarana, sehingga
banyak orang tua secara bersama-sama dengan guru dan masyarakat lainnya untuk
mendorong anak-anak agar memiliki keinginan untuk belajar. Pernyataan tersebut
merupakan bentuk dari SD ....
A. biasa
B. terpadu
C. pamong
D. luar biasa
9. Untuk menunjang
program ini sangat diperlu-kan adanya model segregasi dan model integrasi yang
dipandang sebagai kontinum dan bukan merupakan bentuk ekstrim. Program ini
merupakan rumpun dari ....
A. SD konvensional
B. SD luar biasa
C. Pendidikan Luar Sekolah
D. sekolah keagamaan
10. Jenis sekolah
di bawah ini mempunyai kegiatan khusus untuk anak berkelainan atau berbakat,
tetapi juga tidak mengurangi/meng-ganggu untuk kegiatan anak biasa. Jenis
sekolah tersebut adalah ....
A. SD biasa
B. SD pamong
C. SD terpadu
D. SD luar biasa
11. Selain adanya prinsip dan model perencana-an,
inovasi pendidikan juga memiliki jenis hubungan. Manakah yang bukan termasuk
jenis hubungan dalam inovasi pendidikan di bawah ini ....
A. hubungan komunikatif
B. hubungan proaktif
C. hubungan interaktif
D. hubungan reaktif
12. Kepala Sekolah, guru dan wali murid kelas 5
dan 6 sedang rapat untuk membicarakan program kokurikuler dan ekstra kurikuler
agar lebih ditingkatkan, sehingga waktu belajar anak di sekolah akan lebih
banyak. Bentuk hubungan tersebut merupakan ....
A. hubungan komunikatif dan reaktif
B. hubungan reaktif dan interaktif
C. hubungan proaktif dan interaktif
D. hubungan reaktif dan proaktif
13. Di bawah ini merupakan langkah-langkah dengan
Model Perencanaan Inovasi Pendidikan Proaktif Interaktif (MOPIPPI), kecuali
....
A. buatlah rumusan yang jelas tentang inovasi
B. gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
C. gunakan metode yang memberi kesem-patan
D. gunakan berbagai macam alternatif
14. Minat di bawah ini sangat berkaitan dengan
sesuatu yang bersifat spesifik dan bukan hanya sekedar keingintahuan saja, juga
bukan hanya merupakan gambaran struktural dari sesuatu hal atau lingkungan. Minat
yang dimaksud adalah minat ....
A. pribadi
B. situasional
C. sebagai keadaan psikologi
D. masyarakat pada umumnya
15. Sewaktu kecil, Ali suka sekali mencoret-coret
kertas dan tembok rumahnya. Bila ia
ditanya mengenai cita-cita, maka ia ingin menjadi seorang pelukis ulung.
Kegemaran meng-gambarnya terus berlangsung sampai Ali duduk di kelas I SMU,
bahkan kini ia telah mejadi pelukis yang cukup baik. Contoh di atas merupakan
peran minat dalam ....
A. menentukan bentuk dan intensitas aspirasi
B. sebagai pendorong
C. mempengaruhi prestasi
D. minat masa kanak-kanak menjadi minat
selamanya
16. Rudi Hartono sang maestro bulutangkis menjadi
juara karena pada awalnya didukung oleh beberapa faktor, antara lain minatnya
pada bulutangkis, dukungan orang tua yang juga pemain bulu tangkis, sarana
olahraga yang lengkap, dan masyarakat sekitar yang juga hobi bermain
bulutangkis. Contoh di atas adalah cara mempelajari minat melalui ....
A. mengerti dan memahami minat
B. sikap emosional yang tinggi
C. trial and error dan proses identifikasi pada
orang yang dicintai
D. intensitas dan aspirasi
17. Siswa SD Karunika sedang melakukan karya
wisata ke sebuah museum perjuangan, mereka sangat antusias mendengarkan guru
yang sedang bercerita di depan gambar diorama perjuangan Ambarawa yang dipimpin
oleh Jenderal Sudirman. Mereka sangat ingin tahu akhir dari cerita perjuangan
tersebut. Cerita di atas merupakan kegiatan yang diminati anak dalam hal ....
A. mengoleksi/mengumpulkan sesuatu
B. rekreasi
C. menjelajah
D. permainan atau olahraga
18. Amalia baru masuk SD, di rumah ia merupakan
anak bungsu yang selalu dimanja dan disayang. Segala keinginannya selalu
dituruti, sehingga ia tidak biasa mandiri dan selalu tergantung pada orang
lain. Ia sering mogok ke sekolah sehingga harus selalu diantar dan ditunggui
selama ia sekolah. Selain itu ia menganggap kurang mendapat-kan perlakuan yang
baik dari gurunya sehingga kurang berminat untuk bersekolah. Perubahan minat Amalia disebabkan oleh .....
A. pengaruh orang tua dan kakak
B. sikap tema sebaya
C. pengalaman anak pada masa awal sekolah
D. prestasi yang kurang baik
19. Muhammad Ali seorang petinju, Pele
seorang pemain sepak bola, mereka telah
melegenda di tingkat dunia. Mereka tidak akan menjadi seperti itu apabila tidak
memiliki faktor penunjang yang sangat penting sebagai berikut, kecuali
....
A. bakat dan minat
B. motivasi dan sarana
C. ekonomi dan harga diri
D. ketekunan dan harapan
20. Otis merupakan nama terkenal dari lift di
gedung-gedung bertingkat, sesuai dengan nama penemunya. Ia dapat menciptakan
lift karena kreativitas dan kecerdasannya yang tinggi sehingga penemuannya ini
bermanfaat bagi orang banyak. Menurut Anda kreativitas adalah ....
A. kemampuan untuk melakukan sesuatu LATIHAN
tanpa banyak tergantung pada latihan
B. kemampuan bawaan sebagai potensi yang perlu
dikembangkan dan dilatih
C. kemampuan untuk membuat kombinasi baru,
berdasarkan data, informasi dan unsur-unsur yang ada
D. kondisi di dalam diri seseorang, dan dengan
latihan khusus mencapai keca-kapan, pengetahuan dan keterampilan
21. Guru harus lebih terbuka dan menantang siswa
untuk berperan serta secara aktif dengan memberikan ide-ide/gagasan se-banyak
mungkin. Cara seperti ini dapat merangsang anak untuk belajar secara kreatif di
dalam ....
A. memberikan pemanasan
B. pengaturan fisik
C. kesibukan di dalam kelas
D. LATIHANnya sebagai fasilitator
22. Pak Adi sedang bercerita kepada siswa kelas V
SD tentang para penebang hutan yang sangat ceroboh dan ingin mengambil semua
kayu sebanyak mungkin, kemudian pak Adi bertanya kepada siswanya akibat apa
yang akan timbul setelah hutan menjadi gundul. Pertanyaan pak Adi merupakan
pertanyaan yang bersifat ....
A. konvergen
B. divergen
C. inquiri
D. discovery
23. Pemikiran konvergen dan divergen mem-punyai
perbedaan. Perbedaan tersebut antara lain ....
A. konvergen luas, divergen sempit
B. konvergen panjang, divergen pendek
C. konvergen tertutup, divergen terbuka
D. konvergen ganda, divergen tunggal
24. Sebelum memulai pelajaran IPS, pak guru
menyuruh para siswa kelas III untuk mem-baca wacana yang telah dibagikannya
tentang penebangan pohon di hutan Kalimantan dan Sumatera. Setelah selesai
membaca, pak guru menyuruh siswa untuk menyimpan wacana tersebut, kemudian para
siswa diberikan pertanyaan tentang akibat yang akan timbul dari penebangan
hutan tersebut. Para siswa banyak memberikan jawaban yang berbeda-beda. Hal ini
dapat terjadi karena adanya penggabungan antara proses ....
A. berpikir dengan proses afektif
B. berpikir dengan proses psikomotor
C. kognitif dengan proses psikomotor
D. ingatan dengan proses pemahaman
25. Pada pelajaran KTK, guru kelas V SD menyuruh
siswa secara berkelompok untuk membuat prakarya dari karton yang sudah
tersedia. Setelah selesai masing-masing kelompok diharuskan mengumpulkan hasil
pekerjaannya. Kelompok A membuat rumah-rumahan, kelompok B membuat lampion,
kelompok C membuat bola, dan kelompok D membuat kotak persegi empat yang dapat
digunakan sebagai alat latihan untuk mengukur kubus (persegi empat). Manakah
dari empat kelompok di atas yang benar-benar merupakan produk kreativitas?
A. Kelompok A.
B. Kelompok B.
C. Kelompok C.
D. Kelompok D.
26. Perkembangan krativitas pada diri anak pada
usia tertentu akan mengalami masa-masa kritis. Manakah yang bukan termasuk usia
kritis di bawah ini?
A. 8 sampai 10 tahun.
B. 13 sampai 15 tahun.
C. 17 sampai 19 tahun.
D. 20 sampai 22 tahun.
27. Di usia sekolah umumnya anak mempunyai minat
yang relatif stabil sehingga dapat ber-peran sebagai pengarah dan pembimbing
tingkah laku mereka. Hal ini terjadi karena minat seseorang akan terus
berkembang. Untuk mengetahui perkembangan minat, perlu dipelajari
aspek-aspeknya yaitu ....
A. afektif dan psikomotor
B. kognitif dan afektif
C. kognitif dan aplikasi
D. aplikasi dan psikomotor
28. Menurut Piaget intelegensi merupakan suatu
bentuk dari ....
A. equilibrium
B. kemampuan emosional
C. aktivitas mental
D. skor yang dikenal dengan intelegensi quotion
(IQ)
29. Salah satu klasifikasi intelegensi menurut
Wechler adalah di bawah rata-rata. Berapa persenkah klasifikasi tersebut dari
jumlah populasi yang ada?
A. 6,7%.
B. 16,1%.
C. 50%.
D. 2,2%.
30. Kapasitas untuk mengenal perasaan serta
mengatur emosi diri dan dalam hubungannya dengan orang lain merupakan
kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh ....
A. Peter Salovey
B. John Meyer
C. David Goleman
D. Hedlund dan Sternburg
31. Para siswa sedang tekun mendengarkan cerita guru agama mengenai
bagaimana kita menjaga perasaan orang lain yang sedang tertimpa musibah seperti
tidak tertawa nyaring, atau bercanda di depan mereka, tetapi kita hendaknya
ikut merasakan kesedihan. Contoh di atas merupakan bentuk pelatihan emosi ....
A. mengenali perasaan diri sendiri
B. mengekspresikan perasaan dengan baik
C. mengenali perasaan orang lain
D. melatih kesabaran
32. Modat sudah 10 tahun bersekolah di SD X, umurnya sudah 15 tahun,
ia belum juga lulus SD. Di tiap jenjang ia hampir selalu tinggal kelas.
Sebenarnya Kepala Sekolah dan guru sudah menganjurkan kepada orang tuanya agar
Modat dipindahkan saja ke SLB, namun di desa tersebut, sekolah seperti itu
belum ada. Kasus di atas menunjukkan bahwa Modat tergolong keterbelakangan
....
A. mental ringan
B. mental menengah
C. mental berat
D. mental parah
33. Andi kelas I SD, kemampuannya di atas
rata-rata, ia cepat menangkap setiap pelajaran yang diberikan gurunya, lancar
berbahasa, kritis dan kreatif. Andi termasuk anak berbakat yang akan terus
berkembang. Faktor manakah yang tidak dapat mempe-ngaruhi perkembangan bakat
Andi di bawah ini ....
A. rangsangan lingkungan
B. keturunan
C. orang tua dan guru
D. kematangan
34. Bila seorang guru memberikan hukuman kepada
siswa yang bersalah, maka hukuman itu harus seusai dengan kesalahannya dan
berlaku untuk semua siswa. Maka guru tersebut telah melakukan hal terpenting
dari disiplin yaitu ....
A. alat untuk membentuk moral
B. penghargaan
C. hukuman
D. konstitusi
35. Agama sangat penting bagi hidup manusia, oleh sebab itu perlu
ditanamkan sejak dini. Pendidikan agama yang dilakukan oleh orang tua/guru
kepada anak mempunyai berbagai macam cara ....
A. dipaksa untuk ikut orang tuanya ke tempat ibadat
B. diajarkan cara melakukan ibadah agama orang tuanya
C. diberi kebebasan untuk memilih agama yang disukai
D. diajarkan konsep tentang keagamaan
36. Melalui trial and error anak belajar pola-pola tingkah laku yang
sesuai dengan penyesuaian sosial. Pernyataan di
atas terdapat pada faktor yang mempengaruhi proses sosialisasi anak di bawah
ini, yaitu ....
A. kesempatan untuk bersosialsasi merupa-kan hal
yang penting
B. anak perlu mengkombinasikan hal-hal yang
tidak dipahami
C. anak akan belajar bersosialisasi jika
ter-motivasi
D. metode efektif yang digunakan untuk
bersosialisasi
37. Merokok, berambut panjang, menggunakan anting
(pada hal seorang laki-laki), dan banyak aksesoris yang dipakainya, merupa-kan
gambaran sebagian remaja masa kini. Hal itu dilakukan agar mereka dapat diterima
oleh kelompok sebayanya. Contoh di atas merupakan pola tingkah laku ....
A. terlalu peka/sensitif pada hubungan yang baik
B. tanggung jawab dan kesadaran sosial
C. mudah terpengaruh pada kehidupan sosial yang
ada
D. adanya diskriminasi sosial dan kompetisi
38. Bermain sepak bola/bola kasti, lompat
tambang, berkejar-kejaran, bermain masak-masakan/boneka atau bermain petak
umpet, merupakan kegiatan yang sering dilakukan anak-anak, oleh sebab itu
banyak orang tua yang melarang anaknya bermain dengan per-mainan yang tidak
sesuai dengan jenis kelaminnya (misalnya anak laki-laki bermain boneka).
Pernyataan di atas merupakan contoh dari
....
A. klasifikasi jender
B. stereotif jender
C. stereotif non jender
D. identifikasi peran jender
39. Orang tua yang bijaksana adalah yang
memberikan sesuatu untuk anak (pakaian/ mainan) yang sesuai dengan jenis
kelamin-nya, namun untuk pekerjaan di rumah ia tidak membeda-bedakannya,
seperti menyapu, mencuci piring dsb. Hal
tersebut merupakan ....
A. stereotif jender
B. stereotif non jender
C. klasifikasi jender
D. dwi fungsi jender
40. Pemberian protein, lemak, karbohidrat, dan
vitamin sangat penting bagi perkembangan anak. Apabila anak kekurangan gizi,
maka anak akan mengalami gangguan ....
A. intelektual
B. emosional
C. fisik
D. intelektual dan emosional
41. Sejak kelas I SD, Ani hanya dirawat oleh
pembantu rumah tangganya sehingga ia kurang mendapatkan gizi dan kasih sayang,
ia juga sering sakit-sakitan, kini kedua orang tuanya seringkali bertengkar di
hadapannya. Hal-hal tersebut dapat menjadikan ancaman bagi Ani untuk tidak naik
kelas lagi, karena prestasi belajar Ani memang sangat kurang. Faktor manakah
yang paling berpengaruh terhadap perkembangan intelegensi Ani?
A. Kekurangan gizi di usia awal kelahiran.
B. Kekurangan gizi setelah masa perkem-bangan
otak yang pesat.
C. Kurang mendapatkan bimbingan orang tua.
D. Sering sakit-sakitan.
42. Sikap orang tua terhadap anak yang memiliki
kategori kebutuhan ini adalah harmonis di rumah, menetapkan aturan secara adil,
cepat tanggap, dan menunjukkan perhatian ter-hadap masalah anak-anaknya,
menghargai kompetisi yang timbul dan siap menjadi penengah jika diperlukan
anaknya. Menurut Maslow, hal ini termasuk kebutuhan ....
A. harga diri
B. jasmani dan rasa aman
C. saling memiliki dan dihargai
D. aktualisasi diri
43. Seorang anak yang rajin belajar, tekun, jujur,
bekerja dengan giat, merasa malu apabila mendapatkan nilai ulangan jelek, rajin
menabung, dan hanya menerima pemberian orang lain setelah ia memberikan
jasanya. Gambaran anak seperti di atas termasuk pada kategori kebutuhan ....
A. harga diri
B. jasmani dan rasa aman
C. saling memiliki dan dihargai
D. aktualisasi diri
44. Manakah soal di bawah ini yang tidak termasuk
sumber motivasi intrinsik?
A. Rasa ingin tahu.
B. Keinginan untuk pandai.
C. Kontrol dan fantasi.
D. Tantangan.
45. Selalu memusatkan perhatiannya pada
pelajaran, optimis pada kemampuannya, merasa tertantang dengan pelajaran yang
sulit, serta berpikir dan bertindak secara hati-hati, merupakan gambaran anak
yang ber-orientasi mastery. Sedangkan yang
ber-orientasi sebaliknya disebut ....
A. nervous
B. minder
C. helpless
D. apatis
46. Belajar menampakkan hasil yang dapat diamati
dan diukur dapat dimodifikasi oleh lingkungan. Pendapat tersebut merupakan teori dari ....
A. behavioristik
B. humanstik
C. kognitif
D. gestalt
47. Teori yang menjelaskan bahwa proses
pembelajaran harus dimulai dari keseluruhan dahulu, baru menganalisis
bagain-bagian atau unsur-unsurnya adalah ....
A. behavioristik
B. humanistik
C. kognitif
D. gestalt
48. Guru sebuah TK sedang memperkenalkan huruf
demi huruf kepada para siswanya sampai mereka mengenalnya. Setelah itu guru
mulai mengajarkan cara menuliskan huruf-huruf tersebut. Contoh di atas
menggambar-kan teori belajar dari ....
A. konsep
B. bermakna
C. kognitif
D. humanisme
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 49 SAMPAI
60, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
49. Ciri dari pengembangan vertikal adalah ....
1) motivasi pendidikan dan relevansi pen-didikan
2) relevansi pendidikan dan kualitas pen-didikan
3) kualitas pendidikan dan efisiensi pen-didikan
50. Komponen wilayah inovasi dalam pendidikan
terdiri dari ....
1) wawasan dan perasaan
2) bentuk hubungan antar bagian atau mekanisme
kerja
3) banyaknya personil dan wilayah kerja
51. Minat seseorang dapat berkembang melalui
proses belajar, oleh sebab itu perkembangan minat memiliki karakteristik
tertentu, antara lain ....
1) minat dipengaruhi oleh faktor emosi/ suasana
hati
2) minat dipengaruhi oleh budaya
3) minat bersifat egosentris
52. Pujian dan dorongan dari orang tua serta
motivasi yang kuat dari anak itu sendiri, menyebabkan ia menjadi juara lomba
cerdas cermat. Kemenangan anak tersebut disebab-kan oleh faktor ....
1) dalam diri anak
2) keadaan lingkungan anak
3) kecerdasan dan juri yang objektif
53. Ciri kemampuan berpikir kratif adalah ....
1) keterampilan berpikir lancar, luwes, dan
orisinil
2) bersifat konvergen dan divergen
3) keterampilan memerinci dan menilai
54. Tingkat kecerdasan seseorang ditentukan oleh
kemampuan bawaan dan lingkungan, yang dimaksud dengan tingkat kecerdasan
intelegensi adalah ....
1) kemampuan untuk berpikir abstrak
2) kemampuan menyesuaikan diri terhadap situasi
baru
3) kemampuan untuk menangkap kaitan materi
55. Tanpa norma kecerdasan emosional, sese-orang
akan mudah dikuasai oleh nafsu yang mengalahkan daya nalarnya. Norma-norma
kecerdasan tersebut meliputi ....
1) memotivasi diri sendiri
2) mengendalikan hubungan dengan orang lain
3) menjaga perasan orang lain
56. Emosi yang cerdas akan mempengaruhi tindakan
anak dalam belajar, hal ini terlihat pada anak dengan kemampuan ....
1) mengendalikan diri
2) tekun serta mampu memotivasi diri sendiri
3) cerdas dan pandai
57. Seorang anak dikatakan berbakat apabila
memiliki ciri-ciri sebagai berikut ....
1) pandai bergaul dan supel
2) kemampuan di atas rata-rata
3) pengikatan diri/tanggung jawab pada LATIHAN
58. Konsep moral akan berubah seiring dengan
bertambahnya usia anak, oleh sebab itu pada perkembangan moral terdapat elemen-elemen
yang mesti diketahui, yaitu peran ....
1) rasa bersalah dan malu
2) interaksi sosial
3) lingkungan sosial
59. Terjadinya perbedaan pertumbuhan tinggi dan
berat badan anak usia SD, 2 tahun lebih cepat anak perempuan dari pada anak
laki-laki. Hal ini diakibatkan oleh faktor ....
1) genetik
2) lingkungan
3) gizi/nutrisi
60. Di bawah ini merupakan karakteristik orang
tua dari anak yang memiliki motivasi ber-prestasi tinggi ....
1) menyediakan semua keperluan hidup anak
2) memberikan bimbingan dan kontrol
3) menanamkan kemandirian pada anak
No comments:
Post a Comment