Cloud Hosting Indonesia

06 April, 2014

Soal Pendidikan Anak di Sekolah Dasar

LATIHAN MANDIRI
PENDIDIKAN ANAK DI SEKOLAH DASAR
(PGSD4302)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 48,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Pendidikan dapat membentuk individu men-jadi terpelajar, sedangkan pengajaran dapat memecahkan masalah, uraian tersebut merupakan perbedaan antara pendidikan dengan pengajaran dalam unsur ....     
A.   tujuan
B.   proses
C.   fungsi
D.   ukuran keberhasilan

2.   Pendidikan dasar bertujuan untuk memberi bekal kemampuan di dalam membaca, menulis, dan berhitung (CALISTUNG), juga pengetahuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi anak. Pernyataan di atas merupakan tujuan ....      
A.   nasional
B.   institusional
C.   kurikuler
D.   operasional
     
3.   Setiap jenjang pendidikan mempunyai tujuan. Salah satu tujuan pendidikan di SD adalah ....
A.   membuat anak pandai
B.   mempersiapkan anak untuk masa depan-nya
C.   mempersiapkan anak untuk mengikuti pendidikan selanjutnya
D.   mengarahkan anak agar dapat belajar dengan sebaik-baiknya

4.   Pendidikan di tingkat SD mempunyai fungsi yang paling menonjol yaitu sebagai fungsi edukatif. Fungsi tersebut sangat sesuai dengan tingkat dan karakteristik perkem-bangan siswa SD. Apabila dijabarkan makna dari fungsi edukatif tersebut adalah ....
A.   pengembangan dan peningkatan
B.   belajar dan pembelajaran
C.   memberikan pengetahuan yang berman-faat
D.   menanamkan etika pada anak








5.   Ibu Heni guru kelas 2 SD sedang bercerita kepada murid-muridnya tentang kelakuan Si Malin Kundang yang durhaka terhadap ibu kandungnya. Di akhir cerita ibu Heni memberi nasehat untuk selalu hormat dan patuh kepada kedua orang tua mereka. Selain sebagai guru, ibu Heni juga berperan sebagai ....
A.   konservator
B.   transmitor
C.   transformator
D.   organisator

6.   Mengapa kurikulum di semua jenjang pendidikan disusun secara bertahap, dari mudah ke sukar, dari rendah ke tinggi, dan dari sederhana ke kompleks. Hal ini diakibatkan karena pendidikan harus memperhatikan hukum ....
A.   tempo perkembangan dan pertumbuhan
B.   perkembangan dan prinsip pendidikan
C.   perkembangan dan kematangan
D.   perkembangan, kematangan dan prinsip pendidikan

7.   Sebelum usia kelas 5 dan 6 SD, anak cenderung bersifat egosentris belum mampu melihat diri secara objektif, emosi cenderung belum stabil, agresif secara fisik, dan kurang menyadari kesalahan. Hal tersebut berangsur berubah menjadi kooperatif, toleran, sadar kesalahan dan lebih objektif sesuai dengan pertambahan usia. Semua ini terjadi akibat  ....
A.   pertumbuhan fisik
B.   perkembangan mental
C.   pengaruh lingkungan
D.   pembelajaran

8.   Bagi anak-anak yang tinggal di daerah terpencil di Indonesia, sangat sulit untuk bisa sekolah karena letak yang jauh dan sulitnya komunikasi serta kurangnya sarana, sehingga banyak orang tua secara bersama-sama dengan guru dan masyarakat lainnya untuk mendorong anak-anak agar memiliki keinginan untuk belajar. Pernyataan tersebut merupakan bentuk dari SD ....
A.   biasa
B.   terpadu
C.   pamong
D.   luar biasa


9.   Untuk menunjang program ini sangat diperlu-kan adanya model segregasi dan model integrasi yang dipandang sebagai kontinum dan bukan merupakan bentuk ekstrim. Program ini merupakan rumpun dari ....
A.   SD konvensional
B.   SD luar biasa
C.   Pendidikan Luar Sekolah
D.   sekolah keagamaan

10.   Jenis sekolah di bawah ini mempunyai kegiatan khusus untuk anak berkelainan atau berbakat, tetapi juga tidak mengurangi/meng-ganggu untuk kegiatan anak biasa. Jenis sekolah tersebut adalah ....
A.   SD biasa
B.   SD pamong
C.   SD terpadu
D.   SD luar biasa

11.   Selain adanya prinsip dan model perencana-an, inovasi pendidikan juga memiliki jenis hubungan. Manakah yang bukan termasuk jenis hubungan dalam inovasi pendidikan di bawah ini ....
A.   hubungan komunikatif
B.   hubungan proaktif
C.   hubungan interaktif
D.   hubungan reaktif

12.   Kepala Sekolah, guru dan wali murid kelas 5 dan 6 sedang rapat untuk membicarakan program kokurikuler dan ekstra kurikuler agar lebih ditingkatkan, sehingga waktu belajar anak di sekolah akan lebih banyak. Bentuk hubungan tersebut merupakan ....
A.   hubungan komunikatif dan reaktif
B.   hubungan reaktif dan interaktif
C.   hubungan proaktif dan interaktif
D.   hubungan reaktif dan proaktif

13.   Di bawah ini merupakan langkah-langkah dengan Model Perencanaan Inovasi Pendidikan Proaktif Interaktif (MOPIPPI), kecuali ....
A.   buatlah rumusan yang jelas tentang inovasi
B.   gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
C.   gunakan metode yang memberi kesem-patan
D.   gunakan berbagai macam alternatif






14.   Minat di bawah ini sangat berkaitan dengan sesuatu yang bersifat spesifik dan bukan hanya sekedar keingintahuan saja, juga bukan hanya merupakan gambaran struktural dari sesuatu hal atau lingkungan. Minat yang dimaksud adalah minat  ....
A.   pribadi
B.   situasional
C.   sebagai keadaan psikologi
D.   masyarakat pada umumnya

15.   Sewaktu kecil, Ali suka sekali mencoret-coret kertas dan tembok rumahnya. Bila ia ditanya mengenai cita-cita, maka ia ingin menjadi seorang pelukis ulung. Kegemaran meng-gambarnya terus berlangsung sampai Ali duduk di kelas I SMU, bahkan kini ia telah mejadi pelukis yang cukup baik. Contoh di atas merupakan peran minat dalam ....
A.   menentukan bentuk dan intensitas aspirasi
B.   sebagai pendorong
C.   mempengaruhi prestasi
D.   minat masa kanak-kanak menjadi minat selamanya

16.   Rudi Hartono sang maestro bulutangkis menjadi juara karena pada awalnya didukung oleh beberapa faktor, antara lain minatnya pada bulutangkis, dukungan orang tua yang juga pemain bulu tangkis, sarana olahraga yang lengkap, dan masyarakat sekitar yang juga hobi bermain bulutangkis. Contoh di atas adalah cara mempelajari minat melalui ....
A.   mengerti dan memahami minat
B.   sikap emosional yang tinggi
C.   trial and error dan proses identifikasi pada orang yang dicintai
D.   intensitas dan aspirasi

17.   Siswa SD Karunika sedang melakukan karya wisata ke sebuah museum perjuangan, mereka sangat antusias mendengarkan guru yang sedang bercerita di depan gambar diorama perjuangan Ambarawa yang dipimpin oleh Jenderal Sudirman. Mereka sangat ingin tahu akhir dari cerita perjuangan tersebut. Cerita di atas merupakan kegiatan yang diminati anak dalam hal ....
A.   mengoleksi/mengumpulkan sesuatu
B.   rekreasi
C.   menjelajah
D.   permainan atau olahraga





18.   Amalia baru masuk SD, di rumah ia merupakan anak bungsu yang selalu dimanja dan disayang. Segala keinginannya selalu dituruti, sehingga ia tidak biasa mandiri dan selalu tergantung pada orang lain. Ia sering mogok ke sekolah sehingga harus selalu diantar dan ditunggui selama ia sekolah. Selain itu ia menganggap kurang mendapat-kan perlakuan yang baik dari gurunya sehingga kurang berminat untuk bersekolah. Perubahan minat Amalia disebabkan oleh .....
A.   pengaruh orang tua dan kakak
B.   sikap tema sebaya
C.   pengalaman anak pada masa awal sekolah
D.   prestasi yang kurang baik

19.   Muhammad Ali seorang petinju, Pele seorang  pemain sepak bola, mereka telah melegenda di tingkat dunia. Mereka tidak akan menjadi seperti itu apabila tidak memiliki faktor penunjang yang sangat penting sebagai berikut, kecuali ....
A.   bakat dan minat
B.   motivasi dan sarana
C.   ekonomi dan harga diri
D.   ketekunan dan harapan

20.   Otis merupakan nama terkenal dari lift di gedung-gedung bertingkat, sesuai dengan nama penemunya. Ia dapat menciptakan lift karena kreativitas dan kecerdasannya yang tinggi sehingga penemuannya ini bermanfaat bagi orang banyak. Menurut Anda kreativitas adalah ....
A.   kemampuan untuk melakukan sesuatu LATIHAN tanpa banyak tergantung pada latihan
B.   kemampuan bawaan sebagai potensi yang perlu dikembangkan dan dilatih
C.   kemampuan untuk membuat kombinasi baru, berdasarkan data, informasi dan unsur-unsur yang ada
D.   kondisi di dalam diri seseorang, dan dengan latihan khusus mencapai keca-kapan, pengetahuan dan keterampilan

21.   Guru harus lebih terbuka dan menantang siswa untuk berperan serta secara aktif dengan memberikan ide-ide/gagasan se-banyak mungkin. Cara seperti ini dapat merangsang anak untuk belajar secara kreatif di dalam ....
A.   memberikan pemanasan
B.   pengaturan fisik
C.   kesibukan di dalam kelas
D.   LATIHANnya sebagai fasilitator

22.   Pak Adi sedang bercerita kepada siswa kelas V SD tentang para penebang hutan yang sangat ceroboh dan ingin mengambil semua kayu sebanyak mungkin, kemudian pak Adi bertanya kepada siswanya akibat apa yang akan timbul setelah hutan menjadi gundul. Pertanyaan pak Adi merupakan pertanyaan yang bersifat ....
A.   konvergen
B.   divergen
C.   inquiri
D.   discovery

23.   Pemikiran konvergen dan divergen mem-punyai perbedaan. Perbedaan tersebut antara lain ....
A.   konvergen luas, divergen sempit
B.   konvergen panjang, divergen pendek
C.   konvergen tertutup, divergen terbuka
D.   konvergen ganda, divergen tunggal

24.   Sebelum memulai pelajaran IPS, pak guru menyuruh para siswa kelas III untuk mem-baca wacana yang telah dibagikannya tentang penebangan pohon di hutan Kalimantan dan Sumatera. Setelah selesai membaca, pak guru menyuruh siswa untuk menyimpan wacana tersebut, kemudian para siswa diberikan pertanyaan tentang akibat yang akan timbul dari penebangan hutan tersebut. Para siswa banyak memberikan jawaban yang berbeda-beda. Hal ini dapat terjadi karena adanya penggabungan antara proses ....
A.   berpikir dengan proses afektif
B.   berpikir dengan proses psikomotor
C.   kognitif dengan proses psikomotor
D.   ingatan dengan proses pemahaman

25.   Pada pelajaran KTK, guru kelas V SD menyuruh siswa secara berkelompok untuk membuat prakarya dari karton yang sudah tersedia. Setelah selesai masing-masing kelompok diharuskan mengumpulkan hasil pekerjaannya. Kelompok A membuat rumah-rumahan, kelompok B membuat lampion, kelompok C membuat bola, dan kelompok D membuat kotak persegi empat yang dapat digunakan sebagai alat latihan untuk mengukur kubus (persegi empat). Manakah dari empat kelompok di atas yang benar-benar merupakan produk kreativitas?
A.   Kelompok A.
B.   Kelompok B.
C.   Kelompok C.
D.   Kelompok D.



26.   Perkembangan krativitas pada diri anak pada usia tertentu akan mengalami masa-masa kritis. Manakah yang bukan termasuk usia kritis di bawah ini?
A.   8 sampai 10 tahun.
B.   13 sampai 15 tahun.
C.   17 sampai 19 tahun.
D.   20 sampai 22 tahun.

27.   Di usia sekolah umumnya anak mempunyai minat yang relatif stabil sehingga dapat ber-peran sebagai pengarah dan pembimbing tingkah laku mereka. Hal ini terjadi karena minat seseorang akan terus berkembang. Untuk mengetahui perkembangan minat, perlu dipelajari aspek-aspeknya yaitu ....
A.   afektif dan psikomotor
B.   kognitif dan afektif
C.   kognitif dan aplikasi
D.   aplikasi dan psikomotor

28.   Menurut Piaget intelegensi merupakan suatu bentuk dari ....
A.   equilibrium
B.   kemampuan emosional
C.   aktivitas mental
D.   skor yang dikenal dengan intelegensi quotion (IQ)

29.   Salah satu klasifikasi intelegensi menurut Wechler adalah di bawah rata-rata. Berapa persenkah klasifikasi tersebut dari jumlah populasi yang ada?
A.   6,7%.
B.   16,1%.
C.   50%.
D.   2,2%.

30.   Kapasitas untuk mengenal perasaan serta mengatur emosi diri dan dalam hubungannya dengan orang lain merupakan kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh ....
A.   Peter Salovey
B.   John Meyer
C.   David Goleman
D.   Hedlund dan Sternburg

31.   Para siswa sedang tekun mendengarkan cerita guru agama mengenai bagaimana kita menjaga perasaan orang lain yang sedang tertimpa musibah seperti tidak tertawa nyaring, atau bercanda di depan mereka, tetapi kita hendaknya ikut merasakan kesedihan. Contoh di atas merupakan bentuk pelatihan emosi ....
A.   mengenali perasaan diri sendiri
B.   mengekspresikan perasaan dengan baik
C.   mengenali perasaan orang lain
D.   melatih kesabaran

32.   Modat sudah 10 tahun bersekolah di SD X, umurnya sudah 15 tahun, ia belum juga lulus SD. Di tiap jenjang ia hampir selalu tinggal kelas. Sebenarnya Kepala Sekolah dan guru sudah menganjurkan kepada orang tuanya agar Modat dipindahkan saja ke SLB, namun di desa tersebut, sekolah seperti itu belum ada. Kasus di atas menunjukkan bahwa Modat tergolong keterbelakangan ....
A.   mental ringan
B.   mental menengah
C.   mental berat
D.   mental parah

33.   Andi kelas I SD, kemampuannya di atas rata-rata, ia cepat menangkap setiap pelajaran yang diberikan gurunya, lancar berbahasa, kritis dan kreatif. Andi termasuk anak berbakat yang akan terus berkembang. Faktor manakah yang tidak dapat mempe-ngaruhi perkembangan bakat Andi di bawah ini ....
A.   rangsangan lingkungan     
B.   keturunan
C.   orang tua dan guru
D.   kematangan

34.   Bila seorang guru memberikan hukuman kepada siswa yang bersalah, maka hukuman itu harus seusai dengan kesalahannya dan berlaku untuk semua siswa. Maka guru tersebut telah melakukan hal terpenting dari disiplin yaitu ....
A.   alat untuk membentuk moral
B.   penghargaan
C.   hukuman
D.   konstitusi

35.   Agama sangat penting bagi hidup manusia, oleh sebab itu perlu ditanamkan sejak dini. Pendidikan agama yang dilakukan oleh orang tua/guru kepada anak mempunyai berbagai macam cara ....
A.   dipaksa untuk ikut orang tuanya ke tempat ibadat
B.   diajarkan cara melakukan ibadah agama orang tuanya
C.   diberi kebebasan untuk memilih agama yang disukai
D.   diajarkan konsep tentang keagamaan








36.   Melalui trial and error anak belajar pola-pola tingkah laku yang sesuai dengan penyesuaian sosial. Pernyataan di atas terdapat pada faktor yang mempengaruhi proses sosialisasi anak di bawah ini, yaitu ....
A.   kesempatan untuk bersosialsasi merupa-kan hal yang penting
B.   anak perlu mengkombinasikan hal-hal yang tidak dipahami
C.   anak akan belajar bersosialisasi jika ter-motivasi
D.   metode efektif yang digunakan untuk bersosialisasi

37.   Merokok, berambut panjang, menggunakan anting (pada hal seorang laki-laki), dan banyak aksesoris yang dipakainya, merupa-kan gambaran sebagian remaja masa kini. Hal itu dilakukan agar mereka dapat diterima oleh kelompok sebayanya. Contoh di atas merupakan pola tingkah laku ....
A.   terlalu peka/sensitif pada hubungan yang baik
B.   tanggung jawab dan kesadaran sosial
C.   mudah terpengaruh pada kehidupan sosial yang ada
D.   adanya diskriminasi sosial dan kompetisi

38.   Bermain sepak bola/bola kasti, lompat tambang, berkejar-kejaran, bermain masak-masakan/boneka atau bermain petak umpet, merupakan kegiatan yang sering dilakukan anak-anak, oleh sebab itu banyak orang tua yang melarang anaknya bermain dengan per-mainan yang tidak sesuai dengan jenis kelaminnya (misalnya anak laki-laki bermain boneka). Pernyataan di atas merupakan contoh dari  ....
A.   klasifikasi jender
B.   stereotif jender
C.   stereotif non jender
D.   identifikasi peran jender

39.   Orang tua yang bijaksana adalah yang memberikan sesuatu untuk anak (pakaian/ mainan) yang sesuai dengan jenis kelamin-nya, namun untuk pekerjaan di rumah ia tidak membeda-bedakannya, seperti menyapu, mencuci piring dsb. Hal tersebut merupakan ....
A.   stereotif jender
B.   stereotif non jender
C.   klasifikasi jender
D.   dwi fungsi jender
     



40.   Pemberian protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin sangat penting bagi perkembangan anak. Apabila anak kekurangan gizi, maka anak akan mengalami gangguan ....
A.   intelektual
B.   emosional
C.   fisik
D.   intelektual dan emosional

41.   Sejak kelas I SD, Ani hanya dirawat oleh pembantu rumah tangganya sehingga ia kurang mendapatkan gizi dan kasih sayang, ia juga sering sakit-sakitan, kini kedua orang tuanya seringkali bertengkar di hadapannya. Hal-hal tersebut dapat menjadikan ancaman bagi Ani untuk tidak naik kelas lagi, karena prestasi belajar Ani memang sangat kurang. Faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap perkembangan intelegensi Ani?
A.   Kekurangan gizi di usia awal kelahiran.
B.   Kekurangan gizi setelah masa perkem-bangan otak yang pesat.
C.   Kurang mendapatkan bimbingan orang tua.
D.   Sering sakit-sakitan.

42.   Sikap orang tua terhadap anak yang memiliki kategori kebutuhan ini adalah harmonis di rumah, menetapkan aturan secara adil, cepat tanggap, dan menunjukkan perhatian ter-hadap masalah anak-anaknya, menghargai kompetisi yang timbul dan siap menjadi penengah jika diperlukan anaknya. Menurut Maslow, hal ini termasuk kebutuhan  ....
A.   harga diri
B.   jasmani dan rasa aman
C.   saling memiliki dan dihargai
D.   aktualisasi diri

43.   Seorang anak yang rajin belajar, tekun, jujur, bekerja dengan giat, merasa malu apabila mendapatkan nilai ulangan jelek, rajin menabung, dan hanya menerima pemberian orang lain setelah ia memberikan jasanya. Gambaran anak seperti di atas termasuk pada kategori kebutuhan ....
A.   harga diri
B.   jasmani dan rasa aman
C.   saling memiliki dan dihargai
D.   aktualisasi diri

44.   Manakah soal di bawah ini yang tidak termasuk sumber motivasi intrinsik?
A.   Rasa ingin tahu.
B.   Keinginan untuk pandai.
C.   Kontrol dan fantasi.
D.   Tantangan.


45.   Selalu memusatkan perhatiannya pada pelajaran, optimis pada kemampuannya, merasa tertantang dengan pelajaran yang sulit, serta berpikir dan bertindak secara hati-hati, merupakan gambaran anak yang ber-orientasi mastery. Sedangkan yang ber-orientasi sebaliknya disebut ....
A.   nervous
B.   minder
C.   helpless
D.   apatis

46.   Belajar menampakkan hasil yang dapat diamati dan diukur dapat dimodifikasi oleh lingkungan. Pendapat tersebut merupakan  teori dari ....
A.   behavioristik
B.   humanstik
C.   kognitif
D.   gestalt

47.   Teori yang menjelaskan bahwa proses pembelajaran harus dimulai dari keseluruhan dahulu, baru menganalisis bagain-bagian atau unsur-unsurnya adalah ....
A.   behavioristik
B.   humanistik
C.   kognitif
D.   gestalt

48.   Guru sebuah TK sedang memperkenalkan huruf demi huruf kepada para siswanya sampai mereka mengenalnya. Setelah itu guru mulai mengajarkan cara menuliskan huruf-huruf tersebut. Contoh di atas menggambar-kan teori belajar dari ....
A.   konsep
B.   bermakna
C.   kognitif
D.   humanisme


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   49   SAMPAI   60,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
49.   Ciri dari pengembangan vertikal adalah ....
1)   motivasi pendidikan dan relevansi pen-didikan
2)   relevansi pendidikan dan kualitas pen-didikan
3)   kualitas pendidikan dan efisiensi pen-didikan


50.   Komponen wilayah inovasi dalam pendidikan terdiri dari ....
1)   wawasan dan perasaan
2)   bentuk hubungan antar bagian atau mekanisme kerja
3)   banyaknya personil dan wilayah kerja

51.   Minat seseorang dapat berkembang melalui proses belajar, oleh sebab itu perkembangan minat memiliki karakteristik tertentu, antara lain ....
1)   minat dipengaruhi oleh faktor emosi/ suasana hati
2)   minat dipengaruhi oleh budaya
3)   minat bersifat egosentris

52.   Pujian dan dorongan dari orang tua serta motivasi yang kuat dari anak itu sendiri, menyebabkan ia menjadi juara lomba cerdas cermat. Kemenangan anak tersebut disebab-kan oleh faktor ....
1)   dalam diri anak
2)   keadaan lingkungan anak
3)   kecerdasan dan juri yang objektif

53.   Ciri kemampuan berpikir kratif adalah ....
1)   keterampilan berpikir lancar, luwes, dan orisinil
2)   bersifat konvergen dan divergen
3)   keterampilan memerinci dan menilai

54.   Tingkat kecerdasan seseorang ditentukan oleh kemampuan bawaan dan lingkungan, yang dimaksud dengan tingkat kecerdasan intelegensi adalah ....
1)   kemampuan untuk berpikir abstrak
2)   kemampuan menyesuaikan diri terhadap situasi baru
3)   kemampuan untuk menangkap kaitan materi

55.   Tanpa norma kecerdasan emosional, sese-orang akan mudah dikuasai oleh nafsu yang mengalahkan daya nalarnya. Norma-norma kecerdasan tersebut meliputi ....
1)   memotivasi diri sendiri
2)   mengendalikan hubungan dengan orang lain
3)   menjaga perasan orang lain

56.   Emosi yang cerdas akan mempengaruhi tindakan anak dalam belajar, hal ini terlihat pada anak dengan kemampuan ....
1)   mengendalikan diri
2)   tekun serta mampu memotivasi diri sendiri
3)   cerdas dan pandai


57.   Seorang anak dikatakan berbakat apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut ....
1)   pandai bergaul dan supel
2)   kemampuan di atas rata-rata
3)   pengikatan diri/tanggung jawab pada LATIHAN

58.   Konsep moral akan berubah seiring dengan bertambahnya usia anak, oleh sebab itu pada perkembangan moral terdapat elemen-elemen yang mesti diketahui, yaitu peran ....
1)   rasa bersalah dan malu
2)   interaksi sosial
3)   lingkungan sosial

59.   Terjadinya perbedaan pertumbuhan tinggi dan berat badan anak usia SD, 2 tahun lebih cepat anak perempuan dari pada anak laki-laki. Hal ini diakibatkan oleh faktor ....
1)   genetik
2)   lingkungan
3)   gizi/nutrisi

60.   Di bawah ini merupakan karakteristik orang tua dari anak yang memiliki motivasi ber-prestasi tinggi ....
1)   menyediakan semua keperluan hidup anak
2)   memberikan bimbingan dan kontrol
3)   menanamkan kemandirian pada anak

No comments:

Post a Comment