Cloud Hosting Indonesia

04 April, 2014

Soal Perspektif Global



LATIHAN MANDIRI
PERSPEKTIF GLOBAL
(PGSD2502)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Sesuatu yang berkaitan dengan dunia, inter-nasional atau seluruh alam jagat raya adalah pengertian perspektif global menurut ....
A.   kamus bahasa Inggris Longman Dictionary of Contemporary English
B.   kamus lengkap bahasa Inggris
C.   The Contemporary English Indonesia
D.   Websters New Dictionary and The Saurus

2.   Suatu masyarakat yang setiap anggotanya ikut aktif dalam kehidupan bersama dan menciptakan kehidupan bersama yang lebih baik. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A.   Emil Salim
B.   HAR Tilaar
C.   Moh. Suryani
D.   Otto Sumarwoto
     
3.   Di era globalisasi, peran guru dalam proses belajar mengajar tidak lagi menggunakan me-tode ceramah atau satu arah, melainkan se-bagai komunikator atau penghubung yaitu ....
A.   secara aktif mencari dan menyimpan informasi yang bersifat dunia
B.   secara rutin mengikuti perkembangan mengenai proses belajar mengajar
C.   memberi tugas kepada siswa tentang topik-topik yang menarik dalam bidang teknologi
D.   mengajak siswa berdiskusi, baik antar siswa maupun dengan guru

4.   Suatu proses kejadian, keputusan dan kegi-atan di salah satu bagian dunia menjadi suatu konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah yang jauh adalah pen-dapat dari ....
A.   HAR Tilaar
B.   Hamijoyo
C.   John Huckle
D.   Albrow





5.   Dampak positif globalisasi yang dikemukakan seorang ahli adalah menyebabkan munculnya masyarakat mega kompetisi, dimana setiap orang berbuat yang terbaik. Tokoh tersebut `adalah ....
A.   Makagiansar
B.   HAR Tilaar
C.   Moh. Soeryani
D.   Emil Salim

6.   Pendidikan global memberikan pengalaman yang mengurangi rasa kedaerahan dan kesu-kuan.Tujuan ini dapat dicapai melalui penga-jaran bahasa dan memberikan relatifisme budaya.Konsep pendidikan ini dikemukakan oleh  ....
A.   Makagiansar        
B.   Marryfield
C.   Joe Huckle
D.   Hoopes

7.   Menurut Marryfield tujuan diberikannya pros-pektif global adalah...
A.   Mendorong para guru untuk mempelajari masalah yang berkaitan dengan masalah global.
B.   Memberikan contoh kepada siswa tentang manfaat dari disiplin ilmu tertentu
C.   Meningkatkan imajinasi siswa dalam memahami makna pendidikan
D.   Menjelaskan kepada siswa manfaat yang dapat diperoleh setelah selesai pendi-dikan           

8.   Penegasan dari dimensi budaya dalam proses pembangunan bangsa dan masyarakat serta merupakan seleksi bagi pengaruh luar yang sudah tidak terkendali.Penegasan disini dapat diartikan sebagai....
A.   Mereafirmasi
B.   Afirmasi
C.   Partisipasi
D.   Sosialisasi







9.   Kuang-Sheng-Siao (Sutanto, 1997) menge-mukakan model-model kerja sama ekonomi yaitu  ....
A.   Aliansi ekonomi, harmonisasi total  di da-lam kesejahteraan sosial, transportasi, moneter, dan kebijakan ekonomi nasi-onal
B.   ketergantungan ekonomi antarnegara semakin besar karena pangsa pasarnya merupakan masyarakat global
C.   terjadinya perubahan nilai mata uang suatu negara akan berpengaruh terhadap keuangan negara lain
D.   peningkatan kualitas suatu produk akan semakin ditingkatkan karena daya saing yang begitu ketat

10.   Kerjasama ekonomi antar negara terutama di  tingkat regional umumnya dari bidang perdagangan, kemudian memasuki sumber daya dan kebijakan ekonomi regional. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A.   Marry field
B.   Steiner
C.   Susanto
D.   HAR Tilaar

11.   Konsultasi dan lobi yang ulet oleh Australia dalam pengembangan konsep APEC meru-pakan salah satu sisi yang harus diperhatikan untuk suksesnya perwujudan APEC adalah pendapat dari ....
A.   HAR Tilar
B.   Susanto
C.   Wawaroentoe
D.   Makagiansar

12.   Menjalankan proses liberalisasi ke seluruh kawasan pada tahun 2000, merupakan komitmen pada pertemuan tingkat tinggi di Bogor yaitu ....
A.   deklariasi Bogor tentang prinsip APEC
B.   promosi kerjasama ASEAN
C.   suksesnya perwujudan APEC
D.   prinsip-prinsip APEC

13.   Dalam rangka membentuk wawasan kebang-saan (Nation Character building) maka se-baiknya pendidikan harus diartikan untuk ....
A.   memperluas wawasan dan persepsi anak didik yang berkaitan dengan perma-salahan global
B.   meningkatkan jumlah guru sebanding dengan jumlah anak didik agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik
C.   menekankan pendidikan pada wawasan global agar siswa tidak tertinggal dalam perkembangan pendidikan
D.   memperbanyak pelatihan bagi guru ten-tang dunia dan permasalahan pendidikan yang sudah komplek, sehingga guru dapat menanggulangi proses pembela-jaran dengan baik

14.   Melatih kepekaan dan kepedulian mekanisme terhadap perkembangan dunia dengan segala aspeknya. Hal ini merupakan ....
A.   manfaat dan kegunaan dari mempelajari perspektif global
B.   membentuk wawasan kebangsaan siswa
C.   tujuan guru dalam rangka pendidikan global
D.   sasaran dalam membina siswa agar dapat bersaing di dunia internasional

15.   Perpindahan penduduk dari pedesaan ke perkotaan, adalah satu peristiwa yang terma-suk proses urbanisasi. Hal ini dikemukakan oleh ....
A.   W.S Waworaentoe
B.   Peter Haggett
C.   Huang Shery Siaw
D.   A.Hoebel

16.   Perpindahan penduduk dari pedesaan ke perkotaan adalah salah satu dari beberapa faktor yang termasuk dalam proses ....
A.   urbanisasi
B.   migrasi
C.   transmigrasi
D.   imigrasi

17.   Menurut Peter Haggett pengertian region adalah ....
A.   bagian dari permukaan bumi, baik ala-miah maupun binaan manusia yang membedakan diri dari areal yang ada di sekitarnya
B.   semua benda (biotik dan abiotik) yang hidup di lingkungan alam sekitar yang merupakan suatu rangkaian kehidupan yang saling terkait
C.   setiap bagian yang ada di permukaan bumi yang mempunyai peran dan fungsi masing-masing
D.   suatu wilayah yang di atasnya terdapat berbagai makhluk hidup yang terus berkembang biak sesuai dengan bahan makanan yang tersedia


18.   Pengertian geografik secara umum adalah ....
A.   ilmu keruangan yang mengkaji berbagai fenomena dalam konteks keruangan
B.   ilmu yang membahas fenomena alam dengan segala aspeknya
C.   ilmu yang mengkhususkan pada perkem-bangan dan perubahan yang terjadi di atas permukaan bumi
D.   ilmu yang membahas mengenai lapisan atas bumi dengan segala makhluknya (biotic dan abiotik)

19.   Bahwa sejarah dan geografi merupakan ilmu “Dwi tunggal”, yang artinya, jika sejarah mempertanyakan suatu peristiwa itu “kapan” terjadi, hal ini belum lengkap bila tidak dipertanyakan “dimana” terjadinya. Hal ini diungkapkan oleh Emmanuel Kant pada abad ....
A.   XVIII
B.   XVII
C.   XVI
D.   XV

20.   Salah satu bangunan bersejarah dan ter-masuk “keajaiban dunia” adalah ....
A.   menara Eifel
B.   tembak besar di Cina
C.   Bendungan Niagara
D.   Golden Gate

21.   Manusia dalam hidupnya mempunyai ber-bagai keinginan dan kebutuhan hidup yang beragam dari sumber daya yang ada dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Untuk itu dalam ilmu ekonomi menyangkut beberapa aspek yang perlu diperhatikan yaitu ....
A.   penggunaan hari ini dan esok
B.   menyediakan berbagai alternatif
C.   keinginan manusia yang terbatas
D.   menentukan berbagai kemungkinan

22.   Ilmu politik mempelajari negara, tujuan-tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan konsep ini dikemukakan oleh ....
A.   Roger F. Soltau
B.   Frank H. Haukins
C.   Horton and Hun
D.   David Turney




23.   Konsep glasnot (keterbukaan) dan perestroika (pembaharu) yang merupakan gagasan dari Gorbachep telah menyebabkan dampak yang luas terhadap perubahan peta politik dunia terumata yang dialami oleh negara-negara ....
A.   Eropa
B.   Barat
C.   belah timur
D.   di kawasan Asia

24.   Sosiologi adalah studi ilmiah tentang feno-mena yang timbul akibat hubungan kelompok-kelompok umat manusia. Definisi ini dikemukakan oleh ....
A.   E.A.Hoebel
B.   Brow and Brow
C.   Horton and Hunt
D.   Frank H. Haukins

25.   Menurut Koencaraningrat antropologi adalah ....
A.   studi tentang manusia dan kebudayaan-nya
B.   studi yang membahas kehidupan masya-rakat
C.   studi tentang hubungan manusia dengan lingkungan sekitar
D.   studi yang mengkhususkan pada pen-dalam interaksi antar masyarakat

26.   Sesuatu yang mencerminkan tertembusnya batas-batas lokal dan regional membentuk tatanan kehidupan manusia adalah arti dari global ....
A.   warning
B.   village
C.   issues
D.   teritorial

27.   Teknologi adalah jawaban praktis dari per-tanyaan “bagaimana” dengan teknologi orang dapat memanfaatkan gejala alam, bahkan bisa mengubahnya. Hal ini sesuai dengan pendapat dari ....
A.   Koentjaraningrat
B.   Marwah Daud Ibrahim
C.   Rank. H. Haukin
D.   E. A. Hoebel






28.   Masyarakat yang mempunyai kemampuan memungut bahan pangan dengan meng-gunakan tombak, panah untuk berburu dan menangkap ikan dengan menggunakan tong-kat disebut sebagai masyarakat....
A.   peranan pangan sederhana
B.   peranan pangan lebih maju
C.   pertanian sederhana
D.   pertanian lebih maju

29.   Ribuan tahun lalu, perubahan besar dalam bercocok tanam sederhana menjadi pertanian lebih maju, dimana IPTEK pertanian yang lebih ringan dari periode sebelumnya. Oleh Alfin Toffler termasuk pada tahap gelombang ....
A.   pertama
B.   kedua
C.   ketiga
D.   keempat

30.   Dalam perkembangan sejarah transportasi dikenal dengan istilah jalan sutra (silk road) hal ini didahului oleh ....
A.   pencarian rempah-rempah oleh orang Eropa ke Afrika dan Asia
B.   pencarian jalur transportasi di benua Asia oleh orang-orang Eropa
C.   perjalanan orang-orang Arab ke Asia dalam rangka menjual sutra
D.   terjadinya transaksi jual beli antara pedagang dari Afrika ke Asia

31.   Badan Dana PBB yang menangani bidang ke pendudukan adalah ....
A.   Food and Agriculture Organization
B.   United National Fund for Population
C.   Word Health Organization
D.   United Nations Environment Programme

32.   Kesadaran adalah sikap pandang atau cara pandang yang melihat sesuatu berdasarkan kepentingan. Hal ini tertuang dalam Ensiklo-pedi Nasional Indonesia jilid ....
A.   17
B.   16
C.   15
D.   14

33.   Nasionalisme yang kuat dapat menjadi pilar terhadap pengaruh buruk dari perkembangan teknologi. Jadi nasionalisme atau semangat kesadaran bersama untuk menjaga nilai yang dimiliki. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A.   Haas
B.   Clifford Berry
C.   HAR Tilaar
D.   Makagiansar

34.   Terciptanya perkembangan teknologi komu-nikasi nilasi modern yaitu berasal dari perpaduan antara teknologi komunikasi dan teknologi komputer adalah hasil rekayasa dari ....
A.   Steiner
B.   Clifford Berry
C.   Parker dan Jarolimek
D.   Howard F

35.   Menurut Emil Salim krisis teluk mempunyai dampak yang luas terhadap negara lain, baik secara politik mampu ekonomi. Hal ini merupakan bidang kekuatan gelombang globalisasi yang ke ....
A.   satu
B.   dua
C.   tiga
D.   empat

36.   Dengan adanya globalisasi, kita harus mengikuti segala perubahan yang terjadi di berbagai sektor apabila kita ingin tetap surfive salah satu ciri-ciri globalisasi yaitu ....
A.   keterbatasan
B.   sulit informasi
C.   kompetisi yang sehat
D.   keterjangkauan

37.   Penguasaan ilmu dan teknologi perlu di raih, karena pengaruh IPTEK terhadap globalisasi sangat besar. Hal ini sejalan dengan pendapat dari ....
A.   Loren Bagus
B.   Clifford Berry
C.   HAR Tilaar
D.   Mochtar Buchori

38.   Kemampuan mengantisipasi dalam dunia pendidikan yaitu harus berusaha menyiapkan anak didik untuk mampu mengikuti perkembangan IPTEK yang begitu cepat. Konsep ini dikemukakan oleh ....
        A.   Makaginsar
B.   GT. Miller
C.   Marry Field
D.   Loren Bagus





39.   Perkembangan arus informasi yang begitu cepat akibat kemajuan teknologi komunikasi maka sebagai orang tua perlu waspada terhadap perubahan tersebut, cara yang da-pat dilakukan adalah ....
A.   memanfaatkan pertemuan ilmiah
B.   mengikuti berita di media
C.   menampung berbagai peristiwa dunia
D.   menyekolahkan anak setinggi mungkin
     
40.   Era globalisasi adalah era informasi dengan sarana sarannya yang dikenal sebagai “superhighway”, dan merupakan kebutuhan masyarakat modern yang perlu dikuasai. Konsep inovasi ini dikemukakan oleh ....
A.   Emil Salim
B.   HAR Tilaar
C.   Haas
D.   Loren Bagus

41.   Di daratan Afrika sebagian besar terdapat ras hitam (Negroid) sedangkan di daratan Asia cenderung banyak ras kuning atau disebut sebagai ras ....
A.   kaukasaid
B.   mongoloid
C.   Bar-bar
D.   melanesia

42.   Kependudukan pembangunan, hak asasi manusia, emigrasi, imigrasi, kepemilikan bersama, kelaparan, prasangka dan diskri-minasi adalah isu-isu dan masalah global yang disampaikan oleh ....
A.   Bartelmus
B.   Marry Field
C.   Howard
D.   Parker

43.   Menurut Bartelmus pembangunan adalah ....
A.   proses yang berupaya memperbaiki kondisi hidup masyarakat, baik kondisi materi mampu non material
B.   proses yang menekankan pada kese-jahteraan masyarakat secara menyeluruh
C.   upaya yang dikonsentrasikan pada kepentingan masyarakat baik secara materi maupun non materi
D.   upaya mensejahterakan masyarakat secara material dan imaterial

44.      Perpindahan penduduk itu dapat berupa emigrasi maupun imigrasi, emigrasi adalah ….
A.   keluarga penduduk dari suatu negara
B.   masuknya penduduk dari suatu negara
C.   berpindahnya penduduk ke negara lain
D.   berpindahnya penduduk ke kota lain

45.   Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya dan keadaan, makluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kese-jahteraan manusia serta makluk hidup lainnya. Definisi ini tertuang dalam Undang-undang Republik Indonesia ....
A.   Nomor 4 tahun 1982
B.   Nomor 4 tahun 1983
C.   Nomor 2 tahun 1982
D. Nomor 2 tahun 1983

46.   Dalam prakteknya, penerapan IPTEK untuk mengolah sumber daya dan lingkungan selalu bermata dua, hal ini mempunyai makna ....
A.   di satu pihak menjadi rahmat di lain pihak menjadi laknat
B.   bermanfaat bagi orang lain dan di satu sisi merugikan lingkingan
C.   di satu sisi memberi manfaat bagi lingkungan di sisi lain merusak lingkungan
D.   dipihak lain manusia dapat mengambil manfaat, di sisi lain mendapatkan akibat

47.   Dalam istilah ekonomi dikenal interlingkage atau saling keterkaitan dan interdependensi yang berarti saling ....
A.   mengikat
B.   ketergantungan
C.   menguntungkan
D.   mengembangkan

48.   Kemajuan IPTEK di bidang produksi industri telah menghasilkan berbagai jenis logam, kaca, plastik, akan tetapi limbah dari salah satu industri tersebut dapat menyebabkan dampak negatif yaitu efek rumah kaca yang berupa ....
A.   meningkatnya komulasi CO2 di udara
B.   dihasilkan oksigen O2 secara berlebihan
C.   meningkatnya kualitas CO2
D.   dihasilkan CO2 yang merusak lapisan ozon








49.   Negara yang kemampuan SDMnya masih sangat rendah dalam menguasai dan memanfaatkan IPTEK, sumber daya alam serta lingkungan bagi kemakmurannya termasuk sebagai negara ....
A.   terbelakang
B.   sedang berkembang
C.   berkembang
D.   negara maju

50.   Negara yang tingkat dan kemampuan ekonomi serta pendapatnya lebih baik, seperti Mesir, Maroko, Republik Afrika Selatan, termasuk ke dalam kelompok negara yang termasuk ....
A.   terbelakang
B.   sedang berkembang
C.   berkembang
D.   maju

51.   Suatu negara yang dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di negara lain, termasuk pada kategori negara ....
A.   maju
B.   berkembang
C.   sedang berkembang
D.   terbelakang

52.   Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika sangat berpengaruh karena nilai tukar rupiah berada di barat kuasa dalam Amerika. “Dikuasai” disini dapat diartikan sebagai ....
A.   subordinasi
B.   superioritas
C.   disadvantase
D.   advantage

53.   Anak-anak sekarang lebih mengenal ma-kanan cepat saji (fast food) dibandingkan makanan tradisional seperti toge goreng makanan khas Bogor. Jenis makanan yang sudah mengglobal dan banyak digemari anak-anak adalah ....
A.   Mie ayam
B.   Soto mie
C.   Mac Donald
D.   Nasi rawon









54.   Sepertima dari ras umat manusia hidup dalam kemiskinan yang memprihatinkan (acute) dan sekitar 40% dari penduduk dunia tidak memiliki kehidupan yang wajar. Pernyataan ini dikemukakan oleh ....
A.   Howard F. Didsbury
B.   Parker
C.   David Turney
D.   Barney

55.   Dalam dunia global, persaingan hidup kegi-atan keras dan sangat kompetitif, sehingga eksesnya dapat menyebabkan kesenjangan social yaitu ....
A.   tingkat kesehatan dan pendidikan sangat rendah
B.   keterampilan individu sangat rendah
C.   tingkat penghasilan tidak sesuai dengan pengeluaran
D.   sulitnya masyarakat tertentu mencari penghidupan
     
56.   Persaingan yang ketat, di berbagai sektor kehidupan termasuk di dalamnya persaingan ekonomi yang menimbulkan kesenjangan terutama bagi individu atau masyarakat yang tidak mempunyai keahlian, yaitu ....
A.   pengangguran dan gelandangan
B.   pendidikan dan keterampilan
C.   penghasilan dan daya beli
D.   pemanfaatan fasilitas

57.   Di Indonesia pelanggaran terhadap ling-kungan seperti penerbangan hutan tidak menjadi prioritas utama dalam pembangunan dan seringkali bebas dari hukuman, dampak lingkungan ditimbulkan dapat berupa ....
A.   tanah longsor
B.   pendidikan masyarakat rendah
C.   pengangguran tidak kentara
D.   kemiskinan

58.   Pada negara-negara yang tergolong ber-kembang, penegakkan Hak Asasi Manusia (HAM) terkadang sulit untuk ditegakkan, karena berbagai faktor. Yang termasuk ke dalam aspek Hak Asasi Manusia yaitu hak ....
A.   menguasai pasar
B.   sekolah di perguruan tinggi
C.   memiliki kesadaran
D.   hak berekspresi





59.   Dalam proses dan perjalanan kehidupan sebagai negara bangsa Indonesia tidak selalu berada pada garis yang mendatar atau naik. Untuk itu Indonesia menjalin kerjasama antara dua negara yang disebut dengan istilah ....
A.   multilateral
B.   bilateral
C.   bebas aktif
D.   terbatas

60.   Kita harus “Berpikir secara global, sementara bertindak secara local” (Think Globally white acting locally) ....
A.   Huang Sheng Siaw
B.   Peter Haggett
C.   Parker dan Jorolimek
D.   Hoopes

No comments:

Post a Comment