LATIHAN MANDIRI
PERSPEKTIF GLOBAL
(PGSD2502)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 60, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Sesuatu yang
berkaitan dengan dunia, inter-nasional atau seluruh alam jagat raya adalah
pengertian perspektif global menurut ....
A. kamus bahasa Inggris Longman Dictionary of
Contemporary English
B. kamus lengkap bahasa Inggris
C. The Contemporary English Indonesia
D. Websters New Dictionary and The Saurus
2. Suatu masyarakat yang setiap anggotanya ikut
aktif dalam kehidupan bersama dan menciptakan kehidupan bersama yang lebih
baik. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. Emil Salim
B. HAR Tilaar
C. Moh. Suryani
D. Otto Sumarwoto
3. Di era globalisasi, peran guru
dalam proses belajar mengajar tidak lagi menggunakan me-tode ceramah atau satu
arah, melainkan se-bagai komunikator atau penghubung yaitu ....
A. secara aktif mencari dan
menyimpan informasi yang bersifat dunia
B. secara rutin mengikuti
perkembangan mengenai proses belajar mengajar
C. memberi tugas kepada siswa
tentang topik-topik yang menarik dalam bidang teknologi
D. mengajak siswa berdiskusi, baik
antar siswa maupun dengan guru
4. Suatu proses
kejadian, keputusan dan kegi-atan di salah satu bagian dunia menjadi suatu
konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah yang jauh
adalah pen-dapat dari ....
A. HAR Tilaar
B. Hamijoyo
C. John Huckle
D. Albrow
5. Dampak positif
globalisasi yang dikemukakan seorang ahli adalah menyebabkan munculnya
masyarakat mega kompetisi, dimana setiap orang berbuat yang terbaik. Tokoh
tersebut `adalah ....
A. Makagiansar
B. HAR Tilaar
C. Moh. Soeryani
D. Emil Salim
6. Pendidikan global memberikan
pengalaman yang mengurangi rasa kedaerahan dan kesu-kuan.Tujuan ini dapat
dicapai melalui penga-jaran bahasa dan memberikan relatifisme budaya.Konsep
pendidikan ini dikemukakan oleh ....
A. Makagiansar
B. Marryfield
C. Joe Huckle
D. Hoopes
7. Menurut Marryfield tujuan diberikannya
pros-pektif global adalah...
A. Mendorong para guru untuk mempelajari masalah
yang berkaitan dengan masalah global.
B. Memberikan contoh kepada siswa tentang
manfaat dari disiplin ilmu tertentu
C. Meningkatkan imajinasi siswa dalam memahami
makna pendidikan
D. Menjelaskan kepada siswa manfaat yang dapat
diperoleh setelah selesai pendi-dikan
8. Penegasan dari dimensi budaya dalam proses
pembangunan bangsa dan masyarakat serta merupakan seleksi bagi pengaruh luar
yang sudah tidak terkendali.Penegasan disini dapat diartikan sebagai....
A. Mereafirmasi
B. Afirmasi
C. Partisipasi
D. Sosialisasi
9. Kuang-Sheng-Siao
(Sutanto, 1997) menge-mukakan model-model kerja sama ekonomi yaitu ....
A. Aliansi ekonomi, harmonisasi
total di da-lam kesejahteraan sosial,
transportasi, moneter, dan kebijakan ekonomi nasi-onal
B. ketergantungan ekonomi
antarnegara semakin besar karena pangsa pasarnya merupakan masyarakat global
C. terjadinya perubahan nilai mata
uang suatu negara akan berpengaruh terhadap keuangan negara lain
D. peningkatan kualitas suatu produk
akan semakin ditingkatkan karena daya saing yang begitu ketat
10. Kerjasama
ekonomi antar negara terutama di tingkat
regional umumnya dari bidang perdagangan, kemudian memasuki sumber daya dan
kebijakan ekonomi regional. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. Marry field
B. Steiner
C. Susanto
D. HAR Tilaar
11. Konsultasi dan lobi yang ulet oleh Australia dalam pengembangan
konsep APEC meru-pakan salah satu sisi yang harus diperhatikan untuk suksesnya
perwujudan APEC adalah pendapat dari ....
A. HAR Tilar
B. Susanto
C. Wawaroentoe
D. Makagiansar
12. Menjalankan proses liberalisasi ke seluruh kawasan pada tahun
2000, merupakan komitmen pada pertemuan tingkat tinggi di Bogor yaitu ....
A. deklariasi Bogor tentang prinsip APEC
B. promosi kerjasama ASEAN
C. suksesnya perwujudan APEC
D. prinsip-prinsip APEC
13. Dalam rangka membentuk wawasan kebang-saan
(Nation Character building) maka se-baiknya pendidikan harus diartikan untuk
....
A. memperluas wawasan dan persepsi anak didik
yang berkaitan dengan perma-salahan global
B. meningkatkan jumlah guru sebanding dengan
jumlah anak didik agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik
C. menekankan pendidikan pada wawasan global
agar siswa tidak tertinggal dalam perkembangan pendidikan
D. memperbanyak pelatihan bagi guru ten-tang
dunia dan permasalahan pendidikan yang sudah komplek, sehingga guru dapat
menanggulangi proses pembela-jaran dengan baik
14. Melatih kepekaan dan kepedulian mekanisme
terhadap perkembangan dunia dengan segala aspeknya. Hal ini merupakan ....
A. manfaat dan kegunaan dari mempelajari
perspektif global
B. membentuk wawasan kebangsaan siswa
C. tujuan guru dalam rangka pendidikan global
D. sasaran dalam membina siswa agar dapat
bersaing di dunia internasional
15. Perpindahan penduduk dari pedesaan ke
perkotaan, adalah satu peristiwa yang terma-suk proses urbanisasi. Hal ini
dikemukakan oleh ....
A. W.S Waworaentoe
B. Peter Haggett
C. Huang Shery Siaw
D. A.Hoebel
16. Perpindahan penduduk dari pedesaan ke
perkotaan adalah salah satu dari beberapa faktor yang termasuk dalam proses
....
A. urbanisasi
B. migrasi
C. transmigrasi
D. imigrasi
17. Menurut Peter Haggett pengertian region
adalah ....
A. bagian dari permukaan bumi, baik ala-miah
maupun binaan manusia yang membedakan diri dari areal yang ada di sekitarnya
B. semua benda (biotik dan abiotik) yang hidup
di lingkungan alam sekitar yang merupakan suatu rangkaian kehidupan yang saling
terkait
C. setiap bagian yang ada di permukaan bumi yang
mempunyai peran dan fungsi masing-masing
D. suatu wilayah yang di atasnya terdapat berbagai
makhluk hidup yang terus berkembang biak sesuai dengan bahan makanan yang
tersedia
18. Pengertian geografik secara umum adalah ....
A. ilmu keruangan yang mengkaji berbagai
fenomena dalam konteks keruangan
B. ilmu yang membahas fenomena alam dengan
segala aspeknya
C. ilmu yang mengkhususkan pada perkem-bangan
dan perubahan yang terjadi di atas permukaan bumi
D. ilmu yang membahas mengenai lapisan atas bumi
dengan segala makhluknya (biotic dan abiotik)
19. Bahwa sejarah dan geografi merupakan ilmu “Dwi
tunggal”, yang artinya, jika sejarah mempertanyakan suatu peristiwa itu “kapan”
terjadi, hal ini belum lengkap bila tidak dipertanyakan “dimana” terjadinya.
Hal ini diungkapkan oleh Emmanuel Kant pada abad ....
A. XVIII
B. XVII
C. XVI
D. XV
20. Salah satu bangunan bersejarah dan ter-masuk
“keajaiban dunia” adalah ....
A. menara Eifel
B. tembak besar di Cina
C. Bendungan Niagara
D. Golden Gate
21. Manusia dalam hidupnya mempunyai ber-bagai
keinginan dan kebutuhan hidup yang beragam dari sumber daya yang ada dan dapat
digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Untuk itu dalam ilmu ekonomi
menyangkut beberapa aspek yang perlu diperhatikan yaitu ....
A. penggunaan hari ini dan esok
B. menyediakan berbagai alternatif
C. keinginan manusia yang terbatas
D. menentukan berbagai kemungkinan
22. Ilmu politik mempelajari negara,
tujuan-tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan konsep
ini dikemukakan oleh ....
A. Roger F. Soltau
B. Frank H. Haukins
C. Horton and Hun
D. David Turney
23. Konsep glasnot (keterbukaan) dan perestroika (pembaharu) yang
merupakan gagasan dari Gorbachep telah menyebabkan dampak yang luas terhadap
perubahan peta politik dunia terumata yang dialami oleh negara-negara ....
A. Eropa
B. Barat
C. belah timur
D. di kawasan Asia
24. Sosiologi adalah studi ilmiah tentang
feno-mena yang timbul akibat hubungan kelompok-kelompok umat manusia. Definisi
ini dikemukakan oleh ....
A. E.A.Hoebel
B. Brow and Brow
C. Horton and Hunt
D. Frank H. Haukins
25. Menurut Koencaraningrat antropologi adalah ....
A. studi tentang manusia dan kebudayaan-nya
B. studi yang membahas kehidupan masya-rakat
C. studi tentang hubungan manusia dengan
lingkungan sekitar
D. studi yang mengkhususkan pada pen-dalam
interaksi antar masyarakat
26. Sesuatu yang mencerminkan tertembusnya
batas-batas lokal dan regional membentuk tatanan kehidupan manusia adalah arti
dari global ....
A. warning
B. village
C. issues
D. teritorial
27. Teknologi adalah jawaban praktis dari per-tanyaan “bagaimana”
dengan teknologi orang dapat memanfaatkan gejala alam, bahkan bisa mengubahnya.
Hal ini sesuai dengan pendapat dari ....
A. Koentjaraningrat
B. Marwah Daud Ibrahim
C. Rank. H. Haukin
D. E. A. Hoebel
28. Masyarakat yang mempunyai kemampuan memungut
bahan pangan dengan meng-gunakan tombak, panah untuk berburu dan menangkap ikan
dengan menggunakan tong-kat disebut sebagai masyarakat....
A. peranan pangan sederhana
B. peranan pangan lebih maju
C. pertanian sederhana
D. pertanian lebih maju
29. Ribuan tahun lalu, perubahan besar dalam
bercocok tanam sederhana menjadi pertanian lebih maju, dimana IPTEK pertanian
yang lebih ringan dari periode sebelumnya. Oleh Alfin Toffler termasuk pada
tahap gelombang ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
30. Dalam perkembangan sejarah transportasi
dikenal dengan istilah jalan sutra (silk road) hal ini didahului oleh ....
A. pencarian rempah-rempah oleh orang Eropa ke
Afrika dan Asia
B. pencarian jalur transportasi di benua Asia
oleh orang-orang Eropa
C. perjalanan orang-orang Arab ke Asia dalam
rangka menjual sutra
D. terjadinya transaksi jual beli antara
pedagang dari Afrika ke Asia
31. Badan Dana PBB yang menangani bidang ke
pendudukan adalah ....
A. Food and Agriculture Organization
B. United National Fund for Population
C. Word Health Organization
D. United Nations Environment Programme
32. Kesadaran adalah sikap pandang atau cara pandang yang melihat
sesuatu berdasarkan kepentingan. Hal ini
tertuang dalam Ensiklo-pedi Nasional Indonesia jilid ....
A. 17
B. 16
C. 15
D. 14
33. Nasionalisme yang kuat dapat menjadi pilar
terhadap pengaruh buruk dari perkembangan teknologi. Jadi nasionalisme atau
semangat kesadaran bersama untuk menjaga nilai yang dimiliki. Pendapat ini
dikemukakan oleh ....
A. Haas
B. Clifford Berry
C. HAR Tilaar
D. Makagiansar
34. Terciptanya perkembangan teknologi komu-nikasi nilasi modern yaitu
berasal dari perpaduan antara teknologi komunikasi dan teknologi komputer
adalah hasil rekayasa dari ....
A. Steiner
B. Clifford Berry
C. Parker dan Jarolimek
D. Howard F
35. Menurut Emil Salim krisis teluk mempunyai
dampak yang luas terhadap negara lain, baik secara politik mampu ekonomi. Hal ini merupakan bidang kekuatan gelombang globalisasi
yang ke ....
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat
36. Dengan adanya globalisasi, kita harus
mengikuti segala perubahan yang terjadi di berbagai sektor apabila kita ingin
tetap surfive salah satu ciri-ciri globalisasi yaitu ....
A. keterbatasan
B. sulit informasi
C. kompetisi yang sehat
D. keterjangkauan
37. Penguasaan ilmu dan teknologi perlu di raih,
karena pengaruh IPTEK terhadap globalisasi sangat besar. Hal ini sejalan dengan pendapat dari ....
A. Loren Bagus
B. Clifford Berry
C. HAR Tilaar
D. Mochtar Buchori
38. Kemampuan mengantisipasi dalam dunia pendidikan yaitu harus berusaha
menyiapkan anak didik untuk mampu mengikuti perkembangan IPTEK yang begitu
cepat. Konsep ini dikemukakan oleh ....
A. Makaginsar
B. GT. Miller
C. Marry Field
D. Loren Bagus
39. Perkembangan arus informasi yang begitu cepat
akibat kemajuan teknologi komunikasi maka sebagai orang tua perlu waspada
terhadap perubahan tersebut, cara yang da-pat dilakukan adalah ....
A. memanfaatkan pertemuan ilmiah
B. mengikuti berita di media
C. menampung berbagai peristiwa dunia
D. menyekolahkan anak setinggi mungkin
40. Era globalisasi adalah era informasi dengan
sarana sarannya yang dikenal sebagai “superhighway”, dan merupakan kebutuhan
masyarakat modern yang perlu dikuasai. Konsep inovasi ini dikemukakan oleh ....
A. Emil Salim
B. HAR Tilaar
C. Haas
D. Loren Bagus
41. Di daratan Afrika sebagian besar terdapat ras
hitam (Negroid) sedangkan di daratan Asia cenderung banyak ras kuning atau
disebut sebagai ras ....
A. kaukasaid
B. mongoloid
C. Bar-bar
D. melanesia
42. Kependudukan pembangunan, hak asasi manusia, emigrasi, imigrasi,
kepemilikan bersama, kelaparan, prasangka dan diskri-minasi adalah isu-isu dan
masalah global yang disampaikan oleh ....
A. Bartelmus
B. Marry Field
C. Howard
D. Parker
43. Menurut Bartelmus pembangunan adalah ....
A. proses yang berupaya memperbaiki kondisi
hidup masyarakat, baik kondisi materi mampu non material
B. proses yang menekankan pada kese-jahteraan
masyarakat secara menyeluruh
C. upaya yang dikonsentrasikan pada kepentingan
masyarakat baik secara materi maupun non materi
D. upaya mensejahterakan masyarakat secara
material dan imaterial
44. Perpindahan penduduk itu dapat berupa emigrasi maupun
imigrasi, emigrasi adalah ….
A. keluarga penduduk dari suatu negara
B. masuknya penduduk dari suatu negara
C. berpindahnya penduduk ke negara lain
D. berpindahnya penduduk ke kota lain
45. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan
semua benda, daya dan keadaan, makluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan
perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kese-jahteraan
manusia serta makluk hidup lainnya. Definisi ini tertuang dalam Undang-undang
Republik Indonesia ....
A. Nomor 4 tahun 1982
B. Nomor 4 tahun 1983
C. Nomor 2 tahun 1982
D. Nomor 2
tahun 1983
46. Dalam prakteknya, penerapan IPTEK untuk
mengolah sumber daya dan lingkungan selalu bermata dua, hal ini mempunyai makna
....
A. di satu pihak menjadi rahmat di lain pihak
menjadi laknat
B. bermanfaat bagi orang lain dan di satu sisi
merugikan lingkingan
C. di satu sisi memberi manfaat bagi lingkungan
di sisi lain merusak lingkungan
D. dipihak lain manusia dapat mengambil manfaat,
di sisi lain mendapatkan akibat
47. Dalam istilah ekonomi dikenal interlingkage
atau saling keterkaitan dan interdependensi yang berarti saling ....
A. mengikat
B. ketergantungan
C. menguntungkan
D. mengembangkan
48. Kemajuan IPTEK di bidang produksi industri
telah menghasilkan berbagai jenis logam, kaca, plastik, akan tetapi limbah dari
salah satu industri tersebut dapat menyebabkan dampak negatif yaitu efek rumah
kaca yang berupa ....
A. meningkatnya komulasi CO2 di udara
B. dihasilkan oksigen O2 secara
berlebihan
C. meningkatnya kualitas CO2
D. dihasilkan CO2 yang
merusak lapisan ozon
49. Negara yang kemampuan SDMnya masih sangat
rendah dalam menguasai dan memanfaatkan IPTEK, sumber daya alam serta
lingkungan bagi kemakmurannya termasuk sebagai negara ....
A. terbelakang
B. sedang berkembang
C. berkembang
D. negara maju
50. Negara yang tingkat dan kemampuan ekonomi
serta pendapatnya lebih baik, seperti Mesir, Maroko, Republik Afrika Selatan,
termasuk ke dalam kelompok negara yang termasuk ....
A. terbelakang
B. sedang berkembang
C. berkembang
D. maju
51. Suatu negara yang dapat memanfaatkan sumber
daya yang ada di negara lain, termasuk pada kategori negara ....
A. maju
B. berkembang
C. sedang berkembang
D. terbelakang
52. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika sangat berpengaruh
karena nilai tukar rupiah berada di barat kuasa dalam Amerika. “Dikuasai” disini dapat diartikan sebagai ....
A. subordinasi
B. superioritas
C. disadvantase
D. advantage
53. Anak-anak sekarang lebih mengenal ma-kanan
cepat saji (fast food) dibandingkan makanan tradisional seperti toge goreng
makanan khas Bogor. Jenis makanan yang sudah mengglobal dan banyak digemari
anak-anak adalah ....
A. Mie ayam
B. Soto mie
C. Mac Donald
D. Nasi rawon
54. Sepertima dari ras umat manusia hidup dalam
kemiskinan yang memprihatinkan (acute) dan sekitar 40% dari penduduk dunia
tidak memiliki kehidupan yang wajar. Pernyataan ini dikemukakan oleh
....
A. Howard F. Didsbury
B. Parker
C. David Turney
D. Barney
55. Dalam dunia global, persaingan hidup kegi-atan keras dan sangat
kompetitif, sehingga eksesnya dapat menyebabkan kesenjangan social yaitu ....
A. tingkat kesehatan dan pendidikan sangat
rendah
B. keterampilan individu sangat rendah
C. tingkat penghasilan tidak sesuai dengan
pengeluaran
D. sulitnya masyarakat tertentu mencari
penghidupan
56. Persaingan yang ketat, di berbagai sektor
kehidupan termasuk di dalamnya persaingan ekonomi yang menimbulkan kesenjangan
terutama bagi individu atau masyarakat yang tidak mempunyai keahlian, yaitu
....
A. pengangguran dan gelandangan
B. pendidikan dan keterampilan
C. penghasilan dan daya beli
D. pemanfaatan fasilitas
57. Di Indonesia pelanggaran terhadap ling-kungan
seperti penerbangan hutan tidak menjadi prioritas utama dalam pembangunan dan
seringkali bebas dari hukuman, dampak lingkungan ditimbulkan dapat berupa ....
A. tanah longsor
B. pendidikan masyarakat rendah
C. pengangguran tidak kentara
D. kemiskinan
58. Pada negara-negara yang tergolong
ber-kembang, penegakkan Hak Asasi Manusia (HAM) terkadang sulit untuk
ditegakkan, karena berbagai faktor. Yang termasuk ke dalam aspek Hak Asasi
Manusia yaitu hak ....
A. menguasai pasar
B. sekolah di perguruan tinggi
C. memiliki kesadaran
D. hak berekspresi
59. Dalam proses dan perjalanan kehidupan sebagai
negara bangsa Indonesia tidak selalu berada pada garis yang mendatar atau naik.
Untuk itu Indonesia menjalin kerjasama antara dua negara yang disebut dengan
istilah ....
A. multilateral
B. bilateral
C. bebas aktif
D. terbatas
60. Kita harus “Berpikir secara global, sementara bertindak secara
local” (Think Globally white acting locally) ....
A. Huang Sheng Siaw
B. Peter Haggett
C. Parker dan Jorolimek
D. Hoopes
No comments:
Post a Comment