LATIHAN MANDIRI
PENDIDIKAN SENI
RUPA DAN KERAJINAN TANGAN
(PGSD2403)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 50, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Perbedaan
antara seni tari dengan seni rupa adalah pada ....
A. kemampuan kreatifnya
B. bentuknya
C. kepekaan indranya
D. intuitifnya
2. Menurut Wilson
aspek-aspek yang bukan termasuk dalam matra seni adalah ....
A. penilaian
B. empati
C. perasaan
D. ekspresi
3. Hasil karya seni rupa yang berbentuk ukiran
pada mebel ditinjau dari fungsinya, seni itu sebagai ....
A. seni keindahan
B. seni pakai
C. seni murni
D. seni konstruksi
4. Sebuah karya
seni yang memadukan kolaborasi dengan seni yang lain adalah ....
A. pertunjukkan seni tari
B. pameran seni rupa
C. pertunjukkan musik
D. pembacaan puisi
5. Karya seni yang
sengaja dibuat untuk kepentingan dekorasi/hiasan pada sebuah ruangan dapat
dikelompokkan sebagai seni pakai, ditinjau dari ....
A. tipenya
B. fungsinya
C. jenisnya
D. aspeknya
6. Ukiran pada pintu rumah disamping
sebagai karya seni juga untuk menambah keindahan, maka seni ini dikelompokkan
ke dalam seni ....
A. murni
B. untuk seni
C. dekorasi
D. terapan
7. Seorang pelukis
sedang melukis dengan tujuan semata-mata untuk mengungkapkan perasaannya saja.
Maka peran seni ini sebagai ....
A. pendidikan
B. ekspresi
C. komunikasi
D. dokumentasi
8. Dalam aktifitas
seni ini terdapat unsur pengirim pesan, penerima pesan dan isi pesan, maka
aktifitas seni ini berfungsi sebagai ....
A. pendidikan
B. bermain
C. ekspresi
D. komunikasi
9. Seni memiliki
sifat yang bebas sehingga membuat si pelaku seni mengalami kesenangan. Hal ini
menunjukkan bahwa fungsi seni dapat dijadikan sebagai media ....
A. bermain
B. rekreasi
C. komunikasi
D. ekspresi
10. Untuk
mengetahui bakat seni anak dapat dicontohkan seperti di bawah ....
A. anak suka menggambar walaupun tidak bisa
B. anak suka bereksplorasi pada seni
C. anak senang mendengarkan musik
D. anak memiliki nilai seni yang tinggi
11. Ada anak usia 8 tahun sedang melukis dengan
antusiasnya, bahkan semangatnya menggebu-gebu dalam menuangkan cat ke dalam
gambarnya. Hal ini membuktikan bahwa seni berfungsi sebagai ....
A. media komunikasi
B. media ekspresi
C. media bermain
D. media pendidikan
12. Apabila anak berlatih menggambar, dengan
sendirinya fisik menjadi trampil. Hal ini menunjukkan kematangan anak pada ....
A. fisik
B. motorik
C. estetis
D. keterampilannya
13. Kemampuan dasar anak melalui seni diantaranya
adalah ....
A. perseptual
B. apresiasi
C. terampil
D. bakat
14. Seni sangat erat hubungannya dengan alam
sekitar, maka bahan kajiannya dikembangkan dari lingkungan. Hal ini merupakan
contoh ....
A. pendidikan seni bermakna
B. pendidikan apresiasi seni
C. lingkungan pendidikan seni
D. seni sebagai pendidikan
15. Salah satu contoh pembelajaran terpadu,
adalah ….
A. kegiatan pembelajaran anak di kelas dengan
materi dari buku
B. pembelajaran biologi siswa diajak ke kebun
C. pembelajaran melukis, siswa mencontoh lukisan
yang telah ada
D. pembelajaran menggambar bebas tetapi di dalam
kelas
16. Pembelajaran seni terpadu di sekolah dasar
bentuk penyelenggaraannya adalah bidang studi ....
A. menggambar dan melukis
B. seni drama dan musik
C. pendidikan keterampilan, seni musik, seni
drama, seni rupa
D. pendidikan seni rupa/kerajinan tangan
17. Kegiatan seni yang berkaitan dengan kemampuan
anak mengolah kesadarannya terhadap lingkungan sekitar, adalah merupakan
kegiatan seni sebagai media ....
A. belajar
B. pendidikan
C. berlatih
D. ekspresi
18. Dilihat dari jenisnya lukisan termasuk karya
seni rupa ....
A. satu matra
B. dua matra
C. tiga matra
D. empat matra
19. Karya seni rupa trimatra memiliki tiga ukuran
yaitu ....
A. panjang, lebar, volume
B. tinggi, tebal, dalam
C. panjang, lebar, luas
D. isi, volume, dalam
20. Konsep matra karya seni rupa dapat dilihat
dari ukurannya. Karya yang memiliki dua matra adalah ....
A. patung
B. taman
C. relief
D. bangunan
21. Menurut Rhode Kellog perkembangan seni rupa
anak pada masa gambar adalah antara umur ....
A. 5 – 7 tahun
B. 4 – 6 tahun
C. 4 – 5 tahun
D. 3 – 5 tahun
22. Seni rupa anak yang memiliki tipologi visual
karyanya lebih menonjolkan ....
A. indrawinya
B. ekspresinya
C. fantasinya
D. fisik
23. Anak dalam menggambar selalu ingin
mengungkapkan apa yang terdapat dalam angan-angannya, sehingga bidang gambar
penuh dengan apa yang ia angankan. Anak tersebut memiliki tipe ....
A. visual
B. haptik
C. x-ray
D. rebahan
24. Apabila anak menggambar dengan menunjukkan semua objek sehingga
seperti kita melihat dari ketinggiannya. Gambar ini
termasuk dalam karakteristik ....
A. perspektif burung
B. tumpang tindih
C. x-ray
D. rebahan
25. Pada usia 3 – 4 tahun anak telah mulai mengontrol goresan dan
memberi nama. Masa ini disebut ....
A. coreng moreng
B. pra bagan
C. bagan
D. realisme
26. Bahan untuk membentuk bagi siswa SD yang
paling tepat di bawah ini, adalah ....
A. gib
B. plastisin
C. kayu
D. logam
27. Hasil karya seni rupa yang bukan dari teknik
membentuk adalah ....
A. patung
B. lampion
C. batik
D. maket
28. Media karya seni rupa anak SD akan berbeda
dengan anak yang sudah dewasa, hal ini mempertimbangkan segi ....
A. manfaat
B. keamanan
C. ekonomi
D. kesesuaian
29. Media berkarya bagi siswa SD yang paling
cocok adalah ....
A. pisau kater, semen, pahat
B. tanah liat, sudip, kawat
C. semen, gergaji, pahat
D. las, gerenda, pahat
30. Unsur gambar yang paling menonjol adalah
bidang, karena dibatasi oleh ....
A. tekture
B. garis
C. bintik
D. warna
31. Warna merah dicampur dengan warna kuning
dengan perbandingan yang sama akan menghasilkan warna ....
A. jingga
B. violet
C. hijau
D. ping
32. Sebuah karya seni rupa dihasilkan dari
susunan unsur seni rupa, unsur manakah yang tidak perlu disusun dalam
menghasilkan sebuah karya ....
A. irama
B. komposisi
C. garis
D. proporsi
33. Untuk mengukur keseimbangan susunan unsur
seni rupa digunakan ....
A. alat ukur penggaris
B. perasaan
C. irama
D. matra
34. Untuk membuat komposisi yang bagus kita harus
merencanakan tujuan apa yang diinginkan. Yang tidak termasuk perencanaan tujuan
dalam membuat komposisi tersebut adalah ....
A. menentukan unsur rupa
B. bahan yang akan dipergunakan
C. konsep karya seni
D. komposisinya
35. Susunan sebuah karya yang unsurnya tidak sama
antara atas dan bawah, kanan dan kiri dinamakan ....
A. asimetris
B. simetris
C. konstan
D. diagonal
36. Perbandingan unsur-unsur dari sebuah bentuk
(kepala, tangan, badan, kaki harus sebanding pada bentuk manusia), unsur-unsur
yang menjadi sebuah bentuk disebut ....
A. komposisi
B. kesatuan
C. keserasian
D. proporsi
37. Perpaduan warna manakah yang menjadikan warna
itu serasi ....
A. merah, ping, jingga
B. biru, violet, kuning
C. hijau, hijau muda, kuning
D. merah, hijau, coklat
38. Dalam prinsip keseimbangan warnapun memiliki bobot. Di bawah ini
manakah yang memiliki bobot paling ringan ....
A. biru
B. merah
C. kuning
D. putih
39. Susunan unsur-unsur seni rupa dengan
pengulangan akan membuat kesan bagi penikmatnya. Pengulangan susunan ini
disebut ....
A. komposisi
B. irama
C. proporsi
D. keseimbangan
40. “Ibu” adalah judul lukisan paling terkenal
pelukis ekspresionisme Indonesia, yaitu ....
A. Basuki Abdullah
B. Raden Saleh
C. S. Soedjojono
D. Affandi
41. Setelah tahapan apresiasi terhadap seni bagi
anak maka akan tumbuh sikap ....
A. seni
B. empati
C. terpesona
D. tertarik
42. Kegiatan yang bukan kegiatan apresiasi seni
rupa anak adalah ....
A. melihat pameran lukisan
B. pameran karya bersama di kelas
C. mengomentari karya teman sekelas
D. membeli lukisan atau karya seni yang lain
43. Monalisa adalah lukisan karya seorang pelukis
besar, yaitu ....
A. Mark Chagal
B. Michael Anglo
C. Leonardo da Vince
D. Vincen van Gogh
44. Setelah anak merasa terpesona dan terharu
terhadap karya seni maka akan timbul sikap, kecuali ....
A. simpati
B. menikmati
C. menilai
D. menghargai
45. Cat dapat dipakai sebagai media melukis. Cat
yang memiliki sifat transparan adalah cat ....
A. air
B. plakat
C. minyak
D. akrilik
46. Wayang adalah hiasan dari hasil penggayaan
bentuk alam dengan motif ....
A. tumbuhan
B. manusia
C. binatang
D. geometris
47. Pada halaman buku pelajaran terdapat gambar
yang berfungsi untuk membantu memperjelas isi buku. Gambar ini termasuk jenis gambar ....
A. dekorasi
B. perspektif
C. model
D. ilustrasi
48. Yang membedakan antara menggambar dengan
melukis, adalah ....
A. medianya
B. ekspresinya
C. objeknya
D. idenya
49. Di bawah ini adalah contoh dari gambar ....

A. bentuk
B. perspektif
C. ekspresi
D. karikatur
50. Gambar dekorasi di bawah ini menggunakan
motif ....

A. geometris tumpal
B. stiliran daun
C. deformasi gunung
D. penggayaan tumbuhan
No comments:
Post a Comment