Cloud Hosting Indonesia

04 April, 2014

Soal pendidikan seni rupa dan kerajinan tangan



LATIHAN MANDIRI
PENDIDIKAN SENI RUPA DAN KERAJINAN TANGAN
(PGSD2403)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 50,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Perbedaan antara seni tari dengan seni rupa adalah pada ....     
A.   kemampuan kreatifnya
B.   bentuknya
C.   kepekaan indranya
D.   intuitifnya

2.   Menurut Wilson aspek-aspek yang bukan termasuk dalam matra seni adalah ....
A.   penilaian
B.   empati
C.   perasaan
D.   ekspresi
     
3.   Hasil karya seni rupa yang berbentuk ukiran pada mebel ditinjau dari fungsinya, seni itu sebagai ....
A.   seni keindahan
B.   seni pakai
C.   seni murni
D.   seni konstruksi

4.   Sebuah karya seni yang memadukan kolaborasi dengan seni yang lain adalah ....
A.   pertunjukkan seni tari
B.   pameran seni rupa
C.   pertunjukkan musik
D.   pembacaan puisi

5.   Karya seni yang sengaja dibuat untuk kepentingan dekorasi/hiasan pada sebuah ruangan dapat dikelompokkan sebagai seni pakai, ditinjau dari ....
A.   tipenya
B.   fungsinya
C.   jenisnya
D.   aspeknya

6.   Ukiran pada pintu rumah disamping sebagai karya seni juga untuk menambah keindahan, maka seni ini dikelompokkan ke dalam seni ....
A.   murni
B.   untuk seni
C.   dekorasi
D.   terapan

7.   Seorang pelukis sedang melukis dengan tujuan semata-mata untuk mengungkapkan perasaannya saja. Maka peran seni ini sebagai ....
A.   pendidikan
B.   ekspresi
C.   komunikasi
D.   dokumentasi

8.   Dalam aktifitas seni ini terdapat unsur pengirim pesan, penerima pesan dan isi pesan, maka aktifitas seni ini berfungsi sebagai ....
A.   pendidikan
B.   bermain
C.   ekspresi
D.   komunikasi

9.   Seni memiliki sifat yang bebas sehingga membuat si pelaku seni mengalami kesenangan. Hal ini menunjukkan bahwa fungsi seni dapat dijadikan sebagai media ....
A.   bermain
B.   rekreasi
C.   komunikasi
D.   ekspresi

10.   Untuk mengetahui bakat seni anak dapat dicontohkan seperti di bawah ....
A.   anak suka menggambar walaupun tidak bisa
B.   anak suka bereksplorasi pada seni
C.   anak senang mendengarkan musik
D.   anak memiliki nilai seni yang tinggi

11.   Ada anak usia 8 tahun sedang melukis dengan antusiasnya, bahkan semangatnya menggebu-gebu dalam menuangkan cat ke dalam gambarnya. Hal ini membuktikan bahwa seni berfungsi sebagai ....
A.   media komunikasi
B.   media ekspresi
C.   media bermain
D.   media pendidikan

12.   Apabila anak berlatih menggambar, dengan sendirinya fisik menjadi trampil. Hal ini menunjukkan kematangan anak pada ....
A.   fisik
B.   motorik
C.   estetis
D.   keterampilannya
13.   Kemampuan dasar anak melalui seni diantaranya adalah ....
A.   perseptual
B.   apresiasi
C.   terampil
D.   bakat

14.   Seni sangat erat hubungannya dengan alam sekitar, maka bahan kajiannya dikembangkan dari lingkungan. Hal ini merupakan contoh ....
A.   pendidikan seni bermakna
B.   pendidikan apresiasi seni
C.   lingkungan pendidikan seni
D.   seni sebagai pendidikan

15.   Salah satu contoh pembelajaran terpadu, adalah ….
A.   kegiatan pembelajaran anak di kelas dengan materi dari buku
B.   pembelajaran biologi siswa diajak ke kebun
C.   pembelajaran melukis, siswa mencontoh lukisan yang telah ada
D.   pembelajaran menggambar bebas tetapi di dalam kelas

16.   Pembelajaran seni terpadu di sekolah dasar bentuk penyelenggaraannya adalah bidang studi ....
A.   menggambar dan melukis
B.   seni drama dan musik
C.   pendidikan keterampilan, seni musik, seni drama, seni rupa
D.   pendidikan seni rupa/kerajinan tangan

17.   Kegiatan seni yang berkaitan dengan kemampuan anak mengolah kesadarannya terhadap lingkungan sekitar, adalah merupakan kegiatan seni sebagai media ....
A.   belajar
B.   pendidikan
C.   berlatih
D.   ekspresi

18.   Dilihat dari jenisnya lukisan termasuk karya seni rupa ....
A.   satu matra
B.   dua matra
C.   tiga matra
D.   empat matra

19.   Karya seni rupa trimatra memiliki tiga ukuran yaitu ....
A.   panjang, lebar, volume
B.   tinggi, tebal, dalam
C.   panjang, lebar, luas
D.   isi, volume, dalam
20.   Konsep matra karya seni rupa dapat dilihat dari ukurannya. Karya yang memiliki dua matra adalah ....
A.   patung
B.   taman
C.   relief
D.   bangunan

21.   Menurut Rhode Kellog perkembangan seni rupa anak pada masa gambar adalah antara umur ....
A.   5 – 7 tahun
B.   4 – 6 tahun
C.   4 – 5 tahun
D.   3 – 5 tahun

22.   Seni rupa anak yang memiliki tipologi visual karyanya lebih menonjolkan ....
A.   indrawinya
B.   ekspresinya
C.   fantasinya
D.   fisik

23.   Anak dalam menggambar selalu ingin mengungkapkan apa yang terdapat dalam angan-angannya, sehingga bidang gambar penuh dengan apa yang ia angankan. Anak tersebut memiliki tipe ....
A.   visual
B.   haptik
C.   x-ray
D.   rebahan

24.   Apabila anak menggambar dengan menunjukkan semua objek sehingga seperti kita melihat dari ketinggiannya. Gambar ini termasuk dalam karakteristik ....
A.   perspektif burung
B.   tumpang tindih
C.   x-ray
D.   rebahan

25.   Pada usia 3 – 4 tahun anak telah mulai mengontrol goresan dan memberi nama. Masa ini disebut ....
A.   coreng moreng
B.   pra bagan
C.   bagan
D.   realisme

26.   Bahan untuk membentuk bagi siswa SD yang paling tepat di bawah ini, adalah ....
A.   gib
B.   plastisin
C.   kayu
D.   logam

27.   Hasil karya seni rupa yang bukan dari teknik membentuk adalah ....
A.   patung
B.   lampion
C.   batik
D.   maket

28.   Media karya seni rupa anak SD akan berbeda dengan anak yang sudah dewasa, hal ini mempertimbangkan segi ....
A.   manfaat
B.   keamanan
C.   ekonomi
D.   kesesuaian

29.   Media berkarya bagi siswa SD yang paling cocok adalah ....
A.   pisau kater, semen, pahat
B.   tanah liat, sudip, kawat
C.   semen, gergaji, pahat
D.   las, gerenda, pahat

30.   Unsur gambar yang paling menonjol adalah bidang, karena dibatasi oleh ....
A.   tekture
B.   garis
C.   bintik
D.   warna

31.   Warna merah dicampur dengan warna kuning dengan perbandingan yang sama akan menghasilkan warna ....
A.   jingga
B.   violet
C.   hijau
D.   ping

32.   Sebuah karya seni rupa dihasilkan dari susunan unsur seni rupa, unsur manakah yang tidak perlu disusun dalam menghasilkan sebuah karya ....
A.   irama
B.   komposisi
C.   garis
D.   proporsi

33.   Untuk mengukur keseimbangan susunan unsur seni rupa digunakan ....
A.   alat ukur penggaris
B.   perasaan
C.   irama
D.   matra

34.   Untuk membuat komposisi yang bagus kita harus merencanakan tujuan apa yang diinginkan. Yang tidak termasuk perencanaan tujuan dalam membuat komposisi tersebut adalah ....
A.   menentukan unsur rupa 
B.   bahan yang akan dipergunakan
C.   konsep karya seni
D.   komposisinya

35.   Susunan sebuah karya yang unsurnya tidak sama antara atas dan bawah, kanan dan kiri dinamakan ....
A.   asimetris
B.   simetris
C.   konstan
D.   diagonal

36.   Perbandingan unsur-unsur dari sebuah bentuk (kepala, tangan, badan, kaki harus sebanding pada bentuk manusia), unsur-unsur yang menjadi sebuah bentuk disebut ....
A.   komposisi
B.   kesatuan
C.   keserasian
D.   proporsi

37.   Perpaduan warna manakah yang menjadikan warna itu serasi ....
A.   merah, ping, jingga
B.   biru, violet, kuning
C.   hijau, hijau muda, kuning
D.   merah, hijau, coklat

38.   Dalam prinsip keseimbangan warnapun memiliki bobot. Di bawah ini manakah yang memiliki bobot paling ringan ....
        A.   biru
B.   merah
C.   kuning
D.   putih

39.   Susunan unsur-unsur seni rupa dengan pengulangan akan membuat kesan bagi penikmatnya. Pengulangan susunan ini disebut ....
A.   komposisi
B.   irama
C.   proporsi
D.   keseimbangan

40.   “Ibu” adalah judul lukisan paling terkenal pelukis ekspresionisme Indonesia, yaitu ....
A.   Basuki Abdullah
B.   Raden Saleh
C.   S. Soedjojono
D.   Affandi

41.   Setelah tahapan apresiasi terhadap seni bagi anak maka akan tumbuh sikap ....
A.   seni
B.   empati
C.   terpesona
D.   tertarik

42.   Kegiatan yang bukan kegiatan apresiasi seni rupa anak adalah ....
A.   melihat pameran lukisan
B.   pameran karya bersama di kelas
C.   mengomentari karya teman sekelas
D.   membeli lukisan atau karya seni yang lain

43.   Monalisa adalah lukisan karya seorang pelukis besar, yaitu ....
A.   Mark Chagal
B.   Michael Anglo
C.   Leonardo da Vince
D.   Vincen van Gogh

44.   Setelah anak merasa terpesona dan terharu terhadap karya seni maka akan timbul sikap, kecuali ....
A.   simpati
B.   menikmati
C.   menilai
D.   menghargai

45.   Cat dapat dipakai sebagai media melukis. Cat yang memiliki sifat transparan adalah cat ....
A.   air
B.   plakat
C.   minyak
D.   akrilik

46.   Wayang adalah hiasan dari hasil penggayaan bentuk alam dengan motif ....
A.   tumbuhan
B.   manusia
C.   binatang
D.   geometris

47.   Pada halaman buku pelajaran terdapat gambar yang berfungsi untuk membantu memperjelas isi buku. Gambar ini termasuk jenis gambar ....
A.   dekorasi
B.   perspektif
C.   model
D.   ilustrasi






48.   Yang membedakan antara menggambar dengan melukis, adalah ....
A.   medianya
B.   ekspresinya
C.   objeknya
D.   idenya

49.   Di bawah ini adalah contoh dari gambar ....

A.   bentuk
B.   perspektif
C.   ekspresi
D.   karikatur

50.   Gambar dekorasi di bawah ini menggunakan motif ....

A.   geometris tumpal
B.   stiliran daun
C.   deformasi gunung
D.   penggayaan tumbuhan

No comments:

Post a Comment