LATIHAN MANDIRI
PENDIDIKAN BAHASA
DAN SASTRA KELAS TINGGI
(PGSD2304)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 23, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Pernyataan
manakah yang menunjukkan adanya hubungan menyimak dengan berbicara berikut ini?
....
A. menyimak dan berbicara merupakan
praktik komunikasi antar individu dengan menggunakan bahasa tulisan sebagai
alatnya
B. menyimak dan berbicara merupakan
praktik komunikasi antar individu dengan menggunakan bahasa lisan sebagai
alatnya
C. menyimak dan berbicara merupakan
praktik komunikasi antar kelompok masyarakat dengan menggunakan bahasa lisan
sebagai alatnya
D. menyimak dan berbicara merupakan
praktik komunikasi antar kelompok masyarakat dengan menggunakan bahasa tulisan
sebagai alatnya
2. Eni adalah
anak yang pendiam di kelas IV SD. Ketika guru bercerita tentang dongeng “Si
Gagah Berani” terlihat ketakutan jika ditunjuk untuk melanjutkan cerita guru,
sehingga ia menyimak cerita guru dengan tekun dan sungguh-sungguh. Keadaan
yang dilukiskan di atas sering dijumpai di kelas, strategi pembelajaran yang
digunakan guru adalah ....
A. bermain peran
B. dramatisasi
C. menyelesaikan cerita
D. menjawab pertanyaan
3. Di dalam pembelajaran di
kelas, guru meminta seorang anak untuk bercerita tentang cerita yang telah
diketahuinya. Ternyata, anak mempunyai kreativitas yang berbeda-beda. Ada anak
yang menceritakan tentang pengalaman ke rumah neneknya, bermain kelereng,
membantu ibu, makanan kesukaannya, dan sebagainya. Strategi pembelajaran
berbahasa lisan yang digunakan guru seperti di atas adalah ....
A. bermain peran
B. bercerita
C. berbicara
D. berdiskusi
4. Guru meminta
anak untuk memerankan penjual buah-buahan dan pembeli buah. Kemudian anak
mencobakan bagaimana bertanya harga buah kepada penjual buah dengan bahasa
lisan. Pembelajaran berbahasa lisan tersebut di atas menerapkan strategi ....
A. bermain peran
B. dramatisasi
C. bertanya jawab
D. pemberian latihan
5. Penerapan
strategi dramatisasi dalam pembelajaran bahasa lisan di SD kelas V sebagai
berikut ....
A. guru meminta anak untuk
memerankan lakon percekcokkan antara penjual buah-buahan dan pembeli buah
sesuai dengan naskah teks. Kemudian anak mencoba mengekspresikan perasaan dan
pikirannya sesuai dengan pentas yang ada
B. guru berdemonstrasi bagaimana
memerankan untuk menjadi penjual buah dan pembeli buah dengan bahasa lisan di
depan kelas. Anak mendengarkan dengan baik
C. guru berdialog dengan anak
bagaimana bermain drama dengan menggunakan bahasa lisan yang baik
D. guru meminta siswa menjelaskan
arti dialog dalam drama itu
6. Di kelas III SD terdapat tujuan
pembelajaran berbunyi “siswa mampu membaca puisi dengan intonasi yang tepat.”
Materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan tersebut adalah membaca ....
A. pemahaman
B. indah
C. bersuara
D. teknik
7. Butir
pembelajaran membaca bacaan dan menyatakan pendapat/perasaannya di SD
kelas tinggi, yang tepat menggunakan pendekatan ....
A. integratif
B. komunikatif
C. keterampilan proses
D. tematis
8. Tes membaca
pemahaman di Sekolah Dasar digunakan untuk menguji ....
A. kemampuan siswa dalam membaca
B. kecepatan siswa memahami isi
bacaan
C. pemahaman siswa terhadap isi
bacaan
D. pendapat siswa terhadap isi
bacaan
9. Upacara
bendera di sekolah kami berjalan sangat rapi. Kami kelas IV berbaris di bagian
kanan sendiri. Kebetulan peLATIHAN upacara semuanya murid kelas V. Dengan suara
yang keras dan lantang komandan upacara menertibkan barisan dengan mengucapkan
“Siap grak!”. Dengan serentak kami peserta upacara mengikuti komando dari
komandan upacara. Berdasarkan bacaan di atas, dapat disusun tes atau soal
membaca pemahaman tingkat pengetahuan sebagai berikut ....
A. Siapakah yang menjadi petugas
upacara bendera?
B. Bagaimana perjalanan upacara
bendera?
C. Apa yang menjadi pikiran utama
bacaan di atas?
D. Mengapa upacara di sekolah perlu
dilaksanakan?
10. Jika seorang
guru menyuruh anak di kelas untuk membaca dengan suara jelas tentang konsonan
dan vokal tertentu, maka guru tersebut membelajarkan membaca ....
A. dalam hati
B. teknik
C. indah
D. pemahaman
11. Seorang guru di kelas mengajarkan membaca
dengan langkah siswa diminta membaca teks bacaan yang telah disediakan.
Selanjutnya, siswa diberi tugas oleh guru yaitu anak disuruh mencari kalimat
topik dalam bacaan itu. Teknik yang digunakan guru tersebut adalah teknik
pembelajaran membaca ....
A. dalam hati
B. teknik
C. pemahaman
D. indah
12. Salah satu butir pembelajaran di kelas V SD
pada cawu I berbunyi “membaca cerita dan menyampaikan kesan tentang cerita
itu”. Butir pembelajaran tersebut tepat untuk materi pembelajaran membaca ....
A. sekilas
B. teknik
C. indah
D. pemahaman
13. Pembelajaran membaca di kelas VI SD salah
satu tujuannya adalah “siswa mampu membaca teks bacaan serta dapat mengutarakan
pendapat dan tanggapan mengenai isinya”. Pendekatan yang tepat untuk
membelajarkan membaca sesuai dengan tujuan tersebut adalah pendekatan ....
A. komunikatif
B. integratif
C. proses
D. tematis
14. Butir pembelajaran 1. di kelas III cawu I
berbunyi: “mendengarkan/membaca dongeng dan menceritakan kembali”. Teknik yang
tepat untuk digunakan guru dalam pembelajaran ialah ....
A. menceritakan kembali
B. melanjutkan cerita
C. mempraktikkan petunjuk
D. memparafrase
15. Di kelas V SD terdapat tujuan pembelajaran
menulis sebagai berikut: “Siswa mampu menulis karangan secara runtut”. Materi
pembelajaran yang sesuai untuk tujuan tersebut adalah ....
A. membuat daftar kegiatan sehari-hari dengan
menggunakan tabel sederhana
B. menuliskan suatu peristiwa secara sederhana
C. melaporkan hasil kunjungan
D. ceritakan pengalaman yang menarik
16. Pendekatan yang tepat untuk butir
pembelajaran “melaporkan hasil kunjungan” di kelas V SD ialah kecuali
pendekatan ....
A. integratif
B. komunikatif
C. keterampilan proses
D. tematik
17. Penguasaan kebahasaan, kemampuan memahami,
mengapresiasi sastra, dan kemampuan menggunakan bahasa Indonesia merupakan
ruang lingkup pengajaran ....
A. bahasa dan sastra Indonesia
B. berbahasa Indonesia di SD
C. keterampilan berbahasa
D. sastra Indonesia di SD
18. Di kelas III SD terdapat tema “peristiwa”.
Dari tema tersebut dapat ditentukan anak temanya yaitu ....
A. Pertandingan Sepak Bola
B. Berkunjung ke Tempat Wisata
C. Gunung Merapi Meletus
D.
Rekreasi ke Taman
Mini Indonesia Indah
19. Kunang-kunang,
kunang-kunang, kunang-kunangku
Kau bawa ke mana
lampu-lampumu
Datanglah kemari
kunang-kunangku
Berilah padaku lampu-lampu
Berdasarkan satu bait puisi di atas,
satu model pembelajaran membaca puisi dari aspek isi dapat dilakukan dengan
langkah-langkah sebagai berikut ....
A. siswa membaca dalam hati; kemudian satu siswa
diminta untuk mendeklamasikan di depan kelas; guru menunjukkan daya tarik puisi
itu dari segi rima dan irama; guru memberi contoh pembacaan puisi; dan siswa
menjawab pertanyaan pemahaman yang dibuat oleh guru
B. siswa membaca dalam hati; kemudian satu siswa
diminta untuk mendeklamasikan di depan kelas; guru menunjukkan daya tarik puisi
itu dari segi tema dan amanat; guru memberi pertanyaan tentang pembahasan tema
dan amanat puisi; dan siswa menjawab pertanyaan pemahaman yang dibuat oleh guru
C. siswa membaca dalam hati; guru menunjukkan
daya tarik puisi itu dari segi tema dan amanat; guru memberi pertanyaan tentang
pembahasan rima, irama, tema, dan amanat puisi; serta siswa menjawab pertanyaan
pemahaman yang dibuat oleh guru
D. siswa membaca dalam hati; kemudian satu siswa
diminta untuk mendeklamasikan di depan kelas; guru menunjukkan daya tarik puisi
itu dari segi tema dan irama; guru memberi pertanyaan tentang pembahasan tema
dan amanat puisi; dan siswa menjawab pertanyaan pemahaman yang dibuat oleh guru
20. Langkah-langkah model pembelajaran membaca
prosa bentuk cerita rakyat dapat dilakukan sebagai berikut ....
A. siswa diberi pertanyaan cerita rakyat yang
mereka kenal; guru memperkenalkan cerita rakyat Malin Kundang dan Sumatra Barat
dari bacaan yang telah disediakan; siswa disuruh membaca cerita rakyat
tersebut; guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai tokoh/pelaku, tema,
tempat kejadian, dan amanat cerita
B. guru memperkenalkan cerita rakyat Malin
Kundang dari Sumatra Barat dari bacaan yang telah disediakan; guru memberikan
pertanyaan kepada siswa mengenai tokoh/pelaku, tema, tempat kejadian, dan
amanat cerita, kemudian supaya lebih paham siswa disuruh membaca cerita rakyat
tersebut
C. siswa diberi pertanyaan cerita rakyat yang
mereka kenal; siswa disuruh membaca cerita rakyat tersebut; guru memberikan
pertanyaan kepada siswa mengenai tokoh/pelaku, tema, tempat kejadian, dan
amanat cerita; guru memperkenalkan cerita rakyat Malin Kundang dari Sumatra
Barat dari bacaan yang telah disediakan
D. guru memperkenalkan cerita rakyat Malin
Kundang dari Sumatra Barat dari bacaan yang telah disediakan; siswa disuruh
membaca cerita rakyat tersebut; siswa diberi pertanyaan cerita rakyat yang
mereka kenal; guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai tokoh/pelaku
tema, tempat kejadian, dan amanat cerita
21. Langkah-langkah model pembelajaran membaca
dan drama dapat dilakukan sebagai berikut ….
A. Guru memperkenalkan teks drama yang telah
disiapkan; siswa dibagi menjadi 6 kelompok dan masing-masing kelompok diLATIHANi
untuk latihan memerankan tokoh yang ada dalam teks drama; guru menjelaskan
bermain peran dalam teks drama; siswa diminta untuk membaca dalam hati teks
drama tersebut; guru menjelaskan bermain peran dalam teks drama; dan guru
memberikan penilaian terhadap latihan bermain peran siswa
B. guru memperkenalkan teks drama yang telah
disiapkan; siswa diminta untuk membaca dalam hati teks drama tersebut; guru
menjelaskan bermain peran dalam teks drama; siswa dibagi menjadi 6 kelompok dan
masing-masing kelompok ditugasi untuk latihan memerankan tokoh yang ada dalam
teks drama; dan guru memberikan penilaian terhadap latihan bermain peran siswa
C. Guru memperkenalkan teks drama yang telah disiapkan;
siswa dibagi menjadi 6 kelompok dan masing-masing kelompok ditugasi untuk
latihan memerankan tokoh yang ada dalam teks drama; guru memberikan penilaian
terhadap latihan bermain peran siswa; siswa diminta untuk membaca dalam hati
teks drama tersebut; guru menjelaskan bermain peran dalam teks drama
D. Guru
memperkenalkan teks drama yang telah disiapkan; siswa diminta untuk
membaca dalam hati teks drama tersebut, siswa dibagi menjadi 6 kelompok dan
masing-masing kelompok diberitugas untuk latihan memerankan tokoh yang ada
dalam teks drama; guru memberikan penilaian terhadap latihan bermain peran
siswa; dan guru menjelaskan bermain peran dalam teks drama
22. Pertanyaan pemandu yang tepat yang berkaitan
dengan tema pembelajaran “disiplin” ialah, kecuali ....
A. Siapakah yang wajib disiplin belajar?
B. Mengapa kita di rumah disuruh membaca dan
mengerjakan tugas(Pekerjaan Rumah)?
C. Bagaimana akibatnya jika kita tidak mau
belajar secara rutin?
D. Benarkah hanya guru yang perlu menanamkan
disiplin?
23. Pertanyaan “Apa pengaruh penerbangan
terhadap kehidupan manusia?” merupakan rumusan pertanyaan kognitif pada
tingkat ....
A. ingatan
B. pemahaman
C. aplikasi
D. analisis
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 24 SAMPAI
50, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
24. Berikut ini adalah prinsip-prinsip yang
melandasi pembelajaran keterampilan berbahasa lisan, kecuali ....
1) harus mempunyai tujuan yang jelas
yang diketahui oleh guru dan siswa
2) harus lebih menekankan praktik keterampilan
berbahasa
3) harus benar-benar
dilaksanakan dengan baik dan konsisten
25. Untuk menentukan kriteria strategi
pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SD adalah ....
1) membuat pembelajaran menarik dan tuntas bagi
siswa
2) menciptakan suasana belajar mengajar yang
menyenangkan
3) relevan
dengan tujuan instruksional umum dan khusus
26. Tujuan pembelajaran menulis di kelas tinggi
SD adalah siswa mampu menulis ....
1) karangan secara runtut
2) cerita berdasarkan pengalaman sehari-hari
3) laporan
27. Di dalam pembelajaran di kelas, siswa diminta
untuk melengkapi kalimat dengan kata-kata sendiri. Pembelajaran yang demikian
termasuk menggunakan teknik ....
1) menyusun kalimat
2) melengkapi kalimat
3) menulis karangan sederhana
28. Untuk menguji kemampuan menulis siswa dapat
dilakukan dengan tes. Tes untuk mengukur kemampuan menulis berikut ini adalah
siswa diminta menyusun ....
1) kalimat sederhana yang mudah dipahami
2) paragraf dari kalimat-kalimat yang diacak
urutannya
3) sebuah
karangan yang pokok pembicaraannya sesuai dengan kehidupan sehari-hari
29. Di kelas V SD terdapat butir pembelajaran:
“menceritakan kembali secara tertulis cerita rakyat yang telah dibaca atau
didengar”. Strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk butir pembelajaran
tersebut adalah ....
1) guru menyiapkan bacaan cerita rakyat
tertentu, siswa disuruh membaca dan memahami isi bacaan tersebut, guru
menugaskan siswa untuk menceritakan kembali secara tertulis dengan menggunakan
bahasa siswa sendiri, dan guru memeriksa karangan siswa
2) guru menyuruh siswa mencari cerita rakyat di
rumah, dari cerita rakyat yang di bawa siswa dibahas di depan kelas, siswa
disuruh menulis kembali cerita rakyat tersebut, terakhir guru memeriksa tulisan
siswa dan menilainnya
3) Guru menyuruh membaca
cerita rakyat yang ada di buku paket, siswa diminta memberi tanda-tanda
tertentu yang penting-penting dalam cerita rakyat tersebut, siswa diminta
menulis cerita rakyat tersebut dengan menggunakan bahasa sendiri, dan guru
memberikan penilaian terhadap karangan siswa
30. Di kelas V Cawu 2 terdapat butir pembelajaran
berbunyi,” menyusun kalimat pengumuman”. Strategi yang dapat diterapkan guru
untuk pembelajaran di kelas dapat dilaksanakan sebagai berikut ....
1) pertama, guru memberi contoh format
pengumuman, kedua guru menugaskan kepada siswa untuk membuat pengumuman,
dan ketiga guru memeriksa hasil pekerjaan siswa
2) pertama, guru memberi contoh format
pengumuman, kedua guru menerangkan jenis pengumuman, ketiga
menugaskan kepada siswa untuk membuat satu jenis pengumuman, dan keempat
guru memeriksa hasil pekerjaan siswa
3) pertama,
guru menugaskan kepada siswa untuk membuat pengumuman sesuai dengan
kemampuannya, kedua guru memeriksa hasil pekerjaan siswa, dan ketiga
guru memberikan nilai terhadap hasil pekerjaan siswa
31. Tujuan umum pengajaran bahasa Indonesia di
kelas III – IV SD berikut ini yang tidak sesuai dengan GBPP Kurikulum 1994
adalah ....
1) siswa menghargai dan membanggakan bahasa
Indonesia sebagai bahasa persatuan (nasional) dan bahasa negara
2) siswa memiliki kemampuan untuk berpikir
secara baik dengan menggunakan bahasa Indonesia
3) siswa memiliki kemampuan bahasa Indonesia
untuk keperluan berkomunikasi sehari-hari di tengah masyarakat
32. Rumusan tujuan khusus pengajaran bahasa
Indonesia untuk kemampuan penggunaan yang tepat adalah siswa ....
1) mampu mengungkapkan perasaan secara lisan dan
tertulis dengan jelas
2) dapat memahami isi bacaan dengan tepat
3) mampu berinteraksi dan menjalin hubungan
dengan orang lain secara lisan
33. Tujuan kelas dalam pengajaran bahasa
Indonesia di kelas tinggi, khususnya di kelas III SD sesuai dengan GBPP
Kurikulum 1994 adalah siswa mampu ....
1) membaca teks bacaan sesuai dengan bacaan yang
telah disediakan
2) membaca puisi dengan intonasi yang tepat
3) menulis cerita berdasarkan pengalaman
sehari-hari
34. Rambu-rambu yang tidak sesuai dengan
pengajaran bahasa Indonesia di kelas tinggi adalah ....
1) pembelajaran bahasa hendaknya lebih menekankan
keterampilan berbahasa anak
2) hakikat belajar bahasa adalah belajar
berkomunikasi, oleh karena itu pembelajaran bahasa lebih diarahkan pada
kemampuan siswa dalam komunikasi
3) pembelajaran berbahasa harus mampu mendorong
anak untuk latihan berbahasa dan berkomunikasi
35. Tema-tema untuk kelas V SD sesuai dengan
GBPP mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kurikulum 1994 untuk kelas IV
yaitu ....
1) peristiwa, perindustrian, perlombaan,
kesehatan, dan koperasi
2) keamanan, koperasi, pahlawan, pertanian, dan
kesenian
3) kegemaran, pendidikan, peristiwa, kesenian,
dan transportasi
36. Materi bahasa Indonesia yang harus dibinakan
di kelas III SD adalah ....
1) tanda-tanda baca
2) wacana/bacaan faktual atau fiksi
3) kalimat atau struktur
37. Pembelajaran di kelas III SD dapat dilakukan
dengan memadukan materi yang sesuai. Pemanduan materi yang sesuai di kelas III
SD adalah ....
1) kalimat/struktur dengan menyusun kalimat
2) wacana faktual atau fiksi dengan waca lisan
(menceritakan pengalaman)
3) wacana lisan/dialog dengan tanda-tanda baca
38. Manfaat yang dapat dipetik jika pembelajaran
membaca menggunakan karya sastra sebagai bahan bacaannya adalah ....
1) menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman
tentang apresiasi sastra dan ekspresi sastra, serta anak memperoleh kesenangan
dari padanya
2) memotivasi anak untuk membentuk kebiasaan membaca
3) menumbuhkan minat baca anak, baik minat sastra maupun minat baca
lainnya
39. Sasaran khusus pembelajaran membaca indah (estetis) adalah ....
1) menumbuhkan dan mengembangkan kepekaan siswa terhadap keindahan
bahasa
2) meningkatkan kemampuan siswa menangkap isi bacaan secara cepat dan
cermat, baik yang tersurat maupun yang tersirat
3) menghargai keindahan dan memperkaya kehidupan batin siswa
40. Yang menjadi sasaran utama pembelajaran puisi adalah siswa beroleh
pengalaman ....
1) berapresiasi puisi (makna dan cara pengungkapkan)
2) berekpresi puisi
3) berapresiasi dan berekspresi pantun dan puisi bebas
41. Topik-topik di bawah ini yang dapat dipilih sebagai pusat kendali
ialah ....
1) banjir,kemiskinan, revolusi, gempa
2) perintis, sinar, kebaikan
3) tersenyum, berobat ke puskesmas, bencana,
bahaya narkotika
42. Langkah (teknik) ramu pendapat untuk
menemukan hubungan dalam model konsep tintas bidang studi memiliki prinsip
sebagai berikut ....
1) spontanitas jawaban tidak akan membentuk daya
cipta dan kreasi
2) sejumlah ide akan terungkap dan kritik akan
berlaku dalam pelajaran
3) penggabungan antara ide selalu dicari untuk
menentukan ide yang lebih baik dan menyempurnakannya
43. Materi pembelajaran bahasa Indonesia dapat
dikaitkan dengan materi “Mari Menabung” untuk topik bahasa “Tabungan”. Kaitan materi tersebut yaitu kaitan antara materi
pelajaran bahasa Indonesia dengan materi pelajaran ....
1) PPKN
2) Ekonomi
3) IPS
44. Kegiatan-kegiatan pembelajaran bahasa
Indonesia yang dikaitkan dengan pelajaran IPS khususnya materi “tokoh dan
peristiwa” sebagai berikut ....
1) membaca wacana yang berjudul “Pangeran Diponegoro
2) membahas kata-kata sulit yang terdapat dalam wacana berjudul
“Pangeran Diponegoro”
3) menjawab pertanyaan bacaan yang terdapat di bawah teks bacaan
berjudul “Pangeran Diponegoro”
45. Materi pelajaran Bahasa Indonesia berikut ini yang dikaitkan
dengan mata pelajaran PPKn topik bahasan “Kepentingan Umum” di kelas VI SD
berjudul ....
1) ke kantor pos
2) berbelanja ke pasar
3) halte atau tempat pemberhentian bus
46. Manakah kegiatan-kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia berikut
ini yang dikaitkan dengan mata pelajaran PPKn topik bahasa “Kedisiplinan”? ....
1) mengisi kartu disiplin
2) membaca teks bacaan berjudul “Disiplin itu menyenangkan”
3) membiasakan antri
47. Materi yang tepat untuk pembelajaran bahasa Indonesia yang
dikaitkan dengan pelajaran IPA khususnya sesuai dengan konsep “Makhluk hidup
ada saling ketergantungan” adalah ....
1) Ayo Kita Jaga Kehidupan di Laut
2) Menjaga Hutan Lindung dari Tangan-tangan
Jahil
3) Kupu-kupu Malam yang Malang
48. Kegiatan-kegiatan pembelajaran bahasa
Indonesia yang dikaitkan dengan mata pelajaran IPA khususnya sesuai dengan
konsep “Makhluk hidup ada saling ketergantungan” adalah kegiatan ....
1) membaca teks bacaan yang bertopikkan makhluk
hidup
2) membahas berbagai jenis makhluk hidup yang
ada di dalam teks bacaan
3) membahas makhluk hidup di hutan lindung
49. Judul materi yang tepat untuk pembelajaran
bahasa Indonesia yang dikaitkan dengan pembelajaran matematika khususnya topik
bahasan “pengurangan” adalah ....
1) pengisian daftar hadir
2) cara merawat kebersihan kelas
3) mendaftarkan yang mengikuti les di sekolah
50. Kegiatan-kegiatan pembelajaran bahasa
Indonesia yang dikaitkan dengan mata pelajaran IPA khususnya pokok bahasans
“pecahan” adalah kegiatan ....
1) menganalisis perilaku siswa di kelas sewaktu
pembagian roti
2) membaca teks bacaan berbentuk dialog yang
bertopikkan “Pembagian Roti”
3) membahas jawaban pertanyaan pembagian roti sesuai dengan teks
bacaan
No comments:
Post a Comment