Cloud Hosting Indonesia

03 April, 2014

Soal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Kelas Tinggi



LATIHAN MANDIRI
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA KELAS TINGGI
(PGSD2304)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 23,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Pernyataan manakah yang menunjukkan adanya hubungan menyimak dengan berbicara berikut ini? ....   
A.   menyimak dan berbicara merupakan praktik komunikasi antar individu dengan menggunakan bahasa tulisan sebagai alatnya
B.   menyimak dan berbicara merupakan praktik komunikasi antar individu dengan menggunakan bahasa lisan sebagai alatnya
C.   menyimak dan berbicara merupakan praktik komunikasi antar kelompok masyarakat dengan menggunakan bahasa lisan sebagai alatnya
D.   menyimak dan berbicara merupakan praktik komunikasi antar kelompok masyarakat dengan menggunakan bahasa tulisan sebagai alatnya

2.   Eni adalah anak yang pendiam di kelas IV SD. Ketika guru bercerita tentang dongeng “Si Gagah Berani” terlihat ketakutan jika ditunjuk untuk melanjutkan cerita guru, sehingga ia menyimak cerita guru dengan tekun dan sungguh-sungguh. Keadaan yang dilukiskan di atas sering dijumpai di kelas, strategi pembelajaran yang digunakan guru adalah ....    
A.   bermain peran
B.   dramatisasi
C.   menyelesaikan cerita
D.   menjawab pertanyaan
     
3.   Di dalam pembelajaran di kelas, guru meminta seorang anak untuk bercerita tentang cerita yang telah diketahuinya. Ternyata, anak mempunyai kreativitas yang berbeda-beda. Ada anak yang menceritakan tentang pengalaman ke rumah neneknya, bermain kelereng, membantu ibu, makanan kesukaannya, dan sebagainya. Strategi pembelajaran berbahasa lisan yang digunakan guru seperti di atas adalah ....
A.   bermain peran
B.   bercerita
C.   berbicara
D.   berdiskusi
4.   Guru meminta anak untuk memerankan penjual buah-buahan dan pembeli buah. Kemudian anak mencobakan bagaimana bertanya harga buah kepada penjual buah dengan bahasa lisan. Pembelajaran berbahasa lisan tersebut di atas menerapkan strategi ....
A.   bermain peran
B.   dramatisasi
C.   bertanya jawab
D.   pemberian latihan

5.   Penerapan strategi dramatisasi dalam pembelajaran bahasa lisan di SD kelas V sebagai berikut ....
A.   guru meminta anak untuk memerankan lakon percekcokkan antara penjual buah-buahan dan pembeli buah sesuai dengan naskah teks. Kemudian anak mencoba mengekspresikan perasaan dan pikirannya sesuai dengan pentas yang ada
B.   guru berdemonstrasi bagaimana memerankan untuk menjadi penjual buah dan pembeli buah dengan bahasa lisan di depan kelas. Anak mendengarkan dengan baik
C.   guru berdialog dengan anak bagaimana bermain drama dengan menggunakan bahasa lisan yang baik
D.   guru meminta siswa menjelaskan arti dialog dalam drama itu

6.   Di kelas III SD terdapat tujuan pembelajaran berbunyi “siswa mampu membaca puisi dengan intonasi yang tepat.” Materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan tersebut adalah membaca ....
A.   pemahaman
B.   indah
C.   bersuara
D.   teknik

7.   Butir pembelajaran membaca bacaan dan menyatakan pendapat/perasaannya di SD kelas tinggi, yang tepat menggunakan pendekatan ....
A.   integratif
B.   komunikatif
C.   keterampilan proses
D.   tematis
8.   Tes membaca pemahaman di Sekolah Dasar digunakan untuk menguji ....
A.   kemampuan siswa dalam membaca
B.   kecepatan siswa memahami isi bacaan
C.   pemahaman siswa terhadap isi bacaan
D.   pendapat siswa terhadap isi bacaan

9.   Upacara bendera di sekolah kami berjalan sangat rapi. Kami kelas IV berbaris di bagian kanan sendiri. Kebetulan peLATIHAN upacara semuanya murid kelas V. Dengan suara yang keras dan lantang komandan upacara menertibkan barisan dengan mengucapkan “Siap grak!”. Dengan serentak kami peserta upacara mengikuti komando dari komandan upacara. Berdasarkan bacaan di atas, dapat disusun tes atau soal membaca pemahaman tingkat pengetahuan sebagai berikut ....
A.   Siapakah yang menjadi petugas upacara bendera?
B.   Bagaimana perjalanan upacara bendera?
C.   Apa yang menjadi pikiran utama bacaan di atas?
D.   Mengapa upacara di sekolah perlu dilaksanakan?

10.   Jika seorang guru menyuruh anak di kelas untuk membaca dengan suara jelas tentang konsonan dan vokal tertentu, maka guru tersebut membelajarkan membaca ....
A.   dalam hati
B.   teknik
C.   indah
D.   pemahaman

11.   Seorang guru di kelas mengajarkan membaca dengan langkah siswa diminta membaca teks bacaan yang telah disediakan. Selanjutnya, siswa diberi tugas oleh guru yaitu anak disuruh mencari kalimat topik dalam bacaan itu. Teknik yang digunakan guru tersebut adalah teknik pembelajaran membaca ....
A.   dalam hati
B.   teknik
C.   pemahaman
D.   indah

12.   Salah satu butir pembelajaran di kelas V SD pada cawu I berbunyi “membaca cerita dan menyampaikan kesan tentang cerita itu”. Butir pembelajaran tersebut tepat untuk materi pembelajaran membaca ....
A.   sekilas
B.   teknik
C.   indah
D.   pemahaman
13.   Pembelajaran membaca di kelas VI SD salah satu tujuannya adalah “siswa mampu membaca teks bacaan serta dapat mengutarakan pendapat dan tanggapan mengenai isinya”. Pendekatan yang tepat untuk membelajarkan membaca sesuai dengan tujuan tersebut adalah pendekatan ....
A.   komunikatif
B.   integratif
C.   proses
D.   tematis

14.   Butir pembelajaran 1. di kelas III cawu I berbunyi: “mendengarkan/membaca dongeng dan menceritakan kembali”. Teknik yang tepat untuk digunakan guru dalam pembelajaran ialah ....
A.   menceritakan kembali
B.   melanjutkan cerita
C.   mempraktikkan petunjuk
D.   memparafrase

15.   Di kelas V SD terdapat tujuan pembelajaran menulis sebagai berikut: “Siswa mampu menulis karangan secara runtut”. Materi pembelajaran yang sesuai untuk tujuan tersebut adalah ....
A.   membuat daftar kegiatan sehari-hari dengan menggunakan tabel sederhana
B.   menuliskan suatu peristiwa secara sederhana
C.   melaporkan hasil kunjungan
D.   ceritakan pengalaman yang menarik

16.   Pendekatan yang tepat untuk butir pembelajaran “melaporkan hasil kunjungan” di kelas V SD ialah kecuali pendekatan ....
A.   integratif
B.   komunikatif
C.   keterampilan proses
D.   tematik

17.   Penguasaan kebahasaan, kemampuan memahami, mengapresiasi sastra, dan kemampuan menggunakan bahasa Indonesia merupakan ruang lingkup pengajaran ....
A.   bahasa dan sastra Indonesia
B.   berbahasa Indonesia di SD
C.   keterampilan berbahasa
D.   sastra Indonesia di SD







18.   Di kelas III SD terdapat tema “peristiwa”. Dari tema tersebut dapat ditentukan anak temanya yaitu ....
A.   Pertandingan Sepak Bola
B.   Berkunjung ke Tempat Wisata
C.   Gunung Merapi Meletus
D.     Rekreasi ke Taman Mini Indonesia Indah

19.      Kunang-kunang, kunang-kunang, kunang-kunangku
Kau bawa ke mana lampu-lampumu
Datanglah kemari kunang-kunangku
Berilah padaku lampu-lampu

        Berdasarkan satu bait puisi di atas, satu model pembelajaran membaca puisi dari aspek isi dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut ....
A.   siswa membaca dalam hati; kemudian satu siswa diminta untuk mendeklamasikan di depan kelas; guru menunjukkan daya tarik puisi itu dari segi rima dan irama; guru memberi contoh pembacaan puisi; dan siswa menjawab pertanyaan pemahaman yang dibuat oleh guru
B.   siswa membaca dalam hati; kemudian satu siswa diminta untuk mendeklamasikan di depan kelas; guru menunjukkan daya tarik puisi itu dari segi tema dan amanat; guru memberi pertanyaan tentang pembahasan tema dan amanat puisi; dan siswa menjawab pertanyaan pemahaman yang dibuat oleh guru
C.   siswa membaca dalam hati; guru menunjukkan daya tarik puisi itu dari segi tema dan amanat; guru memberi pertanyaan tentang pembahasan rima, irama, tema, dan amanat puisi; serta siswa menjawab pertanyaan pemahaman yang dibuat oleh guru
D.   siswa membaca dalam hati; kemudian satu siswa diminta untuk mendeklamasikan di depan kelas; guru menunjukkan daya tarik puisi itu dari segi tema dan irama; guru memberi pertanyaan tentang pembahasan tema dan amanat puisi; dan siswa menjawab pertanyaan pemahaman yang dibuat oleh guru





20.   Langkah-langkah model pembelajaran membaca prosa bentuk cerita rakyat dapat dilakukan sebagai berikut ....
A.   siswa diberi pertanyaan cerita rakyat yang mereka kenal; guru memperkenalkan cerita rakyat Malin Kundang dan Sumatra Barat dari bacaan yang telah disediakan; siswa disuruh membaca cerita rakyat tersebut; guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai tokoh/pelaku, tema, tempat kejadian, dan amanat cerita
B.   guru memperkenalkan cerita rakyat Malin Kundang dari Sumatra Barat dari bacaan yang telah disediakan; guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai tokoh/pelaku, tema, tempat kejadian, dan amanat cerita, kemudian supaya lebih paham siswa disuruh membaca cerita rakyat tersebut
C.   siswa diberi pertanyaan cerita rakyat yang mereka kenal; siswa disuruh membaca cerita rakyat tersebut; guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai tokoh/pelaku, tema, tempat kejadian, dan amanat cerita; guru memperkenalkan cerita rakyat Malin Kundang dari Sumatra Barat dari bacaan yang telah disediakan
D.   guru memperkenalkan cerita rakyat Malin Kundang dari Sumatra Barat dari bacaan yang telah disediakan; siswa disuruh membaca cerita rakyat tersebut; siswa diberi pertanyaan cerita rakyat yang mereka kenal; guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai tokoh/pelaku tema, tempat kejadian, dan amanat cerita



















21.   Langkah-langkah model pembelajaran membaca dan drama dapat dilakukan sebagai berikut ….
A.   Guru memperkenalkan teks drama yang telah disiapkan; siswa dibagi menjadi 6 kelompok dan masing-masing kelompok diLATIHANi untuk latihan memerankan tokoh yang ada dalam teks drama; guru menjelaskan bermain peran dalam teks drama; siswa diminta untuk membaca dalam hati teks drama tersebut; guru menjelaskan bermain peran dalam teks drama; dan guru memberikan penilaian terhadap latihan bermain peran siswa
B.   guru memperkenalkan teks drama yang telah disiapkan; siswa diminta untuk membaca dalam hati teks drama tersebut; guru menjelaskan bermain peran dalam teks drama; siswa dibagi menjadi 6 kelompok dan masing-masing kelompok ditugasi untuk latihan memerankan tokoh yang ada dalam teks drama; dan guru memberikan penilaian terhadap latihan bermain peran siswa
C.   Guru memperkenalkan teks drama yang telah disiapkan; siswa dibagi menjadi 6 kelompok dan masing-masing kelompok ditugasi untuk latihan memerankan tokoh yang ada dalam teks drama; guru memberikan penilaian terhadap latihan bermain peran siswa; siswa diminta untuk membaca dalam hati teks drama tersebut; guru menjelaskan bermain peran dalam teks drama
D.   Guru  memperkenalkan teks drama yang telah disiapkan; siswa diminta untuk membaca dalam hati teks drama tersebut, siswa dibagi menjadi 6 kelompok dan masing-masing kelompok diberitugas untuk latihan memerankan tokoh yang ada dalam teks drama; guru memberikan penilaian terhadap latihan bermain peran siswa; dan guru menjelaskan bermain peran dalam teks drama

22.   Pertanyaan pemandu yang tepat yang berkaitan dengan tema pembelajaran “disiplin” ialah, kecuali ....
A.   Siapakah yang wajib disiplin belajar?
B.   Mengapa kita di rumah disuruh membaca dan mengerjakan tugas(Pekerjaan Rumah)?
C.   Bagaimana akibatnya jika kita tidak mau belajar secara rutin?
D.   Benarkah hanya guru yang perlu menanamkan disiplin?

23.   Pertanyaan “Apa pengaruh penerbangan terhadap kehidupan manusia?” merupakan rumusan pertanyaan kognitif pada tingkat ....
A.   ingatan
B.   pemahaman
C.   aplikasi
D.   analisis


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  24   SAMPAI  50,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
24.   Berikut ini adalah prinsip-prinsip yang melandasi pembelajaran keterampilan berbahasa lisan, kecuali ....
1)   harus mempunyai tujuan yang jelas yang diketahui oleh guru dan siswa
2)   harus lebih menekankan praktik keterampilan berbahasa
        3)   harus benar-benar dilaksanakan dengan baik dan konsisten

25.   Untuk menentukan kriteria strategi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SD adalah ....
1)   membuat pembelajaran menarik dan tuntas bagi siswa
2)   menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan
        3)   relevan dengan tujuan instruksional umum dan khusus

26.   Tujuan pembelajaran menulis di kelas tinggi SD adalah siswa mampu menulis ....
1)   karangan secara runtut
2)   cerita berdasarkan pengalaman sehari-hari
        3)   laporan

27.   Di dalam pembelajaran di kelas, siswa diminta untuk melengkapi kalimat dengan kata-kata sendiri. Pembelajaran yang demikian termasuk menggunakan teknik ....
1)   menyusun kalimat
2)   melengkapi kalimat
        3)   menulis karangan sederhana






28.   Untuk menguji kemampuan menulis siswa dapat dilakukan dengan tes. Tes untuk mengukur kemampuan menulis berikut ini adalah siswa diminta menyusun ....
1)   kalimat sederhana yang mudah dipahami
2)   paragraf dari kalimat-kalimat yang diacak urutannya
        3)   sebuah karangan yang pokok pembicaraannya sesuai dengan kehidupan sehari-hari

29.   Di kelas V SD terdapat butir pembelajaran: “menceritakan kembali secara tertulis cerita rakyat yang telah dibaca atau didengar”. Strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk butir pembelajaran tersebut adalah ....
1)   guru menyiapkan bacaan cerita rakyat tertentu, siswa disuruh membaca dan memahami isi bacaan tersebut, guru menugaskan siswa untuk menceritakan kembali secara tertulis dengan menggunakan bahasa siswa sendiri, dan guru memeriksa karangan siswa
2)   guru menyuruh siswa mencari cerita rakyat di rumah, dari cerita rakyat yang di bawa siswa dibahas di depan kelas, siswa disuruh menulis kembali cerita rakyat tersebut, terakhir guru memeriksa tulisan siswa dan menilainnya
  3)   Guru menyuruh membaca cerita rakyat yang ada di buku paket, siswa diminta memberi tanda-tanda tertentu yang penting-penting dalam cerita rakyat tersebut, siswa diminta menulis cerita rakyat tersebut dengan menggunakan bahasa sendiri, dan guru memberikan penilaian terhadap karangan siswa

30.   Di kelas V Cawu 2 terdapat butir pembelajaran berbunyi,” menyusun kalimat pengumuman”. Strategi yang dapat diterapkan guru untuk pembelajaran di kelas dapat dilaksanakan sebagai berikut ....
1)   pertama, guru memberi contoh format pengumuman, kedua guru menugaskan kepada siswa untuk membuat pengumuman, dan ketiga guru memeriksa hasil pekerjaan siswa
2)   pertama, guru memberi contoh format pengumuman, kedua guru menerangkan jenis pengumuman, ketiga menugaskan kepada siswa untuk membuat satu jenis pengumuman, dan keempat guru memeriksa hasil pekerjaan siswa
      3)     pertama, guru menugaskan kepada siswa untuk membuat pengumuman sesuai dengan kemampuannya, kedua guru memeriksa hasil pekerjaan siswa, dan ketiga guru memberikan nilai terhadap hasil pekerjaan siswa

31.   Tujuan umum pengajaran bahasa Indonesia di kelas III – IV SD berikut ini yang tidak sesuai dengan GBPP Kurikulum 1994 adalah ....
1)   siswa menghargai dan membanggakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan (nasional) dan bahasa negara
2)   siswa memiliki kemampuan untuk berpikir secara baik dengan menggunakan bahasa Indonesia
3)   siswa memiliki kemampuan bahasa Indonesia untuk keperluan berkomunikasi sehari-hari di tengah masyarakat

32.   Rumusan tujuan khusus pengajaran bahasa Indonesia untuk kemampuan penggunaan yang tepat adalah siswa ....
1)   mampu mengungkapkan perasaan secara lisan dan tertulis dengan jelas
2)   dapat memahami isi bacaan dengan tepat
3)   mampu berinteraksi dan menjalin hubungan dengan orang lain secara lisan

33.   Tujuan kelas dalam pengajaran bahasa Indonesia di kelas tinggi, khususnya di kelas III SD sesuai dengan GBPP Kurikulum 1994 adalah siswa mampu ....
1)   membaca teks bacaan sesuai dengan bacaan yang telah disediakan
2)   membaca puisi dengan intonasi yang tepat
3)   menulis cerita berdasarkan pengalaman sehari-hari

34.   Rambu-rambu yang tidak sesuai dengan pengajaran bahasa Indonesia di kelas tinggi adalah ....
1)   pembelajaran bahasa hendaknya lebih menekankan keterampilan berbahasa anak
2)   hakikat belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi, oleh karena itu pembelajaran bahasa lebih diarahkan pada kemampuan siswa dalam komunikasi
3)   pembelajaran berbahasa harus mampu mendorong anak untuk latihan berbahasa dan berkomunikasi




35.   Tema-tema untuk kelas V SD sesuai dengan GBPP mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kurikulum 1994 untuk kelas IV yaitu ....
1)   peristiwa, perindustrian, perlombaan, kesehatan, dan koperasi
2)   keamanan, koperasi, pahlawan, pertanian, dan kesenian
3)   kegemaran, pendidikan, peristiwa, kesenian, dan transportasi

36.   Materi bahasa Indonesia yang harus dibinakan di kelas III SD adalah ....
1)   tanda-tanda baca
2)   wacana/bacaan faktual atau fiksi
3)   kalimat atau struktur

37.   Pembelajaran di kelas III SD dapat dilakukan dengan memadukan materi yang sesuai. Pemanduan materi yang sesuai di kelas III SD adalah ....
1)   kalimat/struktur dengan menyusun kalimat
2)   wacana faktual atau fiksi dengan waca lisan (menceritakan pengalaman)
3)   wacana lisan/dialog dengan tanda-tanda baca

38.   Manfaat yang dapat dipetik jika pembelajaran membaca menggunakan karya sastra sebagai bahan bacaannya adalah ....
1)   menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman tentang apresiasi sastra dan ekspresi sastra, serta anak memperoleh kesenangan dari padanya
2)   memotivasi anak untuk membentuk kebiasaan membaca
3)   menumbuhkan minat baca anak, baik minat sastra maupun minat baca lainnya

39.   Sasaran khusus pembelajaran membaca indah (estetis) adalah ....
1)   menumbuhkan dan mengembangkan kepekaan siswa terhadap keindahan bahasa
2)   meningkatkan kemampuan siswa menangkap isi bacaan secara cepat dan cermat, baik yang tersurat maupun yang tersirat
3)   menghargai keindahan dan memperkaya kehidupan batin siswa







40.   Yang menjadi sasaran utama pembelajaran puisi adalah siswa beroleh pengalaman ....
1)   berapresiasi puisi (makna dan cara pengungkapkan)
2)   berekpresi puisi
3)   berapresiasi dan berekspresi pantun dan puisi bebas

41.   Topik-topik di bawah ini yang dapat dipilih sebagai pusat kendali ialah ....
1)   banjir,kemiskinan, revolusi, gempa
2)   perintis, sinar, kebaikan
3)   tersenyum, berobat ke puskesmas, bencana, bahaya narkotika

42.   Langkah (teknik) ramu pendapat untuk menemukan hubungan dalam model konsep tintas bidang studi memiliki prinsip sebagai berikut ....
1)   spontanitas jawaban tidak akan membentuk daya cipta dan kreasi
2)   sejumlah ide akan terungkap dan kritik akan berlaku dalam pelajaran
3)   penggabungan antara ide selalu dicari untuk menentukan ide yang lebih baik dan menyempurnakannya

43.   Materi pembelajaran bahasa Indonesia dapat dikaitkan dengan materi “Mari Menabung” untuk topik bahasa “Tabungan”. Kaitan materi tersebut yaitu kaitan antara materi pelajaran bahasa Indonesia dengan materi pelajaran ....
1)   PPKN
2)   Ekonomi
3)   IPS

44.   Kegiatan-kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia yang dikaitkan dengan pelajaran IPS khususnya materi “tokoh dan peristiwa” sebagai berikut ....
1)   membaca wacana yang berjudul “Pangeran Diponegoro
2)   membahas kata-kata sulit yang terdapat dalam wacana berjudul “Pangeran Diponegoro”
3)   menjawab pertanyaan bacaan yang terdapat di bawah teks bacaan berjudul “Pangeran Diponegoro”

45.   Materi pelajaran Bahasa Indonesia berikut ini yang dikaitkan dengan mata pelajaran PPKn topik bahasan “Kepentingan Umum” di kelas VI SD berjudul ....
1)   ke kantor pos
2)   berbelanja ke pasar
3)   halte atau tempat pemberhentian bus

46.   Manakah kegiatan-kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia berikut ini yang dikaitkan dengan mata pelajaran PPKn topik bahasa “Kedisiplinan”? ....
1)   mengisi kartu disiplin
2)   membaca teks bacaan berjudul “Disiplin itu menyenangkan”
3)   membiasakan antri

47.   Materi yang tepat untuk pembelajaran bahasa Indonesia yang dikaitkan dengan pelajaran IPA khususnya sesuai dengan konsep “Makhluk hidup ada saling ketergantungan” adalah ....
1)   Ayo Kita Jaga Kehidupan di Laut
2)   Menjaga Hutan Lindung dari Tangan-tangan Jahil
3)   Kupu-kupu Malam yang Malang

48.   Kegiatan-kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia yang dikaitkan dengan mata pelajaran IPA khususnya sesuai dengan konsep “Makhluk hidup ada saling ketergantungan” adalah kegiatan ....
1)   membaca teks bacaan yang bertopikkan makhluk hidup
2)   membahas berbagai jenis makhluk hidup yang ada di dalam teks bacaan
3)   membahas makhluk hidup di hutan lindung

49.   Judul materi yang tepat untuk pembelajaran bahasa Indonesia yang dikaitkan dengan pembelajaran matematika khususnya topik bahasan “pengurangan” adalah ....
1)   pengisian daftar hadir
2)   cara merawat kebersihan kelas
3)   mendaftarkan yang mengikuti les di sekolah

50.   Kegiatan-kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia yang dikaitkan dengan mata pelajaran IPA khususnya pokok bahasans “pecahan” adalah kegiatan ....
1)   menganalisis perilaku siswa di kelas sewaktu pembagian roti
2)   membaca teks bacaan berbentuk dialog yang bertopikkan “Pembagian Roti”
3)   membahas jawaban pertanyaan pembagian roti sesuai dengan teks bacaan

No comments:

Post a Comment