Cloud Hosting Indonesia

04 April, 2014

Soal pendidikan jasmani dan kesehatan



LATIHAN MANDIRI
PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN
(PGSD2404)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60 ,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Seseorang yang sering melakukan aktivitas jasmani dengan baik akan berpengaruh terhadap rohaninya seperti ....        
A.   memiliki sikap menghargai terhadap sesama
B.   banyak keringat yang keluar dari tubuhnya
C.   nafasnya tersengal-sengal
D.   detak jantungnya lebih cepat

2.   Usaha pendidikan dengan menggunakan jasmani sebagai alat perantaranya merupakan pengertian pendidikan jasmani menurut ....
A.   kurikulum penjas
B.   UNISCO
C.   Mendikbud
D.   J.B. Nash
     
3.   Dengan latihan beban secara teratur dan baik maka otot-otot akan menjadi lebih kuat dan besar. Pernyataan tersebut merupakan contoh dampak latihan terhadap pengembangan individu secara ....
A.   organis
B.   neuromuscular
C.   intelektual
D.   emosional

4.   Di bawah ini adalah contoh cara memupuk rasa keberanian dalam melakukan aktivitas jasmani yaitu ....
A.   memberikan kebebasan pada anak dalam melakukan aktivitas
B.   memberikan keamanan pada saat anak melakukan aktivitas
C.   guru memberikan daya cipta atau kreativitas pada muridnya
D.   perlu diperhatikan gerak dasar yang dikuasai murid

5.   Melakukan gerakan pemanasan dengan memutar bahu dan merupakan contoh gerak ....
A.   lokomotor
B.   non lokomotor
C.   manipulatif
D.   motor ability

6.   Gerak berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain merupakan gerak ....
A.   manipulatif
B.   lokomotor
C.   non lokomotor
D.   motor ability

7.   Proses peningkatan seseorang pada kuantitatif fisiknya merupakan pengertian ....
A.   penuaan
B.   kemampuan
C.   perkembangan
D.   pertumbuhan

8.   Pengaruh pertumbuhan fisik pada irama pertumbuhan disebabkan oleh faktor ....
A.   keturunan
B.   gizi
C.   musim
D.   penyakit

9.   Yang termasuk contoh pembelajaran penjas dengan lingkungan budaya adalah ....
A.   mengajar dengan memanfaatkan kondisi alam
B.   mengajarkan gerakan mendayung pada senam
C.   mengajarkan permainan gobak sodor
D.   melakukan senam pagi dengan musik

10.   Bambu digunakan untuk permainan dogongan untuk saling mendorong dengan menggunakan sebatang bambu. Permainan tersebut dapat melatih ....
A.   kekuatan
B.   daya tahan
C.   keterampilan
D.   kecepatan

11.   Raja Edward III dari Inggris melarang rakyatnya untuk melakukan atletik yaitu pada tahun ....
A.   1190
B.   1330
C.   1414
D.   1817






12.   Penyelenggaraan olympiade ke III diselenggarakan pada tahun ....
A.   1896
B.   1900
C.   1904
D.   1908

13.   Berlombaan antar sekolah pada masa penjajahan Jepang diselenggarakan di kota ....
A.   Bandung
B.   Yogyakarta
C.   Solo
D.   Surabaya

14.   Pada teknik jalan cepat badan selalu ....
A.   membungkuk
B.   condong ke depan
C.   tegak
D.   condong ke belakang

15.   Lengan diayunkan bergantian secara wajar. Hal ini merupakan cara untuk menghindari kesulitan dalam berjalan yang dimulai dari persendian ....
A.   lengan
B.   siku
C.   bahu
D.   bahu dan siku

16.   Latihan dengan lari 12 menit. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan ....
A.   kekuatan
B.   kelincahan
C.   daya tahan
D.   kerjasama

17.   Jarak awalan lari lompat jauh gaya menggantung (Schnepper) siswa SD dapat dilatih dengan lari sejauh ....
A.   5 – 10 meter
B.   11 – 15 meter
C.   15 – 20 meter
D.   21 – 25 meter

18.   Mundur dua langkah, berdiri dua kaki sejajar, langkahkan kaki kanan/kiri dilanjutkan melompat. Pernyataan tersebut merupakan cara latihan lompat jauh gaya ....
A.   jongkok
B.   menggantung
C.   berjalan di udara
D.   guling perut




19.   Posisi guru dalam mengajar jalan dalam bentuk lingkaran sebaiknya berada di ....
A.   luar dekat lingkaran
B.   dalam lingkaran dekat siswa
C.   tengah lingkaran
D.   di luar lingkaran jauh dengan siswa

20.   Pada saat mengajarkan lari, langkah saat ditikungan harus ….
A.   diperpanjang
B.   diperpendek
C.   dipercepat
D.   seperti pada awal lari

21.   Jika jumlah tali tidak memungkinkan untuk digunakan karena siswanya lebih banyak, maka dalam latihan dapat dibentuk kelompok dan panjang tali sebaiknya ....
A.   satu meter
B.   tiga meter
C.   empat meter
D.   tujuh meter

22.   Pada senam prestasi, latihan ditujukan untuk ....
A.   mendapat kesenangan
B.   menjaga kesegaran jasmani
C.   menyalurkan hobi
D.   menjadi juara

23.   Senam elementer adalah suatu seri dari latihan. Latihan persendian yang dipelajari tahap demi tahap. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Pestalozzi
B.   Gust Muths
C.   Basadow
D.   Rouseau

24.   Menciptakan senam sekolah yang sistematis paedagogis dikemukakan oleh ....
A.   Basedow
B.   Franz Nachtegall
C.   Pestalozzi
D.   Gust muths

25.   Mengembangkan kualitas dan sifat-sifat jasmaniah merupakan tujuan senam yang dikemukakan oleh ....
A.   Pestalozzi
B.   Franz
C.   Basedow
D.   Gust muths




26.   Pengajaran diarahkan dengan penggabungan pendidikan jiwa dan raga. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Rouseau
B.   John Lock
C.   Basedow
D.   Pestalozzi

27.   Dengan mengikuti kegiatan pendidikan jasmani, Ahmad semakin meningkat kerjasamanya dengan temannya, bahkan lebih menghormati kepada teman-temannya. Pernyataan tersebut merupakan hasil pengembangan yang sifatnya ....
A.   kognitif
B.   psikomotor
C.   afektif
D.   sosial

28.   Jongkok, kedua tangan siap di depan, kedua tangan menuju agak jauh ke depan, disusul kedua kaki meloncat mendekati tangan dengan cepat, gerakan tersebut adalah menirukan ....
A.   gajah berjalan
B.   kodok melompat
C.   tupai melompat
D.   kuda berjalan

29.   Mendorong pada punggung si anak pada saat akan duduk/jongkok merupakan bantuan ke … pada senam rol depan ....
A.   1
B.   2
C.   3
D.   4

30.   Penolong berlutut satu kaki disepanjang anak, pada saat anak melakukan lentingan, penolong menahan anak pada punggung. Pernyataan tersebut merupakan contoh cara memberikan bantuan pada senam ....
A.   Head spring
B.   Neck spring
C.   Spring
D.   rol belakang

31.   Yang termasuk contoh kombinasi gerak senam lantai sederhana untuk siswa sekolah dasar adalah ....
A.   rol belakang, round of, hand spring
B.   hand spring, rol depan, round of
C.   sikap lilin, rol depan, meroda
D.   rol belakang, hand spring, round of

32.   Gerak non lokomotor pada senam lantai ditunjukkan dengan gerakan ....
A.   meroda
B.   rol depan
C.   hand spring
D.   sikap lilin

33.   Gerakan senam irama harus mengikuti prinsip . Prinsip sebagai berikut, seperti ....
A.   kontiniuitas gerakan
B.   siswa yang memiliki bakat
C.   menjiwai setiap gerakan
D.   ketahanan fisik yang baik

34.   Dari jaman primitif sudah ada permainan dan diseluruh pelosok dunia. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Rijsdrop
B.   Huizinga
C.   Basadow
D.   Gust muths

35.   Sikap awal dalam teknik menerima bola dengan kaki bagian dalam yaitu ....
A.   kaki yang bertumpu menghadap kearah datangnya bola
B.   memutar kaki sehingga menghadap ke dalam
C.   menggerakkan kaki ke depan menyongsong datangnya bola
D.   kaki ditarik ke belakang mengikuti jalannya bola

36.   Pada waktu bola dimainkan ia lebih dekat pada garis gawang lawan dari pada bola. Hal tersebut merupakan … dalam sepak bola.
A.   pelanggaran
B.   tendangan hukuman
C.   offside
D.   tendangan bebas

37.   Salah satu alasan di daerah sudut lapangan di pasang bendera adalah ....
A.   merupakan tanda tempat tendangan sudut
B.   tempat melakukan bola out
C.   tempat melakukan tendangan bebas
D.   tempat tendangan gawang dilakukan

38.   Persatuan bola voli seluruh Indonesia didirikan pada tanggal ....
        A.   23 Oktober 1953
B.   21 Juni 1932
C.   22 Januari 1955
D.   3 April 1959

39.   Keliling bola untuk permainan bola voli adalah ....
A.   65 – 67 cm
B.   70 – 81 cm
C.   75 – 80 cm
D.   75 – 85 cm
     
40.   Yang termasuk sikap akhir passing atas dalam permainan bola voli adalah ....
A.   bola dikenai oleh jari diruas pertama dan kedua
B.   berdiri dengan satu kaki di depan tangan di atas
C.   lutut di tekuk, badan agak condong ke depan
D.   kedua tangan menjular ke atas depan setelah menyentuh bola

41.   Di bawah ini merupakan sikap awal dalam melakukan smash pada permainan bola voli yaitu ....
A.   meloncat ke udara dan mengayunkan tangan
B.   bola mengenai tangan waktu memukul
C.   mendarat dengan kedua kaki dan tangan di atas
D.   sikap ancang-ancang untuk melakukan loncatan

42.   Yang bukan termasuk cara menangkap bola dengan baik pada permainan bola basket adalah ....
A.   bola dalam penguasaannya
B.   bola dijemput dengan pergelangan tangan
C.   menerima bola dengan cara sedikit mengikuti gerak arah bola
D.   jari-jari kedua lengan dirapatkan

43.   Perbedaan permainan bola kasti dan bola bakar dapat dilihat pada ....
A.   alat pemukulnya
B.   ukuran bolanya
C.   jumlah pemainnya
D.   jumlah tiang hinggap

44.   Banyak para pengusaha hutan beberapa tahun yang lalu menebang kayu tanpa memikirkan kelestarian hutan. Dari perbuatannya, dampak yang dirasakan masyarakat adalah ....
A.   para pengusaha semakin melimpah ruah hartanya
B.   rakyat di sekitar hutan mendapat kecenderungan dan hidup makmur
C.   udara semakin panas dimusim kemarau dan banjir di musim hujan
D.   menambah penghasilan masyarakat
45.   Ruang kelas yang memenuhi syarat kesehatan adalah bisa menampung siswa sebanyak ....
A.   20 – 30 orang
B.   35 – 40 orang
C.   45 – 50 orang
D.   50 – 55 orang

46.   Salah satu cara agar lingkungan mental dan sosial di sekolah agar dalam kondisi baik adalah ....
A.   meningkatkan kesejahteraan para guru
B.   menerima siswa-siswa yang dianggap tidak mampu
C.   berlomba meningkatkan prestasi di bidang masing-masing
D.   meningkatkan hubungan yang harmonis antra siswa guru orang tua siswa pegawai sekolah dan masyarakat

47.   Cara pencegahan penyakit patek (Frambosia) ....
A.   menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan
B.   menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan dan menjauhi sumber penularan
C.   menghindari sumber penyakit
D.   melakukan rehabilitasi pada penderita

48.   Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit TBC adalah ....
A.   penderita pucat-pucat dan berat badan terus menurun
B.   badan panas, disertai kulit perut kemerah-merahan
C.   panas disertai otot-otot pada kaku
D.   batuk terus menerus disertai badan melemah

49.   Salah satu cara untuk mencegah menularnya penyakit campak (Morbili, Gabagen) yaitu ....
A.   memisahkan penderita dari anak-anak yang sehat
B.   anak-anak yang sehat diberi vaksinasi
C.   menjaga kebersihan lingkungan
D.   penampungan air diberi abate (dilakukan abatasi)









50.   Prinsip pelaksanaan pemberian pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) adalah ....
A.   mencegah cacat dan menghindari keadaan korban lebih bertambah buruk
B.   kumpulkan keterangan selengkap mungkin
C.   pisahkan korban dari penyebab kecelakaan
D.   tidak mempermasalahkan keadaan

51.   Di bawah ini adalah salah satu cara pertolongan pertama pada pendarahan yaitu ....
A.   bagian yang mengalami pendarahan lebih tinggi dari bagian tubuh
B.   memberi tekanan di samping tempat pendarahan
C.   memberi penekanan pada pangkal pembuluh nadi yang cidera
D.   jika pendarahan di lengan maka torniket bisa dipasang 10 jari di bawah ketiak

52.   Di bawah ini adalah cara memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan bagi seseorang yang keracunan makanan, yaitu ....
A.   di bawa ke rumah atau dokter
B.   jika keadaan penderita sadar berilah minum ½ liter air atau susu untuk melemahkan kerja racun
C.   penderita diguyur dengan air
D.   berikan laritan 2-3 gram natrium thiosulfat

53.   Yang menjadi program pembinaan UKS pada peserta didik adalah ....
A.   lingkungan sekolah
B.   lingkungan masyarakat
C.   peningkatan mutu
D.   pelayanan kesehatan

54.   Salah satu faktor kebersihan pendidikan kesehatan di sekolah yaitu ....
A.   peran kepala sekolah
B.   peran guru
C.   hubungan guru orang tua siswa
D.   masyarakat

55.   Tujuan menyusun rencana pembelajaran adalah ....
A.   serangkaian kegiatan dalam proses kegiatan belajar
B.   memiliki strategi menyusun seperangkat prinsip yang digunakan
C.   mempermudah dan meningkatkan proses belajar mengajar
D.   memahami dalam proses belajar mengajar 
56.   Di bawah ini adalah tujuan rencana pembelajaran di sekolah dasar yaitu agar guru dapat ....
A.   memprogramkan media secara integral
B.   melakukan berbagai sistem
C.   memahami proses pembelajaran
D.   mengetahui hasil pembelajaran

57.   Salah satu masalah yang berpengaruh pada proses belajar mengajar di sekolah dasar adalah ....
A.   guru tidak harus mendominasi kelas sepenuhnya
B.   fasilitas sarana penunjang kegiatan akademik hendaknya dibuat sesuai kebutuhan
C.   guru tidak berminat membuat program terpadu kegiatan tahap muka terjadwal dan latihan-latihan
D.   pembelajaran hendaknya bukan alasan sistem instruksional

58.   Salah satu kelebihan metode pemberian tugas dalam proses pembelajaran adalah ....
A.   mengembangkan keterampilan mengamati menghitung dan mengukur
B.   memberi kesempatan siswa untuk melaksanakan tugas berdasarkan petunjuk langsung
C.   mengembangkan keterampilan menga-mati, menginterprestasikan, menerapkan dan mengkomunikasikan
D.   mengembangkan keterampilan mengamati, mengklasifikasi, menyusun hipotesis dan menarik kesimpulan

59.   Kartu menuju sehat anak sekolah (KMS-AS) penting di ajarkan di sekolah terutama kelas IV sampai VI, agar siswa dapat mengetahui tinggi badannya. Pernyataan tersebut merupakan contoh soal yang mengukur aspek kognitif pada tingkat ....
A.   pemahaman
B.   penerapan
C.   analisis
D.   evaluasi










60.   Cara penilaian (PAP) adalah ....
A.   merupakan pengawasan minimum yang ditetapkan lebih dahulu sebagai proses pembelajaran
B.   membandingkan hasil belajar siswa terhadap hasil belajar siswa lain
C.   kedudukan kepandaian siswa dalam kelompoknya
D.   kepandaian kelompok dinyatakan dengan angka rata-rata

No comments:

Post a Comment