LATIHAN MANDIRI
PENDIDIKAN
JASMANI DAN KESEHATAN
(PGSD2404)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 60 , PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Seseorang yang
sering melakukan aktivitas jasmani dengan baik akan berpengaruh terhadap
rohaninya seperti ....
A. memiliki sikap menghargai
terhadap sesama
B. banyak keringat yang keluar dari
tubuhnya
C. nafasnya tersengal-sengal
D. detak jantungnya lebih cepat
2. Usaha
pendidikan dengan menggunakan jasmani sebagai alat perantaranya merupakan
pengertian pendidikan jasmani menurut ....
A. kurikulum penjas
B. UNISCO
C. Mendikbud
D. J.B. Nash
3. Dengan latihan beban secara
teratur dan baik maka otot-otot akan menjadi lebih kuat dan besar. Pernyataan
tersebut merupakan contoh dampak latihan terhadap pengembangan individu secara
....
A. organis
B. neuromuscular
C. intelektual
D. emosional
4. Di bawah ini
adalah contoh cara memupuk rasa keberanian dalam melakukan aktivitas jasmani
yaitu ....
A. memberikan kebebasan pada anak
dalam melakukan aktivitas
B. memberikan keamanan pada saat
anak melakukan aktivitas
C. guru memberikan daya cipta atau
kreativitas pada muridnya
D. perlu diperhatikan gerak dasar
yang dikuasai murid
5. Melakukan
gerakan pemanasan dengan memutar bahu dan merupakan contoh gerak ....
A. lokomotor
B. non lokomotor
C. manipulatif
D. motor ability
6. Gerak berpindah dari satu tempat
ke tempat yang lain merupakan gerak ....
A. manipulatif
B. lokomotor
C. non lokomotor
D. motor ability
7. Proses
peningkatan seseorang pada kuantitatif fisiknya merupakan pengertian ....
A. penuaan
B. kemampuan
C. perkembangan
D. pertumbuhan
8. Pengaruh
pertumbuhan fisik pada irama pertumbuhan disebabkan oleh faktor ....
A. keturunan
B. gizi
C. musim
D. penyakit
9. Yang termasuk
contoh pembelajaran penjas dengan lingkungan budaya adalah ....
A. mengajar dengan memanfaatkan
kondisi alam
B. mengajarkan gerakan mendayung
pada senam
C. mengajarkan permainan gobak sodor
D. melakukan senam pagi dengan musik
10. Bambu
digunakan untuk permainan dogongan untuk saling mendorong dengan menggunakan
sebatang bambu. Permainan tersebut dapat melatih ....
A. kekuatan
B. daya tahan
C. keterampilan
D. kecepatan
11. Raja Edward III dari Inggris melarang
rakyatnya untuk melakukan atletik yaitu pada tahun ....
A. 1190
B. 1330
C. 1414
D. 1817
12. Penyelenggaraan olympiade ke III
diselenggarakan pada tahun ....
A. 1896
B. 1900
C. 1904
D. 1908
13. Berlombaan antar sekolah pada masa penjajahan
Jepang diselenggarakan di kota ....
A. Bandung
B. Yogyakarta
C. Solo
D. Surabaya
14. Pada teknik jalan cepat badan selalu ....
A. membungkuk
B. condong ke depan
C. tegak
D. condong ke belakang
15. Lengan diayunkan bergantian secara wajar. Hal
ini merupakan cara untuk menghindari kesulitan dalam berjalan yang dimulai dari
persendian ....
A. lengan
B. siku
C. bahu
D. bahu dan siku
16. Latihan dengan lari 12 menit. Hal ini
dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan ....
A. kekuatan
B. kelincahan
C. daya tahan
D. kerjasama
17. Jarak awalan lari lompat jauh gaya menggantung
(Schnepper) siswa SD dapat dilatih dengan lari sejauh ....
A. 5 – 10 meter
B. 11 – 15 meter
C. 15 – 20 meter
D. 21 – 25 meter
18. Mundur dua langkah, berdiri dua kaki sejajar,
langkahkan kaki kanan/kiri dilanjutkan melompat. Pernyataan tersebut merupakan
cara latihan lompat jauh gaya ....
A. jongkok
B. menggantung
C. berjalan di udara
D. guling perut
19. Posisi guru dalam mengajar jalan dalam bentuk
lingkaran sebaiknya berada di ....
A. luar dekat lingkaran
B. dalam lingkaran dekat siswa
C. tengah lingkaran
D. di luar lingkaran jauh dengan siswa
20. Pada saat mengajarkan lari, langkah saat
ditikungan harus ….
A. diperpanjang
B. diperpendek
C. dipercepat
D. seperti pada awal lari
21. Jika jumlah tali tidak memungkinkan untuk
digunakan karena siswanya lebih banyak, maka dalam latihan dapat dibentuk
kelompok dan panjang tali sebaiknya ....
A. satu meter
B. tiga meter
C. empat meter
D. tujuh meter
22. Pada senam prestasi, latihan ditujukan untuk ....
A. mendapat kesenangan
B. menjaga kesegaran jasmani
C. menyalurkan hobi
D. menjadi juara
23. Senam elementer adalah suatu seri dari
latihan. Latihan persendian yang dipelajari tahap demi tahap.
Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....
A. Pestalozzi
B. Gust Muths
C. Basadow
D. Rouseau
24. Menciptakan senam sekolah yang sistematis
paedagogis dikemukakan oleh ....
A. Basedow
B. Franz Nachtegall
C. Pestalozzi
D. Gust muths
25. Mengembangkan kualitas dan sifat-sifat jasmaniah merupakan tujuan
senam yang dikemukakan oleh ....
A. Pestalozzi
B. Franz
C. Basedow
D. Gust muths
26. Pengajaran diarahkan dengan penggabungan
pendidikan jiwa dan raga. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....
A. Rouseau
B. John Lock
C. Basedow
D. Pestalozzi
27. Dengan mengikuti kegiatan pendidikan
jasmani, Ahmad semakin meningkat kerjasamanya dengan temannya, bahkan lebih
menghormati kepada teman-temannya. Pernyataan tersebut merupakan hasil
pengembangan yang sifatnya ....
A. kognitif
B. psikomotor
C. afektif
D. sosial
28. Jongkok, kedua tangan siap di depan, kedua
tangan menuju agak jauh ke depan, disusul kedua kaki meloncat mendekati tangan
dengan cepat, gerakan tersebut adalah menirukan ....
A. gajah berjalan
B. kodok melompat
C. tupai melompat
D. kuda berjalan
29. Mendorong pada punggung si anak pada saat
akan duduk/jongkok merupakan bantuan ke … pada senam rol depan ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
30. Penolong berlutut satu kaki disepanjang anak,
pada saat anak melakukan lentingan, penolong menahan anak pada punggung.
Pernyataan tersebut merupakan contoh cara memberikan bantuan pada senam ....
A. Head spring
B. Neck spring
C. Spring
D. rol belakang
31. Yang termasuk contoh kombinasi gerak senam
lantai sederhana untuk siswa sekolah dasar adalah ....
A. rol belakang, round of, hand spring
B. hand spring, rol depan, round of
C. sikap lilin, rol depan, meroda
D. rol belakang, hand spring, round of
32. Gerak non lokomotor pada senam lantai
ditunjukkan dengan gerakan ....
A. meroda
B. rol depan
C. hand spring
D. sikap lilin
33. Gerakan senam irama harus mengikuti prinsip .
Prinsip sebagai berikut, seperti ....
A. kontiniuitas gerakan
B. siswa yang memiliki bakat
C. menjiwai setiap gerakan
D. ketahanan fisik yang baik
34. Dari jaman primitif sudah ada permainan dan
diseluruh pelosok dunia. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....
A. Rijsdrop
B. Huizinga
C. Basadow
D. Gust muths
35. Sikap awal dalam teknik menerima bola dengan
kaki bagian dalam yaitu ....
A. kaki yang bertumpu menghadap kearah datangnya
bola
B. memutar kaki sehingga menghadap ke dalam
C. menggerakkan kaki ke depan menyongsong
datangnya bola
D. kaki ditarik ke belakang mengikuti jalannya
bola
36. Pada waktu bola dimainkan ia lebih dekat pada
garis gawang lawan dari pada bola. Hal tersebut merupakan … dalam sepak bola.
A. pelanggaran
B. tendangan hukuman
C. offside
D. tendangan bebas
37. Salah satu alasan di daerah sudut lapangan di
pasang bendera adalah ....
A. merupakan tanda tempat tendangan sudut
B. tempat melakukan bola out
C. tempat melakukan tendangan bebas
D. tempat tendangan gawang dilakukan
38. Persatuan bola voli seluruh Indonesia didirikan pada tanggal ....
A. 23 Oktober 1953
B. 21 Juni 1932
C. 22 Januari 1955
D. 3 April 1959
39. Keliling bola untuk permainan bola voli
adalah ....
A. 65 – 67 cm
B. 70 – 81 cm
C. 75 – 80 cm
D. 75 – 85 cm
40. Yang termasuk sikap akhir passing atas dalam
permainan bola voli adalah ....
A. bola dikenai oleh jari diruas pertama dan
kedua
B. berdiri dengan satu kaki di depan tangan di
atas
C. lutut di tekuk, badan agak condong ke depan
D. kedua tangan menjular ke atas depan setelah
menyentuh bola
41. Di bawah ini merupakan sikap awal dalam
melakukan smash pada permainan bola voli yaitu ....
A. meloncat ke udara dan mengayunkan tangan
B. bola mengenai tangan waktu memukul
C. mendarat dengan kedua kaki dan tangan di atas
D. sikap ancang-ancang untuk melakukan loncatan
42. Yang bukan termasuk cara menangkap bola
dengan baik pada permainan bola basket adalah ....
A. bola dalam penguasaannya
B. bola dijemput dengan pergelangan tangan
C. menerima bola dengan cara sedikit mengikuti gerak
arah bola
D. jari-jari kedua lengan dirapatkan
43. Perbedaan permainan bola kasti dan bola bakar
dapat dilihat pada ....
A. alat pemukulnya
B. ukuran bolanya
C. jumlah pemainnya
D. jumlah tiang hinggap
44. Banyak para pengusaha hutan beberapa tahun
yang lalu menebang kayu tanpa memikirkan kelestarian hutan. Dari perbuatannya,
dampak yang dirasakan masyarakat adalah ....
A. para pengusaha semakin melimpah ruah hartanya
B. rakyat di sekitar hutan mendapat
kecenderungan dan hidup makmur
C. udara semakin panas dimusim kemarau dan
banjir di musim hujan
D. menambah penghasilan masyarakat
45. Ruang kelas yang memenuhi syarat kesehatan
adalah bisa menampung siswa sebanyak ....
A. 20 – 30 orang
B. 35 – 40 orang
C. 45 – 50 orang
D. 50 – 55 orang
46. Salah satu cara agar lingkungan mental dan
sosial di sekolah agar dalam kondisi baik adalah ....
A. meningkatkan kesejahteraan para guru
B. menerima siswa-siswa yang dianggap tidak
mampu
C. berlomba meningkatkan prestasi di bidang
masing-masing
D. meningkatkan hubungan yang harmonis antra
siswa guru orang tua siswa pegawai sekolah dan masyarakat
47. Cara pencegahan penyakit patek (Frambosia)
....
A. menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan
B. menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan dan
menjauhi sumber penularan
C. menghindari sumber penyakit
D. melakukan rehabilitasi pada penderita
48. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit TBC
adalah ....
A. penderita pucat-pucat dan berat badan terus
menurun
B. badan panas, disertai kulit perut
kemerah-merahan
C. panas disertai otot-otot pada kaku
D. batuk terus menerus disertai badan melemah
49. Salah satu cara untuk mencegah menularnya
penyakit campak (Morbili, Gabagen) yaitu ....
A. memisahkan penderita dari anak-anak yang
sehat
B. anak-anak yang sehat diberi vaksinasi
C. menjaga kebersihan lingkungan
D. penampungan air diberi abate (dilakukan abatasi)
50. Prinsip pelaksanaan pemberian pertolongan
pertama pada kecelakaan (P3K) adalah ....
A. mencegah cacat dan menghindari keadaan korban
lebih bertambah buruk
B. kumpulkan keterangan selengkap mungkin
C. pisahkan korban dari penyebab kecelakaan
D. tidak mempermasalahkan keadaan
51. Di bawah ini adalah salah satu cara
pertolongan pertama pada pendarahan yaitu ....
A. bagian yang mengalami pendarahan lebih tinggi
dari bagian tubuh
B. memberi tekanan di samping tempat pendarahan
C. memberi penekanan pada pangkal pembuluh nadi
yang cidera
D. jika pendarahan di lengan maka torniket bisa
dipasang 10 jari di bawah ketiak
52. Di bawah ini adalah cara memberikan pertolongan pertama pada
kecelakaan bagi seseorang yang keracunan makanan, yaitu ....
A. di bawa ke rumah atau dokter
B. jika keadaan penderita sadar berilah minum ½
liter air atau susu untuk melemahkan kerja racun
C. penderita diguyur dengan air
D. berikan laritan 2-3 gram natrium thiosulfat
53. Yang menjadi program pembinaan UKS pada
peserta didik adalah ....
A. lingkungan sekolah
B. lingkungan masyarakat
C. peningkatan mutu
D. pelayanan kesehatan
54. Salah satu faktor kebersihan pendidikan
kesehatan di sekolah yaitu ....
A. peran kepala sekolah
B. peran guru
C. hubungan guru orang tua siswa
D. masyarakat
55. Tujuan menyusun rencana pembelajaran adalah
....
A. serangkaian kegiatan dalam proses kegiatan
belajar
B. memiliki strategi menyusun seperangkat
prinsip yang digunakan
C. mempermudah dan meningkatkan proses belajar
mengajar
D. memahami dalam proses belajar mengajar
56. Di bawah ini adalah tujuan rencana
pembelajaran di sekolah dasar yaitu agar guru dapat ....
A. memprogramkan media secara integral
B. melakukan berbagai sistem
C. memahami proses pembelajaran
D. mengetahui hasil pembelajaran
57. Salah satu masalah yang berpengaruh pada
proses belajar mengajar di sekolah dasar adalah ....
A. guru tidak harus mendominasi kelas sepenuhnya
B. fasilitas sarana penunjang kegiatan akademik
hendaknya dibuat sesuai kebutuhan
C. guru tidak berminat membuat program terpadu
kegiatan tahap muka terjadwal dan latihan-latihan
D. pembelajaran hendaknya bukan alasan sistem
instruksional
58. Salah satu kelebihan metode pemberian tugas
dalam proses pembelajaran adalah ....
A. mengembangkan keterampilan mengamati
menghitung dan mengukur
B. memberi kesempatan siswa untuk melaksanakan tugas
berdasarkan petunjuk langsung
C. mengembangkan keterampilan menga-mati,
menginterprestasikan, menerapkan dan mengkomunikasikan
D. mengembangkan keterampilan mengamati,
mengklasifikasi, menyusun hipotesis dan menarik kesimpulan
59. Kartu menuju sehat anak sekolah (KMS-AS)
penting di ajarkan di sekolah terutama kelas IV sampai VI, agar siswa dapat
mengetahui tinggi badannya. Pernyataan tersebut merupakan contoh soal yang
mengukur aspek kognitif pada tingkat ....
A. pemahaman
B. penerapan
C. analisis
D. evaluasi
60. Cara penilaian (PAP) adalah ....
A. merupakan pengawasan minimum yang ditetapkan lebih dahulu sebagai
proses pembelajaran
B. membandingkan hasil belajar siswa terhadap
hasil belajar siswa lain
C. kedudukan kepandaian siswa dalam kelompoknya
D. kepandaian kelompok dinyatakan dengan angka
rata-rata
No comments:
Post a Comment