Cloud Hosting Indonesia

04 April, 2014

Soal pengembangan program muatan lokal



LATIHAN MANDIRI
PENGEMBANGAN PROGRAM MUATAN LOKAL
(PGSD2405)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI  DENGAN 40 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Guru sering mengartikan kurikulum sebagai ....
A.   tempat perlombaan
B.   pengalaman belajar yang direncanakan
C.   garis-garis besar program pembelajaran
D.   petunjuk untuk mengevaluasi hasil belajar

2.   Kurikulum muatan lokal adalah ....       
A.   kurikulum yang disusun oleh masing-masing sekolah sehingga isinya berbeda-beda sesuai kebutuhan sekolah
B.   bentuk penyelenggaraan pendidikan yang bersifat desentralisasi, sebagai upaya pemerintah untuk lebih meningkatkan relevansi terhadap kebutuhan daerah yang bersangkutan
C.   bagian dari kurikulum nasional yang ditentukan oleh sekolah berdasarkan keadaan dan kebutuhan sekolah masing-masing
D.   materi pelajaran yang berisi kesenian daerah yang diberikan di sekolah agar siswa mencintai daerahnya tetapi diharapkan tidak menimbulkan fanatisme daerah
     
3.   Guru dapat melakukan pengajaran mulok di kelas dengan berbagai cara, kecuali ....
A.   memberi bacaan tentang cerita rakyat yang mengandung unsur sejarah yang terjadi di lingkungan siswa atau sekolah
B.   menjelaskan tentang binatang dan tumbuhan yang hidup di daerah tersebut
C.   menugaskan siswa untuk melukis pahlawan atau gedung-gedung bersejarah yang ada di sekitar tempat tinggalnya
D.   melibatkan siswa untuk melaksanakan dan memperingati hari Pahlawan

4.   Penerapan muatan lokal dalam kurikulum Sekolah Dasar didasarkan pada model konsep kurikulum ....
A.   nasional dan lokal
B.   rekonstruksi sosial dan transformasi

C.   berbasis kompetensi dan teknologi
D.   Inti dan terintegrasi

5.   Landasan pengembangan dan penerapan kurikulum mulok di Sekolah Dasar adalah ....
A.   landasan ideal, hukum, teoritik, dan demografik
B.   UUD 1945 dan GBHN
C.   teori belajar anak dan psikologi perkembangan
D.   Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional

6.   Teori belajar konsep asimilasi Jean Piaget, di jadikan salah satu landasan bagi penerapan mulok di Sekolah Dasar, karena teori ini menjelaskan bahwa ....
A.   siswa berkembang mulai dari tingkat konkrit ke tingkat abstrak
B.   anak pada usia sekolah dasar meniliki rasa ingin tahu yang sangat besar terhadap lingkungan sekitarnya
C.   sesuatu yang baru akan lebih mudah dipelajari anak, jika yang dipelajari tersebut pernah dikenalnya
D.   dengan menciptakan situasi belajar yang menyenangkan, aspek kejiwaan anak akan tumbuh dan berkembang lebih sehat

7.   Ruang lingkup kurikulum mulok meliputi ....
A.   kesenian, kepariwisataan, dan pertanian
B.   keadaan daerah dan kebutuhan siswa
C.   lingkup isi, sekolah, dan wilayah
D.   keterampilan dasar dan keterampilan hidup

8.   Dalam proses pembelajardan mulok, guru dapat melakukan hal berikut ....
A.   memberikan informasi tentang berbagai jenis tarian daerah yang dapat dijadikan kebanggaan daerah
B.   menugaskan siswa untuk mengikuti secara langsung upacara adat yang dilaksanakan di daerahnya
C.   membawa siswa berkaryawisata ke musium-mesium bersejarah yang ada di berbagai kota
D.   guru memperagakan cara membuat suatu kerajinan yang menjadi aset daerah
9.   Isi kurikulum mulok yang termasuk lingkup lingkungan budaya adalah ....
A.   bangunan bersejarah, hasil pertambang-an, objek wisata
B.   gunung, hutan, pantai
C.   bahasa daerah, nilai dan norma, ceritera rakyat
D.   tempat beribadah, cagar alam, taman

10.   Kurikulum mulok di sekolah dasar dapat dilaksanakan dengan cara berikut, kecuali ....
A.   menerapkan sistem catur wulan
B.   menggunakan guru kelas
C.   melaksanakan pengajaran tim
D.   membayar tenaga ahli dari luar sekolah

11.   Berdasarkan Bab IX pasal 39 UUSPN tahun 1994, dalam kurikulum sekolah terdapat 3 macam kurikulum yaitu ....
A.   kurikulum nasional, muatan lokal, dan KBK
B.   kurikulum nasional, muatan lokal, dan khas
C.   KBK, kurikulum nasional, dan daerah
D.   KBK, kurikulum inti, dan penunjang

12.   Kurikulum nasional dan kurikulum muatan lokal dapat dilihat perbedaannya pada pernyataan berikut, kecuali ....
A.   kurikulum nasional harus dipelajari oleh semua siswa sedangkan kurikulum muatan lokal tidak
B.   kurikulum nasional memungkinkan adanya EBTANAS, sedangkan kurikulum muatan lokal tidak
C.   isi kurikulum nasional adalah konsep-konsep yang bersifat nasional, sedangkan kurikulum muatan lokal bersifat khas daerah
D.   sistem yang digunakan untuk kurikulum nasional adalah sistem semester, sedangkan kurikulum muatan lokal tidak

13.   Pengembangan kurikulum muatan lokal perlu mengikutsertakan beberapa pihak yaitu ....
A.   perguruan tinggi, pemda, dunia industri, tokoh masyarakat
B.   guru, siswa, kepala sekolah, penilik sekolah
C.   dewan sekolah, tokoh agama, dunia industri, pemda
D.   Kanwil Depdiknas, tim pengembang kurikulum, guru, kepala sekolah

14.   Instansi terkait dalam pengembangan kurikulum muatan lokal yang dapat membantu memberikan informasi tentang relevansi dan pengembangan ketenagakerjaan di daerah tersebut adalah ....
A.   Pemda
B.   Dunia industri
C.   Tokoh masyarakat
D.   Perguruan tinggi

15.   Dalam menentukan jenis pelajaran mulok, 3 unsur yang harus dipertimbangkan adalah ....
A.   minat murid, minat guru, dan minat sekolah
B.   kebutuhan daerah, orang tua, dan siswa
C.   minat siswa, ketersediaan tenaga pengajar, dan sarana pendukung
D.   keadaan sekolah, kebutuhan daerah, dan biaya

16.   Rancangan pembelajaran disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, artinya ....
A.   memperhatikan kondisi belajar eksternal dan internal
B.   perencanaan dimulai dari hal yang diperlukan terlebih dahulu kemudian diikuti dengan sesuatu yang harus mengikuti
C.   komponen-komponen yang dirancang merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan dan bersinergi untuk mencapai tujuan
D.   guru harus mengutamakan pada proses belajar siswa sebagai manusia yang akan belajar

17.   Perbedaan antara pengajaran dan pem-belajaran dapat dilihat dalam pernyataan berikut ....
A.   pengajaran bertitik tolak pada guru; pembelajaran lebih menekankan pada interaksi antara guru dan siswa
B.   pengajaran terjadi di sekolah; pembelajaran terjadi di semua tempat
C.   pengajaran bersifat pasif; pembelajaran lebih aktif
D.   pengajaran dilakukan oleh guru; pembelajaran dilakukan oleh orang tua siswa di rumah





18.   Prinsip-prinsip proses belajar manusia yang relevan dengan pembelajaran adalah ....
A.   sistematis, menggunakan pendekatan sistem, berorientasi pada tujuan
B.   mengaktifkan siswa, kesesuaian, kepuasan
C.   keterbukaan, keadilan, kebersamaan
D.   keserempakan, pengulangan, penguatan

19.   Faktor internal dalam belajar yang sangat mempengaruhi proses belajar adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   strategi pengelolaan diri
B.   motivasi
C.   tingkat kecerdasan emosi
D.   sikap percaya diri

20.   Kegunaan tujuan instruksional khusus yang paling utama adalah ....
A.   sebagai arah untuk menentukan semua kegiatan
B.   untuk membantu siswa belajar
C.   sebagai alat evaluasi hasil belajar
D.   untuk membantu guru dalam mengambil keputusan

21.   Siswa telah belajar asosiasi verbal jika ia telah mampu ....
A.   menunjukkan adanya dua atau lebih stimulus – respons yang bergabung bersama
B.   menghubungkan antara pengertian dan konsep
C.   membedakan objek menurut karakteristik-nya
D.   menerapkan konsep pada masalah yang dihadapi

22.   Hasil belajar dalam kategori strategi kognitif akan ditempatkan oleh siswa dalam bentuk ....
A.   kemampuan untuk berpikir, mengingat, dan belajar
B.   gerakan tubuh yang lancar dan tepat
C.   kemampuan membedakan, membentuk konsep, dan memecahkan masalah
D.   menjelaskan kembali informasi yang telah dipelajari

23.   Hubungan program mulok dengan kebutuhan daerah tercermin pada pernyataan berikut ini ....
A.   program mulok disesuaikan dengan keadaan daerah
B.   program mulok dikembangkan atas dasar keadaan dan kebutuhan daerah
C.   program mulok berkenaan dengan kelangsungan hidup dan peningkatan taraf hidup masyarakat
D.   program mulok berkaitan dengan lingkungan sosial dan ekonomi daerah masing-masing

24.   Masalah yang sering timbul dalam pelaksanaan program mulok adalah ....
A.   guru hanya menjelaskan secara verbal
B.   pemberian LATIHAN yang disesuaikan dengan usia anak
C.   membedakan cara pengajaran pekerjaan tangan dan kesenian
D.   lebih menekankan pada aspek afektif

25.   Dalam pembelajaran mulok, sebaiknya guru menggunakan pendekatan immersion, artinya ....
A.   guru memperagakan dan siswa meniru
B.   siswa diajak langsung melakukan setelah sebelumnya diminta untuk mengamati
C.   secara bertahap guru memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan siswa
D.   siswa diajak untuk menilai suatu tindakan yang dilakukan seseorang

26.   Penyusunan kurikulum mulok perlu memper-timbangkan tingkat perkembangan peserta didik yang akan mempelajari kurikulum tersebut. Hal ini merupakan salah satu kriteria yang termasuk ke dalam kriteria ....
A.   inti
B.   pokok
C.   penunjang
D.   tambahan

27.   Isi muatan lokal terbagi menjadi 3 rumpun yaitu ....
A.   kesenian, keterampilan, dan pariwisata
B.   kesenian, pertanian, dan lingkungan
C.   budaya daerah, pertanian, dan pariwisataan
D.   budaya, keterampilan, pendidikan lingkungan





28.   Yang termasuk bahan kajian rumpun budaya adalah ....
A.   kesenian
B.   kebersihan
C.   keindahan
D.   kepariwisataan

29.   Bahan kajian keterampilan bercirikan ....
A.   segala sesuatu sebagai hasil olah pikir manusia
B.   semua yang berkenaan dengan lingkungan hidup manusia
C.   latihan menggunakan otot untuk melakukan sesuatu dan menghargai kerja
D.   mengharuskan siswa dapat menghasilkan sesuatu untuk tambahan penghasilan keluarga

30.   Lima K sebagai slogan untuk mempermudah siswa mengenali masalah lingkungan adalah ....
A.   kesenian, keterampilan, kebudayaan, kepariwisataan, kerajinan
B.   keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan, kenyamanan
C.   kebudayaan, kepariwisataan, kebersihan, keterampilan, keindahan
D.   kesenian, kerumah tanggaan, kekeluarga-an, keterampilan, kepariwisataan

31.   Berikut merupakan perangkat kurikulum mulok, kecuali ....
A.   buku acuan pengembangan
B.   Garis-garis Besar Program Pengajaran
C.   satuan pelajaran
D.   pedoman umum pelaksanaan

32.   Suatu bahan kajian dijadikan wajib di suatu daerah apabila ....
A.   bahan kajian tersebut harus dipelajari oleh semua siswa di wilayahnya
B.   guru dan sarana sudah disediakan oleh Pemda setempat
C.   keadaan dan potensi yang ada di daerah perlu dilestarikan dan dikembangkan
D.   keadaan dan potensi daerah perlu diperbaharui dan dijadikan modern

33.   Persyaratan penyusunan GBPP hendaknya berdasarkan psikologis edukatif, berarti ....
A.   demi kepentingan peserta didik
B.   harus dapat dilaksanakan
C.   membentuk pribadi siswa seutuhnya
D.   ada disekitar dan dekat dengan siswa
34.   Apabila suatu bahan kajian yang dibutuhkan daerah belum terdapat dalam GBPP yang telah tersedia, maka ....
A.   sekolah tidak perlu mengajarkan bahan kajian tersebut
B.   guru dapat menyusun sendiri GBPP kurikulum mulok yang akan dilaksanakan di kelasnya
C.   sekolah belum dapat mengajarkan bahan kajian tersebut sebelum mengusulkan kepada kantor Depdiknas setempat
D.   guru harus mengajarkan semua yang ada dalam GBPP yang telah tersedia

35.   Penjabaran materi GBPP oleh guru memiliki makna bagi guru untuk ....
A.   memilih materi yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan daerah
B.   menyesuaikan materi dengan alokasi waktu yang tersedia
C.   menelaah GBPP dan menentukan sub pokok bahasan yang diperlukan
D.   membuat materi lebih rinci dan lebih dalam

36.   Penyesuaian materi kurikulum memiliki makna sebagai berikut, yaitu ....
A.   menguraikan materi menjadi lebih rinci sehingga mudah dicerna siswa
B.   upaya guru untuk menyesuaikan materi dengan keadaan lingkungan setempat, metode, sarana prasarana, dan alokasi waktu
C.   upaya guru untuk memilah dan memilih materi pokok bahasan yang dibutuhkan siswa di sekolah
D.   menambahkan materi prasyarat sebelum materi pokok bahasan yang akan diajarkan

37.   Untuk setiap rumpun muatan lokal, penilaian hasil akhir siswa lebih dititik beratkan pada proses yang dilakukannya. Hal ini disebabkan karena ....
A.   dalam pembelajaran mulok tidak pernah ada produk yang dinilai
B.   guru lebih mudah memberikan penilaian
C.   pembelajaran mulok lebih menekankan pada pembentukan aspek afektif dalam diri siswa
D.   guru harus berhati-hati dalam memberikan nilai kepada siswa

38.   Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran mulok saat ini adalah pendekatan ....
A.   individual dan kelompok
B.   proses dan hasil
C.   aktif dan kreatif
D.   induktif dan deduktif

39.   Penerapan sistem hadiah dalam pembelajaran mulok perlu dilakukan karena ....
A.   guru tidak perlu mengeluarkan uang untuk hadiah karena sudah disediakan sekolah
B.   siswa memiliki kebutuhan akan aktualisasi diri
C.   siswa membutuhkan hadiah tersebut untuk disimpan
D.   sistem ini merupakan bagian dari CBSA
     
40.   Strategi pembelajaran ‘take action’ dalam pembelajaran rumpun pendidikan lingkungan mempunyai arti ....
A.   guru boleh mengambil tindakan tegas terhadap siswa yang tidak menurut
B.   siswa mau mengambil tindakan bila guru tidak datang ke kelas
C.   siswa selalu diajak untuk mengambil bagian di dalam suatu kegiatan pendidikan lingkungan
D.   guru menugaskan siswa untuk turut serta dalam membersihkan lingkungan di daerahnya

No comments:

Post a Comment