LATIHAN MANDIRI
PENGEMBANGAN
PROGRAM MUATAN LOKAL
(PGSD2405)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI DENGAN 40
PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Guru sering
mengartikan kurikulum sebagai ....
A. tempat perlombaan
B. pengalaman belajar yang
direncanakan
C. garis-garis besar program
pembelajaran
D. petunjuk untuk mengevaluasi hasil
belajar
2. Kurikulum
muatan lokal adalah ....
A. kurikulum yang disusun oleh
masing-masing sekolah sehingga isinya berbeda-beda sesuai kebutuhan sekolah
B. bentuk penyelenggaraan
pendidikan yang bersifat desentralisasi, sebagai upaya pemerintah untuk lebih
meningkatkan relevansi terhadap kebutuhan daerah yang bersangkutan
C. bagian dari kurikulum nasional
yang ditentukan oleh sekolah berdasarkan keadaan dan kebutuhan sekolah
masing-masing
D. materi pelajaran yang berisi
kesenian daerah yang diberikan di sekolah agar siswa mencintai daerahnya tetapi
diharapkan tidak menimbulkan fanatisme daerah
3. Guru dapat melakukan pengajaran
mulok di kelas dengan berbagai cara, kecuali ....
A. memberi bacaan tentang cerita
rakyat yang mengandung unsur sejarah yang terjadi di lingkungan siswa atau
sekolah
B. menjelaskan tentang binatang dan
tumbuhan yang hidup di daerah tersebut
C. menugaskan siswa untuk melukis
pahlawan atau gedung-gedung bersejarah yang ada di sekitar tempat tinggalnya
D. melibatkan siswa untuk
melaksanakan dan memperingati hari Pahlawan
4. Penerapan
muatan lokal dalam kurikulum Sekolah Dasar didasarkan pada model konsep
kurikulum ....
A. nasional dan lokal
B. rekonstruksi sosial dan
transformasi
C. berbasis kompetensi dan
teknologi
D. Inti dan terintegrasi
5. Landasan
pengembangan dan penerapan kurikulum mulok di Sekolah Dasar adalah ....
A. landasan ideal, hukum, teoritik,
dan demografik
B. UUD 1945 dan GBHN
C. teori belajar anak dan psikologi
perkembangan
D. Undang-undang Sistem Pendidikan
Nasional
6. Teori belajar konsep asimilasi
Jean Piaget, di jadikan salah satu landasan bagi penerapan mulok di Sekolah
Dasar, karena teori ini menjelaskan bahwa ....
A. siswa berkembang mulai dari
tingkat konkrit ke tingkat abstrak
B. anak pada usia sekolah dasar
meniliki rasa ingin tahu yang sangat besar terhadap lingkungan sekitarnya
C. sesuatu yang baru akan lebih
mudah dipelajari anak, jika yang dipelajari tersebut pernah dikenalnya
D. dengan menciptakan situasi
belajar yang menyenangkan, aspek kejiwaan anak akan tumbuh dan berkembang lebih
sehat
7. Ruang lingkup
kurikulum mulok meliputi ....
A. kesenian, kepariwisataan, dan
pertanian
B. keadaan daerah dan kebutuhan
siswa
C. lingkup isi, sekolah, dan wilayah
D. keterampilan dasar dan
keterampilan hidup
8. Dalam proses
pembelajardan mulok, guru dapat melakukan hal berikut ....
A. memberikan informasi tentang
berbagai jenis tarian daerah yang dapat dijadikan kebanggaan daerah
B. menugaskan siswa untuk mengikuti
secara langsung upacara adat yang dilaksanakan di daerahnya
C. membawa siswa berkaryawisata ke
musium-mesium bersejarah yang ada di berbagai kota
D. guru memperagakan cara membuat
suatu kerajinan yang menjadi aset daerah
9. Isi kurikulum
mulok yang termasuk lingkup lingkungan budaya adalah ....
A. bangunan bersejarah, hasil
pertambang-an, objek wisata
B. gunung, hutan, pantai
C. bahasa daerah, nilai dan norma,
ceritera rakyat
D. tempat beribadah, cagar alam,
taman
10. Kurikulum
mulok di sekolah dasar dapat dilaksanakan dengan cara berikut, kecuali
....
A. menerapkan sistem catur wulan
B. menggunakan guru kelas
C. melaksanakan pengajaran tim
D. membayar tenaga ahli dari luar sekolah
11. Berdasarkan Bab IX pasal 39 UUSPN tahun 1994,
dalam kurikulum sekolah terdapat 3 macam kurikulum yaitu ....
A. kurikulum nasional, muatan lokal, dan KBK
B. kurikulum nasional, muatan lokal, dan khas
C. KBK, kurikulum nasional, dan daerah
D. KBK, kurikulum inti, dan penunjang
12. Kurikulum nasional dan kurikulum muatan lokal
dapat dilihat perbedaannya pada pernyataan berikut, kecuali ....
A. kurikulum nasional harus dipelajari oleh
semua siswa sedangkan kurikulum muatan lokal tidak
B. kurikulum nasional memungkinkan adanya
EBTANAS, sedangkan kurikulum muatan lokal tidak
C. isi kurikulum nasional adalah konsep-konsep
yang bersifat nasional, sedangkan kurikulum muatan lokal bersifat khas daerah
D. sistem yang digunakan untuk kurikulum
nasional adalah sistem semester, sedangkan kurikulum muatan lokal tidak
13. Pengembangan kurikulum muatan lokal perlu
mengikutsertakan beberapa pihak yaitu ....
A. perguruan tinggi, pemda, dunia industri,
tokoh masyarakat
B. guru, siswa, kepala sekolah, penilik sekolah
C. dewan sekolah, tokoh agama, dunia industri,
pemda
D. Kanwil Depdiknas, tim pengembang kurikulum,
guru, kepala sekolah
14. Instansi terkait dalam pengembangan kurikulum
muatan lokal yang dapat membantu memberikan informasi tentang relevansi dan
pengembangan ketenagakerjaan di daerah tersebut adalah ....
A. Pemda
B. Dunia industri
C. Tokoh masyarakat
D. Perguruan tinggi
15. Dalam menentukan jenis pelajaran mulok, 3
unsur yang harus dipertimbangkan adalah ....
A. minat murid, minat guru, dan minat sekolah
B. kebutuhan daerah, orang tua, dan siswa
C. minat siswa, ketersediaan tenaga pengajar,
dan sarana pendukung
D. keadaan sekolah, kebutuhan daerah, dan biaya
16. Rancangan pembelajaran disusun dengan
menggunakan pendekatan sistem, artinya ....
A. memperhatikan kondisi belajar eksternal dan
internal
B. perencanaan dimulai dari hal yang diperlukan
terlebih dahulu kemudian diikuti dengan sesuatu yang harus mengikuti
C. komponen-komponen yang dirancang merupakan
satu kesatuan yang saling berhubungan dan bersinergi untuk mencapai tujuan
D. guru harus mengutamakan pada proses belajar
siswa sebagai manusia yang akan belajar
17. Perbedaan antara pengajaran dan pem-belajaran
dapat dilihat dalam pernyataan berikut ....
A. pengajaran bertitik tolak pada guru;
pembelajaran lebih menekankan pada interaksi antara guru dan siswa
B. pengajaran terjadi di sekolah; pembelajaran
terjadi di semua tempat
C. pengajaran bersifat pasif; pembelajaran lebih
aktif
D. pengajaran dilakukan oleh guru; pembelajaran
dilakukan oleh orang tua siswa di rumah
18. Prinsip-prinsip proses belajar manusia yang
relevan dengan pembelajaran adalah ....
A. sistematis, menggunakan pendekatan sistem,
berorientasi pada tujuan
B. mengaktifkan siswa, kesesuaian, kepuasan
C. keterbukaan, keadilan, kebersamaan
D. keserempakan, pengulangan, penguatan
19. Faktor internal dalam belajar yang sangat
mempengaruhi proses belajar adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. strategi pengelolaan diri
B. motivasi
C. tingkat kecerdasan emosi
D. sikap percaya diri
20. Kegunaan tujuan instruksional khusus yang
paling utama adalah ....
A. sebagai arah untuk menentukan semua kegiatan
B. untuk membantu siswa belajar
C. sebagai alat evaluasi hasil belajar
D. untuk membantu guru dalam mengambil keputusan
21. Siswa telah belajar asosiasi verbal jika ia
telah mampu ....
A. menunjukkan adanya dua atau lebih stimulus –
respons yang bergabung bersama
B. menghubungkan antara pengertian dan konsep
C. membedakan objek menurut karakteristik-nya
D. menerapkan konsep pada masalah yang dihadapi
22. Hasil belajar dalam kategori strategi
kognitif akan ditempatkan oleh siswa dalam bentuk ....
A. kemampuan untuk berpikir, mengingat, dan
belajar
B. gerakan tubuh yang lancar dan tepat
C. kemampuan membedakan, membentuk konsep, dan
memecahkan masalah
D. menjelaskan kembali informasi yang telah
dipelajari
23. Hubungan program mulok dengan kebutuhan
daerah tercermin pada pernyataan berikut ini ....
A. program mulok disesuaikan dengan keadaan
daerah
B. program mulok dikembangkan atas dasar keadaan
dan kebutuhan daerah
C. program mulok berkenaan dengan kelangsungan
hidup dan peningkatan taraf hidup masyarakat
D. program mulok berkaitan dengan lingkungan
sosial dan ekonomi daerah masing-masing
24. Masalah yang sering timbul dalam pelaksanaan
program mulok adalah ....
A. guru hanya menjelaskan secara verbal
B. pemberian LATIHAN yang disesuaikan dengan
usia anak
C. membedakan cara pengajaran pekerjaan tangan
dan kesenian
D. lebih menekankan pada aspek afektif
25. Dalam pembelajaran mulok, sebaiknya guru
menggunakan pendekatan immersion, artinya ....
A. guru memperagakan dan siswa meniru
B. siswa diajak langsung melakukan setelah
sebelumnya diminta untuk mengamati
C. secara bertahap guru memberikan pengetahuan
dan keterampilan yang dibutuhkan siswa
D. siswa diajak untuk menilai suatu tindakan
yang dilakukan seseorang
26. Penyusunan kurikulum mulok perlu
memper-timbangkan tingkat perkembangan peserta didik yang akan mempelajari
kurikulum tersebut. Hal ini merupakan salah satu kriteria yang termasuk ke
dalam kriteria ....
A. inti
B. pokok
C. penunjang
D. tambahan
27. Isi muatan lokal terbagi menjadi 3 rumpun
yaitu ....
A. kesenian, keterampilan, dan pariwisata
B. kesenian, pertanian, dan lingkungan
C. budaya daerah, pertanian, dan pariwisataan
D. budaya, keterampilan, pendidikan lingkungan
28. Yang termasuk bahan kajian rumpun budaya
adalah ....
A. kesenian
B. kebersihan
C. keindahan
D. kepariwisataan
29. Bahan kajian keterampilan bercirikan ....
A. segala sesuatu sebagai hasil olah pikir
manusia
B. semua yang berkenaan dengan lingkungan hidup
manusia
C. latihan menggunakan otot untuk melakukan
sesuatu dan menghargai kerja
D. mengharuskan siswa dapat menghasilkan sesuatu
untuk tambahan penghasilan keluarga
30. Lima K sebagai slogan untuk mempermudah siswa
mengenali masalah lingkungan adalah ....
A. kesenian, keterampilan, kebudayaan,
kepariwisataan, kerajinan
B. keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan,
kenyamanan
C. kebudayaan, kepariwisataan, kebersihan,
keterampilan, keindahan
D. kesenian, kerumah tanggaan, kekeluarga-an,
keterampilan, kepariwisataan
31. Berikut merupakan perangkat kurikulum mulok, kecuali
....
A. buku acuan pengembangan
B. Garis-garis Besar Program Pengajaran
C. satuan pelajaran
D. pedoman umum pelaksanaan
32. Suatu bahan kajian dijadikan wajib di suatu
daerah apabila ....
A. bahan kajian tersebut harus dipelajari oleh
semua siswa di wilayahnya
B. guru dan sarana sudah disediakan oleh Pemda
setempat
C. keadaan dan potensi yang ada di daerah perlu
dilestarikan dan dikembangkan
D. keadaan dan potensi daerah perlu diperbaharui
dan dijadikan modern
33. Persyaratan penyusunan GBPP hendaknya
berdasarkan psikologis edukatif, berarti ....
A. demi kepentingan peserta didik
B. harus dapat dilaksanakan
C. membentuk pribadi siswa seutuhnya
D. ada disekitar dan dekat dengan siswa
34. Apabila suatu bahan kajian yang dibutuhkan
daerah belum terdapat dalam GBPP yang telah tersedia, maka ....
A. sekolah tidak perlu mengajarkan bahan kajian
tersebut
B. guru dapat menyusun sendiri GBPP kurikulum
mulok yang akan dilaksanakan di kelasnya
C. sekolah belum dapat mengajarkan bahan kajian
tersebut sebelum mengusulkan kepada kantor Depdiknas setempat
D. guru harus mengajarkan semua yang ada dalam
GBPP yang telah tersedia
35. Penjabaran materi GBPP oleh guru memiliki makna
bagi guru untuk ....
A. memilih materi yang sesuai dengan keadaan dan
kebutuhan daerah
B. menyesuaikan materi dengan alokasi waktu yang
tersedia
C. menelaah GBPP dan menentukan sub pokok
bahasan yang diperlukan
D. membuat materi lebih rinci dan lebih dalam
36. Penyesuaian materi kurikulum memiliki makna
sebagai berikut, yaitu ....
A. menguraikan materi menjadi lebih rinci
sehingga mudah dicerna siswa
B. upaya guru untuk menyesuaikan materi dengan
keadaan lingkungan setempat, metode, sarana prasarana, dan alokasi waktu
C. upaya guru untuk memilah dan memilih materi
pokok bahasan yang dibutuhkan siswa di sekolah
D. menambahkan materi prasyarat sebelum materi
pokok bahasan yang akan diajarkan
37. Untuk setiap rumpun muatan lokal, penilaian
hasil akhir siswa lebih dititik beratkan pada proses yang dilakukannya. Hal ini
disebabkan karena ....
A. dalam pembelajaran mulok tidak pernah ada
produk yang dinilai
B. guru lebih mudah memberikan penilaian
C. pembelajaran mulok lebih menekankan pada
pembentukan aspek afektif dalam diri siswa
D. guru harus berhati-hati dalam memberikan
nilai kepada siswa
38. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran mulok
saat ini adalah pendekatan ....
A. individual dan kelompok
B. proses dan hasil
C. aktif dan kreatif
D. induktif dan deduktif
39. Penerapan sistem hadiah dalam pembelajaran
mulok perlu dilakukan karena ....
A. guru tidak perlu mengeluarkan uang untuk
hadiah karena sudah disediakan sekolah
B. siswa memiliki kebutuhan akan aktualisasi
diri
C. siswa membutuhkan hadiah tersebut untuk
disimpan
D. sistem ini merupakan bagian dari CBSA
40. Strategi pembelajaran ‘take action’ dalam
pembelajaran rumpun pendidikan lingkungan mempunyai arti ....
A. guru boleh mengambil tindakan tegas terhadap
siswa yang tidak menurut
B. siswa mau mengambil tindakan bila guru tidak
datang ke kelas
C. siswa selalu diajak untuk mengambil bagian di
dalam suatu kegiatan pendidikan lingkungan
D. guru menugaskan siswa untuk turut serta dalam
membersihkan lingkungan di daerahnya
No comments:
Post a Comment