TUGAS MANDIRI
TEFL III
(PING3370)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 20, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Kurikulum bermanfaat untuk ....
A. mencerdaskan kehidupan bangsa
B. mengembangkan manusia Indonesia
C. mewujudkan tujuan pendidikan nasional
D. meningkatkan pengetahuan dan keteram-pilan
manusia
2. Silabus bahasa kedua perlu dirancang dengan
memperhatikan ....
A. fungsi bahasa dalam berkomunikasi termasuk
tatabahasa dan kosakata
B. tatabahasa dan kosakata
C. fungsi bahasa dan kebutuhan siswa dalam
membaca
D. fungsi bahasa dan keinginan pembuat keputusan
3. Manakah dari yang berikut termasuk salah satu
cara mengimplementasikan kurikulum dengan transformasi?
A. Orientasi pada perubahan sosial.
B. Orientasi pada rasionalisasi dan peme-cahan
masalah.
C. Orientasi pada proses transmisi fakta secara
spesifik.
D. Orientasi pada perubahan berpikir
konser-vatif menjadi modern.
4. Posisi manakah yang paling cocok
diimple-mentasikan dalam pengembangan kurikulum bahasa?
A. Transmisi.
B. Transaksi.
C. Transformasi.
D. Transpersonal.
5. Apa yang diatur dalam UU Nomor 2 Tahun 1989?
A. Sistem pengajaran di SD dan SLTP.
B. Materi ajar pendidikan luar sekolah.
C. Pendidikan Dasar.
D. Sistem Pendidikan Nasional.
6. Bagi daerah/propinsi, penetapan mata
pelajaran Bahasa Inggris merupakan ....
A. kewajiban
B. pilihan
C. kebutuhan masyarakat
D. kebutuhan siswa
7. Muatan baru dalam kurikulum 94 antara lain adalah bimbingan ....
A. guru dan siswa
B. anak
C. karier dan belajar
D. dan penyuluhan
8. Fungsi pelajaran Bahasa Inggris di SLTP adalah sebagai alat
pengembangan diri siswa ....
A. secara internasional
B. dalam bidang teknologi dan budaya
C. dalam bidang pengetahuan, teknologi, dan budaya
D. secara utuh
9. Keterampilan berbahasa yang ditekankan dalam
GBPP SLTP 94 adalah ....
A. reading
B. speaking
C. listening
D. writing
10. Tujuan pengajaran Bahasa Inggris di SLTP
dinyatakan dalam GBPP 1994 sebagai berikut ....
A. mendidik siswa agar memiliki keterampil-an berbahasa yang menandai
agar mampu menyerap pengetahuan, teknologi dan seni budaya bangsa-bangsa di
dunia
B. agar siswa mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris
C. agar siswa mampu berkomunikasi dengan bangsa-bangsa di dunia dalam
bahasa internasional
D. agar siswa menguasai bahasa internasional dengan baik sesuai
unsur-unsur bahasa yang dipelajari
11. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa
Inggris dilakukan secara ....
A. struktural
B. behavioral
C. situasional
D. kebermaknaan
12. Salah satu sifat pendekatan kebermaknaan adalah ....
A. komunikatif
B. tematik
C. global
D. personal
13. GBPP SLTP 1994 dikembangkan dengan model ....
A. penekanan personal
B. model pribadi siswa
C. variabel terpusat
D. penekanan beragam
14. Tema yang diajarkan pada awal tahun ajaran baru di kelas I SLTP
adalah ....
A. kehidupan sekolah
B. jati diri
C. berbelanja
D. lingkungan kehidupan keluarga
15. Siswa SLTP kelas II, menurut GBPP, harus menguasai sejumlah kosa
kata ....
A. 250
B. 500
C. 750
D. 1000
16. Pokok bahasan upacara adat termasuk dalam
tema ....
A. geografi
B. wisata
C. kebudayaan
D. olahraga
17. Siapakah di antara yang berikut berpendapat
bahwa proses pembelajaran, paedagogis dan sosial terjadi dalam kelas ....
A. Nunan
B. Breen
C. Waters
D. Hutchinson
18. Apakah yang dimaksudkan dengan ajek?
A. Operasional dan dapat diukur.
B. Dapat diamati dan dinilai.
C. Konsisten, terjadi berulang secara tetap.
D. Merujuk pada satu kemampuan.
19. Siswa diharapkan mampu bercerita secara sederhana kepada
teman-temannya merupakan tujuan pengajaran keterampilan ....
A. menulis
B. membaca
C. berbicara
D. menyimak
20. Quiet merupakan kosa kata yang biasa digunakan dalam tema
kehidupan ....
A. kota
B. desa
C. rekreasi
D. hewan
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 21
SAMPAI 60, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
21. Yang termasuk ungkapan tidak suka, adalah ....
1) That’s alright
2) I hate it
3) I don’t enjoy rock n’roll
22. Apa materi yang ditanamkan pada anak yang dalam pendidikan
informal?
1) norma perilaku
2) nilai susila
3) agama
23. Berikut adalah beberapa tujuan pendidikan dasar ....
1) mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan menengah
2) membekali kemampuan dasar sesuai perkembangan anak
3) membekali materi dasar sesuai keinginan orang tua siswa
24. Isi bahan ajar kurikulum pendidikan dasar mencakup ....
1) agama
2) kewarganegaraan
3) berhitung
25. Apa manfaat pendidikan dasar bagi anak?
1) pengembangan kehidupan anak
2) meningkatkan prestasi anak
3) melibatkan anak untuk bertanggung jawab dalam masyarakat
26. Tujuan pengajaran Bahasa Inggris di SD ....
1) menyerap informasi dalam Bahasa Inggris
2) memahami budaya bangsa lain
3) mentransfer informasi teknologi
27. Manakah dari yang berikut yang tertuang dalam kurikulum Dikdas 94
....
1) penjatahan waktu belajar
2) sistem seleksi guru
3) sistem pengajaran
28. Proses penyelenggaraan pembelajaran dibeberapa sekolah mungkin
masih menghadapi masalah, antara lain pada ....
1) peralatan yang terbatas
2) kemampuan guru
3) lingkungan yang tidak mendukung
29. Manakah dari yang berikut termasuk unsur-unsur bahasa?
1) Kosakata
2) Lafal
3) Ejaan
30. Komponen yang termasuk dalam rambu-rambu GBPP 94 ....
1) pendekatan pengajaran
2) materi (buku)
3) model GBPP
31. Setelah mempelajari dan berlatih keterampil-an membaca di kelas I
SLTP, siswa diharapkan mampu ....
1) membaca petunjuk jadwal
2) membaca petunjuk dalam formulir
3) melakukan percakapan
32. Tujuan pengajaran membaca adalah siswa akan mendapatkan ....
1) gambaran umum tentang bacaan
2) informasi khusus dari bacaan
3) masukan ilmu/pengetahuan dari orang lain
33. Berikut adalah ungkapan komunikatif untuk mendorong pendengar
melakukan sesuatu ....
1) Kids, sit down
2) Open the door
3) Read chapter 10 for next week
34. Ungkapan untuk permintaan maaf adalah ....
1) Really, I don’t mean to bother you, sorry about that
2) Sorry to bother you
3) Can you gorgive me? It won’t happen again
35. Kosakata yang biasa digunakan dalam tema belanja adalah
....
1) price
2) tomato
3) discount
36. Kosakata yang digunakan dalam tema hobby adalah ....
1) music
2) writing
3) favourite
37. Kosakata yang digunakan dalam tema pekerjaan (Occupation) adalah
....
1) headmaster
2) typist
3) babby sitter
38. Berikut yang termasuk kegiatan pembelajaran membaca ....
1) melafalkan kata dengan tepat
2) menerka arti kata atau frasa
3) memperkirakan suasana hati penulis
39. Yang termasuk kegiatan pembelajaran berbicara ialah ....
1) melafalkan ucapan dengan tepat
2) bercerita tentang suatu gambar
3) tukar-menukar informasi secara lisan
40. Yang dapat digunakan dalam pengajaran membaca untuk kelas II ....
1) menu
2) tiket
3) catatan harian
41. Siswa kelas II SLTP diharapkan mampu untuk ....
1) menafsirkan makna kata dan kalimat dalam keterampilan membaca
2) menikmati bacaan
3) menemukan informasi yang tersurat dalam bacaan
42. Siswa kelas II akan menguasai keterampilan menyimak dengan cara
....
1) melakukan gerakan atau tindakan berdasarkan perintah lisan
2) menemukan lokasi dalam peta berdasarkan informasi lisan
3) menceritakan kembali pesan yang disampaikan secara lisan
43. Dalam keterampilan berbicara siswa kelas II harus mampu ....
1) berbicara bahasa Indonesia dengan fasih
2) memberikan kalimat-kalimat perintah secara lisan
3) berbicara tentang benda kesayangan
44. “Olahraga” merupakan salah satu tema dalam GBPP kelas II SLTP.
Pokok bahasan apa yang dapat dikembangkan dalam tema ini?
1) Sejarah kota “Olympia”
2) Jenis olahraga
3) Pertandingan olahraga
45. Berikut adalah ungkapan komunikatif dalam mengungkapkan permohonan
....
1) shut the door, please!
2) certainly
3) Would you post this letter for me?
46. Kosakata berikut digunakan dalam tema geografi ....
1) beat
2) population
3) equator
47. Pokok bahasan yang dikembangkan dalam tema Teknologi Ringan
....
1) pemurnian air laut agar baik minum
2) alat perontok gabah manual
3) kincir air di Sumatera Barat
48. Ungkapan komunikatif untuk menyatakan persetujuan adalah ....
1) That’s true
2) Okey!
3) I agree
49. Ungkapan komunikatif untuk mengungkapkan kekaguman ....
1) Excellent!
2) Wonderful!
3) What a clever boy!
50. Tema Teknologi Ringan berupa “luas” atau “pengungkit”
kosakata ....
1) arm
2) heavy
3) lift-up
51. Landasan utama dalam pengembangan desain instruksional adalah
unsur-unsur ....
1) paedagogik
2) psikologi kognitif
3) didaktik
52. Bagaimana sebaiknya proses pembelajaran dilaksanakan?
1) Aktif
2) Energetik
3) Dinamis
53. Menurut Jack C. Richards, desain instruksional merupakan satu
gambaran tentang isi dan urutan pengajaran yang mencakup ....
1) kosakata dan gramatika
2) sistem makna
3) fungsi-fungsi komunikatif
54. Cara berikut digunakan untuk memperoleh informasi tentang peserta
didik ....
1) angket
2) tes
3) wawancara
55. Tujuan mempelajari Bahasa Inggris dapat digali dari peserta didik
dengan mengajukan pertanyaan ....
1) Mengapa Anda mempelajari Bahasa Inggris?
2) Untuk apa Anda mempelejari Bahasa Inggris?
3) Pekerjaan apa saja yang menuntut kemampuan berbahasa Inggris?
56. Selain aspek latar belakang budaya peserta didik, terdapat aspek
lain yang perlu dipertimbangkan dalam rancangan proses pembelajaran, yaitu ....
1) metode pengajaran
2) seleksi bahan ajar
3) pengurutan bahan ajar
57. Manakah dari tes berikut yang mengukur kemampuan peserta didik
....
1) placement test
2) achievement test
3) proficiency test
58. Apa manfaat feedback bagi guru?
1) Untuk memperbaiki proses pembelajaran.
2) Untuk menentukan metode pengajaran yang tepat.
3) Untuk menetapkan kemampuan siswa.
59. Manakah dari yang berikut termasuk dalam pendekatan mengajar?
1) Teori tentang belajar.
2) Kegiatan dalam kelas.
3) Asumsi dasar tentang bahasa
60. Landasan Kurikulum Pendidikan Dasar 1994 adalah ....
1) Pancasila
2) UUD 1945
3) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989
No comments:
Post a Comment